You are on page 1of 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA/MA

Mata Pelajaran : Fisika

Kelas/Semester : XI/2

Materi Pokok : Tumbukan

Alokasi Waktu : 1 x 20 menit

A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.2 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
3.5 Mendeskripsikan momentum dan impuls, hukum kekekalan momentum, serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Indicator :
1. Menjelaskan jenis-jenis tumbukan
2. Mengintegrasikan hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi
dalam peristiwa tumbukan
3. Menerapkan rumus tumbukan pada soal.
4. Menganalisis peristiwa didalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan
tumbukan

4.5 Memodifikasi roket sederhana dengan menerapkan hukum kekekalan momentum

B. TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan, Siswa
dapat:

1. Menjelaskan jenis-jenis tumbukan
2. Mengintegrasikan hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi dalam
peristiwa tumbukan
3. Menerapkan rumus tumbukan pada soal.

Dengan menggunakan Hukum Kekekalan Momentum dan Hukum Kekekalan Energi. sehingga kecepatan kedua benda sesudah tumbukan besarnya sama. Misalnya. 3. maka tumbukan itu disebut tumbukan lenting sempurna. ALAT DAN SUMBER BELAJAR  Media . Menganalisis peristiwa didalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan tumbukan C. Akibatnya. Sebagian besar tumbukan yang terjadi antara dua benda merupakan tumbukan lenting sebagian. dan Penugasan 3. beberapa energy kinetik akan diubah menjadi energi bentuk lain seperti panas. 1. Berdasarkan Hukum Kekekalan Momentum maka D. bunyi. Tumbukan Tidak Lenting Sama Sekali Pada tumbukan tidak lenting sama sekali. Tumbukan Lenting Sebagian Pada tumbukan lenting sebagian. Pada tumbukan lenting sebagian berlaku Hukum Kekekalan Momentum. dan sebagainya. Model : CTL (Contextual Teaching and Learning E. Tumbukan Lenting Sempurna Apabila tidak ada energi yang hilang selama tumbukan dan jumlah energi kinetik kedua benda sebelum dan sesudah tumbukan sama. dan tumbukan tidak lenting sama sekali. dua buah benda massanya masing-masing m1 dan m2 bergerak dengan kecepatan v1 dan v2 dengan arah berlawanan 2. Tumbukan dapat terjadi pada saat benda yang bergerak mengenai benda lain yang sedang bergerak atau diam. tumbukan dua bola biliar. 4. MATERI PEMBELAJARAN TUMBUKAN Dalam kehidupan ini. Metode : Diskusi. sesudah tumbukan kedua benda bersatu. yaitu tumbukan lenting sempurna. tumbukan lenting sebagian. Tabrakan mobil di jalan raya. tumbukan sentral lurus. yaitu tumbukan antara dua benda yang arah kecepatannya berimpit dengan garis hubung kedua pusat massa benda. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN 1. tetapi tidak berlaku Hukum Kekekalan Energi Kinetik. MEDIA. banyak kita jumpai peristiwa tumbukan. Berdasarkan sifat kelentingan benda. Pada tumbukan lenting sempurna berlaku Hukum Kekekalan Momentum dan Hukum Kekekalan Energi Kinetik. kita dapat menentukan peristiwa yang terjadi setelah tumbukan. Pendekatan : Scientific 2. tumbukan dibedakan menjadi tiga jenis. energi kinetic sebelum tumbukan lebih besar daripada energi kinetik sesudah tumbukan. tumbukan antara bola dengan tanah atau dinding merupakan contoh peristiwa tumbukan. yaitu v1' = v2' = v'. bus menabrak pohon.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ketiga Rincian Kegiatan Waktu Pendahuluan  Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam. setiap kelompok diberi modul materi yang berbeda  Kelompok 1 LKS mengenai persamaan rumus tumbukan lenting sempurna  Kelompok 2 LKS mengenai persamaan rumus tumbukan lenting sebagian  Kelompok 3 LKS mengenai persamaan rumus tumbukan tidak lenting sama sekali  Siswa memperhatikan guru yang demonstrasi contoh kejadian tumbukan  Guru menilai keterampilan Siswa 12 menit mengamati Menanya  Guru memberikan pertanyaan pengertian tumbukan  Guru memberikan pertanyaan tentang peristiwa tumbukan yang pernah dijumpai . Laptop. berdoa. Proyektor  Alat dan Bahan Bola dan malam F. dan menanyakan kondisi siswa  Guru menstimulus siswa dengan menayangkan video peristiwa tumbukan.  Guru bersama siswa mereviu 3 menit pembelajaran yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya mengenai hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi kinetic  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari tumbukandalam kehidupan Kegiatan Inti Mengamati  Siswa dibagi menjadi 3 kelompok.

penugasanmembawa alat-alat untuk pertemuan selanjutnya  Melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan . dalam kehidupan sehari-hari Mengeksplorasi  Siswa menuliskan peristiwa tumbukan dalam kehidupan sehari-hari di papan tulis  Siswa mengaklasifikasikan jenis jenis tumbukan yang mereka tulis  Siswa mendiskusikan modul yang mereka dapat untuk mencari persamaan tumbukan  Guru menilai sikap Siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai menilai kemampuan Siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah Mengasosiasi  Masing-masing kelompok menunjuk tim ahli yang akan memberikan penjelasan kepada kelompok lain tentang materi yang mereka dapatkan  Siswa mendiskusikan kesimpulan dari masing-masing tumbukan  Siswa mendiskusikan manfaat tumbukan dalam kehidupan sehari-hari  Guru membimbing/menilai kemampuan Siswa mengolah data dan merumuskan kesimpulan Mengomunikasikan  Masing-masing perwakilan dari kelompok mempresentasikan persamaan tumbukan yang mereka dapatkan dari hasil diskusi  Guru menilai kemampuan Siswa berkomunikasi lisan Penutup  Bersama Siswa menyimpulkan perbedaan masing-masing tumbukan dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari  Memberi tindak lanjut berupa pemberian soal postes.

Penilaian 1.Metode dan Bentuk Instrumen Metode Bentuk Instrumen Sikap Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik Tes Tertuli Tes Uraian . G.