You are on page 1of 4

PT.

GUDANG GARAM Tbk

Disusun Oleh :

1. Marta Navy Andriani (131600023)
2. Dwi Achmah Sari (131600026)
3. Tarbi Anwar (131600048)

PROGRAM STUDY AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA

2017

Visi

Mengekspresikan Kreativitas : PT Gudang Garam telah banyak meluncurkan produk produk baru yang lebih kreatif dan tetap terjamon mutunya. dan mudah dijangkau untuk semua kalangan masyarakat. 3. Ikut terjun dalam produk-produk yang sekarang dilakukan para pesaing 4. Mempercepat waktu inovasi produk agar dapat bersaing 3. Menjadi pusat rokok nomor 1 di Indonesia. Tujuan 1.Menjadikan perusahaan besar yang terpandang. sehingga produk baru yang dikeluarkan telah cukup dikenal dan diminati oleh para masyarakat. PT Gudang Garam membuat misi sesuai dengan yang diharapkan karena gudang garam selalu membuat trobosan produk baru yang kreatif. Misi Menyediakan produk-produk inovatif bermutu tinggi yang memenuhi. 2. Berorientasi ke depan : PT Gudang Garam telah mencapai visinya pada saat ini karena PT Gudang Garam telah banyak dikenal masyarakat dan menjadi produk unggulan dalam masyarakat. Menjadi perusahaan rokok termuka di indonesia bahkan di dunia. Menjadi perusahaan yang masuk skala internasional. menguntungkan dan memiliki peran dominan dalam industri rokok domestik Dalam visi perusahaan Gudang Garam dengan beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan visi yaitu : 1. Memperkuat serta mempertahankan segmen pasar yang ada 2. Strategi Perusahaan Dengan menggunakan analisa SWOT diperoleh Strategi choices sebagai berikut : 1. 4. Memberikan kualitas yang terbaik untuk konsumen. Berdasarkan pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagimasyarakat:PT Gudang Garam telah memberikan banyak sumbangsi dalam berbagaiacara. 2. 3. Mempertahankan kepercayaan masyarakat melalui produk yang berkualitas dengan cita rasa yang pas Strategi Implementation . serta memberikan beasiswa pada anak-anak yang kurang mamputapi berprestasi. bahkan melebihi harapan konsumen sekaligus memberikan manfaat bagi semua stakeholder.

PT Surya Bhakti Utama danPT Surya Jaya Bhakti.Mereka mengirimkan produk sesuai dengan order permintaandistributor dan agen yang memesan via telepon atau faksimile. Untuk memperkuat dan mempertahankan segmen pasar maka perlu dilakukan R&D untuk mendapatkan cita rasa yang pas. Ketiga perusahaan itu mayoritas sahamnyadimiliki keluarga Gudang Garam. akan menekan cost sehingga yang didapat adalah efisiensi 3. Distribusi: Tiga perusahaan distributor di lingkungan Gudang Garam dengan areamasing-masing: PT Surya Kerta Bhakti.Melakukan kampaye pemasaran langsung ke anak muda. short time for innovation.Gudang garam juga harus lebih selektif dalam mencari biro iklan yangkreatif dan bisa membawa produk-produknya menjadi lebih muda. Aspekpromosinya lemah. Mereka mengandalkan product and distribution leadership . Untuk meningkatkan waktu inovasi maka perlu dilakukan untuk meningkatkan efektifitas kerja. Akibatnya. melakukan inovasi produk 2. tetapi pihak lain juga punya andil didalamnya. untuk meraih segmen pasar perokok baru. Gudang Garam Aktivitas pemasaran: Cara pemasaran yang dilakukan cenderung menggunakan pendekatan lama. Rekomendasi Strategi Spesifik Pt. 1. Ikut terjun dalam produk-produk yang sekaramg dilakukan pesaing yaitu dalam memproduksi rokok rendah tar dan rendah nikotin. Waktu itu kantor pusat Gudang Garam sering kesulitanmengelola kantor distribusi karena para distributor memilikikepentingan sendiri. organisasi penjualan menjadi lambandan tidak efisien karena terlalu banyak agen. Gudanggaram harus sigap merangkul anak muda sebagai pangsa pasar baru. Setiap keputusan .

Mereka hanya punya satu sistem operasional. akuntansi maupunpemasaran sehingga lebih mudah mengintegrasi kebijakan. .yangdibuat dari pusat sulit terhubung sampai ke bawah. diharapkan mekanismekontrol lebih mudah.baik untuk distribusi. penjualan. keuangan. Denganmenjalankan model sistem distribusi tunggal.Tiga distributor itu dilebur dan dimerger jadi satu.