You are on page 1of 11

Jumlah Peserta/Mahasiswa : 28 orang

Kepenitian
1. Ketua : Tarmidzi nst
2. Seksi kosumsi : Gustina Musdawati
3. Juru kemera : Imansyah, Jasz Wendri, dan HP masing-masing

Gerbang Uin
kamis pagi, pukul 06.00 kami berkumpul di depan Uin. Sambil
menunggu teman teman yang lain datang, kami berbincang bincang,
bercanda gurau dan berfoto-foto sambil mencoba mempersiapkan dan
merancang agenda agenda yang akan kami lakukan di siak nanti.

Gambar : ketika nungguin bus di gerbang Uin
Sekitar pukul pukul 07.00 kami berangkat menuju ke siak walau pun
Bus yang kami tumpangi tidak sesuai dengan yang kami inginkan.
Sejenak sebelum melakukan perjalanan kami pun melakukan do’a
bersama agar kami selamat sampai tujuan.

Dalam perjalanan menuju siak
Di dalam perjalanan banyak kegiatan yang terjadi, tawa senang dan
kebahagiaan terpancar dari seluruh peserta study tour di dalam bus yang
kami tumpangi, ada yang bercerita, tidur, berfoto-foto dan juga banyak

membuat suasana di dalam bus makin seru dan meriah.yang menyanyi di sepanjang perjalanan. dan megah kami sangat antusias sekali untuk melihatnya. akhirnya kami sampai di siak. Kami tiba kira . akhirnya kami sampai juga ke tempat tujuan kami. Setelah melewati jembatan siak. Gambar : suasana didalam bus Gambar : susana didalam bus ada yang tidur Ketika sampai di siak Kira –kira setelah menempuh perjalanan selama 4 jam. Dengan di iringi musik dari Bus. yaitu kawasan wisata kerajaan siak. bahkan teman teman yang sebelumnya tidur pun akhirnya bangun untuk melihat jembatan dan luas nya sungai siak yang membentang serta kapal kapal yang berlayar di sungai tersebut. Saat melihat jembatan siak yang begitu besar.

Gambar: digerbang istana siak ketika membayar tiket masuk . setelah sampai di gerbang masuk. kami pun membeli tiket masuk dan sebelum masuk ke dalam. 00 .kira pukul 11. karena pemandangan taman kerajaan sangat bagus dan bersih di tambah banyak bunga bunga yang menghiasi taman menammbah keindahan taman. dan kami makan dulu sebelum ke istana siak Gambar : ketika makan bersama di kawasan istana siak Kerajaan siak Pukul 11. kami menyempatkan waktu untuk berfoto foto. 22 kami telah di istana. semua peserta nampak senang dan bahagia.

Gambar : depan istana siak Gambar : didepan istana siak Penjelasan Istana Siak Sri Inderapura merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889. Arab. Istana Padjang. Sementara pada halaman istana masih dapat .000 meter persegi. berfungsi untuk istirahat Sultan serta para tamu istana. Istana Siak sendiri memiliki luas 1. ruang tamu kehormatan. Di puncak bangunan terdapat enam patung burung elang sebagai lambang keberanian Istana. ruang tamu laki-laki. juga digunakan untuk ruang pesta. Kompleks istana ini memiliki luas sekitar 32.000 meter persegi yang terdiri dari 4 istana yaitu Istana Siak. dan Istana Baroe. dan Eropa. Lantai bawah dibagi menjadi enam ruangan sidang: Ruang tunggu para tamu. Lantai atas terbagi menjadi sembilan ruangan. Bangunannya terdiri dari dua lantai. Istana Lima. yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Inderapura yang selesai dibangun pada tahun 1893. satu ruangan di samping kanan adalah ruang sidang kerajaan. Istana Siak memiliki arsitektur bercorak Melayu. masuk wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Siak. ruang tamu untuk perempuan. Kini istana yang juga dijuluki Istana Matahari Timur ini.

Di dalam kerajaan sangat ramai dengan pengunjung. ruang makan keluarga kerajaan. Ada tangga naik dan turun yang jumlahnya sama yaitu 36 buah anak tangga. kemudian di sebelah kiri belakang istana terdapat bangunan kecil yang dahulunya digunakan sebagai penjara sementara. dan yang paling unik adalah tangga menuju lantai 2. Uniknya lagi. Kemudian ada juga boneka yang menyerupai raja dan para pengawalnya. ada ruang penjamuan para tamu . sehingga sangat sesak dan terasa sempit tetapi itu tidak membuat kami patah semngat dalam mempelajari sejarah sejarah yang ada di dalam kerajaan. salah satunya adalah alat music yang di berikan jerman kepada kerajaan siak yaitu komet. Komet adalah salah satu benda pusaka peninggalan kerajaan siak yang terkenal dan juga menjadi icon di kerajaan siak. Banyak foto dan benda benda pusaka peninggalan kerajaan. jika dihitung jumlah anak tangga .dilihat delapan meriam menyebar ke berbagai sisi-sisi halaman istana. Gambar: sulthan jang memerintah kerajaan siak sri indrapura Didalam istana siak Ketika kami masuk ke dalam kerajaan . ada banyakyang mengatakan bahwa setiap orang yang menaikinya. dan juga di sana terdapat surat wasiat dari raja. kami langsung di suguhi dengan banyaknya foto foto dari para raja dan tokoh tokoh besar di kerajaan.

naik dan turun pasti akan berbeda beda. dan mitosnya berkata bahwa jika ada yang menemukan jumlah yang sama antara tangga naik dan tangga turun maka sepulang dari kerajaan. dan juga ada lonceng. ada ruang yang menyimpan alat alat pernikahan. dia akan mendapatkan musibah. seperti ruangan pakian yang dikenakan raja. Gambar : dekat lukisan sulthan dan istrinya . ada kamar para raja . Tapi menurut kami ini hanyalah mitos belaka. Di lantai 2 banyak terdapat ruangan ruangan penyimpanan barang banrang.

Gambar : dekat surat wasiat Gambar : alat musik komet Gambar : tangga menuju lantai 2 .

Gambar : ketika dilantai 2 Gambar : ketika dekat alat musik *halaman belakang kerajaan .

Kami juga menyempatkan waktu untuk berfoto foto dan melihat lihat souvenir yang dijual . kami tidak tau jenis buah dan pohon itu. cincin .Keindahan taman belakang tidak kalah indahnya dengan taman di depan kerajaan. udara sore yang sejuk di tambah riangnya anak anak yang bermain di taman membuat kami dapat melepaskan lelah sejenak setelah berkeliling di dalam kerajaan tadi. setelah kami selesai beristirahat dan menikmati makanan dan minuman yang kami beli tadi. seperti kipas. :::: menikmati sore hari di taman kota :::: Pukul 03. dan juga ada kereta kencana yang di gunakan raja kerajaan siak. Dan kami pun bertanya kepada beliau dimana tempat lokasi jajan di sana. ada banyak barang barang yang di jual di sana. Di bawah pohon yang rindang sambil menikati makanan kami pun penasaran dengan buah yang tumbuh dari pohon tempat kami berteduh. Dan sini juga ada tempat penjualan souvenir. Tetapi kami pun tetap tidak tahu apakah buah ini bisa di makan atau tidak. berhubung kami agak sedikit lapar kami pun berkeliling mencari tempat jualan makanan makanan kecil. hanya teman kami adi radili yang memilih makan di rumah makan. dalam pertengahan perjalanan kami pun bertemu dengan pak syaifullah yang sedang berkeliling mengecek para mahasiswa. miniature mobil. dia harus banyak makan. Pukul 04. kami pun bergegas pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat ashar.20 . karena dia dalam masa pemulihan dari sakitnya. setelah di berio tahu pak syaifullah kami pun segera pergi untuk membeli jajan jajan kecil.30 kami pun keluar dari dalam kerajaan. Setelah kami membeli makanan dan minuman kami pun pergi ke taman kota untuk beristirahat sambil menikmati makanan yang kami beli . di sini terdapat kerangka kapal tua. sehingga teman kami ade pun mencoba mengammbil dan membuka nya. pesawat dan juga ada beberapa makanan khas siak dan masih banyak yang lainnya. gelang. Di masjid kami menjumpai teman teman dari kelompok lain yang ternyata sudah terlebih dahulu berada .

sambil menunggu yang lain tiba kami pun menikmati malam dengan bernyanyi di iringi oleh gitar yang di bawakan oleh willy. :::::: perjalanan pulang :::: Dengan kondisi yang capek dan letih kami pun melanjutkan perjalan pulang. Setelah sholad kami pun menyempatkan diri berfoto foto sebgai kenang kengan atas aktifitas hari ini. kami sangat antusias dan semangat bernyanyi. waktu yang dijanjikan pun telah tiba. semoga kami dapat kembali lagi ke sini. Menutup hari ini dengan bahagia. Kami pun tidak menyia nyiakan kesempatan ini. dan kami berfoto foto di atas jembatan tersebut. Dan . Di iringi lagu perjalanan pulang . ::::: Rektorat :::::: Pukul 09. Kami pun sholat berjamaah. rombongan bus kami adalah yang pertama sampai di sini . di temani indahnya pemandangan matahri terbenam beramai ramai melintasi jembatan sambil bercanda gurau. :::: waktunya yang di janjikan :::: Pukul 04. pak syaifullah pun mengintruksikan agar siap siap untuk pulang. kami berangkat menuju pekanbaru.disana. pak syaifullah pun dating.45 . beberapa saat kemudian. seuah perpisahan yang menyenangkan dengan siak. Walaupun begitu di bus tetap sangat meriah. walau letih tapi sangat menyenangkan. Setelah mengabsen seluruh mahasiswa dan memberikan sedikit pengarahan. Kami semua kembali lapangan tempat berkumpul kembali. yaitu kami di beri kesempatan untuk singgah dan menikmati pemandangan dari jembatan siak. Ada yang berbeda saat kami pulang. hari yang indah dan penuh kenangan.15 kami tiba di rektorat. Kami berjalan kaki melintasi jembatan siak sambil menikmati indahnya pemandangan . :::: jembatan perpisahan :::: Setelah persiapan selesai.

::::: pertualangan pun di mulai ::::. Kami pun menumpang di mobil beliau pulang ke kos satria. Kami pun mengambil beberapa foto sebagai kenang kenangan. *** Makam Makam adalah tempat ke tiga yang kami kunjungi. Di sini kami mempelajari nama nama raja dan gelar nya semasa menjabat di kerajaan. .. kami memutuskan untuk shalat terlebih dahulu di masjid raya Syahabudin dan ini menjadi tempat kedua yang kami kunjungi di sini.mengizinkan kami pulang. *** Masjid Setelah bekeliling di istana siak. di sini terdapat 6 makam para raja dan permaisuri dari kerajaan siak. berhubung waktu shalat dzuhur telah masuk.