You are on page 1of 7

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Sumber daya alam hayati di Indonesia yang beranekaragam dan melimpah ruah
melengkapi kekayaan alam Indonesia. Sumber daya alam merupakan segala sesuatu
yang dapat diperoleh dari ligkungan untuk keperluan hidup manusia.
Salah satu pemanfaatan sumber daya alam hayati oleh manusia adalah sebagai
sumber makanan.Sumber hayati yang dijadikan sumber vitamin salah satunya adalah
kecambah. Kandungan dari kecambah yaitu vitamin E yang sangat baik untuk
kesuburan wanita.Selain itu kecambah juga mengandung nutrisi yang bermanfaat
untuk menjaga kesehatan kulit dan kecerahannya.
Di Indonesia banyak dijumpai tanaman kecambah yang kaya akan manfaat dan
harganya terjangkau. Namun,selama ini kecambah hanya diolah sebagai lalapan
dalam makanan. Sehingga banyak masyarakat yang enggan untuk mengonsumsi
kecambah karna rasanya yang getir. Hal ini dapat dikhawatirkan asupan vitamin E
dalam tubuh menjadi berkurang.
Berdasarkan hal tersebut, pembuatan es krim pelangi dari bahan kecambah dapat
menjadi solusi untuk meningkatkan daya tarik terhadap pengonsumsian kecambah,
meningkatkan nilai jual dari kecambah dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin E
dalam tubuh manusia. Sehingga masyarakat tidak akan merasa enggan untuk
menikmati kecambah karena sudah diolah dalam betuk es krim pelangi yang lezat.

B. Rumusan Masalah
1. Apa saja manfaat kecambah bagi tubuh?

1

Kecambah yang diharapakan dapat tumbuh menjadi tanaman yang berproduksi apabila keadaan lingkungan menguntungkan. 3. Kecambah dapat juga diartikan sebagai tumbuhan kecil. 4. Memenuhi kebutuhan vitamin E pada tubuh. kecambah diartikan sebagai tumbuhan kecil yang tumbuh dari biji kacang-kacangan yang disemikan. 2. Meningkatkan kreasi dan inovasi masayarakat dalam mengolah kecambah sebagai makanan. 2. Meningkatkan nilai jual dari kecambah. Bagaimana cara pembuatan es krim pelangi dari bahan kecambah? 3. Apa keuntungan yang diperoleh dari pembuatan es krim pelangi dari bahan kecambah? C. Meningkatkan daya tarik terhadap pengonsumsian kecambah. Manfaat 1. BAB II LANDASAN TEORI A. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kecambah Kecambah atau tauge (Vigna Radiata) adalah tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik didalam biji. yang belum lama muncul dari biji dan 2 .

menurunkan berat badan dan lain sebagainya. (Anonymous. Meski bentuknya kecil. Manfaat dari kencambah sangat banyak sekali yaitu: dapat mencegah kanker. tapi sayuran ini mempunyai banyak manfaat yaitu. tetapi kotiledon tetap berada didalam tanah. Permulaan kehidupan tumbuhan terjadi karena pertumbuhan radikal (calon akar). Epigeal adalah perkecambahan yang terjadi pembentangan ruas batang dibawah daun lembaga atau hipokotil sehingga mengakibatkan daun lembaga dan kotiledon terangkat keatas tanah. kandungan vitamin dan enzim yang rusak dalam kecambah diperkirakan 20%. meningkatkan kesuburan. hipokotil. Perkecambahan biji dapat dibagi menjadi dua yaitu: epigeal dan hypogeal. Kecambah biasanya dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu: radikula (akar embrio). seperti sup sayuran matang. Jika ada baunya lebih baik 3 . dimasukkan dimasukkan tauge kedalam soup sebelum masak selesai. Para ahli menyarankan. 2010). membangkitkan sistem kekebalan tubuh. mencegah osteoporosis. mengandung senyawa antioksidan lengkap dengan perlindungan kekuatan yang luar biasa. kerusakannya dapat mencapai sedikitnya 60%. mencegah serangan jantung dan stroke. Misalnya pada biji kacng kapri (Pisum Sativum). dan planula (calon batang). melancarkan pencernaan. Jika direbus lama. sehingga daun lembaga ikut tertarik keatas tanah. 2006) Kecambah sering digunakan sebagai bahan pangan yang digolongkan dalam sayur-sayuran. Dengan cara ini. dan kotiledon (daun lembaga). Sedangkan hypogeal adalah perkecambahan yang terjadi pembentangan ruas batang teratas. Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli kecambah adalah memastikan kecambah tidak ada bau yang tidak enak tapi bukan bau asli kecambah melainkan ada faktor lain yang mempengaruhinya. vitamin C. makan kecambah daam keadaan mentah. (Tjitrosoepomo. (Pratiwi. 1985). terutama vitamin A. dan vitamin E.masih hidup dari persediaan makanan yang terdapat dalam biji. misalnya pada kacang hijau (Phaseoulus Radiatus).

Mineral dan kalsium yang terkandung didalamnya juga dianjurkan agar dikonsumsi untuk perkembangan 4 . Ada ratusan formula yang dijadikan untuk campuran es krim yaitu. sherbert. Es Krim Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk susu seperti krim yang digabungkan dengan perasa dan pemanis. vitamin B1. Tapi yang paling awal mengenal es krim dengan bentuk sekarang ini adalah Kaisar Tang dari Dinasti Shang. Biasanya es krim paling enak dinikmati pada saat cuaca yang panas. Ketika itu. Sejarah es krim muncul pada saat abat ke-4. rakyat romawi berusaha menciptakan makanan segar yang terbuat dari salju pegunugan yang dicampur denggan madu atau sari buah. frappes. pembuatan es krim sekarang menjadi mudah.tidak dibeli. Semua produk ini dapat dibuat dalam es krim lembut atau freezer milkshake. Kandungan gizi yang terdapat pada es krim sangat banyak khususnya vitamin (vitamin A. Solusi terbaik adalah membuatnya sendiri yaitu dengan merendam biji kacang hijau. Seiring berjalannya waktu serta kecanggihan teknologi. B. yaitu dengan meletakkan bahan campuran es diantara es batu yang telah dipecah dan diberi garam di atas es batu. Semenjak itu es krim di kenal diseluruh dunia. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim. Da meminta es dicampur dengan susu sapi. yaitu sudah tersedia dalam bentuk serbuk dan dapat dibuat dengan berbagai kreasi dan variasi. vanili yang biaa untuk parfait (campuran yang mengandung lemak susu dan telur). pada saat Bangsa Romawi diperintahkan oleh kaisar Nero. Ini terbukti dari catatan sejarah yang menceritakan detail sebuah pesta. pembuatan es krim dilakukan dengan cara tradisional.dan milkshake. Mulailah dikenal dikalangan istana es krim yaitu es yang berupa adonan beberpa bahan. soufflé. Waktu itu. sorbert. vitamin B12). Selain itu ada cmpuran untuk custard. tapi kaisar tidak langsung menyantap begitu saja es yang tersedia. Kaisar Tang disajikan es yang diambil dari salju yang turun. Pada zaman dahulu. tepung dan sedikit kapur barus.

Selain itu es krim juga dapat menurunkan resiko kanker payudara karena terdapat kandungan susu didalamnya.anak khususnya perkembangan tulang dan gigi. Institue of Community Medicine. Kecambah dijadikan sebagai objek penelitian karena banyak masyarakat yang enggan untuk mengonsumsi kecambah. Norwegia).J Connet and B. (Journal of Cancer. (G. Dalam sebuah riset dikatan bahwa es krim tidak menyebabkan pilek dan batuk selama kondisi badan anak itu sehat. Karena penyakit infeksi saluran pernafasan tersebut baru akan muncul apabila kondisi anak pada saat kurang baik. Subjek dan Tempat Penelitian 1. Kecambah didapatkan dari biji kacang hijau. 5 . yaitu pencarian terhadap sesuatu karena ada perhatian atau keingintahuan terhadap hasil suatu aktivitas. Jenis Penelitian Dalam penelitian kali ini menggunakan jenis penelitian dasar atau penelitian murni. University Tromso. Peneltian dasar dikerjakan tanpa memikirkan kepraktisan atau titik terapan. bahwa objek yang diteliti adalah cara pembuatan es krim pelangi berbahan dasar kecambah. Subjek penelitian Seperti yang telah dijelaskan pada judul penyusun karya tulis ini.Lee) BAB III METODOLOGI PENELITIAN C. D.W.

Sebelum menulis. metode kajian. Dalam penulisannya harus mengikuti kaidah kebenaran isi. Tempat Penelitian Penelitian pemanfaatan kecambah sebagai bahan dasar es krim ini dilaksanakan dirumah saya di Desa Kendalbulur. 2. setra tata cara penulisannya yang bersifat keilmuan. yaitu dengan cara menyampaikan pesan yang ditulisnya agar mudah difahami oleh pembacanya. harus diidentifikasi kira-kira siapa yang membaca tulisannya. Persiapan Penelitian Pada dasarnya. hal terpenting yang harus dipikirkan oleh seorang penulis karya ilmiah pada tahap persiapan ini adalah: a) Pemilihan topik Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pada saat menentukan topic untuk karya ilmiah. Langkah-langkah penelitian a) Bahan: 1) ½ ons kecambah 2) I kaleng susu kental manis putih 3) 1 sendok makan pengembang 4) 2 kaleng air (menggunakan bekas kaleng susu) 5) 1 butir telur 6) 3 sendok makan maizena 7) Sedikit vanili 8) Pewarna makanan b) Peralatan: 1) Mixser 2) Wadah 3) Sendok 4) Solet 6 . c) Menentukan cakupan isi materi karya ilmiah Cakupan materi adalah jenis dan jumlah informasi yang akan disajikan dalam tulisan. Prosedur Penelitian 1. 2. E. b) Mengidentifikasi pembaca karya ilmiah Kewajiban seorang penulis karya ilmiah adalah memuaskan kebutuhan pembacanyaakan informasi. Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung.

4) Diamkan sekitar 6 jam. 2 sendok air dan vanili. air. 5) Masukkan pengembang yang telah diencerkan. 7 . 5) Blender c) Langkah Kerja 1) Masukkan kecambah yang sudah dibersihkan kedalam blender lalu blender hingga lembut. bias dimixser 1x lagi. masukkan pewarna makanan agar lebih menarik. 2) Masukkan susu kental manis. dinginkan dan masukkan kedalam freezer. maizena dan telur.lalu aduk hingga semua tercampur rata. 3) Masak diatas kompor hingga meletup-letup. keluarkan adonan dari freezer dan mixser selama 10 menit. 7) Jika ingin hasil yang lebih lembut dan lebih banyak. 6) Setelah itu mixser lagi selama 30 menit.