You are on page 1of 6

Kepada Yang Terhormat 06 Juni 2016

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Mamuju
Dalam Perkara Nomor: PDM-108/Byl/Ep.2/06/2016
Di Mamuju

Perihal : Keberatan (Eksepsi) Terhadap Surat Dakwaan Penuntut Umum Nomor:
PDM-108/Byl/Ep.2/06/2016 Tanggal 02 Juni 2016 Atas Nama Terdakwa
Mohamad Ro’is Fitalian als. Rio Bin Wagiyo

Dengan Hormat,
Perkenankan pada kesempatan ini kami untuk dan atas nama Klien kami,
Mohamad Ro’is Fitalian als. Rio Bin Wagiyo menyampaikan keberatan atau eksepsi
atas Surat Dakwaan Penuntut Umum Nomor: PDM-108/Byl/Ep.2/06/2016 Tanggal
02 Juni 2016, yang dibacakan pada hari Selasa Tanggal 06 Juni 2016.
Pertama-tama kami sampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan
yang tinggi atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk menyampaikan
keberatan atau eksepsi ini, yang merupakan upaya untuk mencermati perkara ini
dari awal pemeriksaan. Mengingat perkara yang kita hadapi ini mendapat sorotan
dan perhatian yang luas dari masyarakat.

Majelis Hakim yang kami muliakan,
Sdr. Penuntut Umum yang kami hormati

Eksepsi atau keberatan yang kami sampaikan ini, bukan bentuk dari sikap
gagah-gagahan, bukan pula sebagai bentuk untuk tampil beda, jauh pula dari sikap
pamer pengetahuan dan sikap kritis. Eksepsi ini sepenuhnya kami maksudkan
sebagai upaya konkret kami tim penasihat hukum TERDAKWA untuk melihat
perkara ini secara utuh.
Pada dasarnya Saudara Penuntut Umum menghadirkan TERDAKWA ke
persidangan ini tidak lain bertujuan untuk menemukan kebenaran formal dan
material terhadap adanya dugaan suatu pelanggaran hukum pidana

1

06 Juni 2016..dst... Majelis Hakim yang kami muliakan. Oleh karena itu. Uraian secara cermat.. Sdr. karena hakekat keberadaan hukum adalah untuk menegakkan keadilan... yang hendak kami ajukan sebagai catatan di dalam persidangan ini adalah adanya pemaksaan kehendak dari Penyidik (POLRI) atau Penuntut Umum untuk membawa dan mengajukan TERDAKWA ke Persidangan ini di wilayah hukum Pengadilan Negeri Mamuju dengan cara mengajukan rekayasa alasan yang berlebihan pada isi Surat Dakwaan Kesatu atau Dakwaan Kedua kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Mamuju dan terdapat alasan-alasan yang berlebihan tersebut jelas merupakan bentuk pelanggaran hukum acara pidana. dan bukan untuk melanjutkan melampiaskan kebencian dan/atau dendam yang dirasakan oleh saksi korban. untuk itu perkenankanlah kami Tim Penasihat Hukum Terdakwa Mohamad Ro’is Fitalian als... Memperhatikan ketentuan yang diatur dalam Pasal 143 ayat (2) huruf b. Penuntut Umum yang kami hormati Keberatan (Eksepsi) terhadap Surat Dakwaan penuntut umum yang kami ajukan ini merupakan keberatan (Eksepsi) dalam hal: 2 . Pada persidangan Selasa.. Pasal 143 ayat (2) huruf b menyatakan bahwa: Penuntut umum membuat surat dakwaan yang diberi tanggal dan ditandatangani serta berisi: . b. dan ayat (3) KUHAP.. Saudara Penuntut Umum telah membacakan Surat Dakwaan.... Pasal 143 ayat (3) menyatakan bahwa: Surat dakwaan yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) huruf b batal demi hukum. jelas dan lengkap mengenai tindak pidana yang didakwakan dengan menyebutkan waktu dan tempat tindak pidana itu dilakukan. Rio Bin Wagiyo mengemukakan alasan- alasan keberatan (eksepsi) sebagaimana ditentukan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (“KUHAP”)..

Rio Bin Wagiyo Tempat lahir : Mamuju Umur/tanggal lahir : 28 tahun/23 September 1987 Jenis kelamin : Laki-laki Kewarganegaraan : Indonesia Tempat tinggal : Jl. RW. IDENTITAS TERDAKWA Nama lengkap : Mohamad Ro’is Fitalian als. RT. Mamuju Ulu. Nama lengkap. 002. agama dan pekerjaan tersangka.1.001/. Baran Nongko. Mamuju Ulu. Kota Mamuju Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Pendidikan : SMA” maka jelas terdapat kesalahan yang nyata dalam penyebutan identitas TERDAKWA mengenai: “Tempat tinggal: Jl.Kecamatan Mamuju. Kota Mamuju” yang semestinya tertulis: “Tempat tinggal: Jl.001/. Kabupaten Mamuju” 3 . RW. jelas dan tegas mendakwakan: “A. jenis kelamin.” (vide Pasal 143 ayat (2) huruf a KUHAP) Dihubungkan dengan dakwaan Jaksa Penuntut Umum yang secara sadar. tempat tinggal. RT. RW. 002. kebangsaan. tempat lahir. Baran Nongko. Barann Nongko. umur atau tanggal lahir. Eksepsi tentang Dakwaan Tidak Dapat Diterima Eksepsi ini merupakan eksepsi mengenai dakwaan Jaksa Penuntut Umum yang tidak memenuhi syarat yang diminta dalam Pasal 143 ayat (2) huruf a KUHAP Adanya pun hal yang menyebabkan dakwaan tidak dapat diterima adalah: “Pasal 143 ayat (2) huruf a Penuntut umum membuat surat dakwaan yang diberi tanggal dan ditandatangani serta berisi: a. RT. 002.001/.

dan jam) tindak pidana tersebut dilakukan. tanggal. tegas dan detail mengenai relevansi kausalitas antara kronologis dan unsur-unsur tindak pidana yang di dakwakan oleh Jaksa Penuntut Umum kepada TERDAKWA. Eksepsi tentang Dakwaan Batal Demi Hukum Eksepsi ini merupakan eksepsi mengenai dakwaan Jaksa Penuntut Umum yang tidak memenuhi syarat yang diminta dalam Pasal 143 ayat (2) huruf bdan Pasal 143 ayat (3) KUHAP yang menyatakan bahwa: Pasal 143 ayat (2) huruf b: “Penuntut umum membuat surat dakwaan yang diberi tanggal dan ditandatangani serta berisi: b. tegas dan detail tentang dimana dan kapan tindak pidana tersebut dilakukan quod non. 2. tegas dan detail mengenai kapan (tahun. Dakwaan Jaksa Penuntut Umum harus dinyatakan tidak dapat diterima.Sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk TERDAKWA dengan NIK: 3172061801810006 (Vide bukti KTP TERDAKWA). Seandainyapun Jaksa Penuntut Umum menyatakan dengan jelas. tegas dan detail tentang dimana tindak pidana tersebut dilakukan quod non tetap saja Jaksa Penuntut Umum tidak menguraikan secara jelas. Mengingat bahwa locus delicti dan tempus delicti merupakan unsur materil yang harus dipenuhi dalam surat dakwaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 143 4 . bulan. tetap saja dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum tidak terdapat satu butir kata pun yang menguraikan secara jelas. Dan seandainyapun Jaksa Penuntut Umum sudah menyatakan dengan jelas. uraian secara cermat. hari. Maka berdasarkan dalil-dalil tersebut di atas. jelas dan lengkapmengenai tindak pidana yang didakwakan dengan menyebutkan waktu dan tempat tindak pidana itu dilakukan Pasal 143 ayat (3) “Surat dakwaan yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) huruf b BATAL DEMI HUKUM” Seandainya benar TERDAKWA memenuhi unsur-unsur dalam tindak pidana penggelapan quod non sesuai dengan dalil tersebut di atas tidak terdapat satu butir kata pun yang menyatakan dengan jelas dan tegas tentang dimana tindak pidana tersebut dilakukan.

Penuntut Umum yang kami hormati 5 . Dakwaan Jaksa Penuntut Umum harus dinyatakan batal dan/atau gugur demi hukum. namun pada penerapannya Tim Penasehat Hukum melihat dengan jelas dan gamblang bahwa pada nyatanya Jaksa Penuntut Umum tidak cermat dalam menyusun surat dakwaan yang ditujukan kepada TERDAKWA.ayat (2) huruf b. Jangan sampai terjadi unsur delik yang tidak dirumuskan secara lengkap atau tidak diuraikan perbuatan materilnya secara tegas dalam dakwaan. tempus delicti serta relevansi kausalitas antara kronologis dan unsur-unsur tindak pidana yang dimuat dalam dakwaannya. Maka berdasarkan dalil-dalil tersebut di atas. sehingga berakibat perbuatan itu bukan merupakan tindak pidana menurut undang-undang). Adanya pun yang menjadi dasar bagi Tim Penasehat Hukum untuk menyatakan surat dakwaan yang dibuat oleh Jaksa Penuntut Umum dan ditujukan kepada TERDAKWA merupakan sesuatu produk yang tidak lengkap adalah Jaksa Penuntut Umum tidak memuat sebutir kata pun dalam dakwaannya yang menguraikan secara lengkap dan detail mengenai locus delcti. Lengkap adalah uraian surat dakwaan harus mencakup semua unsur-unsur yang ditentukan undang-undang secara lengkap. Sdr. Kesimpulan Adalah suatu hal yang patut bahwa surat dakwaan harus dibuat secara: Cermat adalah ketelitian Jaksa Penuntut Umum dalam mempersiapkan surat dakwaan yang didasarkan kepada Undang-Undang yang berlaku serta tidak terdapat kekurangan atau kekeliruan yang dapat mengakibatkan batalnya surat dakwaan atau tidak dapat dibuktikannya surat dakwaan sehingga dakwaan dinyatakan tidak dapat diterima. maka dengan tidak terpenuhinya unsur materil tersebut Dakwaan Jaksa Penuntut Umum harus dinyatakan batal dan/atau gugur demi hukum. namun pada penerapannya Tim Penasehat Hukum melihat dengan jelas dan gamblang bahwa pada nyatanya Jaksa Penuntut Umum tidak lengkap dalam menyusun surat dakwaan yang ditujukan kepada TERDAKWA. Majelis Hakim yang kami muliakan.

2/06/2016 Tanggal 02 Juni 2016 atas nama Mohamad Ro’is Fitalian als. 6. Rio Bin Wagiyo untuk seluruhnya. Rio Bin Wagiyo.PDM- 108/Byl/Ep. Menerima keberatan (eksepsi) dari Tim Penasihat Hukum Terdakwa Mohamad Ro’is Fitalian als. Memerintahkan kepada Penuntut Umum agar membebaskan Terdakwa Mohamad Ro’is Fitalian als. 5. maka kami Tim Penasihat Hukum Terdakwa Mohamad Ro’is Fitalian als. Rio Bin Wagiyo dari tahanan.H. 6 . M. 3. S. TIM PENASEHAT HUKUM TERDAKWA ARIA PERKASA UTAMA. Menyatakan Surat Dakwaan Penuntut Umum Nomor: PDM. 4. Menyatakan dihentikannya pemeriksaan terhadap perkaraa quo. Rio Bin Wagiyo. mohon kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Mamuju yang memeriksa dan memutus perkara a quo untuk memberikan putusan : 1.H. Rio Bin Wagiyo batal demi hukum dan/atau gugur demi hukum dan/atau setidak-tidaknya tidak dapat diterima. 2. Membebankan biaya perkara kepada negara. Menyatakan Kamar Pidana Pengadilan Negeri Tulungagung tidak berwenang mengadili perkara Terdakwa Mohamad Ro’is Fitalian als. Bahwa berdasarkan uraian-uraian yang telah disampaikan dalam keberatan (eksepsi) ini. Hormat Kami..