You are on page 1of 8

SEJARAH KERAJAAN MAJAPAHIT

Rizky Musyaffa F. (28)
Hottrali Karunia T. ( )
M. Alfan Catur ( )

Kerajaan Majapahit

Jayanegara terpaksa menyingkir ke Desa Badander di bawah perlindungan pasukan Bhayangkara pimpinan Gajah Mada. Pada saat itu. Gajah Mada diangkat menjadi Patih Kahuripan (1319-1321 M) dan Patih Kediri (1322-1330 M) . Atas jasa-jasanya. Jayanegara dikenal sebagai raja yang kurang bijaksana dan lebih suka bersenang senang. tepatnya -antara abad ke-14 sampai abad ke-15. Kerajaan Majapahit berdiri setelah kerajaan Singasari runtuh. Majapahit mengalami banyak pemberontakan yang dilakukan oleh sahabat-sahabatnya yang pernah mendukung perjuangan dalam mendirikan Majapahit.ia digantikan oleh putranya Jayanegara. Setelah Raden Wijaya Wafat. Berdirinya kerajaan ini sebenarnya sudah direncanakan oleh Raden Wijaya (Kertajasa Jayawarddhana). Diantara pemberontakan yang dilakukan.pasukan Kuti berhasil menduduki ibu kota negara. Kondisi itulah yang menyebabkan pembantu- pembantunya melakukan pemberontakan. yang dianggap paling berbahaya adalah pemberontakan Kuti. Pada masa pemerintahan Raden Wijaya. Nama Majapahit ini diambil dari nama buah yaitu buah Maja dan memiliki rasa yang “Pahit” jadi dinamakan Majapahit. Gajah Mada kemudian menyusun strategi dan berhasil menghancurkan pasukan Kuti.

Bersama sama raja. dan Rakryan i Halu 2. Gajah Mada memang seorang negarawan yang mumpuni. Dharmadyaksa adalah pejabat tinggi kerajaan yang khusus menangani persoalan keagamaan. Untuk mengatur kehidupan beragama dibentuk badan atau pejabat yang disebut Dharmadyaksa. Dharmadyaksa ring Kasaiwan. Rakryan Demung. mengurusi agama Buddha. Rakryan mahamantri Katrini. Keadaan Politik Majapahit Pada kerajaan Majapahit. mengurusi agama Sylwa(Hindu). Raja memegang kekuasaan tertinggi. Dewan pelaksana terdiri atas Rakryan Mapatih atau Patih Mangkabumi. dijabat oleh para putra raja. Diantara kelima pejabat itu Rakryan Mapatih dan Patih Mangkubumi merupakan pejabat yang paling penting. 1. ia menjalankan kebijakan pemerintahan. terdiri atas Rakryan i Hino. Kelima pejabat ini dikenaln sebagai Sang Panca ring Wilwatika. raja dibantu oleh berbagai badan atau pejabat berikut. Rakryan Rangga. Untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. dibentuklah badan peradilan yang disebut dengan Saptopapati. Di Majapait dikenal ada 2 Dharmadyaksa sebagai berikut: 1. Rakryan Tumenggung. Selain itu terdapat pula dewan pertimbangan yang disebut dengan Batara Sapta Prabu. . 2. Ia memahami pemerintahan strategi perang dan hukum. Ia menduduki tempat sebagai Perdana Menteri. dan Rakryan Kanuruhan. Dalam melaksanakan pemerintahan. Selain itu disusun pula kitab hukum oleh Gajah Mada yang disebut Kitab Kutaramanawa. Rakryan i Sirikan. Dharmadyaksa ring Kasogatan.

artinya negara sahabat. kehidupan politik. Hubungan dengan Siam. dan Cina berlangsung dengan baik. Kamboja. masing-masing Dharmadyaksa dibantu oleh pejabat keagamaan yang diberi sebutan Sang Pamegat. Birma. Dalam menjalankan tugas. . Majapahit mengenal motto Mitreka Satata. Dalam membina hubungan dengan luar negeri. dan stabilitas nasional Majapahit terjamin. Anam . Hal ini desebabkan pula karena kekuatan tentara Majapahit dan angkatan lautnya sehingga semua perairan nasional dapat diawasi. India. Berkat kepemimpinan Hayam Wuruk dan Gajah Mada. Majapahit juga menjalin hubungan dengan kerajaan lain.

Hal ini maksudnya agar tanah tetap subur dan tidak kehabisan lahan pertanian. Keadaan Perekonomian Majapahit Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Sungai Bengawan Solo dan Sungai Brantas. Akibatnya desa desa di tepi sungai dan yang berada di muara sungai berkembang menjadi pusat perdagangan. Gresik. India. Sedayu. Misalnya. . Pada waktu itu banyak pedagang luar dari Cina. dan Tuban. Beberapa kota pelabuhan yang penting pada zaman Majapahit antara lain Canggu. Sawah dan ladang dikerjakan secukupnya dan dikerjakan secara bergiliran. Surabaya. dan Siam. Kegiatan pertanian juga dikembangkan. sungai merupakan pendukung kegiatan perekonomian. terutama perdagangan.

Dalam kitab Negarakrtagama disebutkan bahwa Hayam Wuruk melakukan perjalanan keliling ke daerah-daerah untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dan kesejahteraan rakyatnya. Dalam kondisi kehidupan yang aman dan teratur maka suatu masyarakat akan mampu menghasilkan karya-karya budaya yang bermutu tinggi . Keadaan Sosial Budaya Majapahit Kehidupan sosial masa Majapahit aman. dan tenteram. siapa yang bersalah dihukum tanpa pandang bulu. damai. dilaksanakan secara ketat. Demikian juga peradilan. Perlindungan terhadap rakyat sangat diperhatikan.

Kesusanteran Zaman Majapahit bidang sastra sangat berkembang. Candi Banyak candi peninggalan Majapahit. Di dalam kitab ini terdapat ungkapan yang berbuny "Bhinneka tunggal ika tan hana dharma mangrawa" yang kemudian dipakai sebagai motto negara kita. seperti Segaran dan Makam Troloyo (di Trowulan).  Kitab Kunjarakarna. 2. Candi Bajang Ratu. Candi Tikus. Sastra Zaman Majapahit Awal  Kitab Negarakrtagama. Isinya tentang raksasa yang dikalahkan oleh Arjuna Sasrabahu. Hasil sastranya dapat dibagi menjadi zaman Majapahit Awal dan Majapahit Akhir. Isinya tentang keadaan kota Majapahit.  Kitab Sotasoma.  Kitab Arjunawijaya karangan EmpuTantular. Candi Bentar (Waringin Lawang). karangan Empu Prapanca. Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Majapahit 1. karangan Empu Tantular. dan bangunan-bangunan kuno lainnya. dan perjalananan Hayam Wuruk keliling ke daerah-daerah. daerah-daearah jajahan. . tidak diketahui pengarangnya. seperti Candi Penataran (di Blitar). Candi Brahu.

isinya tentang pemberontakan Ranggalawe. isinya tentang pemberontakan Sora.Sastra Zaman Akhir Majapahit  Kitab Pararaton. Unsur lain yang menyebabkan keruntuhan Majapahit adalah semakin meluasnya pengaruh islam pada saat itu. isinya riwayat R. setelah turunnya Hayam Wuruk.  Kitab Ranggalawe.  Kitab Panjiwijayakrama. Sebab Sebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit Keruntuhan Majapahit lebih disebakan oleh ketidakpuasan sebagian besar keluarga raja.  Kitab Usana Jawa. Perang Paragreg telah melemahkan unsur unsur kejayaan Majapahit. tentang pemindahan gunung Mahameru ke Pulau Jawa oleh Dewa Brahma. isinya tentang Peristiwa Bubat. Wisnu. . Meskipun perang berakhir.  Kitab Tantu Panggelaran.Wijaya sampai dengan menjadi Raja Majapahit. dan Siwa. isinya menceritakan riwayat raja-raja Singasari dan Majapahit.  Kitab Sorandakan. Majapahit terus mengalami kelemahan karena raja yang berkuasa tidak mampu mengembalikan kejayaannya.  Kitab Sudayana. isinya tentang penaklukan Bali oleh Gajah Mada dan Aryadamar.