You are on page 1of 7

Tes d Semester

Mata Pelajaran : IPS

Kelas/Semester : VII / I

Tahun Pelajaran : 2015-2016

Soal

1. Teanga yang berasal dari dalam bumi disebut ….

a. Tenaga endogen b. Tenaga eksogen

c. Tenaga vulkanik d. Tenaga tektonik

2. Tenaga eksogen bersifat ….

a. Membangun b. Membakar

c. Merusak d. Meluap

3. Bumi memiliki 4 lapisan pada lapisan yang pertama disebut ….

a. Lapisan luar b. Kerak bumi

c. Lapisan dalam d. Lapisan inti

4. Gejala didalam bumi sebagai akbiat adanya aktivitas magma disebut ….

a. Endogen b. Distropisme

c. Eksogen d. Vulkanisme

5. Batuan cair pijar, bertemperatur tinggi yang terdapat pada kulit bumi disebut
….

a. Magma b. Lava

c.lahar d.vulkanik

6. Gunung api yang terjadi karena magma yang keluar sangat encer adalah
gunung api ….

a. Maar b. Strata

c. Perisai d. Landai

7. Gunung api yang terjadi akibat adanya ledakan esplosil adalah gunung api ….

a. Strata b. Mear

c. Perisai d. Landui

Gempa bumi dangkal c. a. Pelapukan b. a. Tektonik b. . Banjir 14. Tekanan udara c.8. Episentrum b. Vertikal-mendatar b. Gempa bumi yang hiposentrumnya berada antara 60 – 300 km di bawa permukaan bumi adalah …. a. Luas dan sempit 15. Gempa yang biasanya menimbulkan kerusakan besar adalah gempa bumi …. Panjang dan lebar c. Sedimen d. Gempa bumi dalam d. Pusat atau sumber gempa bumi yang letaknya di dalam bumi disebut …. Daerah di permukaan bumi ataupun di daerah laut yang merupakan pusat getaran disebut …. dangkal d. Gelombang d. Flores c. Proses pengrusakan atau penghancuran kulit bumi oleh tenaga eksogen disebut …. Suhu d. Erosi c. Menengah 11. Sumatera b. Vulkanik b. Dalam c. Vulkanik c. Gempa bumi tektonik 10. Papua 12. Pergesaran lapisan bumi ada 2 macam yaitu …. Tektonik d. Maluku d. Horizontal-vertikal d. Skala yang lebih sering digunakan untuk mengukur kekuatan gempa bumi adalah skala …. Hiposentrum 9. Tempat yang pernah terkena gempa bumi dangkal yaitu …. Episentrum c. Angin b. Gempa 13. Tsunami 16. a. a. Gempa bumi menengah b. a. a. a. Seismograf adalah alat yang digunakan untuk mengukur ….

Nirleka d. Arkeozuikum b. Sisa-sisa makhluk hidup yang sudah membatu disebut …. Fisik. . Paleosuikum d. Geologi 19. Neosiukum 22. Marcali b. a. Fosil c. a. Mersy d. Artefak 24. Zaman dimana kondisi bumi sudah mulai stabil. Plestison d. a. Paleosuikum b. Richter 17. a. Pra sejarah b. Hal itu terjadi pada zaman …. padat. organic. Pra sejarah disebut juga dengan …. fisik . Artefak 25. a. kimia b. Mesozuikum c. Sejarah b. Zaman Paleolitikum atau batu lama terjadi sekitar abad …. Perundagi 20. Mezozuikum c. a. Kimia. 3 d. Nirleka c. Pelapukan di golongkan kedalam 3 jenis … a. Fosil c. fisik 18. 2 b. Nirleka b. Indonesia mulai memasuki zaman sejarah kira0kira pada abad ke …. Masa dimana manusia belum mengenal tulisan adalah masa …. Fisik. Amori c. Pra aksara d. padat d. Neosuikum d. a. cair c. Nekara d.5 21. arkeozoikum 23. Benda dan perkakas yang di buat dan digunakan manusia purba untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut …. Zaman tertua dalam perkembangan sejarah bumi adalah …. organic. a. 4 c. Nekara b. Kuartet b. Cair.

a. C d.000 SM d. 50. A. Ikut campur urusan orang lain Dari cirri-ciri diatas yang termasuk cirri manusia homo socialis adalah …. B c. 10. a. a. membeli makanan di kantin sekolah b. Setiap manusia berkedudukan sebagai homo socialis terutama terlihat dalam …. selalu membutuhkan orang lain b. Selalu mempertimbangkan pengorbanan dan manfaatnya B. Berikut ini kegiatan-kegiatan sosial dimasyarakat yang harus kalian ikuti .000 – 15. kecuali …. gotong royong 29.000 SM c. kesendiriannya 27. berdagang b. berburu c. a. menyendiri di kelas karena sakit . Manusi disebut makhluk sosial karena …. a. ikut membantu membuat jalan tol d. kehidupan b. Contoh kegiatan pelajaran yang mencerminakn kedudukannya sebagai makhluk sosial di sekolah adalah … a. bercocok tanam d. tidurnya c. a. Bekerja keras terus-menerus C. hidup bermasyarakat d. kerja bakti membersihkan selokan b.000 SM b.D 28. membantu tetangga yang memerlukan bantuan 30.000 – 100. Masyarakat Indonesia memiliki budaya kerja sama yang melekat sejak dahulu yaitu ….000 SM 26.000 – 20. melaksanakan tugas bergilir untuk menajaga perpustakaan c. ikut membantu membuat jalan tol d. 50.000 – 10. A b. 10. menengok teman yang sedang sakit c. membantu tetangga yang memerlukan bantuan 31. Melakukan interaksi dengan orang lain D. menengok teman yang sedang sakit c.

selalu ikut campur masalah orang lain d. a. homo socius b. Manusi selalu memenuhi semua kebutuhannya dan tidak pernah merasa puas karena pada dasarnya manusia sebagai …. semua benar 34. selalu membantu orang lain baru memenuhi kepentingan diri sendiri b. d. Selalu membutuhkan orang lain . zoon politicon d. homo individualis 36. zoon politicon d. Naluri ingin tahu dan mencari kepuasan 4. 2 dan 3 d. 1. a. Naluri untuk mempertahankan hidup 2. Manusia sebagai makhluk individu memiliki tiga naluri yaitu : 1. menghamburkan uang dengan berfoya-foya b. mendahulukan kepentingan keluarga 33. berpikir rasional dan ekonomi d. Sebagai makhluk ekonomi manusia melakukan tindakan ekonomi dengan cara …. Tindakan seseorang yang menyadari dirinya sebagai makhluk social adalah …. manusia selalu memerlukan bantuan orang lain karena sifat dasar manusia sebagai …. a.3 b. a. 1 dan 3 c. Naluri mempertahankan keturunan 3. homo socius b. mengerjakan tugas sekolah secara kelompok 32. homo economicus c.2. Naluri untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa Naluri manusia sebagai makhluk individu adalah …. 1. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. mengutamakan kepentingan diri sendiri c. homo economicus c. mementingkan kebutuhan yang tidak mendesak 37. homo individualis 35. mendahulukan kebutuhan yang tidak penting c. a.

gotong royong c. Mengutamakan kepentingan yang lain 4. a.menolong b. selalu berusahan untuk kepentingan orang banyak b. tolong . 2. sifat manusia yang memiliki toleransi terhadap keluarga b. Fungsi manusia sebagai makhluk ekonomi adalah …. selalu berusaha untuk kepentingan diri sendiri c. Salah satu sikap yang menunjukan ciri manusia sebagai homo economicus yaitu … a. Hal berikut yang tidak sesuai dengan pernyataan diatas adalah …. selalu berusaha untuk kepentingan lingkungn disekitarnya 41. semua benar 38. pasrah pada keadaan b. berusaha memenuhi kebutuhannya d. pandai berkomunikasi 40. 5 c. hati-hati dalam penggunaan uang 42. sopan kepada guru d. 1. 2. Penyebab kebutuhan manusia selalu bertambah adalah … a. tidak mengeluarkan uang sama sekali b. Manusia sebagai homo economicus dalam setiap tindakannya …. a. Manusia sebagai ekonomi hidupnya penuh perhitungan .4 d. sifat manusia yang selalu merasa tidak puas dengan apa yang sudah dicapainya c. hemat dalam pengeluaran d. a. 1. keinginan manusia untuk meningkatkan status sosial d.2. keinginan manusia untuk memperoleh kekayaan 39. toleransi kepada yang lain c.3 b. Bertindak ekonomi secara efisien 3. bekerja meningkatkan penghasilan . a. tidak mengahmburkan uang untuk hal yang tidak perlu c. selalu berusaha untuk kepentingan pemerintah d.Bertindak ekonomi untuk memperoleh pendapatan Dari pernyataan di atas termasuk dalam cirri-ciri makhluk ekonomi adalah ….

hemat dalam pengeluaran d. a. kecuali ….43. Berikut arti manusia sebagai makhluk ekonomi hidupnya penuh perhitungan. memperhatikan kepentingan pribadi c. Pengusaha dalam melaksanakan usahanya tidak semata-mata mengejar laba. Seseorang dikatakan melakukan tindakan egois bila …. manusia dalam memenuhi kebutuhan tidak mengeluarkan uang sama sekali d. manusia harus hemat dalam setiap pengeluaran c. manusia hati-hati dalam menggunakan uang b. bertindak berdasarkan prinsip ekonomi b. makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral 44. selalu menghambur-hamburkan uang 45. makhluk sosial yang bermoral c. makhluk ciptaan Tuhan b. a. manusia dalam membelanjakan uang tidak menghamburkan untuk hal-hla yang tidak perlu . makhluk ekonomi yang bermoral d. tetapi juga memikirkan kesejahteraan karyawannya berarti fungsi manusia sebagai … a..