MAKALAH Gizi dan diit

KANDUNGAN NATRIUM DALAM MAKANAN

DI SUSUN OLEH:

1. Lailsya Ghaniyyu (P1337420314050)
2. Khoirunisa’ (P1337420314051)
3. Arie Helisa Sahara (P1337420314052)

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG

PRODI D-III KEPERAAWATAN PEKALONGAN

2014

Sehingga dengan keterbatasan tersebut kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak untuk kesempurnaan laporan ini. Tak lupa kami ucapkan terima kasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung penyelesaian makalah ini. Tim Penyusun. Makalah ini di susun untuk memperdalam tentang bahan makanan yang mengandung natrium dimana natrium juga unsur terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kami menyadari sepenuhnya. Akhir kata semoga karya ini bermanfaat bagi kita semua. bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna dan masih banyak kekurangan-kekurangan mengingat keterbatasan kami dalam penyusunan. . Terimakasih juga terhadap dosen pembimbing karena membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Kata Pengantar Puji syukur atas kehadirat Allah swt karena telah melimpahkan rahmat dan ridhonya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “ KANDUNGAN NATRIUM PADA MAKANAN”.

................................... DAFTAR ISI Kata Pengantar............................................................................ Sumber Makanan yang mengandung natrium........................................................................ Pengertian Natrium............................................................................ 5 Bab III Penutup A................................. ii Bab I Pendahuluan A.............................. 1 C............. 7 ..................................... Tujuan................ 6 Daftar Pustaka... 2 C............ Urutan bahan makanan kadar natrium............ 1 Bab II Pembahasan Materi A....................... Latar Belakang.................................................................................................................................. i Daftar Isi........ Rumusan Masalah................................. 1 B........................................ Kesimpulan............................................................................................................... 2 B........................

Kita memerlukan minimum 200-500 miligram natrium setiap hari untuk menjagakadar garam dalam darah tetap normal.Mengetahui Sumber Makanan yang Mengandung Natrium .9 persen dari volume darah di dalam tubuh. Setiap mineral juga mempunyai fungsi masing-masing. Latar Belakang Masalah Dalam tubuh kita pastilah sangat membutuhkan berbagai macam zat gizi. Tujuan .Urutan Bahan Makanan Kadar Natrium dalam setiap Makanan C.Definisi Natrium ? . fosfor dan masih banyak lagi. zink. Salah satunya adalah mineral. 30-40% natrium ada di dalam kerangkatubuh. BAB I PENDAHULUAN A. Ada kalium. Seperti yang kita ketahui macam-macam mineralpun banyak.Mengetahui definisi Natrium . natrium. Na terdapat di dalam sel (intra selular) dan terutama terdapat dalam cairandi luar sel ( cairan ekstra selular ). Kebutuhan tubuh akan natrium telah banyak diteliti oleh ilmuwan yang bergerak di bidang gizidan kesehatan.Sumber Makanan yang Mengandung Natrium ? . Lalu bagaimana kita dapat memenuhi kebutuhan mineral untuk tubuh kita ? berapa kadar yang diperoleh dari setiap makanan yang kita konsumsi ? apakah ada efek samping dari berlebih atau kekurangan konsumsi salah satu mineral tersebut ? Dalam makalah ini.Natrium adalah kation utama dalam cairan ekstraselular. B. yaitu 0. Rumusan Masalah . kami akan membahas hanya tentang natrium saja.Mengetahui Urutan Kadar Natrium dalam Makanan . dimana natrium adalah mineral yang berfungsi sama seperti garam. Di dalam tubuh.

Umumnya pangan hewani mengandung natrium lebih banyak dibandingkan nabati. Sumber Makanan yang Mengandung Natrium Ada berbagai jenis makanan yang mana terkandung sumber mineral Natrium. Di dalam tubuh. Natrium adalah logam reaktif yang lunak. Beberapa diantaranya dapat mencapai 500 mg/sajian. B. ketika disajikan dengan dressing kadar sodium dalam makanan ini menjadi meningkat. Antara lain cairan saluran cerna. Kebutuhan tubuh akan natrium telah banyak diteliti oleh ilmuwan yang bergerak dibidang gizi dan kesehatan. 4. Jumlah sodium pada makanan jenis ini dapat sangat bervariasi. Roti gandum utuh merupakan roti terbaik karena mengandung kadar garam terendah. merupakan sumber alami natrium. BAB II PEMBAHASAN A. Satu sendok dressing dapat mengandung 214 mg sodium. seperti cairanempedu dan pangkreas mengandung banyak natrium. Natrium bahan pangan.9 % dari volume darah didalam tubuh. Contoh sumber makanan yang mengandung natrium : 1. Definisi Natrium Natrium atau sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh. 2. Dressing pada Salad Sayur yang terdapat disalad terkesan sehat namun. yang termasuk kelogaman alkali yang banayk terdapat dalam senyawa alam. Makanan Beku Daging olahan seperti sosis dan nugget memiliki kadar garam yang tinggi. . Padahal ketika makan sereal orang tidak hanya makan satu mangkok sereal saja. Sereal Jenis sereal tertentu seperti corn flake memiliki kandungan sodium sekitar 300 mg/mangkuk kecil. Natrium adalah kation utama dalam cairan ekstraselular. baik nabati maupun hewani. Kadar natrium normal pada serum 310-340 mg/dL. Na terdapat di dalam sel (intra selular) dan terutama terdapatdalam cairan di luar sel ( cairan ekstra selular ). keperakan. Kadar Natrium dalam tubuh sekitar 2 persen dari total mineral. 3. yaitu 0. Roti Roti memang tidak tersa asin namunternyata memiliki kadar natrium tinggi. Kita memerlukan minimum 200-500 miligram natrium setiap hari untuk menjaga kadar garam dalam darah tetap normal. dans eperti lilin. Tubuh orang dewa sehat mengandung 256 gram senyawa natrium klorida (NaCl) yang setara 100 gram unsur natrium. 30-40% natrium ada di dalamkerangka tubuh.

Soda Kue (Natrium Bikarbonat ) . Maka bijaklah pada saat memasak pasta. seperti natrium nitrit dan natrium benzoat . Sumber Natrium yang lain adalah : . sebaiknya anda emngolah sendiri saus spageti karena akan signifikan dalam mengurangi sodium. Kecap . maka pililah yang berlabel “rendah sodium”. pizza. makanan hasil laut. Susu Natrium juga mudah ditemukan dalam makanan sehari-hari. Namun sodiumnya lebih tinggi. makanan siap saji. ikan. hotdog telah menjadi primadona di masyarakat ini. 6. Serta bahan-bahan Pengawet yang digunakan pada olahan. Makanan yang diawetkan suumber dari hewani : daging. Dengan alasan kepraktisan dan kelezatan. 8. Garam Dapur (NaCl) . Dewas ini fast food sering mendapat sorotan dibeberapa negara maju dan berkembang sebagai slah satu penyebab hipertensi terbesar. Kacang Kaleng Satu mangkuk kecil kacang kaleng mengandung sekitar 1008 mg sodium yang hampir mencukupi setrngah dari batasn harian sodium yang direkomendasikan. Saus Sphageti Rata-rata saus spageti instan mengandung 1000 mg sodium. Minuman Bersoda rendah Kalori Minuman ini memang lebih rendah kalori dibandingkan dengan minuman soda biasa. Apabila anda harus harus memilih sup kalengan.5. serta makanan ringan Umumnya makanan dalam keadaan mentah sudah mengandung 10% natrium dan 90% ditambahkan selama proses pemasakan. 7. . telur . makanan seperti hamburger. Sup Kaleng Satu sup kaleng dapat mengandung 1106 mg sodium. sedangkan pada minuman soda biasa hanya 15 mg. padahal makanan-makanan tersebut bukanlah makanan yang baik untuk kesehatan. seperti pada kecap. Penyedap Rasa Monosodium Glutamat (MSG) . Terdapat 28 mg sodium setiap didalam 350 ml minuman soda rendah kalori.

Roti Tawar 530 3. Saus Botol 600 4. Urutan Bahan Makanan yang Mengandung Natrium Kandungan natrium dlam beberapa makanan (mg/100gr) No Nama Makanan Natrium 1. soup 1060 10. Ikan Asin 6000 . mentega 780 5. Ayam goreng 800 6. Telur asin 2200 13. margarin 950 9. Kecap asin 4000 14. Hamburger 800 7. Popcorn/snack 300 2. Kentang goreng 900 8. Kornet 1750 12. Sosis 1100 11.C.

memompa darah agar dapat memenuhi kebutuhan sang ibu dan janin. Fungsinya bagi ibu hamil adalah meningkatkan kerja jantung. Kadar Natrium dalam tubuh sekitar 2 persen dari total mineral. Fungsi natrium dalam tubuh dalam penyerapan glukosa dalam ginjal dan usus. Kesimpulan Natrium atau sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh. BAB III PENUTUP A. Tubuh orang dewa sehat mengandung 256 gram senyawa natrium klorida (NaCl) yang setara 100 gram unsur natrium. Kadar natrium normal pada serum 310-340 mg/dL. Selain itu juga berfungsi sebagai pengangkutan zat-zat gizi lain meleawti membran sel. serta mencegah penyakit-penyakit berbahya seperti penyakit gangguansaraf. . Natrium dan kalium mempunyai peran untuk menjaga fungsi dan kerja otot jantung.

com/doc/95731405/Makalah-Natrium http://dietsehat.com/2010/12/15/kandungan-natrium-dalam- beberapa-makanan-mg-100gram/ http://blog.com/2008/05/19/natrium-kalium-dan-hipertensi .wordpress.scribd.dapurmasak.com/post/49499260231/diet-sehat-ala-moveondiet- masaksehat https://www.wordpress. DAFTAR PUSTAKA http://kawanlama95.