You are on page 1of 10

1

PEMBAHASAN

A. Pengertian sistem online
Sistem online adalah sistem yang menerima langsung input pada
area dimana input tersebut direkam dan menghasilkan output yang
dapat berupa hasil komputasi pada area dimana mereka dibutuhkan.
Area sendiri dapat dipisah-pisah dalam skala, misalnya ratusan
kilometer.
B. Sistem E-Library
Bahasa penulisan Web yang umum dipergunakan adalah
Hypertext Preprocessor atau yang lebih dikenal dengan PHP. PHP
merupakan bahasa pemograman berbasis Web yang mempunyai lebih
banyak kelebihan dibandingkan bahasa sejenis lainnya, selain gratis
PHP juga mempunyai fungsi-fungsi yang cukup lengkap, multiplatform
serta mampu berintekraksi dengan bermacam Database. Selain mudah
berinteraksi dengan Database, PHP juga mempunyai tingkat keamanan
yang tinggi dan security jaringan. Begitu juga dengan software MySQL
dan Apache, software ini memiliki fungsi yang penting dalam
perancangan Perpustakaan Online karena merupakan tempat
penyimpanan Database serta Web Server.
e-Library dapat didefenisikan sebagai sebuah bentuk teknologi
informasi yang diterapkan pada perpustakaan dalam bentuk online.
Definisi elibrary sendiri sebenarnya sangatlah luas bahkan sebuah
portal yang menyediakan informasi tentang referensi buku-buku yang
dapat tercakup dalam lingkup e-library ini. Namun, istilah e-library
lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah
transformasi proses pencarian buku – buku atau referensi buku pada
perpustakaan.
Sistem library online merupakan suatu metode instruksional
penyampaian referensi buku untuk mempermudah pencarian buku dan
referensi buku tanpa dibatasi oleh jarak, waktu, dan tempat serta

dan penerbitnya. Kelebihan dan kekuranga E-Library kelebihan dari perpustakaan online ini yaitu adanya fasilitas search. Perancangan Arsitektur Sistem e-Library Dalam desain perancangan arsitektur sebuah e-library web terlebih dahulu harus memilih dan menentukan suatu bentuk kerangka aplikasi yang nantinya akan ditampilkan pada halaman homepage web.2 kesempatan untuk melihat referensi-refrensi buku bagi semua golongan yang memenuhi persyaratan tertentu. maka setelah penekanan enter akan muncul tampilan berupa judul-judul buku mysql beserta pengarang. C. lama peminjaman maupun dendanya Hal ini penulis lakukan karena penulis hanya mefokuskan pada perancangan perpustakaan online D. yang mana para mahasiswa atau pengguna perpustakaan dapat mengetahui daftar buku – buku dengan hanya memasukkan judul buku dan tekan enter. Penggunaan dari kerangka aplikasi ini adalah bertujuan agar di dalam pembuatan nantinya berjalan sesuai prosedur dan tujuan yang diinginkan. serta kelebihan lainnya dari web ini adalah adanya penggunaan hak akses bagi yang berbeda antara admin dan anggota perpustakaan Adapun kekurangan dari perpustakaan online ini yaitu pada proses peminjaman buku dimana pada proses peminjaman ini antara Dosen dan Mahasiswa memiliki hak yang sama dalam meminjam buku. Desain atau perancangan database ini akan menghasilkan . baik jumlah buku. a. Perancangan database Perancangan database bertujuan untuk menghasilkan sebuah desain Database yang mampu menyimpan data aplikasi e-library. Oleh karenanya batasan yang dihadapi dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Misalnya pada kotak input search diketikkan kata kunci ‘mysql’. Proses e-Library yang terjadi dapat dijembatani dengan suatu media untuk melakukan aktivitas pencarian referensi – referensi buku.

Online Public Access Catalogue a. b. dan relasi antar tabel di dalam aplikasi. Entitas-entitas yang terlibat pada aplikasi sistem elibrary berbasis web ini akan dimodelkan dalam diagram ER.3 defenisi tabel. Konsistensi data dari input dan output tabel juga merupakan tujuan desain database. entitasentitas yang terlibat dalam e-library dapat dikelompokkan sebagai berikut : a. Dari halaman utama ini terdapat beberapa hyperlink yang menghubungkan dengan halaman yang lain di dalam aplikasi. Anggota (Mahasiswa atau Dosen) b. kolom-kolom pada tabel beserta tipe datanya. dan dapat dipakai pengguna untuk menelusur pangkalan data katalog. Admin c. Perancangan Anggota Perpustakaan E. sebagaimana halnya entity maka dalam hubungannya pun harus dibedakan antara hubungan atau bentuk hubungan antar entity dengan isi dari hubungan itu sendiri. Perancangan Halaman Utama Proses pembuatan aplikasi e_library diawali dengan halaman utama. Sebelum dihasilkan diagram ER akan ditentukan terlebih dahulu seluruh entitas yang terlibat didalam sistem. Database sebagai penyedia data dan untuk memproses query dari parameter yang dikirim / diminta oleh client. Desain dan Definisi Tabel Dalam perancangan ini yaitu menentukan komponen dari Entitas Relation Diagram (ERD). Pengertian Online Public Access Catalogue OPAC adalah sistem katalog terpasang yang dapat diakses secara umum. Peminjaman c. Data Buku d. dan jika sistem katalog dihubungkan dengan sistem . Berdasarkan peranannya di dalam sistem. Relationship. untuk memastikan apakah perpustakaan menyimpan karya tertentu. d. untuk mendapatkan informasi tentang lokasinya.

Melalui OPAC. maka pengguna dapat mengetahui apakah bahan pustaka yang sedang dicari sedang tersedia di perpustakaan atau sedang dipinjam (Tedd 1993. OPAC menyediakan akses umum kepada file pangkalan data yang dimiliki perpustakaan. Kebutuhan pengguna berkomunikasi dengan sistem komputer dalam rangka memecahkan suatu pertanyaan atau permintaan (query). biasanya menggunakan suatu terminal yang tersambung ke sistem komputer. dengan satu sisi masukan (input) yang menggabungkan pembuatan file cantuman dan indeks. Feather (1997.4 sirkulasi. 1) menyatakan. merupakan aspek paling penting pada OPAC. pengguna dimungkinkan juga dapat mengetahui lokasi atau tempat penyimpanannya. Pendapat ini selain menunjukkan fungsi OPAC pada penelusuran informasi. kata kunci dan sebagainya. Melakukan penelusuran informasi melalui OPAC. OPAC adalah suatu sistem temu balik informasi. OPAC menawarkan akses secara online ke koleksi perpustakaan melalui terminal komputer. Selain sebagai alat bantu penelusuran. juga menekankan fungsi lain . 330) menyatakan bahwa OPAC adalah suatu pangkalan data cantuman bibliografi yang biasanya menggambarkan koleksi perpustakaan tertentu. Pengguna menggunakan OPAC adalah untuk menjawab query tertentu. 141). Melalui OPAC pengguna berinteraksi untuk memeriksa isi file yang ada. judul. OPAC menjadi suatu sarana atau alat bantu bagi pengguna untuk melakukan penelusuran informasi di perpustakaan. Horgan (1994. Pengguna dapat melakukan penelusuran melalui pengarang. OPAC adalah sistem temu balik informasi yang merupakan bagian dari sistem komputer perpustakaan. subjek. OPAC dapat juga digunakan sebagai sarana untuk memeriksa status suatu bahan pustaka. Pendapat ini menunjukkan fungsi dari OPAC sebagai sarana temu balik informasi yang dapat diintegrasikan dengan sistem sirkulasi. Hal ini menghasilkan pangkalan data yang dapat ditelusur sebagai sisi keluaran (output) dari sistem. Oleh karena itu.

atau subjek buku yang bersangkutan. Menunjukkan sebuah buku yang dimiliki oleh perpustakaan oleh pengarang tertentu. atau berdasarkan karakternya (sastra ataukah topik) Fungsi katalog secara unum adalah sebagai berikut: 1. Melalui OPAC. atau dalam jenis literatur tertentu 3. 2.5 dari OPAC yaitu untuk menunjukkan keberadaan atau kekayaan koleksi dari suatu perpustakaan tertentu. Membantu dalam pemilihan buku berdasarkan edisinya. Berdasarkan uraian di atas dapat dinyatakan bahwa OPAC adalah suatu sistem temu balik informasi berbasis komputer yang digunakan oleh pengguna untuk menelusur koleksi suatu perpustakaan atau unit informasi lainnya. judul buku. selain memberikan kemudahan bagi pengguna juga kemudahan bagi petugas perpustakaan dalam melakukan kegiatan pengatalogan b. atau subjeknya. berdasarkan subjek tertentu. Menunjukkan tempat suatu buku atau bahan lain dengan menggunakan lambang. subjek. pengguna akan bisa mengetahui seberapa banyak judul. 2. OPAC merupakan perkembangan teknologi di dalam ilmu perpustakaan. Mendaftarkan semua buku dan bahan lain dengan susunan alfabetis nama pengarang. eksemplar. ke dalam suatu tempat khusus di . Fungsi dan Tujuan OPAC Tujuan Katalog ialah: 1. Memungkinkan seseorang menemukan sebuah buku yang diketahui berdasarkan: pengarangnya judulnya. dan sebagainya dari koleksi suatu perpustakaan tertentu.lambang angka klasifikasi dalam bentuk nomor panggil (call number).

Pengguna mendapatkan peluang lebih banyak dalma menelusuri bahan pustaka. c.6 perpustakaan untuk memudahkan pencarian entri. katalog sangat berfungsi sebagai alat komunikasi.entri atau informasi yang dibutuhkan. c. Memberikan kemudahan untuk mencari suatu buku atau bahan lain di perpustakaan dengan hanya mengetahui salah satu daftar kelengkapan buku yang bersangkutan. bantuan pengguna (user assistance). e. Dari ketiga fungsi di atas dapat dilihat katalog sangat berfungsi bagi pengguna maupun pustakawan. Penelusuran informasi dapat dilakukan secara cepat dan tepat. dengan menggunakan katalog pustakawan secara langsung dapat memberikan informasi mengenai bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan. d. b. keluaran dan tampilan (out and display). . kemampuan penelusuran (searching capabilities). Tidak berbeda dengan katalog manual. keuntungan menggunakan katalog online adalah Menurut Hermanto (2007 : 1) OPAC memiliki keuntungan. Penelusuran dapat dilakukan di mana saja tidak harus datang ke perpustakaan dengan catatan sudah online ke internet. Menghemat waktu dan tenaga. OPAC juga berfungsi sebagai sarana sistem temu balik pada perpustakaan dalam memberikan informasi tentang status dan letak koleksi pada perpustakaan. yaitu : a. ketersediaan dan akses (availabilitu and access). Pengguna dapat mengetahui keberadaan koleksi dan status koleksi apakah sedang dipinjam atau tidak. kepuasan pengguna (user satisfaction). 3. Untuk mengetahui bahan pustaka apa saja yang telah dimiliki oleh perpustakaan. Sedangkan menurut Fatahi dalam Hasugian (2004 : 9) menyatakan bahwa OPAC memiliki beberapa kelebihan dari katalog kartu yaitu sisi penelusuran mencakup interaksi(interaction).

Kurangnya ketersediaan komputer terminal OPAC untuk menelusuri informasi yang dimiliki perpustakaan. pembatasan database tertentu. tertentu. Penelusuran kata kunci (keyword searching). Penelusuran terbatas (limited searching). b. Kerugian Menggunakan OPAC Dari berbagai keuntungan. proses ini memang akurat. bila listrik mati maka kegiatan penelusuran bahan pustaka akan terganggu. dan sebagainya.7 d. pembatasan tahun. pembatasan bahasa. Jenis penelusur OPAC Menurut Hasugian (2004: 6) mengemukakan ada beberapa jenis penelusuran yang dapat dilakukan melalui OPAC. OPAC juga memiliki peluang kekurangan. Belum semua bahan pustaka masuk ke data komputer sehingga pengguna mengalami kesulitan dalam melakukan penelusuran. yaitu menelusuri dengan memeriksa satu persatu cantuman dari dokumen yang ada. Penelurusan dengan teknik browse. e. akan tetapi membutuhkan waktu yang lama sehingga kurang efisien untuk dilakukan. Penelusuran dengan melakukan pembatasan kepada ruas data tertentu. Tergantung aliran listrik. Menurut Hermanto (2007 : 1) adalah : a. negara. b. yaitu : a. . Penelurusan dengan menggunakan kata kunci (keyword) tertentu sebagai query. Penelurusan dengan browsing (browse searching). c. Kata kunci bisa beruba istilah/kata yang dirumuskan secara bebas atau kata/istilah baku/standar. c.

materi-it.html http://repository.com/2014/08/program-sistem-informasi- perpustakaan.ac. XIV No. 2005. Online Publice Acce Catalogue.1991. 20 http://www. Yogyakarta : Media Informasi Vol. Pengantar Ilmu Perpustakaan.pdf .8 DAFTAR PUSTAKA Sulistyo-Basuki. rif.unand. Jakarta. Ikhwan.id/1030/1/18-24_JURNAL_E-LIBRARY. Gramedia Pustaka Utama.

9 MAKALAH EVALUASI SISTEM ONLINE Oleh : Adelia Rachma 111202510091 Triyoko Aziz Saputra 111202510091 .

10 PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2015 .