You are on page 1of 5

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA LABORATORIUM

FUNGSI TUGAS
1. Merencanakan kegiatan dan a. Menyusun rencana
pengembangan laboratorium pengembangan laboratorium
b. Merencanakan pengelolaan
laboratorium
c. Mengembangkan sistem
administrasi laboratorium
d. Menyusun Prosedue Operasi
Standar (POS) kerja laboratorium
2. Mengelola kegiatan laboratorium a. Mengkoordinasikan kegiatan
praktikum
b. Menyusub jadwal kegiatan
laboratorium
c. Memantau pelaksanaan kegiatan
laboratorium
d. Mengevaluasi kegiatan
laboratorium
e. Menyusun laporan kegiatan
laboratorium
3. Membagi tugas teknisi dan a. Merumuskan riancian tugas
laboran laboratorium teknisi dan laboran
b. Menentukan jadwal kerja teknisi
dan laboran
c. Mensupervisi teknisi dan laboran
d. Membuat laporan secara periodic
4. Memantau sarana dan prasarana a. Memantau kondisi dan keamanan
laboratorium bahan serta alat laboratorium
b. Memantau kondisi dan keamanan
bangunan laboratorium
c. Membuat laporan bulanan dan
tahunan tentang kondisi dan
pemanfaatan laboratorium
5. Mengevaluasi kerja teknisi dan a. Menilai kinerja teknisi dan
laboran serta kegiatan laboran laboratorium
laboratorium b. Menilai hasil kerja teknisi dan
laboran
c. Menilai kegiatan laboratorium
d. Mengevaluasi program
laboratorium untuk perbaikan

peralatan dan suku cadang yang diperlukan laboratorium d. selanjutnya 6. teori. Memantau bahan berbahaya dan beracun. Memanfaatkan catalog sebagai acuan dalam merencanakan bahan. Mengikuti perkembangan prinsip kegitan laboratorium pemikiran tentang pemanfaatan kegiatan laboratorium sebagai wahana pendidikan b. Menerapkan ketentuan mrengenai kesehatan dan keselamatan kerja c. Menerapkan gagasan. peralatan dan suku cadang laboratorium c. Merencanakan pemanfaatan a. Menetapkan ketentuan mengenai keselamatan kerjadi laboratorium kesehatan dan keselamatan kerja b. Membuat daftar bahan. Menyusun panduan/penuntun untuk kepentingan pendidikan (manual)praktikum dan penelitian b. laboratorium peralatan dan suku cadang laboratorium b. Menjaga kesehatan dan a. Menerapkan hasil inovasi atau kajian laboratorium 7. Menerapkan prosedur penanganan bahan berbahaya dan beracun d. Merencanakan kebutuhan bahan. Memanfaatkan laboratorium a. serta keselamatan kerja TUGAS POKOK DAN FUNGSI TEKNISI LABORATORIUM FUNGSI TUGAS 1. Melaksanakan kegiatan laboratorium untuk kepentingan pendidikan dan penelitian d. Mempublikasikan karya tulis ilmiah hasil kajian/inovasi 8. Merencanakan kebutuhan bahan . dan a. Merancan kegiatan laboratorium untuk pendidikan dan penelitian c.

Mengatur tata letak bahan. Merencanakan jadwal perawatan dan perbaikan peralatan laboratorium 2. peralatan dan peralatan. a.atan dan bahan laboratorium b. Menangani limbah laboratorium sesuai dengan prosedur yang . Menggunakan peralatan kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium c. dan perkakas untuk perawatan dan perbaikan perlatan laboratorium e. Menyiapkan kegiatan a. Memperbaiki kerusakan peralatan laboratorium 5. suku cadang dan perkakas untuk perawatan dan perbaikan peraltan laboratorium 3. peralatan dan fasilitas laboratorium c. Menyiapkan paket bahan dan rangakaian peralatanyang siap pakai untuk kegiatan praktikum c. perkakas dan suku fasilitas laboratorium dengan cadang laboratorium memanfaatkan peralatan teknologi informasi dan komunikasi b. Mencatat bahan. Mengidentifikasi kerusakan laboratorium pera. Menjaga kesehatan dan a. Menyiapkan penuntun kegiatan praktikum 4. Menyiapkan petunjuk laboratorium penggunaan peralatan laboratorium b. Merawat peralatan dan bahan di a. Menangani bahan-bahan berbahaya dan beracun sesuai dengan prosedur yang berlaku d. Mengatur penyimpanan bahan. Menjaga kesehatan diri dan keselamatan kerja di laboratorium lingkungan kerja b. Mengatur tata letak bahan.

Menyiapkan peralatan sesuai dengan penuntun praktikum c. Mengklasifikasikan bahan dan laboratorium peralatan praktikum b. berlaku e. Menjaga kebersihan alat laboratorium e. Mencatat bahan laboratorium praktikum b. Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan TUGAS POKOK DAN FUNGSI LABORAN FUNGSI TUGAS 1. perlatan dan fasilitas laboratorium d. Merawat ruang laboratorium a. Mencatat kehadiran guru dan peserta didik b. Mencatat penggunaan penuntun praktikum d. Mengamankan ruang laboratorium 4. Mencatat penggunaan alat c. Mengelola bahan dan peralatan a. Mengidentifikasi kerusakan bahan. Menjaga kebersihan ruangan laboratorium c. Melayani kegiatan praktikum a. Melaporkan penggunaan bahan laboratorium 2. Menyiapkan bahan sesuai dengan penuntun praktikum b. Mengamankan bahan dan peralatan laboratorium 5. Melayani guru dan peserta didik . Melaporkan keseluruhan kegiatan praktikum secara periodic 3. Mencatat bahan penggunaan laboratorium c. Menata ruang laboratorium b. Menata bahan dan peralatan praktikum c. Mencatat kerusakan alat e. Menginventarisasi bahan a. Mencatat kegiatan praktikum a.

Menjaga kesehatan diri dan keselamatan kerja di laboratorium lingkungan kerja b. lembar rekam data. Menjaga kesehatan dan a. dan lain-lain) 6. Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan . Menggunakan peralatan kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium c. dalam pelaksanaan praktikum d. Menangani limbah laboratorium sesuai dengan prosedur yang berlaku e. Menyiapkan kelengkapan pendukung praktikum (lembar kerja. Menangani bahan bahan berbahaya dan beracun sesuai dengan prosedur yang berlaku d.