You are on page 1of 5

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Praktek Industri

Di masa sekarang ini perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

begitu pesat dan sangat maju. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya perubahan

hampir disegala bidang pembangunan, bidang ekonomi, sosial budaya,

pendidikan, tidak terkecuali dibidang teknologi telah menunjukkan hal tersebut.

Perubahan-perubahan yang terjadi sangat menunjang tercapainya tujuan

pembangunan nasional.

Melihat perkembangan yang demikian pesat telah membuka peluang yang

besar terciptanya lapangan kerja. Hal ini merupakan peluang bagi bangsa kita

yang sedang berkembang, khususnya dalam hal penyerapan tenaga kerja untuk

mengurangi angka pengangguran. Namun, melihat perkembangan tersebut, maka

kita dituntut pula untuk memiliki suatu keahlian khusus atau menjadi pribadi

professional di dalam menghadapi arus persaingan yang begitu ketat.

Seiring dengan perubahan yang terjadi, manusia senantiasa dituntut untuk

memiliki potensi agar dapat mengimbangi perubahan tersebut. Untuk mencapai

hal itu, maka dibutuhkan adanya dukungan yang besar dari tenaga-tanaga terampil

baik secara kuantitas maupun secara kualitas yang mana pembinaannya melalui

jalur pendidikan baik formal maupun non formal. Mengingat begitu pentingnya

hal tersebut di atas, maka dipandang perlu untuk melakukan praktek industri.

Di Perguruan Tinggi khususnya Fakultas Teknik, Praktek Industri

merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi Mahasiswa Jurusan Otomotif,

1

Sebagai syarat melengkapi proses belajar di Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif 2. Belajar bukan hanya dengan teori tetapi juga perlu diaplikasikan dengan cara praktek di lapangan. mampu bersaing dan tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi. Tujuan Praktek Industri Adapun tujuan praktek industri yaitu sebagai berikut : 1. agar kita dapat mempertahankan hidup di tahun-tahun mendatang. Memperoleh masukan dan umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan kejuruan 2 . instansi maupun di industri-industri sebagai bekal untuk terjun ke lapangan kerja. Sehingga dengan demikian Praktek Industri sangat menunjang mahasiswa untuk mengembangkan dan memperdalam pengetahuan yang telah diterima di tempat perkuliahan. Sebagai Mahasiswa yang berkecimpung di bidang teknologi. Memberikan kesempatan pada Mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang di peroleh dari kampus 3.dimana harus diselesaikan melalui kegiatan praktek di industri atau instansi- instansi yang terkait dengan Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. tentu dituntut dapat mengetahui atau mempelajari teknologi industri itu sendiri. dengan demikian Praktek Industri merupakan salah satu persyaratan wajib bagi mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya. B.

Memperoleh pengalaman kerja yang akan berguna untuk meningkatkan kemampuan keterampilan tentang dunia otomotif. Bagi Mahasiswa a. Mengetahui perkembangan teknologi/industri secara langsung di industri. b. baik manajemen. Memperluas dan menambah keterampilan yang membentuk kemampuan mahasiswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja C. Memperoleh ilmu dan pengetahuan tentang kondisi suatu industri. 2. sarana dan prasarana. 4. maupun peralatan yang digunakan. Meningkatkan pemahaman terhadap sistem kerja yang diterapkan pada dunia kerja sehingga dapat menjadi bahan perbandingan antara teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan yang diperoleh di dunia kerja 5. Meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan teknologi 7. c. Manfaat praktek Industri Beberapa manfaat yang dapat diambil melalui pelaksanaan praktek industri adalah: 1. Bagi Perguruan Tinggi 3 . Mengenal dan mengetahui alat-alat yang digunakan di perusahaan dan cara mengoperasikannya 8. Memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan pengalaman yang sebenarnya dalam memasuki dunia kerja dan penyesuaian diri kepada masyarakat 6.

Melaporkan hasil berdasarkan data yang diperoleh pada tempat praktek industri. Bagi Industri a. a. 2. Memperluas dan menjalin kerja sama Universitas Negeri Makassar dengan pihak industri melalui mahasiswa yang sedang melaksanakan praktek industri. Pada saat sumber daya manusia di lingkungan industri memberi bimbingan kepada mahasiswa secara otomatis mereka secara terus- menerus semakin memperkaya diri dan meningkatkan kopetensi pribadinya serta memperdalam pengetahuan untuk membimbing. b. Berinteraksi langsung dengan mahasiswa dan berbagi pengalaman pada umumya serta permasalahan-permasalahan otomotif pada khususnya. Dapat memiliki gambaran mengenai mahasiswa yang siap pakai sebagai salah satu sumber kebutuhan tenaga kerja yang tangguh. d. 4 . 3. Bahan acuan dosen pembimbing untuk memberikan penilaian kepada mahasiswa yang melaksanakan Praktek Industri. Mendapat umpan balik yang berguna untuk mengembangkan dan meningkatkan kemapuan materi perkuliahan dan penyusunan kurikulum. b. Tujuan Penulisan Laporan Pelaksanaan Praktek Industri Tujuan penulisan laporan praktek industri adalah sebagai berikut : 1. Merasa dibantu dalam pekerjaan secara kuantitas dan kualitas menjadi lebih baik. c. D.

Antang . Tamangapa Raya 5 . Menambah perbendaharaan perpustakaan perguruan tinggi dan menunjang peningkatan pengetahuan angkatan selanjutnya. Memperluas cakrawala berpikir dan pengalaman Mahasiswa dalam teknik penyusunan karya ilmiah. Suraco Jaya Abadi Motor Cab. 4. E. 3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktek Praktek Industri ini dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 03 Februari 2015 sampai dengan tanggal 03 Maret 2015. Lokasi kegiatan Praktek Industri adalah PT. Jl. Wilayah Makassar .