You are on page 1of 7

Stadion yang sudah tidak asing bagi penduduk Indonesia ini adalah satu –

satunya Stadion berukuran besar dan satu – satunya yang memiliki standar Internasional di
Indonesia. Lokasi olahraga yang dikenal dengan singkatan SUGBK atau GBK ini biasa digunakan
saat pertandingan Timnas Indonesia untuk menghadapi tim pesebak bola dari negeri lain. Konsep
yang dicanangkan oleh Soekarno memiliki konsep modern serta hijau. Hingga akhirnya semua
terwujud dan berjalan dengan baik, bahkan sudah bertandar Internasional. Luasnya stadion ini
dahulu membuat 4 desa harus dikorbankan dan lebih dari 60.000 penduduk di ungkikan
sementara. Sampai pada akhirnya diresmikan tanggal 23 Desember 1958 dan menyedot dana
sebesar 12,5 Juta Dollar AS. Stadion ini dikelola oleh Yayasan Gelora Bung Karno yang sampai
saat ini masih dipercaya untuk menjadi operator kompleks. Kawasan ini telah menyusut hampir
50 % karena adanya penyimpangan sehingga stadion ini yang awalnya memiliki luas 279,1 hektar
menyusut menjadi 136,84 hektar saja. Hal ini terjadi karena adanya berbagai pembangunan oleh
pemerintah demi majunya Indonesia.

.... 1 BAB II LANDASAN TEORI …………………………………………………………………. 10 Manajemen konstruksi adalah ilmu yang mempelajari dan mempraktikkan aspek-aspek manajerial dan teknologi industri konstruksi........ Manajemen konstruksi juga dapat diartikan sebagai sebuah model .. i BAB I PENDAHULUAN 1..........1 Latar Belakang …………………………………………………………………………...... 2 BAB III PEMBAHASAN 3...………………………………………………… 3 3........………………………………....... 1 1. DAFTAR ISI DAFTAR ISI …………………..1 Sejarah Perkembangan Bisnis “Minat” .....4 Analisis SWOT …………………………………………………………………………...3 Tujuan …………………………………………………………………………………................. 4 3........ 5 3...... 1 1........... 9 KESIMPULAN ………………………………………………………………....2 Rumusan Masalah ……………………………………………………………………….3 Manajemen Keuangan ………………………………………………………………..2 Strategi Bisnis …………………………………………………………………………...

Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan. dan implementasinya harus melibatkan semua anggota organisasi. ISO 8402 (quality vocabulary) mendefinisikan manajemen kualitas sebagai semua aktivitas dari fungsi manajemen secara keseluruhan yang menentukan kebijaksanaan kualitas. pengelolaan (menjalankan serta pengendalian). dalam setiap area fungsional dari suatu organisasi. jaminan kualitas (quality assurance) dan peningkatan kualitas (quality improvement). PENGERTIAN MANAJEMEN KUALITAS Pada dasarnya manajemen kualitas (Quality Manajemen) atau manajemen kualitas terpadu (total quality management) didefinisikan sebagai suatu cara meningkatkan performansi secara terus menerus (continuous performance improvement) pada setiap level operasi atau proses. Tanggung jawab untuk manajemen kualitas ada pada semua level dari manajemen.bisnis yang dilakukan oleh konsultan konstruksi dalam memberi nasihat dan bantuan dalam sebuah proyek pembangunan. serta mengimplementasikannya melalui alat-alat seperti perencanaan kualitas (quality planning). . untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik. tetapi harus dikendalikan oleh manajemen puncak(top management).dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang mempunyai nilai tambah. pengorganisasian. dan seringkali juga dibatasi oleh sumber pendanaan). Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya (dan biasanya selalu dibatasi oleh waktu. dengan menggunakan semua sumber daya manusia dan modal yang tersedia. pengendalian kualitas (quality control). tujuan-tujuan dan tanggung jawab. untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek.

gedung ini berisi 23 elevator yang dapat mencapai kecepatan 360 mpm dalam model berkecepatan super tinggi. 1. Wisma BNI 46 dirancang oleh Zeidler Robert dari Zeidler Partnership Architects dengan DP Architects Private Ltd asal Singapura. JENIS : GEDUNG – PERKANTORAN SELESAI DIBANGUN : TAHUN 1995 KONTRAKTOR : PT. tingginya hanya 200 meter. menara ini setinggi 228 meter dan bila dihitung hingga atap terendah. Menara ini terletak di tanah seluas 15 hektar di pusat kota.WISMA46. JENDRAL SUDIRMAN KAV. Wisma BNI 46 adalah bangunan tertinggi ke-147 di dunia bila dihitung hingga puncak. Bila dihitung hingga ke atap. Selain itu. Bangunan ini memiliki ketinggian 262 meter. Bangunan Wisma BNI 46 berlokasi di Jl. Juga bangunan tertinggi kedua di belahan Bumi selatan.COM Wisma BNI 46 adalah sebuah karya arsitektur tertinggi di Indonesia. Gedung ini merupakan hasil rancangan Zeidler Robets Partnership dan DP Architects Private Ltd. WIJAYA KUSUMA CONTRACTORS LOKASI : JL. WISMA BNI 46 ARSITEK : ZEIDLER ROBERTS PARTNERSHIP(ZEIDLER PARTNERSHIP ARCHITECTS) and DP ARCHITECTS PRIVATE Ltd. Wisma 46 sangat menonjol terlihat di atas ketinggian Jakarta dengan puncaknya yang berbentuk layar pinisi. JAKARTA-INDONESIA TNGGI BANGUNAN KESELURUHAN : 262 m JUMLAH LANTAI : 51 LANTAI FUNGSI : SARANA PERKANTORAN STYLE : ARSITEKTUR MODERN – POST MODERN BUDGET : US$ 132 MILYAR MATERIAL : GLASS (KACA) – STEEL (BESI) – CONCRETE (BETON) SITUS RESMI : WWW. Sudirman dan selesai dibangun pada tahun 1996. .

di bawah lantai trunking. Wisma 46 memiliki pelat lantai luas yang menawarkan efisiensi dan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan para penyewa '. Bangunan ini juga dilengkapi dengan fleksibel AC. Dengan mengesankan 11 meteran grand lobby tinggi di lantai dasar. Hal ini juga menawarkan layanan parkir valet di nya Lobby Utara. dan 100% listrik cadangan generator. servis. Untuk pertanyaan tentang peraturan bangunan dan manajemen. Peralatan keselamatan kebakaran dilayani dan diuji secara teratur. Wisma 46 dilengkapi dengan lift berkecepatan tinggi untuk melayani semua lantai kantor dan eskalator untuk melayani lantai ritel.Gedung yang berjumlah 48 lantai ini berada di pinggir Sungai Ciliwung memiliki puncak layar pinisi yang berfungsi sekaligus sebagai menara IT. Sehingga Wisma BNI 46 ini terlihat lebih cantik dan berbeda dari gedung lainnya di Jakarta. . dan detektor asap dan sesuai dengan NFPA dan kode lokal. dan 2 tingkat parkir bawah tanah untuk melayani kebutuhan parkir. SPESIFIKASI BANGUNAN Pada 50 lantai tinggi. lantai ke lantai api pemeriksaan. kantor layanan pelanggan dikelola dengan profesional layanan pelanggan yang sangat ingin membantu penyewa dan pengunjung dengan pertanyaan apapun. alat pemadam kebakaran. PARKIR Wisma 46 memiliki banyak luar ruangan parkir. Wisma BNI 46 itu dibangun jauh sebelum Burj Al Arab yang terkenal dari Dubai yang juga berbentuk layar tersebut. dan pemeliharaan semua peralatan teknik di gedung. Tim layanan pelanggan dapat membantu mengkoordinasikan setiap acara penyewa atau kegiatan promosi. FIRE SAFETY Wisma 46 dilengkapi dengan sistem alarm kebakaran. Semua masuk kendaraan. Tim engineering berkomitmen untuk menjaga Wisma 46 beroperasi dengan lancar. Staf Wisma 46 ini dilatih untuk merespon dengan cepat dalam keadaan darurat. dan paket secara hati-hati disaring oleh tim keamanan profesional Wisma 46 sebelum diizinkan untuk memasuki tempat Wisma 46 ini. gedung parkir. Ada dapur umum di setiap lantai kantor dan ruang mandi eksekutif di setiap lantai lainnya. Wisma 46 memiliki berbagai sarana dan fasilitas yang memenuhi kebutuhan dan kenyamanan penyewa. ENGINEERING Wisma 46 memiliki tim engineering sendiri khusus yang melakukan pemeriksaan rutin. LAYANAN PELANGGAN Terletak di Lower Ground (LG). jangan ragu untuk menghubungi tim layanan pelanggan Wisma 46 ini. KEAMANAN Nikmati keamanan round-the-clock dengan 24 jam sirkuit tertutup televisi (CCTV) sistem pemantauan. penyiram. tas.

Indonesia. ditambah dengan penemuan-penemuan dalam ilmu konstruksi dan struktur. menara ini setinggi 228 m dan bila dihitung hingga atap terendah. Wisma 46 adalah bangunan tertinggi ke-147 di dunia bila dihitung hingga puncak. Juga bangunan tertinggi kedua di belahan Bumi selatan. sering menghasilkan bentuk-bentuk struktur yang cantik yang sangat mengagumkan. seperti Starbucks Coffee dan Dunkin' Donuts. Contohnya. Memiliki luas 140. namun sekarang jika sebuah bangunan menerapkan struktur cantik. Menara kaca ini terdiri dari eksterior kaca seluruhnya dengan jendela persegi. Banyak gedung bertingkat tinggi yang menggunakan struktur bangunan menjadi sebuah elemen estetika. tingginya hanya 200 m. Bila dihitung hingga ke atap. sekarang banyak kita jumpai bangunan-bangunan yang melakukan rias wajahnya dengan pemanfatan konstruksi cadar. Desain bangunan ini digambarkan sebagai modern. Terdapat dua tingkat bawah tanah yang digunakan sebagai tempat parkir. maka struktur tersebut dengan sendirinya sudah merupakan elemen estetika yang tampil secara dominan di dalam wajah bangunan. Pola jendela persegi ini dilintasi oleh tiga jendela persegi panjang. Biasanya unsur estetika sebuah bangunan muncul dari sosok. Menara perkantoran bertingkat 46 ini selesai tahun 1996 yang dirancang oleh Zeidler Roberts Partnership (Zeidler Partnership Architects) dan DP Architects Private Ltd. Menara ini berisi 23 elevator yang dapat mencapai kecepatan 360 mpm dalam model berkecepatan super tinggi. Menara ini mempunyai 48 tingkat di atas tanah yang hanya berisi perkantoran. Sebuah menara beton kubus setinggi 200 m sebelum sebuah menara kaca masuk dan membentuk puncak yang melengkung.028 m². Merupakan sebuah pencakar langit setinggi 262 m (hingga pucuk antena) yang terletak di komplek Kota BNI di Jakarta Pusat. yaitu elemen- elemen tampak bangunan yang berupa sunscreen/tabir matahari. Lantai 1 dan 2 diisi oleh bank. Kemajuan-kemajuan dalam bidang teknologi bangunan. Selain Tugu Monas. Suatu struktur cantik dalam skala besar bisa dilihat pada gedung bertingkat tinggi.KUALITAS DARI BANGUNAN WISMA 46 Wisma 46 adalah bangunan tertinggi Indonesia. dan resto. gedung ini juga menjadi ikon kota Jakarta karena bentuknya yang unik seperti pena. Menara ini terletak di sebuah tanah seluas 15 hektar di pusat kota. atau . olahan tampak atau elemen bangunan. kafe.

. sedangkan bagian bawahnya memakai cadar berupa jalur- jalur aluminium berbentuk bidang lengkung yang menutupi pembukaan- pembukaan jendelanya. bagian atas gedung ini memakai cadar berupa dinding kaca. dan adakalanya pula konstruksi tabir mathari ini sekaligus dipasang pada seluruh wajah bangunan yang bersangkutan sehingga menjadi eleman tampak yang sangat dominan. Konstruksi-konstruksi tabir matahari atau sejenisnya . seringkali dirancang menjadi bagian dari tampak bangunan. Sebagai contoh. selain pemanfaatanya sebagai cadar terhadap sinar matahari yang berlebihan yang masuk ke dalam ruang interior tersebut. dan bisa disebut juga panil-panil luar yang menyelimuti badan bangunan yang bersangkutan. Mungkin cadar ini dimanfaatkan sebagi elemen security bagi ruangan dalam yang berada dibaliknya. Gedung Wisma BNI 46 Jakarta.konstruksi ringan penutup wajah bangunan.