You are on page 1of 28

ANALISIS SKL KI KD

I. Standar Kompetensi LulusanSMA/MA, Dan SMK/MAK
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
pada Pasal 3 menetapkan bahwa: pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa;
bertujuan untuk berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab.
Fungsi dan tujuan pendidikan nasional menjadi parameter utama untuk
merumuskan standar nasional pendidikan sebagaimana yang diamanatkan
oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional pada Pasal 35 sebagai berikut:
A. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi
lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan,
pembiayaan, dan penilaian pendidikan yang harus ditingkatkan secara
berencana dan berkala.
B. Standar nasional pendidikan digunakan sebagai acuan pengembangan
kurikulum, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, dan
pembiayaan.
C. Pengembangan standar nasional pendidikan serta pemantauan dan
pelaporan pencapaiannya secara nasional dilaksanakan oleh suatu badan
standardisasi, penjaminan, dan pengendalian mutu pendidikan.
D. Ketentuan mengenai standar nasional pendidikan sebagaimana dimaksud
pada ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) diatur lebih lanjut dengan peraturan
pemerintah.
Fungsi standar nasional pendidikan adalah untuk penjaminan dan
pengendalian mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

1

Standar Kompetensi Lulusan merupakan salah satu dari 8 (delapan) standar
nasional pendidikan sebagaimana yang ditetapkan dalam Pasal 35 Ayat (1)
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang
mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang akan menjadi acuan
bagi pengembangan kurikulum dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan
nasional.
II. Tujuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
Penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah sebagaimana yang
dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang
Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan bertujuan membangun
landasan bagi berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang:
a. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan
berkepribadian luhur;
b. berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan inovatif;
c. sehat, mandiri, dan percaya diri; dan
d. toleran, peka sosial, demokratis, dan bertanggung jawab.
III. Cakupan Kompetensi Lulusan
Penetapan pendekatan kompetensi lulusan didahului dengan
mengidentifikasi apa yang hendak dibentuk, dibangun, dan diberdayakan
dalam diri siswa sebagai jaminan yang akan mereka capai setelah
menyelesaikan pendidikannya pada satuan pendidikan tertentu.
Pendekatan kompetensi lulusan menekankan pada kemampuan holistik yang
harus dimiliki setiap siswa. Hal itu akan membawa implikasi terhadap apa
yang seharusnya dipelajari oleh setiap individu siswa, bagaimana cara
mengajarkan, dan kapan diajarkannya.
Cakupan kompetensi lulusan secara holistik dirumuskan sebagai berikut:

1. Kemampuan Lulusan dalam Dimensi Sikap:

2

seni. menjalankan. menerapkan. menalar. IV. dan mencipta. memahami. Pencapaian pribadi tersebut dilakukan melalui proses: menerima. b. Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan Kompetensi Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/Paket C Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/Paket C adalah manusia yang memiliki sikap. berakhlak mulia. Pencapaian pribadi tersebut dilakukan melalui proses: mengamati. Kemampuan Lulusan dalam Dimensi Pengetahuan: Manusia yang memiliki pribadi yang menguasai ilmu pengetahuan. menyaji. budaya dan berwawasan kemanusiaan. percaya diri. alam sekitar. dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial. 3. mencoba. teknologi. dan 3 . Manusia yang memiliki pribadi yang beriman. Perumusan kompetensi lulusan antarsatuan pendidikan mempertimbangkan gradasi setiap tingkatan satuan pendidikan dan memperhatikan kriteria sebagai berikut: a. kesinambungan. menghargai. kebangsaan. menanya. perkembangan psikologis anak. Kemampuan Lulusan dalam Dimensi Keterampilan: Manusia yang memiliki pribadi yang berkemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret. fungsi satuan pendidikan. menganalisa. kenegaraan. keterampilan. 2. dan d. dan mengamalkan. dan mengevaluasi. berakhlak mulia. dan pengetahuan sebagai berikut: Tabel 5: Kompetensi Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/ Paket C DIMENSI KOMPETENSI LULUSAN SIKAP Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman. lingkup dan kedalaman materi. serta dunia dan peradabannya. mengolah. dan peradaban Pencapaian pribadi tersebut dilakukan melalui proses: mengetahui. menghayati. percaya diri. c.

seni. dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian. maka muatan Sosiologi untuk kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial pada SMA/MA/SMALB/PAKET C Tingkat Tingkat Kelas Kompetensi Ruang Lingkup Kompetensi Materi 4 . Memiliki pengetahuan prosedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan. V. kenegaraan. Standar isi Sesuai dengan Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi. bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. kebangsaan. Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret terkait KETERAMPILAN dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri. dan budaya PENGETAHUAN dengan wawasan kemanusiaan. teknologi.

.Perubahan adanya sosial dan perubahan sosial globalisasi dan Globalisasi .Individu. toleransi dan konflik.Mensyukuri .5 X-XI .Melaksanakan prosedur dan mengkomunikasi kan kajian dan atau penelitian berbagai gejala social 6 XII .Mengamati dan menganalisis masalah-masalah sosial . kekerasan empati dalam dan hubungan social penyelesaiannya.Membangun toleransi dan empati sosial 5 .Masalah sosial.Membangun .Menghargai dan .Ketimpangan sebagai bentuk sosial dan anugerah dari pemberdayaan Tuhan Yang Maha komunitas Esa . bersikap toleran kelompok dan terhadap ciptaan hubungan sosial Tuhan Yang Maha .Metode tinggi penelitian sosial keharmonisan social .Ragam Esa yang berupa kelompok sosial keberagaman di dalam kelompok sosial masyarakat .Memiliki serta kesetaraan tanggung jawab dalam publik serta keberagaman menjunjung .

1 Mensyukuri keberadaan diri dan 2. 2. santun. Menghayati dan dan menghormati agama lain mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2.2 Merespon secara positif berbagai gejala tanggungjawab. disiplin. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Sosiologi KELAS X KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1. responsif dan pro-aktif 6 . damai). dengan penyesuaian diri terhadap perubahan global .1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya 1. toleran.Mengevaluasi praktik pemberdayaan komunitas dan merumuskan alternatif solusinya VI.Mengamati dan menganalisis ketimpangan sosial dengan solusi pemecahannya - Melaksanakan prosedur kajian untuk praktik pemberdayaan komunitas . kerjasama. peduli sosial di lingkungan sekitar (gotong royong. Menghayati dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan mengamalkan perilaku Yang Maha Kuasa jujur.

serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan 7 .1 Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam 3. untuk memahami hubungan sosial di budaya. prosedural individu. seni. dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian. Memahami mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi . 3. KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. dan masyarakat humaniora dengan 3. di masyarakat menganalisis 3.4 Menerapkan metode-metode penelitian wawasan sosial untuk memahami berbagai gejala kemanusiaan.2 Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi pengetahuan faktual. menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi teknologi. antara individu dan kelompok serta berdasarkan rasa antar kelompok ingintahunya tentang 3. kenegaraan. untuk memahami hubungan sosial antar konseptual. sosial kebangsaan.menerapkan.3 Menganalisis berbagai gejala sosial dengan ilmu pengetahuan.

peduli sosial terhadap perbedaan sosial (gotong royong. menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam dan menyaji dalam memahami berbagai gejala sosial yang ranah konkret dan terjadi di masyarakat ranah abstrak terkait 4. antara individu dan kelompok serta sekolah secara antar kelompok mandiri. 8 . diskusi dan 4. kerjasama. dan mampu 4.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya 1. diskusi.2 Menunjukkansikap toleransi dan empati tanggungjawab. KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4.2 Melakukan kajian. Menghayati dan memiliki tanggungjawab publik dalam ranah mengamalkan perilaku perbedaan sosial jujur. Mengolah.3 Melakukan kajian. melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan.1 Menumbuhkan kesadaran individu untuk 2. dan dengan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi pengembangan dari untuk memahami hubungan sosial antar yang dipelajarinya di individu. disiplin. 1. diskusi dan mengaitkan menggunakan metoda konsep-konsep dasar Sosiologi untuk sesuai kaidah keilmuan mengenali berbagai gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat 4. menalar.1 Melakukan kajian. toleran.4 Menyusun rancangan.dalam kehidupan bermasyarakat 1. lisan dan audio-visua KELAS XI KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1. Menghayati dan dan menghargai keberagaman agama mengamalkan ajaran dengan menjunjung tinggi agama yang dianutnya keharmonisan.

5 Menerapkan metode penelitian sosial kemanusiaan. serta menerapkan pengetahuan 9 . KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR damai). Memahami. konflik dan kekerasan dalam kehidupan budaya. berkaitan dengan konflik. dan masyarakat yang beragam serta humaniora dengan penyelesaiannya wawasan 3. santun. prosedural. dan masyarakat menganalisis 3. kekerasan dan kenegaraan. 3. seni. mengkaji pengelompokkan sosial dalam menerapkan. berorientasi pada pemecahan masalah kebangsaan. responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 3.3 Memahami penerapan prinsip-prinsip dan metakognitif kesetaraan dalam menyikapi keberagaman berdasarkan rasa ingin untuk menciptakan kehidupan harmonis tahunya tentang ilmu dalam masyarakat pengetahuan. 3. peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian.1 Memahami tinjauan Sosiologi dalam 3. dan penyelesaiannya.4 Menganalisis potensi-potensi terjadinya teknologi. sosial yang muncul dalam masyarakat konseptual.2 Mengidentifikasi berbagai permasalahan pengetahuan faktual.

lisan dan audio-visual KELAS XII KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1.1 Membuka wawasan terhadap berbagai 1. bertindak 4. kekerasan dan penyelesaiannya serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan. Menghayati dan diri terhadap perubahan sosial. serta mampu penyelesaiannya menggunakan metoda 4. 2.4 Melakukan kajian.1 Melakukan kajian. tentang pengelompokkan sosial dengan dan menyaji dalam menggunakan tinjauan Sosiologi ranah konkret dan 4. melaksanakan dan menyusun sesuai kaidah keilmuan laporan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik. pengamatan dan diskusi 4. KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4. mengamalkan perilaku 2. Menghayati dan peradaban dunia untuk memperkuat nilai mengamalkan ajaran keagamaan dan mendorong penghormatan agama yang dianutnya terhadap keragaman peradaban. menalar. pengamatan dan diskusi ranah abstrak terkait mengenai permasalahan sosial yang muncul dengan di masyarakat pengembangan dari 4.5 Merancang.1 Mengembangkan kemampuan penyesuaian 2. pengamatan dan diskusi secara efektif dan tentang konflik dan kekerasan serta upaya kreatif.2 Melakukan kajian. Mengolah.2 Menunjukkan rasa empati terhadap 10 .3 Merumuskan strategi dalam menciptakan yang dipelajarinya di kehidupan yang harmonis dalam masyarakat sekolah secara berdasar prinsip-prinsip kesetaraan mandiri.

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan jujur. kenegaraan. prosedural.3 Menganalisis ketimpangan sosial sebagai dan metakognitif akibat dari perubahan sosial di tengah- berdasarkan rasa ingin tengah globalisasi tahunya tentang ilmu 3. tanggungjawab. Memahami. peduli (gotong royong.4 Menerapkan strategi pemberdayaan pengetahuan. santun. seni. dalam menyikapi ketimpangan sosial. kerjasama. damai). komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai teknologi. toleran. yang ditimbulkannya dalam kehidupan menerapkan. kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh budaya. dan 11 .1 Menganalisis perubahan sosial dan akibat 3. dan globalisasi humaniora dengan 3. 3.5 Mengevaluasi aksi pemberdayaan wawasan komunitas sebagai bentuk kemandirian kemanusiaan. responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 3. di tengah-tengah pengaruh globalisasi konseptual. disiplin. mendorong partisipasi dalam mengatasinya. kebangsaan.2 Mendeskripsikan berbagai permasalahan mengevaluasi sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial pengetahuan faktual. masyarakat menganalisis dan 3.

5 Memaparkan inisiatif. KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian. pengamatan dan diskusi 4. pengamatan dan diskusi dan ranah abstrak tentang berbagai permasalahan sosial yang terkait dengan disebabkan oleh perubahan sosial di tengah- pengembangan dari tengah pengaruh globalisasi yang dipelajarinya di 4. menalar.2 Melakukan kajian. alternatif dan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi aksi pemberdayaan komunitas DAFTAR RUJUKAN Permendikbud Nomor 59 tahun 2014 tentang Kurikulum SMA Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 TentangStandarKompetensiLulusanPendidikanDasar Dan Menengah 12 . usulan. melaksanakan dan melaporkan metoda sesuai kaidah aksi pemberdayaan komunitas dengan keilmuan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi 4. dalam perubahan sosial dan akibat yang menyaji.1 Melakukan kajian. dan mencipta ditimbulkannya dalam ranah konkret 4. dan globalisasi mampu menggunakan 4. serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4.4 Merancang.3 Mengolah hasil kajian dan pengamatan sekolah secara mandiri tentang ketimpangan sosial sebagai akibat serta bertindak secara dari perubahan sosial di tengah-tengah efektif dan kreatif. Mengolah.

KI dan KD pada Kurikulum 2013 Tujuan Kegiatan : Menganalisis keterkaitan SKL.PermendikbudNomor 69 Tahun 2013 tentangKD danStrukturKurikulum SMA Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi LEMBAR KERJA ANALISIS KETERKAITAN SKL. Bacalah KI mata pelajaran Sosiologi SMA Kelas X 3. KI dan KD Kelompok Kerja : 1. Bacalah substansi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Tahun 2013! 2. BacalahKD mata pelajaran Sosiologi SMA Kelas X 4. KI. dan KD PETUNJUK KEGIATAN ANALISIS SKL. Analisislah Lingkup Materi dari setiap KD dengan mengacu silabus mata pelajaran! 13 . KI DAN KD Kompetensi : Memahami keterkaitan antara SKL.

KI. Buatlah indikator. Tentukan teknik dan instrumen penilaiannya dengan mengacu silabus mata pelajaran! 8.5. dan KD Sosiologi SMA Kelas X yang sudah disiapkan! 14 . Setelah selesai masukkan dalam Lembar Kerja Analisis Keterkaitan SKL. 6. Tulislah aktivitas/ kegiatan belajar siswa untuk mencapai kompetensi tersebut dengan mengacu silabus mata pelajaran! 7.

disiplin. percaya . yang berakhlak dipeluk. bertanggung mengamalkan diri. damai. santun.  Jurnal yang menempatka damai). disiplin. Menghayati  Lembar Peilaku diri. dalam toleran. santun. sosial dan royong. peduli sejawat (gotong lingkungan (gotong  Lembar royong. dan dan penilaian jujur. an guru toleran. dibuat n dirinya responsif dan responsif guru sebagai pro-aktif dan dan pro- cerminan menunjuk kan aktif. jawab dalam perilaku  Lembar tanggungj berinteraksi jujur. alam serta kerjasama. bangsa sikap sebaga dalam bagian dari pergaulan solusi atas dunia berbagai permasalahan dalam berinteraksi 15 . mulia. penilaian awab. secara efektif tanggungjawab teman peduli dengan . pengamat kerjasama. MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI KELAS :X MATERI AJAR : Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 Sikap Memiliki Menghargai dan Menjalank perilaku yang menghayati an mencerminka ajaran agama perintah n sikap orang yang dianutnya agama beriman.

Pengetah Memiliki 3. n metode tokoh penyebab fenomena social sosiologi sosioloh dan kejadian.menerapkan. keadaan dikemba logi bapak peradaban terkait teknologi. tokoh. ingintahunya terjadi di menulis ologidant ogi buku kebangsaan.1. penyebab budaya. dan pengetahuan. mengkaji  Tokoh. sosiologi. Mendes  Latarbelaka Menjelaska Mengamati Instrument uan pengetahuan . dengan i tokoh tokoh social wawasan pengemb sosiologi yang kemanusiaan.Memahami 3. serta dalamsosi 16 . gejala kejadian.  Contohgejal a social ang Berdiskusi sedangte kebangsaan. Menjelaska gambar ilmusosio teknologi. sosial ngkan. Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. konseptual. tentang ilmu masyarakat tentang eori yang  Metodesosio tentang kenegaraan. seni. kripsikan ngilmusos n latar gambar tes prosedural dan menganalisis fungsi iologi belakang revolusi Jelaskanlata metakognitif pengetahuan Sosiologi  BapakSosiol ilmu industri rbelakan dalam ilmu faktual. seni. dan  Contohkajia Menjelaska teori dan masyara peradaban terkait ngejala kat. Jelaskan 3 ologi dengan wawasan rasa sosial yang kali yang Membaca tokohsosi  Kajiansosiol kemanusiaan. prosedural berbagai n tokoh yang logi tokohsosi dan budaya berdasarkan gejala pertama diamati. dalam ogi sosiologi Menanyakan glahirnya pengetahuan. dan teoridala Menjelaska serta Tulislah 3 fenomena dan humaniora msosiolog n tokoh.  Teori. sosiologi rjadi di tentang kenegaraan.

.1. dan yang gejala 17 . dengan di sekolah gejala sosial pat. Tulislahtiga pengembang secara mandiri.Mengolah. metode bidang kajian yang teori sosiologi spesifik sesuai dalam Berdiskusi dengan bakat dan sosiologi tentang minatnya untuk Mengidenti teori. diskusi ntangkaji isantenta atantentan as: pikir dan menyaji dalam dan angejalas nggejala ggejala Lakukanpen tindak yang ranah menyimpulkan osial di social social gamatan efektif dan konkret dan fungsi masyara dalamsos Membuatlapo terhadap kreatif dalam ranah abstrak Sosiologi katdalam iologi rantulisang kehidupa ranah abstrak terkait dengan dalam kajiansos ejala social nmasyar dan konkret pengembangan dari memahami iologi dalamsyar akatdisek terkait yang dipelajarinya berbagai akatsetem itarmu..2.. Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 mene rapkan ologi Mengidenti Berdiskusi pengetahuan fikasi tentang prosedural pada teori. dan kajian. . Melakukan  Tulisante Membuattul Berdiskusicat LembarTug - pilan kemampuan menalar. 4.teori memecahkan fikasi dalam masalah contoh sosiologi kajiangej Mengobserva ala sosial si masyaraka t disekitarny a Mencatat gejala sosial yang ada 3.dst    Keteram Memiliki 4.

secara kaidah keilmuan mandiri. 4. - MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI KELAS : XI MATERI AJAR : 18 .2. …… dst. . Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 an dari yang mampu terjadi di social dipelajarinya menggunakan masyarakat yang di sekolah metoda sesuai ada.

penilaian wab. teman (gotong dengan peduli sejawat royong. Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 Sikap Memiliki Menghargai dan Menjalank perilaku yang menghayati an mencerminkan ajaran agama perintah sikap orang yang dianutnya agama beriman. bertanggung mengamalkan diri. dan dan penilaian jujur. Jurnal yang santun. yang berakhlak dipeluk. lingkungan (gotong royong. Lembar kerjasama. an guru damai. sikap sebaga cerminan bagian dari bangsa dalam solusi atas pergaulan berbagai dunia permasalahan dalam berinteraksi 19 . sosial dan kerjasama. pengamat toleran. mulia. Menghayati Lembar Peilaku diri. jawab dalam perilaku Lembar tanggungja berinteraksi jujur. dalam santun. disiplin. damai). alam serta toleran. percaya . peduli secara efektif tanggungjawab. menempatkan responsif dan dibuat responsif dirinya pro-aktif dan guru dan pro- sebagai menunjuk kan aktif. disiplin.

pengetahuan. tentang ilmu kelompo sosial dua syaratda kebangsaan.Arisan mpoksosi dan peradaban budaya. Pembentu uan pengetahuan Memahami tinjauan kan prosedural . Sosiologi dalam kelompok dan menganalisis mengkaji sosial Instrument metakognitif pengetahuan pengelompokka  Hakikat  Mendeskripsika Membaca tes dalam ilmu faktual. dan  Tipe-tipe kelompok dan al terkait humaniora kelompo sosial Kel. sosial wawasan ingintahunya dan ciri ciri kelompok Mengamati Jelaskan 2 kemanusiaan. seni.1 Memahami 1. Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. prosedural mpok sosial Hakikat elompoks dan budaya berdasarkan  Menjelaskan kelompok osial ! dengan rasa  Syarat syarat dan ciri. k sosial  Menjelaskan gambar ncirikelo kenegaraan. masyarakat k sosial Pengertiankelo tentang ngertiank teknologi.menerapkan. tipe-tipe (Kel. n sosial dalam Kelompo n buku JelaskanPe pengetahuan. Pengetah Memiliki 3. seni.Sepak Tuliskantipe 20 . konseptual. teknologi.

Sosial ngananta kejadian. Mendeskripsika menumbuh sosialber kejadian.  Pola n pola kan rasa darkanhu kenegaraan. serta rkelompo mene rapkan Siswa k pengetahuan membuat prosedural pada kelompok bidang kajian yang terdiri yang spesifik dari 4-6 sesuai dengan Siswa. kebangsaan. bakat dan Tiap siswa minatnya untuk mendiskusi memecahkan kan materi masalah ttg Ciri-ciri kelompok sosal Berdiskusi tentang ttg pola hubungan antar 21 . terkait kelompo kelompok pembentuk Tuliskan 4 penyebab k an polahubu fenomena dan Kel. Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 penyebab dengan wawasan k sosial bola) kelompok fenomena dan kemanusiaan. dan hubung hubungan ingin tahu bunganso peradaban an antar antar ttg proses sial.

sebagai permasala masalah han sosial sosial 22 .me dalam kekerasan numbuhka bentuk  Mendeskripsik n rasa kliping an ingin tahu disertai kemiskinan ttg penjelasan. permasala dalam sosial dalam masalah tanggungj han sosial masyara  Menganalisis masyaraka sosial. Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 kelompok Siswa mempresen tasikan hasil diskusi 3. muncul masalah lakukalah dalam sosial Mengamati telaah masyaraka  Menunjukkan gambar artikel t teori-teori tentang tersebut. berbagai sosial masalah han sosial tentang disiplin. kekerasan pemukima Hasil telaah  Menjelaskan n dibuat teori-teori kumuh. awab. Permasal  Menjelaskan buku tentang Cariah Peilaku fikasi ahan pengertian permasala artikel jujur.2Mengidenti 1. dan yang kat pengertian t kemudian toleransi.

kriminalitas Tiap siswa sebagai mendiskusi masalah kan sosial tentang  Menganalisis defenisi kriminalitas permasala sebagai han sosial masalah sosial Berdiskusi  Menjelaskan tentang ttg kesenjangan pola sosial. hubungan ekonomi antar sebagai kelompok masalah sosial Siswa  Menganalisis mempresen penyebab tasikan kesenjangan hasil sosial diskusi  Menunjukkan 23 . Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8  Menganalisis Siswa kemiskinan membuat sebagai kelompok masalah yang terdiri sosial dari 4-6  Menunjukkan Siswa.

kelompok. pengetahuan timbal balik reintegrasi pengertian tentang dari proses disiplin. antar manusia integrasi integrasi dan hasil. dan prosedural sosiatif  Menganalisi reintegrasi proses toleransi dalam ilmu sebagai factor dilakukan s bentuk- pengetahuan. pendorong Siswa melalui bentuk teknologi.5 Menganalisis Integrasi  Menjelaska Membaca Penilaian Peilaku menerapkan hubungan dan n buku dilakukan jujur. yang terdiri dengan wawasan  Mengadaka dari 4-6 kinerja kemanusiaan. kebangsaan. dan Penilaian wab. faktual. membuat observasi integrasi budaya. dan proses mendiskusi laporan peradaban integrasi kan tertulis. dalam integrasi penilaian serta masyarakat dan hasil 24 . yang bersifat sosial. presentasi. Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 keadilan sebagai masalah sosial  Mengidentifik asi penyebab ketidakadila n sosial Memahami dan3. integrasi. n penelitian Siswa. tentang Tiap siswa dan kenegaraan. seni. dan kelompok kerja humaniora sosial. terkait fenomena yang ada tentang Sedangkan dan kejadian. tanggungja konseptual.

mempresen integrasi tasikan sosial hasil sesuai diskusi dengan hasil pengamata n  Menjelaska n proses integrasi yang ada dalam masyarakat yang disesuaikan dengan konsep 25 . bidang kajian yang ada tentang ttg yang spesifik dalam integrasi sesuai dengan masyarakat dan bakat dan reintegrasi  Menunjukk minatnya untuk an bentuk- memecahkan Siswa bentuk masalah. Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 menerapkan  Menjelaska reintegrasi dilakukan pengetahuan n proses melalui tes prosedural pada integrasi Berdiskusi tertulis.

Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8  Menjelaska n pengertian reintegrasi sosial  Menganalisi s makna reintegrasi sosial dalam masyarakat  Mengadaka n penelitian tentang proses reintegrasi dalam masyarakat  Membuat ilustrasi proses reintegrasi dalam masyarakat  Menunjukk 26 .

1. pembentuk Pembentukan ntukan  Lakukan disiplin. 4. kaidah keilmuan 4. pengamat tanggun efektif dan konkret dan dan diskusi kelompok sosial Social an gjawab. antar han sosial sosial di han sosial pengamat tanggun manusia masyarakat an gjawab. Peilaku terkait dengan dari yang menggunakan t diskusi kelompok jujur. toleransi mandiri. hubungan permasala permasalahan permasala  Lakukan disiplin. dari yang sekolah secara Sosiologi Pembentuk masyarak tanggun dipelajarinya mandiri. Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 an proses reintegrasi dalam masyarakat Keteramp Memiliki 4.Peilaku ilan kemampuan menalar.Mengolah. kreatif dalam ranah abstrak tentang sosial yang tentang dan ranah abstrak terkait dengan pengelompokka ada di Membuatlapo pembentu toleransi dan konkret pengembangan n sosial dengan masyaraka ran hasil kan . disekitarm dan secara menggunakan sosial u.2 Menyajikan  Laporan  Mendiskusikan Berdiskusi LembarTuga Peilaku hasil analisis tentang tentang tentang s: jujur. dan Melakukan tentang tentang tangpembe s: jujur. yang dapat Membuatlapo tentang dan 27 . tindak yang ranah pengamatan an Kelompok kelompok. pengembangan dipelajarinya di tinjauan tentang sosial di disiplin.  Tulisan  Mendiskusi-kan Berdiskusiten LembarTuga . pikir dan menyaji dalam kajian. dan an at gjawab. metoda sesuai . di sekolah mampu kelompok.

permasalaha tentang masyarak n sosial. -       28 . Aktivitas/Ke giatan Teknik dan Standar Belajar Sikap yang Kompetensi Kompetensi Lingkup Bentuk Domain Kompetensi Siswa dikembang Inti Dasar Materi Indikator Instrumen kan Lulusan untuk Penilaian Mencapai Kompetensi 1 2 3 4 5 6 7 8 memunculka ran hasil gejala toleransi n diskusi sosial di . permaslah at an sosial disekitarm u.