You are on page 1of 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas/ Semester :
Topik : Objek IPA dan Pengamatannya
Subtopik : Kelistrikan Pada Sistem Saraf
Alokasi Waktu : 30 Menit
=======================================================================
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah ( Memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.1 Memahami konsep kelistrikan pada sistem saraf
3.2 Mengetahui contoh-contoh hewan yang mengandung listrik
4.1 Menyajikan hasil berbentuk tabel bagian-bagian sel saraf serta fungsinya.

C. Indikator
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.1.1 Menunjukkan sikap tekun dan teliti dalam kegiatan pembelajaran
2.1.2 Mendiskusikan secara kritis dan terbukatentang materi pelajaran
2.2.1 Menunjukkan sikap bekerja sama dan bertanggung jawab dalam belajar kelompok

3.1.1 Mendeskripsikan konsep kelistrikan pada sistem saraf.

1

Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan : Pendekatan ilmiah (scientific approach) Model pembelajaran : Discovery Learning Metode : Ceramah. Media dan Sumber Belajar Sumber belajar : Buku IPA Kelas VII Kemendikbud halaman . siswa menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan atas keajaiban yang ada di lingkungan bahwa hewan juga mengandung listrik E. siswa dapat menyebutkan 4 contoh hewan yang mengandung listrik  Melalui video.Kelistrikan pada sistem saraf. siswa dapat menyebutkan bagaimana keadaan sel saraf saat tidak menghantarkan listrik  Melalui media gambar. dan contoh-contoh hewan yang mengandung listrik F..  Menyebutkan definisi listrik  Menyebutkan tiga fungsi listrik  Menyebutkan bagaimana cara sel saraf menghantarkan impuls listrik dan keadaan sel saraf saat tidak menghantarkan listrik  Menyebutkan 4 contoh hewan-hewan yang mengandung listrik  Menyebutkan 2 nama alat yang bisa menghantarkan listrik pada sistem saraf D. bekerja sama. siswa dapat menyebutkan bagaimana cara sel saraf menghantarkan impuls listrik  Setelah melalui diskusi kelompok. disiplin dan percaya diri. Tanya Jawab. Diskusi. Observasi. Tujuan Pembelajaran/ Indikator Pencapaian  Melalui informasi.. siswa dapat menyebutkan 3 fungsi listrik  Melalui diskusi informasi siswa dapat mendefinisikan konsep saraf  Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengetahui hubungan listrik dengan sistem saraf  Melaui diskusi kelompok. siswa menunjukkan rasa ingin tahu. siswa dapat mendefenisikan konsep listrik  Melalui diskusi.. Tugas G. Materi Pembelajaran .  Setelah proses pembelajaran. LKS 2 . siswa dapat menyebutkan 2 nama alat yang bisa menghantarkan listrik pada sistem saraf  Setelah diskusi.

C.  Guru bertanya kepada siswa “Pernahkah kalian menjahit baju? Apa yang dilakukan penjahit baju untuk membuat baju dengan ukuran yang tepat?”(Stimulation - Langkah 1 Discovery)  Guru menyampaikan topik pembelajaran. 3 .H. Kegiatan akhir (20 menit)  Guru bersama siswa menyimpulkan materi. Elaborasi  Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengolah informasi dan data yang telah diperoleh untuk mendukung hipotesis yang mereka berikan (Data Processing - Langkah 4 Discovery)  Guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi dalam mengkomunikasikan hasil diskusinya. 6- 9)(Data Collection . Konfirmasi  Guru meminta kepada masing-masing kelompok untuk menyimpulkan hasil kegiatan kelompoknya (Generalization . Kegiatan Pembelajaran A.Langkah 5 Discovery)  Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi kelompok.Langkah 2 Discovery).  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.Langkah 2 Discovery).  Guru memberi kesempatan pada siswa untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan masalah yang ditemukan (membaca Buku IPA Kemendikbud Hal.  Guru meminta siswa memberikan hipotesis untuk setiap masalah yang telah didapatkan dari kegiatan pengamatan(Problem Statement .Langkah 3 Discovery). dan mengklasifikasikanhal-hal yang berkaitan dengan Pengukuran(benda.  Guru menanyakan keadaan siswa dan mengecek kehadiran siswa. Kegiatan awal (10 menit)  Guru memberi salam dan meminta siswa berdoa sebelum mulai pembelajaran. dan prinsip pengukuran) (Problem Statement . alat ukur.Langkah 6 Discovery)  Guru bersama siswa bertanya-jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa. Apakah hipotesis yang mereka kemukakan diterima atau tidak (Verification .  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok B.  Guru meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penekanan.  Guru menampilkan video sebagai penekanan dalam proses pembelajaran.  Guru mengajak siswa untuk bersyukur. Kegiatan inti (90 menit) Eksplorasi  Guru memberikan LKS kepada siswa  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati. mengidentifikasi.

I. Penilaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Penilaian tertulis Uraian (Terlampir) Penilaian sikap Lembar observasi (Terlampir) Penilaian keterampilan proses Lembar observasi (Terlampir) Pekanbaru.  Guru mengadakan post test  Guru menugaskan kepada setiap siswa untuk membaca di rumah materi selanjutnya  Guru meminta siswa berdoa setelah selesai kegiatan pembelajaran. Desember 2013 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran ___________________ ________________________ 4 .