You are on page 1of 5

TIDUR

Ketika masih bayi kita tidur lebih banyak dibanding sekarang. Kira – kira bayi yang baru
lahir tidur sebanyak 18 jam. Rentang waktu bayi tidur sangat bervariasi berkisar antara 10
hingga 21 jam. Meski jumlah waktu yang diluangkan untuk tidur tetap konsisten, bayi
memiliki pilihan jam tidur dan pola tidur yang bervariasi, bayi dapat mengubah waktu
tidurnya mulai dari tidur sesekali selama 7 atau 8 jam per hari menjadi 3 sampai 4 kali tapi
hanya beberapa jam per harinya. Pada usia sekitas 1 bulan, banyak bayi di Amerika yang
mulai tidur lebih lama saat malam. Pada usia sekitar 6 bulan, pola tidur mereka mulai
menyerupai orang dewasa yaitu tidur paling lama di malam hari dan bangun paling lama di
siang hari. Menurut survey 20 hingga 30 persen dari keseluruhan bayi mengalami kesulitan
tidur di waktu malam. Masalah bayi bangun di waktu malam memiliki hubungan konsisten
dengan keterlibatan berlebihan orang tua terhadap interaksi yang berkaitan dengan aktivitas
tidur sang bayi. Sebuah studi terhadap bayi 9 bulan mengungkapkan bahwa bangun di malam
hari berhubungan dengan faktor – faktor intrinsik, faktor – faktor ekstrinsik, pemberian ASI,
dan tidur bersama orang tua dalam satu tempat tidur.

Tidur REM

Dalam tidur REM mata bergerak –gerak dengan cepat di bawah kelopak mata yang tertutup,
tetapi dalam tidur non-REM ini tidak terjadi. Orang dewasa menghabiskan sekitar seperlima
waktu tidurnya di malam hari dalam tidur REM yang muncul satu jam setelah non-REM.
Sekitar setengah dari waktu tidur bayi adalah tidur REM. Bayi menghabiskan banyak waktu
dalam tidur REM sebagai tambahan stimulasi diri dan mungkin juga untuk meningkatkan
perkembangan otak di masa bayi. Ketika orang dewasa terjaga selama tidur REM, mereka
mengatakan mereka telah bermimpi. Tetapi kita tidak dapat menyimpilkan bahwa bayi
banyak bermimpi karena bayi belum dapat mengungkapkannya.

Berbagi Tempat Tidur

Pengaturan tidur untuk bayi – bayi yang baru lahir memiliki variasi antara budaya yang satu
dengan budaya lainnya. Apapun bentuk pengaturan tidurnya, para ahli menyarankan agar
tempat tidur bayi merupakan permukaan yang mantap dan berpagar. Menurut beberapa ahli
anak berbagi tempat tidur dapat memberikan keuntungan, tetapi menurut AAPTFIPS dalam
beberapa kasus berbagi tempat tidur dapat mengakibatkan SIDS.

SIDS (sudden infant death syndrome) SIDS adalah suatu kondisi ketika bayi berhenti bernapas. dan kondisi miskin dapat berkontribusi terhadap berkembangnya masalah makan pada bayi. Sedangkan keuntungan terhadap ibu adalah penurunan kanker induk telur. pengasuh yang teledor. Para peneliti menemukan bahwa resiko mengalami SIDS akan berkurang apabila bayi tidur dalam posisi terlentang. ASI Versus Susu Formula Konsensus yang terus bertumbuh adalah bahwa pemberian ASI lebih baik untuk kesehatan bayi. pertambahan berat tubuh manusia mencapai hampir tiga kali lipatnya dan pertambahan panjang tubuhnya mencapai 50 persen. dan penurunan resiko terkena kanker payudara. Para pengasuh berperan penting terhadap perubahan perkembangan terkait kebutuhan gizi bayi. Kekurangan gizi dapat mengakibatkan maramus (kekurangan protein dan kalori secara parah yang mengakibatkan . Kekurangan Gizi di Masa Bayi Penyapihan bayi yang terlalu dini dari pemberian ASI ke sumber gizi lain yang tidak memadai. obesitas. biaanya terjadi di malam hari dan meninggal mendadak tanpa penyebab yang jelas. Kebutuhan Gizi Perbedaan individual di antara para bayi dalam hal penyimpanan nutrisi. seperti susu sapi formula yang tidak sesuai dan tidak higienis dapat mengakibatkan bayi mengalami defisiensi protein dan kekurangan gizi. keuntungan – keuntungan yang diperoleh dari pemberian ASI terhadap anak adalah berkurang kemungkinan mengalami asma. SIDS banyak dijumpai di kelompok sosioekonomi reenda dan lebih banyak dialami oleh bayi yang tidur di alas yang empuk. tingkat pertumbuhan. dan pola aktivitas menyulitkan penentuan kebutuhan nutrisi aktual. GIZI Sejak lahir hingga usia satu tahun. tetapi SIDS jarang dialami oleh bayi yang tidur di ruangan dengan kipas angin. komposisi tubuh. diabetes. sedikit penurunan diabetes. dan lain – lain. Sejumlah perubahan perkembangan yang mencangkup aktivitas makan menjadi karakteristik tahun pertama dalam kehidupan bayi.

Bayi memperhalus kemampuan mereka untuk menggenggam dengan menggunakan seluruh tangan. Postur merupakan suatu proses dinamis yang berkaitan dengan informasi sensoris dari kulit. Kemudian memasuki akhir dari tahun pertama. KETERAMPILAN MOTORIK KASAR Keterampilan yang melibatkan aktivitas otot besar. persendian.bayi harus mampu menjaga keseimbangan salah satu kaki ketika kaki lainnya melangkah ke depan. Tahun Pertama : Tonggak Sejarah Penting dan Variasi dalam Perkembangan Motorik Pencapaian motorik di satu tahun pertama menghasilkan peningkatan kemandirian. misalnya keterampilan jari – jemari. dari organ vestibular di telinga bagian dalam yang meregulasi keseimbangan. memungkinkan bayi mengeksplorasi lingkungannya secara lebih ekstensif dan memungkinkan inisiatif bayi untuk berinteraksi dengan orang lain secara lebih aktif. serta dari penglihatan dan pendengaran.pengkerutan jaringan penting pada bayi selama satu tahun pertama) dan kwashiorkor (kekurangan protein secara parah. Perkembangan Postur Postur adalah lebih dari sekedar mempertahankan posisi diam dan tegak. KETERAMPILAN MOTORIK HALUS Keterampilan motorik yang melibatkan gerakan – gerakan halus. Belajar berjalan Untuk berjalan dengan tegak. seperti menggerakkan legan dan berjalan. yang disebut genggaman telapak tangan (palmer grasp). Aktivitas motorik di tahun kedua itu penting bagi perkembangan anak sebagai pribadi yang kompeten sehingga di masa ini sebaiknya petualangan mereka tidak banyak dibatasi. anak kecil menjadi lebih terampil dan gesit secara motorik. dan memindahkan berat dari satu kaki ke kaki lainnya. yang biasanya terjadi antara usia 1 hingga 3 tahun). dan otot mengenai posis kita di dalam suatu ruanga. kecuali untuk alasan keamanan. Perkembangan di Tahun Kedua Dalam tahun kedua kehidupan. Dicapainya kemampuan meraih dan menggenggam merupakan sebuah presentasi penting dalam kemampuan bayi untuk berinteraksi dengan sekelilingnya. .

sambil mendekam dalam rahim bayi dapat mendengar suara ibunya. Suara ibu membuat laju detak jantung bayi meningkat sebagai respons terhadap suara ibu namun menurun sebagai respons terhadap suara orang asing. mereka tampaknya menyukai bau vanil dan arbei namun tidak menyukai bau telur dan ikan busuk. Penciuman Bayi – bayi baru lahir mampu membedakan bau. Bentuk awal sederhana dari persepsi menyeluruh telah dapat ditemukan bahkan pada bayi baru lahir. Perubahan – perubahan pendengaran yang berlangsung di masa bayi meliputi kekerasan suara.bayi menggenggam benda dengan menggunakan ibu jari dan telunjuknya yang disebut dengan genggaman jepit (pincer grip). Janin juga dapat mengenali suara ibu. Sentuhan Rasa Sakit Bayi baru lahir juga dapat merasakan sakit. tinggi nada. apabila ditinggal sendiri maka bayi tersebut dapat tertidur lelap. Ketika sakarin atau manisan ditambahkan ke dalam cairan amniotis dari janin yang hampir lahir. INDRA – INDRA LAINNYA Pendengaran Selama dua bulan terakhir kehamilan. musik. dan suara lain. Dalam enam bulan pertama bayi kesulitan . yang agaknya berfungsi sebagai mekanisme untuk mengatasi rasa sakit tadi. mereka dapat langsung menyusu dan berinteraksi secara normal dengan ibunya. Contohnya bayi laki – laki yang baru lahir menangis secara kuat ketika dikhitan. PERSEPSI MENYELURUH Kemampuan mengintegrasikan informasi dari dua atau lebih modalitas sensoris. Dalam beberapa menit setelahoperasi dilakukan. misalnya dari penglihatan dan pendengaran. Dan. terlihat terjadi peningkatan aktivitas menelan. Hal ini dapat terlihat di ekspresi wajah mereka. dan lokalisasi suara. Pengecapan Sensitivitas atau kepekaan terhadap rasa dapat muncul sebelum kelahiran. Bayi yang di khitan juga memperlihatkan ketahanan yang luar biasa.

pendukung paham bawaan (nature) disebut sebagai nativist dan pendukung pengasuhan sebagai empiricst. pengasuhan. pendekatan empiricist yang kuat tidak terjamin. namun kemampuan menyeluruh mereka masih terus meningkat seiring bertambahnya pengalaman. BAWAAN. Bayi yang dilahirkan ke dunia di perlengkapi sejumlah kemampuan bawaan untuk menangkap relasi yang terdapat di antara modalitas sensoris. Perkembangan persepsi yang lengkap mencangkup peran bawaan. dan perkembangan sensitivitas terhadap informasi. namun di pertengahan kedua dari satu tahun pertama kehidupannya mereka lebih mampu menciptakan hubungan ini secara mental.menghubungkan input sensoris dari berbagai indra. PENGASUHAN. Pandangan konstruktivist Piaget berdasarkan pada pendekatan empiricist menekankan bahwa berbagai pencapaian persepsi harus menunggu perkembangan tahap kognitif di masa bayi. DAN PERKEMBANGAN PERSEPSI Dalam persepsi. Pandangan ekologi Gibson yang telah banyak memandu penelitian perkembangan persepsi berdasarkan pada pendekatan nativist namun tetap memberi celah bagi perubahan perkembangan dalam fitur tertentu. .