You are on page 1of 5

BAB 4

METODOLOGI PENELITIAN

4.1 Jenis dan desaian penelitian

Jenis penilitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif retrospective

study. Penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data berdasarkan pengamatan

rekam medis pasien sepsis yang dirawat di Intensif Care Unit ( ICU) Rumah Sakit

Umum Pendidikan Dr. Wahidin Sudirohusodo pada 1 Januari - 31 Desember 2015.

4.2 Lokasi dan Waktu Penelitian

4.2.1 Lokasi Penelitian

Penelitian dilakukan di di Instalasi Rekam Medik Rumah Sakit Umum

Pendidikan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

4.2.2 Waktu Penelitian

Penelitian ini dilakukan setelah penulisan proposal yaitu pada minggu ke IV

September hingga – Minggu I November 2016

4.3 Variabel

4.3.1 Variabel Independen

Variabel dependen pada penelitian ini adalah karakteristik penderita sepsis

seperti jenis kelamin, usia, hasil kultur darah, fokus infeksi, total penderita sepsis ,

diagnosis keluar icu, penyakit komorbid pasien.

24

4. 2. Wahidin Sudirohusodo pada periode 1 Januari – 31 Desember 2015 yang tidak lengkap dan tidak terbaca. Wahidin Sudirohusos dari tanggal 1 Januari hingga 31 Desember 2015. Wahidin Sudirohusodo pada periode 1 Januari – 31 Desember 2015.3. 4. Kriteria Inklusi : Catatan medik pasien sepsis yang dirawat di ICU RSUP Dr.4. 4.3.2 Variabel Dependen Varibel independen pada penelitian ini adalah pasien sepsis 4.2 Metode Pengambilan Sampel Sampel penelitian ini dipilih dengan metode total sampling dengan kriteria sebagai berikut : 1. Definisi Operasional No Definisi Operasional Keterangan 1 Jumlah pasien sepsis yang masuk Sepsis ICU Sepsis Berat Pasien sepsis yang memiliki rekam Syok Sepsis 25 . Kriteria Eksklusi : Catatan rekam medik pasien sepsis yang dirawat di ICU RSUP Dr.4 Populasi dan Sampel 4.1 Jumlah Populasi Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien sepsis yang dirawat di ICU RSUP Dr.5.

5 Hasil Kultur Darah Hasil biakan dari sample darah. Wahidin 45-54 tahun Sudirohusodo tercatat di rekam medik 55-64 tahun yang akan diklasifikasikan kedalam 65-74 tahun beberapa kategori umur 75-84 tahun >85 tahun 3 Jenis Kelamin Jenis kelamin yang tercatat dari rekam Perempuan medik. urine. Negatif dan atau sputum pasien yang didapat Bakteri Gram Negatif dari rekam medis Bakteri Gram Positif 6 Fokus Infeksi 26 . medik lengkap yang dirawat di ICU tahun 2015. Laki-laki 4 Penyakit Komorbid Penyakit atau proses patologi lainnya Sesuai yang ditemukan di yang berlangsung secara bersamaan rekam medik dengan sepsis. kemudian di klasifikasikan berdasar derajat sepsis 2 Umur ≤34 tahun Umur semua pasien sepsis yang 35-44 tahun dirawat di ICU RSUP Dr. Data penyakit komorbid diketahui dari catatan medik.

penyakit komorbid pasien. fokus infeksi. Data sekunder yang dikumpulkan berupa jenis kelamin. diagnosis keluar icu. total penderita sepsis .8. 4. Alur Penelitian Catatan medik pasien yang meninggal 27 di ICU . usia. Wahidin Sudirohusodo dari 1 Januari 2015 hingga 31 Desember 2015. 4. Sumber infeksi yang diduga Sesuai yang di dapatkan di merupakan penyebab sepsis yang rekam medic didapat dari rekam medis 7 Jumlah Pasien meninggal Sepsis Pasien sepsis yang keluar dari Severe sepsis perawatan ICU tercacat meninggal Syok Septik berdasar klasifikasi sepsis. Hasil analisis data akan menunjukkan karakteristik dasar sesuai variable independen yang akan diteliti dan dasar penarikan kesimpulan pada penelitian ini.7 Teknik Analisis Data Data yang diperoleh akan dianalisis secara univariat menggunakan program IBM SPSS.6 Metode Pengambilan Data Pengambilan data untuk penelitian ini diperoleh dari data sekunder. hasil kultur darah. Hasil pengolahan data akan ditampilkan dalam bentuk table atau gambar yang selanjutnya akan dijelaskan secara deskriptif. 4. yaitu rekam medis penderita sepsis yang dirawat di Intensif Care Unit Rumah Sakit Umum Pendidikan Dr.

Mengajukan surat pengantar yang ditujukan kepada Institusi terkait sebagai permohonan izin untuk melakukan penelitian b. Menjaga kerahasiaan identitas pasien yang terdapat pada rekam medis. Kriteria Inklusi Pasien Sepsis Kriteria Eksklusi Pengumpulan Data Karekteristik Dasar Tabulasi Data 4. sehingga diharapkan tidak ada pihak yang merasa dirugikan atas penelitian yang dilakukan 28 .9 Etika Penelitian Hal-hal yang terkait dalam etika penelitian dalam penelitian ini adalah: a.