You are on page 1of 13

PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP

NILAI MORAL SUATU BANGSA

KELOMPOK 9
1. Muklis Riyadi 43114110256
2. Rulansyah 43114110332
3. Hani Sulistiawati 43114110282
4. Rahmawati 43114110284

Jakarta. Penyusun mohon kritik dan saran dari rekan-rekan semua kearah kesempurnaan makalah ini. Penyusun mengucapkan terimakasih kepada Dosen Mata Pelajaran Kewarganegaraan atas bimbingannya. Juni 2015 Penyusun 1 . serta masih banyak kekurangan. mencakup tentang Pengaruh Positif. makalah ini bisa bermanfaat bagi penyusun sendiri ataupun semua pihak yang memerlukan. Dalam makalah ini diuraikan tentang Pengaruh Globalisasi terhadap nilai moral suatu bangsa. dan cara Menanggulangi pengaruh Negatif Globalisasi. dan juga kepada rekan-rekan yang terlibat didalamnya. sehingga makalah ini bisa tersusun. penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna. Akhirnya penyusun berharap. Penyusun menyadari. KATA PENGANTAR Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunianya sehingga dapat menyelesaikan tugas makalah Kewarganegaraan yang berjudul Pengaruh Globalisasi Terhadap nilai moral suatu bangsa.

2 Ciri – Ciri Globalisasi ……………………………………………………………………… 2 2..3 Pengertian Moral …………………………………………………………………………........ 4 2...........2 Rumusan Masalah ………………………………………………………………………..7 Mencegah Dampak / Pengaruh Globalisasi …………………………………………….................... DAFTAR ISI Kata Pengantar ………………………………………………………………………………....… 2 2.... 3 2......…………………………………………………….4 Pengaruh Yang Ditimbulkan Globalisasi Terhadap Moral Suatu Bangsa …………....... ii BAB I PENDAHULUAN 1.......... 10 2 . 7 2.......6 Pentingnya Nilai – Nilai Moral Suatu Bangsa Terhadap Era Globalisasi ……………............ i Daftar Isi ………………………………………………………………………………………..5 Dampak Buruk Globalisasi Terhadap Moral Bangsa Indonesia ……………………… 5 2...... 1 1.1 Pengertian Globalisasi……………....... 1 1..1 Latar Belakang/Permasalahan……………………...……………………………………........3 Tujuan Makalah …………………………………………………………………………… 1 BAB II PEMBAHASAN 2..... 7 BAB III KESIMPULAN ………………………………………………………………………… 9 DAFTAR PUSTAKA …....

Krisis moral anak remajapun sangat memprihatinkan. Nilai – Nilai Moral Bagi Kehidupan Suatu Bangsa Pada Era Globalisasi? 5. free sex. baik dari segi Pendidikan. Banyak sekali perilaku-perilaku menyimpang yang kian marak terjadi di Indonesia. Dilihat dari tatakramanya. Kejadian itu sangat memprihatinkan bagi bangsa Indonesia karena anak remaja itu merupakan generasi penerus bangsa. dan lain-lain. dan Mencegah dampak/pengaruh dari bahaya Globalisasi ini. Itu semua langsung diserap begitu saja tanpa memikirkan atau memilah perilaku yang seharusnya di ambil oleh anak remaja di Indonesia. moral anak Indonesia bisa diacungkan jempol. Globalisasi adalah kecenderungan umum terintegrasinya kehidupan masyarakat domestik/lokal ke dalam komunitas global di berbagai bidang. Ekonomi. IPTEK.3 Tujuan Makalah Makalah ini dibuat untuk menambah pengetahuan dan pengalaman serta Mengetahui Definisi dari Moral dan Globalisasi. moral atau perilaku anak remaja di Indonesia sangat memprihatinkan. sopan santun dan tutur bahasanya yang baik. perubahan zaman membawa dampak bagi seluruh Negara. Apa Pengaruh yang Ditimbulkan Globalisasi Terhadap Moral Suatu Bangsa? 4. 1 . pola pikir manusiapun ikut berubah. Dahulu. Apa Pengertian dari Moral dan Globalisasi? 2.1 Latar Belakang/Permasalahan Dewasa ini. bahkan moral suatu bangsa pun mengalami perubahan khususnya pada remaja. Penyimpangan-penyimpangan tersebut sebagian besar dilakukan atau dialami oleh anak remaja. Penyimpangan yang dilakukan biasaya seperti. BAB I PENDAHULUAN 1. Perubahan ini terjadi karena adanya perubahan Globalisasi. mengetahui Pengaruh yang ditimbulkan Globalisasi Terhadap Moral Suatu Bangsa. 1. Akibat adanya Era Globalisasi membawa pengaruh kepada seluruh aspek.2 Rumusan Masalah 1. Apa Ciri – Ciri dari Globalisasi? 3. Dengan adanya perubahan zaman. Sosial. Perubahan zaman membawa dampak positif maupun negatif. Moral atau perilaku anak remaja di Indonesia mengalami perubahan karena adanya pengaruh dari Negara luar yang dibawa ke Indonesia. narkoba. mengetahui pentingnya Nilai – Nilai Moral Bagi Kehidupan Suatu Bangsa Pada Era Globalisasi ini. Bagaimana Cara Mencegah Dampak/Pengaruh Globalisasi tersebut? 1. Tetapi kini.

Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial. sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis. aliran barang. Beberapa pengertian globalisasi: a) Globalisasi adalah sebuah perubahan sosial berupa bertambahnya keterkaitan diantara elemen-elemen yang terjadi akibat perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional. Jadi globalisasi mencakup semua bidang seperti proses perubahan sosial. 2. keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain. bergantung. terkait. globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. atau proses sejarah.1 Pengertian Globalisasi Menurut asal katanya. Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu. b) Globalisasi juga bisa diartikan proses dimana berbagai peristiwa.2 Ciri – Ciri Globalisasi Berikut ini beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia : 2 . kata "globalisasi" diambil dari kata global. antar kelompok. c) Selain itu globalisasi juga berarti meningkatnya saling keterkaitan antara berbagai belahan dunia melalui terciptanya proses ekonomi. jasa dan uang serta pertukaran budaya. Dalam banyak hal. kecuali sekedar definisi kerja (working definition). ekonomi dan budaya masyarakat. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah. dan antar negara saling berinteraksi. yang artinya adalah universal. politik dan pertukaran kebudayaan. lingkungan. BAB II PEMBAHASAN 2. atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain. arus informasi. Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan.

Seperti televisi. televisi satelit. saat ini. dan perilaku manusia tentang nilai-nilai baik dan buruk atau benar dan salah. film.J. dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).Poerdarminta menyatakan bahwa moral merupakan ajaran tentang baik buruknya perbuatan dan kelakuan. kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya.  Dewey mengatakan bahwa moral sebagai hal-hal yang berhubungan dengan nilai- nilai susila. misalnya dalam bidang fashion.S.  Perubahan dalam Konsep ruang dan waktu. dan makanan. Mengatakan bahwa moral adalah hal-hal yang berhubungan dengan larangan dan tindakan yang membicarakan salah atau benar. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. ucapan. inflasi regional dan lain-lain.  Meningkatnya masalah bersama. Ada beberapa pengertian Moral. krisis multinasional. peningkatan pengaruh perusahaan multinasional. dan transmisi berita dan olah raga internasional. misalnya pada bidang lingkungan hidup. prinsip. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam. literatur.  Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional.  Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa. berikut Pengertian Moral menurut Para Ahli :  W. 2. sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia dilihat dari segi kebaikannya sebagai manusia. Secara umum. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. perasaan. Moral 3 . dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya.3 Pengertian Moral Moral berasal dari Bahasa Latin yaitu Moralitas adalah istilah manusia menyebut kemanusia atau orang lainnya dalam tindakan yang mempunyai nilai positif.  Magnis-Susino mengatakan bahwa moral selalu mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia.  Baron dkk. Moral dapat diartikan sebagai batasan pikiran. musik.

remaja kita yang berdandan seperti selebritis atau lebih banyak meniru artis-artis yang sering mereka lihat ditelevisi. kelakuan yang dilakukan seseorang yang terkait dengan nilai – nilai baik dan buruk. Mereka tidak mau dikatakan ketinggalan zaman. Moral adalah produk dari budaya dan Agama.4 Pengaruh Yang Ditimbulkan Globalisasi Terhadap Moral Suatu Bangsa Arus modernisasi dan globalisasi itu mempunyai banyak nilai positif dan negatifnya: Segi positifnya. 2. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat banyak remaja kehilangan moral dan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia. prinsip. Contoh. Hal ini ditunjukkan dengan gejala. Moral juga dapat diartikan sebagai sikap. Apabila yang dilakukan seseorang itu sesuai dengan nilai rasa yang berlaku di masyarakat tersebut dan dapat diterima serta menyenangkan lingkungan masyarakatnya. Sisi negatif dari arus modernisasi dan globalisasi pun juga tak kalah sedikitnya.merupakan suatu tata nilai yang mengajak seorang manusia untuk berperilaku positif dan tidak merugikan orang lain. Selain itu. Penilaian terhadap moral diukur dari kebudayaan masyarakat setempat. Moral merupakan perbuatan / tingkah laku / ucapan seseorang dalam berinteraksi dengan manusia. Moral adalah nilai ke-absolutan dalam kehidupan bermasyarakat secara utuh. Pengaruh globalisasi terhadap remaja itu begitu kuat. Moral dalam zaman sekarang mempunyai nilai implisit karena banyak orang yang mempunyai moral atau sikap amoral itu dari sudut pandang yang sempit. fasilitas- fasilitas yang ada di era globalisasi ini sebagian besar disalahgunakan oleh para penggunanya. 4 .gejala yang muncul dalam kehidupan sehari- hari remaja sekarang. internet sekarang ini sering dijadikan arena untuk mencari situs-situs porno. informasi yang didapat menjadi lebih cepat dan akurat daripada masa-masa sebelumnya yang kebanyakan masih menggunakan cara-cara manual. semua orang juga merasa senang apabila ikut serta terhadap perkembangan zaman. dan perilaku dirinya dinilai baik dan benar oleh standar-standar nilai yang berlaku di lingkungan masyarakatnya. perilaku. Dari cara berpakaian banyak remaja . Moral secara ekplisit adalah hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu tanpa moral manusia tidak bisa melakukan proses sosialisasi. Moral itu sifat dasar yang diajarkan di sekolah- sekolah dan manusia harus mempunyai moral jika ia ingin dihormati oleh sesamanya. tindakan. maka orang itu dinilai mempunyai moral yang baik. dan lain-lain. begitu juga sebaliknya. Malah orang yang tidak mengikuti era globalisasi ini seringkali diejek oleh teman sejawatnya. Mereka menggunakan pakaian yang minim bahan yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan yang cenderung mengacu pada kehidupan Negara Barat atau Luar Negeri. handphone digunakan untuk menyimpan data-data yang tidak mendidik moral seseorang. Seseorang dikatakan telah bermoral jika ucapan.

dan budaya-budaya asing yang negatif.com/berita/2896968/heboh-pesta-bikini-anak-sma-moral-siswa-harus-ditingkatkan 5 . Sedangkan tayangan yang kurang bermutu akan mendorong seseorang untuk berperilaku buruk. perkembangan moral dapat menjadi lebih baik karena informasi dapat dilakukan dengan cepat.5 Dampak Buruk Globalisasi Terhadap Moral Bangsa Indonesia Contoh Kasus Source: news. Namun kemunculan Globalisasi dapat menjadi faktor yang mempengaruhi perkembangan moral. Ajaran agama. 2.detik. Seperti diungkapkan oleh American Psychological Association (APA) pada tahun 1995 bahwa tayangan yang bermutu akan memengaruhi seseorang untuk berperilaku baik. Pemahaman dan pengamalan ajaran agama semenjak dini pun diyakini dapat menanggulangi permasalahan di atas. kriminal. Pengetahuan agama akan membentengi seseorang dari perilaku amoral. Kuatnya pengaruh tontonan televisi terhadap perilaku seseorang telah dibuktikan lewat penelitian ilmiah. penelitian itu menyimpulkan bahwa hampir semua perilaku buruk yang dilakukan orang adalah hasil dari pelajaran yang mereka terima dari media semenjak usia anak-anak. dan pengetahuan dapat diakses oleh siapa saja dengan cepat. Dengan adanya Globalisasi. motivasi. Adapun juga pengaruh dari globalisasi menjadi dampak yang buruk bagi masyarakat indonesia pada umumnya. Bahkan. pendidikan. Jika menggunakan produk globalisasi dengan perbuatan yang tercela malah menjadi masalah dan atau memanfaatkan untuk perbuatan yang dilarang oleh agama maupun negara. Permasalahan moral sebenarnya sudah ada sebelum Globalisasi muncul.

Sebagai contoh free sex dan pergaulan bebas masuk ke Indonesia dari merangseknya budaya barat ke negeri ini. Pemerintah tidak boleh hanya prihatin. antara lain: 1. Sayangnya sekolah sekarang hanya identik untuk mencari ilmu duniawi saja dan jarang ada yang sekolah yang juga mengajarkan aspek – aspek moral. Contohya saja jika para pejabat negeri ini memiliki landasan agama yang baik. Kurangnya Agama. "Peran orang tua. Cara mengajarinya. "Yang bisa dilakukan itu dengan memanfaatkan peran seorang guru ketika berada di depan siswa untuk mengajarkan akhlak mulia.Jakarta . Ini juga bisa menjadi sebab rusaknya bangsa Indonesia. lalu dikonstruksi dan disampaikan kepada mereka. Tentu berbicara mengenai pentingnya siswa itu mengembalikan cara berpikir dia sesuai mindset sebagai suatu bangsa. Bila hal ini terus di biarkan. guru dan tentunya pemerintah. peran sekolah dalam menanamkan nilai moral kepada siswa juga penting. Kalau untuk mata pelajaran. adalah hal yang mungkin menjadi penyebab rusaknya moral bangsa Indonesia. termasuk perguruan tinggi. Peran semua pihak. tak dapat dipungkiri pengaruh budaya barat merusak moral bangsa ini." tutup Musni. Sebagaimana kita tahu anak – anak menghabiskan banyak waktunya di dalam sekolah. kedua gurunya tidak memanfaatkan kesempatan ketika berhadapan dengan siswa untuk menanamkan nilai-nilai moral. Kamis (23/4/2015). Jikalau ada.Kabar adanya pesta usai Ujian Nasional (UN) yang bertema bikini menimbulkan reaksi keras dari berbagai kalangan. Pertanyaanya bagaimana penyebab budaya semacam ini bisa masuk di Indonesia? Berikut beberapa Penyebab rusaknya moral bangsa kita. Selain peran orangtua dan pemerintah. "Pelajaran moral tidak ada dan guru tidak dilatih dalam mengajar. Jika agama yang kita miliki kuat maka tentu saja kita akan takut berbuat dosa. 3." kata dia. pancasila dan itu harus ditanamkan kepada mereka. Hal itu kita bawa ke dalam kehidupan untuk mencari solusi dari beragam kasus tersebut. Pengaruh Budaya Luar (globalisasi). Melakukan konstruksi kasus dalam masyarakat dan mengajarkannya kepada siswa dirasa dapat membantu mereka untuk memahami pentingnya memiliki nilai moral untuk mempertahankan budaya Indonesia yang bersih dari pengaruh asing. karena mereka punya power untuk menentukan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Ini juga bisa menjadi penyebab rusaknya moral di Indonesia. Dan parahnya menurut berita yang beredar acara – acara semacam ini telah di lakukan di tahun – tahun sebelumya hanya saja tidak tercium oleh media masa. di negara kita mata pelajarannya terlalu banyak. Sehingga tidak akan ada kejahatan atau paling tidak kejahatan akan sangat minim dalam negeri ini. "Pertama mata pelajaran moral kurang. porsinya sangat minim. Terlebih ketika tak ada lagi mata pejalaran moral yang diajarkan. baik di SD. budaya. maka peran aktif seorang guru penting dilakukan agar budaya global tak mengakar dan menghilangkan budaya bangsa. 2. "Kuncinya mengembalikan lagi ke bangsa dan negara. bisa dengan menceritakan beberapa kasus di masyarakat. Dari kasus di atas jelas budaya – budaya semacam ini perlahan merusak moral generasi bangsa kita. Salahnya Sistem Pendidikan Indonesia." sambung Musni." jelasnya. Apa jadinya moral generasi bangsa kita? Nilai – nilai luhur nenek moyang kita perlahan tergerus oleh hal – hal semacam ini." ujar sosiolog Musni Umar saat berbincang dengan detikcom. terutama keluarga menjadi hal utama untuk menumbuhkan nilai moral kepada generasi muda agar hal yang serupa tak kembali terulang. berkepribadian dalam budaya dan kepribadian itu harus tercermin dari budaya kita. maka apa berani mereka memakan uang rakyat (Korupsi). SMP. 6 .

Oleh karena itu. Jika hal tersebut terus berlangsung maka dapat menyebabkan lunturnya nilai moral suatu bangsa. seperti terbangunnya tata cara hidup yang hampir sama.7 Mencegah Dampak / Pengaruh Globalisasi Dengan adanya globalisasi. manusia tidak lagi harus menunggu waktu. Disatu sisi. kita tidak perlu khawatir dalam menghadapi globalisasi karena dampak globalisasi yang tidak diinginkan dapat dicegah dan diatasi. pendidikan karakter bangsa bagi generasi muda tentu sangat diperlukan. Namun disisi lain. era globalisasi juga memberikan dampak yang sangat merugikan. Terlebih lagi. hiburan dan setiap aspek kehidupan manusia lainnya. untuk bisa mengakses berbagai informasi dari seluruh belahan dunia. Kondisi ini menjadikan tidak adanya sekat serta batas yang mampu untuk menghalangi proses transformasi kebudayaan. Sikap selektif dapat diartikan sebagai sikap untuk memiliki dan menentukan alternatif yang terbaik bagi kehidupan diri. dan narkoba.nilai moral dan agama. Kenyataan semacam ini. 2. Globalisasi menyebabkan perubahan sosial yang memunculkan nilai-nilai yang bersifat pragmatis. menjadi satu-satunya pilihan. Dengan perkembangan sektor teknologi dan informasi. dislokasi atau krisis sosial-budaya dalam masyarakat. yang akan diikuti dan dijadikan kiblat oleh setiap individu. Dalam konteks ini. Dengan demikian. Pengaruh globalisasi dalam bidang budaya terhadap anak muda juga begitu kuat. menyebutkan kondisi seperti ini sebagai “gaya hidup global”. menjadi sangat mutlak bagi terbangunnya tata kehidupan masyarakat yang damai. pendidikan nilai . dan negara melalui proses yang berhati-hati. Sebenarnya. sehingga ke depan para pemuda memiliki tanggung jawab moral untuk membela dan membangun Indonesia yang lebih baik. akan membawa implikasi pada hilangnya kepribadian asli. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah dampak negatif globalisasi adalah bersikap waspada dan selektif terhadap segala macam arus globalisasi tersebut. bangsa. lingkungan masyarakat. bahkan yang paling pelosok sekalipun. adil makmur dan bermartabat. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat banyak anak muda kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia. budaya negeri sendiri juga dapat bergeser karena dominasi pengaruh budaya luar yang berakibat munculnya disorientasi. dan normatif 7 . konsumsi minuman keras. kebudayaan barat yang telah melangkah jauh dalam bidang industri serta teknologi informasi. seks bebas.6 Pentingnya Nilai – Nilai Moral Suatu Bangsa Terhadap Era Globalisasi Globalisasi memiliki sisi positif dan negatif terhadap pendidikan moral. John Neisbitt. dalam konteks kehidupan global yang semakin transparan dan penuh kompetisi. materialistis dan individualistik. serta terpoles oleh budaya yang cenderung lebih berkuasa. Hal ini ditunjukkan dengan gejala- gejala yang muncul dalam kehidupan sehari-hari anak muda sekarang seperti kekerasan. baik dalam hal makanan. kegemaran yang sama. sebagai standar modernisasi. serta kecenderungan yang sama pula. yang ditandai dengan berbaurnya budaya antar bangsa. arus globalisasi merupakan harapan yang akan memberikan berbagai kemudahan bagi kehidupan manusia. rasional. pakaian. nilai-nilai agama dan moralitas merupakan benteng agar setiap individu tidak terjerumus dalam praktik kesewenag-wenangan dan ketidak adilan. 2.

Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh. sosial budaya bangsa. ekonomi. Dalam bidang teknologi dan informasi. 4. Langkah-langkah di atas tidak dapat dilaksanakan jika tidak ada peran aktif dari semua komponen negara baik pemerintah maupun masyarakat. Mewujudkan supremasi hukum. misal semangat mencintai produk dalam negeri. Masyarakat juga harus berusaha mengikuti perkembangan IPTEK agar tidak tertinggal dari negara lain dan tidak mudah dibodohi oleh informasi-informasi yang masuk dari luar. Untuk mengatasi globalisasi juga dapat dilakukan dengan menumbuhkan kembali rasa nasionalisme bangsa agar masyarakat dapat mencintai negaranya. ideologi. 8 . langkah yang dapat ditempuh adalah dengan menyaring informasi yang baik dan bermanfaat. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik. 2.terhadap segala macam pengaruh luar sehingga apa yang telah menjadi pilihan dapat diterima oleh semua pihak dengan penuh tanggung jawab. menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar-benarnya dan seadil-adilnya. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama. 3. 5. Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik agar hasilnya dapat maksimal. Menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Kerjasama itu tidak lepas dari persatuan dan kesatuan bangsa sehingga pancasila sebagai ideologi negara harus dihidupkan kembali. Langkah-langkah dapat dilakukan antara lain yaitu: 1. Selain itu juga diperlukan adanya pengawasan dari semua pihak agar informasi yang beredar di masyarakat tidak membawa dampak negatif terutama untuk kalangan muda.

dapat ditarik kesimpulan bahwa dampak globalisasi kenyataannya sangat berpengaruh terhadap prilaku dan budaya masyarakat Indonesia dimana fenomena peng. Menolak globalisasi bukanlah pilihan tepat. 9 .globalan dunia harus disikapi dengan arif dan positif thinking karena globalisasi dan modernisasi sangat diperlukan dan bermanfaat bagi kemajuan. Jati diri daerah harus terus tertanam dijiwa masyarakat Indonesia. Akan tetapi perlu kecerdasan dalam menyaring efek globalisasi. Namun kita tidak boleh lengah dan terlena. BAB III KESIMPULAN Dari uraian dan penjelasan diatas. karena itu berarti menghambat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. serta harus terus meningkatkan nilai – nilai keagamaaan. karena era keterbukaan dan kebebasan itu juga menimbulkan pengaruh negatif yang akan merusak nilai moral suatu bangsa. Akses kemajuan tehnologi informatka dan komunikasi dapat dimanfaatkan sebagai pelestari dan pengembang nilai-nilai Moral lokal.

com/2013/04/03/langkah-tepat-menghadapi-globalisasi/ http://www. DAFTAR PUSTAKA Modul Kewarganegaraan [TM15] Tentang Globalisasi – Ibu Udjiani Hatiningrum https://journal424.info-asik.blogspot.academia.com/2012/12/dampak-negatif-globalisasi.com/2014/12/makalah-pengaruh-globalisasi.blogspot.wordpress.com/2013/02/10/pengaruh-globalisasi-terhadap- perkembangan-moral/ http://globalizationpapers.com/ https://www.com/berita/2896968/heboh-pesta-bikini-anak-sma-moral-siswa-harus- ditingkatkan https://metaluwitasari.html http://arekkedele.e-jurnal.blogspot.html http://www.com/2013/10/globalisasi-dan-dampaknya-pada.blogspot.com/2013/12/pengertian-moral-menurut-para-ahli.com/2011/09/arti-definisi-moralitas-dan-moral.blogspot.com/ditarahayu/makalah-krisis-moral-remaja-pada-era- globalisasi_54f7ae21a33311541d8b478c http://abdulghanni.html http://mytanuraisah.html http://sijawa22.html http://summerviscountess.html http://news.blogspot.edu/7499190/MAKALAH_TENTANG_GLOBALISASI_Disusun_Nama _Ita_Rosita_Dewi_Kelas_XII_AP_2 http://makalah97.com/2011/02/makalah-peran-pancasila-di-era.com/2014/01/pengaruh-globalisasi-ditinjau-dari.com/2012/10/cara-menghadapi-era-globalisasi.detik.blogspot.com/2011/03/12/pengertian-moral/ http://joy-dedicated.wordpress.com/2011/07/pengaruh-globalisasi-terhadap-perilaku.kompasiana.blogspot.wordpress.html 10 .html https://loudy92.html http://www.