MAKALAH

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
Analisis Arus Kas PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk.

Oleh:

Fitri Apriani Dewi (C10140009)

Oktaviani Nurazizah (C10140007)

Nurul Aini Rachmi (C10140034)

Nurlelah (C10140041)

Lena Sherli Marlina (C10140252)

PROGRAM STUDI AKUNTANSI S1

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS

BANDUNG

2017

KATA PENGANTAR

” Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Analisis Laporan Keuangan yang diberikan kepada kami yang sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan penulis yang didapat selama menempuh pendidikan di STIE Ekuitas program studi S1 Akuntansi. . Puji dan syukur kepada Allah SWT. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih. solvabilitas. Untuk itu kami selaku penyusun sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini terutama kepada Dosen mata kuliah Analisis Laporan Keuangan yang telah memberikan bimbingan sehingga makalah ini dapat kami selesaikan tepat pada waktunya. Analisis ini membantu kita menilai likuiditas. Nippon Indosari Corpindo. kami mohon kritikan dan saran yang membangun agar kami dapat menyusun kembali menjadi lebih baik dari sebelumnya. Likuiditas merupakan merupakan kedekatan aset dan kewajiban pada kas. dan fleksibilitas keuangan. dan pendanaannya merupakan salah satu pekerjaan investigasi yang paling penting. Maret 2017 Penyusun Laporan Arus Kas Relevansi Kas Analisis arus kas masuk dan arus kas keluar perusahaan berikut sumber operasi. Tbk. Oleh karena itu. investasi. Bandung. karena dengan berkah rahmat dan karunia-Nya maka kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Analisis Arus Kas PT. Penyusun mengetahui bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Laba bersih mula-mula disesuaikan untuk penghasilan dan beban nonkas untuk menghasilkan laba kas. Tujuan penyesuaian ini bukanlah untuk mengeleminasi keuntungan (kerugian) secara keseluruhan. Laporan arus kas merupakan campuran antara laporan laba rugi dengan neraca. Aktivitas operasi merupakan aktivitas perusahaan yang terkait dengan laba. Arus kas masuk dari penjualan aktiva disajikan . tetapi tidak lengkap atas sumber dan penggunaan kas terdapat dalam neraca dan laporan laba rugi komparatif. dan aktivitas pendanaan.Solvabilitas merupakan kemampuan untuk membayar kewajiban saat jatuh tempo. dan mendapatkan dana untuk mendukung aktivitas usaha. Aktivitas investasi merupakan cara untuk memperoleh dan menghapuskan aset non-kas. Metode ini menyesuaikan setiap pos laporan laba rugi untuk akrual terkait. Metode tidak langsung. aktivitas investasi. beban nonkas yang diakui dalam perhitungan laba besih harus dihilangkan. Terdapat dua metode pelaporan arus kas dari operasi. Keunggulan metode ini adalah adanya rekonsiliasi perbedaan antara laba bersih dengan arus kas operasi. melainkan memindahkannya dari bagian operasi laporan arus kas. Laba kas ini kemudian disesuaikan untuk kas yang dihasilkan dan digunakan oleh transaksi neraca untuk menghasilkan arus kas dari aktivitas operasi. Namun. Laporan arus kas melaporkan ukuran arus kas untuk tiga aktivitas dalam aktivitas utama. Penambahan beban penyusutan dan amotisasi tersebut tidak meningkatkan arus kasoperasi melainkan hanya menghapuskan beban yang dikurangkan dalam perhitungan laba bersih. Informasi yang berguna. Fleksibilitas keuangan adalah kemampuan untuk bereaksi dan menyesuaikan diri terhadap kesempatan dan kesulitan. Tiik awal laporan arus kas adalah laba bersih yang mula-mula disesuaikan untuk beban penyusutan dan amortisasi non-kas. Cara yang sama juga digunakan unuk menyesuaikan laba bersih terhadap keuntungan (kerugian) penjualan aktiva. Karena laporan arus kas berfokus pada arus kas. arus kas yang dihitung disediakan setelahnya sebagai perbandingan. Metode langsung. menarik. Proses penyusutan kemudian mengalokasikan biaya perolehan selama masa manfaatnya unuk menandingkan beban terhadap pendapatan yang dihasilkan oleh aktiva yang bersangkutan. laba bersih disesuaikan dengan pos penghasilan (beban) non- kas dan dengan akrual. sehingga menghasilkan format yang lebih baik untuk menilai jumlah arus kas masuk (keluar) operasi. gambaran menyeluruh atas arus kas didapat dari laporan arus kas. Aktivitas pendanaan merupakan cara untuk mendistribusikan. yaitu dengan menambahkan kembali beban penyusutan dan amortisasi. untuk menghasilkan arus kas dari operasi.

yang dilaporkan dalam laporan arus kas hanyalah perubahan pos neraca yang berasal dari transaksi kas. Namun. Perusahaan lain melaporkan arus kas masuk tersebut sebagai aktivitas pendanaan. investor mencatat bagian atas laba perusahaan investasi sebagai laba dan mencatat dividen sebagai pengurang saldo investasi. Hal ini dilakukan dengan mengurangkan bagian atas laba perusahaan investasi dari laba bersih. sehingga yang tersisa hanya porsi laba yang diterima tunai. Analisis harus mewaspadai sumber penurunan piutang dan mempertanyakan apakah penurunan tersebut benar-benar sebagai hasil kinerja operasi yang membaik atau sebagai pinjaman yang disamarkan. harus ditambahkan ke laba bersih untuk menghitung arus kas bersih dari aktiva operasi. Dengan demikian. Imbalan yang dibayarkan dicatat sebagai pengurang saldo investasi dan kewajiaban. Semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan pengalihan atau sekuritasisasi piutang usaha melalui entitas bertujuan khusus untuk meningkatkan arus kas. setelah dikurangi dividen yang diterima. Selisih lebih antara beban imbalan bersih yang dilaporkan dalam laba bersih dengan imbalan kas yang dibayarkan. Porsi laba yang tidak dibagi merupakan laba nonkas yang harus dieliminasi dari laporan arus kas.dalam arus kas bersih dari aktivitas investasi. Banyak perusahaan yang melaporkan pengurangan piutang tersebut sebagai penambah arus kas dari operasi karena piutang termasuk dalam aktiva lancar. Topik Khusus Dalam akuntansi metode ekuitas. Sekuritasisasi adalah pengalihan piutang adalah pengalihan piutang kepada special pupose entity yang membeli piutang tersebut dengan hasil penjualan obligasi pasar modal. Program imbalan pensiun dan program imbalan pasca kerja lainnya mengakui beban biaya jasa dan bunga. Saat satu perusahaan membeli perusahaan lain dengan saham. setelah dikurangi pengembalian yang diharapkan atas aktiva program. penyesuaian neraca untuk menghitung arus kas operasi tidak sama dengan perubahan pos neraca itu sendiri. Penyesuaian terakhir adalah analisis kas yang dihasilkan oleh perubahan dalam aktiva lancar dan kewajiban lancar. aktiva dan kewajiban konsolidasi meningkat seiring dengan ekuitas. Perubahan nonkas dalam neraca dilaporkan dalam catatan atas laporan arus kas sebagai aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan non-kas. Metode Langsung .

Metode ini menyajikan tampilan yang lebih baik bagi analisis untuk menilai jumlah kasmasuk dan kas keluar yang merupakan pilihan bagi manajemen. operasi yang menguntungkan menghasilkan pemulihan kas melebihi jumlah yang diinvestasikan. Risiko bagi para pemberi pinjaman lebih besar pada fluktuasi arus kas dari operasi dibandingkan dengan fluktuasilaba bersih. penyesuaian konversi diterapkan pada kategori pendapatan dan beban yang relevan. Konversi ini dilakukan dengan memisahkan laba bersih menjadi total pendapatan dan total beban. termasuk kas dan aktiva non-kas. dan sebagai konsekuensinya meningkatkan arus kas masuk. Laba meningkatkan aktiva. Selanjutnya. Metode langsung melaporkan total arus kas masuk dan arus kas keluar dari aktivitas operasi. komposisi. kesimpulan juga terkait dengan penggunaan laba dan pilihan investasi arus kas. Kesimpulan harus juga meliputi penjualan untuk variasi segmentasi arus kas. Laba bersih secara tepat dianggap sebagai ukuran kinerja operasi dan secara konsisten dikaitkan dengan ekuitas. Metode langsung melaporkan penerimaan kas kotor terkait dengan operasi pada dasarnya menyesuaikan setiap pos laba rugi dari dasar akrual menjadi dasar kas. dimana manajemen mengurangi investasi. Analisis juga memungkinkan kita untuk menyimpulkan ukuran. pola. dan dimana klaim atas perusahaan dikurangi. Beban merupakan . Pengukuran Arus Kas Alternatif Akuntansi akrual memungkinkan alternatif perlakuan akuntansi yang beragam dan memungkinkan potensi manajemen laba. Laporan laba rugi menggambarkan hasil operasi untuk satu periode waktu. Jika perusahaan menggunakan metode langsung. Perusahaan dan Kondisi Ekonomi Sebuah neraca menjelaskan aktiva perusahaan pada satu titik waktu tertentu dan sumber pendanaan aktiva-aktiva tersebut. dan kestabilan arus kas operasi. Sedangkan kerugian memberikan hasil yang sebaliknya. mereka harus mengungkapkan rekonsiliasi antara laba bersih dengan arus kas dari operasi dalam skedul terpisah. Komponen arus kas sering kali menunjukkan petunjuk penting tentang stabilitas sumber kas. Manfaat arus kas sering kali hilang karena penyalahgunaan. Analisis Arus Kas Analisis laporan arus kas memungkinkan kita untuk menilai kualitas keputusan manajemen dari waktu ke waktu dan dampaknya pada hasil operasi dan posisi keuangan perusahaan. Kesimpulan analisis arus kas meliputi kesimpulan dimana manajemen meletakkan komitmen sumber dayanya. dari mana kas tambahan dihasilkan.

Meskipun keputusan menajemen tidak harus dilaporkan dalam laporan keuangan. Arus Kas sebagai Validasi Laporan arus kas melaporkan arus kas masuk dan arus kas keluar. Pengeluaran modal bersih untuk mempertahankan kapasitas produksi. Kondisi inflasi menambah kesulitan keuangan dan tantangan bagi perusahaan. dan kebijakan dividen yang didasarkan pada laba yang tidak menyediakan biaya sumber daya yang digunakan dalam operasi. meningkatnya investasi dalam piutang dan persediaan. Informasi tentang bagaimana dampak tindakan manajemen dalam kondisi inflasi dapat dicari dalam laporan arus kas. serta kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban lancarnya. Hal ini menyebabkan fokus pada arus kas dari operasisetelah pengeluaran modal dan dividen. Arus Kas Bebas Turunan analitis laporan arus kas yang bermanfaat adalah penghitungan arus kas bebas. Salah satu ukuran arus kas bebas adalah sebagai berikut : Arus kas dari operasi yaitu. Laporan arus kas jarang memisahkan pengeluaran modal menjadi komponen untuk mempertahankan dan kompensasi untuk ekspansi. implikasi dan pentingnya laporan keuangan tidak dapat di abaikan. laba bersih terkait dengan arus kas melalui penyesuaian pos-pos neraca.konsumsi atas aktiva. Tantangan utama meliputi penggantian aktiva tetap pada harga yang lebih tinggi dari beban penyusutan. Arus kas bebas positif mencerminkan jumlah yang teresedia bagi aktivitas bisnis setelah penyisihan untuk pendanaan dan investasi yang diperlukan untuk mempertahankan kapasitas produksi pada tingkat sekarang. tanpa profitabilitas perusahaan menuju kehancuran. Laporan arus kas menyediakan petunjuk penting tentang : o Kelayakan pendanaan pengeluaran modal o Sumber kas dalam pendanaan ekspans o Ketergantungan pada pendanaan eksternal o Kebijakan dividen di masa depan . Dengan demikian. Perubahan modal kerja operasi juga harus diinterpretasikan dalam lingkungan ekonomi. Peningkatan piutang dapat menandakan permintaan pelanggan yang meningkat atau merupakan pertanda ketidakmampuan untuk menagih piutang tepat waktu. Dividen unttuk saham preferen dan saham biasa. Profitabilitas merupakan variabel utama.

Rasio kecukupan arus kas juga mencerminkan dampak inflasi untuk keperluan pendanaan perusahaan. Investasi dalam modal kerja penting lainnya seperti piutang tidak disertakan karena di danai terutama oleh kredit jangka pendek.o Kemampuan untuk memenuhi persyaratan utang o Fleksibilitas keuangan untuk menghadapi kebutuhan dan kesempatan yang tidak diantisipasi o Praktik keuangan oleh manajemen o Kualitas laba rugi. hamya penambahan persediaan yang disertakan. dan dividen tunai. Rasio Reinvestasi Kas Rasio reinvestasi kas merupakan ukuran atas persentase investasi dalam aktiva yang mencerminkan kas operasi yang ditahan dan diinvestasikan kembali dalam perusahaan untuk mengganti aktiva dan menumbuhkan operasi. . Laporan arus kas merupakan sumber informasi tindakan dan niat menajemen yang andal dan dapat dipercaya – lebih andal daripada prediksi dan pernyataan pers dari manajemen. Dengan demikian. Rasio kurang dari 1 menunjukkan bahwa sumber kas internal tidak cukup untuk mempertahankan dividen dan tingkat pertumbuhan operasi saat ini. investasi dalam persediaan. Laporan arus kas bermanfaat untuk mengidentifikasi hasil atau perkiraan operasi yang salah atau menyesatkan. Rasio Arus Kas Khusus Rasio Kecukupan Arus Kas Rasio kecukupan arus kas merupakan ukuran kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas dari operasi yang cukup untuk menutup pengeluaran modal. Rasio kecukupan arus kas perlu diinterpretasikan secara tepat. Rasio sebesar 1 menunjukkan bahwa perusahaan dapat menutup kebutuhan kas tanpa perlu mendapatkan pendanaan eksternal.