You are on page 1of 4

Media sosial adalah sebuah media online yang memudahkan para penggunanya

untuk berpartisipasi, berbagi dan menciptakan sebuah isi yaitu blog, jejaring sosial,
wiki, forum dan lain – lain. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk sosial
media yang paling umum digunakan oleh orang – orang di seluruh dunia. Pendapat lain
mengenai sosial media adalah media online yang mendukung berinteraksi sosial dan
media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi
dialog interaktif.
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial
sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis web yang membangun di atas dasar
ideology web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated
content”.
Jejaring sosial adalah situs dimana setiap orang bisa membuat halaman website
sendiri, kemudian terhubung dengan teman – teman untuk berbagi informasi dan
berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Twitter dan lain – lain.
Jika media tradisional memakai media cetak, maka media sosial menggunakan internet
sebagai penghubungnya. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk
berpartisipasi, memberikan komentar, serta membagikan informasi dalam waktu yang
cepat dan tak terbatas.

Sumber: https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2015/04/Media-Sosial-
Untuk-bisnis.jpg
Sosial Media
Sosial Media adalah sebuah media online yang mendukung seseorang untuk bisa
berinteraksi melalui internet/situs-situs berbasis web.
Contoh Aplikasi Sosial Media:
 Detik, Okezone, BBC, CNN merupakan website yang dibuat unutk memberikan
berita secara online sebagai pengganti koran atau majalah.

foto album. Saat teknologi internet dan smart phone semakin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan cepat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya. review. Instagram. Situs ini juga cocok untuk orang yang mencari pekerja sesuai dengan kriteria yang dimasukkan. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi. musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia.  Tumblr. Contoh Website Jejaring Sosial atau Sosial Network  Facebook. video.karena sosial network merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki hobi yang sama.  Soundcloud. link. Google+. memodifikasi baik tulisan. Sosial Network Sosial network biasa juga disebut jejaring sosial. foto. ebook. Twitter. kita bisa juga mencari relasi.tv dan website sejenis lainnya merupakan website yang menyediakan layanan streaming video atau menayangkan sarana hiburan dan berita secara audio visual. grup. maka lain halnya dengan media. menambahkan. Sedimikian cepatnya orang bisa meakses media social mengakibatkan terjadinya fernomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara – negara maju. Yahoo dan website sejenisnya merupakan website mesin pencari sebuah artikel atau sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari suatu berita. Karena fleksibelitas media sosial juga tampak menggantikan peranan media masa kovensional dalam menyajikan berita – berita. bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah smart phone. tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. radio. Pertumbuhan Media Sosial Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. dan lain – lain. tanpa biaya besar. Wordpress. gambar. ketertarikan pada bidang tertentu dan mencari pekerjaan. .  Linkedln merupakan situs yang bermain di bidang profesionalitas. music. baik seperti video. video. profil pribadi. Bing. dan berbagai model content lainnya. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit. mivo. dan lain – lain. grafis. atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak.  Google. tetapi juga di Indonesia. Devianart Pada website disini para user dari pengguna website ini saling meng-share konten – konten media. gambar.  Youtube. Blogspot adalah salah satu layanan Blogging yang menyediakan fasilitas untuk para blogger. LinkedIn akan mencari orang yang cocok sesuai dengan keahlian yang dimasukkan dalam profilenya. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun. seperti membuat blog sendiri. Friendster adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman.

pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. antara lain :  Kesederhanaan Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap.  Membangun Hubungan Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan.  Terukur . Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. facebook. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung. bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya. dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV. brosur dan selebaran. tanpa harus melalui suatu Gatekeeper  Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya  Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi Peran dan Fungsi Media Sosial Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja. Media sosial sperti blog. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan.  Jangkauan Global Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. ide.Media sosial mempunyai ciri-ciri. terlepas dari lokasi geografis. Melalui media sosial. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna. yaitu sebagai berikut :  Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet  Pesan yang di sampaikan bebas. twitter. Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut. yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet. media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah. sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional.

dan dengan kegiatan-kegiatan positif makan penggunaan social network itu sendiri dapat dioptimalkan manfaatnya.blogspot. Social network juga dapat bermanfaat di segi pendidikan. di segi pendidikan social network juga dapat mempercepat atau membantu proses belajar. sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Kita bisa berhubungan sama orang lain dengan cepat.id. aman. Beberapa social network menawarkan fasilitas yang sangat memuaskan seperti kita bisa chattingan sama orang lain di manapun dan kapanpun dengan hanya memiliki account social network tersebut. cukup pasang iklan di social network makan barang akan dilihat pembeli sehingga barang yang kita jual pun akan laku. Jadi pada saat ini berhubungan dengan orang lain dari manapun di seluruh belahan dunia terasa sangat mudah dengan bantuan social network. Manfaat Social Network: 1. pengiriman pesan dapat terukur. 2. Social network juga bisa menjadi sarana jual beli online. http://wicaksonobudi.Dengan sistemtracking yang mudah. Dengan kata lain internet atau lebih tepatnya social network juga ikut serta dalam kegiatan jual beli di seluruh dunia 3. kegiatan jual beli pun tidak perlu mempertemukan penjual dan pembelinya. /suzieitaco. Sumber: Wikipedia.com. Sekarang ini dengan bantuan internet semua terasa mudah.co. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.wordpress. Jika kita menggunakan social network dengan bijak. dan murah. detik .