You are on page 1of 13

BAB I

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sebagai sebuah sistem, perusahaan sangat terkait dengan lingkungannya. Perusahaan
sebagai sistem berarti sebagai unit yang terdiri dari subsistem, seperti sumber-sumber
ekonomi, kegiatan perusahaan dan lingkungan perusahaan yang saling bekerja sama untuk
mencapai tujuan tertentu. Pengelolaan bisnis menjadi semakin kompleks seiring dengan
perkembangan lingkungan ekonomi. Perkembangan dalam sistem dan mekanisme industrial
telah memberikan implikasi pada organisasi bisnis atau perusahaan. Alternatif-alternatif dari
peluang yang ada masih banyak dan terbuka untuk dihadapi dalam mencapai tujuan
perusahaan.

Lingkungan bisnis memiliki ketergantungan yang kuat dengan kondisi ekonomi,
industri dan kepentingan dalam anggota masyarakat yang lainnya. Oleh karena lingkungan
itulah, keputusan bisnis banyak dipengaruhi oleh kepentingan pihak-pihak yang berasal dari
berbagai latar belakang (sosial, budaya dan politik) yang berbeda. Pada dasarnya bisnis terkait
dengan lingkungan internal sebagai sumber daya yang mempengaruhi aktivitas bisnis secara
langsung. Bisnis juga dipengaruhi oleh lingkungan eksternal yang terdiri dari pihak-pihak
pemegang kepentingan utama perusahaan (stakeholders) dan lingkungan umum yang secara
tidak langsung terkait dengan aktivitas bisnis atau mempengaruhi kinerja perusahaan.

1.2 Rumusan Masalah

Dari latar belakang tersebut, dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah yaitu:

1.2.1 Apa pengertian lingkungan bisnis?

1.2.2 Apa saja unsur faktor internal yang mempengaruhi lingkungan bisnis?

1.2.3 Apa saja hardware dan software yang ada di Banana Bread Shop?

1.3 Tujuan Rumusan Masalah
Setelah mempelajari makalah ini mahasiswa diharapkan dapat:
1.3.1 Memahami pengertian lingkungan bisnis.
1.3.2 Mengetahui apa saja unsur faktor internal yang mempengaruhi lingkungan bisnis.
1.3.3 Mengetahui Apa saja hardware dan software yang ada di Banana Bread Shop.

MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 1

Perangkat lunak (Soft Ware) dalam lingkungan bisnis meliputi: 1. karena keberhasilan atupun kegagalan bisnis tidak dapat dilepaskan dari masalah lingkungan yang dihadapi oleh perusahaan ataupun pelaku bisnis tersebut. yaitu : A. Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa faktor. Perangkat keras (Hard Ware) dalam lingkungan bisnis meliputi: 1. Man (Serikat pekerja) 6. Method (Teknologi informasi) 3.2. dengan menggunakan beberapa faktor. dalam arti bisnis dipengaruhi lingkungan. dan sebaliknya lingkungan dipengaruhi bisnis. namun juga dari luar (ekstern). Menurut pendapat saya. Lingkungan mempunyai hubungan timbal balik. Lingkungan bisnis melalui elemen-elemennya disamping dapat mendorong juga dapat menghambat aktivitas dan perkembangan bisnis. Pengaruh lingkungan dapat secara langsung maupun tidak langsung terhadap kegiatan bisnis. Kebijakan dan aturan 2. lingkungan bisnis ialah sebuah metode atau cara yang diterapkan suatu perusahaan untuk mencapai sebuah tujuan. Material (Bahan baku) 5. Man (Karyawan pekerja) 7. (Novian Achmad Prabowo) 2. Faktor – faktor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern). Metode MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 2 .1 Pengertian Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor Lingkungan Internal Faktor lingkungan internal adalah segala sesuatu di dalam organisasi atau perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi atau perusahaan tersebut. Man (Leader) 2. yaitu faktor internal perusahaan (intern) dan faktor eksternal perusahaan (ekstern). Machine (Teknologi) B. Dan dua faktor tersebut bisa mendorong atau menghambat suatu bisnis. BAB II PEMBAHASAN 2. Money (Modal) 4. Keberhasilan ataupun kegagalan bisnis tidak dapat dilepaskan dari masalah lingkungan yang di hadapi oleh pelaku bisnis.

beralamat di Desa Weru. Budaya Perusahaan BAB III HARDWARE DAN SOFTWARE BANANA BREAD SHOP (King Banana) 3. MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 3 . dan rasa keju. Struktur Organisasi 5. 3. Jombang. Gaya Manajemen 7. Sistem Pengendalian Intern (SPI) 4. yang berdiri pada tahun 2009 didirikan oleh Bapak Sukardi. rasa susu.1 Hardware dan Software Banana Bread Shop (king Banana) Banana Bread Shop adalah sebuah home industri yang memproduksi aneka roti. rasa moka. Banana Bread Shop memproduksi beraneka rasa roti mulai dari rasa original. rasa kopi. Standart Operasional Prosedur 6.

dan tidak pernah meminjam uang dari pihak Bank sampai sekarang. Dengan berpromosi di beberapa grup Facebook seperti. gula. Jombang Berpromosi. menggunakan media sosial Facebook untuk berpromosi produk aneka rotinya. Man (Serikat Pekerja) Banana Bread Shop.3. Material (Bahan Baku) Bahan baku yang digunakan untuk membuat rotinya adalah bahan baku yang pada umumnya dibuat pada roti-roti lainnya yaitu: terigu. dari awal memulai usahanya menggunakan uang modalnya sendiri.1 Hardware (Perangkat Keras) di Banana Bread Shop (King Banana) 1. Man (Leaders) Bapak Sukardi adalah pemilik Banana Bread Shop 2. Money (Modal) Bapak Sukardi sebagai pemilik Banana Bread Shop. pengembang (ragi). telur. Mojokerto Kuliner.1. Method (Teknologi Informasi) Banana Bread Shop. Dan juga menggunakan email untuk mempermudah konsumen dalam pemesanan produk aneka rotinya. pelembut khusus. Mojokerto Berpromosi.com Dan juga menggunakan nomor hanphone untuk pemesanan produk rotinya: Telkomsel: 0852-0448-8730 Indosat : 0815-8686-9893 3. Kediri Kuliner. merupakan home industri atau perusahaan yang sedang MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 4 . dengan alamat email: kbanana267@gmail. 5. Jombang Kuliner. mentega. 4.

Machine (Teknologi) Banana Bread Shop. dan 10 sales yang bertugas memasarkan produk roti sampaik ke konsumen. 6. berkembang. telah menggunakan teknologi mesin modern diantaranya yaitu: A. jadi belum dibentuk serikat pekerja seperti perusahaan- perusahaan besar pada umumnya. Defeder (pembagi adonan roti) MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 5 . 7. Mixer (pengaduk adonan roti) B. 25 karyawan bertugas untuk memasak roti dari bahan baku menjadi roti jadi. dan 10 karyawan yang bertugas untuk pengemasan atau packing roti. Man (Karyawan) Banana Bread Shop. mempunyai beberapa karyawan yang dibagi beberapa tugas yaitu. dalam memproduksi produk aneka rotinya.

Mesin Packing (pengemas roti) MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 6 . Mesin Pengembang (pengembang adonan roti) D. Oven (pemanggang adonan roti) E. C.

C. tidak boleh telat. Memberi makan karyawan 3x sehari E. Memberikan motivasi ke karyawan B. Dilarang membuang sampah sembarangan.00 WIB. untuk karyawan yang meningkatkan kualitas kerja. telah melakukan perencanaan sistem pengendalian intern terhadap struktur organisasi dan semua metode dan alat-alat yang MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 7 . Kebijakan dan Aturan Banana Bread shop.1. dan jika telat akan diskors 2 minggu. Memberikan peningkatan gaji. Dilarang bermain handphone saat bekerja. I. B. yaitu: A. Sistem gaji karyawan adalah 1 minggu sekali. Karyawan harus bersikap sopan dan santun terhadap pemilik Banana Bread Shop. G. Karyawan diharuskan menjaga lingkungan kerja tetap bersih. Metode Pemilik Banana Bread Shop. F. E. D. G. mempunyai beberapa cara untuk membuat karyawannya menjadi nyaman bekerja di perusahaannya. Melakukan evaluasi kerja terhadap karyawan C. H.2 Software (Perangkat Lunak) di Banana Bread Shop (King Banana) 1. Karyawan harus mematuhi setiap perintah pemilik Banana Bread Shop. Mencucikan baju kerja karyawan. Karyawan harus masuk tepat jam 07. 3. A. 2. Memfasilitasi penginapan (Mesh) untuk karyawan D. Dilarang merokok saat bekerja. F. mempunyai kebijakan dan aturan yang harus dipatuhi oleh karyawan.3. Baju yang digunakan karyawan saat bekerja harus bersih. Memberi Tunjangan Hari Raya. adapun cara tersebut ialah sebagai berikut. Sistem Pengendalian Intern (SPI) Banana Bread Shop.

memiliki cara tersendiri untuk menjaga perusahaannya supaya tidak gulung tikar. telah ditentukan oleh pemilik perusahaan. dilarang bermain handphone saat bekerja. Dan kebijakan untuk MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 8 . A. D. Dan hebatnya lagi modal untuk mengembangkan perusahaan dan membeli semua alat yang canggih tersebut.. sehingga Banana Bread Shop tetap berjaya di era persaingan global saat ini.Dengan cara sebagai berikut. meskipun sekarang ada pembukuan secara komputerisasi. meskipun harga bahan baku naik. tidak lain karena Banana Bread Shop sudah menggunakan alat produksi dengan teknologi yang maju. Keberhasilan yang dicapai Banana Bread Shop saat ini. C. Kebijakan manajemen yang berada di Banana Bread Shop. Banana Bread Shop menggunakan modal yang dikumpulkan sendiri untuk merintis perusahaan. memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi. dan yang paling luar biasa sang pemilik tidak akan menaikkan harga produk aneka rotinya. dan hasilnya sudah diputuskan bahwa para karyawan harus mematuhi semua tata tertib dan aturan yang berlaku. beliau memang suka dengan cara pembukuan manual. karena dia tidak ingin para pelanggannya kabur. Pemilik Banana Bread Shop. kebijakan ini ditentukan untuk tercapainya kualitas dan target perusahaan dalam memajukan perusahaan. Dan selalu berinovasi terhadap produknya. mendorong efisiensi. Banana Bread Shop dalam memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi perusahaan. Disinilah letak hebatnya sang pemilik perusahaan. Kebijakan manajemen di area kerja ditentukan secara musyawarah dengan para karyawan. dengan cara meningkatkan kualitas produk aneka rotinya. tanpa meminjam modal dari pihak-pihak Bank. Dan saat pemilik Banana Bread Shop diwawancara hal ini. dikoordinasikan yang digunakan di dalam perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan. B. dari pembicaraan pemilik Banana Bread Shop saat diwawancarai. mereka masih menggunakan cara tradisional dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan perusahaaan ke dalam pembukuan manual. seperti dilarang merokok di area kerja. untuk mendorong efisiensi perusahaan supaya tercapainya tujuan perusahaaan. dan membantu mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen yang telah ditetapkan.

pemberian pelayanan terbaik terhadap pelanggan. yaitu pemilik Banana Bread Shop. MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 9 . Termasuk juga Home Industri Banana Bread Shop. ditentukan sendiri oleh Pemilik perusahaan. 5. gratis ongkos kirim. para pelanggan Banana Bread Shop. 4. diantaranya kebijakan tersebut meliputi. Coba perhatikan gambar struktur Organisasi di bawah. Tentu saja hal ini akan sangat menghambat operasional perusahaan. Semua kebijakan tersebut dibuat karena Banana Bread Shop ingin menjaga kualitas produk dan memberikan kepuasan terhadap pelanggan. karena Banana Bread Shop merupakan Home Industri yang masih berkembang. Struktur Organisasi Struktur organisasi yang ada di Banana Bread Shop mungkin terlihat berbeda dari perusahaan pada sekala nasional. Hasilnya dapat dilihat apabila seorang karyawan yang memegang suatu pekerjaan tertentu mendadak tidak masuk kerja. maka tidak ada karyawan yang menggantikannya karena tidak mengetahui proses kerja. Operasional yang ada di Banana Bread Shop lebih banyak didasarkan pada kebiasaan yang sudah dijalankan selama bertahun-tahun. Karyawan bekerja dengan cara mengikuti kebiasaan para karyawan sebelumnya. Standart Operasional Prosedur (SOP) Saat ini masih ada beberapa perusahaan yang beroperasi tanpa didukung dengan sebuah sistem yang baku. akan turun tangan langsung untuk bekerja di bagian yang kosong tersebut. akan tetapi Banana Bread Shop sudah merencanakan hal semacam ini sebelumnya. yang belum menggunakan standart operasional Prosedur.

Kinerja karyawan merupakan hasil karya seseorang yang berhubungan dengan posisinya dalam sebuah organisasi. gaya manajemen. A. 7. Melakukan pembinaan terhadap para karyawan. Pemilik sendiri telah menentukan beberapa cara yaitu: A. Kinerja perusahaan merupakan sinergi kinerja seluruh karyawan dan seluruh tim/unit-unit dalam suatu perusahaan. Memberikan pendapatan gaji yang memadai untuk karyawan. seperti gambar dibawah ini. Diantaranya sebagai berikut. Gaya Manajemen Berdasarkan fakta saat ini bahwa adanya hubungan antara budaya perusahaan. pengembangan tim teradap kinerja karyawan. E. F. Simbol simbol sangatlah diperlukan untuk kepentingan penghayatan akan nilai- nilai yang diwakili suatu perusahaan. Dan Bagaimana cara Pemilik Banana Bread Shop untuk mengkatkan kinerja karyawan. B. Selalu bersikap ramah tamah terhadap karyawan. Budaya Perusahaan Banana Bread Shop. Merupakan hal yang paling penting karena sangat mencerminkan kondisi nyata manajemen sumber daya manusia di perusahaan-perusahaan Indonesia. D. C. 6. Pemilik menerapkan sistem kekeluargaan di Banana Bread Shop. Membaur dengan para karyawan. Menentukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan karyawan. sebagai Home Industri yang memproduksi aneka roti juga mempunyai budaya-budaya yang bisa membuat perusahaan menjadi maju dan tercapainya cita-cita perusahaan. MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 10 . Kerja manusia/karyawan meliputi kerja fisik dan kerja pikir (daya kreativitas). Adapun simbol yang dimiliki Banana Bread Shop.

2. Panutan Seorang panutan adalah figur yang memberikan contoh perbuatan. B. Cerita Cerita disini adalah suatu bentuk narasi yang didasarkan pada kejadian nyata dan sering diceritakan dan diulang ulang diantara para pegawai organisasi. Dan tumpeng roti tersebut akan diarak mengelilingi Desa Weru di Jombang. dan nanti setelah diarak tumpeng roti akan dinikmati seluruh masyarakat desa yang ikut serta dalam acara tersebut. 1. Seremoni Seremoni adalah aktivitas yang direncanakan pada peristiwa istimewa yang dilakukan untuk para hadirinnya. karakter. akan mengadakan acara tumpeng roti. MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 11 . C. tepatnya H+ 4 Banana Bread Shop akan mengadakan family gathering yaitu acara kumpul bersama antara Pemilik sekeluarga dan semua karyawan. Slogan Slogan adalah frasa atau kalimat yang secara singkat dan jelas mengekspresikan nilai pedoman perusahaan. dan sifat dari budaya yang kuat. Adapun acara-acara yang diadakan Banana Bread Shop adalah sebagai berikut. E. Pada hari raya idul fitri. Dan slogan yang dimiliki oleh Banana Bread Shop adalah “Jadilah lebih bermanfaat untuk orang lain”. Dengan rekreasi ke suatu tempat tertentu. Banyak perusahaan menggunkan sebuah slogan atau ungkapan untuk menyampaikan maksud khusus pada pegawai – pegawainya. yang tujuannya untuk sedekah tahunan Banana Bread Shop. Adapun suatu pembicaraan yang sering dibicaran pemilik Banana Bread Shop ke karyawan adalah inovasi tentang cara membuat roti yang sehat danpanutan murah. Cerita dapat memberikan gambaran yang dapat membantu menyimbolisasikan visi dan nilai – nilai suatu firma serta membantu pegawai memahami dan menyerapnya. D. Banana Bread Shop dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. tergantung keputusan pemilik dan karyawan yang telah dimusyawarakan. pembicaraan pemilik Banana Bread Shop saat diwawancarai. Dan pemilik Banana Bread Shop yaitu Bapak Sukardi yang menjadi panutan bagi semua karyawannya.

yaitu Perangkat keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software). Lingkungan internal yang ada di Banana Bread Shop. Faktor – faktor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern). Lingkungan internal adalah segala sesuatu di dalam organisasi atau perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi atau perusahaan tersebut.1 Kesimpulan Dari hasil pembahasan tentang makalah Lingkungan Internal Bisnis Banana Bread Shop. Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa faktor. MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 12 . Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. namun juga dari luar (ekstern). 2. 3. adalah hasil dari wawancara dengan Bapak Sukardi pada 12 Januari 2017. maka diambil kesimpulan : 1. BAB IV PENUTUP 4.

com/2009/11/08/pengertian-lingkungan-bisnis/. 13 January 2017) MAKALAH PENGANTAR BISNIS | LINGKUNGAN INTERNAL BISNIS BANANA BREAD SHOP 13 . 2009.wordpress. DAFTAR PUSTAKA Reycca. Pengertian Lingkungan Bisnis( online ) (https://reycca.