You are on page 1of 12

PENGELOLAAN WAKTU SECARA PRODUKTIF

1. Pengertian Pengelolaan Waktu Secara Produktif

Manajemen waktu merupakan alat yang
efektif untuk membantu seseorang maupun
organisasi meraih sasarannya sehingga penting
untuk memahami dan mengamalkan ilmu
manajemen waktu. Bagaimanapun juga, waktu
adalah karunia Allah SWT yang bersifat tidak
dapat disimpan, tidak dapat diulang, dan tidak
dapat dihentikan.

Jadi, pengelolaan waktu secara produktif
adalah mengelola waktu dengan sebaik-baiknya
dan tidak menyia-nyiakan waktu karena waktu
tidak dapat disimpan, tidak dapat diulang,
dan tidak dapat dihentikan.

2. Tujuan Pengelolaan Waktu Secara Produktif

Tujuannya adalah :

 Membantu kita untuk berkerja lebih efektif
dengan skala prioritas.

4. Menjauhkan kita dari stress kita dapat mengontrol setiap tugas dan tenggat waktunya  Membuat kita lebih produktif (dapat menghindari hambatan dan gangguan yang menghalangi dari tujuan). Prinsip Manajemen Waktu Untuk dapat mengelola waktu dengan tepat.  Prioritaskan kembali tugas yang tersisa berdasarkan informasi baru yang terkait. Menentukan Urutan Prioritas . maka diperlukan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar manajemen waktu agar lebih berhasil dan berdaya guna. 3. Berikut ini prinsip dasar manajemen waktu yang penting diperhatikan :  Sediakan waktu untuk perencanaan dan menetapkan prioritas  Selesaikan tugas berprioritas tinggi sesegera mungkin dan tuntaskan tugas sebelum mulai tugas yang lain.

dan dideteksi mana yang menjadi prioritas utama. 4. yang ingin dicapai. dan juga pribadi. Untuk kegiatan-kegiatan rutin dan berjangka tentunya sudah bisa direncanakan.1. yaitu melaksanakan pekerjaan dan tugas- tugas berdasarkan urutan kepentingannya. sosial. berjangka pendek. Prioritas Kegiatan Setiap hari kita melakukan berbagai kegiatan. sumber daya. yang kita inginkan. . Sementara waktu yang kita miliki sangat terbatas. baik yang berkaitan dengan pekerjaan. yang perlu dilakukan. sekolah. Kegiatan-kegiatan ada yang berjangka panjang. dan ada pula yang mendesak/darurat. keluarga. juga waktu yang terbatas. rutin. tidak ada jalan lain selain membuat skala prioritas. Akan tetapi sering kita dihadapkan pada pilihan-pilihan karena kemampuan. Orang- orang yang berhasil adalah orang-orang yang bisa mengorganisir diri mewujudkan cita-citanya dalam alokasi waktu yang ada.MENYUSUN PRIORITAS Mengapa kita perlu menyusun prioritas? Dalam hidup banyak hal yang kita hadapi.

1. . semangat dan idenya muncul justru pada saat terakhir. Namun banyak resiko yang mendadak muncul sebagai hambatan dan dapat mengakibatkan tugas tidak selesai. Namun kegiatan-kegiatan darurat yang muncul di luar rencana pun sering datang tanpa diduga dan mengacaukan pengelolaan waktu yang telah diatur. data hilang. Kelompok 1: Kegiatan Penting Mendesak Kegiatan yang termasuk dalam kelompok ini adalah kegiatan penting yang harus segera dilakukan. terkena virus atau sakit mendadak. antara lain mendadak komputer error. Contohnya: mengantar keluarga yang kecelakaan ke rumah sakit. karena umumnya berkaitan dengan rencana pencapaian tujuan dalam hidup. Dalam kelompok ini juga ada kegiatan-kegiatan yang diakibatkan karena kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.disusul dengan prioritas-prioritas berikutnya. dikenal dengan istilah SKS (Sistem Kebut Semalam).1. Ada juga kelompok orang-orang yang justru bisa bekerja di bawah tekanan. tidak bisa ditunda pada lain waktu. Berikut ini adalah pengelompokkan kegiatan berdasarkan tingkat kepentingan dan waktu pelaksanaannya: 4.

olahraga terjadwal dan sebagainya. Contoh: relaksasi. kelelahan. dan prestasi biasa-biasa saja. mengerjakan tugas lebih awal. Kelompok 2: Kegiatan Penting Tidak Mendesak Kegiatan dalam kelompok ini mencakup kegiatan- kegiatan penting yang dapat dilakukan secara bertahap. rutin. tidak akan terlalu mengganggu pencapaian target-target lainnya. menetapkan prioritas. namun jika TIDAK MENDESAK akibatnya godaan untuk menunda pekerjaan juga tinggi. Orang-orang yang berada pada kelompok ini adalah orang-orang yang memiliki visi. 4. mempunyai prioritas dalam hidupnya. Mereka akan melakukan perencanaan dalam mencapai visinya. konsisten dan disiplin menjalani rencana kerjanya. Meskipun semua kegiatannya penting. Kesulitan memasuki kelompok ini adalah tetap komit. dan terjadwal sehingga apabila muncul kegiatan darurat. . dan menyelesaikan sisanya kemudian.2. mengakibatkan stress.1. mengerjakan yang penting terlebih dahulu.Kebiasaan bekerja dalam kelompok ini.

Umumnya kegiatan ini datang tanpa direncanakan dan sulit dihindari. tidak mempunyai . menemani teman. tetapi kunci kegagalan adalah berusaha menyenangkan semua orang”. kurang memiliki kemampuan untuk menyampaikan pikiran. Kelompok 3: Kegiatan Tidak Penting Mendesak Kegiatan-kegiatan dalam kelompok ini adalah kegiatan- kegiatan tidak penting yang terpaksa dilakukan. mengantar kakak. Orang-orang yang berada dalam kelompok ini termasuk orang yang selalu berusaha membuat orang lain senang dan biasany tidak memiliki sikap asertif. dan keinginannya kepada orang lain. prestasi rendah. dan sebagainya. perasaan.1.3. tidak memiliki kemampuan untuk mengatakan tidak. dan berprestasi tinggi.Orang-orang yang berada dalam kelompok ini akan hidup terkendali. Orang- orang yang berada dalam kelompok ini hidupnya kurang disiplin. tanpa merugikan diri sendiri. seimbang. Bill Cosby mengatakan (dalam 7 Habits of Highly Efektif Teens) ‘Saya tidak tahu kunci sukses. Kelompok ini merupakan kelompok terburuk. Misalnya menerima dan menemani tamu. 4.

Orang yang hidup dalam kelompok ini berakibat malas dan tidak bertanggung jawab. 4. 5 tahun ke depan.tujuan hidup. Langkah-langkah Menyusun Prioritas Periksa kembali tujuan-tujuan besar dalam hidup Anda beserta target waktu pencapaiannya. Kegiatan-kegiatan Utama yang . Tujuan-tujuan besar mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama. menonton televisi dan tidur secara berlebihan.4. 3 tahun.1.  Pencapaian tujuan-tujuan besar dapat dipecah menjadi tujuan-tujuan kecil yang dikerjakan secara bertahap. bereputasi sebagai penyenang orang lain tetapi dianggap sebagai keset kaki. Contohnya.2. Membuat Rencana Mingguan membantu Anda untuk fokus pada penyelesaian. 4. Kelompok 4: Kegiatan Tidak Penting Tidak Mendesak Kegiatan dalam kelompok ini adalah kegiatan yang dilakukan secara berlebihan dan mengakibatkan tingkat kepentingannya rendah. Tuliskan apa saja yang akan di kerjakan dalam 1 minggu ke depan. antara 1 tahun.

menunjang tujuan Anda. Evaluasi Penggunaan Waktu Mengevaluasi Penggunaan Waktu Kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran (John M. 4.3. Beberapa hal yang perlu diwaspadai adalah:  Zona nyaman serta zona berani  Ketakutan menjadi penghambat  Bangkit lagi ketika gagal  Menaklukkan cobaan  Tidak berani berkata TIDAK 5. dan dengan sendirinya Anda akan mencapai lebih banyak. Faktor Penghambat Penetapan Prioritas Banyak hal yang dapat mengganggu terlaksananya kegiatan-kegiatan utama dalam proses pencapaian tujuan Anda. . Echols dan Hasan Shadily: 1983).

skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian. Jadi mengevaluasi waktu berarti kita akan mengevaluasi hal-hal yang telah dan kelak akan dilakukan. Evaluasi Pemanfaatan Waktu Sehari Untuk mengenali bagaimana cara memanfaatkan waktu dalam sehari. Berapa jam yang dimanfaatkan untuk bekerja optimal? . positif atau negatif atau merupakan gabungan dari keduanya. Berapa jam yang digunakan untuk melakukan perencanaan? 2. perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian. maka kita dapat mengevaluasi kegiatan dengan bertanya kepada diri sendiri. Saat sesuatu dievaluasi biasanya orang yang mengevaluasi mengambil keputusan tentang nilai atau manfaatnya Waktu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses. Dalam hal ini. antara lain: 1.Evaluasi adalah proses penilaian. Penilaian ini bisa menjadi netral.

Berapa jam yang digunakan untuk beristirahat. Berapa jam yang dimanfaatkan untuk perjalanan menuju tempat bekerja dan pulang kembali ke rumah? 5. memahami. dan bersantai (sejenak)? 6. ngobrol yang tak perlu dan lain sebagainya) dan mana yang kekurangan porsinya (misalnya membaca Quran. Berapa jam yang digunakan untuk membaca. mempelajari teknik-teknik baru untuk memudahkan penyelesaian tugas). maka kita dapat mengenali bagaimana penggunaan waktu dalam sehari sehingga dapat menemukan hal-hal mana saja yang menurut kita berlebihan porsi waktunya (misalnya makan terlalu lama. Dan berapa jam yang digunakan untuk masyarakat sekitar (Personal Social Responsibility)? Dengan melakukan evaluasi manajemen waktu. Hal ini menegaskan pula mengenai pengefektivan waktu yang digunakan. berolahraga. Berapa jam yang dimanfaatkan untuk keluarga? 7.karena selain dalam surat . dan berbagi atas suatu pengetahuan dan pengalaman (belajar)? 4.3.

. supaya kamu merasa senang. dalam sehari? 24 jam. Bila sumber daya waktu ini dianugerahkan sama persis kepada semua orang. dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu. sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari. seperti ilmuwan penemu listrik Thomas Alva Edison. Alloh SWT juga berfirman dalam surat Thaha ayat 130 : “Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan. 168 jam seminggu.” Penyita Waktu Terbesar Berapa banyak waktu yang dimiliki siswa terbaik atau mahasiswa terbaik dalam sehari? 24 jam. lantas kenapa pencapaian orang bisa begitu berbeda? Salah satu kuncinya adalah manajemen waktu. Semua orang memiliki waktu yang sama : 24 jam sehari.Al’ashr. 672 jam sebulan. Berapa banyak waktu yang dimiliki oleh orang – orang besar. dan seterusnya.

karena rata-rata 7 jam setiap hari dilewati dengan tertidur. Komunikasi di sini. berarti dalam 1 bulan. adalah penggunaan media yang tidak bermanfaat. Mereka terus saja mengeluh tidak punya cukup waktu. seperti bergumul di social network(Facebook. langkah pertama dari manajemen waktu ini adalah dengan memantau penggunaan waktu kita. Tidurnya manusia juga menjadi penyita waktu terbanyak. dll). Komunikasi yang digunakan tidak sia-sia jika memang digunakan untuk hal-hal yang positif dan bersifat publikatif. Bukan bermain semata. Begitu seterusnya. Bisa kita hitung 7 jam perhari. manusia tidur sebanyak 210 jam.Kebanyakan orang tidak sadar bagaimana mereka mengisi waktu. . twitter. disadari atau tidak adalah waktu untuk tidur dan berkomunikasi. Padahal bisa jadi waktu mereka sebenarnya diisi dengan hal – hal yang tidak bermanfaat. Maka. Penyita waktu manusia.