KEPEMIMPINAN

PENDIDIKAN
KEJURUAN
MANAJEMEN PENDIDIKAN

NAMA KELOMPOK :
1. RISKI RAHMAWATI
2.SITI AISYAH
3. VAHRIZALDINUR

Stogdill). . APA ITU KEPEMIMPINAN ? Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan kelompok yang diorganisir menuju kepada penentuan dan pencapain tujuan (Ralp M. Kepemimpinan adalah rangkaian kegiatan penataan berupa kemampuan mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu agar bersedia bekerjasama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN Kepemimpinan pendidikan merupakan kemampuan utk menggerakan pelaksanaan pendidikan. . shg tujuan pendidikan yg telah ditetapkan dapat tercapai secara efektif dan efesien.

TUJUAN / 3. YANG 1.UNSUR KEPEMIMPINAN 2.KEGIATAN TARGET .PEMIMIPIN DIPIMPIM 4. UNSUR .

Menciptakan suasana yg kondusif Membantu kelompok utk mengorganisir diri Membantu kelompok dalam menetapkan prosedur kerja Bertanggung jawab dalam mengambil keputusan bersama dg kelompok Mempertahankan eksistensi organisasi FUNGSI KEPEMIMPINAN .

TIPE-TIPE KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN 2.DEMOKRATIS DEMOKRATIS .PSEUDO- 3.OTORITER FAIRE 4. LAISSES- 1.

Keahlian dalam jabatannya. . Bersifat suka menolong. Sabar dan memiliki kestabilan emosi.SYARAT-SYARAT PEMIMPIN PENDIDIKAN Rendah hati dan sederhana. Percaya kepada diri sendeiri. Jujur adil dan dapat dipercaya.

PENDEKATAN KEPEMIMPINANPENDIDIKAN Human relation Skill Technical Skill Conseptual Skill .

kepala sekolah Pengawas Kasudin/kepala bidang/kepala seksi bidang pendidikan Kepala dinas Kepala dirjen/direktorat beserta staf Rektor beserta jajaranya dst .SIAPAKAH YG TERMASUK PEMIMPIN PENDIDIKAN ? Guru. wali kelas.

MODEL-MODEL KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN    KEPEMIMPINAN KEPEMIMPINAN VISIONER TRANSFORMASIONAL .

Bagaimana kepala sekolah untuk membuat orang lain bekerja untuk mencapai tujuan sekolah. Oleh karena itu dalam pendidikan modern kepemimpinan kepala sekolah merupakan jabatan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan. Pengertian Kepala Sekolah Kepala Sekolah adalah pimpinan tertinggi di sekolah.  .

Kepala Sekolah Sebagai Penanggung jawab Kepala sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan sekolah yang dipimpinnya dengan dasar Pancasila dan bertujuan untuk: 1. Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta         tanah air. . Mempertinggi budi pekerti 4. Memperkuat kepribadian 5. Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan 3. Meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang       Maha Esa 2.

Perumusan tujuan kerja dan kebijaksanaan              (policy) sekolah. Pensupervisi kegiatan sekolah  . 2. Pengatur tata kerja (mengorganisasi) sekolah  3.Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Sekolah Bahwa fungsi kepala sekolah adalah: 1.

Pengorganisasian (organizing) 3.Kepala sekolah dalam kegiatan memimpinnya berjalan melalui tahap kegiatan sebagai berikut: 1.Perencanaan (planning) 2.Pengkoordinasian (coordinating) 5.Pengawasan (controling) .Pengarahan (directing) 4.

08 . Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Supervisi adalah salah satu tugas pokok dalam administrasi pendidikan bukan hanya merupakan tugas pekerjaan para inspektur maupun pengawas saja melainkan juga tugas pekerjaan kepala sekolah terhadap pegawai-pegawai sekolahnya.

KEPEMIMPINAN KEJURUAN .

Petersen berpendapat bahwa kemitraan hendaknya selalu dalam bentuk formal agar ada kekuatan yang mengikat secara hukum antara dua orang atau dua kelompok yang akan bermitra. kemitraan adalah suatu persetujuan di mana dua orang atau lebih atau kelompok bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. secara formal. . maka perlu membuat Memorandum of Understanding (MoU) terlebih dahulu. a partenership is an agreement where two or more people or group work together toward mutual goals.” Artinya. “Formally. jika SMK akan bermitra dengan dunia usaha dan industri. KEPEMIMPINAN KEMITRAAN Kemitraan menurut Petersen (2011: 5). Maksudnya.

memenuhi kebutuhan dan kepuasan siswa. MANFAAT KEMITRAAN Memberikan kesempatan untuk belajar dari pengalaman terbaik (best practice) dari dunia usaha dan industry.  . meningkatkan skala ekonomi. mengurangi biaya praktik siswa dan menyesuaikan kurikulum. mengarahkan ke peningkatan manajemen senior dan menengah. memberikan pengalaman khusus bagi siswa untuk menjadi ahli dan spesialis di bidangnya. menciptakan peluang karir guru. merupakan bentuk dasar kemitraan dengan dunia usaha. memberikan peluang untuk perencanaan bersama dengan mitra kerja.

bekerja sama dengan pengawas sekolah dan staf dinas pendidikan lainnya. bekerja sama dengan komite dan dewan sekolah. bekerja sama dengan orang tua siswa. KEPEMIMPINAN KOLABORATIF Yang dimaksud dengan kepemimpinan kolaboratif adalah proses memengaruhi orang-orang yang bermitra agar bekerja sama untuk mencapai tujuan kemitraan secara saling membutuhkan. dan mengefektifkan. tetapi juga bekerja sama dengan orang-orang di eksternal sekolahnya seperti bekerja sama dengan sesama Kepala SMK di Musyawarah Kerja Kepala SMK (MKKSMK). dan bekerja dengan pengusaha dan industriawan. Kepala SMK tidak hanya bekerja sama dengan orang-orang di lingkungan internal sekolah yang dipimpinnya. memperkuat. . menguntungkan.

maka usaha dan industri. Oleh sebab itu. siswa. ia harus memiliki pandangan jauh secara pasti manfaat kemitraan bagi ke depan (visioner) agar bis berjalan Kepala SMK. MANFAAT KOLABORASI Kepemimpinan kolaboratif Kepala SMK adalah pemimpin di bermanfaat bagi Kepala SMK untuk sekolahnya dan ia berkewenangan menyukseskan tujuan bermitra. “Ke tanggung jawab dan komitmen mana bus hendak dibawa?” Karena terhadap kemitraan jika ia mengetahui itu. ia Kepala SMK adalah sopirnya. dan warga sekolah dengan lancar mencapai tujuannya. . Kepala SMK penumpangnya adalah siswanya. Jika menandatangani MoU dengan dunia SMK diibaratkan sebagai bis. diharapkan semakin meningkat rasa Sebagai sopir ia menentukan. lainnya. Kneknya paling bertanggung jawab terhadap adalah para wakilnya dan keberhasilan kemitraan.

THANK YOU ANY QUESTIONS? .