You are on page 1of 10

MEDSCAPE CLAVICLE FRACTURE

url: http://emedicine.medscape.com/article/92429-overview#a7 minggu 5 juni 2016

Fraktur klavikula adalah fraktur yang cukup mudah dikenali karena posisinya yang terletak di
subkutan. Klavikula adalah tulang pertama yang tumbuh pada usia gestasi 5 minggu. Epifisis
medial mengeras pada awal usia 12-19tahun dan belum sempurna hingga usia 22-25 tahun,
sehingga membuat area ini menjadi rentan bila terjadi trauma fisik.

Klasifikasi fraktur

Yang paling sering adalah kriteria Allman yang mana terbagi tiga;

1. Fraktur grup 1: sepertiga tengah injury

2. Fractur grup 2: sepertiga distal

3. Fraktur grup 3: sepertiga medial proximal

Neer membuat revisi yang signifikan terhadap skema klasifikasi Allman . Kelompok II
( distal klavikula ) patah tulang yang selanjutnya dibagi menjadi 3 jenis , berdasarkan lokasi
fraktur klavikula dalam kaitannya dengan ligamen coracoclavicular . Alasan untuk modifikasi
ini adalah bahwa patah tulang klavikula distal berperilaku berbeda tergantung pada lokasi
yang tepat dari cedera . Sebutan adalah sebagai berikut:

Tipe I fraktur : Minimal pengungsi dan terjadi lateral kompleks ligamen coracoclavicular
utuh ; patah tulang ini dapat diobati secara simptomatik dan non operatif.

Tipe II fraktur : Terjadi ketika fragmen medial dipisahkan dari kompleks ligamen
coracoclavicular ; fragmen medial terlantar cephalad oleh tarikan otot sternokleidomastoid ,
dan fragmen distal dipindahkan caudally oleh berat ekstremitas atas , dengan kompleks
ligamen coracoclavicular utuh ; deformitas yang dihasilkan menyebabkan perpindahan
ditandai ujung fraktur , predisposisi jenis fraktur ini dengan prevalensi lebih tinggi ( hingga
30 % ) dari nonunion

The intact ligaments hold the fragments in place . pengembangan akhir perubahan degeneratif AC dapat diobati dengan eksisi klavikularis distal Type I fracture of the distal clavicle (group II). seperti dengan tipe I patah tulang. cedera ini bisa diobati gejalanya .Tipe III cedera : Minimal pengungsi atau nondisplaced dan meluas ke acromioclavicular ( AC ) bersama.

is displaced. both conoid and trapezoid ligaments are on the distal segment. The proximal fragment is displaced. A type IIB fracture of the distal clavicle. . In type IIA. while the trapezoid ligament remains attached to the distal segment. The conoid ligament is ruptured. while the proximal segment.A type II distal clavicle fracture. without ligamentous attachments.

lebih jarang . baik conoid dan trapesium yang robek Anatomy of the clavicle indicating potential fracture sites. .Fraktur Neer tipe II kemudian dibagi menjadi jenis IIA dan IIB .Pengungsi akibat fraktur medial pada ligamen coracoclavicular . yang conoid dan trapesium tetap melekat pada fragmen distal Ketik IIB . baik conoid robek atau . sebagai berikut (lihat gambar di bawah ) : Ketik IIA .Pengungsi akibat fraktur medial pada ligamen coracoclavicular .

Klavikula adalah tulang berbentuk S yang bertindak sebagai penyangga antara tulang dada dan sendi glenohumeral . Persimpangan pertiga tengah dan distal klavikula adalah situs umum dari fraktur karena ini adalah bagian tertipis dari tulang . Ligamentum AC adalah pada aspek superior- lateral klavikula dan ignimbrit sendi AC. dengan stabilitas tambahan yang diberikan oleh kapsul anterior. Pada tingkat sendi AC. Banyak struktur ligamen melekat klavikula dan memberikan stabilitas untuk artikulasi dengan tulang dada dan akromion. [15] conoid adalah menahan diri dominan untuk anterior dan pemuatan superior. yang coracoclavicular dan AC ligamen memberikan stabilitas untuk sendi. struktur ligamen lainnya melampirkan sini adalah ligamen interclavicular dan ligamentum costoclavicular. Ligamentum coracoclavicular sebenarnya 2 ligamen terpisah. Otot-otot yang mengambil asalnya dari klavikula adalah sebagai berikut: . yang keduanya melampirkan dari coracoid ke permukaan inferior klavikula distal. dan pengetahuan tentang kekuatan-kekuatan yang berbeda diperlukan untuk memahami sifat perpindahan patah tulang klavikula dan mengapa pola fraktur tertentu cenderung menimbulkan masalah jika tidak dikurangi dan operasi stabil klavikula berartikulasi dengan sternum di sternoklavikularis (SC) bersama dan dengan akromion pada sendi AC. Stabilitas sendi SC pada bidang anterior-posterior berasal terutama dari kapsul posterior. Stabilisator utama sendi SC adalah anterior dan posterior kapsul. Tiga otot berasal dari klavikula. Banyak pasukan otot dan ligamen bertindak atas klavikula . sementara trapesium adalah menahan diri besar untuk memuat posterior di bersama AC. Fungsi lain dari klavikula adalah untuk membantu melindungi bundel neurovaskular yang berjalan di belakangnya . Ligamen interclavicular dan costoclavicular memiliki sedikit efek pada stabilitas sendi. dan 3 otot masukkan di atasnya. Debski et al telah digambarkan dengan fungsi yang berbeda dari conoid dan trapesium dalam perlawanan terhadap beban diterapkan pada sendi AC. dan ada relatif sedikit perlindungan dengan lampiran otot . yang conoid dan trapesium.

ski . dengan perpindahan fragmen fraktur tergantung pada lokasi fraktur dalam kaitannya dengan lampiran otot dan ligamen. hoki . pleksus brakialis juga lewat di belakang klavikula posterolateral ke pembuluh subklavia dan beresiko dengan fraktur pengungsi dari klavikula tengah. 19 ] Contoh mekanisme langsung akan menjadi pukulan dari tongkat hoki atau jatuh langsung ke klavikula . Berisiko atlet termasuk yang di sepak bola . atau menunggang kuda . Banyak struktur penting lainnya berada dalam kontak sangat dekat dengan klavikula dan dengan demikian tunduk pada cedera dalam konteks patah tulang klavikula. [ 17 . The otot subclavius terletak di antara klavikula dan struktur neurovaskular. melibatkan jatuh langsung ke bahu lateral. Selain itu. dan sepak bola dan mereka yang berisiko untuk jatuh selama roller skating . Mekanisme yang paling umum adalah salah satu tidak langsung . Arteri subklavia (yang menjadi arteri aksilaris saat lewat anterior ke rusuk pertama) dan vena keduanya di dekat bagian tengah klavikula. . bersepeda . meskipun kecil. diyakini untuk mencegah lebih sering kerusakan struktur ini. Laporan juga ada luka pada apeks paru-paru. dan. paling sering dengan pengungsi patah tulang klavikula sepertiga tengah. 18 .Sternohyoid pectoralis utama Berbentuk delta Otot-otot yang menyisipkan pada klavikula adalah sebagai berikut: sternokleidomastoid Subclavius trapezius Ini 6 otot dapat menjadi deformasi kekuatan pada klavikula di hadapan patah tulang. ETIOLOGI patah tulang klavikula dapat disebabkan oleh trauma langsung atau tidak langsung .

[20. dan medial ketiga (kelompok III) fraktur terjadi pada 6% kasus. mencerminkan keterlibatan yang lebih besar dari laki-laki di kontak dan olahraga kekerasan dan kecelakaan kendaraan bermotor (MVA). sedangkan ketiga distal (kelompok II) fraktur account untuk 12%. Sebuah puncak yang lebih kecil terjadi pada pasien usia lanjut. terjadinya International Tingkat kejadian tahunan patah tulang klavikularis diperkirakan antara 30 dan 60 kasus per 100. cedera FOOSH ) . Sebuah puncak kejadian besar terjadi pada laki-laki yang lebih muda dari 30 tahun karena cedera olahraga.6-5% dari semua patah tulang dan 44% dari semua cedera bahu korset. fraktur klavikula. 22] akun ketiga Tengah (kelompok I) patah tulang untuk 69-82% dari semua fraktur klavikula. akuntansi untuk 10-16% dari semua patah tulang pada kelompok usia ini. Radiografi bawah menggambarkan fraktur klavikula dalam pemain hoki . akun patah tulang klavikula untuk 2.000 penduduk. Pneumotoraks terjadi pada 3% pasien. Pada orang dewasa. Insiden bimodal terjadi pada pria yang lebih muda dari 25 tahun dan lebih tua dari 55 tahun. [20. yang cenderung mempertahankan patah tulang klavikula (dalam hubungan dengan osteoporosis) selama rendah energi terjun . EPIDEMIOLOGI Kejadian di Amerika Serikat klavikula adalah tulang yang paling sering retak dalam tubuh di masa kecil. dapat hadir bahkan pada periode baru lahir.Mekanisme kurang umum untuk patah tulang klavikula adalah jatuh ke tangan terentang ( yaitu . 21] luka klavikularis mempengaruhi 1 dari 1000 orang per tahun. yang paling umum dari semua fraktur anak. 21.5 kali lebih sering pada laki-laki daripada perempuan. terutama setelah kelahiran yang sulit. [12] Jenis kelamin dan demografi yang berkaitan dengan usia cedera klavikularis terjadi 2.

. [23] Gejala nonunion dapat menjadi sakit. angka ini 15% untuk patah tulang midclavicle pengungsi diperlakukan nonoperatively. gerak. PROGNOSIS Sebagian besar patah tulang klavikula diperlakukan nonoperatively sembuh . KOMPLIKASI Nonunion Nonunion is a failure to show clinical or radiographic progression of healing after 4-6 months. atau hilangnya fungsi. stimulator tulang untuk membantu mempromosikan penyembuhan tulang bisa dicoba sebelum operasi. Namun. The following are risk factors for nonunion:  Fracture comminution  Significant fracture displacement or shortening  Type 2 fractures of the distal third of the clavicle  Refracture  Female sex  Advanced age  Fractures with more than 2 cm of shortening Tingkat nonunion untuk semua patah tulang midclavicle diperlakukan nonoperatively adalah 6%. Merujuk pasien dengan nonunion gejala ke ahli bedah ortopedi untuk mendiskusikan pilihan bedah. perlu diketahui bahwa banyak nonunions tidak menunjukkan gejala dan tidak memerlukan pengobatan. meskipun dengan jumlah variabel deformitas kosmetik . Dalam beberapa situasi. anak-anak muda umumnya memerlukan waktu yang lebih pendek dari imobilisasi ( 2-4 minggu ) dibandingkan remaja dan dewasa ( 4-8 minggu) .

Gejala dari pelampiasan saraf dapat terjadi namun jarang terjadi.Murray et al melaporkan bahwa merokok adalah faktor risiko terbesar untuk nonunion antara pasien yang diobati nonoperatively untuk patah tulang klavikula diaphysial. Operasi untuk malunion upaya untuk mengembalikan panjang klavikularis dan memperbaiki deformitas sudut klavikula. dengan menggunakan analisis multivariat. pasien dapat memiliki rasa sakit atau keterbatasan ringan dalam gerakan atau kekuatan. kompromi neurovaskular dapat berkembang dari pembentukan kalus riang atau dari malunion. para peneliti mengikuti kursus penyembuhan 941 pasien dengan patah tulang tersebut dan. model statistik dapat digunakan untuk memperkirakan probabilitas nonunion pada pasien tertentu dan karena itu dapat membantu untuk menentukan apakah ia harus diperlakukan pembedahan. Kadang-kadang. Para peneliti menetapkan bahwa dengan menggunakan faktor risiko yang diketahui. cedera intrathoracic . dan penampilan yang buruk. [24] malunion Malunion adalah ketika fraktur menyembuhkan dengan angulasi signifikan. bersama dengan merokok. Dalam sebuah penelitian. baik kominusi dan fraktur perpindahan merupakan faktor sangat penting dalam nonunion. menemukan bahwa. malunion ringan adalah umum setelah patah tulang klavikula. Kabel medial dan saraf ulnaris yang terpengaruh paling sering. pengobatan bedah di alam. tetapi biasanya tidak signifikan secara klinis. Brakialis kompresi pleksus yang dihasilkan dari pembentukan kalus hipertrofik dapat menyebabkan neuropati perifer. memperpendek. cedera neurovaskular Aku patah tulang Group (sepertiga tengah klavikula) telah dikaitkan dengan luka pada bundel neurovaskular dan kubah pleura. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa berhenti merokok perlu dimasukkan dalam pengobatan patah tulang klavikula diaphysial.

ada kemungkinan terkait. Pemeriksaan postmortem mengungkapkan fraktur linea dengan transeksi dari arteri subklavia. Hal ini dapat merupakan gejala untuk atlet yang memakai bahu atau untuk backpackers. itu menekankan perlunya untuk menyadari komplikasi yang berpotensi bencana kerusakan pada struktur pembuluh darah di dekat klavikula. atau esofagus. arthritis Posttraumatic dapat berkembang jika fraktur klavikula memasuki AC atau SC sendi. [25] laporan tersebut pertama dalam literatur.6-L dan kerusakan parietal dan pleura apikal dicatat. . fatalitas yang mungkin disebabkan oleh kenyataan bahwa musim gugur tidak menyaksikan dan pasien berbaring tanpa bantuan untuk jangka waktu yang tidak diketahui. Jika pad donat tidak cukup untuk meredakan gejala.Ini meliputi: pneumotoraks arteri subklavia dan cedera urat cedera vena jugularis interna cedera arteri aksilaris Lain Sebuah lonjakan tulang dapat membentuk subkutan setelah patah tulang bengkok menyembuhkan. Sebuah hemothorax 2. namun tidak ada luka lain yang hadir. Kematian Sementara mayoritas patah tulang klavikula jinak. Meskipun hal ini adalah unik. termasuk pneumotoraks dan kompresi atau laserasi dari pembuluh darah besar. dan cedera pada arteri subklavia didiagnosis di otopsi. Kendall et al melaporkan kematian dari fraktur klavikula terisolasi dari transeksi dari arteri subklavia. cedera intrathoracic yang mengancam jiwa. trakea. Komplikasi setelah kelompok III fraktur (ketiga medial klavikula) menyerupai terkait dengan dislokasi posterior sternoklavikular. eksisi bedah dapat dipertimbangkan. Pasien tidak pernah kembali sirkulasi spontan.