You are on page 1of 5

1.

Contoh visi, misi , dan tujuan beberapa perusahaan

 PT. KAI ( Kereta Api Indonesia )

Visi :Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan
pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.

Misi : Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya,
melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang
tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama :
keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan.

Tujuan: Memberikan pelayanan jasa yang berkualitas dan berorientasi kepada kepuasan
pengguna jasa kereta api melalui pengelolaan secara professional.

 PT. INDOMOBIL
Visi : Menjadi perusahaan otomotif terhandal dan terpercaya di dalam negeri.

Misi :
 Mengembangkan seluruh sumber daya yang dimiliki secara berkesinambungan untuk
meningkatkan profesionalisme bagi kepuasan pelanggan.
 Memberikan konstribusi dan berupaya sepenuhnya bagi pengembangan usaha
Indomobil.
 Memberikan komitmen dan nilai terbaik bagi seluruh pihak yang berkepentingan
dengan memperhatikan kepentingan masyarakat.

Tujuan : Perseroan dan Anak Perusahaan berupaya untuk memperkuat kualitas
sumber daya manusia yang dimiliki dengan memberikan pendidikan dan pelatihan
kepada karyawannya. Untuk mengembangkan Indomobil Strategic Sales Optimizing
Program (ISSOP). Dan juga untuk meningkatkan komunikasi antara manajemen dan
karyawan agar tercapainya tujuan, Perseroan dan Anak Perusahaan secara rutin
mengadakan sosialisasi atas setiap program kerja yang ditetapkan.

 PT. Pabrik Kertas TJIWI KIMIA, Tbk

Visi : Menjadi produksi kertas berkualitas tinggi nomor satu didunia dengan standard
internasional pada abad ke-21 yang berkomitmen tinggi untuk memberikan yang terbaik
bagi para pelanggan, pemegang saham, karyawan, dan masyarakat.

Analisis dari visi perusahaan apakah termasuk visi strategic atau tidak Perusahaan yang akan berkembang dengan baik kedepannnya adalah perusahaa yang memiliki visi yang strategic dan dapat menjalankan misi – misi yang telah ia rencanakan . Melakukan aktivitas usaha di bidang-bidang industri kimia dan farmasi.  PT. farmasi. Tujuan : Memperluas daerah perusahaan serta meningkatkan volume penjualan sehingga keuntungan perusahaan meningkat. Mengelola perusahaan secara Good Corporate Governance dan operational excellence didukung oleh SDM professional 3. KIMIA FARMA Tbk VISI :Menjadi perusahaan Healthcare pilihan utama yang terintegrasi dan menghasilkan nilai yang berkesinambungan. MISI : 1. Selain itu juga bertujuan untuk mewujudkan PT. khususnya kegiatan usaha dibidang industri kimia. dan kesehatan serta industri makanan dan minuman. Kimia Farma (persero) Tbk. Memberikan nilai tambah dan manfaat bagi seluruh stakeholder Tujuan : Turut serta dalam melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan serta program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya. meningkatkan sumber daya manusia melalui pelatihan. menggunakan teknologi mutakhir dalam mengembangkan produk baru. perdagangan dan jaringan distribusi. Misi : Meningkatkan pangsa pasar di seluruh dunia. biologi. dan mewujudkan komitmen usaha berkelanjutan disemua kegiatan operasional. sebagai salah satu pemimpin pasar (market leader) di bidang farmasi yang tangguh. retail farmasi dan layanan kesehatan serta optimalisasi asset 2. 2.

 PT. PT Kereta Api Indonesia kini memberikan layanan kereta api penumpang dan barang. dengan fokus usaha di bidang ritel. kendaraan niaga. Nissan. Suzuki. sehingga visi yang dimilikinya tersebut merupakan visi yang strategic karena mampu memenuhi kebutuhan manusia akan kendaraan pribadi ataupun tidak beserta spareparts dan pembiayaan kendaraan. Hal itu bisa dikatakan sebagai visi yang strategic karena mengedepankan pelayanan yang terbaik bagi penggunanya dan hal itulah yang dibutuhkan oleh para pengguna kereta api.  PT INDOMOBIL Indomobil adalah sebuah perusahaan otomotif yang terbesar dan terkemuka di Indonesia. Renault. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk menembus pasar dunia tentu saja berkat visi yang dimilikinya dan hal itu membuktikan bahwa visi yang dimilikinya merupakan visi yang strategic.potens yang ada. Volkswagen dan Volvo. Afrika. mesin motor tempel. Dengan visi yang dimilikinya sekarang terbukti PT Indomobil dan anak-anak perusahaannya menjadi agen tunggal pemegang merek (ATPM) dan atau distributor dari sembilan merek kendaraan yang terkenal. ATV. layanan purna jual dan pembiayaan kendaraan bermotor. USA. KIMIA FARMA Tbk. dengan ragam produk yang mencakup kendaraan roda empat dan dua. sehingga untuk kedepannya semakin bayak orang yang akan menggunakan kereta api.  PT KAI ( Kereta Api Indonesia ) PT Kereta Api Indonesia (Persero) (disingkat KAI atau PT KAI) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api Visi PT KAI adalah menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders. yaitu Audi. alat berat dan kendaraan angkutan umum. Seperti halnya beberapa perusahaan dibawah ini memiliki visi yang strategic terbukti dri pencapaiann yang dimilikinya hingga sangat ini. . Jepang dan Eropa. kendaraan serbaguna. Pabrik Kertas Twiji Kimia Tbk Pabrik Kertas PT. guna mencapai visi yang dimilikinya. bis.  PT. Foton. Keberhasilan dari PT. Dengan kategori Middle East. Hampir semua jalur yang beroperasi memiliki layanan angkutan kereta api penumpang yang dijalankan secara teratur guna mewujudkan visinya. Melalui berbagai perkembangan dan inovasi dari tahun ke tahun Tjiwi Kimia berubah menjadi perusahaan produsen kertas terbesar di Asia Tenggara dengan market lebih dari 100 negara di dunia dan di 5 benua. SsangYong. Chery. Tjiwi Kimia yang merupakan produsen dan penyuplai kertas terbesar di Asia Tenggara juga menghasilkan dan menerapkan seluruh potensi. truk. Hino.

Berkat Keberhasilannya memasarkan produk keluargeri dengan merek sendiri pt pabrik kertas tjiwi kimia ini memperoleh penghargaan Primaniyarta tahun 2006. Anak perusahaan itu dibentuk PT Indomobil dengan memanfatkan seluruh sumberdaya yang dimilikinya. . karyawan.2007 dan 2010. selain itu dengan berupaya memberikan maanfaat atau nilai tambah bagi stakeholder membuat PT Kimia Farma dapat menjadi perusahaan Healthcare pilihan utama. Hal tersebut dibuktikan PT KAI melalui misinya yang berlandaskan 4 pilar utama : keselamatan. sehingga untuk kedepannya perusahaan ini akan tetap dibutuhkan dan memberikan manfaat oleh semua orang. dan masyarakat. dimana PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia ini berhasil memasarkan produknya ke berbagai Negara selain di Indonesia. motor dan truk yang beraneka ragam. perusahaan ini merupakan pioner dalam industri farmasi Indonesia. pemegang saham. Misi yang didimiliki oleh perusahaan ini terbukti mampu mencapai visi perusahaan. Dengan banyaknya anak perusahaan yang dimilikinya PT Indomobil dapat memenuhi kebutuhan konsumen melalui penyediaan mobil. Kimia Farma Tbk juga terbukti dapat mencapai visinya melalui misi yang telah direncanakan. seperti sumber daya manusia yang terlatih dan teknologi mutakhir digunakan dalam mengembangkan produknya agar memberikan yang terbaik bagi para pelanggan. Berbeda dengan PT Indomobil yang memiliki banyak anak cabang perusahaan dibidang otomotif. pelayanan dan kenyamanan sehingga mampu meningkatan pendapatan Negara karena memberikan pelayanan publik yang baik dan sesuai dengan kebutuhan sehingga memberikan manfaat ekonomi kepada rakyat. Hal itu tentu saja tidak luput dari upaya peningkatan sumber daya yang dimiliki perusahaan tersebut. ketepatan waktu. PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia & PT. Tentu saja jasa akan layananan kesehatan yang berintegritas akan diminati dan dibutuhkan setiap orang mengingat kesehatan sangat penting. PT Kimia Farma salah satu badan usaha milik negara (BUMN) pemerintah Indonesia yang bergerak dalam indutri farmasi. 3. Analisis dari pernyataan misi perusahaan apakah mampu mencapai visi Berdasarkan misi yang dimiliki setiap perusahaan bisa dikatakan misi-misi tersebut mampu mencapai visi perusahaan itu sendiri. PT Kimia Farma Tbk mampu mencapai visinya dengan penerapan misi yang telah ia ciptakan. PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia berorientasi pada perusahaan penghasil kertas. PT Kimia Farma ini memiliki visi yang strategic. Dikatakan mampu mencapai visinya karena perusahaan menggunakan SDM yang sudah professional. Dikatakan strategic karena dengan menjadi perusahaan pelayanan kesehatan yang berintegritas. Selain PT KAI PT Indomobil . Bukti nyata dari tercapainya visi tersebut pada PT Indomobil adalah banyaknya anak perusahaan dibidang otomotif yang dimiliki PT Indomobil.

Menjadi seseorang yang dapat membanggakan kedua orangtuanya 3. Menjadi seseorang yang taat terhadap ajaran Agama 2. Menjadi seseorang yang bermanfaat atau memberikan dapak positif terhadap lingkungan sekitar . misi dan tujuan saya Visi : 1. 4. Keberhasilan dari penerapan misi tersebut tentu saja membuahkan banyak prestasi bagi perusahaan ini salah satunya menjadi PT. Visi. Kimia Farmas(Persero) Tbk menerima penghargaan Top Brand Award 2016 untuk kategori Face Powder & Talcum Powder.