You are on page 1of 16

JURNAL MAHASISWA AMIK BSI Vol. 1 No.

1 Agustus 2016 119
ISSN: ……………..(Online) 119 - 134

Sistem Pemantauan Dan Pemeliharaan Perangkat
Teknologi Informasi Berbasis Web Pada
Departemen IT PT Denso Indonesia
Bekasi
Ahmad Jaenudin 1, Dwi Wahyuningtyas 1, Petrus Dwi Ananto Pamungkas 2, *
1
Program Studi Manajemen Informatika STMIK Bina Insani; Jl. Siliwangi No 6 Rawa Panjang
Bekasi Timur 17114 Indonesia. Telp. (021) 824 36 886 / (021) 824 36 996. Fax. (021) 824 009
24; e-mail: ajaenudin23@gmail.com; dwywahyu993@gmail.com,

Program Studi Teknik Informatika STMIK Bina Insani; Jl. Siliwangi No 6 Rawa Panjang
2

Bekasi Timur 17114 Indonesia. Telp. (021) 824 36 886 / (021) 824 36 996. Fax. (021) 824 009
24; e-mail: petrusdwi@yahoo.co.id

* Korespondensi: e-mail: petrusdwi@yahoo.co.id

Diterima: 15 Juli 2016; Review: 22 Juli 2016; Disetujui: 29 Juli 2016

Cara sitasi: Jaenudin A, Wahyuningtyas D, Pamungkas PDA. 2016. Sistem Pemantauan Dan
Pemeliharaan Perangkat Teknologi Informasi Berbasis Web Pada Departemen IT PT Denso
Indonesia Bekasi. Jurnal Mahasiswa Bina Insani. 1 (1): 119 – 134.

Abstrak: Semakin besar suatu perusahaan maka aset yang dimiliki juga semakin banyak, demikian pula
dengan data asetnya. Pemantauan dan pemeliharaan data aset menjadi hal yang sangat penting bagi
perusahaan tersebut. Tidak terpantaunya aset dan data aset dapat menjadi permasalahan penting bagi
perusahaan. Sistem pemantauan dan pemeliharaan aset ini bertujuan untuk mempermudah perusahaan
dalam memantau data aset yang ada di perusahaan terutama pada departemen IT di PT Denso Indonesia.
Pemantauan digunakan untuk proses pengumpulan dan analisis informasi berdasarkan indikator yang
ditetapkan secara sistematis dan berkelanjutan tentang kegiatan atau program sehingga dapat dilakukan
tindakan koreksi untuk penyempurnaan program atau kegiatan itu selanjutnya. Suatu perusahaan memiliki
aset, dimana aset tersebut harus diketahui jumlah dan keadaaannya. Untuk itu perlu adanya suatu
pemantauan data aset tersebut dan untuk memperlancar jalannya operasional perusahaan tersebut, aset
harus dipelihara agar kondisi aset tersebut terjaga kualitasnya. PT Denso Indonesia merupakan sebuah
perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur. Terdapat beberapa departemen dan barang yang
menjadi aset dan non aset diperusahaan tersebut. Salah satunya adalah Departement IT. Salah satu tugas
dari Departemen IT adalah memonitoring data aset komputer. Selama ini untuk memantau data aset
berupa barang komputer masih menggunakan MS. Office (Excel) untuk pengolahan datanya. Departemen
IT diharuskan mendata dan memantau setiap aset yang diminta dan aset yang dikeluarkan. Untuk
mempermudah pendataan tersebut maka dibuatlah sistem pemantauan dan pemeliharaan perangkat
teknologi informasi berbasis web yang diharapkan dapat mempermudah departemen IT dalam mengolah
data kapan saja dengan menggunakan fasilitas website.

Kata Kunci : sistem, sistem pemantauan dan pemeliharaan, website.

Abstract: The bigger a company, the assets are also more and more, as well as the data assets.
Monitoring and maintenance of asset data becomes very important to the company. Not terpantaunya
assets and asset data can be an important issue for the company. Asset monitoring and maintenance
system aims to simplify the company to monitor the data of existing assets in companies primarily in the

Copyright@2016. P2M BINA SARANA INFORMATIKA

Pendahuluan program atau kegiatan itu selanjutnya. Sistem Informasi telah Suatu perusahaan memiliki aset. informasi yang tepat dan akurat demi Salah satunya adalah Departemen IT. untuk itu perlu adanya menggunakan sistem informasi untuk suatu monitoring data aset tersebut dan meningkatkan usahanya. berkelanjutan tentang kegiatan atau Office (Excel) untuk pengolahan program sehingga dapat dilakukan datanya. A company has the assets. To facilitate the data collection then be made of monitoring systems and maintenance of web-based information technology devices are expected to facilitate IT departments in data processing at any time using the website facility. Monitoring is used for the collection and analysis of information based on the indicators set in a systematic and continuous activity or program so that corrective action can be done for the improvement of the program or activity further. pelayanan telah menggunakan sistem PT Denso Indonesia merupakan informasi komputer. dimana berkembang dengan sangat pesat. Departemen IT diharuskan tindakan koreksi untuk penyempurnaan mendata dan memonitoring setiap aset (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . There are several departments and stuff that becomes an asset and non asset in the company.120 ISSN: ……………. these assets must know the number and keadaaannya. maka akan bidang manufaktur. system monitoring and maintenance. Oleh aset tersebut harus diketahui jumlah dan karena itu banyak perusahaan yang keadaaannya. Dengan adanya sebuah perusahaan yang bergerak pada sistem komputerisasi. Selama ini untuk informasi berdasarkan indikator yang memonitoring data aset berupa barang ditetapkan secara sistematis dan komputer masih menggunakan MS. website. PT Denso Indonesia is a company engaged in manufacturing. One of the tasks of the IT Department is monitoring the computer asset data. 1. Keywords: system. IT departments are required to record and monitor any asset that is requested and issued asset. kemajuan perusahaannya. Terdapat beberapa mendukung keberhasilan suatu departemen dan barang yang menjadi perusahaan dalam mendapatkan aset dan non aset diperusahaan tersebut. Hampir semua untuk memperlancar jalannya perusahaan dalam hal pengambilan operasional perusahaan tersebut. During this time for monitoring data assets such as computer goods still using MS. For that we need a data monitoring these assets and for the smooth running of the company's operations. aset keputusan penyebaran informasi dan harus di pelihara agar kondisi aset peningkatan efektif pekerjaan dan tersebut terjaga kualitasnya. assets must be maintained so that the condition of these assets maintained its quality. Office (Excel) for data processing. One is the IT department..134 IT department at PT Denso Indonesia. 119 .(Online). Salah satu tugas dari Departemen IT Pemantauan digunakan untuk adalah memonitoring data aset proses pengumpulan dan analisis komputer.

76 yang diminta dan aset yang dikeluarkan. arsip yang sama. Berdasarkan pendapat para ahli belum adanya laporan tentang data yang dikemukakan di atas dapat service pemeliharaan dari aset komputer. Proses pelaporan yang data pengajuan service aset yang telah diharapkan perusahaan dapat dihasilkan dicatat sebelumnya. komputer yang belum terintegrasi Tidak hanya proses tersebut. total pengajuan pendekatan prosedur dan dengan service aset yang ditolak dan diterima pendekatan komponen. Dengan dalam satu periode tertentu. yang dimiliki setiap bagian atau divisi. Definisi Sistem yang jelas. Sistem adalah dikarenakan proses pendataan dan kumpulan elemen yang saling bentuk laporan yang diproses admin berhubungan dan beritraksi dalam satu masih belum tersaji secara detail kesatuan untuk menjalankan proses misalnya belum adanya total laporan aset pencapaian suatu tujuan utama [2]. ataupun perusahaan.(Online) 119 . sistem dapat ini bentuk pengontrolan dan pendataan didefinisikan sebagai kumpulan dari serta pelaporan yang diinginkan prosedur-prosedur yang mempunyai perusahaan belum dapat terealisasi tujuan tertentu [1]. pengajuan dengan data pengajuan data service. seperti jumlah aset yang Sistem dapat didefiniskan dengan dimiliki setiap bagian. 1 No.. disimpulkan bahwa sistem adalah suatu Selama ini pihak administrasi IT masih aturan yang digunakan untuk kesulitan dalam hal tersebut dikarenakan mengumpulkan atau mengelompokan sumber data aset yang dimiliki admin elemen-elemen yang saling berhubungan yang dijadikan tolak ukur pembuatan satu sama lain sehingga terjadi proses laporan masih tercatat secara terpisah input dan output guna mencapai tujuan dan belum dikelompokan dalam satu utama. 1 Agustus 2016 121 ISSN: ……………. hal pihak administrator harus menghabiskan ini dikarenakan setiap aset yang dimiliki waktu yang lama dalam penyusunan dan oleh masing-masing bagian merupakan pembuatan laporan aset dikarenakan inventaris yang harus dilaporkan dan admin diharuskan mengelompokkan dipertanggung jawabkan kepada terlebih dahulu semua data aset. service dan pengontrolan data pun harus Pencatatan yang terpisah juga membuat dikontrol dan didata secara teratur. seperti jenis aset (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . secara detail dengan pengelompokan aset a. Namun saat pendekatan prosedur. JURNAL MAHASISWA AMIK BSI Vol.

122 ISSN: ……………. Pemantauan umumnya dengan tujuan untuk memperoleh ukuran dilakukan untuk tujuan tertentu. 119 . kejadian.. mengidentifikasi masalah yang dengan rencana yang telah ditetapkan timbul agar langsung dapat diatasi. Tujuan Pemeliharaan antara lain rekomendasi yang harus dibuat. Pemantauan akan memberikan melakukan penilaian apakah pola kerja informasi tentang status dan dan manajemen yang digunakan sudah kecenderungan bahwa pengukuran dan tepat untuk mencapai tujuan kegiatan. Pemantauan (Monitoring) wilayah spekulasi oleh karena itu Pemantauan adalah mendeterminasi Pemantauan dan Evaluasi harus berjalan apa yang telah dilaksanakan. Pemeliharaan (Maintenance) manajemen atas efek tindakan dari Pemeliharaan merupakan semua beberapa jenis antara lain tindakan untuk aktivitas termasuk menjaga peralatan dan mempertahankan manajemen yang mesin selalu dapat melaksanakan sedang berjalan. dan terbatas pada menjamin keselamatan orang yang (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . evaluasi yang diselesaikan berulang dari mengetahui kaitan antara kegiatan waktu ke waktu. Evaluasi adalah tempat belajar dengan apa yang telah direncanakan [5]. menyesuaikan kegiatan memeriksa terhadap proses berikut objek dengan lingkungan yang berubah.(Online).134 b. tidak memiliki bahan baku untuk daya modal untuk penggantian. maksudnya seiring. Hal menyarankan perbaikan. Pemeliharaan menyediakan data mentah untuk adalah kegiatan memelihara atau menjawab pertanyaan sedangkan menjaga fasilitas/peralatan dan evaluasi adalah meletakkan data-data mengadakan perbaikan atau pergantian tersebut agar dapat digunakan dan yang diperlukan agar supaya terdapat dengan demikian memberikan nilai suatu produksi yang memuaskan sesuai tambah. [3]. Namun tanpa ini terutama penting di negara monitoring. kemajuan menuju tujuan hasil c. bekerja dengan. pertanyaan yang perlu dijawab. Pemantauan pesanan pekerjaan [4]. Tujuan pemantauan antara lain mengevaluasi prestasi kerja dan apabila mengkaji apakah kegiatan-kegiatan yang perlu menerapkan tindakan-tindakan dilaksanakan telah sesuai dengan korektif sehingga hasil pekerjaan sesuai rencana. memperpanjang usia kegunaan aset. untuk kemajuan. tanpa atau untuk mengevaluasi kondisi atau menyimpang dari tujuan. evaluasi tidak akan ada berkembang karena kurangnya sumber dasar.

merupakan hypertext [6].. gambar. 1 No. merupakan awal dapat segera dicegah.76 menggunakan sarana tersebut. diperlukan penggambaran e. biaya dan material mendeskripsikan sistem atau perangkat karena peralatan terhindar dari kerusakan lunak yang akan dikembangkan. UML (Unified Modeling Language) paket yang menyederhanakan Bangunan dasar metodologi model. kerugian baik material maupun 1) Sesuatu (Things) personel akibat kerusakan dapat Ada 4 (empat) things dalam dihindari sedini mungkin. Dalam penggambaran lain yang terhubung ke server. karena Unified Modeling Language (UML). merupakan link ke file-file grafik atau halaman web bagian pengorganisasi dalam yang lain. bagian yang relatif statis dalam d. gambar. 1 Agustus 2016 123 ISSN: ……………. c) Grouping things. internet yang disajikan dalam bentuk b) Behavioral things. suara. biasanya bentuk teks. menggunakan tiga bangunan dasar untuk menghemat waktu.(Online) 119 . File ini disimpan pada server Unified Modeling Language web dan dapat diakses oleh komputer (UML). baik model yang rumit kadang melalui Internet maupun LAN (Intranet). dan lainnya yang elemen-elemen yang bersifat tersimpan dalam sebuah server web fisik maupun konseptual. terjadinya kerusakan da atau timbulnya yaitu : kerusakan tambahan akibat kerusakan a) Structural things. Paket-paket ini Unified Modeling Language (UML) kemudian dapat didekomposisi (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . dan suara secara merupakan kata kerja dari multimedia yang sangat interaktif [7]. World Wide Web (WWW) bagian yang dinamis pada atau website adalah fasilitas di internet model Unified Modeling yang menampilkan informasi dalam Language (UML). JURNAL MAHASISWA AMIK BSI Vol. Website model Unified Modeling Web adalah sistem dengan Language (UML). yaitu : besar. model Unified Modeling World Wide Web (www) lebih Language (UML). Bagian yang informasi yang disajikan dalam bentuk relatif statis dapat berupa teks. yang dikenal dengan website merupakan file mencerminkan perilaku teks yang berisi tag-tag dengan format sepanjang ruang dan waktu. Hyper Text Markup Language (HTML).

119 . merupakan d) Annotational things..124 ISSN: ……………. berlawanan sebaliknya dari arah bawah keatas dinamakan 2) Relasi (Relationship) generalisasi Ada 4 (empat) macam relationship d) Realisasi. untuk melakukan (behavior) b) Asosiasi. a) Kebergantungan. Arah dari atas komentar yang menjelaskan kebawah dari objek induk ke fungsi serta ciri-ciri setiap objek anak dinamakan elemen dalam model Unified spesialisasi. yaitu : oleh suatu objek. Use Case satu dengan objek lainnya. Paket berguna bagi agregasi yang menampilkan pengelompokkan sesuatu.(Online). Secara kasar (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . aktor dengan sistem informasi Suatu bentuk asosiasi adalah yang akan dibuat. mendeskripsikan sebuah bagaimana hubungan suatu interaksi antara satu atau lebih objek dengan objek lainnya. merupakan operasi dalam Unified Modeling Language yang benar-benar dilakukan (UML). c) Generalisasi. merupakan 3) Diagram hubungan dimana perubahan Ada 5 (empat) macam diagram yang terjadi pada suatu elemen dalam Unified Modeling Language mandiri (independent) akan (UML). (ancestor). hubungan dimana objek anak merupakan bagian yang (descendent) berbagi perilaku memperjelas model Unified dan struktur data dari objek Modeling Language (UML) yang ada diatasnya objek induk dan dapat berupa komentar.134 lebih lanjut. yaitu [9]: mempengaruhi elemen yang 1) Use Case Diagram bergantung padanya elemen Use Case atau Diagram Use yang tidak mandiri Case merupakan pemodelan (independent). hubungan suatu objek dengan misalnya model-model dan bagian-bagiannya. sedangkan arah Modeling Language (UML). subsistem-subsistem. merupakan apa yang sistem informasi yang akan menghubungkan antara objek dibuat.

sistem-sistem yang reaktif. kolaborasi dan terutama merupakan variabel-variabel penting pada pemodelan yang dimiliki oleh suatu kelas. 1 No. 1 Agustus 2016 125 ISSN: ……………. dibutuhkan untuk melihat 2) Class Diagram (Class sekenario yang ada pada use Diagram) case. jadi aktivitas sequence maka harus dilakukan yang dapat dilakukan oleh objek-objek yang terlibat dalam sistem. motode atau operasi.76 use case digunakan untuk sebuah use case berserta mengetahui fungsi apa saja metode-metode yang dimiliki yang ada di dalam sebuah kelas yang diinstanisasi sistem informasi dan siapa saja menjadi objek itu. transisi.(Online) 119 . Oleh karena itu aktivitas sistem bukan apa yang menggambarkan diagram dilakukan aktor. (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . Yang perlu diperhatikan objek dan message yang disini adalah bahwa diagram dikirimkan dan diterima antar aktivitas menggambarkan objek. Operasi atau metode adalah 5) Activity Diagram fungsi-fungsi yang memiliki “Diagram aktivitas atau Activity oleh suatu kelas. Kelas memiliki apa penting untuk memperlihatkan yang disebut atribut dan sifat dinamis dari antarmuka. Diagram ini terutama sistem. dan akan dibuat untuk membangun aktifitas. Membuat yang berhak menggunakan diagram sequence juga fungsi-fungsi itu.. diagram menggambarkan 3) Sequence Diagram workflow atau (aliran kerja) Sequence diagram atau aktivitas dari sebuah menggambarkan kelakuan sistem atau proses bisnis atau objek pada use case dengan menu yang ada pada perangkat mendeskripsikan waktu hidup lunak. Diagram kelas atau Class 4) State Chart Diagram Diagram menggambarkan Diagram ini memperlihatkan struktur sitem dari segi state-state pada sistem. memuat pendefinisian kelas-kelas yang state. JURNAL MAHASISWA AMIK BSI Vol. Atribut kelas. event.

134 6) Package Diagram lebih kelas-kelas.126 ISSN: ……………. deployment berhubungan erat 7) Communication Diagram dengan diagram komponen Diagram komunikasi bersifat dimana diagram ini memuat dinamis. Observasi komponen-komponen yang Observasi adalah kegiatan yang telah ada sebelumnya. Metode Penelitian statis. Diagram dilakukan dengan cara mengamati ini berhubungan dengan secara langsung atas kegiatan diagram kelas dimana operasional ditempat melakukan komponen secara tipikal penelitian yaitu pada PT Denso dipetakan kedalam satu atau (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . Diagram sebagai satu atau lebih komponen- pengganti diagram kolaborasi komponen. sering beserta komponen-komponen pula diagram kelas memuat yang ada didalamnya. time). 8) Component Diagram Diagram komponen bersifat 2. Diagram kelas-kelas aktif. serta statis. berlaku sebagai aplikasi yang objek yang menerima serta dijalankan pada banyak mesin mengirim pesan.4 yang menekankan berguna saat aplikasi kita organisasi struktural dari objek. Diagram deployment bersifat kolaborasi-kolaborasi.(Online).. himpunan kelas-kelas. antarmuka- Diagram paket bersifat statis. 9) Deployment Diagram antarmuka-antarmuka. Memuat simpul-simpul Meskipun bersifat statis. Diagram ini umum memperlihatkan konfigurasi dijumpai pada pemodelan saat aplikasi dijalankan (run- sistem berorientasi objek. 119 . Diagram ini sangat UML 1. Diagram ini relasi-relasi. Diagram komponen ini Untuk penelitian ini teknik memperlihatkan organisasi pengumpulan data yang dipergunakan serta kebergantungan sistem oleh penulis adalah: atau perangkat lunak pada a. (distributed computing). antarmuka serta kolaborasi- diagram ini memperlihatkan kolaborasi.

dilakukan untuk penelitian dengan 2) Prosedur pembuatan cara tanya jawab dan tatap muka laporan data PC antara pewawancara dan responden Bagian Staf IT membuka file yaitu pada Staff IT dan Manager di di Ms. yang dilakukan untuk penelitian b. kami kerusakan PC kemudian dikirim mendapatkan informasi sistem yang melalui email ke bagian staf IT. Excel. data kerusakan PC Pada proses perbaikan PC. JURNAL MAHASISWA AMIK BSI Vol. jika fisik barang dengan Surat Jalan (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … .. Excel kemudian mencetak Surat Jalan. Excel. Staf IT menerima Ms. kemudian cek Surat laporan tersebut dan menyerahkan Jalan tersebut dengan fisik barang ke Manajer IT. tidak sesuai maka barang dan Surat Bekasi. Jalan dikembalikan ke User. setelah a.76 Indonesia di Kawasan MM2100. 1 Agustus 2016 127 ISSN: ……………. Studi Pustaka dan diserahkan ke bagian Manajer Studi pustaka merupakan kegiatan IT. berjalan selama ini di Departemen IT PT Setelah Staf IT menerima email DENSO Indonesia adalah sebagai maka Staf IT melakukan berikut : pengecekan kerusakan PC. jika b. Prosedur Pemeliharaan Perangkat dengan cara pencarian data dan Teknologi Informasi informasi melalui dokumen-dokumen 1) Proses Perbaikan PC dan Input maupun informasi dari internet. 3. Wawancara sesuai staf IT menginput Surat Wawancara adalah kegiatan yang Jalan tersebut pada Ms.(Online) 119 . 1) Prosedur Input data PC baru 2) Proses Pembuatan Laporan User menerima Surat Jalan Kerusakan PC dari bagian Purchasing kemudian Bagian Staf IT membuat memberikan Surat Jalan tersebut Laporan Data Kerusakan PC pada kepada Staf IT. 1 No. laporan data PC setelah itu dicetak c. Proses Pemantauan Perangkat itu Staf IT menginput data Teknologi Informasi kerusakan PC pada Ms. Excel kemudian membuat PT Denso Indonesia. Hasil dan Analisis User membuat laporan tentang Berdasarkan hasil observasi.

kepada Staf IT. PC c.134 A. PC.. Kemudian diberikan kepada 2) Proses Pembuatan Laporan Data Manajer IT. Jalan dikembalikan ke User. jika 2) Prosedur Pembuatan laporan sesuai staf IT menginput Surat Jalan kerusakan PC tersebut dengan login pada website Staf IT login untuk membuat dan masuk ke menu Input PC laporan dengan print laporan Registration dan menginput data PC Maintenance Result di menu Status baru. kemudian cek Surat memperbaiki PC tersebut maka staf Jalan tersebut dengan fisik barang IT melakukan Update data di Menu jika fisik barang dengan Surat Jalan Status PC bahwa kerusakan telah tidak sesuai maka barang dan Surat selesai diperbaiki atau diproses.(Online). Staf IT melihat Data PC User menerima Surat Jalan dari yg mengalami problem di Menu bagian Purchasing kemudian Status PC. Proses Pemeliharaan Perangkat Teknologi Informasi 1) Prosedur Proses Perbaikan PC dan Input Data Kerusakan PC (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . 119 . Rancangan Sistem Usulan User membuka website dan a. Proses Pemantauan Perangkat login kemudian menginput data Teknologi Informasi kerusakan PC di Form Maintenance 1) Proses Input Data PC Baru Registration. Staf IT menerima Kemudian setelah staf IT selesai Surat Jalan. jika sudah maka Staf IT memberikan Surat Jalan tersebut melakukan pengecekan PC.128 ISSN: ……………. Activity Diagram Sistem Usulan Staf IT membuka website dan 1) Proses Input Data PC Baru login kemudian export data di Menu Berikut ini Activity Diagram Proses PC List dan print Laporan Data PC Input Data PC Baru dalam penelitian ini yang telah diexport yang kemudian yaitu: diberikan kepada manajer IT. b.

. 1 No. Activity Diagram Proses Perbaikan PC dan Input Data Kerusakan PC 4) Activity Diagram Proses Pembuatan Laporan Kerusakan PC Berikut ini Activity Diagram Proses Pembuatan Laporan Kerusakan PC dalam penelitian ini yaitu: Gambar 2. Activity Diagram Proses Pembuatan Laporan Data PC (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . JURNAL MAHASISWA AMIK BSI Vol.(Online) 119 . 1 Agustus 2016 129 ISSN: ……………. Activity Diagram Proses Input Data PC Baru 2) Proses Pembuatan Laporan data PC Berikut ini Activity Diagram Proses Pembuatan Laporan Data PC dalam penelitian ini yaitu: Gambar 3.76 3) Activity Diagram Proses Perbaikan PC dan Input Data Kerusakan PC Berikut ini Activity Diagram Proses Perbaikan PC dan Input Data Kerusakan PC dalam penelitian ini yaitu: Gambar 1.

(Online). Usecase Diagram Sistem Usulan 1) Use Case proses Input data PC Gambar 6.130 ISSN: ……………. Use Case Diagram Proses Baru Pembuatan Laporan Data PC Berikut ini Use Case Diagram Proses Input data PC Baru dalam 3) Use case proses Perbaikan PC penelitian ini yaitu: dan Input data kerusakan PC Berikut ini Use Case Diagram proses Perbaikan PC dan Input data kerusakan PC dalam penelitian ini yaitu: Gambar 5..134 Berikut ini Use Case Diagram Proses Pembuatan Laporan Data PC dalam penelitian ini yaitu: Gambar 4. Activity Diagram Proses Pembuatan Laporan Kerusakan PC d. Use Case Diagram Proses Input data PC Baru 2) Use Case Proses Pembuatan Laporan Data PC (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . 119 .

76 Gambar 7. 1 No. Use Case Diagram Proses Perbaikan PC dan Input Data Kerusakan PC 4) Use case proses pembuatan laporan kerusakan PC Berikut ini Use Case Diagram proses pembuatan laporan kerusakan PC dalam penelitian ini yaitu: Gambar 8.(Online) 119 . Sequence Diagram Administrator Proses Input Data PC Baru 2) Sequence Diagram User Berikut ini sequence Diagram User dalam penelitian ini yaitu: (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . JURNAL MAHASISWA AMIK BSI Vol. Use Case Diagram proses pembuatan laporan kerusakan PC e.. Sequence Diagram Sistem Usulan 1) Sequence Diagram Staf IT Berikut ini sequence Diagram Staf IT dalam penelitian ini yaitu: Gambar 9. 1 Agustus 2016 131 ISSN: …………….

Tampilan Data Aset Komputer Departemen IT Berikut ini Tampilan Input Registrasi Komputer dalam penelitian ini yaitu: Gambar 11.(Online). 119 .. Sequence Diagram User Proses Input Data Kerusakan PC Berikut ini Tampilan Login dalam penelitian ini yaitu: Gambar 12. Tampilan Login Berikut ini Tampilan Data Aset Komputer Departemen IT dalam penelitian ini yaitu: Gambar 13. Tampilan Input Registrasi Komputer Berikut ini Tampilan Registrasi Pemeliharaan dalam penelitian ini yaitu: (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … .134 Gambar 10.132 ISSN: …………….

Membuat laporan dengan cepat. JURNAL MAHASISWA AMIK BSI Vol. Jadi dengan adanya sistem ini dapat mempermudah proses yang ada di Departement IT terutama proses pemantauan dan pemeliharaan perangkat teknologi informasi. Referensi Mustakini. Yogyakarta: Andi Offset. Kesimpulan Penerapan sistem monitoring dan maintenance aset TI ini bertujuan untuk mempermudah departemen IT dalam menjalankan proses monitoring dan maintenance aset yang ada di departemen IT. Sutabri. sehingga dapat langsung diperbaiki aset yang rusak Berikut ini Tampilan Berikut ini tersebut dan dari data yang diinput oleh Tampilan Registrasi Pemeliharaan dalam user tersebut dapat dibuat laporan oleh penelitian ini yaitu: bagian Staf IT. Tata. Konsep Sistem Informasi.(Online) 119 . User pengguna aset dapat menginput data aset Gambar 14.76 4.. Tampilan Registrasi yang mengalami kerusakan dan dapat di Pemeliharaan lihat oleh bagian Staf IT. 2009. Yogyakarta: Andi Offset. 2012. 1 No. Jogiyanto Hartono. Staf IT dapat menginput data di website dengan mudah dan cepat. Sistem Informasi Teknologi. Gambar 15. 1 Agustus 2016 133 ISSN: ……………. Tampilan Edit Detail Form Pemeliharaan (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … .

Jakarta:PT. 2(1): 35-40.Telkom Cianjur Berbasis WEB. 2009. Suyanto. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.(Online). Dina Fitria Visual Basic. M. 2004. Sistem Manajemen. Didik Dwi. 119 . Bonnie. Berbasis Web. Produksi dan Operasi. Aris. 2004. PT. Manajemen Ilmu. Asep Hermawan. 2009. Konsep Indonesia. Padeli. George R. (Ahmad Jaenudin) Sistem Pemantauan Dan … . Shalahuddin. Rosa. Gentisya Tri. S. Soeherman. Manahan P. 2009. Tampubolon. 2006. Pengembangan Sistem Access. Sofyan. Adi.134 Terry. Al-Bahra.S. 2007.. Erimae.Anti System. Yogyakarta:Graha Assauri. Jakarta: PT Kawan Komputindo.Net 2005 dan MS Murad. KOMPUTA. Prasetyo. Manajemen Operasi. Marion Pinontoan. Bandung: Informatika. Pustaka. 2006. 2013. Sistem Basis Data dan Implementasi. Step by Nugroho. Yogyakarta : Perangkat Lunak Menggunakan Penerbit Andi Yogyakarta. Yosep. Jakarta: PT Bumi Monitoring Data Aset dan Inventaris Aksara. Elex Media Gaptek Internet. Jakarta: Ghalia Ladjamudin. Designing Information Oneto.134 ISSN: ……………. UML dan Java. Prinsip-Prinsip Mardiani. 2(3): 293-313. Yogyakarta: Andi Offset. Jurnal CCIT. 2008. Pemrograman Aplikasi Data dengan Martono. Jakarta:PT Elex Media Database Penempatan Tenaga Kerja Komputindo. Rekayasa Step Web Design. 2004. A. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.