SKENARIO

Nenek Giem berusia 65 tahun, sudah 2 hari dirawat di rumah sakit Dr. Wahidin
Sudirohusodo karena luka di kaki kanannya yang tidak kunjung sembuh. Nenek Giem pun
juga belum mengetahui apa penyakitnya, demikian juga Lia anaknya. Pagi itu di ruang
perawatannya Nenek Giem dan anaknya Lia sedang berbincang

Nenek : Lia, kenapa saya masih disini? Saya sudah ingin pulang, ayo kita pulang saja, saya
sudah bosan.

Lia : Kok pulang sih bu, kan ibu belum sembuh. Coba lihat kaki ibu masih dibungkis
gitu mau pulang, ibu kemarin juga bilang masih lemes kan?

Nenek : Lalu sebenarnya aku ini sakit apa? Sudah 2 hari di sini kenapa belum dikasih tau
sakitnya apa?

Lia : Sabar bu, mungkin dokter baru memeriksanya. Ya coba nanti saya tanyakan bu
kalau dokternya kesini.

Saat sedang berbincang, datanglah perawat Eka yang akan melakukan pemeriksaan pada
nenek Giem.

Eka : Selamat pagi nenek? Benar ini dengan nenek Giem ya?

Nenek : Iya sus, ada apa?

Eka : Saya perawat Eka nek, saya mau memeriksa tekanan darah dan suhu nenek, apa
bisa dilakukan sekarang?

Nenek : Baiklah sus, silahkan

Lia : Suster, saya mau tanya

Eka : Iya bu, ada apa?

Lia : Sebenarnya ibu saya ini sakit apa sih sus, sudah dirawat 2 hari tapi belum tau
sakitnya apa

Eka : Ehm, apa dokter belum memberitahu bu?

bisa nambah terus ibu itu. Nenek : benar bagaimana sus? Saya belum paham. Nah nek tadi kan nenek belum jelas mengenai penyakit deiabetes tadi. bisa sembuh kan sus? Lia : sabar bu. kalau begitu saya yang akan jelaskan. suster nya kan belum jawab. Apa ibu dan nenek sudah tau itu? Nenek : Apa sus? Kencing manis? Itu penyakit apa ya sus? Bahaya tidak sus? Terus nanti gimana. jadi gimana sus? Eka : Ehm. Nenek : ya benar itu sus. apa itu ya sus saya jadi sakit Eka : ehm. jadi ya benar nek kalau begitu. emang ibu itu segitu terus tensinya. padahal saya makannya banyak lo sus. nenek merasa sering lemes atau sering merasa lapar gitu tidak? Nenek : Ehm. nah bagaimana kalau besok saya jelaskan lagi nek? Besok saya juga akan ajarkan perawatan dan senam untuk penderita diabetes. iya benar. Lia : wah kalau segitu udah biasa sus. tapi sering haus juga. Eka : Memang sebelum kaki nenek ini sakit. apa nenek bersedia? . Jadi menurut hasil pemeriksaan laboratorium. jarang minum air putih sus.Lia : Belum sus. apalagi kalau nasinya itu masih anget. tadi tekanan darah nenek 130/100 tinggi ya nek. saya sampai lupa. memang dirumah nenek suka makan atau minum apa? Lia : ibu itu kalau makan tidak pakai nasi pasti belum kenyang sus. terus kalau minum itu ibu juga suka minum teh manis. Oya sus. makanya saya tanya Eka : Baiklah bu. ini tadi tensi saya berapa? Eka : oya. Sekitar 3 bulan ini saya sering lemes. Eka : Ehm. tanya nya satu satu dong. Tapi anehnya berat badan saya malah turun. dan saya itu kan dirumah juga nggak ngapa-ngapain sus. begitu. nenek Giem ini menderita penyakit Diabetes Melitus atau orang sering bilang kencing manis. sehari itu bisa 3-4 gelas kalau di rumah.

Lia : baik sus. nenek sebelumya sudah tau belum apa itu diabetes? Nenek : Belum tau sus. Eka : Nah. Dan pada pagi harinya. saya juga penasaran sama penyakit ibu ini.Nenek : wah. dan untuk ibu besok juga bisa ikut ya. Setelah berbincang bincang merekapun memutuskan untuk memberi penyuluhan kepada nenek Giem dan anaknya besok pagi. Eka : baiklah kalau begitu. Eka pun menceritakan kejadian di ruang perawatan tadi kepada temannya suster Ina. terimakasih. Apa kita bisa mulai sekarang nek? Nenek : ya bisa sus. selamat pagi nek Nenek : baik Sus. saya mau sus. besok saya akan beri penjelasan. oya nek ini suster Ina. biar paham juga bu. selamat pagi sus Eka : Bagaimana nek? Apa semalam bisa istirahat? Nenek : Ya. Eka : yasudah nek. saya pamit dulu jika nenek butuh sesuatu. begitulah. Setelah berbincangan itu. yang kebetulan pada satu sift dengan Eka . bisa hubungi perawat di ruang perawat ya nek. Seperti yang saya sampaikan kemarin saya dan suster ina akan memberi penjelasan mengenai penyakit Diabetes. Eka : Selamat pagi nek Nenek : Iya. tapi masih lemes sus Eka : ehm begitu. . bu.

jadi penyakit DM ini menurun ya sus? Berarti saya juga bisa terkena DM dong sus? Eka :iya benar bu. . mudah mengantuk. yaitu tipe 1 dan tipe 2. Hampir sama seperti apa yang dikeluhkan nenek kemarin. di dalam tubuh penderita itu ada insulinnya. Sedangkan pada DM tipe 2. rutin mengontrol tekanan darah dan kadar gula. dl). DM tipe 1 ini disebabkan karena tidak adanya insulin yang dihasilkan dalam tubuh. seperti cepat merasa haus dan lapar. supaya tidak lebih parah. dan istirahat yang cukup. bisa dicegah dengan beberapa langkah. seperti olahraga ringan yang teratur (jalan santai. badan lemas. sering BAK terutama dimalam hari. namun jika kita bisa mencegahnya maka dapat teratasi. Lia : lalu gejala awalnya apa sih sus? Eka : Gejala awal memang tidak spesifik. penderita juga bisa mempunyai tekanan darah yang tinggi. mengatur dan mengontrol konsumsi Gula dan karbohidrat. imun (daya tahan tubuh) dan bisa karena lingkungan (virus atau toksin). itu tinggi lo Eka : Nah. dan terutama kadar gula dalam darah juga tinggi Nenek : Memang yang normal itu berapa sus? Eka : Jika sedang tidak puasa normalnya 80 . Lia : oh. kadar gula dalam darah nenek 180 Lia : yaampun bu. senam. namun tubuh dari penderita itu tidak mau merespon. jadi insulin yang dikeluarkan oleh tubuh menjadi sedikit.144 dan bila sedang puasa normalnya 72 -126. perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur.Eka : Jadi diabetes itu adalah gangguan pada metabolisme yang ditandai dengan kadar gula yang terdapat di dalam darah meningkat yang disebabkan oleh penurunan pengeluaran kadar insulin yang berfungsi merubah gula menjadi energi. DM tipe ini bisa disebabkan karena keturunan. berat bedan turun drastis. memepertahankan berat badan yang ideal. sering kesemutan dan kram. dan saat diperiksa di laborat kemarin. : diabetes itu dibagai menjadi 2 nek. semua orang juga bisa beresiko.

karena nasi yang masih panas /anget tadi lebih cepat diproses di dalam tubuh dari pada nasi yang sudah dingin. saya lanjutkan. Disini saya akan menjelaskan mengenai luka DM dan senam DM. gulanya jangan banyak banyak dan juga jangan terlalu sering ya nek. untuk luka seperti luka di kaki nenek itu juga ciri dari penderita diabetes. supaya ke nenek dan bu lia lebih mudah memahaminya. Lia : oh. tapi itu yang dibawa suster apa ya? Ina : oh ini namanya lembar bolak balik nek. oya kemarin nenek juga bilang suka makan dengan nasi yang masih anget ya nek? Nenek : iya. sudah sus Ina : coba kalau begitu saya akan tanya ke ibu Lia dulu. Nenek : oh begitu sus. Coba ibu sebutkan ciri ciri penderita DM bu! .Nenek : Oh. Ina : baik. tapi itu tidak baik untuk penderita diabetes. berarti minum teh manis itu tidak boleh ya sus? Eka : bukannya tidak boleh nek. benar itu sus. : (suster ina menjelaskan materi dengan menggunakan LBB) Ina : nah. apalagi kalau pakai sambel. Untuk lebih lebih rincinya akan disampaikan oleh suster Ina Nenek :Oh baik sus. memang enak. Ini akan saya gunakan untuk menjelaskan. apakah nenek dan bu Lia sudah paham dengan penjelasan kami tadi? Nenek : iya. Lia : suster lalu kaki nenek saya ini gimana sus? Apa ini juga karena diabetes? Terus apa bisa sembuh sus? Eka : nah. iya sus. tapi tetap harus di kontrol. Eka : Iya nek. itu enak banget sus.

TAMAT . Saat akan pulang nenek Giem berjanji akan merubah pola hidupnya dan rajin berolahraga ringan. berat bedan turun drastis. terimakasih Eka : Kalau begitu kami pamit dulu ya nek. apa tujuan dilakukan senam DM nek? Nenek : Tujuannya itu untuk memperbaiki sirkulasi darah. saya sudah paham. memperkuat otot otot kecil. penderita juga bisa mempunyai tekanan darah yang tinggi. berarti sekarang nenek dan ibu Lia sudah paham kan mengenai penyakit DM? Nenek : iya sus. badan lemas. sering BAK terutama dimalam hari. nenek juga benar. Ibu lia pun juga berjanji akan mengubah pola hidupnya dan merawat nenek Giem di rumah. sama sama. nenek Giem pun diperbolehkan pulang. Setelah mendapat penjelasan Nenek Giem dan ibu Lia menjadi mengerti mengenai penyakit DM. dan mengatasi keterbatasan gerak sendi. bu? Lia : baik sus. dan setelah dirawat selama 10 hari di RS. dan terutama kadar gula dalam darah juga tinggi Ina : Wah. sekarang saya ingin bertanya ke nenek. sering kesemutan dan kram. mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki. Terimakasih sudah mau menjelaskan ya sus Eka : Iya nek. terimakasih. Apa ada yang bisa kami bantu lagi nek? Nenek : tidak sus.Lia : cepat merasa haus dan lapar. Ina : iya. mudah mengantuk. benar bu.