MAN

..... STR. dokter dan ahli gizi INSTRUMEN WAWANCARA (TENAGA MEDIS) No Pertanyaan Hasil 1 Apa saja tenaga medis di ruangan ini? 2 Berapa jumlah Dokter? 3 Berapa jumlah Perawat? . status kepegawaian..... Laki-laki 2.. Pelatihan yang pernah di ikuti). jenjang karir ( Beasiswa. masa kerja INSTRUMEN WAWANCARA (MAN) Petunjuk Pengisian: Isilah pertanyaan dibawah ini dengan cara menuliskan jawaban pada pertanyaan yang bertanda titik-titik atau memberikan tanda (√) pada kolom jawaban yang disediakan: 1..... Tahun 2. Jenis kelamin : 1. Status : PNS Non-PNS 3.. Bulan/Tahun 6. Lama kerja di RS : .. Mengkaji jumlah perawat... Tahun Diruangan : ..... Umur : .. STR : Ya Tidak 7. Perempuan 5... Pelatihan yang pernah : …………… diikuti 2. Tingkat pendidikan : SPK D3 S1 4..1. Mengkaji pendidikan.....

Mengkaji tingkat ketergantungan pasien Klasifikasi Pasien Berdasarkan Tingkat Ketergantungan Menurut D. a. cleaning service dan prakarya) INSTRUMEN WAWANCARA (TENAGA NON MEDIS) No Pertanyaan Hasil 1 Apa saja tenaga non medis yang ada di ruangan ini? 2 Berapa jumlah pegawai administrasi? 3 Berapa jumlah CS? 4 Berapa jumlah prakarya? 4. Laki-laki 4 Berapa jumlah Ahli Gizi? 3. Mengkaji jumlah tenaga non medis di ruangan (Adminstrasi.Orem (Self Care Deficit) No Klasifikasi dan Kriteria . Perempuan b.

Mampu naik turun tempat tidur b Mampu ambulasi dan berjalan sendiri c.Membutuhkan bantuan untuk BAB dan BAK (tempat tidur/kamar mandi) 2. Klien memerlukan bantuan perawat sebagian a.Membutuhkan bantuan untuk ambulasi c. Post op minor 3.Mampu makan dan minum sendiri e.Membutuhkan bantuan satu orang untuk naik dan turun tempat tidur b. Status psikologis stabil 3. Klien bisamandiri/hampir tidak memerlukan bantuan a. Faseawal dari penyembuhan 5. Membutuhkan bantuan untuk berpakaian dan berdandan g. Observasi tanda-tanda vital setiap 4 jam .Membutuhkan bantuan dalam menyiapkan makanan d.Mampu BAB dan BAK dengan sedikit bantuan 2.Membutuhkan bantuan untuk kebersihan mulut f. Klien dirawat untuk prosedur diagnostik 2 Partial Care 1.Membutuhkan bantuan untuk makan (disuapi) e.1 Minimal Care 1.Mampu membersihkanmulut (sikat gigi sendiri) f. Mampu berpakaian dan berdandan dengan sedikit bantuan g. Melewatifase akut dari post opmayor 4.

Membutuhkan latihan fisik c. Dimandikan perawat g. Perawatan kolostomi 8. Klien memerlukan bantuan perawat sepenuhnya dan memerlukan waktu perawatan yang lebih lama a. Pasien tidak sadar 4. Menggunakan WSD 5. Membutuhkan bantuan penuh untuk berpakaian dan berdandan f. Dalam keadaan inkontinensia. menggunakan kateter 2. 24 jam post op mayor 3. 3 Total Care 1. Membutuhkan 2 orang atau lebih untuk memobilisasi dari tempat tidur kekereta dorong atau kursi roda b. Mengkaji diagnosa medis . Keadaan klien tidak stabil 5. Observasi TTV tiap kurang dari 1 jam 6. Membutuhkan bantuan untuk kebersihan mulut e. Kebutuhan nutrisi dan cairan dipenuhi melalui terapi intravena (infus/ NGT) d. Menggunakan alat bantu pernapasan (respirator) 9. Perawata luka bakar 7.

N PERTANYAAN JAWAB O 1 Apa saja diagnosa medis diruangan ini? 2 Diagnosa tertinggi diruangan ini apa? 3 Apa saja 10 diagnosa medis terbesar di rungan ini? 6. Mengkaji alur pasien PERNYATAAN HASIL Klien .

Diagnosa Keperawatan Diagnosa Medis/masalah kolaboratif Rencana Tindakan Yang telah dilakukan Yang akan dilakukan Perkembangan keadaan klien Masalah Teratasi Belum teratasi Teratasi sebagian Muncul masalah baru .

7. Mengkaji keselamatan pasien Lembar Observasi Keselamatan Pasien Indikator keselamatan NO Checklist Observasi Ya Tidak pasien Indentify Patient 1 Perawat memberikan gelang/papan nama memudahkan mengidentifikasi Correctly pasien 2 Perawat menyebutkan nama dapat meningkatkan kepercayaan 3 Perawat mengecek ulang nama dan identitas agar tidak salah pasien Improve Staff 1 Perawat saling bertukar informasi mengenai kondisi pasien dengan rekan Communication kerja lain 2 Perawat menginformasikan kondisi pasien dilakukan dengan tekhnik apapun 3 Perawat memperoleh informasi tentang kondisi pasien tidak hanya dari rekam medis saja Use Safety Medicines 1 Perawat melakukan skin tes dan tes alergi sebelum memberikan obat pada pasien 2 Perawat menanyakan terlebih dahulu persetujuan dari pasien/wali pasien sebelum memberikan obat. Reduce The Risk Of 1 Perawat selalu menerapkan procedure cuci tangan 6 langkah sebelum dan Health Care Associated setelah mengintervensi pasien Infections 2 Perawat menggunakan sarung tangan saat akan memberikan intervensi yang berhubungan dengan cairan tubuh pasien Check Patient 1 Perawat mengaplikasikan 6 prinsip benar dalam pemberian obat Medicines 2 Perawat mengakhiri terapi obat dengan dokumentasi 3 Perawat menandai obat yang memiliki nama dan bentuk yang sama berdekatan Identify Patient Safety 1 Perawat memastikan pengaman pada tempat tidur pasien terpasang dan Risks terkunci sebelum akan meninggalkan pasien 2 Perawat memberikan sentuhan lembut dan hati-hati pada pasien saat .

menggendong/memindahkan pasien 3 Perawat meminimalkan suara saat bercengkrama untuk kenyamanan pasien Total Presentase Rata-rata (Ya) Rata-rata (Tidak) .

8. Mengkaji motivasi perawat ruangan KUESIONER MOTIVASI PERAWAT DI RUANG NIFAS RS SANTOSA KOPO Petunjuk pengisian: Beri tanda √ pada salah satu kolom yang disediakan Dengan pilihan jawaban: S : Sering J : Jarang TP : Tidak Pernah No Pertanyaan S J TP Prestasi 1 Perawat mendapat perhatian positif pada penilaian kenaikan pangkat 2 Perawat mampu memotivasi diri untuk mencapai prestasi yang diraih 3 Perawat bekerja sesuai dengan jadwal dan pedoman yang telah dibuat dan tepat waktu 4 Hasil kerja perawat tetap diperhatikan oleh pihak manajemen rumah sakit Hasil kerja 1 Perawat pelaksana memberikan asuhan keperawatan kepada pasien rawat inap dan diakui rekan kerja rumah sakit 2 Perawat pelaksana diterima dan diakui oleh pasien rawat inap dalam memberikan pelayanan 3 Perawat pelaksana memberikan asuhan keperawatan kepada pasien rawat inap sesuai dengan tupoksi 4 Perawat pelaksana melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien rawat inap termasuk dalam tim rekan kerja di rumah sakit Kemungkinan Pengembangan 1 Perawat pelaksana melaksanakan asuhan keperawatan untuk mengembangkan karir di bidang keperawatan 2 Perawat pelaksana melaksanakan asuhan keperawatan dengan baik sebagai sarana untuk mencapai jabatan yang lebih tinggi 3 Perawat pelaksana berupaya mencari informasi baru dalam pengembangan profesi sebagai perawat 4 Perawat pelaksana senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang asuhan keperawatan Gaji 1 Gaji yang diterima sudah sesuai dengan beban kerja sebagai .

perawat pelaksana 2 Penetapan gaji yang diterima disesuaikan dengan masa kerja perawat pelaksana 3 Gaji yang diterima sesuai dengan tingkat pendidikan perawat pelaksana 4 Gaji yang diterima perawat pelaksana sesuai dengan golongannya Kondisi Kerja 1 Kondisi kerja yang nyaman membuat anda melakukan asuhan keperawatan dengan baik 2 Kondisi kerja dengan alat yang tersedia membuat anda melakukan asuhan keperawatan dengan baik 3 Lingkungan sekitar membuat anda tenang dan produktif dalam kerja 4 Kondisi kerja membuat anda merasa betah berada di tempat kerja Hubungan Kerja 1 SOP yang ada belum berkontribusi dalam melakukan pekerjaan yang lebih baik 2 SOP yang ada belum sesuai dengan tugas dan fungsi perawat pelaksana 3 SOP asuhan keperawatan sesuai dengan karakteristik atau jenis penyakit pasien 4 SOP yang ada masih perlu diperbaiki untuk mendukung pelaksana asuhan keperawatan .

9. Mengkaji struktur organisasi ruangan N PERTANYAAN JAWABAN O 1 Siapa Kepala Ruangan di ruangan ini? 2 Dibagi berapa Kepala TIM di ruangan ini? 3 Siapa aja Kepala TIM di ruangan ini? 4 Siapa saja perawat pelaksana di ruangan ini? 5 Berapa jumah KATIM diruangan ini? 6 Berapa jumlah perawat pelaksana diruangan ini? .