You are on page 1of 7

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM:

PENELITIAN RANCANGAN AWAL PROTOTIPE
PEMBANGKIT TEGANGAN
TINGGI SEARAH DENGAN CDVM (CAPACITOR-
DIODE VOLTAGE MULTIPLIER) CASCADE
BIDANG KEGIATAN:

PKM - P

Diusulkan oleh:

Bima Mustaqim 5143331002 2014
Elisabeth Rohdearni Sipayung 5143331004 2014
Fadhilah Harahap 5142131002 2014

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
MEDAN
2016

Sahat Siagian. MM) NIP : 196101041987031017 NIDN : . MT.11 Kecamatan Sei Kera Hilir II Medan Perjuangan. Ketua. Alamat e-mail : mustaqim. Nama Lengkap dan Gelar : Drs. Rosnelli. Hj. Alamat Rumah/ No. Bidang Kegiatan : PKM-P 2. Alamat Rumah/ No.) (Bima Mustaqim) NIP : 19621020 198903 2 002 NIM : 51423331002 Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dosen Pendamping (Prof. Universitas : UNIVERSITAS NEGERI MEDAN e. Nama Lengkap : Bima Mustaqim b. Wanapri Pangaribuan. Gurilla. MM b. Wanapri Pangaribuan.bima@gmail. Gang Siddik No. Mei 2016 Menyetujui Wakil Dekan III. (Dra.LEMBAR PENGESAHAN USULAN Judul Kegiatan : PENELITIAN RANCANGAN AWAL PROTOTIPE PEMBANGKIT TEGANGAN TINGGI SEARAH DENGAN CDVM (CAPACITOR-DIODE VOLTAGE MULTIPLIER) CASCADE 1. Dr. Jurusan/ Fakultas : Pendidikan Teknik Elektro d. HP : Medan.Pd) (Drs..Pd. NIDN : c. MT. M.com Anggota Pelaksana : 2 Orang Dosen Pendamping a. Ketua Pelaksana Kegiatan a. M. HP : Jl. Medan/ 082272110274 f. NIM : 5143331002 c..

Kata Kunci: tegangan tinggi searah. tegangan tinggi searah (DC). pengujian bahan isolasi. tegangan rendah bolak-balik disearahkan terlebih dahulu dan selanjutnya ditingkatkan dengan modifikasi rangkaian capacitor-diode voltage multiplier. Studi dalam rancangan prototipe ini. Terdapat tiga jenis tegangan tinggi yaitu tegangan tinggi bolak-balik (AC). dan lain – lain. Tegangan tinggi searah merupakan salah satu sarana yang digunakan pada berbagai pengujian bahan isolasi dan digunakan pada layar tabung. Makalah ini memaparkan hasil penelitian berupa rancangan prototipe pembangkit tegangan tinggi searah dengan modifikasi pengali kapasitor-dioda (CDVM. Bentuk tegangan tinggi arus searah keluaran di-tap (disadap) dengan suatu resistive voltage divider. tegangan tinggi arus searah juga digunakan pada saluran transmisi daya listrik. Tegangan tinggi memiliki berbagai manfaat dan aplikasi antara lain untuk transmisi listrik. . CDVM. Hasil tegangan keluaran dari rangkaian ini merupakan bentuk tegangan tinggi searah. Studi mengenai tegangan tinggi memiliki cakupan yang cukup luas seperti pembangkitan tegangan tinggi.Capacitor Diode Voltage Multiplier) CASCADE. RINGKASAN Pengetahuan mengenai tegangan tinggi telah mengalami perkembangan yang pesat. voltage multiplier. penyerap elektrostatis. kebutuhan studi dan penelitian di Laboratorium. dan tegangan tinggi impuls. gejala tembus listrik fenomena tegangan tinggi. Selain itu. dimana hubungan antara tegangan output DC terhadap tegangan input AC berbentuk linier. pembangkit plasma. Dengan demikian tegangan tinggi arus searah sangat diperlukan keberadaannya. cascade series. medan listrik. teknik isolasi. Dari hasil rancangan untuk tiga tingkat diperoleh tegangan yang terukur sebesar 800 KV DC. rangkaian capacitor-diode. sehingga bentuk gelombang tegangan arus searah dapat diukur dan direkam dengan storage digital oscilloscope.

industri semen. . Permasalahan yang akan diteliti Permasalah yang akan diteliti dalam makalah ini adalah penelitian pembangkitan tegangan AC sampai level 800KV . Jadi makalah ini meneliti mengenai pembangkitan tenaga AC untuk dapat memenuhi level tegangan yang diperlukan. Seperti komponen dan fasilitas industri antara lain penyaring debu. sistem pempelapisan damar menggunakan struktur atom memerlukan sekitar 100KV. Tujuan khusus Tujuan khusus dalam tulisan ini adalah melakukan penelitian berkaitan dengan pembangkit tegangan tinggi DC menggunakan CDVM cascade sebagai pengali tegangan keluaran AC yang terlebih dahulu diubah menjadi DC. pengecatan elektrostatik dan pelapisan serbuk) atau eletronika komunikasi (televisi). teknologi farmasi dan diagnosa x-ray juga memerlukan sekitar 100KV. dan aplikasi militer. Pembangkitan tegangan tinggi searah menggunakan metode pengali diode- capacitor. pembuatan ozon. PENDAHULUAN Latar Belakang Aplikasi dari tegangan tinggi di berbagai industri seperti plasma. BAB 1. dan keperluan penelitian fisika seperti pemercepat partikel memutuhkn sampai 25 MV. Kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan Temuan pembangkit tegangan tinggi DC umumnya banyak digunakan dalam fisika terapan seperti instrumen dalam bidang nuklir (akselerator. Modul perangkat keras yang dibuat adalah pembangkit tegangan tinggi CDVM cascade. mikroskop elektron). sterilisasi. Urgensi (keutamaan) penelitian Pembahasan masalah dalam Tugas Akhir ini dibatasi oleh : 1. peralatan industri (presipitat dan penyaringan gas buang di pembangkit listrik. Temuan yang ditargetkan Temuan yang ditargetkan dalam tulisan ini adalah meneliti rangkaian prototype dengan CDVM cascade untuk menghasilkan tegangan tinggi berkisar 800KV. Semua studi diatas memerlukan level tegangan yang berbeda-beda. 2. Metode pembangkitan CDVM dengan rangkaian cascade untuk menghasilkan tegangan tinggi akhir yang lebih tinggi. pembuatan makanan. serta mampu menghasilkan tegangan tinggi berkisar 800 kilo volt. 3. perawatan air. peralatan elektromedik (x-ray).

tingkat tegangan dan besar arus serta kestabilan dari pembangkit tegangan tinggi tersebut akan berbeda satu aplikasi dengan lainnya. Luaran yang diharapkan Manfaat kegiatan .Kebutuhan bentuk tegangan.

. mikroskop elektron). n kali dari V . 5 . C1 dan D2 untuk 2V . peralatan industri (presipitat dan penyaringan gas buang di pembangkit listrik. D1 di bias maju dan C1 dibebankan pada tegangan maksimum Sumber AC ( V ) . Dalam negatif setengah siklus . pengecatan elektrostatik dan pelapisan serbuk) atau eletronika komunikasi (televisi). Dengan menerapkan strategi ini. Gambar 1 menunjukkan topologi CDVM di mana . TINJAUAN PUSTAKA Pembangkit Tegangan Tinggi DC Pembangkit tegangan tinggi DC umumnya banyak digunakan dalam fisika terapan seperti instrumen dalam bidang nuklir (akselerator. Dalam rangkaian ini ... tinggi tegangan output tegangan akan dihasilkan menggunakan rating rendah perangkat dan sumber masukan tegangan rendah . Selama pemakaian modus ( generasi pulsa ) . . Cn ) sampai ke 1 . sehingga C2 dibebankan melalui tegangan sumber . Gambar 1 Topologi VM Tegangan Tinggi CDVM Topologi berdasarkan Power Switches elektronik Dalam topologi CDVM telah disesuaikan untuk aplikasi daya impuls di mana tegangan tinggi dikontrol switch elektronika daya seperti MOSFET dan IGBTs yang terintegrasi dalam CDVM konfigurasi untuk membentuk tegangan tinggi frekuensi tinggi pulsa seluruh beban . C3 . peralatan elektromedik (x-ray). BAB 2. tegangan kapasitor atas sama dengan 2V dan tegangan kapasitor rendah ( C1 . Salah satu prinsip untuk membangkitkan tegangan tinggi menggunakan CDVM topologi didasarkan pada pengisian kapasitor dalam interval waktu tertentu dan pemakaian yang tersimpan energi untuk beban dalam waktu yang sangat singkat . sebuah kapasitor tunggal dibuang ke output . Kebutuhan bentuk tegangan. . Tren ini akan terus untuk tahap lainnya sampai kapasitor terakhir adalah dibebankan. yang merupakan ganda dari maksimum sumber tegangan AC .. 3 . D2 adalah di bias maju . di positif setengah siklus dari sumber tegangan input. industri semen. . Selama modus pengisian . tingkat tegangan dan besar arus serta kestabilan dari pembangkit tegangan tinggi tersebut akan berbeda satu aplikasi dengan lainnya. . masing-masing. hanya yang terakhir Tahap kapasitor digunakan untuk debit melalui beban karena semua dioda bias terbalik.

b. Gambar 2. 2. switch Tci (dan Tpi) dimatikan (dan) dan kapasitor seri akan discharge/ tidak mengisi. .. aneh (bahkan) dioda di bias maju dan bawah (atas) kapasitor akan dibebankan. Kapasitor atas (coupling kapasitor) dengan indeks bahkan dihubungkan secara seri sedangkan yang lebih rendah kapasitor dihubungkan secara paralel dengan fungsi hemat energi.. C3. Di positif (negatif) setengah siklus.. 2.. C5. Cn. Jika kapasitor lebih rendah terhubung melalui switch. (a) (b) (c) Gambar 2 (a) Konfigurasi SPVM selama (b) charging mode (c) discharging mode . switch Tci (dan Tpi) diaktifkan (dan off). Seperti yang ditunjukkan pada Gambar.c. tegangan output meningkat untuk jumlah dari tegangan C1.a menunjukkan topologi tiga tahap seri-paralel tegangan multiplier (SPVM) yang dapat diperpanjang ke n stage topologi. Seperti yang ditunjukkan pada Gambar. selama pengisian modus. dalam mode pemakaian.