KASUS NENEK MINAH

kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya. hidayah. KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang. Terlepas dari semua itu. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini. dan inayah-Nya kepada saya. Mei 2016 Penulis 2 . Sidoarjo. kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini. sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. yang telah melimpahkan rahmat. Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang “ Kasus Nenek minah “ ini dapat memberikan manfaat terhadap pembaca.

.............................................................4 Daftar Pustaka……………………………………………………………… 3 .................................................. 3...............................................................3 Tujuan penelitian ................2 Rumusan masalah .. Bab II : Pembahasan 2............. 1......................1 Sejarah...............................................................2 Teori…………………………………………………………… Bab III: 2.............................. 1. 1........ Bab VI : Kesimpulan dan Saran 3.....................................1 Latar belakang ............................... 2............. Daftar Isi Kata pengantar ................................ Bab I : Pendahuluan 1.........................4 Manfaat penelitian ............................ Daftar isi .........................................................2 Kesimpulan………………………………………………………………… 3.....................................................................3 Analisis Kasus……………………………………………………………...3 Saran……………………………………………………………………….....................

Kecamatan Ajibarang. Apa saja faktor. Banyumas. Bagaiamana Upaya penyelesaian dari kasus ini? 1. 1.3 Tujuan Penelitian 1. 2. Desa Darmakradenan. faktor yang mempengaruhi kasus Nenek Minah ? 2. 1.1 Latar Belakang Banyumas .2 Rumusan Masalah 1. Lahan garapan Minah ini juga dikelola oleh PT RSA untuk menanam kakao. Bagaimana Dampak yang dialami oleh Nenek Minah dalam kasus ini? 3. Upaya penyelesaian Kasus Nenek Minah. Mengetahui lebih dalam mengenai terjadinya kasus Nenek Minah. BAB I PENDAHULUAN 1.4 Manfaat Penelitian 4 . Ironi hukum di Indonesia ini berawal saat Minah sedang memanen kedelai di lahan garapannya di Dusun Sidoarjo. Jawa Tengah. Bahkan untuk perbuatannya itu dia diganjar 1 bulan 15 hari penjara dengan masa percobaan 3 bulan. pada 2 Agustus lalu.Nenek Minah (55) tak pernah menyangka perbuatan isengnya memetik 3 buah kakao di perkebunan milik PT Rumpun Sari Antan (RSA) akan menjadikannya sebagai pesakitan di ruang pengadilan.

Hasil pembelajaran ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi penulis dan pembaca. pengkajian ini dapat digunakan sebagai tambahan dalam bidang ilmu sosial serta memperkaya informasi. Manfaat bagi penulis. 5 . 1. pengkajian ini memberikan pengetahuan tentang kasus Nenek Minah 2. Manfaat bagi pembaca.

penggelapan. 2. penipuan dan kadang pertukaran kriminal.1 Tinjauan Pustaka Pencurian adalah salah satu pengambilan properti milik orang lain secara tidak sah tanpa seizin pemilik. Kata ini juga digunakan sebagai sebutan informal untuk sejumlah kejahatan terhadap properti orang lain. Faktor-faktornya adalah sebagai berikut : 1. BAB II PENELAAHAN KEPUSTAKAAN 2. perampokan. dengan vonis yang dijatuhkan hakim selama 1 bulan 5 hari dengan masa percobaan 3 bulan membuat nenek minah terkena dampak psikologis maupun psikis. Dalam yurisdiksi tertentu. larseni. sementara yang lain menyebutkan pencurian telah menggantikan larseni. Faktor Agama . Nenek minah tidak berniat jahat ketika mengambil buah kakao dan pihak PT RSA sebagai pihak penggugat tidak 6 . Faktor Ekonomi Sistem ekonomi pada saat ini mengalami pesaingan yang bebas. Kepercayaan hanya dapat berlaku sebagai pengertian dan perasaan moral yang telah meresap secara menyeluruh 3. Faktor Umur Umur merupakan salah satu faktor penting penyebab kejahatan. seperti perampokan rumah. pencurian toko. penjarahan. pencurian dianggap samadengan larseni.3 Dampak Kasus Nenek Minah Sungguh ironi sekali kasus nenek minah . biasanya ini netral bagi criminal 2. pedanganagan yang padat sehingga banyak sekali faktor yang mempengaruhi ekonomi seseorang 2.2Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kasus Nenek Minah Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kasus Nenek Minah .

4 Upaya Penyelesain Pada kasus ini. pada akhirnya nenek minah tetap dijadikan tersangka dalam kasus pencurian buah kakao di PT RSA dengan masa tahanan 1 bulan 5 hari dengan masa percobaan 3 bulan dan keadilan ini perlu ditingkat kan kembali.mengalami kerugian yang berarti. Selain nenek minah buta huruf akan tetapi kasus ini berbuntut sehingga nenenk minah sampai terbaring sakit saat pengadilan 2. 7 .

Dengan cara mencari informasi dari berbagai sumber yang terpercaya / internet D. Populasi atau sampel Nama Profesi Umur Gender Minah Tukang Kebun 55 tahun Perempuan Tarno Pemilik Kebun 40 tahun Laki laki C. istimewa.13 Mei 2016 Penyusunan makalah 4 Mencetak Makalah 13 Mei 2016 8 . BAB III Metode Penelitian A. dan dapat menguji suatu fakta atau kebenaran secara ilmiah. Pengertian Metode Metode adalah cara yang telah teratur dan telah terfikir secara baik baik yang digunakan untuk mencapai tujuan Sehingga untuk memperoleh keberhasilan dalam suatu penelitian maka harus menggunakan metode yang tepat. Teknik Pengumpulan Data Teknik Pengumpulan data pada makalah ini adalah deskriptif. Prosedur Penelitian No Urutan Kegiatan Waktu 1 Persiapan mencari topic/ 2 Mei 2016 kasus 2 Mencari sumber sumber 7 Mei 2016 penelitian 3 Penulisan dan 11. B. Dengan demikian memecahkan metode sangat diperlukan dalam rangka mengumpulkan data untuk memecahkan suatu masalah sehingga dapat menyusun suatu laporan.

yaitu seorang nenek (Minah) memetik 3 biji kakao di perkebunan milik PT RSA tanpa izin dari petugas. suasana persidangan Minah berlangsung penuh keharuan. Muslih Bambang Luqmono SH. Mereka segera menyalami Minah karena wanita tua itu tidak harus merasakan dinginnya sel tahanan BAB V Pembahasan 9 . Analisis Kasus Kemiskinan merupakan hal yang menakutkan bagi setiap orang. BAB IV Analisis Kasus A. Karena kemiskinan dapat menjadi faktor pendorong bagi seseorang untuk melakukan tindak kejahatan. majelis hakim juga terlihat agak ragu menjatuhkan hukum. "Kasus ini kecil. Selain menghadirkan seorang nenek yang miskin sebagai terdakwa. tetangga dan para aktivis LSM yang mengikuti sidang tersebut. Menurut saya pihak PT RSA terlalu cepat mengambil keputusan padahal nenek Minah sudah mengembalikan kakao tersebut. terlihat menangis saat membacakan vonis. dikarenakan nenek Minah buta huruf maka ia tidak mengetahui mengenai larangan tersebut. si nenek pun juga telah mengakui kesalahannya. selain itu pihak PT telah menetapkan larangan bahwa warga dilarang memetik kakao di atas tanah perkebunan tersebut. namun sudah melukai banyak orang." ujar Muslih. Bahkan ketua majelis hakim. Seperti contoh kasus diatas. Tanpa ada keraguan sedikitpun. B. Vonis hakim 1 bulan 15 hari dengan masa percobaan selama 3 bulan disambut gembira keluarga. Hasil Kasus Pantauan detikcom.

Lahan garapan Minah ini juga dikelola oleh PT RSA untuk menanam kakao. Dan tak lama berselang. Minah mengaku hal itu perbuatannya. BAB VI Kesimpulan dan saran A. Setelah dipetik. yaitu 10 . Minah kemudian memetiknya untuk disemai sebagai bibit di tanah garapannya. dapat ditarik beberapa kesimpulan berdasar pembahasan permasalahan disertai dengan uraian penjelasannya. Desa Darmakradenan. Proses hukum terus berlanjut sampai akhirnya dia harus duduk sebagai seorang terdakwa kasus pencuri di Pengadilan Negeri (PN) Purwokerto. Dari sekadar memandang. 3 buah kakao itu tidak disembunyikan melainkan digeletakkan begitu saja di bawah pohon kakao. Jawa Tengah. mata tua Minah tertuju pada 3 buah kakao yang sudah ranum. Kamis kemarin. Minah pun diceramahi bahwa tindakan itu tidak boleh dilakukan karena sama saja mencuri. Dengan polos. Ironi hukum di Indonesia ini berawal saat Minah sedang memanen kedelai di lahan garapannya di Dusun Sidoarjo. Ketika sedang asik memanen kedelai. Seminggu kemudian dia mendapat panggilan pemeriksaan dari polisi. siapa yang memetik buah kakao itu. Kecamatan Ajibarang.Nenek Minah (55) yang buta huruf divonis di PN Purwokerto. Mandor itu pun bertanya. lewat seorang mandor perkebunan kakao PT RSA. pada 2 Agustus lalu. Banyumas. Kesimpulan Dari penulisan ini.

hukum identik dengan Undang-Undang. Epistemologi yang bersifat dualis-objektif. Ketika semua unsur Pasal 362 terpenuhi. pihak-pihak yang independen. Hukum harus dipisahkan dari nilai kemanusiaan dan moral demi kepastian hukum. hal itu akan menimbulkan ketidakpastian hukum. Paradigma Positivisme selalu menekankan objektivitas. kasus hukum yang menjerat Nenek Minah ditelaah dengan menggunakan Paradigma Positivisme. ontologinya adalah sebuah realitas (hukum). maka Nenek Minah diputus bersalah dan harus dihukum. Itulah sebabnya Nenek Minah tetap harus dihukum terlepas dari seberapa besar kerugian yang diderita PT Rumpun Sari Antan. sudah seyogyanya menjaga konsistensi putusan hakim antara putusan yang satu dengan putusan hakim lainnya dalam kasus serupa yang telah diputuskan. B. selalu adanya verivikasi atau uji empiris. DAFTAR PUSTAKA 11 . apabila untuk kasus serupa terjadi perbedaan yang besar antara putusan pengadilan satu dengan lainnya. Hakim melakukannya dengan menghadirkan saksi-saksi dan adanya alat bukti yang dicocokkan dengan keterangan Nenek Minah sebagai terdakwa. dalam kurun waktu yang tidak terlalu berbeda tetapi yang satu telah memiliki kekuatan hukum yang tetap. Paradigma Positivisme yang memayungi aliran Legal Positivisme. Kedua. karena terbukti secara sah melakukan pencurian sebagaimana dirumuskan dalam Pasal 362 KUHP. Pertama. Bagaimana pun hukum harus ditegakkan yang keadilannya adalah keadilan menurut Undang- Undang. Metodologinya.tidak saling memengaruhi (antara hakim dengan kasus hukum yang diperiksanya). Singkatnya. menjelaskan tidak ada hukum di luar undang-undang. SARAN Demi kepastian dan penegakkan hukum Indonesia di masa kini dan mendatang. Hukum yang dipaparkan adalah Pasal 362 KUHP. Inilah yang harus dihindari dalam upaya mempertahankan kepastian hukum. Tidak ada yang melibatkan nilai di sana karena hukum atau realitasnya berada di luar diri hakim.

com/berita/1244955/mencuri-3-buah-kakao-nenek-minah- dihukum-1-bulan-15-hari 12 .com/e-book/artikel/ http://news.https://khaerunisaulfah.detik.wordpress.wordpress.com/2012/07/11/makalah-paradigma- filsafat-hukum-dalam-kasus-nenek-minah/ https://dee3345.