You are on page 1of 20

CIWANGUN INDAH CAMP

AND OUTBOUND
CONTRUCTION

PROPOSAL PENAWARAN
www.ciwangunindahcamp.com

Nama : Ridwan Bukhori
CP : 0852 7122 9238
BBM : 5F7ED5D0
WA : 0852 7122 9238
E-mail : ridwan.elfarid@gmail.com

I. PENDAHULUAN

A. Deskripsi Kegiatan Outbound

Dewasa ini permainan Outbound sudah berkembang secara meluas di tanah air,
namun adakalanya kita salah mengartikan istilah ini, Outbound yang berasal dari kata
OUT OF BOUNDARIES berarti keluar dari batas, istilah sederhananya adalah suatu cara
bagaimana mengubah mindset seseorang dari batas pikirannya yang tadinya tidak
mungkin menjadi mungkin….yang tadinya tidak dapat dilakukan menjadi dapat
dilakukan….ibaratnya mengeksplorasi diri. Salah satu yang biasa disajikan dalam
kegiatan outbound adalah Flying Fox, permainan ini demikian tenar saat ini, hampir
semua kalangan mengenal permainan ini, padahal Flying Fox sendiri adalah salah satu
bagian dari kategori kegiatan Outbound (Experimental Learning) yang dinamakan
challenge course yaitu High Rope Course (biasanya ditujukan untuk usia dewasa, namun
tidak terkecuali anak-anak) dan Low Rope Games yang ditujukan untuk anak-anak usia 5
– 7 tahun. Permainan games ini memang lain daripada yang lain, didesain sedemikian
rupa di alam terbuka dengan menggunakan peralatan-peralatan khusus standard safety
international (UIAA).

Outbound adalah kegiatan di alam terbuka. Outbound juga dapat memacu
semangat belajar. Outbound merupakan sarana penambah wawasan pengetahuan yang
didapat dari serangkaian pengalaman berpetualang sehingga dapat memacu semangat
dan kreativitas seseorang. Oleh karena itu, Kimpraswil menyatakan bahwa outbound
adalah usaha olah diri (olah pikir dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi
peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja dan prestasi dalam rangka
melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi secara lebih baik lagi.

Kegiatan outbound berawal dari sebuah pengalaman sederhana seperti bermain.
Bermain juga membuat setiap anak merasa senang, dan bahagia. Dengan bermain anak
dapat belajar menggali dan mengembangkan potensi, dan rasa ingin tahu serta
meningkatkan rasa percaya dirinya. Oleh karena itu, bermain merupakan fitrah yang
dialami setiap anak.

Pengalaman merupakan guru dalam proses pembelajaran secara alami. Misalnya,
seorang anak mengalami proses alami bermain. Hal itu dalam rangka menambah dan
mengembangkan pengetahuan dari setiap pengalamannya. Jadi, tidak menutup
kemungkinan siapapun berhak bermain baik anak-anak, remaja, orang dewasa ataupun
orang tua. Karena belajar dari sebuah pengalaman dalam aktivitas bermain dijadikan

proses belajar. tetapi jika ditangani oleh kelompok yang kompak. serta saling mempunyai komitmen demi tim yang satu. Seperti halnya Iwan menegaskan bahwa “permainan yang disajikan dalam outbound memang telah disusun sedemikian rupa. Karenanya kami berharap. Moto sentral team building adalah satu. trial and error. Teamwork merupakan unsur aksi secara aktif dalam momen tertentu. dari kegiatan Outbound and Management Training ini kita bisa mempelajari kehidupan dan menambah motivasi hidup/gairah hidup yang lebih berkualitas. Walaupun banyak anggota. tetapi satu ikat chopstik tidak mudah dipatahkan. ada proses saling mengenal. Suatu organisasi yang mempunyai jiwa team building akan mampu mencapai apa yang menjadi tujuan bersama. Banyak stik jika dijadikan satu akan menjadi kuat. team building mencatat pula tahapan proses yang tidak dimiliki oleh teamwork. Selain jangka waktunya lebih lama. Team biulding lebih luas daripada teamwork. but not a bundle of sticks. satu langkah. Team Building One chopstick can be broken easily. Para ahli yang berpengalaman berpendapat bahwa satu tim yang mempunyai satu hati dan satu tekad akan bisa melakukan apa pun. Keduanya sama-sama mempunyai makna positif. dan satu hati. Team building adalah bentuk kerjasama dalam satu tim. serta diisi dengan petualangan-petualangan. ada pengalaman kebersamaan yang saling dirasakan manfaatnya. tetapi harus satu. Pada team building. Tim yang lebih kompak disebut mempunyai . Banyak orang dan pendapat jika menjadi satu akan kuat. Berdasarkan latar belakang tersebut outbound merupakan perpaduan antara permainan-permainan sederhana. Satu batang chopstiks (Lidi) akan mudah dipatahkan. Hal itu yang akhirnya membentuk adanya unsur-unsur ketangkasan. Seberat apa pun rintangan yang dihadapi. Team Building bukan sekedar teamwork. sehingga bukan hanya psikomotorik (fisik) peserta yang ’tersentuh’ tapi juga afeksi (emosi) dan kognisi (kemampuan berpikir). permainan ketangkasan. sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan yang dapat dilakukan di ruangan terbuka atau tertutup. Satu pada team building dengan satu teamwork agak sedikit berbeda. B. maka dapat dikerjakan dengan baik. dan kebersamaan serta keberanian dalam memecahkan masalah. Salah satu tim bola bola voli yang dibentuk secara spontanitas dapat lebih kompak dari yang lain. Apakah teamwork tidak bisa dipakai dalam waktu panjang? Bisa! Itulah yang disebut team building. dan olah raga. yaitu satu suara. team building jangka waktunya lebih abadi. Namun.

Namun. Maka dari itu dengan Outbound ini permainan anak-anak bisa lebih bermanfaat dan lebih edukatif untuk melatih EQ anak untuk berfikir positif. Saat menuju pencapaian visi. Mereka adalah satu. Inti team building adalah satu. pasti ada kendala yang dihadapi. keesokan harinya belum tentu mereka bersama-sama kembali. Kendala dari dalam bisa berupa aksi individu yang ingin menonjolkan diri. Ketika mulai kerja dalam masa percobaan. dan hantaman secara langsung yang bisa mengoyakkan sendi-sendi perusahaan. Oleh karena itu sangatlah penting menumbuhkan kreatif. dia melihat bagaimana seniornya begitu antusias membantu dirinya yang masih baru. Banyak anak-anak sekarang terpengaruhi virus global yang mana anak-anak sudah bisa menyanyikan lagu-lagu orang dewasa dan melakukan sesuatu yang belum layaknya iya lakukan. dia merasakan bagaimana bantuan tenaganya sangat berharga dan merasakan bimbingan orang lain. Serta ada yang kembali ke asalnya sebagai guru olahraga. ada yang harus ke kantor dan tidak sempat berolahraga voli kembali. Pada satu perusahaan. motivasi diri dan semangat juang untuk berubah menjadi lebih baik. Tidak ada perbedaan yang berarti antara orang lama dan orang baru. pada kesempatan berikutnya mereka akan mendapatkan keberhasilan yang gemilang. Mereka mulai merasakan adanya sesuatu yang ringan jika menangani pekerjaan bersama-sama. Trainer mengemukakan tugas dan tanggung jawabnya serta visi-misi perusahaan. Ada berbagai simulasi yang harus di lihat oleh orang baru diperusahaan. kreatif dan mengarahkan tujuan . Mereka adalah satu. teamwork yang baik. kesulitan pasokan energi. Dan juga banyak para remaja kita yang berjalan tanpa arah seperti mengikuti arah angin berhembus dan menyia-nyiakan waktunya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. dan mendapatkan pengarahan ketika diterima. Sebuah team building bisa dimulai ketika seseorang direkrut. mereka tetap satu. kendala bisa dari dalam dan luar. Pengarahan bisa mengacu pada pentingnya kerja sama tim. Terdapat banyak ruang dalam mengoptimalkan potensi anak-anak dan remaja. Walaupun jumlahnya banyak. II. menjalani seleksi. Kendala dari luar terjadi karena persaingan dengan organisasi lain. Mereka mungkin pernah tinggal satu daerah atau tinggal bersama satu-dua hari dalam persiapan acara yang berbau spontanitas. Dalam pekerjaan sehari-hari. Mengapa mereka bisa bagus dalam teamwork? Mereka mungkin berasal dari satu pusdiklat. Ada yang pulang ke luar kota. Ketika mereka mendapat pengalaman gagal. DASAR PEMIKIRAN Anak-anak dan remaja adalah kader bangsa dan pemegang perubahan di masa yang akan datang.

4. Melatih Kemandirian 3. dan kreatifitas. Membentuk pola pikir yang kreatif 2. Tujuan Tujuan Management Training adalah : 1. Misi 1. MOTTO. Menumbuhkan kreatifitas. 5. 6. VISI. Pembinaan Tim Sinergis 4. KONSEP A. MISI. Mengetahui dan memahami perasaan. Tujuan Management Training untuk remaja dan Dewasa adalah : 1. Membantu menemukan jati diri peserta agar hidupnya lebih berkualitas. intlektual. 7. 6. pendapat orang lain dan menghargai perbedaan. Mengakrabkan diri dengan alam. Menambah pendewasaan diri. TUJUAN. Meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi 5. Kepemimpinan yang efektif 2. Inovatif dan menjadikan manusia yang mempunyai jati diri dan berkarakter. hidup para remaja melalui self navigation agar hidupnya lebih berkualitas dan bermanfaat dimasa yang akan datang. Mengganti Aktifitas bermain dengan permainan yang lebih bermanfaat. III. Menanamkan rasa sopan santun kepada semua orang. Peningkatan Motivasi Berprestasi 3. Kreatif. Memberi masukan yang positif 4. Membantu menemukan jati diri atau tujuan hidup. 3. Mampu berkomunikasi dengan baik dan Menanamkan nilai nilai yang positif 9. B. Visi Edukatif. Berekspresi sesuai dengan caranya sendiri yang masih dapat diterima lingkungan 6. Mengembangkan kualitas hidup peserta yang berkarakter 10. Mengembangkan kualitas hidup anak yang berkarakter 7. Membangkitkan semangat dan motivasi 8. 2. . Membuka wawasan. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri peserta 5. Mengganti Kegiatan Rekreasi sebagai rekreasi yang lebih positif dan mendidik 7. C. Mengenalkan konsep kewirausahaan.

IV. D. PROGRAM  One Day Outbound  Recreation With Outbound  Outbound and Self Management  Creative Holyday Camp  Pelatihan Kepemimpinan dan Outbound  Outbound and Spiritual Camp  Extreme Bound to Mountain  Outbound Personal Development  One Day Outbound  Pelatihan Kepemimpinan dan Outbound  Creative Holyday Camp  Holyday Camp and Entrepreneur Learning  Outbound and Entrepreneur Learning  Extreme Bound To Mountain  Outbound and Team Building  Spiritual Bound  Recreation With Outbound  Outbound and Self Management Training  Bonfire (Api Unggun)  Outbound Game  Happy Family Outbound  Family Outing program  Fun Game V. Menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat hidup. Konsep Self Management Training dirancang dengan konsep extreme games. Pembelajaran alam yang efektif. 9. Fun Games. Active Learning and Spiritual Learning. Motto Your Success Is Our Success E. RENCANA PENGELOLAAN LAHAN • Ground Outbound/Wonderland • Tempat Pelatihan . 8. Challenge Games.

• Tempat wisata Rohani • Tempat wisata keluarga • Pengenalan tentang Sumber Daya Alam VI. Flaying Fox 2. JENIS PERMAINAN (GAMES) • Extreme Games 1. Spider Web 7. Hell Barier 5. Wall Climbing 4. Elvis Walk • Fun Games (Indoor & Outdoor) • Team Building & Hiking/ Field Trip . Jembatan Goyang 6. Rapling 3.

000 2. Shaking Bridge/ Jembatan Goyang panjang 100m Perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan .000 7 Tali Karamantel 1 Roll 50 Rp. 4.000 6 Body Harnes 10 Rp.000 Rp. 35.000 5 Carabiner Baja 4 Rp. 945. RAB/ RENCANA ANGGARAN BELANJA PEMASANGAN WAHANA PERMAINAN OUTBOUND 1.000 Rp.000.000 12 Spanscrew 8 Rp. 900. 27.000 Rp.000 Rp.000 Rp.600. 9.000 2 Pulay Dobel 4 Rp. 200. 250. 600. 450. 500. 100. 2.000 TOTAL Rp.000 Rp. 100. 40.000 11 Clem 14mm 12 Rp.000 17 Karet Matras 1 Rp.000 Rp. 480.000. 520.500 Rp.000 Sarung Tangan 13 4 Set Rp. 2. 65.000 10 Clem 12mm 8 Rp.000 Rp.000 Biasa 15 Mesin Transfer 1 Rp.000 Rp.200. 350. 55. 280.500. 50. 350. 2.000 4 Carabiner Screw 7 Rp.000 Rp.000 8 Tali Webing 1 Roll 50 Rp. 450. 450. 800.000 Rp.000 9 Tali Transfer 1 Roll 210 210 Rp.500.000 16 Besi Per 1 Rp. 3. 250.000 Bilay Sarung Tangan 14 2 Box Rp. 4.425.200.000 Rp.000 Rp.000 Rp.000 Rp.400.150. 2. 60.000 Rp. 4. 400.000 3 Pulay Singel 4 Rp. Flying Fox panjang lintasan 200 M Perlengkapan dan perlalatan yang dibutuhkan N Nama Barang Unit Panjang M Jumlah M Harga Total Harga O 1 Wayer 12mm 2 230 460 Rp.

500. 3.000 6 Body harnes 3 Rp 950.000 14mm 3 Pulay singel 4 Rp.000 Rp. 20. 300. 400.000 Rp 600.000 9 Clem 14mm 16 Rp 35. 30.850.000 7 Tali Webing 1 Roll 50 50 Rp.000 Rp. Panjang lintasan 10 M Perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan No Nama Barang Unit Panjang M Jumlah M Harga Rp Total Harga 1 Wayer 12mm 2 25 50 Rp.000 Rp.000 Rp 400.000 4 Carabiner baja 3 Rp. 200.000 Rp.000 Rp 600.600. 600.5.000 8 Clem 12mm 15 Rp.000 Rp.000 2 Pulay single 2 Rp 500.000 Rp.000 11 Tali karamantel 1 roll 50 50 Rp 2.000 .000 12 Sarung tangan Rp 60. 450. 60. 400. 50. 600.000 7 Tali webing 1 roll 50 50 Rp.000 5 Pigur x 2 Rp 400. 950.000 5 Pigur x 2 Rp.000 6 Body Harnes 6 Rp. 1.000 10 Clem 14mm 16 Rp.000 4 Carabiner Screw 4 Rp. 2. 800. 4000 Rp.200. 400.080.500.000 Rp 450.700.000 4 Carabiner baja 3 Rp 200. 600.000. 800.000 2 Pulay singel 2 Rp. 1.000 Rp. 1.000 Rp. 560.000. 40. 2. 560.000 9 Clem 14mm 16 Rp.000 Rp.000 9 Clem 12 mm 12 Rp. 400. 2.000 3 Carabiner screw 2 Rp. 35.000 Rp.000 8 Clem 12mm 15 Rp 30.300. 500.000 11 Spansscrew 12 Rp.000 Total 4. 500.300.000 3.000 Rp. 30.000 8 Tali Transfer 1 Roll 110 110 Rp. 600.000 Rp 120.000 Rp 2. Elvise Bridge/ Jembatan Elvise.700.000 6 Body harnes 3 Rp. V BRIDGE/ JEMBATAN V panjang lintasan 15 M Perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan No Nama barang Unit Panjang M Jumlah M Harga Rp Total Harga 1 Wayer 12mm 3 20 60 Rp.000 2 box biasa Rp 14. 1. 000 Rp. 200. 50.000 Rp 560. 950.850. 2.000 Rp 600.000 3 Carabiner screw 2 Rp 300.000 Rp 800.000 Rp. 6.000 Rp. 440.000 Rp. 300.000.000 10 spanscrew 12 Rp 50. 30.000 Rp 3.000 Rp.000.000 12 Papan 2inc 120 50 cm 13 Mesin Bor 1 Rp.000 Rp.000 Rp.000 10 spanscrew 12 Rp. 360.000 5 Carabiner Baja 4 Rp.000 Tali Puralon 2 1 Roll 200 200 Rp.000 Rp.000. Jumlah No Nama Barang Unit Panjang M Harga Total Harga M 1 Wayer 12 mm 3 115 345 Rp.000 Rp.000 7 Tali webing 1 roll 50 50 Rp 400. 400.000 TOTAL Rp.500. 60. 35.500.000 Rp.000 Rp 2.000 11 Tali karamantel 1 roll 50 50 Rp.060. 60.000 Rp 1.000 Rp.

600. 3. 35. 400.000 9 Clem 14mm 16 Rp.030.800.000 Rp.000 13 20 14mm Jaring Puralon Rp.000 5 Pigur X 2 Rp.000 4 Carabiner Baja 4 Rp. 560.000 12 2 box Biasa Tali Puralon Rp. 60. 50. Spiderweb/ Jaring Laba-laba. 300. 5.000 2 Pulay Singel 2 Rp.000 3 Carabiner Screw 4 Rp. 500.000 8 Clem 12mm 15 Rp.000 7 Tali Webing 1 roll 50 50 Rp. 14. 400. 60. 30.000 Rp. 600.000 Rp. 800. 120.000 Rp. 30. 950.500.000 .000.000 Rp. 24. 30.000 Rp.000 10 Spanscrew 12 Rp.000 Rp.000 Rp. 1.000 14 1 9 9 Total Rp.000 Rp.000 Sarung Tangan Rp.200. Sarung tangan Rp. 450.080.000 5. 60. 800.000.000 Rp. 400.000 11 Tali Karamantel 1 roll 100 100 Rp. Tinggi lintasan 9m lebar 3m Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan No Nama barang Unit Panjang M Jumlah M Harga Rp Total Harga 1 Wayer 12mm 2 20 20 Rp. 1.000 Rp.000. 600.000 13 Tali puralon 14mm 20 Total Rp.000 Rp.000 Rp. 5. 200.200.000 6 Body Harnes 4 Rp. 1.000 Rp. 7.000 Rp. 120.000 12 2 box biasa Rp.

000 3 Biaya Instruktur 2 orang Rp.080. 244. Elvis Bridge Rp. Untuk wall climbing ukuran 4m x 12 m biaya Rp. pemasangan wahana permainan menggunakan tiang buatan membutuhkan biaya tambahan 3. Tenaga operator outbound di rekrut oleh pengelola tempat 6. V Bridge 4. 147. 40. 7 500 000 Rp. tergantung lokasi tempat dan biaya 7.000 000 4 Biaya Pekerjaan 7 orang Rp. 10. 52.000 2 Biaya Pelatihan Operator 10 orang Rp. 15. 55. 7 500 000 Rp.080. 20.000 2.000 Permainan : 1.paint ball lengkap kurang lebih untuk 10 senjata Rp.000.000. Shaking Bridge Rp. Harga saung bambu per m perseginya RP. 14.000. Flyingfox Rp. untuk pemasangan semua wahana permainan diantara pohon ke pohon 2. 24. Kami juga siap membangunkan gazebo atau saung saung dan tempat tempat yg biasa digunakan untuk lokasi outbound. Masih banyak lagi permainan yang bisa di buat kan.000 5. Spiderweb Rp.Total biaya yang di perlukan N O Nama Barang Jumlah Biaya Rp Total Biaya Rp 1 Pemasangan wahana 5 Rp.425. 2 000 000 Rp.675. belum termasuk ongkos biaya angkut kelokasi 10.060.235 000 000 (dua ratus tiga puluh lima juta rupiah). 8. Tiket pesawat pp untuk pekerja dan instruktur ditanggung oleh pemesan 5. Biaya diatas belum termasuk biaya pengiriman barang ke tempat pemesan 4.000 Catatan : 1.030.000 Rp.000 3.000 000 Total Rp. 850 000(delapan ratus lima puluh ribu rupiah) 9.000 5 Biaya lain lain Rp. 14. 100 000 000 (seratus juta rupiah) .

SHAKING BRIDGE .Hormat Kami CEO Ciwangun Indah Camp and Outbound Contructions Fathony Arief.

V BRIDGE .

SPIDERWEB ELVIS BRIDGE .

.

WALL CLIMBING .

GAZEBO .

.

FLYING FOX ATV .

WATER PARK AND POOL CAMP TRAINING and PAINT BALL/AIR SOFT GUN GAME ARENA BERMAIN ANAK2 .