You are on page 1of 14

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Kehidupan dimulai sangat dini dalam sejarah bumi, dan organisme pertama itu
merupakan nenek moyang bagi kaleidoskop keanekaragaman biologis yang kita lihat saat ini.
Organisme yang paling kita kenal adalah organisme makroskopik dan multi seluler terutama
tumbuhan dan hewan. Namun demikian, pada tiga perempat awal sejarah evolusi, satu-
satunya organisme bumi adalah organisme mikroskopik dan uniseluler (bersel tunggal).
Bumi terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun silam, dan kemungkinan kehidupan baru
dimulai beberapa ratus juta kemudian. Para saintis telah menemukan isotop karbon yang
menunjukan adanya aktifitas metabolisme organisme dalam batuan yang berumur 3,8 miliar
tahun di Greenland.
Seseorang dapat menebak dari struktur sel prokariotik yang relatif sederhana
(dibanding dengan sel eukariotik) bahwa organisme yang paling awal adalah prokariota, dan
catatan fosil yang ada sekarang mendukung dugaan tersebut. Bukti – bukti kehidupan
prokariota (purba) telah ditemukan pada batuan yang disebut stromatolit (Bahasa Yunani
stroma, “tempat tidur”, dan lithos, “batu”). Stromatolit adalah kubah bergaris-garis yang
tersusun dari batuan sedimen yang sangat mirip dengan kerak berlapis-lapis, yang sekarang
ini terbentuk pada dasar rawa berair asin dan beberapa laguna laut hangat oleh koloni bakteri
dan sianobakteri. Lapisan itu adalah endapan yang menempel ke lapisan seperti jeli yang
tersusun dari mikroba yang motil, yang secara terus menerus berimigrasi, keluar dari satu
lapisan sedimen dan kemudian membentuk sebuah lapisan baru lagi diatasnya sehingga
menghasilkan pola pita berlapis. Kenneth Nealson dan Lynn Margulis, yang mempelajari
sejarah kehidupan, mengumpulkan lapisan kerak bakteri di suatu danau pinggir laut di Baja,
California. Lapisan kerak itu adalah struktur sedimen yang dihasilkan oleh koloni bakteri dan
sianobakteri yang hidup, digrogoti oleh pemangsa, dalam lingkungan yang tidak sesuai bagi
sebagian besar kehidupan lain. Pita atau lapisan yang terlihat pada potongan lapisan kerak ini
adalah lapisan sedimen yang menempel pada prokariota yang lengket, yang menghasilkan
suatu tumpukan lapisan dengan cara membentuk lapisan baru diatasnya. Lapisan kerak yang
telah menjadi fosil, yang dikenal sebagai stromatolit, mirip dengan struktur berlapis yang
terbentuk oleh koloni bakteri zaman modern. Stromatolit ini adalah spesimen Australia Barat
yang berumur sekitar 3,5 miliar tahun.

1

berasal dari akhir jaman prakambrium. lebih banyak variasi yang ditentukan diantara prokariota dibandingkan dengan keseluruhan eukariota. Selama hampir 90 % masa kebradaannya (sekitar 3. terutama invertebrata berbadan lunak. Akar sebagian tumbuhan berasosiasi dengan fungi dalam satu asosiasi simbiotik yang mutualistik dan saling menguntungkan. yang mungkin merupakan organisme penghasil oksigen. dan beberapa spesies bahkan menggunakan oksigen untuk metabolisme molekul organik. beberapa organisme telah mampu telah mampu mentolerir pengaruh porosif oksigen atmotfer dan menjadi organisme pertama yang menggunakan oksigen. fosil yang mirip dengan prokariota berbentuk bola atau sferikal dan berfilamen telah ditemukan pada stromatolit berumur 3. Fosil tersebut saat ini merupakan fosil organisme hidup tertua yang diketahui. dan kemungkinan perpindahan kedaratan bergantung pada asosiasi itu. Sementara evolusi prokariotik terus berlanjut. Data urutan RNA menunjukkan bahwa dua kelompok prokariota yang sangat berbeda bakteria dan arkhaea memisah dini sekali dalam sejarah kehidupan. yang memulai suatu tahapan untuk evolusi kehidupan aerob. berumur 700 tahun.5 miliar tahun silam.0 miliar tahun silam. Sejauh ini fosil hewan tertua. Tumbuhan 2 . Hewan pada jaman kambrium kurang beraneka ragam dibandingkan dengan fauna pada masa kambrium. Jika demikian halnya. kemungkinan sekitar 4. fosil yang terdapat di Australia Barat tampak seperti organisme fotosintetik. Tumbuhan. akan tetapi rancangan awal tubuh sebagian besar hewan modern kemungkinan muncul pada akhir prakambrium. dan kolonisasi daratan merupakan salah satu kejadian yang sangat penting dalam sejarah kehidupan. kehidupan dibumi terbatas hanya pada lingkungan akuatik.5 miliar tahun). Prokariota pertama kali muncul beberapa ratus tahun setelah kerak bumi mendingin dan memadat. Menurut catatan fosil. Meskipun beberapa stromatolit dapat terbuat dari pengendapan mineral tanpa adanya kehidupan.5 miliar tahun di Afrika bagian selatan dan Australia Barat. Sekitar 2. pembagian itu terjadi sekitar 3 miliar tahun silam berdasarkan beberapa data molekuler. Dalam pengertian keanekaragaman metabolisme. pemisahan itu terjadi 2 miliar tahun silam. produksi oksigen (O 2) oleh prokariota fotosintetik kuno mencptakan suatu atmosfer aerob. maka mungkin kehidupan telah berkembang jauh sebelum organisme ini hidup. Fosil menunjukan bahwa tumbuhan darat yang pertama berasosiasi sangat dekat dengan fungi. bersama dengan fungi. memulai kolonisasi daratn sekitar 475 juta tahun silam. Namun demikian. Prokariota memulai subsesi mikroorganisme yang saat itu merupakan satu- satunya bentuk kehidupan di bumi selama sekitar 2 miliar tahun.

4 MANFAAT PENULISAN Sedangkan manfaat yang diharapkan dari penulis adalah : 1. Apa saja ciri-ciri dari kehidupan? 1.3 TUJUAN PENULISAN Adapun yang menjadi tujuan penulisan karya tulis ini adalah : 1. Merlatih menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber. dapat dikemukakan pokok permasalahan sebagai berikut : 1. Mendeskripsikanadanya bukti-bukti ilmiah untuk mendukung kecenderungan teori evolusi. 1. 4. 1. Apa saja teori yang mendukung asal mula kehidupan? 3. khususnya hewan herbivora dan pemangsanya. Untuk mengetahui apa saja ciri-ciri dari kehidupan. prinsip serta mekanisme terjadinya evolusi Biologi. 2. Bagaimana asal mula kehidupan? 2. Bagaimana asal-asul sel prokariotik? 4. Untuk mengetahui dari mana asal mula kehidupan. 2. mengubah bentang alam dengan membentuk lingkungan baru untuk semua kehidupan. 4. mengambil sarinya. Untuk mengetahui asal-usul sel prokariotik. Untuk mengetahui apa saja teori yang mendukung asal mula kehidupan. Menjelaskan teori-teori. 3. 3.2 RUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang masalah tersebut. Memberikan pemahaman mengenai hakikat Biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan Biologi melalui metode Library Research (kepustakaan). 5. Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan. dan mengembangkannya ke tingkat pemikiran yang lebih matang. 3 .

aktivitas vulkanik. Kita bisa saja menguji kemasuk-akalan tahapan evolusi kimiawi ini dalam percobaan laboratorium. Sejauh yang kita ketahui. dan 3. banyak sekali perdebatan mengenai apa yang terjadi selama tahapan awal ini. ketika planet telah dihuni oleh cukup banyak bakteri untuk membangun stromatolit.0 miliar tahun silam. (2) penyatuan monomer-monomer.2 Teori Yang Mendukung Asal Mula Kehidupan 1. yang memiliki karakteristik kimiawi yang berbeda dari lingkungan sekitarnya. dan radiasi ultraviolet semuanya dulu lebih intens (kuat) dibandingkan dengan apa yang kita alami saat ini. (3) agregasi molekul yang diproduksi secara abiotik menjadi droplet yang disebut protobion. Teori Abiogenesis 4 . ketika kerak bumi mulai mengeras. lahirlah organisme yang pertama. Apakah asal mulanya? Sel pertama mungkin berasal dari evolusi kimiawi pada bumi yang masih muda. organisme pertama merupakan produk suatu evolusi kimiawi yang terdiri dari empat tahapan : (1) sintesis abiotik (tak hidup) dan akumulasi molekul organik kecil.1 Asal Usul Kehidupan Asal Mula Kehidupan Pertanyaan mengenai bagaimana kehidupan dimulai sebenarnya adalah pertanyaan mengenai terjadinya prokariota. Berdasarkan salah satu skenario hipotetis. akan tetapi keadaan sangat berbeda ketika bumi baru berumur satu miliar tahun. asal mula kehidupan terbukti memiliki kemungkinan untuk terjadi. Akan tetapi. dan (4) asal mula hereditas (yang mungkin telah berlangsung bahkan sebelum tahapan “droplet”). Sebagian besar ahli biologi sependapat dengan hipotesis yang menyatakan bahwa kehidupan di atas bumi berasal dari bahan-bahan tidak hidup yang kemudian menjadi susunan kumpulan molekuler yang akhirnya mampu membelah dan memperbanyak diri dan melakukan metabolisme sendiri. atau monomer. seperti asam amino dan nukleotida. Pada lingkungan masa silam itu. BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.5 miliar tahun silam. hujan meteorit. dan kemungkinan tahap awal kelahiran biologis tidak dapat dihindarkan lagi. 2. Atmosfer pada waktu itu sangat berbeda (misalnya. Kira-kira antara 4. dulu hanya terdapat sedikit oksigen di atmosfer). petir. kehidupan tidak dapat terjadi secara spontan dari bahan-bahan tak hidup yang ada saat ini.

dimana dia menemukan adanya jentik-jentik (makhluk hidup). Teori abiogenesis diperkuat oleh Antonie van Leeuweunhoek seorang bangsa Belanda yang berdasarkan hasil penemuannya pada airhujan dan rendaman air jerami di bawah mikroskopnya. ia melihat ikan tertentu keluar dari lumpur. Jadi Anthony menyimpulkan bahwa mikroorganisme berasal dari air. menurutnya ikan-ikan berasal dari lumpur. Louis Pasteur. Teori biogenesis menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup. Beliau mengamati ikan-ikan yang hidup di air. Pendapat ini masih terus bertahan sampai abad ke 17-18. lalu menutup rapat botol tersebut dengan gabus. b. Teori Menurut Aristoteles Pada zaman Yunani Kuno Aristoteles (384-322 SM) yang berpendapat bahwa makhluk hidup terjadi begitu saja. Teori Biogenesis Teori abiogenesis disanggah oleh teori biogenesis sejak abad ke-19. Ternyata beberapa hari kemudian muncul bakteri. c. Berikut tabel kegiatan dari ketiga ilmuwan tersebut: 5 . dan Lazzaro Spallanzani berdasarkan percobaan- percobaan yang mereka lakukan. Teori abiogenesis adalah teori yang berpendapat tentang Makhluk hidup berasal dari benda mati yang timbul secara spontan karena adanya gaya hidup. Teori abiogenesis ini disebut juga dengan Generatio Spontanea. Pelopor teori abiogenesis adalah Aristoteles (394- 322 SM). Teori biogenesis dikemukaan oleh Francessco Redi. Teori Menurut Anthony van Leeuwenhoek (abad ke 18) Anthony berhasil membuat mikroskop dan melihat jasad renik di dalam air bekas rendaman jerami. Leeuwenhoek menemukan jentik-jentik tersebut berasal dari air sehingga ditafsirkan sebagai pendukung abiogenesis. Teori Menurut Nedham Beliau merebus air kaldu kemudian memasukannya kedalam botol. Nedham menyimpulkan bahwa bakteri berasal dari kaldu. 2. sehingga dapat disimpulkan bahwa bakteri berasal dari botol yang tidak steril. Berikut beberapa penemu yang beranggapan bahwa makhluk hidup berasal dai benda mati antara lain: a. Padahal Nedham merebus kaldunya tidak dengan botolnya.

Ketiga stoples dibiarkan Selanjutnya. Setelah sediaan yang terdiri Stoples B: steril. sediaan steril yang ditempatkan di labu leher angsa.Keterangan Percobaan Fransesco Redi Percobaan Lazzaro Percobaan Louis (1626-1697) Spallanzani (1729-1799) Pasteur (1822-1895) Tujuan Membuktikan bahwa belatung Membuktikan bahwa Membuktikan bahwa yang ada pada daging berasal mikroorganisme tidak mikroorganisme tidak dari induk lalat yang bertelur tumbuh dari air sediaan tumbuh dari air di daging tersebut. diisi sepotong dingin. labu tersebut dari larutan gula dan daging mentah. dan didinginkan serta sediaan yang terdiri dibiarkan selama beberapa dari larutan gula dan hari. beberapa hari. dan ditutup dibiarkan terbuka selama ragi yang dipanaskan. daging mentah. diisi sepotong Labu I: berisi air sediaan labu leher angsa. yang dipanaskan. posisi tegak. dengan kain kasa. dan ditutup dari sari kacang hijau Labu I: berisi air kain rapat. Selanjutnya. dan dibiarkan dari sari kacang hijau beberapa hari dengan terbuka. labu dimiringkan sampai air sediaan keluar sedikit dari ujung pipa. labu Stoples C: steril. Digunakan 2 buah percobaan Stoples A: steril. Digunakan 2 buah labu. Selanjutnya.C. 6 . yang steril. Selanjutnya. Prosedur Digunakan 3 stoples A. yang dipanaskan. diisi sepotong Labu II: berisi air sediaan dibiarkan selama daging mentah. ragi yang dipanaskan. labu tersebut diletakkan kembali dalam posisi tegak selama beberapa hari.B. ditutup rapat Labu II: berisi air selama beberapa hari.

Pada labu yang semula diletakkan dengan posisi miring. air sediaan tetap jernih. Kesimpula Belatung berasal dai lalat yang Air sediaan keruh Air sediaan keruh n hinggap di daging untuk menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa bertelur. tampak jernih. terdapat mikroorganisme mikroorganisme dari yang masuk ke dalam air udara dapat masuk ke sediaan tersebut. air sediaan diletakkan dengan Stoples B: terdapat belatung berubah keruh. air sediaan tampak keruh. dimiringkan. Pada labu yang ditutup sediaan tetap tampak Stoples C: terdapat banyak rapat. posisi tegak. Daftar Gambar Gambar percobaan Fransesco Redi Gambar percobaan Lazzaro Spallanzani 7 . terbuka. air diatas kain kasa dan daging. banyak belatung di daging. air sediaan tersebut Mikroorganisme tersebut saat posisi labu terbawa oleh udara.Hasil Stoples A: tidak ada belatung Pada labu yang dibiarkan Pada labu yang sama sekali.

Teori Kreasi Khas Menyatakan bahwa kehidupan diciptakan oleh zat supranatural (gaib) pada saat yang istimewa. 8 .Gambar percobaan Louis Pasteur Gambar percobaan Miller-Urey 3.

Eksperimen Stanley miller. Teori ini beranggapan bahwa makhluk hidup diciptakan oleh Tuhan seperti apa adanya. kering. . dan biologi. Teori Evolusi Biokimia Menyatakan bahwa kehidupan ini muncul berdasarkan hukum fisika. Karena adanya loncatan listrik akibat halilintar dan sinar kosmik terjadi asam amino yang memungkinkan terjadi kehidupan. Menurutnya zat hidup yang pertama kali mempunyai susunan menyerupai virus saat ini. Teori Evolusi Kimia . NH3. Pada saat tertentu dalam sejarah perkembangan terbentuk atmosfer yang kaya akan molekul. Stanley Miller adalah murid Harold Urey yang juga tertarik terhadap masalah asal usul kehidupan. Spora kehidupan tidak dapat bertahan di planet ruang angkasa yang sangat dingin. Urey berpendapat bahwa kehidupan terjadi pertamakali diudara (atmosfer). Teori ini disanggah oleh para ilmuwan yang menyatakan bahwa spora kehidupan tersebut saat mencapai bumi tidak dapat bertahan hidup akibat pergesekan di angkasa atau pergesekan dengan lapisan ozon bumi. Akhirnya spora kehidupan itu pindah ke bumi. H2O. 7. Dalam teori ini tidak disinggung mengenai asal-usul materi kehidupan. 5. Dari hasil 9 . 4. H2. Zat hidup tersebut mengalami perkembangan menjadi berbagai jenis makhluk hidup. dan adanya radiasi yang mematikan.molekul CH4. Teori Harold Urey. 6. kimia. Dia melakukan percobaan untuk menguji hipotesis Harold Urey. Teori Kosmozoan Teori ini menyatakan bahwa makhluk hidup di bumi dari spora kehidupan yang berasal dari luar angkasa. Teori Penciptaan (Special Creation) Tori ini diperoleh tidak berdasarkan eksperimen.

c. nukleotida dan lain-lain dapat terbentuk dalam kondisi abiotik. Pada zaman purba. Mampu beradaptasi pada lingkungan yang bersuhu sekitar 100° C. aktivitas gunung berapi. b.antara lain oksigen sangat minimal. Sel prokariotik merupakan sel yang memiliki struktur yang paling sederhana. eksperimennya Miller dapat memberikan petunjuk bahwa satuan-satuan kompleks di dalam sistem kehidupan seperti lipida. asam amino. e. serta radiasi UV sangat tinggi. Organisme yang memiliki sel prokariotik missal Archaebacteria dan Eubacteria. Teori Evolusi Biologi Oparin. Kondisi atmosfir pada zaman purba. protein. a. diduga makhluk hidup yang pertama kali muncul yaitu prokariot. 10 . Memiliki pigmen fotosintetik berupa bacterioklorofil. hantaman-hantaman meteor. d. Memiliki dinding sel yang tersusun dari berbagai jenis protein. Timbunan senyawa organik ini disebut sop purba atau sop primordial. . c. Bersifat anaerob. banyak petir. d. atau kadar asam tinggi. 2. Mampu menghasilkan ATP sendiri. Protosel merupakan cikal bakal semua jenis sel yang ada sekarang. Archaebacteria merupakan jenis bakteri yang memiliki ciri-ciri berikut. karbohidrat. kondisi atmosfir purba memungkinkan munculnya organism prokariot. kadar garam tinggi. Oleh karena itu. Ada yang bersifat anaerob dan ada yang bersifat aerob. kondisi atmosfernya berbeda dengan kondisi atmosfer sekarang. Memiliki pigmen fotosintetik berupa bakteriorodopsin. Berdasarkan ciri-ciri diatas menunjukkan bahwa sel prokariotik merupakan struktur sel yang paling sederhana. a. Protosel berkembang menjadi kelompok sel prokariotik purba. Dia berpendapat bahwa kehidupan pertama terjadi di cekungan pantai dengan bahan- bahan timbunan senyawa organik dari lautan. Memiliki dinding sel yang tersusun dari peptidoglikan. Eubacteria merupakan jenis bakteri yang memiliki ciri-ciri berikut. Diduga. Mampu menghasilkan ATP secara efisien.3 Asal Mula Sel Prokariotik Protobion dianggap sebagai bahan dasar pembentuk sel purba(protosel). b. Organisme prokariot muncul secara tidak spontan.

Antara jenis makhluk hidup yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan baik dalam ukuran maupun bentuknya.4 Ciri-Ciri Kehidupan 1.  Melakukan Adaptasi Semua makhluk hidup perlu melakukan penyesuain diri dengan fungsi tubuh dan lingkungan sekitar ekosistem. habitat tempat tinggalnya untuk dapat bertahan hidup dengan lebih baik dan mudah.  Tumbuh Dan Berkembang Manusia. dan lain sebagainya. 3. Berbeda dengan benda tak hidup atau benda mati yang tidak memiliki protoplasma. Terdapat Protoplasma Protoplasma merupakan suatu bagian yang terdiri atas bahan yang kompleks dan terlindung dengan baik. 2. Contohnya seperti hewan gurun yang tahan panas. bunglong bisa berubah warna. Protoplasma biasa dikenal dengan sebutan sel. sehingga disebut dengan benda mati. binatang dan tumbuh-tumbuhan ketika baru lahir atau tumbuh ukurannya akan lebih kecil dan biasanya akan berkembang menjadi lebih besar menyerupai induknya.  Memiliki Sistem Transportasi Untuk menyampaikan zat ke bagian-bagian yang membutuhkan. Oleh sebab itu makhluk hidup memiliki cara masing-masing untuk dapat memperbanyak diri untuk mempertahankan keberadaan di dunia. Mempunyai Bentuk dan Ukuran Makhluk hidup dapat dikenali ciri khas yang menempel padanya dengan melihat bentuknya. Melakukan Aktivitas-Aktifitas Kehidupan :  Makan Semua benda hidup membutuhkan asupan bahan makanan yang berasal dari luar tubuh untuk kemudian diproses menjadi energi atau tenaga bagi tubuh. Lihat saja batu atau komputer yang tidak memiliki protoplasma atau sel.  Berkembang Biak Makhluk hidup yang tidak mampu berkembangbiak menghasilkan keturunan akan punah dan musnah di makan waktu. 2.  Dapat Bergerak 11 .

BAB III PENUTUP 3. serasi dan selaras.  Sistem Regulasi Pengertian arti definisi sistem regulasi adalah aturan sistem yang ada di dalam tubuh makhluk hidup untuk dapat hidup seimbang.1 Kesimpulan 12 . makan.  Metabolisme Metabolisme adalah aktifitas fisika atau kimia yang terjadi di dalam tubuh baik secara anabolisme maupun katabolisme. menggaruk. berkedip. dan sebagainya. Kemampuan untuk bereaksi terhadap rangsangan dari lingkungan disebut dengan istilah iritabilitas.Manusia dan hewan memerlukan kegiatan dengan menggerakkan anggota tubuh untuk berbagai keperluan seperti jalan.

3.B. Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat disimpulkan bahwa asal mula kehidupan berasal dari evolusi kimiawi pada bumi yang masih muda. mempunyai bentuk ukuran. Jakarta: Erlangga 13 . serta melakukan aktivitas kehidupan misalnya makan minum.A. Atmosfer pada waktu itu hanya terdapat sedikit oksigen sehingga kehidupan tidak dapat terjadi secara spontan dari benda-benda yang tak hidup yang ada saat ini. Dari Biology. Mitchell. Kami tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada siapa saja yang menambah pengertian kami mengenai Biologi. memilliki sistem transportasi dan regulasi serta metabolisme.G. 2005. DAFTAR RUJUKAN Campbell. L. asal usul kehidupan. Terj. serta kajian tentang teori dari para ahli yang kami singgung dalam penulisan ini. antara lain : terdapat protoplasma..2 Saran Tulisan ini kami serahkan kepada pembaca untuk dipelajari dan kami mengharapkan suara-suara yang berfaedah untuk memperbaiki segala sesuatu yang dirasa perlu. oleh Lestari. Asal usul Kehidupan yang lebih khusus pada bagian pembahasan pengertian Biologi. Dengan didukung berbagai macam teori yang menyatakan bahwa kehidupan bumi berasal dari benda yang tak hidup yang kemudian menjadi susunan kumpulan molekuler yang akhirnya yang akhirnya mampu membelah dan memperbanyak diri serta melalukan metabolisme.. N. J. Sehingga dapat diartikan bahwa telah ada bukti-bukti ilmiah baru untuk mendukung kecenderungan baru teori evolusi. Biologi (Jilid 2). Reece. beradaptasi. Terdapat beberapa indikator yang bisa disebut sebagai ciri-ciri kehidupan agar dapat dikatakan sebagai makhluk hidup. R. Dkk. tumbuh dan berkembang biak.

Wigati.com/teori-biogenesis-dan-abiogenesis/ 14 . 2003. Solo: Latinum. 2011.1/Versi Online. Yogyakarta: Primagama. Klaten: Intan Pariwara. Rohana. Sri. Biologi. V. dkk. http://www. 2008.dkk. Gut. Rohana.Kusumawati.materibiologi. Klaten: Intan Pariwara.1. Biologi. Sumarjito. Kamus besar bahasa Indonesia. 2012. Strategi Tembus SMU Favorit dan Sukses UAN SLTP/MTs. Menjelajah Dunia Biologi 3.Omegawati HdanWindarsih. Pujiyanto. Detik-Detik Ujian NasionalBiologiSMA/MA. Kusumawati. Biologi untuk SMA/MA Kelas XII. 2013.Klaten: Intan Pariwasa.