You are on page 1of 115

Copyright © TipsBayi.

com

TipsBayi.com telah berusaha mengumpulkan fakta dan informasi yang dapat
dipercaya. Pengarang dan penerbit tidak memiliki tanggung jawab atas
pembaca dan pengguna informasi yang terkandung di dalamnya.

Informasi dalam ebook ini tidak boleh direproduksi dan dijiplak dengan cara
apapun termasuk mencetak, mem-fotokopi, mendownload dan mengirim
secara elektronik tanpa izin dari TipsBayi.com

Permintaan izin dan informasi selanjutnya bisa dikirimkan ke
kontak@tipsbayi.com

Daftar Isi

Pendahuluan 3

Bab1 – Sekilas Tentang Perkembangan Otak Anak Anda 7

Bab 2 – Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Anda 13

Bab 3 – Perkembangan Fisik Anak Anda 38

Bab 4 – Perkembangan Kognitif (Intelektual) 46

Bab 5 – Perkembangan Bahasa 55

Bab 6 – Perkembangan Membaca 62

Bab 7 - Matematika 69

Bab 8 – Kreativitas dan Imajinasi 72

Bab 9 – Permainan Mendidik 79

Bab 10 – Mainan Mendidik 91

Bab 11 – Penekanan: Membantu Perkembangan Anak Anda 98

Kesimpulan 114

2

Pendahuluan
Tahukah Anda bahwa masa yang paling menentukan bagi anak
Anda untuk mengembangkan kecerdasannya secara maksimal
adalah pada 3 tahun pertama dalam hidupnya?

Ya… benar!

Berbagai penelitian mendalam yang telah dilakukan bertahun-
tahun ternyata telah sampai pada kesimpulan ini.

Apa artinya bagi Anda dan bayi Anda?

Artinya, jika Anda memanfaatkan 3 tahun
pertama kehidupan anak Anda dengan berusaha
mengembangkan kecerdasannya dengan cara yang
benar, maka anak Anda akan memiliki kecerdasan
yang luar biasa ketika ia masuk sekolah nanti.

Kecerdasan ini pun akan terus meningkat dan berkembang seiring
dengan pertumbuhannya hingga ia berusia dewasa.

Sebaliknya, jika Anda menyia-nyiakan 3 tahun pertama kehidupan
anak Anda dan tidak memaksimalkan usaha untuk
mengembangkan kecerdasannya, maka ia akan mengalami
kesulitan di sekolahnya kelak dan kekurangan ini akan terus
menempel pada dirinya seumur hidupnya!

Ini Perkara Serius

Berikut ini kami akan membeberkan beberapa fakta PENTING
yang memperkuat kesimpulan di atas…

3

4 . Rasa Ingin Tahu Nah. Membaca adalah gerbangnya ilmu. Semakin aktif sel-sel otak ini digunakan maka semakin cerdaslah ia.Fakta #1 Penelitian menyatakan bahwa kesuksesan seorang anak sangat bergantung pada keterlibatan orang tua ketika membesarkannya. Sebagai contoh. Anak seperti ini terbukti sangat baik dalam menyerap dan memahami berbagai pengetahuan baru dan pada akhirnya akan menjadikannya seseorang yang cerdas pada usia dewasa. Dan ingatlah… Anda sebagai orang tua memegang peranan penting dalam hal ini! Fakta #2 Ada 2 hal yang menjadi potensi seorang anak untuk menjadi cerdas: 1. anak-anak yang tidak terbiasa membaca sejak dini rata-rata memiliki kecerdasan yang jauh lebih rendah. Sebaliknya. Imajinasi 2. Sel-sel otak yang tidak dirangsang dengan baik akan kehilangan potensinya. seorang anak yang diajarkan membaca sejak dini (dengan cara yang benar) biasanya memiliki prestasi yang sangat baik di sekolah. Seorang anak yang gemar membaca sejak dini akan memiliki kecerdasan yang berkembang sangat pesat. tugas Andalah sebagai orang tua untuk mengarahkan kedua potensi ini untuk mengembangkan kecerdasannya… Ingat… guru pertama anak Anda adalah Anda sendiri! Fakta #3 Bayi Anda terlahir dengan milyaran sel otak.

sebenarnya pada saat itu mereka sudah SANGAT terlambat! Contoh Kasus #1 Sebut saja si Andi. Orang tua Andi tidak memaksimalkan usaha mereka mendidik Andi semasa Batita. Katakanlah Andi telah mengerahkan 90% kemampuannya untuk sampai pada tingkat prestasi ini. seandainya saja Andi menerima pendidikan yang maksimal semasa usia 0-3 tahun. Toto tumbuh dalam lingkungan yang tidak kondusif semasa usia 0-3 tahun. Sekarang Andi sudah kelas 6 SD dan ia berada di jajaran 3 besar murid berprestasi di kelasnya. maka ia mungkin cukup mengerahkan 30-50% kemampuannya untuk sampai pada tingkat prestasi yang sama! Contoh Kasus #2 Iwan dan Toto adalah 2 anak yang seusia. Tahukan Anda… para ahli mengatakan. 5 . Iwan tumbuh dalam lingkungan yang kondusif untuk perkembangan kecerdasannya semasa usia 0-3 tahun. Padahal.Jika Anda terus merangsang sel-sel otak anak Batita (Bawah Tiga Tahun) Anda dengan cara yang benar maka sel-sel ini akan semakin padat… inilah yang pada akhirnya akan merubah Batita Anda menjadi manusia cerdas! Kesalahan Para Orang Tua Yang banyak terjadi adalah… sebagian besar orang tua akan menunggu datangnya usia sekolah untuk mendidik anak-anak mereka.

karena “Gen” berada di luar kekuasaan kita. sehingga kelak ia pun akan menjalani kehidupannya dengan lebih cerdas… 6 . Dan ketahuilah bahwa pendidikan yang Anda terapkan pada anak Anda di usia 0-3 tahun akan terus berpengaruh pada tingkat kecerdasannya hingga ia dewasa… Nah. tapi sebenarnya kedua contoh kasus di atas hanya sekedar gambaran agar Anda lebih memahami betapa pentingnya pendidikan anak yang benar sejak dini. menjadi anak yang lebih cerdas pula ketika masa sekolahnya. maka para ahli mengatakan bahwa mungkin Toto harus berusaha 3-5x lebih keras untuk mencapai prestasi yang sama! Jadi? Memang betul bahwa kecerdasan seorang anak tidak semata- mata diukur dari prestasinya di sekolah formal. maka “Lingkungan”lah yang harus kita usahakan… Untuk itulah ebook ini hadir… untuk membantu agar bayi Anda menjadi lebih cerdas.Jika Iwan berusaha untuk mencapai 3 besar di kelasnya dan ia berhasil.

Artinya. perkembangan otak bayi Anda sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Jika Anda terus menerus membentuk suasana dan kondisi yang positif untuk pertumbuhan otak bayi Anda. berikut beberapa hal penting yang harus Anda ketahui seputar Neuron: • Pada janin. Bahkan yang sangat mencengangkan adalah ternyata suasana yang diterima oleh bayi Anda ketika ia masih dalam kandungan ibunya pun sudah berpengaruh terhadap perkembangan otaknya! Oleh karena itulah sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal penting seputar struktur otak manusia. • Walaupun demikian. selain faktor genetika. 7 . maka bayi Anda akan tumbuh dengan otak yang sehat. tidak akan ada lagi pertambahan jumlah Neuron. Setelah ini. perkembangan otak janin belum selesai sampai di sini. mudah-mudahan dengan demikian Anda akan lebih memahami apa yang baik dan buruk untuk pertumbuhan bayi Anda Neuron Neuron adalah sel-sel otak yang memproses dan mengirimkan informasi pada tubuh kita. pembentukan Neuron akan terhenti pada trimester ke-2. sehingga ia akan menjadi lebih cerdas. Bab 1 Sekilas Tentang Perkembangan Otak Anak Anda Seperti yang telah disebutkan sebelumnya. sebagian besar Neuron pada janin ini belum memiliki tugas khusus. Nah.

• Selama 3 tahun pertama kehidupan anak Anda. kemudian ia mengirimkan impuls kepada Dendrit tersebut. • Ketika bayi Anda lahir. Proses Penyampaian dan Penerimaan Informasi dalam Otak Proses komunikasi pada otak bayi Anda terjadi ketika Akson satu Neuron menghubungi Dendrit Neuron lain. merokok. • Setiap kali otak bayi Anda mengalami suatu kejadian baru. maka Neuron akan membentuk Dendrit baru. Koneksi inilah yang dinamakan Sinapsis. maka normalnya ia akan memiliki 100-200 milyar Neuron. 8 . • Ibu hamil yang kurang gizi. • Akson tugasnya mengirimkan informasi. Banyak kejadian baru akan menghasilkan banyak Dendrit baru. • Koneksi antar Neuron ini disebut Akson. • Satu Neuron bisa memiliki banyak Dendrit. • Dendrit tugasnya menerima informasi. menggunakan narkoba dan berbagai faktor lingkungan eksternal negatif lainnya dapat merusak pertumbuhan otak janin. mengkonsumsi alkohol. setiap Neuron dari milyaran Neuron ini akan membentuk koneksi hingga ke ribuan Neuron lain.

Setiap kali Anda membacakan cerita untuk bayi Anda. Neuron pada otaknya akan terus meningkatkan kinerjanya dan juga terus memperluas koneksinya satu sama lain. satu Neuron akan membuat koneksi dengan Neuron lain untuk membentuk Sinapsis. Setiap kali Anda memeluk bayi Anda. Setiap kali Anda bermain dengan bayi Anda. satu Neuron akan membuat koneksi dengan Neuron lain untuk membentuk Sinapsis. Seiring dengan pertumbuhan si kecil. satu Neuron akan membuat koneksi dengan Neuron lain untuk membentuk Sinapsis. Penting! Lingkunganlah yang mempengaruhi pertumbuhan Neuron bayi Anda. WOW! 9 .

berpikir. Pembentukan Sinapsis pada tahap awal inilah yang kemudian memudahkan bayi Anda untuk berbicara. sebenarnya anak Anda akan memiliki jumlah Sinapsis yang jauh lebih banyak dari yang dibutuhkannya. pada usia 3 tahun. Lho. mengingat serta berkreasi dengan lebih baik… Sinapsis Selama beberapa bulan pertama usia bayi Anda.Semakin banyak interaksi dan rangsangan yang diterima oleh bayi Anda melalui 5 panca inderanya. dari sekitar 50 triliun menjadi sekitar 1000 triliun! Sehingga. semakin banyak sinapsis yang terbentuk. jumlah Sinapsis yang terbentuk meningkat drastis. menghitung. nantinya akan ada Sinapsis yang dihilangkan secara periodik! 10 . kok bisa? Iya.

11 . Sinapsis yang sering digunakan akan memiliki ruang yang lebih besar untuk berkembang. ada sedikit kabar yang mengejutkan nih… Sinapsis yang telah terhapus TIDAK DAPAT dihidupkan kembali selamanya!… Pertumbuhan otak anak Anda meningkat drastis menjadi 2 kali lipat ketika ia berusia 1 tahun. berat otaknya mencapai 90% berat otaknya pada masa dewasa.Sinapsis yang sering digunakan akan bertambah kuat koneksinya sehingga lama kelamaan ia akan menjadi bagian otak yang permanen. sehingga otak anak Anda dapat bekerja dengan efisien. Namun. Pada usia 3 tahun. Sinapsis yang jarang digunakan akan melemah koneksinya. Pada usia 1 tahun. sehingga lama kelamaan ia pun akan dihapus. berat otaknya mencapai 70% berat otaknya pada masa dewasa. alias di-eliminasi! Dengan demikian.

2. maka ia akan kesulitan untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya sangat mudah dilakukan oleh anak-anak normal lain. maka ia akan tumbuh dengan jumlah Sinapsis yang kurang dibandingkan anak lain yang banyak menerima rangsangan positif. 3. 12 . Jika anak Anda sangat kurang mengalami interaksi yang normal dengan lingkungannya selama 3 tahun pertama. sehingga Sinapsis yang berkaitan dengan kegiatan tersebut menjadi permanen. Jika anak Anda menerima interaksi dan rangsangan yang kurang. Jika Sinapsis anak Anda terlalu banyak yang terhapus. maka akan terjadi penghapusan Sinapsis yang terlalu banyak. 4. Sediakanlah berbagai kesempatan belajar dan bergaul yang positif kepada anak Anda.Apa yang Bisa Dipetik dari Kenyataan Ini? 1.

Bab 2 Perkembangan Sosial dan dan Emosional Anak Anda Perkembangan Sosial Apa itu perkembangan sosial anak? Pada dasarnya. serta mengkopi semua tingkah laku Anda sehari-hari… Mudah-mudahan saja hal ini menjadi kabar baik bagi Anda 13 . Kabar Baik… (Atau Kabar Buruk?) Camkan ini… Hubungan yang tercipta antara Anda dengan anak Anda akan menjadi CETAKAN utama bagaimana ia akan berhubungan dengan orang lain di kemudian hari! Ketika anak Anda mulai berbaur dengan orang lain. maka ia akan menggunakan berbagai mimik wajah Anda. perkembangan sosial anak Anda adalah sebuah proses dalam mempelajari berbagai kemampuan dan sikap yang diperlukannya untuk dapat berbaur dengan baik. meniru berbagai gerakan tubuh Anda.

14 . karena anak Anda tidak terlahir dengan kemampuan bersosialisasi. maka berikut beberapa hal penting yang harus Anda ajarkan kepadanya: 1. 3. Pada umumnya para orang tua selalu memperkenalkan Batita-nya kepada keluarga dan kerabat terdekat. seorang anak dapat tumbuh menjadi seseorang dengan kelainan jiwa. berbaur dan berkomunikasi dengan orang banyak. Ajarkan ia bagaimana berterima kasih. Ajarkan ia bagaimana untuk menerima peraturan.Berbagai Kemampuan Penting yang Harus Anda Ajarkan Mulailah membiasakan anak Anda berbaur dengan orang banyak sejak dini. maka anak Anda kelak akan berjuang mati-matian untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Ajarkan ia bagaimana berbagi. Nah. 2. Sebaliknya. jika hal ini tidak Anda lakukan. Biarkan ia bertemu. Ajarkan ia bagaimana untuk bergiliran. 4. 5. Ini sebenarnya sebuah langkah awal yang baik lho… Jika Anda mengajarkan berbagai kemampuan positif kepada anak Anda untuk dapat bersosialisasi dengan baik. maka ia kelak akan tumbuh sebagai orang yang sehat dan selalu berkelakuan positif. bahkan pada kasus yang teramat parah.

tapi ia masih enggan bergabung dengan mereka. Tahap 3 Anak Anda akan menonton anak- anak lain bermain bersama. Tahap 1 Anak Anda lebih menyukai bermain sendiri. sampai kepada permainan yang lebih rumit serta melibatkan banyak teman. anak Anda akan melewati berbagai macam permainan. Bermain Bersama Seiring dengan pertumbuhannya. 15 . Tahap 2 Anak Anda mulai bermain dekat anak-anak lainnya. Tunjukkan padanya bagaimana cara makan yang baik. Mulai dari yang sangat sederhana dan asyik dilakukan sendirian. 7. Ajarkan ia berbagai adab kebersihan. Menyusun balok mainan adalah salah satu contoh bentuk tahap ini. tapi ia tetap belum mau bergabung. Ajarkan ia bagaimana meminta sesuatu. 8. 6.

Contohnya adalah berkumpul untuk menggambar dan mewarnai. Nah sebenarnya. dan sebagainya. Tahap 5 Anak Anda bermain bersama teman-temannya dan pada tahap ini mereka sudah bisa bekerjasama dan saling membantu.Tahap 4 Anak Anda mulai bermain bersama teman-temannya. Anak Anda akan belajar bagaimana: • Berhubungan dengan anak lain • Berbagi • Bergantian • Berkomunikasi • Bertingkah laku baik di tengah orang banyak • Bertingkah laku baik dalam kelompok • Berteman 16 . atau bermain lompat karet. namun belum dalam bentuk kerjasama. banyak nilai positif dari bermain bersama. Contohnya adalah bermain masak-masakan. menyelesaikan puzzle bersama.

Sebagai contoh. harga diri bisa disimpulkan sebagai kumpulan keyakinan dan perasaan yang kita miliki terhadap diri kita sendiri. di sini kami menggunakan istilah harga diri. 17 . memakai baju sendiri. apa bedanya? Percaya diri adalah hasil dari pemahaman terhadap harga diri dengan baik dan benar. ia akan lebih menikmati hidupnya dan akan lebih mudah mengatasi berbagai macam konflik dalam kehidupannya… Pengaruhnya dapat Anda lihat sejak dini. ia akan mencoba makan sendiri. banyak tersenyum. anak yang menderita penyakit rendah diri (rendah diri itu beda lho dengan rendah hati… rendah diri itu penyakit. Seorang anak yang memiliki harga diri yang sehat. Pemahaman “Saya nggak akan bisa” dan “Saya memang nggak berguna” adalah ciri khas dari anak yang memiliki perasaan rendah diri. maka kelak ia akan menghadapi kehidupan ini dengan penuh optimisme. dia akan melihat dirinya dengan sudut pandang yang positif. sedangkan rendah hati itu mutiara). Jika anak Anda memiliki harga diri yang sehat. bukan percaya diri. Bukan berarti sombong ya… Jadi. maka berbagai sifat kemandirian akan muncul pada dirinya.Tumbuhkan Harga Diri Anak Anda Ya. ia akan selalu diselimuti keraguan terhadap kemampuan dirinya. Sebaliknya. Jika anak Anda memilki rasa percaya diri. Lho. tidur sendiri dan ia akan berani mencoba hal-hal positif sendiri.

Ini akan menular kepada anak Anda.Mereka sangat sulit bersosialisasi. bukan pertandingan. • Libatkan ia dalam permainan positif yang lebih bersifat kerjasama. ataupun baju apa yang ingin dipakainya. • Dorong ia untuk membicarakan tentang perasaanya. • Sayangi anak Anda dan tunjukkan padanya bahwa Anda mencintainya. • Bantu ia dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. stress dan tidak tahan banting ketika menghadapi konflik kehidupan… Bagaimana Cara Menumbuhkan Rasa Harga Diri pada Anak? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan rasa harga diri yang sehat pada anak Anda: • Pujilah anak Anda. • Dorong ia untuk mengungkapkan ide-idenya. serta anak-anak seperti ini akan mudah putus asa. namun jangan berlebihan sehingga membuatnya manja. • Bantu ia untuk mengembangkan berbagai kemampuannya. • Biarkan ia memilih… mainan apa yang ingin dimainkannya. minder. 18 . • Jangan mengkritiknya. Tetaplah biarkan anak Anda yang memegang kendali. menarik diri dari orang banyak. • Anda pun harus selalu berpikir positif.

19 . perkembangan emosional adalah kemampuan anak Anda untuk memahami dan mengendalikan perasaannya. Ada anak yang memiliki temperamen mudah berbaur dan ada yang pemalu. Faktor keturunan atau genetika sangat berpengaruh dalam hal ini. Emosi adalah berbagai perasaan seperti: Cinta Khawatir Bangga Takut Malu Semangat Cemburu Senang Marah Sedih Frustasi Temperamen Temperamen adalah sifat dasar yang dimiliki oleh anak Anda sejak lahir. Ada anak yang memiliki temperamen mudah meledak-ledak dan ada yang kalem dan tenang… Anda Adalah Idolanya Anak Anda adalah fans Anda yang sering tidak Anda sadari… Anak Anda akan belajar dari Anda bagaimana mengendalikan perasaannya dan bagaimana reaksi terhadap berbagai perasaan yang sedang dialaminya.Perkembangan Emosional Anak Anda Apa itu perkembangan emosional? Pada dasarnya.

Sebagai contoh. maka jangan kaget jika ia pun akan melakukan hal yang sama ketika ia marah! Oleh karena itu. jika ia melihat Anda memecahkan barang-barang ketika sedang marah. Anda juga harus memberikan contoh kepada anak Anda. akan berbeda hasilnya dengan yang sebaliknya… 20 . saling mendukung satu sama lain. serta kemampuan untuk membaca dan memahami perasaan orang lain. Bentuklah suasana positif di rumah Anda sehingga anak Anda tumbuh dengan kemampuan emosional yang sehat.. kelak akan menjadi modal berharga bagi anak Anda ketika ia dewasa. Anak yang tumbuh di tengah- tengah keluarga yang harmonis. Kemampuan untuk mengenali dan mengendalikan perasaannya.. penuh kasih sayang. selain Anda harus memberitahukan kepadanya apa yang harus ia perbuat jika ia merasakan sesuatu. penuh perhatian serta memberi contoh yang baik.

berbicara dan bermain dengannya. maka bayi Anda akan memiliki ikatan spesial dengan Anda. apalagi jika perkara tersebut dialaminya berulang kali dan rutin. Oleh karena itu.. 21 . pastikan anak Anda tahu benar bahwa Anda mencintainya dengan cara memeluknya. menatap matanya.Ikatan Kasih Sayang Ikatan kasih sayang antara anak Anda dengan orang-orang di sekelilingnya sangat mempengaruhi perkembangan emosionalnya. menggendongnya. Jika anak Anda tidak tahu bahwa Anda mencintainya. namun ia dapat mengingat berbagai perkara yang sederhana. maka ia akan terus merasa sedih dan gelisah. sehingga ia akan sangat mengenal wangi tubuh Anda dan akan merespon terhadap suara Anda lebih dari responnya terhadap suara orang lain. Anda dapat memperkuat ikatan positif ini melalui: • Sentuhan kulit • Kontak mata • Wangi yang khas • Suara yang khas Dengan menyusuinya. memeluknya. Ia pun kelak akan mengalami kesulitan untuk mencintai orang lain. bermain dengannya dan memberikan banyak perhatian kepadanya.. Hati-hati dengan Ingatan Bayi Anda Walaupun bayi Anda tidak dapat menyimpan ingatan dalam waktu yang lama.

Ia dapat mengenali wajah orang-orang yang dekat dengannya.
Ia pun ingat betul kalau bantuan akan datang setiap kali ia
menangis.

Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu ada untuk menolong dan
merawatnya. Perhatian konsisten Anda sangat berarti untuk
perkembangan emosionalnya!

Sebagai contoh sederhana, kita dapat menggunakan kasus
tangisan untuk meminta bantuan. Jika setiap kali bayi Anda
menangis, Anda atau keluarga selalu cepat tanggap dalam
memberikan perhatian, maka secara tidak sadar Anda sebenarnya
sedang menumbuhkan rasa aman pada dirinya.

Rasa aman akan timbul pada dirinya karena ia merasa bisa
mengendalikan lingkungan di sekitarnya.

Jika perhatian Anda tidak
konsisten, maka bayi Anda
tidak akan pernah merasa yakin
dengan apa yang akan terjadi
pada dirinya, sehingga ia akan
tumbuh menjadi anak yang
tidak percaya diri dan labil.

Tentu saja ini sangat
merugikan bagi masa
depannya…

22

Berbagai Ekspresi Emosional Bayi

Berikut beberapa ekspresi emosi yang akan Anda temukan pada
bayi Anda:

• Terganggu

Ini mungkin bentuk emosi yang paling sering Anda temui
pada bayi Anda. Penyebabnya bisa jadi lapar, popoknya
basah, ada suara keras yang mengganggunya, dan lain-lain.
Tanda-tandanya adalah ia akan menangis.

• Sedih

Jika ada bayi lain di dekatnya yang menangis, atau Anda
menangis di depannya, maka bayi Anda mungkin akan ikut
terharu dan akhirnya menangis juga.

• Tertarik

Jika Anda melihat bayi Anda membuka matanya lebar-lebar
dan tidak berkedip ketika menatap sesuatu, nah itu berarti
ia sedang tertarik pada sesuatu tersebut.

• Senang

Sejak berusia 3 bulan, bayi Anda akan merasa senang jika
Anda mengajaknya bermain atau ia menemukan permainan
tertentu.

• Takut

Pada usia 9-14 bulan, mungkin bayi Anda akan merasa takut
pada kegelapan, atau takut ketika melihat orang memakai
topi, dan sebagainya.

• Marah

Jika bayi Anda tidak berhasil melakukan keinginannya,
mungkin tangisannya akan meledak, atau ia akan cemberut.
Biasanya ia akan melampiaskan perasaan ini dalam bentuk
tangisan, bahasa tubuh dan mimik wajah tertentu.

23

Rasa Takut pada Orang Asing

Jika anak Anda merasa takut ketika melihat seseorang yang
belum dikenalnya, maka itu adalah hal yang wajar.

Umumnya bayi mulai menampakkan gejala ini pada usia 6-9
bulan. Ia akan sangat selektif terhadap siapa saja yang boleh
menggendongnya, menyuapinya dan bermain dengannya.

Rasa takut atau tidak nyaman bersama orang
yang tidak dikenalnya dengan baik biasanya
mencapai puncaknya ketika seorang anak berusia
12-15 bulan. Setelah usia ini, biasanya perasaan
tersebut akan menghilang...

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi perasaan
takut ini:

1. Jangan memaksanya.

Walaupun Anda sebaiknya tetap memberikan pengertian
dan bujukan, namun jangan sampai memaksa anak Anda
untuk bisa berbaur. Biarkan ia yang menyesuaikan sesuai
dengan kesiapannya.

2. Jangan mendiamkannya.

Ketika anak Anda merasa tertekan dan berulah sebagai
reaksi dari rasa takutnya, sebaiknya Anda tidak
mendiamkan dan membiarkannya begitu saja. Beri
perhatian dan bantu ia melewatinya. Perlu diingat bahwa
rasa takut untuk anak seusianya sangatlah wajar dan
bukanlah sesuatu yang dibuat-buat.

24

Beri tahu kerabat dan teman-teman Anda bagaimana cara mengatasinya. biasakan untuk berpisah dengannya. entah itu pengasuhnya ataupun neneknya. Yakinkan anak Anda bahwa orang-orang tersebut adalah baik dan tidak akan menyakitinya. Cobalah untuk pertama kali untuk waktu yang singkat. Jika pada percobaan pertama Anda berhasil dengan lancar. Sebaiknya mereka merayu si kecil dengan mainan atau buku sehingga ia pun melunak. 4. maka selanjutnya akan sangat mudah. bahwa reaksi ini adalah reaksi yang normal untuk anak seusianya dan bahwa ini bukanlah disebabkan kesalahan mereka. Biasanya perasaan ini timbul ketika anak Anda berusia 6 bulan – 4 tahun. 6. Untuk mengatasinya. 25 . 5. Peluk dan cium anak Anda untuk menghiburnya. semakin berkurang perasaan takut terhadap orang asing. bukan dengan memaksanya. 3. sehingga ia diurus oleh orang lain. Rasa Takut Berpisah dengan Anda Perasaan lain yang sering datang kepada anak adalah perasaan cemas dan tertekan jika ditinggal oleh Anda. Biasakanlah anak Anda untuk bertemu dengan berbagai macam orang sejak dini. Semakin ia terbiasa bertemu banyak orang. Beri pengertian kepada kerabat dan teman-teman Anda yang mencoba mendekati anak Anda.

pastikan mainan tersebut selalu bersamanya di mana ia berada. 26 . • Bacakanlah cerita-cerita yang memuat konsep seorang anak yang ditinggal sementara oleh orang tuanya. tinggalkanlah anak Anda di tempat yang akrab dengannya dan bersama seseorang yang akrab pula. • Jangan menyelinap pergi.Nah. • Gantikanlah waktunya selama ditinggal oleh Anda dengan melakukan kegiatan ekstra bersamanya di waktu lain. • Tepatilah janji Anda. Selalulah berterus terang kepadanya dan berpamitan setiap kali akan pergi. • Selalu beri tahu kapan Anda akan pulang. untuk memudahkan proses pembelajaran ini. • Jika anak Anda punya mainan favorit. Ini akan membangun kepercayaannya kepada Anda. berikut beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan: • Sebisa mungkin.

atau merasa tidak nyaman • Ia sangat menyukai kalau dimandikan • Ia mulai senang menepuk- nepuk air • Mulai mengikuti mimik wajah Anda 27 .Pencapaian Sosial dan Emosional Anak 2 Minggu • Bayi Anda mulai mengenali wajah Anda • Tanggap terhadap suara yang ia kenali • Menangis ketika merasa tidak nyaman 1 Bulan • Bayi mulai tersenyum • Ia suka dipeluk • Ia menangis untuk memberitahu bahwa ia lapar. haus.

ia suka mengayun-ayunkan tangannya dan menendang-nendang • Ia suka diperhatikan dan selalu mencoba untuk menarik perhatian Anda jika Anda berada di dekatnya • Mulai menampakkan mimik wajah yang berbeda-beda untuk menunjukkan perasaannya 28 .2 Bulan • Bayi mulai bisa bermain-main sendiri ketika ditinggal sendirian • Senang jika mendapat perhatian dari Anda maupun orang lain • Ia memandang Anda ketika sedang disusui • Suka jika Anda ngobrol dengannya • Mulai bisa terjaga lebih lama selama Anda berinteraksi dengannya 3 Bulan • Bayi Anda mulai berkomunikasi dengan Anda melalui suara- suara yang dibuatnya • Ia akan menengok ke arah suara Anda dan akan tersenyum jika melihat Anda • Kalau senang.

4 Bulan • Bayi Anda mulai memperhatikan dan tersenyum kepada orang-orang yang bercanda dengannya • Ia mulai tidak senang jika Anda meninggalkannya terlalu lama • Tertawa ketika senang • Terbahak ketika dikelitiki • Tenang jika Anda bersenandung di dekatnya 5 Bulan • Bayi Anda mulai bisa membedakan antara suara Anda ketika senang maupun marah • Ia mulai menampakkan rasa malu. dengan memalingkan wajah dan badannya menjauhi orang yang tak dikenalnya • Mulai menunjukkan rasa ketertarikan kepada lingkungan sekitarnya • Sedih kalau Anda mengambil mainan yang sedang dipegangnya • Mulai memiliki mainan favorit yang harus berada di dekatnya 29 .

pukulan. tepukan.6 Bulan • Bayi Anda mulai belajar cara-cara untuk menarik perhatian Anda • Ia mulai suka mempelajari wajah Anda melalui rabaan tangannya. bahkan terkadang ia mencakar wajah Anda • Ia menunjukkan rasa senangnya jika melihat Anda sedang menyiapkan peralatan mandinya atau bersiap-siap untuk menyusuinya • Coba panggil namanya… ia akan menengok ke arah Anda! • Mulai menangis jika berada di dekat orang yang tidak dikenalnya • Berhenti menangis jika mendengar senandung yang biasa Anda lantunkan 7 Bulan • Bayi Anda mulai marah kalau Anda menghentikannya dari sebuah aktivitas yang disukainya • Menyukai kata-kata pujian • Menyukai rutinitas • Memberitahu Anda kapan ia senang dan kapan ia marah atau sedih • Mulai pintar menarik perhatian Anda jika ia merasa bosan 30 .

bahkan ia suka mengulanginya lagi dan lagi • Ikut sedih kalau Anda dan orang-orang di sekitarnya menampakkan kesedihan • Mulai timbul rasa ingin tahu terhadap bayi lain • Tidak suka kalau ada bayi lain yang memainkan mainannya 31 .8 Bulan • Senang jika berada di dekat bayi-bayi yang lain. tapi belum mau bermain bersama mereka • Mungkin tidak senang jika digendong oleh seseorang yang tidak akrab dengannya • Ia akan memeluk Anda erat-erat ketika berada di tengah keramaian • Mulai senang dengan cermin • Mulai senang melihat gambar-gambar 9 Bulan • Suka melakukan sesuatu yang mengundang tanggapan dari orang-orang di sekitarnya.

seperti ciluk ba dan petak umpet 11 Bulan • Bayi Anda mulai mudah reda marahnya • Suka melakukan apa-apa setelah memperoleh izin dari Anda • Tidak senang jika ia tidak melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya • Gelisah jika berada di dekat orang banyak • Merasa sangat aman jika berada di dekat anggota keluarga yang akrab dengannya 32 .10 Bulan • Ia suka naik ke pangkuan Anda jika Anda membacakannya cerita • Suka memeluk • Senang menghibur dirinya sendiri • Suka permainan yang melibatkan beberapa orang.

15 Bulan • Anak Anda mulai patuh terhadap perintah-perintah yang sederhana • Mulai memahami apa arti “Tidak” • Ia mulai memiliki rasa humor dan senang membuat Anda tertawa • Marah kalau Anda mengambil barang atau mainan yang sedang dimainkannya • Mulai kesal jika tidak berhasil melakukan sesuatu • Bermain di sekitar anak-anak seusianya.12 . seperti membantu Anda memakaikan bajunya • Mulai menunjukkan keakrabannya yang lebih kepada salah satu dari ibu bapaknya • Mawas dirinya meningkat • Suka menyuap makanan sendiri • Mulai mengatakan “Halo” dan “Dada” kepada orang-orang • Sangat suka menyelidiki segala sesuatu 33 . tapi belum mau bergabung • Jika senang. ia akan memeluk keluarganya erat- erat • Mulai menunjukkan kemandirian.

seperti menyapu lantai. mainan serta binatang peliharaan • Memberitahu Anda apa makanan kesukaannya • Kemandiriannya semakin meningkat • Menunjukkan perasaan kesal jika sesuatu berjalan tidak sesuai dengan kemauannya • Bermain di sekitar anak-anak lain 34 .18 Bulan • Sangat senang meniru kelakuan Anda • Senang membantu Anda dalam berbagai aktivitas. seperti memberikan mainannya kepada teman mainnya • Menampakkan rasa cinta kepada keluarganya. merapikan taman dan sebagainya • Ia suka menggandeng tangan Anda dan merasa aman dengannya • Suka jika diajak kumpul-kumpul bersama kerabat dekat Anda • Mulai menampakkan kemampuan sosial dasar.15 .

walaupun belum bisa bekerjasama dengan baik • Menangis jika Anda meninggalkannya • Masih malu terhadap orang yang asing baginya • Senang membantu Anda menggosok giginya dan meratakan sabun ke tubuhnya ketika mandi • Senang mengerjakan tugas-tugas yang bisa membuat orang memujinya 35 . walaupun belum menurut 100% • Rutinitas membuatnya merasa aman • Interaksi dengan anak-anak lain semakin membaik • Mulai bisa buang air di kamar mandi • Mulai bermain bersama anak-anak lain.24 Bulan • Anak Anda mulai pintar makan dan memakai baju sendiri • Bisa mengerti berbagai peraturan sederhana.18 .

24 - 30 Bulan

• Anak Anda senang mencoba melakukan berbagai hal
sendiri, namun masih sangat kesal jika gagal

• Mulai belajar berbagi mainan

• Mungkin masih tidak mau lepas dari sisi Anda kalau
Anda mau meninggalkannya sementara dengan orang
lain

• Kalau ada anak lain yang mengambil mainannya,
mungkin anak Anda akan merebutnya kembali

• Mungkin mulai menarik perhatian Anda dengan
memukul-mukul atau dengan melakukan hal-hal yang
dilarang dan tidak mau menurut jika Anda mencoba
menghentikannya

• Mulai bisa mencopot pakaian dan kaus kakinya

36

30 -36 Bulan

• Anak Anda mulai senang bermain dengan anak-anak lain
dan mulai pintar berbagi

• Dia akan menjadi anak yang mandiri dengan mencontoh
perilaku Anda

• Perlahan ia akan mengurangi rasa egoisnya

• Persahabatan dengan anak-anak lain dan orang dewasa
mulai terbentuk

• Rasa kecewa dan kesal jika gagal akan semakin
berkurang

• Mulai percaya diri pada suasana yang berganti-ganti

• Mulai tanggap terhadap perasaan orang lain dan mulai
mencoba menghibur anak lain yang menangis

37

Bab 3
Perkembangan Fisik Anak
Anak Anda

Jika perkembangan fisik anak Anda cepat, maka dengan cepat
pula ia akan menguasai berbagai kemampuan motorik - dan ini
memerlukan koordinasi antara otak dan ototnya.

Nah, sebelum semua kemampuan motorik ini dapat dilakukan
oleh si kecil secara otomatis, maka anak Anda memerlukan
banyak latihan sejak usia dini.

Ada 2 jenis kemampuan motorik:

1. Kemampuan motorik kasar

Merupakan kemampuan anak Anda untuk mengendalikan
otot-otot besar sehingga ia mampu melakukan aktivitas
seperti berdiri, duduk, berjalan, berlari, merangkak,
jongkok, melempar bola, dan sebagainya.

2. Kemampuan motorik halus

Merupakan kemampuan anak Anda untuk melakukan
gerakan-gerakan kecil yang melibatkan tangan, jari tangan,
pergelangan, kaki, jari kaki, bibir, lidah, dsb. Gerakan yang
dihasilkan mencakup memegang pensil, memegang dan
menyuapkan sendok ke mulut, berbicara, memasang
kancing baju, dan sebagainya.

Semakin besar perkembangan fisik yang dialami
oleh anak Anda berarti semakin banyak koordinasi
otak yang diperlukan dan ini sangat membantu
perkembangan mentalnya...

38

namun tetap butuh untuk disanggah • Memukul-mukul benda • Mulai bisa memegang benda • Mulai bisa membawa benda ke mulutnya Aktivitas yang mendukung: • Mainan yang digantung di atas ranjangnya dapat merangsang bayi Anda untuk meraihnya 39 .3 Bulan Pencapaian: • Lehernya semakin kuat.Pencapaian Perkembangan Fisik Anak Anda 1 Bulan Pencapaian: • Ia bisa berguling serta mengangkat kepalanya Aktivitas yang mendukung: • Luangkan lebih banyak waktu dengannya 1 .

• Pancing ia dengan berbagai mainan menarik dan letakkan dalam jangkauan pandangannya (± 20cm) • INGAT. Ini akan merangsangnya untuk cepat bisa berguling 40 .6 Bulan Pencapaian: • Bisa berguling dari posisi tengkurap menjadi terlentang dan sebaliknya • Bisa duduk dengan bersandar dan akhirnya merubah posisi menjadi duduk tanpa bersandar • Dapat membawa benda ke mulutnya dengan mudah • Mulai bermain dengan mainan • Bisa memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lain Aktivitas yang mendukung: • Kursi tinggi untuk bayi dapat membuatnya bisa duduk lebih cepat • Ajak ia bicara dan bersenandunglah di dekatnya. jangan menggunakan mainan berukuran kecil yang bisa membuatnya tersedak 3 .

Dan ini juga merupakan pengaruh dari lamanya waktu yang Anda luangkan bersamanya… 41 . Ini akan membantunya cepat berguling dan berputar untuk melihat suasana baru • Berikan berbagai mainan yang aman untuk usianya (nanti akan ada bab tersendiri mengenai ini) 6 . • Pindahkanlah bayi Anda ke tempat-tempat baru yang aman. kemudian mencoba merangkak di atas tangan dan lututnya. berikan sebanyak-banyaknya pujian. Ini akan menambah semangatnya untuk berusaha lebih keras • Jika ia meniru gerakan Anda. ini merupakan sebuah perkembangan yang baik.9 Bulan Pencapaian: • Dapat merayap di atas perutnya • Dapat menjangkau mainan yang agak jauh • Dapat meniru perbuatan Anda • Semakin ahli memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain • Mulai memukul-mukulkan benda ke perabotan rumah • Mulai mencoba mengambil benda-benda kecil menggunakan jarinya • Dapat merangkak di atas tangan dan lututnya Aktivitas yang mendukung: • Ketika bayi Anda mulai merayap di atas perutnya.

Ini merupakan bentuk kerjasama ibu dan anak yang baik 42 .12 Bulan Pencapaian: • Ia bisa berdiri sendiri pada kedua kakinya • Mulai mahir mengambil benda-benda kecil menggunakan ibu jari dan jari lainnya • Mulai bisa minum sendiri menggunakan cangkir • Mulai pintar memainkan berbagai benda dan mainan • Mulai membantu Anda memakaikan pakaiannya Aktivitas yang mendukung: • Biarkan ia berjuang untuk berdiri sendiri. Anda bisa menggunakan makanan yang aman untuk ia pegang dan makan 9 . coba berikan cangkir bayi bertutup kepadanya untuk sementara • Ajak dia ngobrol ketika memakaikan bajunya. • Rangsang ia untuk memegang benda menggunakan ibu jari dan telunjuknya. Ini merupakan titik awal kemandiriannya. Biasanya ia akan menggunakan kursi untuk menarik badannya hingga berdiri. Pastikan saja ia terjauh dari benda-benda tajam • Jika ia masih kesulitan minum menggunakan cangkir biasa.

Beri ia semangat 18 .18 Bulan Bulan Pencapaian: • Dapat dengan mudah menyusun balok mainan • Dapat dengan mudah makan menggunakan sendok dan garpu • Dapat menggambar dan menulis menggunakan krayon dan kertas • Mulai berjalan • Mungkin mulai berlari kecil Aktivitas yang mendukung: • Libatkan ia dalam berbagai aktivitas yang memerlukan gerakan berjalan dan berlari kecil • Ketika ia makan sendiri menggunakan sendok dan garpu.24 Bulan Pencapaian: • Dapat melompat • Dapat berdiri di atas satu kaki. walaupun sebentar 43 .12 . maka jangan Anda memarahinya jika berantakan. Proses ini sebenarnya merupakan pertanda baik perkembangan motorik halusnya.

ia perlu menggunakan otot besarnya disertai dengan kemampuan koordinasi yang baik • Contohkan juga kepadanya cara menendang bola • Ingatlah. yaitu dengan langkah kaki yang bergantian kiri dan kanan • Dapat memakai baju sendiri. walaupun masih kesulitan mengancingkan baju 44 . • Dapat menendang bola • Tulisannya mulai membaik dan ia dapat menggambar lingkaran • Dapat melepas bajunya sendiri • Sangat membantu ketika Anda memakaikan bajunya Aktivitas yang mendukung: • Beri ia contoh bagaimana cara melompat di tempat. ia menganggapnya sebagai sebuah karya besar. Pujilah setiap karyanya. seburuk apapun gambar yang dibuat oleh anak Anda. Untuk bisa melakukannya.36 Bulan Pencapaian: • Dapat mengendarai sepeda roda tiga • Mulai mahir dalam berlari • Mahir juga dalam melompat • Dapat menaiki tangga seperti orang dewasa. maka ia akan berusaha keras untuk selalu menyenangkan Anda 24 .

Perkembangan ototnya pada saat ini sudah sangat baik • Ingat. Bayangkan ketika Anda pertama kali mengendarai sepeda motor… seperti itulah perasaan anak Anda. pujilah setiap karya menggambarnya.• Dapat menggambar lingkaran dan silang • Mulai mencoba menggambar benda-benda di sekitarnya Aktivitas yang mendukung: • Ketika ia bisa mengendarai sepeda roda tiga. ia sudah masuk dalam fase mandiri. Dengan demikian imajinasi anak Anda akan cepat berkembang • Coba ajak ia dalam permainan yang menuntut kemampuan berlari lebih rumit 45 .

Pikiran anak Anda adalah bagian dari otaknya yang bertanggung jawab terhadap bahasa. penilaian. 46 . saat itu pula pikirannya memulai proses belajarnya. Ingatlah. Bayi Anda belajar melalui interaksi dengan lingkungan sekitarnya. pandangan. begitu bayi Anda lahir ke dunia. pemahaman. pembentukan mental. Dia menggunakan panca inderanya untuk mempelajari dunia di sekelilingnya. pemahaman sebab akibat. Jangan meremehkan tingkat kewaspadaannya terhadap apa yang terjadi di sekitarnya! Walaupun ia belum bisa mengutarakan sifat keras-lunak. penyelesaian masalah. pahit- manis dengan kata-kata. Bab 4 Perkembangan Kognitif (Intelektual) Perkembangan Pikiran Perkembangan kognitif (intelektual) sebenarnya merupakan perkembangan pikiran. namun ia sebenarnya bisa memahami berbagai sifat ini melalui kelima panca inderanya. serta ingatan.

berikut sifatnya (hijau. Berhentilah jika ia sudah lelah • Biarkan ia bermain dengan berbagai mainan dan permainan yang mendidik • Perkenalkan ia kepada anak-anak lain dan biarkan mereka bermain bersama 47 . Teruslah berulangkali menjelaskan kepadanya nama-nama benda tersebut. berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan: • Rangsang ia untuk berbicara. Apa Yang Bisa Anda Lakukan untuk Membantu Perkembangan Pikirannya? Pada 1 tahun pertama. dingin). lontarkan berbagai pertanyaan yang bisa ia jawab. walaupun saat itu ia belum mengerti • Bermainlah dengannya • Ajak ia ber-eksplorasi dan mengamati lingkungan sekitarnya • Bacakan cerita kepadanya • Sediakan berbagai mainan untuk merangsang berbagai inderanya serta memancingnya untuk berkonsentrasi Setelah ia berusia lebih dari 1 tahun.Bayi Anda juga akan sangat senang jika Anda selalu memperkenalkan benda-benda baru serta sifat-sifatnya. halus. berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan: • Teruslah berbicara kepadanya. maka lama kelamaan ia akan menguasai dan memahaminya.

Beri mereka semangat dan jangan terlalu dikekang. Kemampuannya untuk memahami berbagai reaksi. Bayi Anda juga sangat senang jika Anda melakukan sesuatu kepadanya dengan berulang-ulang. ini merupakan kegiatan yang baik. Sebagai contoh sederhana. Perhatikanlah apa yang terjadi… Ia akan segera memahami bahwa jika ia menendangkan kakinya (sebab). Jangan aneh jika ia selalu meminta Anda untuk membacakan cerita yang sama berulang kali! Ikuti saja. • Perkenalkan ia kepada buku dan ajarkan ia membaca sedikit demi sedikit • Bawa ia ke tempat-tempat dan suasana baru • Biarkan sisi kreatif anak Anda berkembang. Sebab-Akibat Bayi Anda akan belajar konsep sebab-akibat sejak awal kehidupannya. maka mobil-mobilan tersebut akan bergerak dan membuat suara berisik (akibat). seperti menggambar lingkaran dan memakai baju sendiri Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dan mereka sangat suka menyelidiki berbagai benda dan suasana baru. 48 . Proses ini akan membangun pikiran mereka serta meningkatkan kecerdasan dan daya tanggapnya. coba Anda mengikatkan sebuah pita ke mobil-mobilan plastik miliknya. nantinya akan mengarah pada kemampuan yang lebih memukau untuk bisa menyelesaikan masalah. kemudian ikatkan ujung pita yang lainnya ke kaki bayi Anda dengan ikatan yang longgar. jangan dibatasi • Ajarkan ia berbagai kemampuan baru.

49 . karena ini akan merangsang perkembangan inderanya. bermain. Berikut ini adalah berbagai hal yang harus dilakukan oleh anak Anda untuk mempercepat proses belajarnya dan agar tingkat perkembangan pikirannya terus meningkat: 1. Perkenalkan ia kepada berbagai permainan baru. sebenarnya ia sedang mempelajari lingkungannya. Yang Harus Dilakukan oleh Anak Anda Jika Anda tidak membiarkan anak Anda berbicara. serta mencium bau sesuatu. Anda juga harus jangan bosan memperkenalkan berbagai pengalaman baru kepadanya. mencicipi. menyentuh. maka tingkat perkembangan pikiran anak Anda akan menurun.Namun di sisi lain. Dengan memperhatikan sesuatu. mengutarakan perasaannya. Dia harus diberi kesempatan untuk menggunakan perasaannya. mendengarkan. atau jika ia selalu merasa bosan dan tidak melakukan aktivitas yang menarik baginya.

Dia harus diberi kesempatan untuk menyelidiki lingkungan sekitarnya. Biarkan ia meniru kelakuan Anda. Jangan mematahkan semangatnya untuk bertanya. bahkan biarkan ia memukul-mukulkan benda tersebut ke meja. semakin banyak informasi yang ia kumpulkan. Dengan meniru Anda mengumpulkan dedaunan kering di taman. Semakin banyak pengalamannya dalam ber-eksplorasi. selama tidak membahayakan. biarkan ia bertanya. hidup dan mati. 4. Dengan meniru suara yang Anda buat. mengambilnya. 50 . Ketika anak Anda mulai bisa berbicara. ketahuilah bahwa Anda sedang mengajarkannya banyak hal. Jika Anda bersabar menjawab berbagai pertanyannya. Dengan meniru tulisan Anda. ia akan belajar bicara. 5. waktu. ia akan belajar menulis. serta pentingnya nilai benar dan salah. tapi untuk memahami dunia di sekitarnya. Dengan meniru Anda mengoleskan mentega pada roti. ia akan belajar membuat roti lapis sendiri. ia akan belajar membersihkan taman. jarak. Dengan begini secara bertahap ia akan belajar memahami berbagai konsep seperti panas dan dingin. Dia pun harus bermain dengan permainan membangun sebanyak dan sedini mungkin.2. Salah satu ciri anak cerdas adalah banyak bertanya. Biarkan ia menyentuh berbagai benda yang aman. 3. ia tidaklah banyak bertanya untuk membuat Anda kesal. Ingatlah. Dia harus berbaur dengan orang lain.

Dia harus mulai membaca buku sejak dini. 7.6. ia akan mengenal warna. Ini akan membangun kemampuan menyimak serta berkonsentrasi. Membaca buku akan menolong anak Anda memperluas pengetahuan. bentuk. Dia harus mendengarkan Anda membacakan buku kepadanya. 51 . angka. ukuran dan berbagai tempat lebih cepat dibandingkan dengan anak yang telat membaca. pandangan dan imajinasinya. yang tentunya merupakan modal penting jika ia sekolah nanti. Begitu juga. kreativitas.

tapi jangan semua bagiannya… sembulkan sedikit salah satu bagiannya. Ia akan mencoba untuk mengambilnya sendiri 52 .6 Bulan • Dia mulai mengerti bahwa ia bisa menyebabkan sesuatu terjadi.9 Bulan • Dia akan bereaksi jika namanya dipanggil • Dia mulai mengenali siapa orang tuanya • Dia masih menyelidiki dan mempelajari benda-benda dengan menggenggamnya dan memasukkannya ke mulut • Dia akan menjatuhkan benda-benda dengan sengaja untuk melihat apa yang terjadi • Dia masih terus mempelajari konsep sebab-akibat dan akan terus mengulang aktivitas tertentu lagi dan lagi • Coba Anda sembunyikan mainannya.Pencapaian Kemampuan Kognitif (Intelektual) 0 – 3 Bulan • Dia mulai mengerti dari mana asal sebuah suara dan ia akan mulai mencari-cari asal sebuah suara • Dia mulai belajar konsep sebab-akibat 3 . Dia mulai senang memainkan mainan yang berbunyi jika dipencet • Ia sangat suka menyelidiki berbagai benda menggunakan mulutnya! 6 .

ataupun melambai • Dia akan belajar mencocokkan benda berdasarkan kesamaan warna maupun bentuk • Dia sangat senang memainkan Ciluk-Baa dengan Anda atau dengan mainannya • Suka membangun menggunakan balok mainan • Dia dapat mengenal nama-nama bagian tubuh • Dia mulai tertarik untuk membolak-balikkan halaman buku yang sedang Anda baca 53 . ia dapat melewatinya lewat atas. bawah.9 . menyuapi bonekanya.12 Bulan • Bayi Anda sangat suka memukul-mukulkan mainannya ke meja atau lantai. atau mengelilinginya 12 . Ia juga suka menjatuhkan benda-benda untuk mendengarkan perbedaan suara yang ditimbulkannya • Dia akan merangkak mencari mainannya yang Anda sembunyikan • Dia akan sangat senang jika Anda duduk bersamanya dan memperlihatkan kepadanya berbagai gambar besar yang berwarna • Dia sangat suka kata-kata yang berirama • Dia akan belajar bahwa jika ada sesuatu yang menghalangi jalannya.24 Bulan • Dia akan mulai meniru gerak-gerik Anda. Dia mulai meniru gerakan Anda menelepon.

Dia akan tahu bahwa piring adalah untuk makan. dia akan mudah mengenalinya • Dia akan belajar berhitung hingga angka 3 dan ia mulai tahu arti dari setiap angka 54 . maksimal 4 potongan • Jika Anda menunjukkan kartu-kartu berisi gambar benda yang akrab dengan kesehariannya. • Dia akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk menyelidiki benda-benda yang berbeda • Dia dapat mengikuti perintah sederhana 24 .36 Bulan • Dia mulai bermain dengan boneka dan binatang-binatangan • Imajinasinya akan lebih hidup. pensil adalah untuk menulis. dan sebagainya • Dia mulai menikmati bermain dengan puzzle sederhana. bahkan ia mungkin memiliki teman khayalan • Dia akan memahami cerita-cerita sederhana • Dia akan mulai mengerti apa kegunaan setiap peralatan sehari-hari. sabun adalah untuk membersihkan tangan.

termasuk kemampuan untuk memahami. ternyata menunjukkan kemampuan berbahasa yang lebih maju dibandingkan dengan yang tidak. Bab 5 Perkembangan Bahasa Komunikasi Dini Sebagai orang tua. Anda merupakan guru pertama dan utama bagi bayi Anda. serta mendengarkan perkataan yang diucapkannya. Bayi dan anak-anak yang berada di tengah-tengah suasana dimana mereka selalu diajak bicara. menanggapi. Bahasa sangatlah penting bagi perkembangan intelektual si kecil. mendengarkan cerita dibacakan kepada mereka dan terlibat dalam banyak interaksi verbal. terutama pada 3 tahun pertama kehidupannya. Apa yang bisa Anda lakukan? Usahakan untuk selalu berbicara kepada bayi Anda sejak dini. walaupun Anda tidak mengerti. belajar dan menilai. berpikir. 55 . Sebenarnya otak bayi Anda sudah siap untuk belajar bahasa sejak kelahirannya dan dia harus berada di tengah-tengah suasana yang mengajarkannya hal ini.

tetapi dia mengerti apa yang Anda maksudkan. Maka seharusnya Anda langsung merespon bahasa ini dengan mengangkat dan menggendongnya… Dengan meresponnya. yang nantinya lama-kelamaan akan berubah menjadi kata-kata. Satu contoh komunikasi bayi Anda kepada Anda adalah ketika ia mengangkat kedua tangannya. Walaupun pada usia bayi si kecil belum bisa berbicara. 56 .Bayi berkomunikasi dengan cara membuat suara-suara. ternyata dapat membuat anak mereka lebih cerdas ketika usia sekolah kelak. bayi Anda akan memulai proses komunikasinya dengan menggunakan ekspresi wajah dan bahasa tubuh. Pada usia awal. sedangkan bayinya hanya bisa memperhatikan si ibu mondar-mandir dari ranjang atau tempat duduknya! Seandainya mereka tahu… hanya dengan sering mengajak bayi mereka bicara. kemampuannya akan berkembang dan ia akan mulai membuat suara bergumam. bayi Anda akan tahu bahwa ia berhasil berkomunikasi dengan Anda dan ini akan memberinya semangat untuk mencoba berkomunikasi dengan Anda lebih sering lagi. ternyata masih sangat banyak orang tua yang sibuk mengerjakan pekerjaan rumah tangganya dengan hening dan diam. Selanjutnya. Artinya? Ia minta digendong. atau gerakan-gerakan untuk memancing respon Anda. Namun tahukah Anda. Anda mungkin sudah tahu bahwa berbicara kepada bayi Anda sangatlah bermanfaat.

Jelaskan apa yang yang sedang Anda lakukan. “Ummi sedang mencuci kentang. Gunakan bahasa tubuh sambil mengucapkan kata-kata. Bayi Anda akan lebih mudah untuk memahami arti sebuah kata jika Anda memberikan contoh dengan gerakan. namun jika Anda terus melakukannya ia akan cepat memahami bahwa “bunyi” tersebut berkaitan dengan dirinya. 6. percepat pengucapan kata-kata. terus… direbus deh sampai matang!” 4. cobalah untuk menjelaskan apa yang sedang Anda lakukan. lalu memotongnya kecil-kecil. gunakan berbagai ekspresi lucu dan sebagainya. 57 .Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak 1. Ketika Anda sedang memasak dan bayi Anda memperhatikan Anda. Panggillah ia selalu dengan namanya. Gunakan nada tinggi dan rendah. Gunakan variasi intonasi ketika mengucapkan kata-kata. 3. “Syifa mau mandi?” atau “Kakak sedang apa ya?” Lama- kelamaan ia akan merespon pertanyaan Anda. “Ayo dadah ke Nenek…” Ucapkan kalimat ini sambil melambaikan tangan Anda ke arah neneknya. Penelitian menunjukkan bahwa kata-kata yang ditujukan langsung kepada bayi (bukan sekedar yang didengar olehnya di sekitarnya) dapat membuatnya lebih cerdas. 5. Walaupun ia mungkin masih terlalu kecil untuk bisa memahami fungsi namanya. Berbicaralah dengan jelas dan langsung kepada bayi Anda. lalu perlambat. 2. Cobalah bertanya kepadanya.

seperti “Berikan mainan ke Ummi” Aktivitas yang mendukung: • Selalulah memberi tanggapan terhadap setiap bunyi. celoteh dan gumaman bayi Anda • Terus ajak ia berbicara dan jelaskan setiap aktivitas yang sedang Anda lakukan di hadapannya • Ajarkan kepadanya nama-nama benda di sekitarnya • Ajarkan pula nama-nama anggota keluarga yang lain • Bacakan buku bergambar kepadanya setiap hari • Bawa bayi Anda keluar rumah sesering mungkin.Pencapaian Perkembangan Bahasa Anak Anda Ketika 12 Bulan Pencapaian: • Mengenal namanya • Bisa mengucapkan “Mama” dan “Papa” serta 2-3 kata lainnya • Meniru kata-kata yang sering didengar • Mengerti perintah sederhana. perkenalkan ia dengan suasana dan tempat baru • Anda bisa bermain Tepuk Tangan dan Ciluk Baa dengannya 58 .

Jangan gunakan kata- kata yang sulit • Pandanglah anak Anda ketika Anda berbicara kepadanya • Terangkan aktivitas yang sedang dilakukan oleh anak Anda • Jika Anda ingin pergi.Ketika 24 Bulan Pencapaian: • Bisa menggunakan 10-20 kata • Mengerti arti “tidak” • Bisa melambaikan tangan untuk mengekspresikan “dadah” • Bisa menyebutkan nama-nama benda yang sering dilihatnya • Bisa meniru suara binatang yang sering dilihatnya • Bisa memberikan benda yang Anda minta kepadanya • Bisa menunjukkan beberapa anggota badan. dan lain-lain Aktivitas yang mendukung: • Tunjukkan rasa senang dan berikan semangat ketika anak Anda mencoba mengucapkan kata-kata baru • Berikan penghargaan atas setiap usahanya untuk berkomunikasi • Bicaralah dengan jelas dan perlahan. seperti tangan. selalulah memberitahu anak Anda 59 . hidung. mata.

“Coba lihat. coba lihat” kepada orang dewasa yang ada di dekatnya 60 . seperti kemarin dan besok • Tanggap terhadap perintah seperti “Coba tunjukkan tangan Ali” • Suka bila menjadi pusat perhatian dan terkadang ia akan mengatakan.Ketika 36 Bulan Pencapaian: • Dapat menyebutkan nama-nama benda yang akrab dengannya • Sekitar 70% perkataan yang diucapkan anak Anda dapat dimengerti • Dia memiliki perbendaharaan hingga 450 kata • Dapat menyebutkan berbagai anggota tubuh • Dia mulai bertanya dengan pertanyaan seperti “Apa Ini?” dan “Kenapa?” • Ia menyusun kalimat pendek seperti “Ali pengen minum” • Dapat menggabungkan kata benda dan kata kerja seperti “Ummi bangun” • Suka mendengarkan cerita yang sama diulang-ulang • Dia akan mengerti konsep waktu yang sederhana.

Anda bisa menjawab.Aktivitas yang mendukung: • Tunjukkan kepada anak Anda bagaimana untuk menyimak dan mengikuti arahan • Dengarkan dengan baik ketika ia berbicara dan perlihatkan padanya bahwa Anda mengerti isi pembicaraannya. coba ulangi dan lengkapi kalimatnya menjadi “Salma mau minum lagi” • Teruslah menerangkan setiap aktivitas yang Anda lakukan di hadapannya • Bacakan buku setiap hari 61 . selalulah mengulang-ulangnya • Jika anak Anda mengatakan “Mau minum”. mengangguk. atau tertawa sebagai tanggapan • Ajukan pertanyaan kepadanya sehingga anak Anda terlatih untuk berpikir dan berbicara • Pancing ia untuk menjawab pertanyaan sederhana • Jika ada kata-kata yang baru dikenalnya.

walaupun hanya buku yang sederhana. Penelitian juga menyatakan bahwa kemampuan untuk membaca dan berbicara dapat berkembang secara bersamaan. Padahal masa yang paling baik untuk melatih otak anak Anda membaca adalah antara usia 0-3 tahun! Makanya sangat banyak anak yang ketinggalan kereta dalam hal membaca. Untuk bisa berhasil baik di sekolah maupun dalam kehidupannya. karena pusatnya terletak pada bagian otak anak yang sama... serta merupakan kunci pembelajaran dalam segala disiplin ilmu. Membaca Buku Dengan Suara Keras Berikut ini adalah keuntungan membacakan buku dengan suara keras kepada anak Anda: • Menambah perbendaharaan kata • Merangsang imajinasinya 62 . Membaca merupakan faktor utama dalam perkembangan bahasa. anak Anda harus bisa membaca dengan baik. Bab 6 Perkembangan Membaca Mulai Membaca Sejak Dini Banyak orang tua yang masih menyangka bahwa anak-anak tidak perlu belajar membaca sebelum usia sekolah.

misalnya. maka semakin baik kemampuan membacanya kelak. Jadikan waktu tersebut sebagai waktu yang spesial pada hari itu. Bagaimana Mengajarkan Bayi untuk Membaca? Anda tidak perlu menunggu anak Anda bisa berbicara untuk memperkenalkannya dengan buku. Intinya adalah membuatnya senang dan tertarik untuk duduk bersama Anda untuk membaca setiap hari. abjad. Semakin dini anak Anda mulai membaca dan mendengarkan cerita dibacakan kepadanya. Anda bisa menentukan waktunya sebelum ia tidur di malam hari. • Memperbaiki caranya berkomunikasi • Memperkenalkan kepadanya berbagai konsep seperti angka. 63 . Anda sebaiknya sudah mulai memperkenalkan buku-buku kepadanya dengan cara yang mengasyikkan. warna dan bentuk • Membangun kemampuan menyimak dan mengingat Peran Anda dalam Mempersiapkan Anak Anda Membaca Ketika bayi Anda berusia 1 tahun. maka normalnya ia sudah belajar seluruh bunyi-bunyian yang diperlukan untuk berbicara dengan bahasa ibunya. Bahkan sejak bayi Anda berusia 6 bulan (atau bahkan lebih awal lagi).

maka dia akan lebih suka buku-buku yang lebih banyak tulisannya daripada gambar. Anda bisa mencari buku-buku dengan kalimat sederhana. namun tetap pilihkan cerita yang menarik. seperti ia perlu mendengar ucapan setiap kata agar bisa berbicara. Anak Anda perlu melihat tulisan yang Anda baca. 64 . maka coba tirukan suara setiap binatang tersebut.Ingatlah.. jika Anda menjadikan kegiatan ini sebagai beban. maka bayi Anda pun akan merasa seperti itu… Jenis Buku dan Cara Membaca Sebagai perkenalan pertama. Jika ada tokoh berupa binatang. sebaiknya Anda memilih buku-buku dengan gambar-gambar yang cerah dan penuh warna.. usahakan yang isinya berirama. semacam pantun. Berikutnya. Gunakan Buku Berhuruf Besar Agar bisa cepat membaca. Membaca dengan intonasi yang bervariasi dan dengan penekanan yang berbeda untuk kata-kata tertentu. akan menjadikannya sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi anak Anda. Ketika anak Anda berusia 2 atau 3 tahun. Jelaskan masing-masing tokoh yang ada di buku-buku tersebut dan coba Anda buatkan suara yang unik untuk setiap tokoh.

ingat lho bahwa membaca tidak terbatas hanya pada buku saja ya… Setiap kali Anda mengajak anak Anda berjalan-jalan. Contoh: “abi baru pergi”. dudukkan ia sehingga ia bisa melihat tulisan yang Anda baca. Oh ya. Contoh: huruf “M” bunyinya seperti “Mama”. Ketika Anda membacakan cerita kepadanya. Berikutnya dia harus mulai bisa menggabungkan beberapa huruf untuk menyusun sebuah kata yang bermakna. Coba beri semangat agar ia mengikuti kata-kata tersebut satu per satu. gunakanlah buku-buku dengan huruf berukuran besar. 3 Langkah untuk Bisa Membaca Ada 3 langkah yang harus dikuasai oleh anak Anda ketika ia belajar membaca: 1.Oleh karena itu. Terakhir. coba tunjukkan kepadanya berbagai tulisan yang Anda temui sepanjang perjalanan dan sebutkan pengucapannya. jangan dipaksakan untuk terus membaca. 3. Dia harus mulai mengenal berbagai huruf dan bisa menghubungkan setiap huruf dengan bunyinya. 65 . Dan jangan lupa untuk terus memuji dan memberi semangat kepadanya. Hati-hati. Contoh: huruf a-b-i menjadi “Abi”. 2. Tunjuklah setiap baris kata yang Anda baca engan suara lantang sehingga ia bisa mengikuti. Banyak anak yang kesulitan membaca karena huruf yang terlalu kecil. Anda harus segera tanggap jika anak Anda sudah bosan.. ia akan belajar untuk menyatukan beberapa kata untuk menyusun frase dan kalimat yang bermakna..

16 Tips Agar Anak Anda Menjadi Pembaca yang Handal: 1. B .?” “Itu dia…!” 14.… 5. Akan sangat membantu jika ia sering melihat Anda membaca buku 11. jadi jangan bosan untuk membacakan buku yang sama lagi dan lagi 7. Jadilah contoh bagi anak Anda. Sediakan berbagai macam buku yang mendidik 6. Belilah buku yang menarik untuk anak Anda. Sambil membacakan cerita kepadanya. Lantunkan senandung abjad sejak ia masih kecil. Dorong ia untuk membaca atau sekedar melihat buku- bukunya sendirian 13. Selalu berikan pujian atas usaha kerasnya untuk bisa membaca 8. Bacakan cerita dengan suara keras kepadanya setiap hari 2. Ia akan penasaran dan mencari tahu apa itu A. sesekali cobalah melontarkan pertanyaan sederhana kepadanya. C. Bagus juga jika Anda bisa rutin mengunjungi perpustakaan dengan anak Anda 66 . maka buku tentang kucing tentu akan sangat menyenangkan 12. bukan yang menurut Anda menarik. Buatlah berbagai macam bunyi dan suara ketika membaca 4.. Bagus juga jika Anda bisa menyediakan tempat khusus untuk kegiatan membaca 9. “Ke mana ya si kucing itu. Usahakan juga agar jadwal membaca pun ditetapkan waktunya 10. Biarkan ia memegang buku dan membalikkan halamannya 3. Bayi Anda belajar dengan cara pengulangan. Jika ia suka kucing.

Berikut salah satu pola yang bisa Anda gunakan: Hari ke-1: 5 kata Hari ke-2: 5 kata kemarin + 5 kata baru Hari ke-3: 10 kata kemarin + 5 kata baru Hari ke-4: 15 kata seluruhnya diulang lagi Hari ke-5: 15 kata seluruhnya diulang lagi Lanjutkanlah pola seperti ini. Tunjukkan setiap flash card beberapa detik saja. gantilah dengan koleksi kata-kata baru. jangan terlalu lama. Sistem Flash Card Sistem ini dikembangkan oleh Dr. dengan tulisan berukuran besar dan berwarna merah. 67 . Caranya adalah dengan menunjukkan kartu-kartu berukuran besar kepada anak Anda. namun setiap setelah 5 hari. Gunakan flash cards (kartu bimbingan) secara rutin sejak usia dini Metode Pengajaran 1. Glenn Doman. Setiap kartu memiliki 1 kata keseharian. Dorong anak Anda untuk menulis sendiri 16.15. Setiap hari Anda mengajak anak Anda duduk bersama dan menunjukkan 5 buah flash card kepadanya sambil menyebutkan bunyi setiap kata.

Sebagian orang bahkan menggunakan kedua metode sekaligus. Sebagai contoh. Terserah Anda metode mana yang cocok dengan kondisi Anda dan anak Anda. 2. jangan memerintahkannya untuk mengulangi dan tidak perlu mengujinya dengan bertanya. sehingga ia dapat merekam kata tersebut lebih baik. Ingatlah. 68 . Bahkan juga lebih cepat daripada metode mengeja seperti yang sudah dikenal luas. Biarkan ia hanya merekam bentuk tulisan dan pengucapan Anda untuk tiap kata. Sistem ini melibatkan sebanyak mungkin panca indera si anak untuk menggambarkan sebuah kata. Untuk tahap awal. Sistem Panca Indera Sistem ini dikembangkan oleh Dr. Robert Titzer. Anda akan terkejut betapa hebatnya rekaman anak Anda! Cara ini dapat Anda terapkan sebelum anak Anda berusia 2 tahun dan terbukti jauh lebih efektif daripada mengajarkan abjad satu per satu. perlihatkan roti dalam bentuk yang sebenarnya kepada anak Anda dan biarkan ia mencicipinya. Setelah itu. tunjukkanlah tulisan “roti” kepada anak Anda dan perdengarkan bunyi kata tersebut kepadanya. tugas Anda hanya menunjukkan flash card dan membacakannya kepada anak Anda dalam hitungan detik.

3 Tahun • Mulai membuat suara-suara yang meniru intonasi dan irama pembicaraan Anda • Mulai menghubungkan kata-kata yang sering didengarnya dengan maknanya • Mulai memegang buku sambil bermain • Bisa mengenali buku-buku kesukaannya dengan melihat sampulnya • Mulai berpura-pura dan meniru orang yang sedang membaca buku. bisa jadi termasuk huruf awal namanya • Mulai corat-coret dengan maksud untuk membuat sesuatu dan mulai mencoba menulis huruf-huruf 69 . maka Anda HARUS segera menghentikan kegiatan belajar membaca ini! Berikut Pencapaian Membaca Anak Anda 0 . Sekali lagi. walaupun ia belum bisa membaca • Bisa menyebutkan nama benda-benda yang ada dalam buku • Bisa bercerita tentang tokoh yang ada dalam buku • Bisa membalikkan halaman buku dengan lancar • Suka mendengarkan cerita dibacakan kepadanya • Mulai memperhatikan dan mengutamakan huruf-huruf tertentu. Begitu anak Anda menampakkan gejala bosan dan kesal. buatlah suasana belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan.

binatang-binatangan. dengan menyebutkan urutan angka satu per satu hingga angka 4 70 . Mulailah memperkenalkannya dengan konsep berhitung. tingkatkan jumlahnya 5. Mulailah bermain menggunakan mainan seperti balok-balok permainan. maka dia akan tahu bahwa Anda punya lebih banyak… Tips untuk Membantu Anak Anda Memahami Konsep Matematika 1. ketika ia sendiri mungkin belum tahu istilah atau kata-kata yang berkaitan. Kumpulkan 2 mobil dan katakan “Dua” 4. Sebagai contoh. sebenarnya anak Anda sudah dapat mengerti dasar-dasar matematika sejak dini. ketika anak Anda mempunyai 3 balok mainan dan Anda mempunyai 8 balok. Pegang 1 mobil dan katakanlah “Satu”. Hitunglah jari-jari Anda atau jari-jarinya secara rutin 2. atau mobil-mobilan. Tunjukkan kepadanya 1 balok adalah 1. Begitu dia mulai memahaminya dengan benar. 2 mobil adalah 2. dan seterusnya 3. Bab 7 Matematika Periode Penting Periode yang menentukan bagi anak Anda untuk memahami konsep matematika dan logika adalah ketika ia berusia 1-4 tahun. Walaupun Anda seringkali tidak menyadari. Susunlah 4 balok.

Coba konsep pengurangan. Bariskan kartu kuning dengan jumlah paling sedikit. maka coba ambil satu dan jauhkan. Mainkan dengan si kecil permainan yang mengelompokkan benda tertentu sesuai dengan jenisnya. Tambah lagi jumlah bendanya ketika ia semakin mahir 8. akan semakin mudah bagi bayi Anda untuk memahami konsepnya 11. biru. 71 . seperti pensil.6. deh!” 9. 12. Ulangi terus konsep penambahan dan pengurangan ini. Anda bisa menggunakan kartu berwarna. pisang. Contoh. Coba kembangkan konsep tambah-tambahan kepada bayi Anda. Sebagai contoh. Dengan menyusun letak barisan kartu dari yang berjumlah kecil sampai yang berjumlah besar. cocokkan kartu yang bertuliskan “1” dengan kartu yang bertuliskan “Satu” 13. Ceritanya. anak Anda pun akan memiliki cara pandang yang baru. dan sebagainya. gelas. agar anak Anda melihat kelompok mana yang jumlahnya paling banyak. Jika Anda memiliki 3 buah balok. Cobalah buat permainan jual beli. maka coba tambahkan 2 balok lagi. Praktek dan pujian akan membuahkan hasil yang mengejutkan! 7. Gunakan 3 jenis warna sebagai awalnya. Semakin sering kegiatan ini Anda ulang-ulang. Tunjukkan kepadanya bahwa sekarang ada 4 balok 10. Jika Anda memiliki 2 balok. Anda membuka sebuah toko yang menjual berbagai keperluan sehari-hari. jadi tinggal 2 balok. kuning. Gunakan kartu-kartu yang bertuliskan angka saja dan tulisan angkanya saja. kemudian bariskan kartu biru dengan jumlah lebih banyak dan bariskan kartu merah dengan jumlah paling banyak Hitunglah jumlah kartu pada masing-masing baris dengan suara keras. merah. Cocokkan keduanya. “3 balok dikurangi 1. Maka Anda dapat mengatakan kepada bayi Anda.

14. Ini dapat mempercepat proses pemahaman anak Anda terhadap angka dan jumlah. Alat bantu ini terbukti sangat efektif lho! Anda bisa menggunakan flash card bertuliskan angka-angka dan memuat sejumlah titik atau benda yang sesuai dengan angka tersebut. Selain meningkatkan kreativitas anak Anda. misalnya. Sebuah pensil bisa Anda beri harga 5 koin. gelas 7 koin dan pisang 3 koin. 72 . Anda bisa menggunakan flash card untuk mengembangkan pemahaman matematika anak Anda. Sebagai kemudahan. permainan ini juga baik untuk pemahaman matematikanya. Beri harga setiap barang tersebut dengan jumlah koin.

Bab 8 Kreativitas dan Imajinasi Faktor Penting Kecerdasan anak Anda tergantung pada kualitas pengalaman emosional dan kualitas interaksinya sejak dini. Anak Anda akan menggunakan berbagai interaksi emosionalnya untuk membentuk jalur-jalur yang memungkinkan dirinya berpikir secara kompleks. 73 . Kreativitas dan imajinasi merupakan 2 faktor penting menuju anak yang cerdas. terutama dengan Anda.

maka dia akan lebih fokus lagi untuk mengembangkan fantasinya dalam berpura-pura dan meniru kelakuan orang dewasa… Kemampuan Imajinasi Pemikiran kreatif memerlukan kemampuan berimajinasi. karena anak Anda sudah tidak perlu mengerahkan energinya untuk merangkak. anak Anda akan mulai mengembangkan kemampuan ingatannya. dan sebagainya. 74 . Pada usia awal. kemampuan imajinasinya pun akan berkembang. Pada usia 3-5 tahun. permainan ini biasanya berupa permainan meniru seperti berpura-pura minum sesuatu menggunakan gelas. berjalan dan berlari. berpura-pura sedang menelepon.Manfaat Mengadakan Berbagai Kegiatan Kreatif Ingatlah bahwa kegiatan kreatif dapat: • Meningkatkan imajinasi anak Anda • Membentuk ikatan kuat antara Anda dengan anak Anda • Menyediakan landasan bagi berbagai kemampuan dasar yang akan diperlukan oleh anak Anda seumur hidupnya Gerakan-gerakan yang merupakan bagian dari perkembangan otot dan motorik alami anak Anda seperti berjalan. memanjat dan melompat akan mengarahkan anak Anda ke arah permainan yang penuh imajinasi. Bersamaan dengan ini. berlari. Sejak tahun ke-3.

maka anak Anda akan mulai menggunakan imajinasinya dan mulai berpura-pura untuk pertama kalinya. ia hanya dapat berpikir berdasarkan apa yang ia lihat secara langsung. Ketika usianya antara 12-15 bulan. Kemampuan anak Anda untuk berimajinasi dan berpura-pura (meniru) merupakan bagian penting dalam proses belajarnya. 75 .Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu proses pembentukan kreativitas dan imajinasi anak Anda: • Biarkan ia banyak bermain • Jangan terlalu sering mengganggunya ketika ia sedang bermain • Anda sebaiknya lebih banyak mengamati. mewarnai dan untuk menggunakan seluruh kemampuan kreativitasnya • Perkenalkan ia kepada cerita-cerita yang memiliki karakter khayalan • Batasi waktunya menonton televisi serta bermain games komputer dan yang sejenisnya Pentingnya Periode 12-15 Bulan Hingga bayi Anda berusia 12 bulan. kurangi turut campur Anda • Sediakan berbagai mainan dan bahan yang dapat merangsangnya untuk menggunakan imajinasinya • Dorong anak Anda untuk menggambar.

Gunakan suara dan ekspresi wajah yang berbeda untuk setiap karakter yang ada dalam cerita. 76 . Anda bisa mengadakan acara makan bersama dengan menggunakan beberapa mainan si kecil. Bermainlah bersama anak Anda menggunakan mainannya dan lama-kelamaan Anda akan melihat ia berbicara kepada mainannya. serta menggunakan daya khayalnya ketika sedang sendirian. Permainan pura-pura merupakan alat yang luar biasa untuk mendidik aspek imajinasi dan kreativitas anak Anda. Buatlah berbagai bentuk dengan lilin malam sambil mengajaknya berbicara dan menjelaskan bentuk-bentuk tersebut.Pada saat inilah Anda sebaiknya mulai membaca cerita kepadanya sebagaimana layaknya sebuah drama. gelas mainan dan segala perlengkapan makan malam yang diperlukan. Sebagai contoh. Libatkan anak Anda dalam permainan ini. Dudukkan beberapa mainannya berkeliling dan berpura-puralah Anda dan anak Anda sedang menjamu mereka makan malam. Sediakan piring mainan. Ajaklah anak Anda bermain dengan menggunakan lilin malam. biarkan anak Anda sendiri menggunakan imajinasinya dengan lilin malam tersebut. Jika sudah terbiasa.

77 . Pujilah setiap karyanya dan jangan pernah menghina hasil karyanya. sejelek apapun ia menurut Anda. Sebagai contoh. maka setelah usia 2 tahun ia akan mulai berbicara dengan meniru pembicaraan Anda ketika sedang menelepon. Bermain dengan lilin malam Biarkan ia berkreasi dengan warna dan bentuk. setelah usia 2 tahun. ada 2 kegiatan yang sangat berpengaruh dalam merangsang kemajuan imajinasi anak Anda: 1. dia akan berpura-pura hanya dengan gerakan. Anda juga bisa memajang berbagai lukisannya di dinding kamarnya. biasanya ia akan mulai berpura-pura dengan berbicara. lalu berpura-pura bahwa mobil-mobil tersebut saling bertabrakan • Menaiki bantal gulingnya dan berpura-pura bahwa ia sedang mengendarai seekor kuda Sebelum anak Anda bisa berbicara. Bahkan. Melukis 2. Namun. Kegiatan Untuknya Di antara berbagai macam kegiatan.Tanda-tanda Perkembangan Imajinasi Berikut ini beberapa tanda bahwa anak Anda sudah mulai mengembangkan kemampuan imajinasinya: • Berpura-pura bahwa mainannya bisa berbicara kepadanya • Berpura-pura sedang menelepon • Ia menjalankan mobil-mobilannya melalui jalan khayalan. jika sebelumnya ia berpura-pura sedang menelepon hanya dengan meniru gerakan orang yang sedang menelepon. Biasakanlah untuk membahas dengan anak Anda apa yang ia buat.

Kamar Mandi Lho. Di sinilah ia bisa menemukan: • Air dingin • Air panas • Cermin • Sikat gigi • Sabun • Shampoo • Spons mandi • Gelembung busa Jika Anda cerdik. 78 . apa hubungan kamar mandi dengan imajinasi si kecil? Kamar mandi termasuk ruangan yang menyediakan berbagai macam pengalaman menarik untuk anak Anda. Anda bisa memanfaatkan kegiatan mandi sebagai ajang untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi si kecil.

ajaklah ia berbicara. Ayunan Kecil Ketika bayi Anda berusia beberapa bulan. Menunggang Lutut Berbaringlah dengan posisi terlentang dan angkat serta tekuk kedua kaki Anda sehingga kedua paha bertemu dengan perut Anda. cobalah berjalan dengan menggunakan pola gerakan dan irama tertentu. Gunakanlah pola irama 79 . maka wajah si kecil akan mendekat dengan wajah Anda. Ketika Anda mengangkat kedua kaki Anda. Lakukanlah permainan ini dengan cara mengangkat dan menurunkan kedua kaki Anda berulang kali. akan sangat baik jika ia merasakan berbagai pengalaman berirama.6 Bulan Menari Kecil Ketika Anda menggendong bayi Anda. pendengaran serta sentuhan pada si kecil. Bab 9 Permainan Mendidik Berikut berbagai permainan mendidik yang bisa Anda lakukan bersama anak Anda sesuai dengan usianya: 0 . Letakkan bayi Anda di atas tulang kering (lutut) Anda dengan posisi tengkurap dan peganglah kedua tangannya. Anda bisa memberikan ini dengan cara mengayun-ayunkan bayi Anda secara perlahan ketika menggendongnya. Ini akan merangsang indera penglihatan.

Bukalah telapak tangannya dan peganglah dengan tangan kiri Anda.12 Bulan Kilikitik Cobalah meminta bayi Anda untuk memberikan tangannya. menunjukkan bahwa ia sangat menikmatinya. kemudian Anda berkeliling ruangan perlahan sambil membuat bunyi-bunyian yang menarik perhatiannya. kemudian perlahan-lahan langkahkan jari Anda 1 langkah ke arah lengan tangannya. Dengan begini ia akan belajar mengikuti benda bergerak dengan matanya. lalu akhiri dengan menggelitik ketiaknya atau bagian bawah dagunya. Gunakan jari telunjuk Anda untuk membuat lingkaran berulang-ulang di telapak tangannya. Berkeliling Biasanya. Ciuman Perut Nah.tertentu yang konstan dan tataplah matanya. Setelah itu. mata bayi Anda akan mulai berkoordinasi untuk fokus melihat benda-benda. 80 . permainan yang satu ini biasanya asyik dimainkan setelah Anda memandikan si kecil. Bayi Anda akan menggerak-gerakkan tangan dan kakinya dan bahkan ia akan terkekeh-kekeh. Baringkan ia terlentang di atas kasurnya dan tirukan gerakan burung yang terbang menukik kemudian ciumlah perutnya. Kegiatan sederhana ini dapat membantu mempersiapkan bayi Anda untuk bisa berjalan dan berlari kelak. sejak ia berusia 3 bulan. Berbicaralah kepadanya sepanjang permainan ini. 6 . Cobalah letakkan ia di tengah ruangan. langkahkan lagi jari Anda 1 langkah ke lengan atasnya.

Sampai ketika Anda menggelitik ketiaknya. Ciluk Ba Permainan sederhana ini dapat memicu banyak indera bayi Anda untuk bekerja. katakan “Ciluuuk” dan setiap kali mata Anda muncul dari balik buku.?” Teruslah bertanya sambil mencari-cari.Anda bisa menggunakan pantun atau perkataan yang menggunakan intonasi tertentu.. Tak Umpet Mainan Coba sembunyikan salah satu mainan kesukaan si kecil di dalam salah satu kamar. Gendonglah bayi Anda dan ajak ia untuk mencari mainan tersebut.. Anda dapat melontarkan berbagai pertanyaan kepadanya.?” Ketika Anda tidak menemukannya. “Ada bola merah nggak ya di dalam sana. nggak tuh… bolah merah Salwa nggak ada di sini…” Ketika bola merahnya berhasil ditemukan. Permainan sederhana ini dapat membentuk pemahaman antisipasi pada bayi Anda. Untuk setiap 1 langkah jari Anda. “Apa bolanya di belakang bantal ya. naikkan intonasi suara Anda.. Sambil mencari. seperti meneyembunyikan wajah Anda di belakang sebuah buku. Caranya bisa bermacam-macam. katakan “Wah. berikan penghargaan kepada bayi Anda. Mulailah dari yang sederhana. gunakanlah intonasi yang sedikit mengejutkan. katakanlah “Baa!” Permainan ini akan mengundang reaksi si kecil berupa tawa dan berbagai gerakan tubuh yang heboh… 81 .?” atau “Mana ya bola merah Salwa. Setiap kali Anda menutupkan wajah Anda di balik buku.

“Ada di mana ayoo?” Ketika ia menebak dengan benar. maka pada tahap ini Anda sudah dapat bermain tak umpet orang.Tangan Mana? Genggamlah sebuah benda kecil dengan salah satu telapak tangan Anda. Perintahkan ia untuk menggelindingkannya kembali ke arah Anda.18 Bulan Tak Umpet Orang Jika sebelumnya Anda memainkan tak umpet mainan. Gelindingkan sebuah bola kepadanya. reaksi dan pertimbangan. maka anak Anda akan kehilangan semangat untuk mencari Anda. permainan ini juga akan mengembangkan berbagai aspek berikut pada bayi Anda: • Pengertian tentang koordinasi • Pengertian sebab akibat • Aksi dan reaksi • Indera penglihatan serta gerakan Permainan Tepuk Tangan Permainan ini sangat baik untuk mengembangkan kemampuan motorik bayi Anda. 12 . Permainan sederhana ini sangat membantu dalam pembentukan rasa ingin tahu. Selain menyenangkan. Permainan ini juga dapat membantu si kecil dalam pengenalan suara. 82 . Gelinding Bola Duduklah berseberangan dengan bayi Anda. Perintahkan si kecil untuk menutup matanya dan carilah tempat bersembunyi yang mudah untuk ditemukan olehnya. serta koordinasi. maka bersoraklah. Tanyakan pada bayi Anda. Salah satu bentuknya yang sangat umum di masyarakat kita adalah “Pok Ame Ame”. Jika terlalu sulit. Kemudian sodorkan kedua tangan Anda dalam keadaan tergenggam.

dan sebagainya untuk membuat permainan lebih menarik. Bujuk anak Anda untuk merangkak masuk ke dalam terowongan buatan ini. Anda bisa memulai dengan mengangkat 1 tangan ke atas. Ketika ia sudah mulai mahir. Anda bisa mencoba berbagai variasi gerakan yang lucu. misalnya. Letakkan mainan kesukaannya di ujung terowongan satunya dan juga di dalam terowongan. Dorong ia untuk meniru gerakan ini. termasuk mimik wajah yang aneh-aneh. Bahkan Anda bisa menggunakan benda-benda seperti topi. Kenali Gambar Permainan ini memerlukan alat bantu berupa cat air. jangan kaget jika ternyata ia hanya menutup wajahnya menggunakan bantal! Jangan lupa untuk memujinya ketika ia berhasil menemukan Anda dan berusahalah untuk membuat reaksi yang heboh ketika Anda berhasil menemukan tempat persembunyiannya. Ikuti Saya! Permainan ini intinya adalah agar anak Anda mengikuti setiap gerak-gerik Anda. Gambarlah berbagai benda sederhana di atas kertas-kertas tersebut dan coba apakah anak Anda bisa menyebutkan nama benda-benda tersebut. kuas dan beberapa lembar kertas berukuran besar. Anda dapat memintanya untuk membantu Anda menggambar. 83 . biarkan ia menirunya.Ketika saatnya anak Anda yang bersembunyi. Jangan pelit pujian ya… Terowongan Buatlah terowongan buatan dengan menggunakan kardus. atau dengan menggunakan kain dan kursi. Sesekali. Kemudian angkatlah kedua tangan Anda. sarung.

2 gambar sapi. Berikan pujian setiap kali anak Anda berhasil mencocokkan gambar. menyelidiki. serta memperbaiki mobilitasnya. Kumpulkan gambar-gambar tersebut dalam keadaan terbalik dan diacak. Anda bisa mengembangkan permainan ini untuk membuatnya lebih mengasyikkan. namun kali ini Anda menggunakan angka-angka. 2 gambar ayam dan 2 gambar kuda. Setiap kali Anda membalikkan gambar binatang. Kedua gambar untuk setiap binatang ini bisa merupakan gambar yang sama. maka kembalikanlah kedua gambar tersebut ke tempat semula dalam keadaan terbalik. Misalnya. Balikkanlah 2 gambar secara berurutan untuk mencocokkan binatang yang sejenis. Anda juga dapat menambah jumlah gambar asalkan masih sebatas kemampuan anak Anda. Jika kedua gambar yang Anda balikkan tersebut cocok (sama-sama gambar kucing misalnya). atau bisa juga berbeda. Jika tidak cocok (gambar kucing dengan kuda misalnya). 2 buah gambar untuk setiap jenis binatang. Anda bisa menggunting 2 gambar kucing. Begitu pula ketika Anda mengembalikannya dalam keadaan terbalik. Mengingat Gambar Binatang Permainan sederhana ini sangat membantu mengembangkan kemampuan si kecil untuk mengingat dan mengenali. Mengingat Angka Permainan ini caranya sama dengan “Mengingat Gambar Binatang”. Kumpulkan gambar 4 binatang (foto/gambar). maka pisahkan kedua gambar tersebut. 84 . sebutkanlah namanya.Anak Anda akan sangat menyukai pengalaman unik ini dan permainan ini pun akan merangsang intuisi berpetualang.

Mainan ini sebenarnya mirip dengan puzzle. Usahakan agar anak Anda yang lebih sering menang dan pujilah ia. terdiri dari sebuah papan yang dilubangi permukaannya dengan bentuk-bentuk dasar seperti segitiga. Bimbinglah anak Anda ketika bermain Balok Bentuk ini dan Anda dapat terus berkomunikasi dengannya sepanjang permainan. Bagian lainnya adalah kepingan-kepingan kayu warna-warni yang dibentuk sesuai dengan bentuk lubang di papan tadi. Melalui permainan ini. Balok Bentuk Tahukah Anda mainan balok bentuk? Biasanya mainan ini terbuat dari kayu yang dicat warna-warni. 85 . kotak dan lingkaran. selain kemampuan motorik anak Anda akan berkembang. “Nah. ini namanya segitiga. dimana anak Anda harus mencocokkan bentuk kepingan kayu dengan lubang yang ada pada papan. Lubang mana yang cocok untuk ini ya…?” Ketika ia menemukan lubang yang pas. maka berikan pujian. ia juga dapat memahami konsep persaingan dengan baik. 1 grup untuk Anda dan 1 grup untuk si kecil.24 Bulan Menyusun Balok Bagilah balok-balok mainan menjadi 2 grup. Pengenalan bentuk geometri dapat merangsang ingatan anak Anda dan usahanya untuk menempatkan potongan kayu ke lubang yang tepat dapat meningkatkan kemampuan motoriknya secara luar biasa. Anda bisa mengatakan.18 . Buatlah perlombaan menyusun balok setinggi mungkin tanpa runtuh.

Buatlah juga gundukan pasir sebagai “lokasi pengambilan” dan buat pula “lokasi pembuangan”. Anda bisa memainkannya dengan berbagai variasi. permainan “angkut pasir” dengan menggunakan truk mainan sangatlah mengasyikkan untuknya. mental si kecil akan mengalami rangsangan positif. sekaligus mematangkan mentalnya. truknya jalan deh lewat jalan ini. pada usia ini. Dia sangat suka mencopot-copot bagian sebuah benda. Puzzle dengan 3-5 potongan sudah cukup. dia juga sangat suka bermain dengan pasir dan berkotor-kotor dengan tanah.Puzzle Sederhana Pilihkanlah puzzle yang sangat sederhana sebagai perkenalan. Teruslah berbicara kepada anak Anda untuk menjelaskan setiap aktivitas yang dilakukan oleh truk. Jangan lupa pujian untuknya… Truk Mainan Anda sering melihat mainan truk-trukan pengangkut? Biasanya terbuat dari bahan kayu atau plastik. kemudian memasangkannya kembali. Bersama si kecil. Bantulah ia menyusunnya menjadi sebuah gambar. sekarang kita sudah sampai di tempat tujuan” “Kita buang pasirnya di sini” “Sekarang. anak Anda akan sangat senang dengan berbagai pengalaman baru. Nah. kita memasukkan pasir ke dalam truk” “Terus. Oleh karena itu. Anda bisa membuat jalan untuk dilalui truk tersebut. kita kembali lagi untuk mengambil pasir” 86 . wah berisik ya suara mesinnya!” “Nah. jangan yang terlalu rumit sehingga bisa membuatnya frustasi. tapi jangan Anda yang mengerjakan semuanya! Melalui permainan ini. “Sekarang.

Tantangannya adalah untuk mengumpulkan mainan atau gambar yang sejenis dalam 1 kotak. boneka dalam kotak kedua dan alat masak dalam kotak ketiga.Mainan Peralatan Sediakanlah berbagai peralatan mainan yang aman untuk anak- anak. Pada tahap ini. Kemudian berikanlah sebuah lagi dan katakan. dan sebagainya. Anda bisa memberikan sebuah barang kepadanya. Bisa sekop mainan. Anak Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam bersama peralatan mainan ini. selang mainan. tanpa merasa bosan. Jika si kecil sudah mahir. Kelompok Sesuai Jenis Permainan ini sangat membantu mengembangkan mental anak Anda. 24 . kemudian katakanlah. Sediakan 3 buah kotak kardus. coba mulai dengan mengumpulkan 3 jenis benda atau gambar. Misalnya. “Ini satu”.36 Bulan Permainan Angka Permainan angka yang sederhana dapat Anda mainkan dengannya untuk memperkenalkan konsep dasar berhitung. “Sekarang jadi dua”. Kumpulkan jenis binatang dalam kotak pertama. 87 . Anda bisa menambah jenis barangnya. boneka dan alat masak. dia bisa mengerti jumlah hingga 3 atau 4. Anda bisa mengumpulkan berbagai mainan atau gambar dengan kategori: binatang. ember mainan. Caranya adalah.

88 . Setiap kali si kecil berhasil menemukannya. contrenglah daftar tersebut. Anak Anda akan merasakan senang yang luar biasa atas setiap pencapaiannya. Permainan ini menuntut konsentrasi. Anda bisa mengajaknya bersama-sama mencari. Anda bisa memintanya untuk mencari: • Spidol • Bola biru • Sendok kuning • Bantal guling • Gayung merah Tentu saja semua benda ini harus mudah ditemukan olehnya. Libatkan juga anak lain untuk membuat permainannya lebih seru. Cobalah buat daftar benda yang harus dicari dan ditemukan oleh anak Anda. Tulislah daftar ini pada selembar kertas dengan menggunakan spidol besar atau di-print dengan menggunakan huruf berukuran besar. Bacakan satu per satu benda dari daftar tersebut dan biarkan ia mencari dan menemukannya. Sebagai contoh. ingatan dan kegigihan si kecil.Kartu Mainan Anda masih ingat permainan “Mengingat Gambar Binatang” kan? Nah. Jika ia tidak dapat menemukannya. pengenalan. pada tahap ini permainannya dapat dikembangkan lebih jauh untuk mengasah ingatan anak Anda. Anda bisa menggunakan kartu bergambar berbagai macam benda. Temukan Benda Permainan ini sangat mudah.

ajak ia keluar ruangan dan tanyakan kepadanya benda apa saja yang diingatnya. berikan pujian kepadanya! Mengarang Cerita Nah. ini permainan yang sangat menyenangkan nih… Inti permainan ini adalah agar anak Anda menceritakan cerita karangannya sendiri. Seperti biasa. Ia mungkin mampu mengingat 2- 3 buah benda. 89 . Setelah itu. pada kesempatan lain Anda bisa menambah jumlah benda yang digunakan dalam permainan ini.Melatih Ingatan Coba kumpulkan 4-6 buah benda dan letakkan di atas meja. Anda akan melihat hasil yang lebih baik. seburuk apapun hasil ingatan anak Anda. baru kemudian ajak ia keluar ruangan. Jika ia berhasil mengingat seluruh benda. yaitu “Seorang anak kecil menemukan kucing dalam perjalanan menuju sekolah”. Beritahukan kepada anak Anda untuk memperhatikan semua benda tersebut selama kurang lebih 30 detik dan mengingatnya. Kembangkan lagi dengan menyuruhnya menyebutkan setiap nama benda beberapa kali (bukan hanya sekali) dengan suara keras. Untuk awalnya. tentu saja Anda yang harus memulainya dan memberikan ide-ide alur ceritanya. Anda bisa mencetuskan ide topik ceritanya. Misalnya. Kembangkan permainan ini dengan menyuruh anak Anda menyebutkan setiap nama benda dengan suara keras sambil memperhatikannya dan mengingatnya. Coba ajak ia ke meja tadi lagi untuk melihat benda apa saja yang terlewatkan olehnya. baru keluar ruangan untuk menguji ingatannya. Maksudnya bukan dengan tulisan… tapi dengan mengandalkan imajinasinya dan membiarkan daya khayalnya berkembang.

Cerita ini dapat terus dikembangkan dengan menambahkan: • Warna kucingnya • Apakah kucingnya kecil atau besar • Siapa nama kucingnya • Siapa nama si anak kecil • Apa saja yang dipakai oleh anak kecil (baju. celana. Anda tidak harus menyelesaikannya saat itu juga. nantinya anak Anda yang akan memulai sendiri topik ceritanya. Ini akan membuat si kecil tambah bersemangat. namun Anda bisa mencatat ringkasan ceritanya dan dapat dilanjutkan pada kesempatan lain. topi. Untuk cerita yang berkembang dan menjadi sangat panjang. dll) • Di mana lokasi sekolahnya Jika telah terbiasa. 90 .

Mainan yang baik diantaranya: Mainan Gantung Mainan ini memiliki berbagai macam benda dengan berbagai macam bentuk serta warna. Pastikan setiap mainannya aman untuk di gigit olehnya dan jangan sampai ada bagian yang terlepas dan membuatnya tersedak. Bab 10 Mainan Mendidik 0 . Hindari mainan yang memiliki sisi atau ujung yang tajam serta runcing. Mainan Berbunyi Mainan ini cocok karena mudah dipegang dan dapat merangsang pemahaman sebab-akibat bayi Anda. Gantungkan mainan ini di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh bayi Anda. 91 . Oleh sebab itu. namun masih dalam batasan penglihatannya. bayi Anda akan memasukkan hampir semua mainan ke dalam mulutnya. Dia dapat menggoyang- goyangkannya dan mendengarkan bunyi yang ditimbulkan olehnya. si kecil akan melatih kemampuan motoriknya.6 Bulan Pada rentang usia ini. Dengan berusaha memegang mainan ini. Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih mainannya.

Anda bisa memberikan balok yang terbuat dari plastik atau bahkan kayu. asalkan sifatnya empuk. Ia dapat menggunakan mainan ini untuk menenangkan dirinya.12 Bulan Seiring dengan perkembangan motoriknya. 92 . Mainan Ketika Mandi Bermain dengan bebek karet atau perahu-perahuan ketika mandi dapat memberikan pengalaman yang mendidik sekaligus menyenangkan untuk bayi Anda. Termasuk mainan yang cocok untuk bayi Anda diantaranya: Balok Mainan Permainan menyusun balok sangat menyenangkan baginya. 6 . Hati-hati jangan sampai ada bagian (seperti mata boneka) yang dapat terlepas dan membuat bayi Anda tersedak. atau ketika ia sedang sedih. Anda bisa memberikan jenis balok mainan yang berbahan lunak dan empuk. Sebenarnya tidak hanya berupa boneka. baik ketika akan tidur. Pada tahap awal. Ketika dia sudah berada di bagian akhir tahap usia ini. Keuntungan mainan ini adalah terbentuknya ikatan antara si kecil dengannya.Mainan yang Lembut Termasuk ke dalam kategori ini adalah boneka beruang. balok mainan yang lunak. Bayi Anda akan tertantang untuk menyusun balok-balok tersebut dan menumpuknya ke atas untuk membuat “menara”. halus dan bisa dipeluk oleh bayi Anda. dsb. Mainan lainnya yang cocok untuk bayi pada tahap ini diantaranya adalah buku-buku bergambar. pada tahap ini bayi Anda akan senang dengan mainan yang dapat bergerak.

Anda harus memberikan contoh kepadanya bagaimana cara menggambar di atas sebuah kertas berukuran besar. 93 . tetapi dia tahu. Walaupun Anda tidak tahu apa yang dia gambar. tapi untuk main gendang!). Ketika ia sudah mulai menggambar sendiri. ia akan kecewa jika susunan balok tersebut akhirnya jatuh berantakan. Mainan lainnya yang bisa Anda berikan antara lain adalah berbagai mainan yang mengenalkan bentuk. Usahakan pilih bola yang berukuran besar untuk memudahkan permainan ini. Krayon dan Kertas Bayi Anda akan mulai menggambar pada tahap ini. Manfaat berbagai macam mainan ini adalah untuk mendidik berbagai aktivitas otak si kecil. Pada awalnya. Untuk membuat aktivitas ini bertambah seru. Dia akan berinteraksi dengan Anda ketika ia menggelindingkan bola kearah Anda lalu Anda menggelindingkannya kembali kepadanya. Bola Plastik atau Karet Interaksi anak Anda sudah mulai meningkat pada tahap ini.18 Bulan Pada tahap ini ia sudah bukan bayi lagi. Anda bisa pura-pura berbicara dengannya menggunakan telepon mainan ini. 12 . tapi Batita (bawah tiga tahun). Anda juga bisa ikut membantunya lho… Telepon Mainan Dengan mainan ini si kecil bisa meniru perbuatan Anda. serta panci dan sendok kayu (bukan untuk masak. jangan lupa untuk memuji hasil karyanya.Sebaliknya. bersamaan dengan kemampuan motoriknya. Tentu saja mainannya pun lebih “canggih”.

Mainan Kendaraan Dengan meningkatnya mobilitas anak Anda. 94 . Anda sebaiknya memulai dengan puzzle yang sederhana seperti puzzle bentuk geometri yang terbuat dari kayu. Dia dapat membuat bentuk apa saja yang dia inginkan dan apapun bentuknya. Lama-kelamaan ia mungkin akan mengayuhnya dengan cara menjejakkan kakinya ke lantai. Mainan Pasangan Mainan pasangan seperti LEGO dapat menambah aktifitas imajinasi anak Anda.Puzzle Apa saja yang membuat ia menggunakan kemampuan untuk mengambil kesimpulan serta mengaitkan satu hal dengan yang lain sangatlah baik untuk melatih otaknya. Pertama-tama mungkin ia hanya duduk dan Andalah yang mendorongnya keliling ruangan. itu merupakan prestasi yang luar biasa baginya. Setelah ia mahir. Anda juga bisa memberikan mainan lain seperti kereta-keretaan yang bisa didorong atau ditarik. Anda dapat memberikan puzzle yang lebih rumit. Anak Anda diminta untuk memasukkan setiap bentuk ke lubang yang sesuai. mobil- mobilan kecil. Sebagai perkenalan. ia mungkin sudah siap untuk menaiki mobil-mobilan yang dikayuh atau yang sejenisnya. buku bergambar yang lebih rumit. Seiring dengan perkembangan kemampuannya. baru ia akan berkeliling ruangan dengan mengayuh mobil-mobilan ini. dsb.

memakaikan sepatu. semakin banyak skenario yang bisa dimainkannya. mainan apa yang ada dalam kotaknya untuk hari ini. untuk kemudian mengosongkannya ketika sampai di tujuan. Dia akan belajar mengancingkan baju boneka. coba Anda bagi menjadi 3 kelompok dan sediakan 3 kotak untuk menyimpan setiap kelompok mainan. Anda tinggal menyediakan banyak variasi mainan mendidik. Berikan 1 kotak kepadanya untuk dimainkan setiap harinya. Semakin besar dan lengkap jenis kereta api serta rangkaian relnya. Kereta Api Mainan Mainan ini memang sangat populer di kalangan anak-anak. Misalnya. Anak Anda akan memainkan skenarionya sendiri dalam memainkan kereta api ini.24 Bulan Pada tahap ini. dan sebagainya. memasang ritsleting. Memakaikan Baju Boneka Mainan ini akan sangat membantu perkembangan motorik anak Anda. Anda bisa mulai mengurangi keikutsertaan Anda dalam permainan anak Anda. Dengan begini. maka dia akan mengembangkan kesenangannya sendiri. coba Anda bagi-bagi mainannya dalam beberapa kelompok. 10 mainan kedua dalam kotak Y dan 10 mainan ketiga dalam kotak Z. dan sebagainya. Dia akan mengisi kereta barang dengan berbagai macam benda. Salah satu trik agar si kecil tidak mudah bosan dengan mainan dan permainan yang Anda sediakan.18 . jika ia memiliki 30 mainan. 95 . Kumpulkan 10 mainan pertama dalam kotak X. anak Anda akan tertarik untuk bermain dan selalu penasaran.

sendok kayu. Mainan Pasir Bermain dengan pasir basah adalah permainan yang sangat menyenangkan sekaligus mendidik untuk anak Anda. botol. warna atau jenisnya. kuali. Anak Anda sekarang berada pada usia enerjik dan aktif. kemampuan anak Anda untuk berkomunikasi dengan Anda sudah lebih baik.Gendang Perabot Berikan alat masak bekas Anda kepada si kecil. Mainan lainnya yang baik untuk tahap ini termasuk lilin malam. 96 . Tunjukkan padanya bagaimana panci bekas. buku mewarnai dan puzzle berukuran besar. Makanya jangan heran kalau ia mulai sering menyampaikan apa yang ia inginkan atau butuhkan. permainan ini juga dapat mengajarkan anak Anda mengenai waktu yang tepat untuk menimbulkan suara tertentu. Ingatannya pun semakin membaik. Sediakan pasir dan berbagai alat mainan pasir untuknya. sehingga sebaiknya ia memiliki mainan dan kegiatan yang bisa menyalurkan energi serta imajinasinya. Selain merangsang perkembangan motoriknya. Otaknya saat ini bisa mengatur benda-benda berdasarkan ukuran. sehingga sangat mungkin ia bisa mengingat mainan apa saja yang ia mainkan hari sebelumnya.36 Bulan Pada tahap ini. 24 . sendok plastik. bisa menimbulkan berbagai macam suara yang menarik.

Anda harus bersabar dalam menuntun anak Anda. Pada awalnya. Tantang ia untuk berkeliling ruangan dengan gerobaknya. 97 . memungut mainan yang berceceran. serta berbagai macam makanan mainan. hingga akhirnya ia bisa mengendarai sepedanya sendiri. melalui mainan ini. pisau (tentu saja semuanya mainan). Mainan lainnya yang baik untuk tahap usia ini di antaranya termasuk boneka jari.Mobil Kayuh Mainan ini bisa menjadi sarana bagi si kecil untuk menyalurkan kelebihan enerjinya. Anak Anda bisa berjam-jam memainkan berbagai peran menggunakan imajinasinya. Anda bahkan bisa memanfaatkan gerobak mainan ini dengan memancing si kecil untuk membereskan mainannya yang berserakan. anak Anda akan merasakan sebuah pengalaman baru untuk bisa berpindah tempat dengan cara yang tidak biasa. Ia juga bisa membentuk ototnya lebih baik dan dengan mengendarai mobil-mobilan ini. cangkir. perkakas mainan. Gerobak Mainan Anak Anda akan sangat menyukai kegiatan mengisi serta mengosongkan gerobak mainan ini. serta menempatkannya di lemari mainannya. Sepeda Roda Tiga Di akhir tahapan usia ini. Perlengkapan Minum Teh Termasuk dalam bentuk mainan ini adalah teko. piring. memasukkanya ke dalam gerobak. sepeda roda tiga sangatlah cocok untuk menyerap energi fisiknya. Kegiatan tersebut akan memberikan rangsangan mental yang positif kepada si kecil. peralatan berkebun mainan dan sebagainya.

Anda akan memiliki anak yang lebih cerdas! 98 . Bab 11 Penekanan: Membantu Perkembangan Anak Anda Nah... serta sebagai Bab yang menyimpulkan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membantu perkembangan anak Anda.. Sebagian besar isi Bab ini hanya merupakan pengulangan dari bab-bab sebelumnya.. hanya saja dalam beberapa poin kami akan menerangkannya dengan lebih panjang lebar. Jika Anda menyimaknya. maka Anda akan berkesimpulan bahwa sebenarnya langkah-langkah yang harus Anda tempuh sangatlah sederhana. . Dan yang jelas. langkah-langkah ini sudah terbukti bermanfaat besar dan.. Bab ini sebenarnya adalah untuk mengingatkan kembali..

Berbicaralah kepadanya ketika itu 2 Bulan • Pada usia ini. dan sebagainya • Bayi Anda sangat menyenangi kegiatan mandi. Semakin sering ini Anda lakukan. karena itulah caranya untuk berkomunikasi • Tanggapi tangisannya. maka ia juga akan belajar untuk melakukan hal yang sama 99 . Perhatikan apakah mata bahkan kepalanya mengikuti gerakan tersebut • Tataplah matanya. Anda bisa berinteraksi dengan bayi Anda dengan cara menjalankan sebuah benda di hadapannya. tangisan pipis. hingga berjarak sekitar 20 cm • Sadarilah bahwa ia akan banyak menangis pada usia ini. dekap ia erat-erat dan ayunlah ia • Cobalah kenali perbedaan tangisan lapar. dengan begitu bayi Anda memahami bahwa sebuah komunikasi memang sedang berlangsung • Ketika Anda menggendongnya.1 Bulan • Banyaklah menggendong bayi Anda • Berbicaralah langsung kepadanya sesering mungkin • Bersenandunglah kepadanya • Buatlah berbagai ekspresi wajah kepadanya • Banyaklah tertawa • Dekatkan wajah Anda kepadanya.

Kumpulkan berbagai benda dan mainan berwarna-warni. Ia akan belajar mengenali suara serta mengikuti arah datangnya suara • Buatlah suasana kegiatan mandi menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Anda dan si kecil 3 Bulan • Teruslah bersenandung kepadanya. misalnya • Bayi Anda akan menunjukkan tanda-tanda kegembiraannya sebagai respon dari tingkah laku Anda • Ketika Anda membacakan cerita sederhana kepadanya. semakin baik proses belajarnya • Coba bersenandung sambil berpindah-pindah tempat di dekat bayi Anda. cobalah berbicara dengannya. Semakin sering ia menaruh perhatian terhadap sesuatu. agar ia bisa melihat lebih banyak benda di sekitarnya • Buatlah suasana di sekitarnya semenarik mungkin baginya. • Gerakkan sebuah benda yang berwarna cerah yang berada di luar jangkauan pandangannya ke sebuah tempat yang bisa dilihat olehnya. coba sesuaikan suara Anda dengan tokoh-tokoh yang ada. Anda bisa mengembik ketika menunjukkan gambar kambing. Anda akan melihat bahwa ia akan lebih menaruh perhatian • Coba sandarkan bayi Anda ke sebuah bantal. Ini dapat meningkatkan kemampuan pendengaran serta daya tanggapnya • Tunjukkan kepadanya gambar atau foto yang berwarna dan tirukan suara setiap gambar tersebut. Anda bisa memperhatikan. ia akan memindahkan pusat perhatiannya ke benda tersebut • Sambil Anda memindahkan benda tadi mendekat dan menjauh. Perhatikan reaksi bayi Anda 100 .

suara. dsb). • Berikan pujian yang “super heboh” setiap kali bayi Anda memberikan respon (gerakan. agar ia bisa mempelajari bayangan dirinya sendiri • Teruslah berbicara kepadanya dan berikan tanggapan atas semua reaksinya • Sediakan mainan-mainan baru untuk menarik perhatiannya serta untuk mengajaknya bermain. atau menggelitik telapak kakinya. Ini akan merangsang proses interaksi dan jalinan antara Anda dengan bayi Anda • Bacakan kepadanya buku cerita yang memiliki gambar besar berwarna. Biarkan ia menyentuh gambar-gambar yang ada di buku dan berikan reaksi untuk setiap perbuatannya. Usahakan Anda memiliki berbagai bentuk. Cobalah untuk selalu membuatnya tertawa • Hadapkan ia ke cermin. Contoh. Anda bisa mengeong setiap kali bayi Anda memegang gambar kucing 101 . ukuran dan tekstur • Sediakan mainan yang berbunyi • Sediakan juga mainan yang dapat menemaninya ketika mandi. warna. Bebek mainan yang berbunyi jika dipencet termasuk mainan yang baik untuk usia ini • Jangan lelah untuk mengajaknya bermain. ekspresi wajah. Tanggapan Anda akan membuat kesan positif di benaknya • Coba sesekali Anda meniup perutnya. namun jangan berlebihan 4 Bulan • Anda harus berusaha untuk terlibat dalam setiap kegiatan yang disenangi oleh bayi Anda.

Pencapaian ini bisa mempengaruhi perkembangan mentalnya • Gunakan nama bayi Anda sesering mungkin dalam berkomunikasi dengannya 102 . bayi Anda akan memiliki rasa percaya diri dan ia pun akan berusaha untuk dekat dengan Anda 5 Bulan • Saat ini bayi Anda mungkin sudah belajar bahwa setiap permintaannya akan memperoleh perhatian Anda. jangan lupa untuk memberikan pujian . Anda harus merespon positif terhadap setiap suara permintaannya dengan menengok ke arahnya. Ceritakan kepadanya apa yang sedang Anda lakukan dan sebutkan berbagai benda yang Anda gunakan dalam kegiatan rumah tangga Anda • Dengan sering memeluknya. maka sebaiknya Anda mengulangi kata tersebut sebagai tanda bahwa Anda memahami apa yang ia ucapkan dan berikan pujian atas usahanya • Mainan dengan berbagai suara dapat membantu bayi Anda membentuk kemampuan pendengarannya • Ketika bayi Anda mencoba duduk tegak tanpa bantuan. menatap matanya dan kemudian mendatanginya. • Tingkatkan intensitas Anda berbicara dengannya. Ini sangat membantu membentuk hubungan yang sangat penting antara Anda dengan bayi Anda sekaligus merangsang perkembangan mental si kecil • Hargai usaha bayi Anda ketika ia berjuang untuk berdiri dengan berpegangan ke sebuah kursi • Ketika ia mengucapkan kata sederhana seperti “Abba”.

Inilah awal proses bagi bayi Anda untuk mencocokkan sebuah nama dengan seseorang • Pastikan mainan kesukaannya adalah sesuatu yang mendidik 6 Bulan • Buatlah reaksi gempar ketika si kecil belajar merangkak. lanjutkan proses komunikasi ini dengan terus mengobrol dengannya 103 . biarkan ia menjatuhkan sebuah benda. • Setiap bayi Anda bertemu dengan orang baru. “Sarah. kemudian Anda yang mengambilnya. jangan lupa untuk memperkenalkan orang tersebut dengan menyebutkan namanya. Anda bisa mengatakan. pastikan Anda ada di sisinya untuk menenangkannya • Ketika bayi Anda mengenali namanya sendiri. Ini adalah permainan pertama yang Anda mainkan bersamanya • Berikan pujian setiap kali ia berhasil mengucapkan kata atau suara baru. Ini sangat baik bagi emosinya • Ketika Anda melihatnya berhasil memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain. ini namanya Paman Farhan”. Tirukan kata atau suara yang dibuatnya • Jika ia menangis ketika bertemu dengan orang baru. Beritahukan betapa hebatnya dia • Buatlah reaksi yang sama ketika ia berhasil duduk tegak tanpa bantuan. Ini merupakan pencapaian besar dari segi kemampuan berkomunikasi • Bermainlah dengannya. maka berikan pujian sambil menirukan gerakan tersebut di hadapannya • Bayi Anda mungkin menunjukkan reaksi gembira ketika seseorang datang mendekat. Sampaikan kepada bayi Anda betapa pintarnya ia dengan pencapaian ini • Berikan pujian juga setiap kali ia mengangkat tangannya tanda minta digendong.

Anda telah melengkapi lingkaran komunikasi yang dimulainya. “Itu mata Ummi”. • Jika ia mulai ingin makan sendiri. sebutkanlah setiap bagian wajah yang dilewatinya. “Itu mulut Ummi” dan sebagainya • Teruslah memujinya dan berbicara dengannya ketika ia mengangkat kedua tangannya tanda minta digendong. lihat buku gambar ini”. Anda bisa berkata. dsb) 7 Bulan • Berikan pujian atas setiap usaha bayi Anda untuk merangkak. sediakanlah makanan yang aman untuk digenggam dan dimakannya (wortel kecil. biskuit bayi. Ini akan mendorongnya untuk mencoba lebih keras lagi • Jika ia melambai ke arah Anda. maka Anda bisa berbicara menerangkan apa yang ada di dalamnya 104 . sehingga ia mulai menghubungkan kata-kata Anda dengan perbuatannya • Beri semangat kepadanya untuk mencoba makan sendiri dengan makanan yang aman. “Zaki. kemandirian serta perbaikan dalam kemampuan motoriknya • Seiring dengan kelakuannya menggerayangi wajah Anda dengan tangannya. Ini akan menghubungkan kata-kata dengan perbuatannya • Teruslah menggunakan nama bayi Anda sesering mungkin dan Anda bisa memperluas penggunaannya. balaslah dengan melambai. Ketika ia melihatnya. Dengan demikian. Coba suruh ia melambai lagi. Anda bisa mengatakan. Ini dapat meningkatkan pemahaman mengenai pencapaian.

“Lihat tuh. lalu Anda bisa menerangkan. berbicara. perahu. “Ini kaki gajah”. Berikan cerita tentang si bebek kecil. dsb)  Kemampuan motoriknya dalam mengendalikan benda-benda bergerak di permukaan air akan terbentuk dengan baik  Ikatan antara Anda dengannya akan semakin kuat dengan adanya kegiatan tertawa. Ajak terus ia berbicara. Anda bisa mengambil salah satu mainan binatangnya. dan sebagainya • Proses penggantian popok juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan lho. “Ini kupingnya”. ekornya bergerak- gerak” dan seterusnya • Teruslah menjadikan mandi sebagai kegiatan yang menyenangkan baginya. cerita tentang perahu kecil berikut dengan aksi di bak mandinya. menepuk-nepuk air. tertawa. sambil menjelaskan apa saja yang menarik perhatiannya 8 Bulan • Puji bayi Anda ketika ia mulai berjuang untuk berdiri. Pujian Anda merupakan pemberi semangat yang ia perlukan • Perbanyak variasi makanan yang bisa ia pegang sendiri 105 . • Permainan yang sangat baik dan sangat ia senangi adalah dengan berekplorasi menggunakan mainannya. “Ini namanya gajah”. “Ini ekornya”. Ini bisa membantu perkembangan bayi Anda dengan banyak jalan:  Perasaan antisipasinya akan berkembang  Dia akan cepat akrab dengan teman-teman mandinya (bebek.

Dengan demikian. • Jangan membiarkan bayi Anda ketika ia menangis dengan keras dan berusaha menarik perhatian Anda. Ingatlah. Anda harus ekstra hati-hati. setidaknya dia tahu bahwa komunikasinya telah berhasil. Biasakanlah untuk selalu mengajaknya berbicara • Cobalah untuk memperkenalkan mainan atau permainan baru kepada bayi Anda paling lambat 1 bulan sekali • Perhatikan dengan baik apakah dia selalu merasa malu atau takut setiap kali bertemu dengan orang atau suasana baru. Ini merupakan interaksi dan koordinasi yang luar biasa • Ceritakan dengan rinci kepada bayi Anda apa yang sedang Anda lakukan. tenangkan ia dengan penuh kasih sayang 9 Bulan • Dengan semakin aktifnya dan semakin pintarnya bayi Anda memegang benda-benda kecil menggunakan ibu jari serta telunjuknya. beritahukan kepadanya bahwa Anda akan datang sebentar lagi untuk membantunya. Ini merupakan bagian penting dari proses belajarnya • Kemampuannya merespon dengan mengeluarkan suara akan terus membaik... ini merupakan cara si kecil untuk berkomunikasi dengan Anda dan menjawab komunikasinya sangatlah baik untuk perkembangannya • Jika si kecil menangis keras dan Anda tidak bisa memberikan perhatian segera. pastikan ruangan tempatnya bermain aman dari benda-benda kecil yang bisa membuatnya tersedak • Ketika dia mulai bisa bertepuk tangan. ikutlah bertepuk tangan bersamanya. Ini akan membantu meningkatkan pengenalannya terhadap kata-kata serta fungsinya 106 . Jika ya. seiring dengan semakin seringnya Anda berbicara kepadanya.

dan sebagainya 107 . memainkan intonasi suara. suara siapa itu ya?” • Dia akan mengenali suara ketika ayahnya pulang dan akan menunjukkan tanda-tanda kegembiraan • Mengenai permainan memasukkan benda-benda ke dalam kotak. Anda bisa mengatakan kepada si kecil. Tujuan permainan ini adalah menggabungkan beberapa informasi • Terkadang bayi bisa ikut sedih jika ia melihat Anda atau orang lain menangis. Anda bisa bertanya kepadanya. ketika terdengar suara langkah ayahnya di luar rumah ketika ia pulang.• Coba berhenti sebentar untuk melambaikan tangan kepadanya ketika Anda meninggalkannya keluar dari ruangan • Kenalkan ia kepada berbagai macam tekstur untuk mengembangkan kepekaan indera sentuhannya • Gonta-gantilah mainannya. Sebagai contoh. kita masukkan bola warna hijau ke dalam kotak” lalu Anda mengambil bola tersebut dan memasukkannya. Anda bisa menggunakan kartu atau bola dengan berbagai warna. agar ia tidak bosan • Anda sebaiknya bereksperimen dengan bayi Anda berkenaan dengan interaksi suara. Jika hal seperti ini terjadi dengan bayi Anda. “Wah. “Yuk. Misalnya. Jangan kesal jika bayi Anda lalu mengambil dan memasukkan bola- bola lainnya. Anda bisa mengatakan. maka segeralah menenangkannya • Ketika membaca buku bersamanya. pastikan Anda melibatkan si kecil. menunjuk berbagai gambar.

Setiap kali ia berhasil memahami apa yang Anda katakan kepadanya. berikan pujian • Sekitar 20% waktunya digunakan untuk melihat dan mengamati. tunjukkan bahwa Anda menyenangi tindakannya tersebut 108 . Ingatlah. Suasana sekitar yang monoton dapat membuat bayi Anda merasa bosan. sebenarnya ia sedang melatih dan membiasakan otot-otot tubuhnya. Oleh sebab itu jangan lupa untuk membuat kondisi di sekelilingnya tidak monoton dari waktu ke waktu. Dengan demikian. sehingga akhirnya ia akan menghentikan proses “melihat dan mengamati” • Anda harus selalu memastikan bahwa mainan yang Anda sediakan untuk si kecil tidak hanya sekedar membuatnya sibuk. walaupun Anda tidak mengerti. Berikan semangat dan bantuan. tetapi juga harus bisa memancingnya untuk menggunakan berbagai inderanya dengan maksimal • Coba ingat-ingat dan catat kata-kata yang bisa diucapkannya • Walaupun Anda tidak memahami apa yang dikatakan oleh bayi Anda. Anda sebaiknya tetap memberikan tanggapan yang positif. tetapi ia mengerti apa yang ia ucapkan • Jika ia naik ke pangkuan Anda ketika Anda membacakan cerita kepadanya. tetapi tidak perlu sampai memaksanya • Teruslah berbicara kepadanya sehingga pemahamannya meningkat setiap hari. ia akan semakin semangat untuk “ngobrol” dengan Anda.10 Bulan • Saat bayi Anda berjuang untuk berdiri tegak.

Begitu pula ketika Anda memberikan sesuatu kepadanya. Anda bisa ikutan dengan mengatakan. “Kalau sapi yang mana?”. “Ini pohon”. “Kalau pohon yang mana?” Lama- kelamaan ia akan mampu menggabungkan kata-kata. tapi jangan terlalu memaksakan 109 .11 Bulan • Perkenalkan bayi Anda kepada buku-buku baru secara rutin. “Ini sapi”. penglihatan. ingatan dan gerakan tangannya untuk menunjukkan benda-benda tersebut • Ketika si kecil belajar melangkah. peganglah tangannya dan tunjuklah berbagai gambar yang ada di dalamnya. yang sederhana saja • Ketika ia bermain dengan balok mainannya. Selain untuk memperluas pemahamannya. Anda bisa memberikan mainan yang memiliki bagian-bagian yang bisa digerakkan. ajarkan ia untuk mengucapkan “terima kasih” • Setiap kali bayi Anda merasa takut terhadap sesuatu. Biasakan si kecil untuk menghadapi orang banyak. maka sebenarnya ia akan sering merasakan sakit pada fisiknya. Setelah itu. Oleh sebab itu. “Ayo kita buat menara!” kemudian bantulah si kecil meyusunnya. biasakanlah untuk mengucapkan “terima kasih”. dan seterusnya • Coba minta bayi Anda untuk menunjuk gambar tertentu. Namun jangan lupa juga untuk “menampilkan” buku-buku lamanya untuk mengingatkannya kembali • Sambil membacakan buku kepadanya. katakanlah “Ayo rubuhkan menaranya!” lalu ikuti dengan membantunya merubuhkan susunan balok • Ketika bayi Anda memberikan sesuatu kepada Anda. Jangan yang terlalu rumit. tunjukkan bahwa Anda melindunginya dan berikan rasa aman kepadanya. dengan demikian ia akan terus bersemangat. janganlah pelit pujian… • Untuk memenuhi kebutuhan otaknya.

Dengan demikian ia dapat menemukan makanan yang disukainya • Dia akan mulai agresif dalam bermain. adalah baik jika Anda menyediakan banyak variasi makanan dalam jumlah yang sedikit untuk setiap jenisnya. Pastikan mainannya tidak menyebabkannya terluka • Untuk merangsang imajinasi dan konsentrasinya. Anda sebaiknya terus mengulang-ulangnya. Ia akan sangat tertarik mendengar cerita “Mama kucing dengan bayi kucing” 12-18 Bulan • Sekarang si kecil sudah bukan bayi lagi… tapi sudah menjadi anak kecil atau Batita. Tapi ingatlah. Biasanya banyak cerita tokoh binatang yang seperti ini. Anda bisa membacakan cerita-cerita pendek kepadanya. Coba bacakan cerita yang memuat peran ibu dan bayinya.12 Bulan • Amankan ruangan tempatnya berada. Bayi Anda sedang belajar berjalan. tetapi hati- hati… jangan sampai ia sering dibiarkan sendirian begitu saja terlalu lama • Si kecil menuntut Anda untuk meluangkan waktu Anda dalam mendidiknya di setiap lini perkembangannya 110 . maka pastikan tidak ada benda-benda berbahaya yang dapat membuatnya terluka • Setiap kali ia berhasil mengucapkan kata baru. Tambahkan kata-kata baru tersebut ke dalam catatan Anda • Dengan adanya perubahan pola makan si kecil. ia masih sangat membutuhkan pujian dan dukungan penuh dari Anda • Walaupun ia akan senang bermain sendirian.

ia akan merasakan sebuah pencapaian yang luar biasa • Dia mungkin sedang berusaha keras untuk bisa memakai sandal. garpu dan gelas • Permainan peran sangat baik baginya pada tahap ini. serta kaus kaki sendiri. Jangan dilarang. sediakan alat gambar- tulis dengan warna-warna yang cerah 18–24 Bulan • Ketika usianya mendekati 2 tahun. Ketika berhasil. Anda bisa berpura-pura menjadi polisi lalu lintas ketika ia bermain dengan mobilnya. anak Anda akan mulai senang bermain dengan anak-anak lain. Selain untuk alasan higienis. ini akan meningkatkan kemampuan motoriknya • Ketika ia menggambar atau menulis. Perasaan berhasil melakukan sesuatu sangat penting bagi perkembangan mentalnya 111 . Akan sangat membantu jika Anda duduk bersamanya dan memberikan contoh kepadanya • Dia juga akan mencoba untuk mencuci tangan sendiri. Anda pun sesekali harus memperlihatkan kepadanya bagaimana Anda menggosok gigi Anda. sepatu. • Perhatikan perkembangan motoriknya berkaitan dengan kemampuan memegang sendok. misalnya • Ajarkan dan biasakan anak Anda untuk menggosok giginya. tapi arahkan. berilah semangat. Anda harus memberinya semangat. Anda juga bisa memberikan contoh agar ia terus berusaha. karena ini merupakan tahap perkembangan yang penting dan mempengaruhi bagaimana ia berinteraksi ketika dewasa nanti • Jika ia kesulitan minum menggunakan sedotan.

Ajari dan beri semangat ia untuk merapikan mainannya sendiri • Jika anak Anda masih kesulitan minum dengan menggunakan gelas. mainan seperti apa yang diinginkannya • Begitu pula kemampuannya memegang krayon. pensil ataupun kuas… sudah jauh membaik.24–30 Bulan • Pada tahap ini. Sehingga kemampuan motoriknya akan tetap terlatih dan tidak banyak air yang tumpah! • Termasuk salah satu perkembangan penting baginya adalah ketika ia bergabung dan bermain bersama anak-anak lain. Oleh sebab itu. terutama ketika ia bersama mainannya. Anda sebaiknya terus memberikan semangat ke arah ini dengan cara menanyakan kepadanya mengenai teman- temannya dan permainan yang dimainkannya • Kemampuan anak Anda untuk berimajinasi akan semakin baik. maka coba Anda berikan gelas yang bertutup moncong. Bantulah ia dan buatlah proses ini menyenangkan baginya • Anda juga perlu mengarahkan kemampuannya untuk berbenah. sehingga “karyanya” pun akan terlihat semakin berkembang. Pastikan Anda menyediakan peralatan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ini 112 . ada baiknya jika saat ini Anda memberikan kesempatan kepadanya untuk memberikan usul. si kecil harus sudah mulai dibiasakan buang air kecil dan buang air besar sendiri.

akan sangat baik jika Anda tetap membacakan cerita kepadanya secara rutin. dan sebagainya. Walaupun demikian. Hati-hati dalam memilih. ingatlah bahwa sepeda ini tidak akan lama digunakannya sehingga Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli yang bekas. Dia pun masih butuh pujian Anda.30–36 Bulan • Ketika Anda membelikan sepeda roda tiga untuk si kecil. ayunan. terlebih jika Anda menambahkan variasi dalam pembacaannya dan ceritanya 113 . jangan yang terlalu besar atau terlalu kecil. jangan yang terlalu berat dan sulit untuk dikayuh oleh anak Anda • Kemampuan anak Anda untuk memanjat dan menaiki tangga pada tahap ini sudah cukup baginya untuk bermain di taman bermain yang menyediakan banyak peralatan bermain seperti perosotan. Berikan semua itu kepadanya agar ia tumbuh dengan baik • Anak Anda mungkin sudah bisa membaca sekarang. jangan lupa bahwa dia masih memerlukan pelukan dan pangkuan Anda. Ini sangat baik untuk mengembangkan kemampuan motoriknya dan memperkuat ototnya • Walaupun anak Anda sekarang sudah besar.

Kesimpulan Ratusan juta dolar telah dihabiskan untuk penelitian di seluruh dunia dan hasilnya adalah: Dengan menerapkan metode-metode sederhana pada 3 tahun pertama pertumbuhan anak Anda.. pastikan Anda menerapkannya sungguh-sungguh. Anda dapat membantunya untuk menjadi lebih cerdas sehingga ia akan memasuki sekolah dengan memiliki intelektual yang luar biasa.. Keuntungan ini akan terus berpengaruh sepanjang hidupnya. Langkah-langkah ini selalu menampakkan hasil yang positif. Dan sesuatu yang sangat menggembirakan bagi kita semua adalah bahwa berbagai metode sederhana ini bisa dilakukan oleh orang tua dan pengasuh anak tanpa memerlukan kualifikasi dan pelatihan apapun. 114 . Isi ebook ini merupakan rincian langkah-langkah sederhana tersebut dan Anda tinggal mengikutinya dan menerapkannya.

115 .