You are on page 1of 8

Model rasionalitas yang luas menggambarkan pembuatan kebijakan sebagai lengkap berjuang

untuk efisiensi. Seorang aktor ekonomi rasional dipandang sebagai Homo economicus, sebuah
pengambil keputusan individu atau kolektif yang beratnya biaya dan manfaat dari semua
alternatif yang tersedia dan mengambil tindakan yang dimotivasi oleh keprihatinan dengan
efisiensi penggunaan sumber daya. Proposisi mendasar dari rasionalitas ekonomi .Model
adalah sebagai berikut: Semakin besar efisiensi bersih (manfaat yang dirasakan kurang
dirasakan biaya) dari alternatif yang dipilih dari full set (komprehensif) potensi
solusi, semakin besar kemungkinan il akan dipilih sebagai (rasional) dasar untuk tindakan
kebijakan dan perubahan Kebijakan change.39 terjadi ketika keputusan individu atau kolektif
pembuat:

Mengidentifikasi masalah kebijakan yang ada konsensus yang cukup antara
pemangku kepentingan terkait pengambil keputusan dapat bertindak atas nama mereka.
• Menentukan dan peringkat secara konsisten sasaran dan tujuan yang pencapaian
akan merupakan penyelesaian masalah.
• Mengidentifikasi alternatif kebijakan yang terbaik dapat berkontribusi pada pencapaian
setiap tujuan dan tujuan.
• Prakiraan konsekuensi yang akan ditimbulkan dari pemilihan masing-masing alternatif.
• Membandingkan konsekuensi ini dalam hal konsekuensi mereka untuk pencapaian setiap
tujuan dan objektif.
Memilih alternatif (s) yang memaksimalkan pencapaian tujuan dan sasaran.
• Membuat perubahan dalam proses pembuatan kebijakan dengan bertindak pada pilihan.

Ada versi lain dari pilihan rasional yang melibatkan penggabungan
biaya transaksi institusional ke dalam situasi pilihan; 40 redefinisi manfaat
dan biaya dalam hal politik, sosial, organisasi, atau moral (misalnya, Homo politicu.s); 41
dan ketentuan bahwa pengambil keputusan adalah pelajar keliru dengan informasi yang tidak
sempurna, kemampuan komputasi yang terbatas, dan kecenderungan untuk kesalahan dalam
kelembagaan
contexts.42

Sebuah kritik penting dari model ekonomi yang rasional berdasarkan dan diketahui oleh
nama Arrows teorema ketidakmungkinan. teorema menyatakan bahwa tidak mungkin
bagi para pengambil keputusan dalam masyarakat demokratis untuk memenuhi persyaratan
dari rasionalitas ekonomi modei.43 pilihan rasional individu tidak dapat digabungkan dengan
melalui prosedur voting mayoritas untuk membuat satu pilihan terbaik bagi semua pihak.
Ketidakmungkinan menciptakan keputusan kolektif yang melibatkan preferensi transitif (jika A
lebih disukai untuk B, dan B lebih disukai untuk C, maka A lebih disukai untuk C) adalah
digambarkan sebagai "pemilih paradoks."
Pertimbangkan conm1ittee terdiri dari tiga anggota: Brown, Jones, dan Smith.

yaitu. semua kemungkinan kombinasi dari individu preferensi harus diperhitungkan.2). pilihan kolektif harus konsisten mencerminkan pilihan individu. juga memiliki preferensi transitif. karena dua panitia. setelah tiga anggota berupaya melalui kekuasaan mayoritas untuk mencapai keputusan yang demokratis. kita akan menemukan bahwa jika A lebih disukai untuk B (surya untuk batubara). Demikian pula. Karena pilihan Brown adalah transitif. Smith melihat batubara sebagai yang paling diinginkan dari tiga alternatif.Panitia ingin memutuskan mana dari tiga bentuk energi surya. alasan bahwa peringkat ini menciptakan risiko untuk warga negara setidaknya. Namun. pilihan harus cont1ned untuk himpunan alternatif yang independen dari semua orang lain. Di gilirannya. itu sesuai dengan aturan: Jika A lebih disukai untuk B. yaitu. Oleh karena itu. jika kita sekarang menerapkan aturan transitivitas untuk ini preferensi kolektif. Tiga pilihan yang rasional dan transitif dari sudut masing-masing individu dari melihat. preferensi individu transitif. yang berarti bahwa alternatif tidak bisa digolongkan secara konsisten. maka A lebih disukai untuk C (surya untuk nuklir). pilihan kolektif . Ada lima '' kondisi wajar "dari prosedur keputusan yang demokratis: (1) ofchoices nonrestriction. penalaran batubara yang paling menguntungkan. nuklir untuk solar. pemimpin sebuah Organisasi hak asasi energi. lebih suka matahari untuk batubara dan batubara untuk nuklir. ketika kita meminta mereka untuk memilih antara batubara dan nuklir. Brown. penalaran yang nuklir paling menguntungkan. Ketika kami meminta mereka untuk memilih antara solar dan batubara. kita melihat bahwa matahari lebih disukai untuk batubara dengan selisih 2-1 (Browndan Smith vs Jones). dan nuklir harus diadopsi untuk mengatasi krisis energi. yaitu. dan nuklir untuk batubara. batubara. kita mengamati bahwa batubara disukai untuk nuklir oleh 2-1 margin (Brown dan jones vs Smith). Namun. pilihan rasional adalah mustahil. dan B lebih disukai untuk C (batubara ke nuklir). solar ke batubara. Smith lebih suka nuklir untuk solar. dan batubara untuk solar. sedangkan preferensi kolektif adalah siklik. yaitu. Arrow teorema ketidakmungkinan membuktikan dengan deduksi logis bahwa tidak mungkin menerapkan prosedur demokratis (misalnya. (3) kemandirian alternatif yang tidak relevan. (4) warga · kedaulatan. dan B lebih disukai untuk C. ada paradoks (Tabel 2. ini bukan hasil kolektif. kekuasaan mayoritas) untuk mencapai keputusan kolektif yang adalah transitif. yang mewakili industri batubara dan nuklir. maka A lebih disukai untuk C. Namun. Energi matahari kurang menguntungkan daripada batu bara tetapi menciptakan lebih sedikit bahaya terhadap lingkungan. (2) pilihan ofcollective nonpen1erstty. Untuk alasan ini. jones dan Smith. anggota (Jones dan Smith) lebih memilih C ke A (nuklir untuk solar). diikuti oleh nuklir dan solar. Jones lebih suka batubara ke nuklir.

44 kolektif pilihan ini digambarkan sebagai keputusan terbaik kedua. sistem politik berdasarkan suara mayoritas mempekerjakan kedua prosedur untuk mencapai choiccs. perubahan terjadi ketika pembuat keputusan: • Pertimbangkan hanya mereka alternatif yang berbeda secara bertahap (yaitu. • tanggung jawab Berbagi untuk analisis dan evaluasi dengan banyak kelompok dalam masyarakat. kita mungkin mendelegasikan pilihan kolektif untuk pengambil keputusan beberapa (misalnya. tenaga angin) dengan harapan bahwa ini akan mendorong konsensus. • Lakukan perubahan kebijakan tambahan dan perbaikan dengan bertindak pada pilihan tersebut. Menurut incrementalism terputus-putus. • Membuat saling penyesuaian tujuan dan sasaran. Namun. Atau. Rasionalitas Terbatas Alternatif lain untuk model ekonomi yang rasional adalah rasionalitas dibatasi. karenanya. itu tetap melanggar kondisi kedaulatan dan nondictatorship warga.tidak harus dibatasi oleh pilihan sebelumnya. ini melanggar kondisi kemerdekaan alternatif yang tidak relevan. yaitu. • Menganalisis dan mengevaluasi alternatif berurutan. kita mungkin memperkenalkan tambahan alternatif (misalnya. daripada berusaha untuk memecahkan masalah sepenuhnya pada satu titik waktu. dan (5) nondictatorship. elit politik atau teknis) yang dapat diperkirakan akan mencapai konsensus dan. • Terus memperbaiki masalah yang ada. Meskipun memecahkan ini masalah preferensi intransitif. Untuk menghindari dilema preferensi intransitif. dan kebijakan alternatif di sisi lain. • Terus merumuskan masalah dan alternatif dalam rangka memperoleh informasi baru. daripada dibuat pada satu titik sebelum tindakan. sehingga pilihan yang terus menerus diubah dari waktu ke waktu. tidak ada individu atau kelompok dapat menentukan hasil dari pilihan kolektif dengan memaksakan mereka preferensi pada orang lain. Model terputus-putus-inkremental perubahan kebijakan menyatakan bahwa pilihan kebijakan jarang sesuai dengan persyaratan dari rasionalitas ekonomi model. sehingga perilaku di timet adalah sedikit berbeda dari perilaku pada waktu t + 1.alternatif yang berbeda dengan jumlah yang besar tidak menghasilkan perubahan kebijakan yang sukses. dengan kecil amoums) dari status quo .45 Proposisi dasar teori terputus-putus-tambahan adalah bahwa perubahan kebijakan terjadi pada margin dengan status quo. sehingga proses pembuatan pilihan terfragmentasi atau terputus-putus. Menurut model ini. Dalam prakteknya. • Batasi jumlah konsekuensi perkiraan untuk setiap alternatif. para pembuat kebijakan tidak berusaha secara ekonomi rasional . pilihan transitif. di satu sisi.

Incrementalism dipandang memiliki konservatif . berpendapat bahwa "[i] t mungkin bagi perilaku tunggal. pencarian tersebut adalah baik rime-memakan dan mahal. dan rationality. lr diragukan apakah analis dari prosedur pilihan rasional akan mengklaim bahwa pembuat keputusan harus sistematis menyelidiki dan mengevaluasi semua alternatif yang tersedia baginya. Proposisi dasar rasionalitas dibatasi adalah bahwa perubahan kebijakan terjadi ketika pembuat kebijakan menggunakan "aturan praktis" untuk membuat pilihan yang minimal dapat diterima. atau komprehensif.48 memaksimalkan Di sini. "47 Formulasi ini mengakui batas pilihan yang luas. berkaitan erat dengan incrementalism terputus-putus. di mana kombinasi memuaskan dan cukup menghasilkan · 'satisficing "pilihan. ekonomis rasional ketika pengambil keputusan berusaha untuk memaksimalkan beberapa hasil dihargai. Berbeda dengan jenis memaksimalkan perilaku. yaitu sekitar keterbatasan pada pilihan rasional individu. Simon mengusulkan konsep satisficing tingkah laku. Jumlah alternatif ia harus menjelajahi begitu besar. memaksimalkan perilaku)." yaitu. Di kata-kata dua pendukung model ini pilihan rasional. rasa mempertimbangkan dan menimbang semua alternatives. biaya pengambilan keputusan harus dimasukkan ke dalam model. Dengan kata lain. informasi yang ia perlu mengevaluasi mereka begitu besar sehingga bahkan perkiraan w rasionalitas tujuan sulit untuk hamil. dan prosedur keputusan optimat harus mengambil faktor-faktor ini imo akun .. perilaku satisficing dapat dilihat sebagai upaya untuk memaksimalkan hasil dihargai sementara secara bersamaan mengakui kendala yang diberlakukan oleh biaya informasi. Mixed Scanning Model lain dari perubahan yang mixedscam1ing. mereka dibatasi oleh keadaan practic-al di yang pembuat kebijakan bekerja. rasionalitas dibatasi. pengambil keputusan tidak mempertimbangkan semua banyak alternatif yang.46 Meskipun pilihan rasional. rasionalitas dibatasi oleh syarat untuk memperhitungkan biaya dan manfaat dari mencari dan menilai alternatif baru.dalam penuh. Satisficing mengacu tindakan pilihan mana pembuat keputusan berusaha untuk mengidentifikasi suatu tindakan yang hanya "cukup baik.49 dibatasi Ald1ough mereka menerima kritik dari model rasionalitas ekonomi. Pencetus rasionalitas dibatasi Model. mungkin menghasilkan peningkatan terbesar mungkin dalam manfaat tindakan (yaitu. yaitu sekitar keterbatasan dalam pilihan rasional kolektif. Etzioni dan others50 telah menunjuk sertaketerbatasan dari model inkremental. incrementalism terputus-putus. pada prinsipnya. individu yang terisolasi untuk mencapai setiap tingkat ofrationality tinggi. multidisiplin ilmuwan politik Herbert Simon. "satisfice" perilaku).. pengambil keputusan hanya perlu mempertimbangkan alternatif paling jelas yang akan menghasilkan peningkatan wajar manfaat (yaitu. Ini adalah sebuah alternatif untuk rasionalitas ekonomi.

semakin masalah mereka adalah operasional di alam. itu sehingga akan mengabaikan semua formasi yang mungkin pantas perhatian jika mereka muncul di areas. menyediakan untuk pilihan berdasarkan baik pada rasionalitas ekonomi komprehensif dan pada incrementalism terputus-putus. Dalam konteks ini. perbedaan bahwa teori inkremental tidak memadai memperhitungkan. Sebaliknya. "seeding" formasi awan kami yang bisa berkembang menjadi badai :. dalam beberapa daerah di sekitarnya. semakin bahwa pendekatan rasionalitas ekonomi yang komprehensif sesuai. Rasional-komprehensif teori-] akan mencari survei lengkap kondisi cuaca dengan menggunakan kamera mampu pengamatan rinci dan dengan menjadwalkan ulasan dari seluruh langit sebagai sesering mungkin. Campuran scCtnning membedakan antara kebutuhan pilihan strategis yang menetapkan arah kebijakan dasar. misalnya. karena kepentingan ini yang memiliki sebagian besar keuntungan dari kebijakan yang berbeda sesedikit mungkin dari status quo. mahal untuk menganalisis dan kemungkinan untuk membanjiri kemampuan tindakan (misalnya. dan pentingnya. dan pilihan operasional yang membantu meletakkan dasar untuk pilihan strategis atau berkontribusi untuk pelaksanaannya. Asumsikan kita akan membuat sebuah sistem pengamatan cuaca di seluruh dunia menggunakan satelit cuaca. lebih tepat incremental . Karena apa yang rasional dalam satu konteks mungkin tidak begitu di lain. incrementalism tidak mengakui bahwa pilihan polk-y berbeda dalam lingkup.e. berbeda dari keputusan operasional sehari-hari.. Ini akan menghasilkan longsoran rincian. Dengan kata Etzioni ini.. campuran scanning selektif menggabungkan elemems dari rasionalitas komprehensif dan incrementalism terputus-putus. atau membawa hujan untuk daerah kering). mungkin.51 tak terduga Campuran scanning. Kombinasi panicular tergantung pada sifat dari masalah. Semakin banyak masalah yang bersifat strategis di alam. di contmst ke salah satu dari dua pendekatan yang diambil sendiri. The rasionalistik pendekatan [saya. Proposisi fundamental campuran scanning adalah bahwa perubahan kebijakan terjadi ketika masalah pilihan yang disesuaikan dengan sifat persoalan yang dihadapi para pembuat ke bijakan hy.dan status quo orientasi yang sulit untuk berdamai dengan kebutuhan untuk kreativitas dan inovasi dalam pembuatan kebijakan. kompleksitas. Mayor strategis pilihan. incrementalism akan fokus pada bidang-bidang di mana pola serupa yang dikembangkan pada masa lalu dan. Akhirnya. incrementalism menunjukkan (benar) yang kepentingan paling kuat dalam masyarakat membuat banyak kebijakan yang paling penting pilihan.

"54 rasionalitas Erotetic berkaitan erat dengan masalah penataan sebagai sistem pembinaan pusat analisis kebijakan (Bab 3). setidaknya untuk sementara. Erotetlc Rasionalitas Tantangan untuk model perubahan kebijakan yang dijelaskan sebelumnya adalah rasionalitas erotetic. beberapa kombinasi dari dua pendekatan ini diperlukan. oleh menggunakan ember air untuk sampel dari laut. dan nilai-nilai dalam hal yang hasil tersebut harus dinilai. Metafora dari delta sungai dan beberapa aliran yang menyampaikan beberapa kompleksitas proses pembuatan kebijakan.pendekatan. Namun. terletak pada inti dari proses induktif banyakkinds. tetapi untuk menggabungkan mereka dengan cara yang bijaksana. Dalam segala situasi.. membimbing proses diprediksi · cara.56 Jika kita mencoba untuk memahami "hasil" dari proses. rasionalitas Erotetk mengacu pada proses bertanya dan menjawab. Dan di mana-mana. "53 Dalam banyak kasus yang paling penting. "55 Konvergensi kritis konvergensi penting mengacu pada proses kebijakan yang seperti delta sungai yang kompleks dengan beberapa aliran konvergen dan divergen saat mereka menyeberangi banjir polos dan berliku-liku menuju sea.52 Albert menyatakan prinsip utama rasionalitas erotetic ringkas dalam bukunya kritik dari penggunaan manfaat-biaya analisis dalam pengaturan peradilan: '' Ketidaktahuan adalah sine qua non rasionalitas. karena masalahnya bukan untuk mengadopsi satu pendekatan dan menolak yang lain. jika kita mampu memantau seluruh proses dan struktur. Di sini. itu adalah salah satu dari interogasi . analis hanya tidak tahu hubungan antara kebijakan. namun tanpa meninggalkan tanggung jawab . meskipun mungkin tidak memuaskan bagi mereka yang menuntut baik-ditentukan model di muka analisis. rasionalitas Erotetic adalah pada intinya dari inovasi terbaru dalam fisika. kami temui perubahan. kita tidak akan dapat menemukan berbagai rute di mana air mencapai laut. yang pencetus teori chaos: "abad kedua puluh fisika tidak lagi pengetahuan kepastian. dan evolusi. sebuah proses yang menghasilkan jawaban rasional optimal untuk pertanyaan yang "melampaui pengalaman bertambah dan berlari lebih cepat dari jangkauan pengetahuan sudah di kami pembuangan. ketidakstabilan. kita akan frnd yang dari waktu ke waktu beberapa aliran bertemu untuk membentuk saluran yang mendalam bahwa. pengakuan jujur dari ketidaktahuan adalah prasyarat terlibat dalam proses interogasi dan penjawab. hasil kebijakan. Erotetic rasionalitas.. bukan mengungkap kelanggengan dan kekekalan bahwa ilmu pengetahuan klasik telah mengajarkan kita untuk mencari di alam. yang diwakili oleh karya Ilya Prigogine..

selama jangka waktu. Dan Krisis minyak. tergantung pada kemampuan untuk mengenali saat-saat kritis ( "jendela kebijakan") ketika tiga macam aliran-masalah. Namun. Serangan di World Trade Center Dan Pentagon. depresi. Sabatier Dan Jenkins-Smith59 Perhatian PADA pentingnya Gangguan eksternal.60 Kebanyakan kebijakan Relatif stabil. Pemimpin Birokrasi bersaing untuk review Pengakuan Dan Sumber Daya Sesuai DENGAN Kelembagaan Shifting Dan pahala Struktur Organisasi mereka ( "Di mana Andari Berdiri tergantung PADA di mana Andari Duduk. Model mengibaratkan Proses perubahan kebijakan untuk review biologi evolution. mengubah Beroperasi bertahap selama Jangka Waktu Yang Lama. "). Proses tidak "diselingi.untuk mengidentifikasi struktur yang membentuk proses. Tiba-Tiba pergeseran hearts Opini public Seperti Yang Terjadi di Akhir Perang Vietnam. ketika baru politikgambar. perubahan bertahap diprediksi Oleh Model terputus-putus-inkremental. Perubahan Tiba-Tiba Dan terputus-putus Yang has Terjadi hearts kebijakan Lingkungan Di Bawah Clean Air Act Relatif rare. Namun. PADA gilirannya. dan nilai-nilai mengembangkan secara bertahap. perubahan Mendadak (Tanda baca) hearts kebijakan Terjadi sebagai konsekuensi Dari gambar politik baru. punctuated Equilibrium Salah Satu kesulitan Dari Banyak Model Penyanyi Adalah bahwa TIDAK ADA Memuaskan accoums untuk review keberangkatan Utama Dari Pola dominan Lambat. n62 .58 Menyadari bahwa perubahan kebijakan Yang signifikan can be Terjadi Hanya SETIAP doa puluh lima Tahun ATAU LEBIH. Perubahan tersebut meliputi perubahan sosial ekonomi Yang Relatif Cepat diwakili Oleh resesi. The punctuated equilibrium. Ada Keseimbangan Yang Dinamis ANTARA bersaing kebijakan. Proposisi Model dasar dasar ekuilibrium Yang diselingi Adalah bahwa guncangan eksternal a diperlukan tetapi TIDAK Kondisi Yang Cukup perubahan kebijakan Utama. yang. memadai yang Syarat Adalah bahwa gambar politik Baru dan pemahaman dari Dunia politik Tiba-Tiba Muncul hearts menanggapi guncangan Penyanyi. Dalam membuat kebijakan-konteks. ATAU guncangan eksogen. 57 Model Proposisi mendasar Dari konvergensi Penting Adalah kebijakan Yang Perubahan Terjadi PADA Saat-Saat Kritis. seperti Proses saling penyesuaian partisan diidentifikasi Oleh Lindblom Dan Braybrooke. individu dan kelompok berinteraksi dari waktu ke waktu untuk mengatur agenda dan merumuskan kebijakan. Adalah Produk Dari "gempa bumi kebijakan" Dan guncangan eksternal lainnya. kebijakan. dan politik --.61 Partisan saling penyesuaian can be Dan Sering melakukan melibatkan proses menerjemahkan Yang kompetitif di ANTARA Birokrasi Yang Relatif otonom. Beroperasi periodik. Dan kenaikan dramatis hearts nasionalisme Dan rasa TIDAK Aman Pribadi Yang Terjadi Penghasilan kena pajak 11 September 2001.berkumpul. Pengakuan sebelumnya Saat ini konvergensi merupakan Bagian Dari telkom Analis kebijakan. Keberhasilan mereka. di mempengaruhi perubahan kebijakan Yang terputus-putus Dan Luas hearts lingkup. keyakinan.