You are on page 1of 22

FILTER AIR PORTABLE

Disusun Oleh :

Arina Zaida Ilma

Mila Rosyta Noor Awwalin

Rifda Hanin Vidyadhara Hanifa

Madrasah Aliyah PPMI Assalaam

Pabelan - Sukoharjo – Surakarta

Lembar Pengesahan

Berdasarkan keputusan Kepala Madrasah Aliyah PPMI Assalaam bahwa karya ilmiah ini

telah disahkan dengan judul “ Filter Air Portable”

Hari :

Tanggal :

Pembimbing I Pembimbing II

ERWIN ROHMAD SITI ZAKIAH

Mengetahui,

LOLON SUMARLAN, S.Ag

minimal bagi dirimu sendiri.  Man Jadda Wa Jadda .  Sekali gagal.  Jadilah orang yang berguna. Motto  Jadi orang penting itu baik. tapi jadi orang baik itu lebih penting. seribu kemenangan.  Pantang mundur sebelum bertempur.

Karya tulis ini kami persembahkan untuk :  Ustadz Lolon Sumarlan. Shalawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang telah membawa kita ke zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.  Ustadz Erwin Rohmad dan Ustadzah Siti Zakiah yang telah membimbing dan membina kami dalam penyelesaian karya tulis ini. menyemangati kami.  Teman-temanku yang telah menemani. HALAMAN PERSEMBAHAN Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia –Nya.  Guru PPMI Assalaam yang telah membina dan membimbing kami.Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat dan karuniaNya sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan sebaik-baiknya. Semoga kartul ini dapat memberikan manfaat bagi kita. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam penyelesaian karya tulis ini. S.Ag selaku Kepala Madrasah Aliyah PPMI Assalaam yang telah dorongan agar kita terus berkarya dan pantang menyerah. memahami. Amin . menasehati.

Identifikasi Masalah 1.4. dan Kandungannya 2. Latar Belakang Penelitian 1.Upaya Masyarakat dalam Menanggulangi Pencemaran Air . Sistematika Penelitian BAB II TELAAH MATERI 2.3.4. Sebab dan Akibat Pencemaran Air 2. Definisi Air. Fungsi dan Manfaat Air bagi Kehidupan 2.2.5. Metode Penelitian 1.1.3. DAFTAR ISI KATA PENGANTAR HALAMAN PENGESAHAN MOTTO DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1. Maksud dan Tujuan Penelitian 1. Macam.2.1.

3.4.1.1. Saran DAFTAR PUSTAKA BIODATA PENULIS BAB I .Alat dan Bahan 3.Pembuatan Filter Air Portable 3.BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.2.2. Kesimpulan 3. Percobaan BAB IV HASIL PENELITIAN BAB V PENUTUP 3.Tempat Penelitian 3.

Roestam Sjarief mendefinisikan air merupakan zat yang paling esensial dibutuhkan oleh makhluk hidup. sekarang air tidak lagi sejernih dahulu.5 liter atau setara dengan 8 sampai 10 gelas air per hari. jangan sampai kita membuangnya dengan sia-sia. kemungkinan manusia akan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu kondisi haus sangat membantu sebagai pengingat kebutuhan akan air. dan sampah-sampah yang seharusnya tidak dibuang di sungai. Berbagai limbah sudah mengkontaminasi air. ginjal dan organ lainny serta bisa mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit dari virus dan bakteri. Bukan hanya itu saja. Pastinya ada rasa sedih yang turut hadir ketika kita mendengar kabar seperti itu. serta ada keinginan untuk memelihara sumber daya air dan menggunakannya dengan se-efisien mungkin. seperti longsor dan banjir. banyak kandungan CO. Air sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. paru-paru. Kebutuhan akan air memang tidak bisa dihindari. Kebutuhan akan air haruslah kita jaga kelestariannya. Latar Belakang Penelitian Sebesar 71 % permukaan bumi tersusun atas perairan. tumbuhan bahkan manusia. detergen. Kekurangan asupan air juga akan menurunkan fungsi dan kinerja organ tubuh seperti jantung. padahal semakin ke sini .1. baik hewan. Air berfungsi untuk menjaga kesegaran. membantu pencernaan. sering kita dengar berbagai media menyiarkan banyaknya kejadian miris yang berhubungan dengan kerusakan ekosistem air . Tubuh manusia membutuhkan 2. serta mengeluarkan toxic alias segala macam racun berbahaya dalam tubuh. Saat ini air bersih sudah langka. Apabila kurang dari ketentuan. Belakangan ini. PENDAHULUAN 1.

1. Mengetahui kandungan air yang tercemar dan dampaknya bagi tubuh manusia 2.3.2. Dengan kelangkaan air tersebut. Bagaimana cara menjernihkan kandungan air ? 3. Bagaimana cara mengoptimalisasikan pengguna filter air portable agar lebih bermanfaat bagi daerah yang kekurangan air ? 1. penulis ingin membuat sebuah percobaan sederhana dengan membuat filter air portable yang berfungsi untuk menjernihkan kandungan air agar semua kotoran akan tersaring. apakah manusia akan tetap menjaga kelestarian air atau bahkan memakainya secara boros dan tidak bertanggungjawab? Dari sinilah. Apa pengaruh kandungan air yang tidak sehat bagi tubuh manusia? 2. Maksud dan Tujuan Penelitian 1. Membuat suatu alat yang bisa menjernihkan air dan menghilangkan kandungan berbaya dalam air yang tercemar 3. Memanfaatkan bahan-bahan sederhana untuk membuat filter air portable dan menggunakaannya sebagai alternatif penjernih air. . kebutuhan akan air sangatlah banyak. Identifikasi Masalah 1.

3. Identifikasi Masalah 1. Maksud dan Tujuan Penelitian 1.4.4. Sistematika Penelitian BAB II TELAAH MATERI 2. Internet 1. Kepustakaan 3.4. Metode Penelitian Karya ilmiah ini menggunakan metode : 1. Sebab dan Akibat Pencemaran Air 2.1. Observasi 2.1.3.Upaya Masyarakat dalam Menanggulangi Pencemaran Air . Sistematika Penelitian Karya penelitian ini tersusun atas lima bab : BAB I PENDAHULUAN 1.5. Definisi Air dan Kandungannya 2.2. Latar Belakang Penelitian 1.5.2. Metode Penelitian 1.1. Manfaat Air bagi Kehidupan 2.

Pembuatan Corong Penyaring Air 3.4.3.1.2.Alat dan Bahan 3. Percobaan BAB IV HASIL PENELITIAN BAB V PENUTUP 3. Saran DAFTAR PUSTAKA BIODATA PENULIS .BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.2. Kesimpulan 3.Tempat Penelitian 3.1.

Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi. Semua makhluk hidup yang diketahui memiliki ketergantungan terhadap air. Air bersih penting bagi kehidupan manusia. air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. sungai. Definisi Air dan Kandungannya Air adalah senyawa paling penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi. hujan. dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff. yaitu: melalui penguapan. tetapi tidak di planet lain. dimana X adalah zat zat yang dihasilkan air buangan oleh . akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan. dan lautan es. uap air. BAB II TELAAH MATERI 2. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidroden dengan oksigen. meliputi mata air. Air mempunyai sifat melarutkan bahan kimia. sungai.1. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. muara) menuju laut. Dari sudut pandang biologi. Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme. Terdapat 1. hujan. danau. Air dapat memunculkan reaksi yang dapat membuat senyawa organik melakukan replikasi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung). muka air tawar. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas ke udara. Abel Wolman menyatakan bahwa air rumusnya adalah: H2O + X.4 triliun kilometre kubik (330 juta mil) tersedia di Bumi.

dan juga kebiasaan masyarakat. Pada peradaban Mesopotamia. dan membersihkan kotoran yang ada disekitar rumah. Volume rata-rata kebutuhan air masyarakat antara 150- 200 liter atau berkisar 35-40 galon per hari. memasak. pemadam kebakaran. Dari sinilah kita bisa menarik kesimpulan bahwa air merupakan kebutuhan vital bagi manusia untuk melangsungkan proses kehidupan. dengan bertambahnya aktivitas manusia. penyediaan sumber air bersih harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena persediaan air yag terbatas memengaruhi kesehatan di lingkungan masyarakat. tempat rekreasi. Kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh iklim. mandi. pertanian. air juga digunakan untuk mencuci. Manfaat Air bagi Kehidupan Robert J. Kodoatie menyebut air sebagai material yang membuat kehidupan terjadinya di bumi. 2.2. standar kehidupan. aktivitas manusia selama beberapa tahun. maka faktor X tersebut dalam air akan bertambah dan menjadi masalah.. Selain itu. Air juga digunakan untuk keperluan industri. Sekitar ¾ tubuh manusia terdiri dari air. Air merupakan zat yang paling penting setelah udara. air juga disebutkan sebagai awal perabadan dimana air menjadi kebutuhan dasar manusia. dan tidak seorang pun dapat bertahan 4-5 hari hidup tanpa air. transportasi. Ditinjau dari sudut ilmu kesaehatan masyarakat. . dan lain lain.

dampaknya sangat buruh bagi kehidupan.2. maka saat ini mungkin sudah mencapai jutaan tahun. 2. hal ini terjadi seiring berkurangnya usia bumi kita ini. Jika air sudah tersedia saat terbentuknya bumi. . Adapun sebab-sebab terjadinya pencemaran air. proses ini terjadi dalam jangka waktu yang lama bahkan ribuan tahun. Penyebab alami Penyebab alami pencemaran air seperti meningkatnya kadar nutrien atau kandungan zat organik hasil pencernaan makhluk dan hasil metabolisme. antara lain : Sebab terjadinya pencemaran air: 1. Ada juga yang karena alam. Sebab dan Akibat Pencemaran Air Kini pencemaran marak kita temui dimana pun dan melalui apa pun. Pencemaran Air adalah salah satu masalah yang cukup sulit untuk dihindari terutama di daerah padat penduduk dan disekitar tempat industri. Sebenarnya. Sampah organik Sampah organik yang menumpuk diselokan-selokan akan menimbulkan cairan berbau yang lebih dikenal sebagai air comberan. yang menjadi sebab terjadinya pencemaran ini tidak lain karena ulah aktivitas manusia. hal ini yang nantinya akan mengakibatkan terjadinya eutrofikasi. Termasuk air.3. hal ini bisa anda amati bahwa disekitar air comberan berada pasti disana sedikit bahkan tidak ada tumbuhan yang tumbuh apalagi ikan palingan cacing atau jentik nyamuk. Pantaslah pencemaran air sudah terjadi di mana-mana. baik itu karena individu yang membuang sampah sembarangan ataupun pihak industri yang tidak bertanggung jawab dalam membuang limbah industri tanpa melakukan penyaringan terlebih dahulu.

yaitu:  Menggunakan air dengan bijaksana.Upaya Masyarakat dalam Menanggulangi Pencemaran Air Pencemaran air dirasa cukup meresahkan masyarakat. maka kita pun harus mengetahui akibat pencemaran air. 2. Pencemaran Air oleh limbah sangat berbahaya karena mengandung banyak unsur kimia yang bukan hanya merusak organ dalam juga akan merusak bagian luar. Menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak. 4. Sumber air bersih menghilang 3. Pencemaran air sangat merusak ekosistem 5. diantaranya : 1. Unsur kandungan kimia di bahan peledak itu yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air.4.3. Sumber Penyakit. 4. Setelah kita mengetahui penyebab dari pencemaran ini. ada beragam tindakan yang bisa kita lakukan. Limbah pabrik yang tidak disaring Limbah menjadi hal yang sangat menakutkan jika menyebar ke hulu air dan digunakan oleh manusia. Oleh karena itu. Kerugian bagi pencari ikan 2. Kurangi penggunaan air untuk kegiatan yang kurang berguna dan gunakan dalam jumlah yang tepat. . Berikut ini beberapa tindakan yang dapat kita lakukan oleh masyarakat. Sebagai penyebab banjir.

mengatur dan mengawasi segala macam bentuk kegiatan industri dan teknologi sehingga tidak terjadi pencemaran. Kelola sampah rumah tangga dengan baik dan usahakan menanam pohon di pinggiran sungai/danau. Penanggulangan secara non-teknis yaitu suatu usaha untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan cara menciptakan peraturan perundangan yang dapat merencanakan.  Mengoptimalkan pelaksanaan rehabilitasi lahan kritis yang bertujuan untuk meningkatkan konservasi air bawah tanah  Menanggulangi kerusakan lahan bekas pembuangan limbah B3.  Mengurangi konsumsi obat-obatan kimia berbahaya.  Sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar. dan obat nyamuk cair merupakan salah satu penyebab rusaknya ekosistem air  Tidak menggunakan sungai untuk mencuci mobil.  Mengurangi penggunaan detergen.  Tidak menggunakan sungai untuk wahana memandikan hewan ternak dan sebagai tempat kakus. yaitu penanggulangan secara non-teknis dan secara teknis. misalnya meliputi AMDAL. Sebisa mungkin pilihlah detergen yang ramah lingkungan dan dapat terurai di alam secara cepat. Obat-obatan kimia yang berbahaya seperti pestisida.  Jangan membuang sampah rumah tangga di sungai/danau. Pada prinsipnya ada 2 (dua) usaha untuk menanggulangi pencemaran. dan sepeda motor. Sedangkan penanggulangan secara teknis bersumber pada . pengaturan dan pengawasan kegiatan dan menanamkan perilaku disiplin. Peraturan perundangan ini hendaknya dapat memberikan gambaran secara jelas tentang kegiatan industri yang akan dilaksanakan. truk.

Selain itu. kita dapat pula mendaur ulang (recycle) dan mendaur pakai (reuse) sampah tersebut. misalnya dengan mengubah proses.perlakuan industri terhadap perlakuan buangannya. . kita dapat mengurangi pencemaran air dengan cara mengurangi produksi sampah (minimize) yang kita hasilkan setiap hari. Sebenarnya penanggulangan pencemaran air dapat dimulai dari diri kita sendiri. Dalam keseharian. mengelola limbah atau menambah alat bantu yang dapat mengurangi pencemaran.

Tempat Penelitian 3. BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.Alat dan Bahan 3.2.1.Pembuatan Filter Air Portable 3.4.3.Percobaan .

BAB IV HASIL PENELITIAN .

Saran . BAB V PENUTUP 3.1. Kesimpulan 3.2.

html . Http://wallputih. Dr.blogspot.wikipedia. DAFTAR PUSTAKA . Pengantar Kesehatan Lingkungan.com/2014/08/pencemaran-air.org/wiki/Air) . (id. . Budiman. Chandra .

Cilacap.4 A no. Hp : 0858 4294 7029 E-mail : arinazaidai@gmail. A. Nama : Rifda Hanin Vidyadhara Hanifa Tempat. Sukoharjo 2. 24 Februari 1998 Alamat Rumah : Tritih RT 1/5 Danasri Lor. Kartasura.com . Jawa Tengah No. Nama : Arina Zaida Ilma Tempat. Yani gg. BIODATA PENULIS 1. tanggal lahir : Klaten. 4 Blora No. HP : 0856 4021 0260 E-mail : rifdahvh@gmail. tanggal lahir : Blora. Garuda Mas. Pabelan. Nusawungu.com Asal Sekolah : MA PPMI Assalaam Surakarta Alamat Sekolah : Jl. 14 November 2000 Alamat Rumah : Jl.

Kartasura. Garuda Mas. Pabelan.Asal Sekolah : MA PPMI Assalaam Surakarta Alamat Sekolah : Jl. Sukoharjo .