You are on page 1of 5

Efek Cage Therapy menggunakan Advanced Spider Suit

dibandingkan terhadap Terapi Fisik Tradisional pada fungsi Gross
Motor anak-anak dengan Cerebral Palsy (CP) – Pengalaman orang
india

Pendahuluan

Cerebral Palsy adalah kondisi dimanan penyakit non progresif
sikap disebabkan perkembangan abnormal, atau kerusakan, pusat
kontrol motorik otak menghasilkan pergerakan abnormal –
dihubungkan terhadap gangguan non progresif yang terjadi pada
perkembangan otak. Penyakit motorik pada cerebral palsy sering
berhubungan dengan gangguan sensasi, kesadaran, komunikasi,
persepsi, dan kebiasaan serta penyakit seizure. Sekitar 8000-10000
bayi dan janin didiagnosa setiap tahun dengan cerebral palsy.
Cerebral palsy adalah gangguan neurologis yang paling sering
terjadi urutan kedua pada anak-anak. Insiden cerebral palsy
diestimasi sekitar 2-2,5 per 1000 kelahiran hidup.
Selama 50 tahun terakhir menekankan pada pencegahan CP,
meskipun penelitian terhadap anak-anak yang terkena dampak
untuk mendorong perkembangan gross motor untuk anak-anak
dengan cerebral palsy (CP) difokuskan pada metode rehabilitasi,
metode pelatihan, atau metode perawatan. Akan tetapi banyak
penelitian yang meyakinkan secara sekunder untuk metodologis
bias atau pembatasan seperti sampel kecil, pengukuran hasil yang
tidak tepat, desain penelitian yang salah, atau lemahnya
standarisasi prosedur penelitian.
Fungsi gross motor merupakan faktor lemah utama untuk
kinerja aktivitas sehari-hari pada anak-anak dengan cerebral palsy.
Bukti terbaru menunjukkan anak-anak dengan CP bisa memperbaiki
fungsi gross motor untuk berlatih dengan cara yang benar.
Salah satu pendekatan perawatan yang menjadi populer
adalah Cage Therapy bersama dengan Advanced Spider Suit. Unit
cage therapy adalah peralatan unik dan dinamis yang terdiri dari
system katrol, tali, dan splint yang digunakan untuk melakukan
berbagai latihan. System ini memperbaiki kekuatan, jarak pasif dan
aktif gerak, dan fleksibilitas otot. Dengan penggunaan sistem ini,
terapis dapat mengisolasi kelompok otot dan target. Dalam situasi
ini sifat otot (biasanya meningkat) tidak mempengaruhi pergerakan.
Hal ini memungkinkan kelompok otot untuk melawan kejang otot.
Efek akhir adalah kemajuan fungsional. Kualitas gaya berjalan,
keseimbangan, dan koordinasi gerakan meningkat dengan cepat.
Elemen kunci unit cage therapy adalah:
“Monkey cage”, terapis menggunakan sabuk kulit dimana tali
bungee terhubung. Dengan cara ini, pasien didukung dan dapat
dengan aman belajar menggeser beban, melompat, berlutut,
setengah berlutut dan melangkah serta mengakhiri langkah. “Spider

Kinerja kontrol motoric. Menguatkan otot dan memperbaiki fungsinya. kekuatan. dan vestibular. Program terapi fisik tradisional didesain dalam set latihan yang spesifik untuk bekerja menuju 3 tujuan penting: a) Untuk memelihara atau memperbaiki sifat otot b) Untuk menghindari kontraktur dan untuk memperbaiki perkembangan motoric anak-anak c) Aktivitas dan edukasi kembali otot untuk memperbaiki fleksibilitas. baik aktif dan pasif. bantalan lutut dan sepatu yang disesuaikan khusus dihubungkan dengan pita elastic. yang berarti kita dapat memuat tubuh secara aksial dalam 15-40kg. berkontribusi untuk keuntungan dalam berbagai gerakan. oleh kemampuan mereka yang meningkat untuk mengontrol tubuh mereka sendiri melalui pergerakan dan kesehatan serta kekuatan fisik mereka. celana pendek. Pita elastic dapat disesuaikan. Ini dipengaruhi oleh kepercayaan diri pertumbuhan mereka dan menikmati permainan fisik. Advanced Spider Suit merupakan ortotik dinamis lembut yang terdiri dari topi.. rompi. Konsep dasar Advanced Spider Suit adalah untuk membuat unit pendukung untuk menyelaraskan tubuh senormal mungkin membangun kembali keselarasan sikap dan bobot sikap yang mendasar dalam normalisasi kesesuaian fungsi otot. sensor. peregangan pasif yang dikombinasi dengan latihan pergerakan aktif pada anak CP menunjukkan perbaikan dalam hubungan sifat biomekanis. Perkembangan fisik anak-anak dan pergerakan dihubungkan secara dekat terhadap aspek lain dari pembelajaran sehari-hari mereka. dan kemampuan fungsional dalam keseimbangan dan mobilitas. Advanced Spider Suit merupakan tipe perlengkapan yang paling modern tersedia saat ini. untuk populasi cerebral palsy. keseimbangan dan koordinasi. dan memperbaiki fleksibilitas dan kesesuaian otot. mmberikan manfaat baik. Bahan dan Metode Desain penelitian Penelitian komparatif dilakukan untuk menemukan efek Cage Therapy menggunakan Advanced Spider Suit dibandingkan dengan terapi fisik tradisional pada fungsi Gross Motor anak-anak Cerebral Palsy Sampel . Menurut Wu et al. salah satu metode yang paling tersebar luas untuk pemrograman kembali saraf pusat dan sistem neuromuscular dan mengajari keterampilan motoric otak lebih adekuat.Cage’ merupakan peralatan efektif untuk menerapkan neuro- development treatment (NDT).

Ini merupakan tes ulang laporan kasus tunggal menggunakan Gross Motor Function Measure-88 (GMFM-88). 2 hemiplegia dan 6 spastik diplegia anak. GMFM-66 terdiri dari bagian 88 item diidentifikasi (melalui analisis Rasch) sebagai kontribusi untuk mengukur fungsi gross motorik pada anak-anak dengan cerebral palsy. Metode penentuan sampel Teknik random sampling digunakan untuk memilih sampel Kriteria inklusi Diagnose cerebral palsy Kedua jenis kelamin anak-anak usia 4-8 tahun Gross Motor Function Classification System level III-V Kriteria eksklusi Subluksasi atau dislokasi panggul melebihi 33% Skoliosis melebihi 25 derajat Osteoporosis Tekanan darah tinggi Penyakit sistemik komplikasi Seizure (gemetar) yan tidak terkontrol Penggunaan Botulinum toxin A injeksi dalam 3 bulan sebelum penelitian Pengukuran hasil Gross Motor Function Measure (GMFM) merupakan alat klinis yang didesain untuk mengevaluasi perubahan dalam fungsi gross motor pada anak-anak dengan cerebral palsy. 10 subyek diseleksi setelah memberikan pertimbangan untuk kriteria inklusi dan eksklusi. GMFM merupakan ukuran kriteria yang direferensikan berdasarkan konsep kemampuan dan keterbatasan dalam fungsi Gross motor dan merupakan analog terhadap sistem tahapan dan tingkatan. keterampilan berlari dan melompat. GMFM-66 memberikan informasi rinci pada level sulit setiap item sehingga memberikan lebih banyak informasi untuk membantu dengan pengaturan tujuan yang realistis. Item pada GMFM-88 menjangkau spectrum dari aktivitas pada berbaring. Terdapat dua versi GMFM – Original 88 Item Measure (GMFM-88) dan yang lebih baru 66-item GMFM (GMFM-66). GMFM-88 pengukuran dasar dinilai menjadi 2 kali: satu tanpa AFO dan alat bantu dan kedua kalinya dengan AFO dan alat bantu. bergulung sampai berjalan. Prosedur 10 subyek berusia antara 4-8 tahun dengan cerebral palsy yang diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi dan dibagi menjadi 2 kelompok yang dinamakan dengan kelompok A dan . 2 hipotonus. Pengukuran dasar diambil untuk memberikan dasar untuk perbandingan dengan intervensi baru. Dalam 10 anak.

63) Diskusi . dan melompat.58. Grup B Subjek menerima terapi fisik tradisional selama 2 jam/hari selama 5 hari dalam seminggu untuk 2 bulan yang meliputi: a) Latihan pemanasan umum tubuh b) Pasif dan aktif dibantu jarak latihan pergerakan untuk semua sendi c) Peregangan otot dan latihan fleksibilitas d) Latihan penguatan dengan beban dan pita penahan e) Latihan keseimbangan dan koordinasi Hasil Tujuan penelitian untuk mendapatkan keefektifan Cage Therapy menggunakan Advanced Spider Suit dibandingkan dengan terapi fisik tradisional pada Gross Motor Function anak-anak dengan cerebral palsy. Hasil menunjukkan berbeda signifikan dalam perbaikan nilai GMFM pada kelompok A (tanpa AFO dan perubahan AD = +5. Histogram 1-3 menunjukkan hasil pre dan post test Motor Function Measure kelompok A dan B. dengan AFO dan perubahan AD= +8. jongkok. b) Terapi Spider Cage untuk memperbaiki koordinasi dan keseimbangan dan dibantu pergerakan seperti duduk ke berdiri. Grup A Subjek menerima 2 jam/hari selama 5 hari dalam seminggu untuk 2 bulan Cage therapy dengan Advanced Spider Suit yang meliputi: a) Pemanasan umum dan peregangan ringan diikuti terapi Monkey Cage – secara dasar untuk memperbaiki kekuatan dengan isolasi kelompok otot tanpa kompensasi dengan kelompok otot yang lain (sistem beban dan katrol). merangkap. dengan AFO dan perubahan AD = +2. Hasil pre dan post tes gross motor function measure kelompok B Tabel 1 menunjukkan nilai GMFM program post-tes terapi. Histogram 1.84. semua subjek diuji menggunakan pengujian general pro forma yang merekam Gross Motor Function Measure. Terapis memandu anak-anak melewati latihan untuk menguatkan otot dan memungkinkan pasien untuk melatih pergerakan.kelompok B.71) dimana lebih besar dibandingkan kelompok B (tanpa AFO dan perubahan AD = +2. Hasil pre dan post test gross motor function measure kelompok A Histogram 2.

Ini perlu disebutkan. manfaat Advanced Spider Suit membuktikan stabilisasi eksternal tubuh dan oleh karena itu memungkinkan lebih fasih dan pergerakan terkoordinasi untu kedua ekstrimitas atas dan bawah dengan kombinasi Spider Cage Therapy dan Monkey Cage Therapy. Alasan dibalik perbaikan ini dapat menjadi sejumlah sesi terapi (2jam/hari dan 5 hari per minggu selama 2 bulan). Ini penting untuk mencatat bahwa penggunaan peralatan hanya satu komponen dari keseluruhan pendekatan. akan tetapi. . bahwa sebuah program terapi intensif tidak hanya melakukan latihan yang sama lagi dan lagi. Multi pusat percobaan kontrol acak besar merupakan hal yang penting untuk mengkonfirmasi penemuan kami. Ini mengkombinasikan elemen terbaik teknik dan metode yang bervariasi. Terapi tahap tinggi telah dibuktikan menjadi efektif dalam memperbaiki Gross Motor Function anak-anak dengan cerebral palsy pada penelitian ini dengan jumlah anak terbatas. melainkan merupakan pendekatan terstruktur untuk aktivitas fisik dengan pertimbangan ke kelebihan progresif siklus individual seseorang. Tapi ini mmberikan masa depan yang menjanjikan dengan kepuasan pasien yang lebih baik untuk anak dengan CP. Penelitian saat ini selesai untuk menemukan keefektifan Cage therapy menggunakan Advanced Spider Suit dibandingkan dengan terapi fisik tradisional pada Gross motor Function anak-anak dengan cerebral palsy. Cage Therapy menggunakan Advanced Spider Suit dipilih sesuai kebutuhan untuk setiap anak cerebral palsy. kelelahan dan pemulihan. Keterlibatan orangtua sangat mendorong dan orangtua sering menjadi bagian dari program. Kesimpulan Cage Therapy dengan Advanced Spider Suit lebih efektif dan bermanfaat daripada terapi fisik tradisional dalam memperbaiki Gross Motor Function anak dengan CP. dengan tujuan fungsional spesifik dan biasanya melibatkan program rehabilitasi intensif.