You are on page 1of 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah : SMP Negeri 7 Parepare
Mata Pelajaran : IPA Biologi
Kelas/Semester : VII/II (Genap)
Materi Pokok : Peranan Manusia dalam Pengelolaan
Lingkungan

Alokasi Waktu :6 × 40 menit (3 × pertemuan)

A. Standar Kompetensi
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.

B. Kompetensi Dasar
7.4. Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan
lingkungan.

C. Indikator
1. Kognitif
Produk
a. Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan.
b. Mengidentifikasi jenis-jenis pencemaran lingkungan.
c. Menjelaskan dampak pencemaran lingkungan bagi
manusia.
d. Menyebutkan usaha penanggulangan pencemaran
lingkungan.
Proses
Mendiskusikan fenomena pencemaran lingkungan.
2. Afektif
Karakter

b. Menunjukkan perilaku yang berkarakter. D. menyumbang ide atau pendapat. bertanya. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pencemaran lingkungan dengan melakukan diskusi kelompok. rasa ingin tahu. disiplin. Tujuan Pembelajaran 1. Keterampilan Sosial Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial seperti. toleransi. . religius. religius. dan komunikatif/bersahabat. teliti. dan komunikatif/bersahabat. teliti rasa ingin tahu. a. Siswa dapat menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan dengan memperhatikan penjelasan guru dan bacaan. Keterampilan Sosial Selama proses pembelajaran. c. toleransi. Kognitif Produk Setelah pembelajaran ini selesai. disiplin. Afektif Karakter Siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter selama proses pembelajaran meliputi. 2. diharapkan. dan menjadi pendengar yang baik. Siswa dapat menyebutkan beberapa usaha penanggulangan pencemaran lingkungan dengan melakukan diskusi kelompok. siswa dapat menunjukkan perilaku dalam keterampilan sosial meliputi. bertanya. Proses Siswa dapat menjelaskan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan dengan mendiskusikan fenomena pencemaran lingkungan. Siswa dapat menjelaskan dampak pencemaran lingkungan bagi manusia dengan melakukan diskusi kelompok. d.

Materi Pembelajaran Berbagai aktivitas manusia dan perkembangan teknologi telah menimbulkan kerusakan lingkungan dan berbagai macam pencemaran. Zat yang dapat menyebabkan pencemaran disebut polutan. 3. antara lain karbon monoksida (CO2). Pencemaran air. 2. E. atau energi ke dalam lingkungan yang berakibat penurunan kualitas lingkungan hingga pada tingkatan tertentu. Beberapa jenis polutan yang sering mencemari udara. Suatu zat dikatakan bersifat polutan jika keberadaannya dapat membahayakan kesehatan dan kehidupan makhluk hidup. limbah rumah tangga. Penipisan lapisan ozon . limbah industri. Air yang terpolusi disebabkan oleh adanya racun atau polutan yang masuk ke lingkungan air. limbah industri. Pencemaran udara. biasanya terjadi akibat pembakaran bahan bakar pada kendaraan bermotor dan gas buangan pabrik. Polutan air di antaranya minyak. jumlahnya melebihi batas. Air yang terpolusi disebabkan oleh adanya racun atau polutan yang masuk ke lingkungan air. klorofluorokarbon (CFC) dan partikel debu. Berikut jenis-jenis pencemaran berdasarkan media yang dicemari: 1. Efek rumah kaca 2. berarti terdapat kerusakan air dari batas normal. Polutan air di antaranya minyak. menyumbang ide atau pendapat. senyawa belerang. limbah rumah tangga. senyawa nitrogen. berarti terdapat kerusakan air dari batas normal. dan menjadi pendengar yang baik. zat. dan berada pada waktu dan tempat yang tidak tepat. Pencemaran tanah. Pencemaran adalah masuknya makhluk hidup. Adapun dampak pencemaran bagi manusia. antara lain: 1.

b. dan pembuangan zat pestisida yang berlebihan. Pengurangan pembangunan rumah kaca. b. kimiawi maupun biologis. Sampah plastik. Pencemaran udara a. e. c. Tidak menggunakan pupuk secara berlebihan dan mencegah agar tidak hanyut ke sungai atau danau. semakin baik sampah itu karena sampah organik dapat didaur ulang dan didegredasi sehingga menyatu dengan tanah menjadi nutrisi organisme lain. Pada limbah padat (sampah) terkandung 70% bahan organik dan 30% bahan anorganik. penggunaan pupuk yang berlebihan. limbah padat. limbah tersebut sudah diolah secara fisika. kapal tanker maupun pipa-pipa pengeboran minyak 3. kaleng dan karet dapat didaur ulang menjadi peralatan yang lebih berguna. Limbah rumah tangga yang berbentuk cair dialirkan ke bak penampungan agar tidak mencemari sumber air dan menghindari bau tak sedap. d. tetapi menggunakan metode pemberantasan hama secara biologis. Pengurangan pemakaian bahan bakar minyak dengan mencari bahan bakar alternatif. Usaha penanggulangan pencemaran yang dapat dilakukan antara lain: 1. Pencemaran air a. . Setiap pabrik harus mempunyai bak penampungan limbah. 2. f. Pencemaran tanah Penyebab terjadinya pencemaran tanah di antaranya sampah. Diusahakan untuk menghindari penggunaan pestisida atau insektisida. Sebelum di buang ke sungai. Mencegah terjadinya kebocoran tangki penyimpanan minyak. Semakin banyak bahan organiknya.

 Guru memotivasi siswa dengan memberikan contoh pencemaran dan kerusakan lingkungan yang terjadi di kota- kota besar.  Guru menanyakan kabar siswa dan memeriksa daftar kehadiran. Kemudian mengecek kesiapan para siswa. Guru mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok- kelompok belajar (Setiap kelompok beranggotakan 4-5 orang dan harus heterogen).  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.  Guru kemudian menanyakan apakah di sekitar rumah tempat tinggal siswa juga terjadi pencemaran dan kerusakan lingkungan. (Fase 2 MPK)  Guru menjelaskan kepada siswa cara membentuk kelompok belajar. Metode Pembelajaran 1. (Fase 4 MPK)  Guru mengevaluasi hasil belajar atau diskusi siswa tentang . (Fase 3 MPK)  Guru membimbing kelompok-kelompok belajar tersebut pada saat siswa melakukan diskusi dan mengerjakan tugas mengenai jenis-jenis pencemaran lingkungan. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I Alokasi Kegiatan Waktu Kegiatan awal 10’  Guru mengucapkan salam. Metode : Diskusi dan tanya jawab G. (Fase 1 MPK) Kegiatan inti 55’  Guru menyajikan informasi awal kepada siswa mengenai pengertian pencemaran dan kerusakan lingkungan melalui penjelasan atau lewat bacaan. Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD 2.F.

Pertemuan II Alokasi Kegiatan Waktu Kegiatan awal 10’  Guru mengucapkan salam.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.  Guru kembali mengingatkan siswa mengenai materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya.  Guru menutup pelajaran dengan mengucap syukur kepada Allah swt. (Fase 1 MPK) Kegiatan inti 55’  Guru menyajikan informasi awal kepada siswa mengenai dampak-dampak yang mungkin terjadi bagi manusia apabila pencemaran dan kerusakan lingkungan terjadi. Guru meminta siswa mempresentasikan hasil kerjanya. yaitu terkait pencemaran dan jenis-jenis pencemaran yang terjadi. dan mengucapkan salam kepada siswa.  Guru menanyai beberapa orang siswa terkait materi yang telah dipelajari.  Guru menanyakan kabar siswa dan memeriksa daftar kehadiran. Kemudian mengecek kesiapan para siswa. materi yang telah dipelajari. (Fase 6 MPK) Kegiatan penutup 10’  Guru merangkum materi pembelajaran yang telah dilakukan.  Guru memberikan tugas rumah untuk dikerjakan oleh setiap siswa. kemudian melanjutkan dengan diskusi kelas. (Fase 5 MPK)  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berprestasi untuk menghargai upaya dan hasil belajar siswa. (Fase 2 MPK) .

Guru mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok- kelompok belajar (Setiap kelompok beranggotakan 4-5 orang dan harus heterogen). Pertemuan III Alokasi Kegiatan Waktu Kegiatan awal 10’  Guru mengucapkan salam. (Fase 5 MPK)  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berprestasi untuk menghargai upaya dan hasil belajar siswa. (Fase 4 MPK)  Guru mengevaluasi hasil belajar atau diskusi siswa tentang materi yang telah dipelajari. kemudian melanjutkan dengan diskusi kelas.  Guru menjelaskan kepada siswa cara membentuk kelompok belajar. Guru meminta siswa mempresentasikan hasil kerjanya.  Guru menanyai beberapa orang siswa terkait materi yang telah dipelajari.  Guru menanyakan kabar siswa dan memeriksa daftar kehadiran. dan mengucapkan salam kepada siswa. (Fase 3 MPK)  Guru membimbing kelompok-kelompok belajar tersebut pada saat siswa melakukan diskusi dan mengerjakan tugas mengenai jenis-jenis pencemaran lingkungan.  Guru menutup pelajaran dengan mengucap syukur kepada Allah swt.  Guru memberikan tugas rumah untuk dikerjakan oleh setiap siswa. (Fase 6 MPK) Kegiatan penutup 10’  Guru merangkum materi pembelajaran yang telah dilakukan.  Guru kembali mengingatkan siswa materi terkait pencemaran lingkungan yang telah dibahas dan didiskusikan pada .

(Fase 5 MPK)  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berprestasi untuk menghargai upaya dan hasil belajar siswa. kemudian melanjutkan dengan diskusi kelas. Guru mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok- kelompok belajar (Setiap kelompok beranggotakan 4-5 orang dan harus heterogen).  Guru menutup pelajaran dengan mengucap syukur kepada Allah swt. Media dan Sumber Pembelajaran .  Guru menanyai beberapa orang siswa terkait materi yang telah dipelajari. pertemuan-pertemuan sebelumnya. (Fase 2 MPK)  Guru menjelaskan kepada siswa cara membentuk kelompok belajar. (Fase 1 MPK) Kegiatan inti 55’  Guru menyajikan informasi awal kepada siswa upaya-upaya yang pernah dilakukan oleh penduduk maupun pemerintah untuk menanggulangi maupun mencegah terjadinya pencemaran dan pengrusakan lingkungan melalui penjelasan. (Fase 3 MPK)  Guru membimbing kelompok-kelompok belajar tersebut pada saat siswa melakukan diskusi dan mengerjakan tugas mengenai jenis-jenis pencemaran lingkungan. H. (Fase 6 MPK) Kegiatan penutup 10’  Guru merangkum materi pembelajaran yang telah dilakukan. Kemudian mengecek kesiapan para siswa. dan mengucapkan salam kepada siswa. Guru meminta siswa mempresentasikan hasil kerjanya.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini. (Fase 4 MPK)  Guru mengevaluasi hasil belajar atau diskusi siswa tentang materi yang telah dipelajari.

b. Sumber Pembelajaran Buku paket IPA Terpadu Kelas VII SMP: Arahim. Media Pembelajaran Gambar-gambar pencemaran dan kerusakan lingkungan. 2008. 2008. Anni. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII. Zaipudin. Jelaskan dampak pencemaran lingkungan bagi manusia. Wasis dan Sugeng Yuli Irianto. 2009. Sebutkan jenis-jenis pencemaran lingkungan. Evaluasi 1. 2. 4. Kunci Jawaban a. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Suryatna. atau energi ke dalam lingkungan yang berakibat penurunan kualitas lingkungan hingga pada tingkatan tertentu. Teguh dan Eny Ismawati. Winarsih. 1. Jenis Jenis evaluasi adalah lisan 2. Jelaskan pengertian pencemaran lingkungan. IPA untuk SMP dan MTs Kelas VII. 2009. c. d. dkk. Pencemaran lingkungan adalah masuknya makhluk hidup. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Zat yang dapat menyebabkan pencemaran . Asep dan Enjah Takari R. 2008. zat. Sugiyarto. Sebutkan beberapa usaha penanggulangan pencemaran lingkungan. Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas VII. I. dkk. Bentuk Bentuk evaluasi uraian 3. IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Butir Soal a.

pencemaran air.Pd. S. S. yaitu pencemaran udara. dan berada pada waktu dan tempat yang tidak tepat. Dampak pencemaran lingkungan antara lain. Kepala SMP Negeri 7 Parepare Makmur.Pd.M. b. efek rumah kaca. Usaha penanggulangan pencemaran lingkungan antara lain. Arina Zulfa Yunita Y NIP. 19710913 199702 1 002 .. NIP. Suatu zat dikatakan bersifat polutan jika keberadaannya dapat membahayakan kesehatan dan kehidupan makhluk hidup. dan menghemat penggunaan bahan bakar minyak. penipisan lapisan ozon. melakukan daur ulang. Jenis-jenis pencemaran lingkungan. d. M. c. jumlahnya melebihi batas. disebut polutan. tidak membuang sampah di sembarang tempat. 19670111 198812 2 002 NIM. dan kematian organisme. 091404014 Mengetahui. Parepare. Juli 2012 Guru Pembimbing Mahasiswa PPL Tuti Wahyuni. dan pencemaran tanah.