Apa itu Power Train

Power train adalah: Sebuah mekanisme penyalur/power dalam sebuah
kendaraan /alat berat/traktor mulai dari tenaga penggerak (mesin) sampai dengan
roda penggerak kendaraan.

Power train di mesin traktor melakukan 4 pekerjaan:

1. Menghubungkan & memutuskan power/tenaga.

2. Menyeleksi ratio kecepatan.

3. Menyediakan sarana pembalik/mundur.

4. Menyetarakan putaran roda untuk berbelok.

Untuk melakukan pekerjaan ini diperlukan 5 komponen di power train traktor:

1. Clutch/Kopling, yang fungsinya untuk menghubungkan dan memutuskan
putaran.

2. Transmissi, yang fungsinya menyeleksi kecepatan dan arah maju/mundur.

4. Transmissi . yang fungsinya menyetarakan putaran untuk berbelok. − Bila Clutch/kopling disenganged (tidak menekan) pusingan enjin tidak mengoprasikan transmissi. untuk mengurangi dan menambah kecepatan torque ke Axle. Drive Wheel/Roda. 3. pusingan enjin menggerakan transmissi utk meneruskan putaran ke roda. untuk menggerakan kendaraan. Differential/Gardan. Clutch/Kopling − − Jika clutch/kopling engaged (menekan). Final Drive. 5.

 Reverse idler shaft ( poros gigi mundur ) digunakan pada saat mundur. automatic transmissi.  Input shaft berputar dalam arah yang sama dengan mengikuti putaran mesin. Tipe powershift transmissi Berdasarkan cara kerjanya. sehingga saya menyebutnya transmissi manual. Ada persamaan dan perbedaan antara tiga tipe ini. memiliki dua shaft/poros yang terpasang secara paralel maupun seri. Mari kita lihat detilnya satu persatu. Sliding gear 2. Synchromesh Ketiga tipe ini harus dijalankan dengan handle tangan. Di manual transmissi ada 3 tipe utama: 1.  Reverse idler shaft berputar dalam arah yang berlawanan dengan input shaft. 1.  Gear D dan E berlanjut ke output shaft dan dapat di gerakan ke kanan atau ke kiri untuk memungkinkan tiga kecepatan gerak maju dan satu kecepatan gerak mundur. Sliding gear. Sliding Collar / Collar shift 3. transmissi di bedakan menjadi manual transmissi. .

Sliding Collar / Collar Shift. Dalam transmissi gambar di bawah ini.  2. input shaft dan output shaft di rangkai secara in line (seri) tapi tidak berhubungan. .  Gear B dan C berhubungan ke output shaft dan dapat digerakkan ke kiri dan ke kanan.

3. Transmissi collar shift menggunakan helical cut gear dalam paralel shaft. .  Gear tidak berhubungan dengan poros dan tidak berputar bebas pada saat transmissi keadaan netral. Synchromesh.  Gear-gear ini selalu berputar secara konstan dan tidak dapat bergeser dari shaft yang lain.

Sekian dulu dari saya semoga bermanfaat.  Syncronizer adalah clutch penggerak spesial yang digunakan untuk menyamakan kecepatan dalam bagian-bagian yang berpasangan agar memudahkan bagi shift gear untuk berpindah. Sekaligus memperkenalkan model mesin traktor dengan serba otomatis 16 speed transmissi . insyaallah disambung lagi di bagian Differential. Synchromesh transmissi pada dasarnya adalah sebuah collar shift dengan perangkat tambahan yang disebut syncronizer. Final drive.