You are on page 1of 8

Nama : Ni Wayan Eka

Damayanti

NIM : 021611133050

Apa itu Filsafat ?

Filsafat secara etimologis berasal dari bahasa
Yunani philosophia. Philos berarti suka, cinta, atau kecenderungan pada
sesuatu, sedangkan Sophia artinya kebijaksanaan. Dengan demikian, secara
sederhana, filsafat dapat diartikan cinta atau kecenderungan pada
kebijaksanaan. Filsafat juga berarti pengetahuan tentang berpikir bagaimana
yang baik dan benar. Filsafat juga berarti proses berpikir menuju kebenaran.
Filsafat juga berarti proses mencari kebenaran yang sejati. Filsafat adalah
sebyah sistem pemikiran, atau lebih tepat cara berpikir, yang terbuka :
terbuka untuk dipertanyakan dan dipersoalkan kembali. Kemudian filsafat
adalah sebuah tanda tanya dan bukan sebuah tanda seru. Maksud dari
pernyataan ini adalah ketika kita bertanya “Apa itu filsafat ?” kita
sesungguhnya berfilsafat dan dengan demikian memperlihatkan hakikat
filsafat itu sendiri. Memang pada akhirnya setiap pertanyaan menemukan
jawabannya. Tetapi jawaban ini selalu dipertanyakan lagi. Karena itulah,
filsafat dianggap sebagai sesuatu yang bermula darri pertanyaan dan
berakhir dengan pertanyaan.

dan komunikatif. seimbang. juga dibahas dengan kritis. rasional. Filsafat adalah aktivitas untuk berpikir secara mendalam tentang pertanyaan-pertanyaan besar dalam hidup manusia dan mencoba menjawabnya secara rasional. mengkomunikasikan ide secara efektif. Berbagai konsep yang akrab dengan hidup kita. melainkan menawarkan alternatif cara berpikir. Nama : Ni Wayan Eka Damayanti NIM : 021611133050 Untuk apa kita belajar Filsafat ? Filsafat menurut saya. dan keberadaan kita sebagai manusia. sistematis. membentuk argumen dalam bentuk lisan maupun tulisan secara sistematis dan kritis. kita akan mendapatkan beberapa ketrampilan untuk memikirkan suatu masalah secara mendalam dan kritis. Dan Filsafat adalah komponen penting kepemimpinan. kita akan menjadi seorang pemimpin ideal. Tetapi. dan mengubah dirinya sendiri. Ini semua sesuai dengan semangat pendidikan yang sejati. Filsafat mengajak kita untuk memahami dan mempertanyakan ide-ide tentang kehidupan. Dengan belajar berpikir secara logis. Filsafat adalah suatu tindakan. filsafat tidak memberikan jawaban mutlak. akal budi. Sekali lagi. dan mampu berpikir secara logis dalam menangani masalah-masalah kehidupan yang selalu tak terduga. mempertanyakan. kritis. Filsafat menggugat. serta mendalam. Filsafat mengembangkan kemampuan kita dalam: Ø menalar secara jelas . Dengan belajar filsafat. dan tentang pengalaman kita sebagai manusia. filsafat tidak memberikan jawaban mutlak yang berlaku sepanjang masa. kritis. yang amat dibutuhkan oleh berbagai bidang di Indonesia sekarang ini. suatu aktivitas. bukan sekedar merupakan mata kuliah. seperti tentang kebenaran. tentang nilai-nilai hidup. Filsafat itu bersifat terbuka. dan sistematis.

yaitu: a Filsafat ilmu dalam arti luas: Menampung permasalahan yang menyangkut hubungan keluar dari kegiatan ilmiah. yaitu Filsafat ilmu bermanfaat untuk menjelaskan keberadaan manusia di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan alat untuk membuat hidup . seperti: tata susila yang menjadi pegangan penyelenggara ilmu. 1988). Pokok perhatian filsafat ilmu adalah proses penyelidikan ilmiah itu sendiri. Filsafat ilmu dapat dibedakan menjadi dua. b Filsafat ilmu dalam arti sempit: Menampung permasalahan yang bersangkutan dengan hubungan ke dalam yang terdapat di dalam ilmu. Oleh karena itu. Kita perlu belajar filsafat ilmu karena filsafat ilmu memiliki manfaat yang sangat banyak. yaitu yang menyangkut sifat pengetahuan ilmiah.Ø membedakan argumen yang baik dan yang buruk Ø menyampaikan pendapat (lesan dan tertulis) secara jelas Ø melihat sesuatu melalui kacamata yang lebih luas Ø melihat dan mempertimbangkan pendapat dan pandangan yang berbeda. fungsi filsafat ilmu kiranya tidak bisa dilepaskan dari fungsi filsafat secara keseluruhan. dan cara-cara mengusahakan serta mencapai pengetahuan ilmiah (Beerling. Nama : Ni Wayan Eka Damayanti NIM : 021611133050 Untuk apa belajar Filsafat Ilmu ? filsafat ilmu adalah penyelidikan tentang ciri-ciri pengetahuan ilmiah dan cara untuk memperolehnya. Filsafat ilmu merupakan salah satu cabang dari filsafat.

menjadi lebih baik. Filsafat bukan hanya sekedar mendobrak pintu penjara tradisi dan kebiasaan yang penuh dengan berbagai mitos dan mite. Mempelajari filsafat ilmu memiliki manfaat praktis. Dalam konteks inilah pengalaman mempelajari filsafat ilmu diterapkan. Dengan mempelajari filsafat ilmu diharapkan kita memiliki pemahaman yang utuh mengenai ilmu dan mampu menggunakan pengetahuan tersebut sebagai landasan dalam proses pembelajaran dan penelitian ilmiah. Dengan mempelajari filsafat ilmu diharapkan kita sebagai mahasiswa semakin kritis dalam sikap ilmiahnya. Setelah kita lulus dan bekerja kita pasti berhadapan dengan berbagai masalah dalam pekerjaan. Filsafat ilmu membebaskan manusia dari belenggu cara berpikir yang mistis dan dogma. melainkan juga merenggut manusia keluar dari penjara itu. Filsafat ilmu bermanfaat sebagai pembebas. Untuk memecahkan masalah diperlukan kemampuan berpikir kritis dalam menganalisis berbagai hal yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi. . Filsafat ilmu membantu agar seseorang mampu membedakan persoalan yang ilmiah dengan yang tidak ilmiah. Mempelajari filsafat ilmu mendatangkan kegunaan bagi kita sebagai calon ilmuwan untuk mendalami metode ilmiah dan untuk melakukan penelitian ilmiah. Kita sebagai insan kampus diharapkan untuk bersikap kritis terhadap berbagai macam teori yang dipelajarinya di ruang kuliah maupun dari sumber-sumber lainnya.

Menghabiskan pulsa 2. Nama : Ni Wayan Eka Damayanti NIM : 021611133050 Objek Formal Pacaran :  Apa itu Pacaran ? Pacaran merupakan proses perkenalan antara dua insan manusia yang biasanya berada dalam rangkaian tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan berkeluarga yang dikenal dengan pernikahan.  Manfaat berpacaran  temen curhat  temen ngobrol  hanya status  agar tidak ketinggalan jaman  ikut-ikut temen  buat dimanfaatin  dan lain-lain Punya pacar tu sebenernya cuma: 1. Bisa mengarahkan ke jalan yang tidak bener  Tujuan berpacaran 1. 2. Meningkatkan prestasi di sekolah / di kuliahmu. membuat sakit hati 3. Belajar lebih mengenal karakter lain jenis.  Dampak Berpacaran . 3. Membangun diri untuk relasi yang lebih berkualitas.

Akan melemahkan daya kretaifitas dan menyulitkan konsentrasi. Keterkaitan Pacaran m e n d o ro n g re m a j a u n t u k m e r a s a a m a n dan nyaman. 6. Terjadinya pertengkaran dan pembunuhan. saya yakin akan mengarahkan satu pasangan kearah yang lebih baik lagi. karena pikiran mereka hanya tertuju kepada pacarnya. 3.  Alasan berpacaran 1. Penuh Masalah Sehingga Berakibat Stres Hubungan dengan pacar tentu saja tidak semulus di duga. 10. 8. 2. Nyaman Pacaran adalah bentuk aplikasi dari seseorang yang merasa nyaman dengan seseorang lainnya. Nyaman karena mempunyai banyak kesamaan dalam hal sudut pandang. Kebebasan Pribadi Berkurang. 4. Nyaman karena merasa nyambung dalam hal komunikasi. 2. Menjalin suatu hubunga dengan di landasi pemahaman seperti ini. Mengisi Waktu Luang Bisa tambah bervariatis atau justra malah terbatas. Nyaman. jadi pasti banyak terjadi masalah dalamhubungan ini. Perasaan Aman. 7. Pergaulan Sosial Pergaulan bisa tambah meluas atau menyempit 3. dan Terlindung. hanya karena rebutan pacar. Melemahkan Iman Orang yang pacaran cenderung meletakkan rasa cinta kepada kekasihnya di atas rasa cinta kepada Sang Pencipta. Tenang. Belajar Bertanggungjawab . 5. Prestasi sekolah bisa meningkat atau menurun. 9. Dan mungkin nyaman karena sifat dan sikap yang dia berikan kepada kita. kenapa masih ragu kalau dia memang tercipta buat kita. 1. Menjadi lebih baik Ketika ada seseorang yang dengan telaten nya bisa membimbing kita kearah yang lebih baik lagi.

Bersikap santai 3. Karena kecocokan. bisa saling suport. sepikiran 2. Cocok. Karena kebaikan dan perhatian 8. Jangan mengenalkan ke keluarga terlalu cepat 6. Cocok. Bersikap sewajarnya 5. Jangan berlebihan meemberikan hadiah 4. Dilangkah awal ini juga secara tidak langsung kita dituntut untuk belajar tanggung jawab. sejalan. Pacaran itu adalah langkah awal dalam menuju bahtera rumah tangga. Jangan suka mengkode dan emosian  Alasan bias bertahan lama berpacaran 1. ada toleransi dan berusaha setia 5. Karena ada kepercayaan satu sama lain 9. Rasa kasih sayang .  Menghindari kesalahan saat berpacaran 1. Komitmen 3. suka kepada dia dan merasa cocok 4. Saling pengertian kepada pasangan 6. saling percaya dan orang tua setuju dengan pasangan kita 7. Orangnya enak. Jangann pamer 2. Namun bukan tidak mungkin dari yang kecil ini bisa melahirkan tanggung jawab yang besar ketika mengarungi bahtera nanti. Memang skala nya masih kecil.