You are on page 1of 11

PROGRAM KERJA

RUANG RAWAT INAP PERINATOLOGI
RUMAH SAKIT UMUM MUHAMMADIYAH
METRO
TAHUN 2016

RUMAH SAKIT UMUM MUHAMMADIYAH METRO
Jalan Soekarno - Hatta No. 42 Mulyojati 16 B Metro
Barat
Kota Metro

kurangnya kemampuan SDM tentang perawatan neonates. dan agar dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana dengan hasil yang maksimal. . I. Ada beberapa program kegiatan yang belum bisa berjalan pada tahun sebelumnya ataupun tertunda maka pada tahun ini direncanakan kembali dengan mengkaji kendala-kendala yang di hadapi . Perlunya dilakukan penambahan alat kesehatan Unit Perinatologi dan kurangnya tenaga keperawatan III. Ada beberapa alasan penyusunan program kerja unit Perinatologi tahun 2016 dianataranya . II. Program kerja tahunan unit perinatologi adalah uraian dari Rencana Strategi bidang Keperawatan yang mengacu pada Renstra Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro Tujuannya adalah untuk mensuksekan visi Rumah Sakit. masih tingginya angka infeksi nasokomial yang belum dilaporkan. LATAR BELAKANG Program kerja unit perinatologi disusun sebagai acuan untuk peningkatan kualitas SDM maupun peningkatan pelayananan serta sarana dan prasaranan di RSU Muhammadiyah Metro khususnya Unit Perinatologi. TUJUAN III.1 Tujuan Umum Dengan disusunnya program kerja Unit Perinatologi Tahun 2016 diharapkan terjadinya peningkatan kuliatas pelayanan keperawatan dan peningkatan mutu keperawatan sesuai dengan Visi. PENDAHULUAN Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro sesuai dengan visi Rumah Sakit untuk menjadi Rumah Sakit terbaik dalam bidang pelayanan dan berkualitas di Lampung maka diperlukan pembuatan program kerja tahunan unit Perinatologi. Misi Rumah Sakit Umum Muhammdiyah Metro.Misi keperawatan falsafah dan tujuan keperawatan .Program kerja unit Perinatologi dibuat setiap tahun dan dievaluasi pada akhir tahun.

Sosialisasi pengisian form infeksi nasokomial . yaitu .1 Mengadakan atau mengirim diklat yang berhubungan dengan peningkatan SDM unit Perinatologi IV.2 Mengadakan sosialisasi tentang HAIS dengan diklat intern berupa : . menyuntik aman. hand hygiene. Adanya penambahan alat-alat kesehatan di unit perinatologi. III. e. Terlaporkannya angka Infeksi Nosokomial dan menurunnya angka infeksi nasokomial.1 Mengirim/mengadakan diklat keperawatan untuk peningkatan SDM berupa : . c. Tersususnnya SAK Unit Perinatologi f.4 Mengajukan Rekrutmen tenaga baru.3 Melakukan infentaris alat dan mengajukan penambahan peralatan di Unit Perinatologi IV.Pemasangan oksigen sentral .Sehubungan dengan rencana kepala Tim memiiki sertifikat perawatan Bayi Baru Lahir.3 Mengadakan infentarisasi rutin bulan alat-alat kesehatan dan alat rumah tangga untuk melengkapi peralatan diunit perinatologi maka kami merencanakan permintaan alat diantaranya : .2 Tujuan khusus a.2 Sosialisasi tentang standar perameter infeksi nasokomial dan sistem pelaporannya./ASFIKSIA/BBLR .Dengan bekembangnya ilmu yang didapat dari beragam latar belakang pendidikan dan lingungan maka kami merencanakan persamaan persepsi dalam tindakan keperawatan.Untuk meningkatkan SDM Rumah Sakit dimana kepala ruangan minimal S1 Keperawatan V. Terbentuknya panitia pengendali infeksi nasokomial d. RINCIAN KEGIATAN V. V.Soaialisasi parameter infeksi nasokomial .Suction 1 . eksternal maupun in house training b. KEGIATAN POKOK IV. 5. IV.Oxymetri neonatus . Meningkatnya kemampuan SDM di Unit Perinatologi dengan Diklat internal. pelatihan pemasangan infus. Tercukupinya tenaga keperawatan IV.

Incubator + fototherapy Pabrik 2 9. Ambu bag . Infant warmer . Timbangan . Ambu bag Pabrik 1 6. Ruangan yang terpisah antara ruang bayi sehat. Mengadakan seminar intern tentang persamaan persepsi tentang semua prosedur tindakan keperawatan untuk mengurangi infeksi nasokomial. Nebulizier . ruang non infeksi dan ruang infeksi V.3 Mengajukan rekuitmen tenaga baru di unit perinatologi. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN 1. Nama Alat Spesifikasi Jumlah 1. Tiang infus . Cpap GEA 1 8. Mengajukan usulan pengadaan barang ke Tim pengadaan barang ruamh Sakit Umum Muhammadiyah Metro guna melengkapi peralatan di unit perinatoloi berupa : No. Flowmeter pabrik 5 2. 3. Infant warmer pabrik 2 3. Incubator + fototherapy . . Tiang infus Pabrik 3 . Cpap . Nebulizier Pabrik 1 7. Oxcymetri GEA 1 4. Bak instrument . Suction Pabrik 1 5. maka kami merencanakan penambahan tenaga keperawatan VI. Mengikuti diklat/pelatihan dengan cara mengirim keluar Rumah Sakit Muhammadiyah untuk semua perawat unit perinatologi untuk mengikuti pelatihan Bayi Baru Lahir/ASFIKSIA/BBLR/penanganan kegawatdaruratan neonatus serta mengirim kepala ruangan untuk menyelesaikan pendidikan S1 2.

4. Pada tahun 2016 ini kebutuhan peralatan khususnya di unit perintologi dapat terpenuhi 99% sehingga kualitas asuhan keperawatan dapat ditingkatkan. 10. Bak instrument Stenlis 5 11. Dengan dilakukannya peningkatan SDM bagi perawat unit perinatologi dengan cara dilakukannya pelatihan perawatan bayi baru lahir. Asfiksia. dan BBLR. Timbangan Pabrik 1 VII. 2. dan BBLR serta penanganan kegawatdaruratan neonatus dan pendidikan minimal S1 untuk kepala ruangan diharapkan kualitas perawatan semakin meningkat dan dalam tahun 2016 ini kebutuhan tenaga terlatih akan terus dipenuhi secara bertahap. Pada tahun 2016 ini kebutuhan tenaga keperawatan terpenuhi 100% VIII. Asfiksia. Diharapkan angka kejadian infeksi akibat tindakan keperawatan yang tidak sesuai prosedur dapat ditekan angka kejadiannya diunit perinatologi 3. X X X X X X X X X X X X penanganan kegawatdaruratan bayi baru lahir 2 mengirim kepala ruangan untuk X menyelesaikan pendidikan S1 3 Sosialisasi mutu X X X X Keperawatan 4 Usulan penambahan X X X peralatan X 5 Pengadaan tambahan X X X peralatan X . JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN BULAN N 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 11 12 KEGIATAN O 0 1 Mengikuti/mengadaka n diklat tentang Bayi Baru Lahir. SASARAN 1.

Diklat extern dan intern dilaporkan kepada bagian diklat Rumah Sakit untuk diteruskan kepada direktur yang ditembuskan kepada bagian kepegawaian Rumah Sakit b. Mengajukan Rekuitmen tenaga baru diajukan kepada direktur yang di tembuskan ke MKKM Metro. Mengajukan rekuitmen tenaga keperawatan di bulan Juni X. Pengadaan alat kesehatan di unit perintologi terlaksana dan dapat didistribusikan langsung ke unit perintologi e. d. Diklat extern mengikuti jadwal undangan dari penyelenggaraan dan disesuaikan dengan kebutuhan dari bidang perawatan dan kondisi keuangan dari bagian diklat Rumah Sakit. PELAPORAN a. b. 01 Desember 2015 Kepala Unit Perinatologi . Infentaris peralatan rumah tangga dan peralatan unit Perinatologi laporannya kepada kepala logistik rumah sakit. 6 Mengajukan rekuitmen X tenaga baru IX. Diklat Intern dilaksanakan oleh unit kerja yang akan melakukan kegiatan bekerja sama dengan diklat RSU Muhammadiya Metro c. Tentang program peningkatan mutu keperawatan. sub programnya salah satunya tentng infeksi nasokomial selalu dilakukan pemantauan setiap hari dan dilakukan evaluasi tiap 3 bulan sekali. Kegiatan mutu keperawatan berupa sosialisasi infeksi nasokomial serta persamaan persepsi dalam prosedur tindakan keperawatan dan analisa laporannya ditembuskan kepada panitia mutu Ruamh sakit untuk diteruskan kepada direktur Rumah Sakit c. Pengadaan melalui mekanisme yang telah ditentukan oleh bagian logistik rumah sakit d. EVELUASI PELAKSANAAN KEGIATAN a.

Perlunya dilakukan penambahan alat kesehatan Unit Perinatologi III. dan agar dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana dengan hasil yang maksimal. Misi Rumah Sakit Umum Muhammdiyah Metro. kurangnya kemampuan SDM tentang perawatan neonates.Misi keperawatan falsafah dan tujuan keperawatan . Ada beberapa program kegiatan yang belum bisa berjalan pada tahun sebelumnya ataupun tertunda maka pada tahun ini direncanakan kembali dengan mengkaji kendala-kendala yang di hadapi . Desi Murtiningrum PROGRAM KERJA RUANG RAWAT INAP PERINATOLOGI TAHUN 2015 I. . LATAR BELAKANG dan kurangnya tenaga keperawatan Program kerja unit perinatologi disusun sebagai acuan untuk peningkatan kualitas SDM maupun peningkatan pelayananan serta sarana dan prasaranan di RSU Muhammadiyah Metro khususnya Unit Perinatologi. masih tingginya angka infeksi nasokomial yang belum dilaporkan. Ada beberapa alasan penyusunan program kerja unit Perinatologi tahun 2015 dianataranya .Program kerja unit Perinatologi dibuat setiap tahun dan dievaluasi pada akhir tahun. PENDAHULUAN Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro sesuai dengan visi Rumah Sakit untuk menjadi Rumah Sakit terbaik dalam bidang pelayanan dan berkualitas di Lampung maka diperlukan pembuatan program kerja tahunan unit Perinatologi. II. Program kerja tahunan unit perinatologi adalah uraian dari Rencana Strategi bidang Keperawatan yang mengacu pada Renstra Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro Tujuannya adalah untuk mensuksekan visi Rumah Sakit. TUJUAN Tujuan Umum Dengan disusunnya program kerja Unit Perinatologi Tahun 2015 diharapkan terjadinya peningkatan kuliatas pelayanan keperawatan dan peningkatan mutu keperawatan sesuai dengan Visi.

Incubator + fototherapy .dengan bekembangnya ilmu yang didapat dari beragam latar belakang pendidikan dan lingungan maka kami merencankan persamaan persepsi prosedur tindakan keperawatan c. soailisasi tentang standar perameter infeksi nasokomial dan system pelaporannya. V. d. Mengadakan sosialisasi tentang infeksi nasokomial dengan diklat intern berupa : .untuk meningkatkan SDM Rumah Sakit dimana kepala ruangan minimal S1 Keperawatan b. Tercukupinya tenaga keperawatan IV.Nebulizier ./ASFIKSIA/BBLR .sehubungan dengan rencana kepala Tim memiiki sertifikat perawatan Bayi Baru Lahir.sosialisasi pengisian form infeksi nasokomial .Oxcymetri 1 .Cpap . Mengadakan infentarisasi rutin bulan alat-alat kesehatan dan alat rumah tangga untuk melengkapi peralatan diunit perina maka kami merencanakan permintaan alat diantaranya : . Tujuan khusus a. c. Meningkatnya kemampuan SDM di Unit Perinatologi dengan Diklat internal. Terbentuknya panitia pengendali infeksi nasokomial d.Couve bayi .Ambu bag . c. Melakukan infentaris alat dan mengajukan penambahan peralatan kesehatan. mengadakan atau mengirim diklat yang berhubungan dengan peningkatan SDM keperawatan b.Suction 1 . Mengirim/mengadakan diklat keperawatan untuk peningkatan SDM berupa : . Adanya penambahan alat kesehatan di unit perinatologi e. KEGIATAN POKOK a. eksternal maupun in house training b. Terlaporkannya angka Infeksi Nasokomial dan menurunnya angka infeksi nasokomial.flowmeter 3 untuk mengganti flowmeter yang rusak . RINCIAN KEGIATAN a.soaialisasi parameter infeksi nasokomial . Mengajukan Rekrutmen tenaga baru.

SASARAN 1. Asfiksia. Pada tahun 2014 ini kebutuhan peralatan khususnya di unit perintologi dapat terpenuhi 99% sehingga kualitas asuhan keperawatan dapat ditingkatkan. 2. Timbangan d. Bak instrument . dan BBLR untuk setiap ketua TIM dan pendidikan minimal S1 untuk kepala ruangan diharpkan kualitan perawatan semakin meningkat dan dalam tahun 2015 ini kebutuhan tenaga terlatih akan terus dipenuhi secara bertahap. 4. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN 1. Mengikuti diklat/pelatihan dengan cara mengirim keluar Rumah Sakit Muhammadiyah untuk kepala Tim untuk mengikuti pelatihan Bayi Baru Lahir/ASFIKSIA/BBLR serta mengirim kepala ruangan untuk menyelesaikan pendidikan S1 2. Mengadakan seminar intern tentang persamaan persepsi tentang ganti balutan sesuai dengan prosedur untuk mengurangi infeksi nasokomial. Mengajukan usulan pengadaan barang ke Tim pengadaan barang ruamh Sakit Umum Muhammadiyah Metro guna melengkapi peralatan diunit perinatoloi berupa : No Nama Alat spesifikasi Jumlah 1 Flowmeter pabrik 5 2 Oxcymetri GEA 1 3 Suction Pabrik 1 4 Ambu bag Pabrik 1 5 Nebulizier Pabrik 1 6 Cpap GEA 1 7 Couve bayi Pabrik 2 8 Incubator + fototherapy Pabrik 2 9 Tiang infus Pabrik 3 10 Bak instrument Stenlis 5 11 Timbangan Pabrik 1 VII. Tiang infus . Pada tahun 2014 ini kebutuhan tenaga keperawatan terpenuhi 100% . Diharapkan angka kejadian infeksi akibat ganti balutan yng tidak sesuai prosedur dapat ditekan angka kejadiannya diunit perinatology 3. 3. mengajuakn rekuitmen tenanga baru diruangan. . maka kami merencanakan penambahan tenaga keperawatan VI. Dengan dilakukannya enngkatan SDM denagn cara dilakukannya pelatihan perawatan bayi baru lahir.

bagian diklat Rumah Sakit untuk diteruskan kepada direktur yang ditembuskan kepada bagian kepegawaian Rumah Sakit 2. Tentang program peningkatan mutu keperawatan. Diklat extern mengikuti jadwal undangan dari penyelenggaraan dan disesuaikan denga kebutuhan dari bidang perawatan dan kondisi keuangan dari bagian diklat Rumah Sakit. Pengadaan alat kesehatan di unit perintologi terlaksana dan dapat didistribusikan langsung ke unit perintologi 4. Kegiatan mutu keperawatan berupa sosialisasi infeksi nasokomial serta persamaan persepsi dalam mengganti balutan dan analisa laporannya ditembuskan kepada panitia mutu Rumah sakit untuk diteruskan kepada direktur Rumah Sakit 3. Pengadaan melalui mekanisme yang telah ditentukan oleh bagian logistic rumah sakit . PELAPORAN 1. dan BBLR X X X X X X 2 Sosialisasi mutu Keperawatan X X 3 Usulan penambahan peralatan X X 4 Pengadaan tambahan peralatan X X X 5 Mengajukan rekuitmen X tenaga baru IX. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN BULAN N KEGIATAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 11 12 O 0 1 Mengikuti/mengadaka n diklat pelatihan Bayi Baru Lahir. 3. Asfiksia. Infentaris peralatan rumah tangga dan peralatan unit perinatologi laporannya kepada kepala logistik rumah sakit. EVELUASI PELAKSANAAN KEGIATAN 1. Diklat extern dan intern dilaporkan kepada. Mengajukan rekuitmen tenaga keperalatan di bulan juni X. 2. VIII. sub programnya salah satunya tentng infeksi nasokomial selalu dilakukan pemntauan setiap hri dan dilakukan evaluasi tiap 3 bulan sekali.

Kep Desi Murtiningrum. Amd Kep Direktur RSU Muhammadiyah Metro Dr. Mengajukan Rekuitmen tenaga baru diajukan kepada direktur yang di tembuskan ke MKKM Mengetahui. Emi Sulistiyani NBM 115974 . Dibuat Oleh.4. Amd. Kepala Bidang Keperawatan Kepala Unit Perinatologi Nasiyah.