You are on page 1of 19

FILSAFAT MATEMATIKA

“Temuan Matematika Zaman Modern”

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Filsafat Matematika
Dosen Pengampu: Yanuar Hery Murtianto, S.Pd., M.Pd

Disusun Oleh :
Yunita Diyah Rahmawati (14310219)

Kelas : 5F

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN MATEMATIKA,
ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2017

Jika kita familiar dengan nama Pascal. Begitupun juga dengan zaman modern itu sendiri. Dari latar belakang tersebut maka peneliti ingin mengetahui tentang penemuan dalam matematika pada zaman modern. Matematika Zaman Modern Pada Zaman Modern ( Abad 17 – 19 M). Newton dan yang lainnya. zaman pertengahan. zaman kuno yang terbagi dua periode. Makalah ini menjabarkan dan membuka cakrawala kita tentang matematika pada zaman modern. kebebasan pemikiran sangat terbatas. Kedua. Dari banyak bidang. zaman modern. Pada kenyataannya. matematika begitu banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari umat manusia. Ketiga. Namun batas yang jelas tentang kapan abad pertengahan berakhir sulit ditentukan. B. Sesungguhnya pada masa inilah matematika sangat berkembang pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan pada . begitu banyak ilmuwan atau ahli ilmu pengetahuan yang terkenal dari daerah barat atau Eropa. Jadi yang dimaksud zaman modern pada makalah ini adalah zaman modern pada abad 17-19 M yang membicarakan tentang penemuan dalam matematika pada zaman modern. bangsa Eropa pun pernah mengalami zaman kegelapan dalam ilmu pengetahuan yakni pada abad ke 5 sampai abad ke 1. ditandai dengan berbagai penemuan dalam bidang ilmiah. zaman modern (17-19 M) dan zaman kontemporer (abad 20 dst). mereka lahir pada zaman ini dan ahli matematika di zaman ini. simbol- simbol hingga teorema yang kita gunakan dalam matematika yang tanpa kita sadar bahwa orang-orang sebelum kitalah yang menemukan dan menciptakannya.A. yaitu zaman pra-Socrates dan pasca-Socrates. Zaman ini telah menunjukkan kemunduran pemikiran manusia. yakni zaman di mana alam pikiran dikungkung atau didominasi oleh Gereja. masih terbagi-bagi lagi. Latar Belakang Pada zaman sekarang ini. Sejarah pemikiran para filosuf oleh dunia Barat telah dibagi menjadi tiga periode. yakni zaman Renaissance (14-17 M). yaitu pertama. Begitu banyak rumus-rumus. perkembangan sains amat sulit dan perkembangan filsafat tersendat-sendat. Karya-karya mereka begitu luar biasa hingga sangat dihargai dari zaman dahulu sampai sekarang. yakni zaman sesudah abad pertengahan berakhir hingga sekarang. di mana pada zaman ini terdapat kemajuan manusia.

2013). Eropa yang merupakan basis perkembangan ilmu melahirkan ilmuwan yang populer. Tetapi. yaitu hubungan antara kerajaan Islam di Semenanjung Liberia dengan negara Perancis. indikator yang nyata terlihat jelas pada abad 17 M dan berlangsung hingga abad 20 M. Perkembangan ilmu pengetahuan pada zaman modern sesungguhnya sudah di rintis sejak zaman Renaissance. Isaac Newton dengan temuannya teori grafitasi. Kebebasan berpikir sebagai periode yang dilawankan dengan periode abad pertengahan (Afid. Penemuannya dalam ilmu pasti adalah sistem koordinat. Rene Descartes juga seorang ahli ilmu pasti. 2013). tokoh yang terkenal sebagai bapak filsafat modern.zaman modern sesungguhnya sudah dirintis sejak Zaman Renaissance. dalam buku yang disusun oleh Tim Dosen Filsafat Ilmu UGM (2001:79) ada tiga sumber pokok yang menyebabkan berkembangnya ilmu pengetahuan di Eropa dengan pesat. dll (Afid. terjadinya Perang Salib dari tahun 1100- 1300. Hal ini ditandai dengan ditandai dengan adanya penemuan-penemuan dalam bidang ilmiah. Zaman modern ini sebenarnya sudah terintis mulai dari abad 15 M. Ilmuwan pada zaman ini membuat penemuan dalam bidang ilmiah. Zaman modern di tandai dengan berbagai penemuan dalam bidang ilmiah. pemikiran tidak dikekang oleh tekanan-tekanan di luar dirinya. 2015 : 95) ontology matematika berusaha memahami keseluruhan dan kenyataan matematika. Epistemologi matematika berusaha menjelaskan tentang pengetahuan dalam matematika. Seperti Rene Descartes. dan jatuhnya Istambul ke tangan Turki pada tahun 1453. Menurut Slamet Iman Sontoso. Selain itu pada zaman ini ada juga filsuf-filsuf lain misalnya: Isaac Newton (1643 – 1727) dan Leibniz (1646 – 1716) (Nia. Zaman modern sangat dinanti-nantikan oleh banyak pemikir manakala mereka mengingat zaman kuno ketika peradaban begitu bebas. Matematika kemudian dipandang sebagai suatu ide yang ada di . Kondisi semacam itulah yang hendak dihidupkan kembali pada zaman modern. Tokoh yang terkenal sebagai bapak filsafat modern adalah Rene Descartes. Penemuannya dalam ilmu pasti adalah system koordinat yang terdiri atas dua garis lurus X Dan Y dalam bidang datar. Menurut (Marsigit. yaitu segala matematika yang mengada. 2013).

misalnya. Newton meninggal dunia tahun 1727. Segala sesuatu ilmu di dunia ini tidak bisa lepas dari pengaruh matematika. Misalnya. Jadi. konsep-konsep yang sederhana seperti tingkatan perubahan dan fungsi-fungsinya diikutsertakan. Para insinyur. Newton . jika ditinjau dari aspek aksiologi. C. Temuan Matematika Zaman Modern 1. Kalkulus juga digunakan untuk mencari nilai-nilai maksimum dari sebuah rumus atau fungsi. dan dipilih menjadi mahasiswa beasiswa tingkat doktoral pada 1667. tanggungjawab dan peran matematika dalam kehidupan. atau volume dari sebuah ukuran tertentu. tahun. Sehingga keberadaan yang sebenarnya dari matematika bersifat lebih abstrak Aksiologi matematika sendiri terdiri dari etika yang membahas aspek kebenaran. dan estetika yang membahas mengenai keindahan matematika dan implikasinya pada kehidupan yang bisa mempengaruhi aspek-aspek lain terutama seni dan budaya dalam kehidupan. Kalkulus sekarang ini merupakan alat yang penting pada semua bidang ilmu pengetahuan. dalam pikiran kita. 1978) dalam Hardi (2016: 154). Kalkulus Kalkulus adalah sebuah studi yang rumit yang memungkinkan pergerakan dan perubahan-perubahan lainnya yang bisa diukur dengan cara “menetapkan kerangka-nya” pada satu waktu. sebuah pemakaman bagi orang- orang terhormat di Inggris ( Hart. memerlukan kalkulus untuk menentukan daya dan kekuatan struktur- struktur gedung dan mesin. dikebumikan di Westminster Abbey. yang sangat banyak memberikan kontribusi perubahan bagi kehidupan umat manusia di jagat raya nan fana ini. sama halnya seperti pada bidang-bidang teknik. luas daerah di bawah kurva. matematika seperti ilmu-ilmu yang lain. 2003: 12). Ia masuk ke Universitas Cambridge pada tahun 1661. kalkulus digunakan untuk grafik percepatan di mana tingkat perubahan dalam bentuk kecepatan yang tarjadi pada satu periode waktu. Newton dilahirkan di Woolsthorpe. Untuk melakukan hal ini. dan para ahli ekonomi menggunakan kalkulus untuk menganalisis tingkat perubahan dalam daya beli pasar (Wahyudin dan Sudrajat. Sir Isaac Newton Sir Isaac Newton (1642-1727) adalah seorang matematikawan sekaligus fisikawan.

meskipun Leibniz tidak mengklaim apa pun. Pada tahun 1690. Leibniz secara independen menyusun ide pertamanya tentang kalkulus diferensial. mencakup metode diferensial dan metode kebalikan dari diferensial yaitu integral. Ia menyusun metode diferensial tahun 1666 dan diketahui matematikawan lain tahun 1668. 1998) dalam Hardi (2016: 154). Newton adalah murid biasa. Selama dua atau tiga tahun. Sementara itu pada tahun 1675. Pada tahun 1684. teman-teman Newton memproklamasikan prioritas dari metode Newton tentang diferensial. Sumbangannya dibidang matematika khususnya adalah pemecahan pada masalah kontemporer dalam geometri analitik untuk menggambar garis singgung kurva ( diferensial) dan mendefinisikan luas daerah yang dibatasi oleh suatu kurva (integral) ( Hall. Newton juga mengungkap metode umum untuk menyelesikan masalah lengkungan. Newton sudah menguraikan beberapa hasil studi matematikanya kepada Leibniz. tetapi sampai tahun 1687 belum dipublikasikan (Hall. 1998) dalam Hardi (2016: 155). Pendukung Leibniz menegaskan bahwa ia telah mengkomunikasikan metode diferensialnya kepada Newton. di Paris. Sewaktu masih sekolah. Baru pada tahun 1665. tidak menonjol. ia membuktikan semangat dan keberaniannya dengan memperlihatkan kejeniusannya dibidang matematika. Kenyataannya. Newton melakukan kajian matematika murni hampir tak diketahui siapapun. Tahun 1704 ia mempublikasikan karyanya berjudul Optics. Leibniz tidak memberi catatan apa pun pada materi diferensial (Hall. Ia dianggap sebagai bapak fisika klasik (Hardi. tetapi tidak termasuk metodenya tentang diferensial. Sejarah menunjukkan bahwa Leibniz maupun Newton . Hasil kerja Newton ini seperti diferensial dan integralnya Leibniz (Hardi. Pengikut Newton kemudian menegaskan bahwa Leibniz pernah melihat paper Newton selama mengunjungi London pada tahun 1676. Newton menyiapkan karyanya Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Mathematical Principles of Natural Philosophy). 2016: 154). Leibniz mempublikasikan makalah pertamanya tentang kalkulus dan sebuah kelompok kecil matematikawan menerima dan menggunakan idenya. 1998) dalam Hardi (2016: 154).adalah ilmuan pertama yang memperolah penghormatan seperti itu. 2016: 154). Disamping itu. mendahului gagasan Newton pada tahun 1677.

Bagi Leibniz. Ketika ditolak untuk mengikuti kuliah dikotanya. Newton tampak lebih terkenal daripada Leibniz. Ia belajar secara mandiri sejak anak0anak. dsb. Pada usia 19 tahun ia sudah mengikuti kuliah tingkat doktoral (Rooney. sejarah. Hasil pengembangan ini dipresentasikan di London (Hardi. Newton mengimajinasikan sesuatu dan dengan melihat ukurannya secara matematis. 2016: 161).1986) dalam Hardi (2016: 161). 2013 dalam Hardi (2016: 161). 1986) dalam Hardi (2016: 155). Kalau Newton dikenal sebagai matematikawan dan saintis. sedangkan Leibniz melihatnya dengan kalkulus dan analisis kombinatorial (Bell. tetapi juga bidang fisika dengan Hukum Newton. 2013) dalam Hardi (2016: 161). Publikasinya yang berjudul Philosophiae Naturalis Principia Mathematica mungkin merupakan satu-satunya publikasi ilmiah yang paling penting sepanjang waktu (Rooney. perkalian dan pembagian (Rooney. Ia dikenal menguasai semua keterampilan dan sebagai seorang yang jenius sejak usia 15 tahun (Bell. ia menerapkan hukum gerak dan gravitasi untuk alam dan membuktikan adanya tarikan gravitasi antara benda-benda astronomis (Hardi. kalkulus . Besarnya kontribusi Newton terhadap matematika juga ditunjukkan oleh sebagian ahli matematika yang menyatakan bahwa era atau abad matematika sampai abad le-20 dapat dibagi atas empat zaman.1986) dalam Hardi (2016: 162). 2013) dalam Hardi (2016: 155).diakui sebagai matematikawan besar sepanjang sejarah matematika. dan zaman sekarang (Bell. Sebagai ilmuan. Dalam buku ini. Dalam hal penerapan penalaran matematika terhadap fenomena dunia secara fisiki. zaman Yunani. Karya-karya Leibniz banyak ditulis dalam bahasa Perancis atau Latin. pengurangan. Ia mengembangkan prinsip dari mesin Pascal ke dalam mesin hitung yang sangat fungsional dan dapat untuk membantu penjumlahan. agama. Newton menyajikan sains dengan bahasa matematia teoritis. metafisika. zaman Newton. ia pindah ke Paris dan tidak kembali. Leibniz dikenal sebagai matematikawan sekaligus pakar di banyak bidang seperti hukum. 2016: 154-155) Gottfried Wilhem von Leibniz Gottfried Wilhem von Leibniz (1646-1716) digolongkan sebagai matematikawan dan filsuf. yaitu Babilonia. Sumbangan Newton kepada dunia ilmu pengetahuan tidak hanya matematika. logika.

dan bilangan yang kedua. sebuah titik bisa diwakili oleh sepasang bilangan yang merupakan jarak-jarak dari masing-masing sumbu. Konsep aljabar geometris diawali sejak tahun 300 S. notasi kalkulus yang digunakan oleh Leibniz (dx/dy) lebih banyak digunakan.5). misalnya. titik-titik di mana garis- garisnya berpotongan merupakan grafik dari penyelesaian persamaan itu (Wahyudin dan Sudrajat. dan gradiennya pada titik tertentu menunjukkan percepatannya. bilangan yang pertama yaitu 4 horizontal (x). Meskipun begitu. 2003: 22). dinamakan begitu setelah Descartes. Persamaan- persamaan dapat digunakan sebagai bentuk bidangnya. dan analisis data. Luas daerah di bawah kurva menunjukkan jarak yang ditempuh dalam bentuk tertentu. Rene Descartes (1596-1650) Menemukan dalam ilmu pasti ialah sistem koordinat yang terdiri atas dua garis lurus X dan Y dalam bidang datar. Walaupun secara jelas sudah diketahui secara umum banwa Leibniz memperoleh ide kalkulus sebagian dari membaca karya Newton. Garis X letaknya horizontal dan disebut axis atau sumbu X. ketika Euclide menggunakan bentuk tersebut untuk membuktikan hal-hal yang ada dalam bukunya. Koordinat Kartesius Kegunaan aljabar dalam geometri sekarang menjadi bagian dari sains. menggunakan dua buah sumbu yang berpotongan tegak lurus di titik asal O. yaitu 5 menunjukkan jarak pada sumbu vertikal (y). 2. Koordinat Kartesius dapat digunakan untuk menganalisis kurva. 2002) dalam Hardi (2016: 162). jika sebuah persamaan memiliki dua variabel.. jika memiliki tiga variabel. Pada saat menulis koordinat-koordinat seperti (4. digunakan untuk menangani gejala ontinu. Elements.M. Koordinat Kartesius. maka bentuknya dua dimensi. maka bentuknya tiga dimensi. sedangkan analisis kombinatorik untuk menangani gejala diskrit. sedangkan haris Y letaknya tegak lurus pada . pada pertengahan abad ke-17. Dalam hal pengembangan kalkulus. teknologi. akan tetapi sumbangannya terhadap kalkulus juga sangat signifikan. dan oleh karena itu ia tetap layak untuk disebut sebagai “father of the calculus” (Devlin. Koordinat Kartesius juga dapat membantu memecahkan persamaan-persamaan simultan. langkah terbesar telah diambil oleh Descartes dan Fermet. Dengan metode-metode mereka. dalam grafik kecepatan/ waktu.

tetapi Pascal menemukan bahwa banyak dari sifat-sifat segitiga dihubungkan dengan barisan-barisan dan deret-derer yang istemewa (Wahyudin dan Sudrajat. Pentingnya sistem yang dikemukakan oleh Descartes ini terletak pada hubungan yang diciptakannya antara ilmu ukur bidang datar dengan aljabar. 4. Pada 150 tahun terakhir. Karena sistem tersebut didasarkan pada dua garis lurus yang berpotongan tegak lurus. maka sistem koordinat itu dinamakan orthogonal coordinate system. Disiplin ilmu ini. Tiap titik dapat dinyatakan dengan dua koordinat Xi dan Yi. seorang matematikawan berkebangsaan Perancis yaitu Jules Henri Poincare (1854-1912) mengkaji bangun-bangun dengan cara yang sama sekali baru. misalnya untuk menguraikan benang- benang DNA yang rumit atau untuk merancang sirkuit chip silikon (Wahyudin dan Sudrajat. tetapi tidak dengan cara dilubangi atau ditambal. 2003: 154). sumbu X. Panjang garis dapat dinyatakan serupa dengan hukum pythagoras mengenai Hypothenusa. permukaan-permukaan kini dapat disimpangkan. 2010: 87). 5. Topologi Pada abad ke-19. Penemuan Descartes ini dinaman Analytic Geometri (Surajiyo. suatu segitiga (bangun yang tidak mempunyai lubang) memiliki bentuk dasar yang sama seperti segitiga atau pot bunga. dikenal sebagai topologi. Geometri Hiperbolik Topologi dapat digunakan untuk menghubungkan geometri Euclidean pada wujud-wujud geometrik yang baru. Dengan begitu. sebuah cangkir yang ada pegangannya (bangun dengan satu lubang) mempunyai bentuk yang sama seperti donat yang berlubang ditengah (Wahyudin dan Sudrajat. 2003: 154). para . 2003: 62). Segitiga aritmetika yang ditunjukkan disin telah dikenal selama 600 tahun. Di dalam studinya. 3. Segitiga Pascal Blaise Pascal (1623-1662) seoran Perancis yang merupakan keajaiban dalam dunia matematika. sekarang diterapkan dalam banyak bidang di luar matematika. Demikian juga. Kedudukan tiap titik dalam bidang tersebut diproyeksikan dengan garis-garis lurus pada sumbu X dan sumbu Y. jadi tanpa kehilangan bentuk dasarnya. tiap bangun itu bisa dibuat dengan membentuk kembali suatu bangun. Dengan demikian kedudukan tiap titik potong kedua sumbu menyusuri sumbu-sumbu tadi.

sebagai penghargaan yang diberikan kepada penemunya yaitu John Venn (1834-1923) seorang ahli matematika (logika) dari Inggris (Wahyudin dan Sudrajat. para ahli fisika telah memanfaatkan sistem-sistem ini untuk memahami sifat- sifat ruang. garis-garis sejajar dapat bertemu bahkan berpotongan (Wahyudin dan Sudrajat. Janos Bolyai (1802-1860). di dalam geometri non-Euclid. Tidak demikian halnya. Sistem mereka ini disebut “geometri non-Euclidean” yang merupkan matematika untuk ruang-ruang yang tampak ganjil di mana permukaan-permukaan yang paling sederhananya adalah melengkung. dan himpunan yang anggotanya Ahmad dan Hassan adalah himpunan bagian dari himpunan bagian dari himpunan orang-orang indonesia. Dalam hal ini kita memiliki premis bahwa himpunan orang-orang Indonesia adalah himpunan bagian dari himpunan orang-orang Asia. Di dalam geometri Euclid yang ada sejak dahulu. 2003: 174). 2003: 154-155). 7. khususnya ruang tidak beraturan yang menimbulkan Lubang- Lubang Hitam (Black Holes) (Wahyudin dan Sudrajat. Diagram himpunan tersebut dinamakan diagram Venn. Suatu kesimpulan bisa dideduksi lebih . 2003: 180-181). garis-garis yang sejajar tidak akan pernah bertemu. dan Gorg Riemann (1826-1866) sudah mengembangkan fakta yang diasumsi dalam geometri Euclidean. bukannya. Kerjanya yang paling revolusioner berkenaan dengan geometri non-Euclid. menemukan bilangan kompleks (misalnya. 6. seorang matematikawan berkebangsaan Jerman. Pada abad ke-20. matematikawan seperti Nicolai Lobachevsky. akar kuadrat dari bilangan negatif) dan menyumbang sains serta statistika. Aljabar Boole Para matematikawan seringkali menggunakan logika untuk menarik kesimpulan-kesimpulan dari premis-premis yang lebih komplek yang tidak dapat diselesaikan dengan intuisi. maka dapat disimpulkan bahwa himpunan yang anggotanya Ahmad dan Hassan adalah himpunan bagian dari himpunan orang-orang Asia. Diagram Venn Kita telah memiliki sebuah pegangan intuitif tentang prinsip-prinsip logika. Hubungan rangkaian logika dari himpunan bagian seperti di atas dapat digambarkan dengan memakai diagram himpunan. Geometri Non-Euclid Gauss (1776-1855). yang berkenaan dengan benda-benda pada bidang-bidang atau ruang biasa. 8. bukannya datar.

“DAN Q” adalah himpunan benda-benda yang bukan ikan tetapi merupakan hewan- hewan yang bisa berenang (Wahyudin dan Sudrajat. 10. yang diambil dari nama penemunya George Boole (1815- 1864). “ P dan Q” adalah ´ P himpunan ikan dan hewan yang bisa berenang. Sebab. Ia menunjukkan bahwa massa dari suatu benda meningkat pada saat kecepatannya meningkat. Sedangkan. dan Q adalah himpunan semua hewan yang bisa berenang. “NOT P” yang seringkali ditulis ´ P dengan berarti himpunan yang anggotanya bukan ikan. tetapi juga dapat menganalisanya dengan menggunakan cara-cara yang berbeda. Aljabar Boole dapat juga digunakan untuk mengetahui apa yang terjadi pada saat sejumlah fungsi- fungsi logika digunakan. 2003: 181). 2003: 276). Bentuk khusus dari aljabar itu disebut Aljabar Boole. Teori Relativitas Albert Einstein (1879-1955) adalah seorang ahli fisika Amerika kelahiran Jerman yang mengembangkan teori relativitas. Fungsi lainnya yang terdapat dalam logika adalah “AND” yng padanannya dalam ´ bahasa Indonesia adalah “DAN”. para matematikawan tidak hanya dapat menuliskan ide-ide logis. mudah dengan menggunakan diagram Venn. Salah satu fungsi terdapat dalam logika adalah “NOT” yang dalam bahasa Indonesia dipadankan dengan kata “bukan” atau “tidak”. Misalnya. Dengan teori ini muncul pemikiran bahwa massa dan energi adalah sebanding yang 2 ditunjukkan dengan persamaan yang terkenal: E=mc . Sebagai contoh. hubungan antara dua atau lebih himpunan-himpunan (Wahyudin dan Sudrajat. Sebuah bentuk khusus dari aljabar telah ditemukan untuk membantu para ahli matematika yang bekerja dengan pengambilan kesimpulan yang benar-benar komplek dan rumit. dengan adalah himpunan semua ikan. 9. Dengan menggunakan sistem ini. 2003: 181-182). Misalnya. kita bayangkan dua buah himpunan P ´ P dan Q. meskipun tidak ada satupun benda yang dapat melaju lebih cepat dari kecepatan cahaya karena massanya menjadi tak hingga (Wahyudin dan Sudrajat. Probabilitas .

Seorang ahli matematika Perancis. Girolamo Cardano. Dalam buku ini. 11. kerusakan mesin. ahli-ahli statistika dapat mengestimasi kemungkinan dari kejadian-kejadian tertentu yang akan terjadi dengan menggunakan probabilitas (Wahyudin dan Sudrajat. seperti kecelakaan. ia menjelaskan bagaimana caranya untuk meningkatkan peluang penarikan kartu tertentu dari sebuah kotak kartu dengan cara menggosoknya dengan sabun (Wahyudin dan Sudrajat. juga merupakan seorang profesor dalam bidang matematika. ia tidak hanya membicarakan kemungkinan untuk memenangkan permainan saja tetapi juga menyarankan cara-cara menarik untuk bermain curang. Misalnya. dan kerusakan akibat cuaca yang buruk (Wahyudin dan Sudrajat. Cardano menghitung probabilitas dari pelemparan dadu tertentu dan probabilitas dari penarikan kartu As dari sekotak kartu. 2003: 284). Mereka berharap bahwa pemahaman mengenai probabilitas dapat meningkatkan peluang mereka untuk memenangkan permainan yang mereka lakukan. Meskipun teori yang mereka buat hanya berhubungan dengan kejadian-kejadian yang paling sering muncul. seorang matematikawan Jerman yang kontribusinya yang terkenal adalah mengkreasi aksioma kesejajaran yang berbeda dengan aksiomanya . Geometri Riemann Georg Friedrich Bernhard Riemann (1826-1866). Pascal juga tertarik mengenai probabilitas dari kejadian-kejadian yang jarang muncul. 2003: 284). Terutama. Sekarang kita menggunakan probabilitas yang Pascal kembangkan untuk mempelajari keajaiban-keajaiban yang jarang muncul dari berbagai macam kejadian. Blaise Pascal (1623-1662) juga tertarik mengenai masalah probabilitas ini. 2003: 284-285). Salah seorang penjudi. Meskipun hampir tidak satupun yang pasti mengenai masa depan kita. Ia memperlihatkan hasil kerjanya dalam bukunya yang berjudul Ludo Aelae (Book of Games of Chance). Banyak dari para ahli matematika yang pertama kali mengembangkan teori probabilitas sebenarnya orang-orang yang senang berjudi. ia berharap dapat mencari tahu probabilitas dari kejadian-kejadian yang mungkin terjadi dan membuat sebuah teori khusus mengenai probabilitas dari kejadian-kejadian semacam ini. ia bekerja sama dengan teman ahli matematika Perancis lainnya Pierre de Fermat untuk mengembangkan teori yang lengkap mengenai probabilitas.

to every definite cut there corresponds a definite rational or irrational number . 1996) dalam Hardi (2016: 159). Irisan Dedekind Julius Wilhelm Richard Dedekind (1831-1916) adalah seorang matematikawan Jerman yang juga murid Gauss. we have to do with a cut produced by no rational number. we create a new irrational number. Kalau geometri hiperbolik mengganti aksioma kesejajaran Euclides yang menyatakan bahwa “Hanya ada satu garis sejajar terhadap suatu garis tertentu yang melalui suatu titik yang tidak terletak pada garis tertentu itu” dengan “Ada paling tidak dua garis sejajar sengan suatu garis tertentu yang melalui suatu titik tertentu yang di luar garis tertentu tersebut”. sehingga elemen-elemen S1 lebih kecil dari semua elemen S2 dan S1 tidak memuat elemen terbesar (Courant and Robbins. .. 2013). maka irisan itu berkorespondensi dengan bilangan rasional d. Dedekind menyatakan bahwa Whenever. sebuah irisan Dedekind adalah sebuah partisi dari himpunan bilangan rasional ke dalam dua bagian yang tidak kosong sebut S1 dan S2. Pengembangan Riemann menghasilkan “Geometri Riemann” atau geometri eliptik.. 12. then. wich we regard as completely defined by this cut . 1978). teori bilangan. problem Riemann-Hilbert. Dalam matematika. Ia memberi kontribusi kepada matematia dalam aljabar abstrak. yang ikut menentukan terhadap Teori Relativitas Einstein (Gray. Euclides. therefore. 2014).. 2016: 159). maka Riemann mengganti dengan “Tidak ada garis sejajar” (Prenowittz dan Jordan. manipol Riemann. teorema Riemann- Roch. dan landasan pada analisis real. . Riemann memberi banyak kontribusi terhadap matematika. S1 memuat semua bilangan rasional yang lebih kecil dari d dan semua bilangan yang lebih besar dari d termuat di S 2. sehingga namanya dikaitkan dengan beberapa unsur dalam matematika.. teorema pemetaan Riemann. persamaan Cauchy-Rieman. dsb (Hardi. Jika ada bilangan rasional terkecil di S2 (sebut d). Section IV. Dalam analisis real dikenal istilah “irisan Dedekind” (Dedekind cut). Ia memperluas geometri hiperbola yang bekerja dengan permukaan yang lekukannya tidak seragam (Rooney. From now on. Dalam Continuity and Irrational Numbers. seperti integral Riemann. Suatu irisan irasional q meletakkan bilangan irasional q tidak di S 1 maupun S2.

Siswa mendapatkan kesenangan/kepercayaan diri dengan memastikan bahwa mereka bukan satu-satunya yang dihadapkan dengan masalah matematika. 2. Meningkatkan aspek humanistis matematika. D. variasinya tetap dengan pola yang sama. Mandelbrot menyadari bahwa semua permasalahan tersebut berhubungan satu sama lain. dan a tidak memiliki anggota besar (Hardi. yang telah membantu para matematikawan untuk menganalisis ketidakteraturan dalam berbagai sistem. 3. Mengubah persepsi siswa terhadap matematika ke arah yang positif. sedemikian hingga S1 tertutup menurun (“untuk semua a di S1. 2003: 197). tetapi pada saat pola-pola tersebut berubah menjadi elemen- elemen yang lebih kecil. sebuah pola yang dibuat dengan cara memasukkan sebuah persamaan ke dalam komputer secara berulang-ulang. berasal dari namanya (Wahyudin dan Sudrajat. Meningkatkan motivasi dalam belajar. seorang matematikawan Amerika. Mandelbrot set. sebuah buku yang penuh dengan grafik komputer yang indah yang mengilustrasikan prinsip-prinsip geometri fraktal dalam bentuk visual. suatu irisan Dedekind adalah suatu partisi dari himpunan terurut secara total (totally ordered set) ke dalam dua bagian yang tidak kosong (sebut S1 dan S2). Geometri Fraktal Mandelbrot (lahir tahun 1924). Secara umum. 2016: 159-160). Subjek-subjek penelitiannya mulai dari fluktuasi di pasar saham sampai kepada masalah- masalah linguistik dan kumpulan-kumpulan galaksi (Wahyudin dan Sudrajat. Di bawah ini beberapa manfaat yang berkaitan dengan temuan matematika pada zaman modern di sekolah yang dapat diambil. Mereka menunjukkan pola-pola perubahan yang acak. Pada tahun 1975 ia menerbitkan buku The Fractal Geometry of Nature. berlaku jika x≤a maka x berada di S1”). yaitu: 1. Implementasi untuk pendidikan matematika Banyak manfaat yang dapat diambil dari mengenal penemuan matematika dan tokohnya dalam pembelajaran. mengembangkan sebuah cabang matematika yang dinamakan geometri fraktal. . S2 tertutup mengatas. Ia memulai peneltianya pada saat menyelesaikan permasalahan di perusahaan komputer IBM. 2003: 197). 13. 4.

2. Menginformasikan sejarah untuk mengubah image siswa tentang matematika Ini artinya guru dapat menggunakan sejarah matematika yang bernilai positif. Euler (1707–1783). Memanfaatkan Sejarah Matematika di Sekolah Sesungguhnya sangat banyak cara yang dapat ditempuh sesuai dengan tujuan apa yang kita inginkan. Tentang kisah hidup matematikawan memang agak jarang di buku-buku resmi. Gauss (1777–1855). 10. 9. 6. Blaise Pascal (1623–1662). sbb: 1. 8. Dengan menyelami sejarah membantu menopang ketertarikan dan kegembiraan siswa. Contohnya cara penyelesaian yang diberikan para matematikawan. Dengan membandingkan terhadap teknik-teknik kuno. dengan cepat. Memberikan kesempatan untuk bekerja lintas kurikulum dengan guru lain atau subjek lain. kegunaan matematika di berbagai bidang ilmu. . tetapi tidak berarti tidak tersedia di pasaran. mudah. dapat memberikan nilai lebih pada teknik modern. dan soal-soal dari matematikawan. Membantu mengembangkan pendekatan yang multikultural. Menggunakan sejarah matematika sebagai sumber masalah/soal Banyak masalah matematika dari sejarah yang dapat menjadi sumber pembelajaran atau pelengkap pembelajaran. Mengurangi kesan bahwa matematika itu menakutkan. Beberapa yang dapat disebutkan antara lain: Descartes (1596-1650). Newton (1642–1727). Furinghetti (1997) menyarankan suatu taksonomi penggunaan sejarah matematika dalam pembelajaran.5. seperti semangat para matematikawan dan kisah hidupnya yang menarik. 7. dan gratis. Membantu menjelaskan peranan matematika dalam masyarakat. Guru pun dapat mengakses internet untuk memperoleh informasi tsb. serta persoalan- persoalan yang menarik dari sejarah matematika. semisal tentang teka-teki dan permainan.

penggunaan soal yang memuat penggunaan FPB dan KPK dari sejarah matematika sebagai sumber pembelajaran tentang FPB dan KPK. Menggunakan sejarah matematika sebagai aktivitas tambahan. Menggunakan sejarah matematika sebagai pendekatan alternatif mengenalkan konsep matematika Masalah-masalah berupa soal dari sejarah matematika dapat menjadi pendekatan alternatif pembelajaran konsep matematika (problem based learning). contohnya dalam sejarah matematika orang mulai mengenal bilangan asli. penggunaan sifat bilangan 9 dari al-Khowarizmi. Beberapa sumber dapat disebutkan: saringan erastotenes untuk menemukan bilangan prima. Ramanujan. dan lainnya. bukti teorema Pythagoras dalam segitiga secara geometris. dan lain-lain. 4. serta masih banyak lagi topik sejarah lainnya. pembelajaran bilangan dapat dimulai dari pengenalan bilangan asli. baru kemudian bilangan irasional. lalu pecahan positif. gambar-gambar matematis dari sejarah matematika. dan kemudian baru pengenalan . bilangan nol (atau cacah). lalu bilangan negatif dan nol. sejarah tentang ukuran dan ketelitian bangunan piramida di Mesir. hingga kegiatan eksplorasi dan eksperimen semacam mencoba teknik berhitung dari Brahmagupta. penemuan pecahan desimal oleh al-Kasyi. Contohnya. 3. Dapat pula kronologis konsep matematika dalam sejarah menjadi alur dalam penyampaian konsep matematika di kelas. lalu bilangan negatif (atau bulat). Aktivitas tambahan dari sejarah matematika perlu dicoba untuk menambah kegairahan anak dalam belajar matematika. lalu bilangan pecahan positif. Tsu Chung Chih. penemuan bilangan Pi oleh Archimedes. metode Fang Ceng di Cina yang ekuivalen dengan metode Gauss-Jordan. penggunaan Batang Napier dalam konsep perhitungan (perkalian). Dengan demikian. determinan dari Seki Kowa. sejarah Lou-Shu dari Cina dalam bentuk bujursangkar ajaib untuk melatih keterampilan berhitung dan penalaran. mulai dari yang sederhana semisal melukis atau mencetak poster matematikawan.

E. 3. Broad Outline (garis besar yang penting). Janos Bolyai (1802-1860). Anecdotes (cerita yang menyenangkan). dan 4. Bagaimana cara pemanfaatannya. Sementara Siu Man-Keung (1997) menyatakan terdapat empat level penggunaan contoh ilustrasi dalam sejarah matematika dalam pembelajaran di kelas yaitu: 1. Development of mathematical ideas (pengembangan gagasan matematika). Di masa ini para ahli matematika membuat karya-karya yang berpengaruh dan tak ternilai harganya. Geometri Hiperbolik: Nicolai Lobachevsky. Hanya saja untuk dua level yang terakhir. Terlihat bahwa dua level yang pertama merupakan level yang cocok untuk pembelajaran di SD. Kesimpulan Abad ke-17 merupakan awal matematika modern dimana para matematikawan Eropa mulai berani muncul setelah era kegelapan dalam ilmu pengetahuan pada beberapa sebelumnya. maupun SMA. perlu kehati-hatian dalam menerapkan di sekolah. tentu tidak jauh berbeda dari yang telah dipaparkan di atas. Content (materi yang detail). dan Gorg Riemann (1826-1866) 6. Topologi: Jules Henri Poincare (1854-1912) 5. Teori Relativitas: Albert Einstein (1879-1955) . Tetapi tentu hal ini membutuhkan penyesuaian dalam hal penyajian materi. 2. Beberapa temuan matematika beserta penemunya: 1. Geometri Non-Euclid: Gauss (1776-1855) 7. bilangan irasional. SMP. Segitiga Pascal: Blaise Pascal (1623-1662) 4. karena pemanfaatan sejarah matematika pada dua level terakhir tersebut menuntut kecermatan dan pemikiran yang lebih tajam yang cocok untuk sekolah menengah lanjutan (SMP) atau umum (SMA). Aljabar Boole: George Boole (1815-1864) 9. Koordinat Kartesius: Rene Descartes (1596-1650) 3. Kalkulus: Sir Isaac Newton (1642-1727) dan Gottfried Wilhem von Leibniz (1646-1716) 2. Diagram Venn: John Venn (1834-1923) 8.

files. Nia.pdf.com/courses/filsafat-ilmu/jurnal/. Surajiyo. 2016. Sejarah Perkembangan Ilmu pada Masa Modern [Online]. Wahyudin dan Sudrajat. Diakses 10 Januari 2017. Geometri Fraktal: Mandelbrot (lahir tahun 1924) Daftar Pustaka Burhanuddin. 2003. Kurniati. 2010. 2012. Probabilitas: Blaise Pascal (1623-1662) 11. Afid.com/2012/05/sejarah- perkembangan-ilmu-pada-masa-modern_gesah_oke.wordpress. Pengantar Fislafat Matematika. Suyitno. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Tarity Samudra Berlian. Hardi. Yogyakarta: Magnum. Tersedia: https://afidburhanuddin. Diakses 10 Januari pukul 15:39. 10. Tersedia: https://niakurniati021. Jakarta: Bumi Aksara. . 2013. Ensiklopedi Matematika dan Peradaban Manusia. pukul 17:19. Irisan Dedekind: Julius Wilhelm Richard Dedekind (1831-1916) 13.wordpress. Perkembangan Ilmu Pengetahuan [Online]. Geometri Riemann: Georg Friedrich Bernhard Riemann (1826-1866) 12.

LAMPIRAN .