You are on page 1of 111

.

kita erlu membekali diri untuk dapat menolong orang lain.perawat umum . mahasiswa fk seperti kita termasuk kedalam list penolong tersebut. procrastination is the thief of time . SHOCK And Fluid Therapy dr. Ancaman jiwa berasal dari trauma maupun penyakit mendadak. life guards . Pertolongan di sini dapat diberikan oleh : . Airway management 1 . dan epigastrium. . ia membutuhkan pertolongan.tenaga ambulans . Saat ancaman jiwa kepada seseorang terjadi. oleh karena itu. Basic Life Support. TAHAP LIFE SUPPORT o BASIC LIFE SUPPORT o ADVANCED LIFE SUPPORT o PROLONGED LIFE SUPPORT BASIC LIFE SUPPORT Langkah-langkah dalam melakukan Basic Life Support adalah : a.awam khusus seperti satpam.mahasiswa fk. Bambang Suryono S Ancaman jiwa dapat menyerang orang sehat kapan pun dimana pun dan siapapun orangnya. intercostals. Varo 25|30 never do tommorow what you can do today.dokter spesialis Nah. dokter.perawat khusus (icu) . SHOCK And Fluid Therapy Basic Life Support.Tanda-tanda dari obstruksi jalan nafas : o Gerakan dari dinding dada danabdomen o Tidak ada udara ekspirasi o Retraksi yang dapat terjadi suprasternal.orang awam maupun . dokter gigi .

Basic Life Support. Airway Management o Tanpa Alat Head Tilt Chin Lift Jaw Trust 2 Head tilt chin lift hanya dapat Jaw Trust dilakukan pada penderita-penderita yang suspect neck dilakukan pada penderita trauma. Jenis-jenis Obstruksi Jalan nafas sebagian (Partial Airway Obstruction) .Snoring (seperti orang mendengkur) . obstruksi gangguan napas ada orang yang tidak pemasangan naso-pharyngeal tube untuk sadar. procrastination is the thief of time .Gargling (seperti orang berkumur) . dari mulut dan hidung atau kondisi penderita dengan multiple Varo 25|30 never do tommorow what you can do today. ketika orang masih sadar otong-otot pembebasan jalan nafas tidak dapat lidahnya masih nerkontraksi sehingga tidak dilakukan pada penderita fraktur basis jatuh menutup jalan nafas. karena bisa mengancam kalau tube- tidak sadar. . SHOCK And Fluid Therapy o Sianosis . beberapa tanda yang dapat kita kenali ketika terjadi yang tidak terdapat trauma trauma leher atau trauma cervical adalah terjadinya perdarahan leher/trauma cervical.Crowing (seperti bersiul. tipis dan mudah patah. otot-otot lidahnya dapat jatuh dan nya naik ke atas dikarenakan tulang yang menutup jalan nafas sebagian hingga total.Stridor (nafas kasar bernada tinggi) Gambar diatas menerangkan ancaman Gambar di atas menerangkan jika. biasanya karena pembengkakan laring) . namun ketika orang kranii.

o Dengan Alat Airway Equipment 3 Gambar diatas merupakan cara menakukan Gambar di atas merupakan tujan yang perlu kita intubasii trakea mengunakan bantuan alat lihat ketika melakukan intubasi. Basic Life Support. insersi dari laryngoscope. procrastination is the thief of time . SHOCK And Fluid Therapy trauma. endotracheal tube adalah kearah dalam dari plica Varo 25|30 never do tommorow what you can do today.

Jika terdapat dua penolong kedua tangan penolong pertama meletakkan tangannya pada posisi C pada masker pasien dan kedua tangan penolong yang lainnya memompa. Basic Life Support. Ketika hanya terdapat satu penolong. tangan penolong diletakkan satu dalam posis C pada masker wajah pasien dan satunya lagi memompa. SHOCK And Fluid Therapy vocalis atau kearah trakea. Circulation support 4 Varo 25|30 never do tommorow what you can do today. procrastination is the thief of time . Breathing support Gambar diatas merupan pertolongan nafas menggunakan ambu bag.

Seperti yang sudah kita pelajari. Amiodarone IV/IO dapat diberikan dengan dosis pertama sebesar 300mg bolus dan dosis kedua sebesar 150mg. cardiac Toxins Thrombosis. .Kondisi penderita yang sudah ROSC (Return Of Spontaneous Circulation)dapat memburuk kapan saja.Kriteria High Quality RJP adalah : a. Volume darah manusia : Laki-laki : 70 ml/kgBB Perempuan : 65 ml/kgBB Hipovolemia terjadi bila volume darah dalam sirkulasi berkurang dari keadaan normal 5 Varo 25|30 never do tommorow what you can do today. Selain dalam hal pemberian shock. Terapi lain yang dapat diberikan adalah Vsopressin sebanyak 40 unit untuk menggantikan dosis pertama maupun kedua dari Epinephrine. Minimalkan interupsi data kompresi c. SHOCK And Fluid Therapy Bagan di atas merupakan alogaritma Cardiac Arrest tahun 2010 yang dikeluarkan oleh American Heart Association. waktu pemberian obat pada penderita dengan shockable (VT dan VF) dan non shockable (Asystole dan PEA) irama jantung pun berbeda. Basic Life Support. penyebabnya adalah 6H 6T : Hypovolemi Hypoxia Hydrogen ion (acidosis) Hypo-/Hyperkalemia Hypothermia Tension Pneomothorax Tamponade. pulmonary Thrombosis. procrastination is the thief of time . irama Asystole maupun Pulseless Electrical Activity tidak dapat diberikan shock therapy. Irama jantung shockable pemberian obat dilakukan saat Resusitasi Jantung Paru ketiga. Hindari ventilasi berlebihan d. Namun. irama jantung Ventrikel Fibrilasi maupun Ventrikel Takikardi meruakan indikasi diberikannya shock. namun pada penderita dengan nonchockable irama jantung dapat diberikan obat saat dilakukan RJP kedua. Kompresi : Ventilasi sebesar 30:2 kalau tidak terdapat advanced airway . Push Hard (Kompresi dengan kedalaman 5cm) Push Fast (Kompresi dengan keceatan 100x/menit) Full chest recoil (Biarkan dada mengembang sempurna tiap kompresi) b. dan sebesar 360 Joule untuk monophasic. Shock energy yang diberikan pada penderita VF/VT adalah sebesar 120-200 Joule untuk alat defibrillator yang biphasic. Farmako terapi lini pertama yang diberikan adalah Epinephrinr secara IV/IO sebanyak 1mg tiap 3-5 menit. coronary FLUID THERAPY .

Ginjal Output urine menurun . Hati  insufisiensi hati . Kardiovaskular Meningkatk atau menurunnya denyut jantung . gagal pernafasan . Paru  Peningkatan RR . perubahan tekanan paru 4. A progressive stage di mana tanpa terapi shock dapat terus memburuk sampai kematian 3. Sistemik  kebocoran kapiler . perubahan kadar elektrolit urin Efek umum dari shock pada beberapa organ 1. berkeringat . angina . Stage Shock 1. aritmia 6 3. perubahan CNS  Kebingungan . aritmia . Hematologi  penekanan sumsum tulang . perilaku agresif . fluid losses. depresi fungsi kardiovaskular . Gejala umum dari shock 1. Basic Life Support. cardiac output yang rendah tinggi atau normal . kenaikan atau penurunan CO2 end tidal. meningkatnya tekanan paru . Neuroendokrin  perubahan status mental. koagulopati 5. agitasi. SHOCK And Fluid Therapy Gambar di samping merupakan struktur dari dinding kapiler manusia. penurunan volume tidal . yang perlu diperhatikan disini adalah adanya intercellular cleft diantara sambungan sel-sel endothelium. A nonprogressive stage (compensated) di mana mekanisme peredaran darah yang normal pada akhirnya menyebabkan pemulihan penuh tanpa bantuan dari terapi luar 2. penurunan FRC (Functional Residual Capacity) 5. stupor 2. koagulopati . Substansi-substansi yang larut dalam air berdifusi ke dinding kapiler melalui celah (cleft) tersebut. supresi adrenal . elevasi enzim hati . SHOCK Merupakan kondisi dimana perfusi jaringan yang tidak memadai bersama dengan hipoksia seluler dan utang oksigen . procrastination is the thief of time . DIC . penurunan saturasi O2. Pada orang dewasa. koma . Kardiovaskular  kegagalan sirkulasi . tekanan darah systolic menurun hingga lebih dari 40 mmHg dapat dikatakan significant hypotension. trauma. An irreversible stage Dimana terapi dari luar pun sudah tidak dapat menolong Evaluasi dari gejala-gejala: Dalam HISTORY pada pasien dengan hyovolemic shock di dapatkan : blood loss. yang menghasilkan disfungsi seluler dan disebabkan oleh tidak memadai pengiriman oksigen sistemik atau gangguan penyerapan oksigen seluler. disfungsi tiroid Varo 25|30 never do tommorow what you can do today. pembentukan shunt vaskular mikro . elevasi BUN dan kreatinin level . resistensi insulin . third spacing or other fluid losses. disfungsi trombosit 4. perubahan kulit  Dingin . dehydration. diaphoresis 3. hangat . pelepasan sitokin 2.

disfungsi mitokondria . patah tulang . Gelatin.Dehidrasi ( asupan cairan yang rendah . Crystalloid : Resuscitation fluid (Ringer laktat. SHOCK And Fluid Therapy 6.Anemia  Estimated blood volume /EBV: . elevasi BUN dan kadar kreatinin 7. Basic Life Support. procrastination is the thief of time . artificial blood 7 Varo 25|30 never do tommorow what you can do today. diare . perubahan kadar elektrolit urin . sepsis . kehamilan ektopik .Kebocoran kapiler dan jarak ketiga ( luka bakar . dehidrasi . berkeringat atau diabetes insipidus ) . Dextrose/glukose/fruktose solution 2. stres bedah ) .SIRS (Systemic Inflammatory Response Syndrome)  capillary leak . kebocoran seluler Hypovolemic shock  Penyebab : deplesi cairan di ruang intravaskular ( perdarahan . diare . Hydroxy – ethyl-starch. kebocoran kapiler atau kombinasi ) . Kaen 3B. Kaen MG3 Tutofusin OPS 3.Perdarahan  Kehilangan akut darah dari sistim sirkulasi ( trauma . pembengkakan seluler .70. hiperglikemia ) . Seluler  sel -sel dehiscence . Colloid : Dextran 40 . pankreatitis . dll ) .Diuresis ( diuretik . GIT pendarahan . muntah . obstruksi usus .Adult : 7% BW male 70 ml/kg female 65 ml/kg . Ginjal  insufisiensi ginjal .Children : 8-9% BW  Peran dari Cairan : Fungsi organ yang optimal membutuhkan gerakan dua arah substrat dan produk sel antara sistem peredaran darah dan sel-sel itu sendiri  Klasifikasi dari cairan infus : 1. luka vaskular . Ringer asetat) Maintenance fluid: Kaen 3A.

procrastination is the thief of time .  Keputusan Terapi a.< 20% perdarahan . klasifikasi tersebut digunakan untuk orang dengan sekitaran berat 70 kg dan berbasis pergantian cairan dengan perbandingan 3:1. Respon cepat . Ringer’s lactate dan normal saline dapat meningkatkan cairan ekstraseluler karena dala 1000 ml cairan yang masuk hanya 200 ml masuk ke plasma dan 800 ml lainnya menuju ke interstisiil.Stabil : respon pada penggantian cairan 8 .Lanjutkan monitor . SHOCK And Fluid Therapy Cairan infus yang isotonis seperti Ringer’s acetat. Respon transient . Basic Life Support. Jika terjadi perdarahan maka  Mulai segera resusitasi cairan agressif Rule 3:1 untuk perdarahan akut Pengobatan disesuaikan dengan respon pasien pada terapi awal  Tanda perdarahan Tabel di atas merupakan kelas perdarahan dan pergantian cairannya.20-40% perdarahan Varo 25|30 never do tommorow what you can do today.Evaluasi dan konsultasi bedah b.

Pacu-jantung  Differential Diagnosis : .Crossmatching .Umur . Amankan jalan nafas dan ventilasi mekanik bila perlu. SHOCK And Fluid Therapy .Hypovolemic shock .2/3 kristaloid + 1/3 koloid .Operasi segera  Pitfalls dalam diagnosis : .Distributive shock .Tensi tidak sama dengan cardiac output .Transaminases.Kehilangan volume darah : > 25 % : konsentrasi eritrosit > 60 % : 4 konsentrasi eritrosit + FFP > 80 % : polytransfusion + AT < 50.Singkirkan kemungkinan shock non.Besar transfusi sel darah merah : mikrofilter  Mendiagnosa dan mengobati penyebab yang mendasari secara bersamaan dengan bantuan laboratory : .Atlit .Tak ada respon pada terapi cairan .Tidak stabil : memburuk setelah terapi cairan awal . procrastination is the thief of time . Tak ada respon (minimal) .Perdarahan berlanjut : operasi c.40% perdarahan . lactate.BGA & pH.Cardiogenic shock  Management dan Therapy Tujuan dasar dari shock therapy adalah pemulihan perfusi efektif untuk organ vital dan jaringan sebelum timbulnya cedera seluler .Hb/Hct/AT .  Basic resuscitation : 1. albumin  General goals for support of shock patients 9 Hemodynamic support . creatinine . coagulation parameter . aliran oksigenasi saturasi oksigen > 92 % & PaO2 > 60 3.Obstructive shock .PCWP = 15-18 mmHg Varo 25|30 never do tommorow what you can do today.MAP > 60-65 mmHg .Electrolyte. Pemasangan akses iv besar atau aliran tinggi sebagai rute untuk resusitasi cairan 2.Lanjutkan cairan dan darah .Pengobatan .hemorhagik . Basic Life Support.Hipotermi . Pasang foley kateter  Fluid resuscitation .Evaluasi dan konsultasi bedah .000 + trombosit .

Dipulihkan oksigenasi jaringan 3.Kadar Hb > 10 g / dl . C : a. Hindari / mencegah cedera jaringan 4.Mempertahankan output urine > 0.0 L / min per m2 luas permukaan tubuh untuk septic . Histamin antagonist Diphenhydramin 1 mg/kg iv Ranitidine 50 mg iv 5 menit c. Berkolaborasi dengan ahli bedah -Terima Kasih- 10 Varo 25|30 never do tommorow what you can do today. Pressor Dopamin 5 ug/kg/menit Resusitasi cairan shock traumatik : 1.Pembalikan disfungsi sistem organ .Saturasi oksigen arteri > 92 % .Indeks Jantung> 4.5 ml subkutan diulang tiap 5-10 menit Bila tidak respon pada dosis awal atau Laringospasme atau Kolaps kardiovaskular berikan epinephrine 5-10 ml (1:10. Semua cairan masuk dihitung: oral dan infus Setiap cairan keluar dihitung: urine. atau syok hemoragik .Indeks Jantung > 2. procrastination is the thief of time .m. dihitung total tiap 24 jam. SHOCK And Fluid Therapy . Atau 10 ml (1:10. Basic Life Support.5 ml (1:1000) i. drain.000) intravena. Bila tak ada akses intravena dapat diberi 0. Pantau tanda vital 5. diare.000) lewat endotrakheal b. muntah/NGT.1 L / menit per m2 dari luas permukaan tubuh untuk kardiogenik dan obstruktif syok . epinephrine (1:1000) 0.Optimasi pengiriman oksigen .3-0.5 ml / kg per jam  Balans Cairan Tiap pemberian cairan harus dibuat balans cairan: tiap 6 atau 8 jam. IWL (insensibel water loss) Shock Anafilaktik A : jalan nafas dibuka B : nafas spontan atau dibantu untuk oksigenasi yang cukup. trauma . ABC 2.

nah kalau akut dan dia berasa dari pulmoner biasanya karea beberapa hal di bawah ini: 8 – Infeksi: Pneumonia e. Dyspnea bisa bersifat akut dan kronik. Efusi Pleura  akumulasi cairan pada pleura 4. dll. psikologis. sosial.3 di Indonesia 7. Permasalahan dari sistem non pulmoner bisa dari: o Sistem Kardiovaskuler o Sistem Neuromuskuler o Sistem Metabolik o Berasal dari penyakit psikiatrik Pada paragraf di atas sudah dikaatakan bahwa dyspnea bisa bersifat akut maupun kronik kan. Dyspnea merupakan pengalaman yang dapat disebabkan interaksi dari faktor fisiologis. dan merupakan penyakit yang ada diurutan no. Kegawatan Respirasi KEGAWATAN RESPIRASI dr. Kanker Obgyn  karena acitesnya Dyspneu bisa berasal dari masalah yang ada pada sistem pulmoner." .viral. Terdiri dari sensasi asing secara kualitatif yang berbeda-beda. Menurut The American Thoracic Society diyspnea adalah rasa tidak nyaman dalam bernafas yang dialami seseorang secara subjektif. Asma Non Pulmonary 6. Sirosis Hepatis  perutnya buncit 10. COPD  penyakit paling banyak karena indonesia gemar sekali merokok 2. bacterial. tapi bisa juga campuran. Apa sih Sesak Nafas (Dyspneu) Definisi : DYSPNEA adalah rasa sulit untuk bernafas. Sesak Nafas (Dispnea) A. Sp. CHF (Chronic Heart Failure)  terjadi edema paru.c. Infeksi (kebanyakan Pneumonia) 3. bisa dari sistem non pulmoner. – Acute Lung Injury (ALI) / Perlukaan Akut Paru-paru – Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) – Pneumothorax – Benda asing "Formula for success: under promise and over deliver. Sumardi. Kanker  metastasis primer 5. Berikut adalah 10 Besar Penyakit dengan Gejala Dyspneu : Pulmonary 1.Tom Peters Varo 23 I Varo 28 . Menurutt (arrison’s Principle of )nternal Medicine edisi tahun Dispnea merupakan gejala yang bisa ditandai dengan adanya kerja keras dalam bernafas. CKD / Chronic Kidney Disease  pada pasien hemoialisis 9.PD 1. Infark Miocard (Myocardial Infarc/MCI) 8. dan lingkungan.

Jika infeksi bakterial biasanya paru yang terkena unilateral. etc Sesak nafas yang disebabkan oleh sistem kardiovaskular terbanyak karena MI. Permasalahan dari sistem pulmoner yang bersifat kronik: – TBC Milier Paru – COPD: Chronic Bronchitis. Nah di sini editor mau ngasih contoh pada masing-masing sistem. jika infeksi virus bisa bilateral sehingga esak nafasnya sangat berat hingga bisa masuk ke kondisi acute respiratory istress syndrome. di mana terjadi edema paru akut akibat jantung tidak mampu memompa darah. • Tua + akut  pikirkan: CARDIAL (hitungan menit bisa meninggal. Kegawatan Respirasi – Emboli Biasanya pada dispnea yang terjadi pada sistem pulmoner dan sifatnya akut sesak nafas yang terjadi berat. Untuk membuat diagnosis banding dari dyspneu maka kita bisa lihat dari: • Anamnesis  ACUTE or CHRONIC • MUDA atau TUA>50 tahun • ONSET AKUT  PIKIRKAN : CARDIAL atau NON CARDIAL (pulmonary) 9 Pikirkan pertama kali penyebab jantung karena butuh penangan yang lebih cepat. Jika ada dahak dengan warn tersebut kita bisa curiga terjai edema paru akut derajat 4.c. Menigoensefalitis uga bisa sebabkan sesak karena penyakit ini mengenai media oblongata (pusat pernafasan). Jika sudah dipastikan bukan jantung maka pikirkan kemungkinan pulmoner. Biasanya pada pneumonia akan terjadi hunger of air/kelaparan udara. sedangkan paru hitungan 1-2 jam baru bisa meninggal) – Denyut jantung  irregular  waspada  ASAP  ICCU "Formula for success: under promise and over deliver. Biasanya sesak disertai batuk dan dahak berwarna merah muda. Emphysema – Asthma – Efusi pleura e.Tom Peters Varo 23 I Varo 28 . infeksi atau non infeksi – Bronkiektasis  disertai batuk darah – Kanker : Primer atau metastasis – Interstitial Lung Disease Di atas tadi juga sudah dibahas mengenai dyspneu akibat yang non pulmoner diantaranya kaya cardovaskula dll. bahkan sampai sianosis." . diantaranya: • CARDIOVASCULAR: – Myocardial Infarction (MCI) – Edem paru akut • NEUROMUSCULAR – Stroke – Infeksi pada CNS • METABOLIC – Krisis Thyroid – Hyperuremia (gagal ginjal) • PSYCHIATRIC: – Psychoneurosis – Panic disorder.

Pada pasien akan muncul demam dan terdengar suara ronkhi. disabilitas. Kondisi demikian bila diderita oleh orang tua dapat berbahaya. Terapi sesak nafasnya dengan menggunakan oksigen 3-5 L/menit dengan canule. Pneumonia merupakan salah satu penyebab sesak nafas akut. Sebiknya faktor komorbid dirujuk ke RS B. tetapi tidak karena emboli dan benda asing. eosinofil. Bila kondisi akut dan disertai demam bisa masuk ke infeksi paru. PNEUMONIA Pneumonia merupakan penyakit infeksi yang menyebabkan sesak nafas. Pada individu yang susceptible/rentan. pikirkan komplikasi apa bila ada fator komorbid. dan limfosit T. lebih baik untuk dibawa ke RS. beri oksigen segera. Kegawatan Respirasi – Diberi nitrate sub lingual  membaik  cardial • Biasanya kronik dispnea disebabkan karena sebab pulmoner. Pada terjadinya asma berperan beberapa sel seperti sel mast. Selain itu diberi obat mukolitik. Faktor Komorbid/faktor yang memiliki risiko lebih tinggi : • Orang Tua • Jantung • DM • Gangguan ginjal • Kanker • Penyakit kronis • Imobilisasi: artritis. inflamasi ini menyebabkan episode klinis: • bising mengi • sesak napas • dada terasa tegang • batuk khususnya diwaktu malam/dini hari Gejala klinis dari asma berhubungan dengan : • penyempitan saluran napas yang sangat luas dan bervariasi 10 • reversible sebagian baik secara spontan maupun dengan pengobatan Proses inflamasi meningkat dipacu oleh faktor pencetus seperti: • udara dingin • Infeksi • Makanan "Formula for success: under promise and over deliver.Tom Peters Varo 23 I Varo 28 . ASMA Asma merupakan penyakit pada saluran pernafasan yang tergolong kronik yang disebabkan adanya inflamasi pada saluran pernafasan. dan tentu pasien harus istirahat total. apa bila terdapat faktor komorbid maka rujuk saja ke RS  C. tetapi sering kali ada infeksi bakteri tambahan sehingga memelukan antibiotik broadspetrum. stroke. Pneumonia merupakan penyakit infeksi yng disebabkan oleh virus. Pneumonia lebih sering pada pria muda di bawah 40 tahun. malnutrisi. Seperti yang sudah disebutkan di atas-atas. • Untuk melihat itu karena infeksi atau tidak bisa dilihat dari ada tidaknya gejala demam." .

Antibiotik diberikan apabila pencetus asma adalah infeksi (demam+leukositosis) 6. dan sebabkan kerusakan sttruktur/epitel. Bronchodilator inhalasi jika dibutuhkan 5. Bronchodilator : beta agonist + anticholinergic inhalation 3." . dan lain-lain. "Formula for success: under promise and over deliver. Kenapa? Karena mukolitik akan menyebabkan mukus menumpuk di saluran pernafaasan dan itu akan menambah sesak pasien dengan asma. Anti Inflamasi : steroid  methylprednisolon 2. mempengaruhi lama inflamasi. Penyumbatan saluran nafas oleh mukus hampir selalu didapatkan pada asma yang fatal. Penyebab multifaktorial. Kegawatan Respirasi • bau bahan kimia • bulu binatang • gangguan psikhis. mengi dan hiperresponsivitas bronkus terhadap berbagai stimuli. Perlu diingat jangan berikan mukolitik. Obstruksi saluran nafas : Bersifat difus dan bervariasi derajatnya. Terapi asma berupa: 1. Steroid inhalasi berkelanjutan 4. Pasien dengan faktor komorbid rujuk saja ke RS  UGD Hipersekresi mukus: Terjadi hiperplasia kelenjar submukosa dan sel goblet pada sluran nafas penderita asma. tersering karena adanya kontraksi otot polos akibat distimulus oleh mediator inflamasi. 7. Penyempitan saluran nafas ini menyebabkan batuk dan rasa berat di dada. dapat membaik spontan 11 atau dengan pengobatan.Hipersekresi mukus akan hambat pergerakan silia.Tom Peters Varo 23 I Varo 28 .

Moderate Persistent  Gejala muncul tiap hari. PEF < 80 liter/menit. Severe Persistent  Gejala muncul setiap hari.Tom Peters Varo 23 I Varo 28 .  Eksaserbasi bisa berefek pada aktivitas dan kualitas tidur  Gejala Nocturnal lebih dari 2x dalam 1 bulan  FEV1 atau PEF diprediksi 80%  Variabilitas PEF atau FEV1 < 20 – 30%  Bisa dikontrol. 12 Sedihnya bronkokontriksi pada orang dengan status asmatikus tidak bisa diobati dengan obat yang lazim digunakan dan memerlukan rawat darurat." . Kontraksi otot polos bronkus : pada penderita asma terjadi peningkatan pemendekan otot polos bronkus saat kontraksi isotonik. Kegawatan Respirasi Hipersensitivitas saluran nafas : Diduga karena perubahan sifat otot polos sekunder terhadap perubahan fenotip kontraktilitas. seperti: • FEV1 < 1 liter. Proses penyembuhan ini akan melibatkan regenerasi/perbaikan jaringan dari jenis parenkim yang sama. kalau sudah kambuh bisa mengganggu aktivitas dan tidur. Airway remodeling : inflamasi kronik akan sebabkan kerusakan jaringan yang secara fisiologis akan diikuti fase penyembuhan. • PaCO2 > 45 & PaO2 < 55 mmHg "Formula for success: under promise and over deliver. Inflamasi dinding saluran nafas terutama di dae rah peribronkial dapat menambah penyempitan sluran nafas selama kontraksi otot polos. Klasifikasi asma berdasarkan gejala sebelum terapi (GINA 2008) 1. gejala nocturnal juga sering. aktivitas fisiknya sangat minim. juga pergantian yang rusak dengan jaringan penyambung yang menghasilkan scar.  Setiap hari pasien harus mengonsumsi inhalasi short-acting 2-agonist  FEV1 atau PEF kisaran 60-80% dan variabilitas PEFatau FEV1 > 30% 4. eksaserbasi sangat sering. dikontrol sebagian. Status asmatikus ini memiliki manifestasi klini yang berat. STATUS ASMATIKUS Status asmatikus inidisebabkan karena adanya inflamasi kronik bronkus .  FEV1 atau PEF dibawah 60%  Variabilititas PEFatau FEV1 >30% Keterangan:  PEF : aliran ekpirasi/saat membuang nafas puncak  FEV 1 : volume ekspirasi paksa dalam 1 detik D. susah dikontrol 3. Perubahan fungsi kontraksi mungkin disebabkan oleh perubahan aparatus kontraksi. Mild Persistent  Gejala muncul lebih dari 1x dalam seminggu tapi kurang dari 1x/hari. Intermittent  Gejala yang muncul kurang dari sekali dalam seminggu  Brief exacerbations  Nocturnal symptoms not more than twice a month  FEV1 atau PEF diprediksi 80%  Variabilitas PEF atau FEV1 < 20% 2. gejala nocturnal muncul lebih dari 1x dalam seminggu.

terbutalin 1 mg B) ANTIKOLINERGIK: ipatriumbromid 0.2.flutikason 0. EPISODE EXACERBATION dengan faktor risiko berupa: • Sering menggunakan kortikosteroid sistemik oral/injeksi • Riwayat perawatan di IGD karena serangan asma • Punya masalah psikiatri/psikososial • Tidak patuh pada rencana pengobatan asma jangka panjang Gejala Klinis sttus asmatikus: • Sesak nafas >25x/menit • Sukar menjawab anamnesis  bingung  somnolen (bahaya) • Mengi hingga silent chest (bahaya) • Sianosis  saturasi Oksigen<90% • Bradikardi • Aritmia • Respirasi paradoksal Tujuan Pengobatan: • Perbaikan perlambatan aliran udara secepat mungkin à meningkatkan PEF • Perbaikan hipoksemia • Kembalikan fungsi paru senormal mungkin • Rencanakan pencegahan eksaserbasi Manajemen: SEGERA TERAPI 1) OKSIGEN 3-4 L/MENIT 2) NEBULIZER: A) BETA AGONIST: salbutamol 1-2 mg.5-1 mg. SEGERA RAWAT ICU 8) TARGET: saturasi >90% 9) Magnesium. Kegawatan Respirasi Pada klasisfikasi dari GINA 2007 disebut juga SEVERE PERSISTENT. BILA MUNGKIN NEBULE KONTINU 2-3 JAM 7) BILA TAK ADA PERBAIKAN. 10)Reduces hospital admission rates in adults and older children with severe bronchospasm who fail to improve promptly to bronchodilators (Evidence A)." .Tom Peters Varo 23 I Varo 28 . Biasanya larutan magnesium diberikan pada ibu hamil yang mengalami eklampsia untuk merelaksasi otot uterus nah di sini otot bronkus dan otot uterus memiliki kesamaan sifat. 13 11)Nebulized salbutamol administered in isotonic magnesium sulfate provides greater benefit than if it is delivered in normal saline (Evidence A).5-1 mg 3) SISTEMIK KORTIKOSTEROID: metilprednisolon oral 64 mg / injeksi iv 125 mg/6jam à 500 mg/12 jam (pulse dose) 4) DIBERIKAN SIMULTAN 1. Intravenous magnesium sulphate (usually given as a single 2 g infusion over 20 minutes).5 mg C) KORTIKOSTEROID:budesonid 0.3 5) EVALUASI SETELAH 30 menit-60 menit 6) DAPAT DIULANG 2-3 KALI. Kriteria Rawat Jalan: • KLINIS: • sesak nafas berkurang "Formula for success: under promise and over deliver.25-0.

• Aminofilin tablet/injeksi • Aminofilin lepas lambat (controlled release) tablet 14 ANTI INFLAMASI LAIN (Non steroid-Antileukotrien)." .Tom Peters Varo 23 I Varo 28 . • Zafirlucast tablet • Montelucast tablet "Formula for success: under promise and over deliver. Kegawatan Respirasi • Dapat tidur terlentang • Dapat menggunakan inhaler • )nfeksi teratasi demam • Tujuan terpi: • PEF: 50-70% prediksi normal • Saturasi oksigen >90% Target Rawatan: • PENURUNAN PEMAKAIAN INHALER BETA AGONIS • DOSIS INHALER STEROID MENURUN à 100 MCGR/HARI (target – berapa lama?) • KEKAMBUHAN BERKURANG • PEF > 80% PREDIKSI NORMAL Obat Asma yang Tersedia KORTIKOSTEROID INHALASI: • Budesonide • Flutikason • Beclometason KORTIKOSTEROID SISTEMIK: • Metilprednisolon tablet/injeksi • Deksametason tablet/injeksi • Triamsinolon tablet/injeksi • Prednison tablet • Betametason tablet BETA AGONIST INHALASI: • Formoterol(LABA) • Salmeterol(LABA) • Procaterol • Salbutamol • Terbutalin BETA AGONIST SISTEMIK • Epinefrin injeksi • Salbutamol tablet/injeksi • Terbutalin tablet/injeksi ANTIKOLINERGIK INHALASI • Ipatrium bromid • Tiotropium bromid BRONKODILATOR LAIN.

BRONKHODILATOR NEBULIZER  .metilprednisolon injeksi/oral  . ANTIINFLAMASI STEROID SISTEMIK  .deksametason inj. tidak dapat terdengar suara auskultasi (SILENT AUSCULTATION). ANTIBIOTIKA  . amoksisilin-klavulonat 3. tidak bergeraknya salah satu dinding dada • Pemeriksaan dengan pungsi pleura. • Terapi : antibiotics+steroid+bronchodilator • Seperti yang sudah-sudah. jika terjadi bloody efusion maka rujuk ke RS • Terapi dengan oksigen OXYGEN 3-5 L/menit menggunakan canule • Posis fawler/posisi ½ duduk G. COPD/PPOK Sering terjadi pada perokok. KADANG MERAH  DAHAK BERBAU BUSUK Terapi COPD Acute Exacerbation  PRINSIP: 1. di atas usia 40 tahun." .Tom Peters Varo 23 I Varo 28 .gol.gol. Makrolid: azitromisin.beta-2 agonist: salbutamol. batuk. Penisilin: amoksisilin. menghasilkan sputum. Kegawatan Respirasi E. EFUSI PLEURA • Pada pemeriksaan fisik thorax. COPD ini ersifat akut pada penyakit kronik. 2. TBC PARU MILIER  SESAK NAFAS  TAMPAK KURUS  SIANOSIS  DEMAM TANPA LEKOSITOSIS  PENURUNAN KESADARAN SOMNOLEN 15  RADIOLOGIK TAMPAK BINTIK MILIER  MERATA SELURUH LAPANGAN PARU  SERING BATUK TANPA DAHAK—BTA (-)  TERAPI OBAT ANTI TBC (OAT)+Steroid "Formula for success: under promise and over deliver. Biasanya mengandung discharge sebanyak 500 - 700CC. kalau disertai faktor komorbid selakan dirujuk ke RSPlus comorbid factor à refer to hospital • Kegawatan COPD Acute Exacerbation  PEMBERATAN DARI KONDISI STABIL  PENINGKATAN JUMLAH DAHAK  DEMAM  SESAK NAFAS+RONKHI+WHEEZING  PERUBAHAN WARNA DAHAK DARI PUTIH MENJADI KUNING ATAU KEHIJAUAN. Gejalanya berupa sesak. terbutalin  .antikolinergik: ipatriumbromid F.klaritromisin  . demam dan leukositosis  eksaserbasi akut.

nafas. Kebutuhan metabolik ini berupa eliminasi CO2 dan oksigenasi hemoglobin .atelektasis b.Kelainan sistemik nonpulmoner:  )nfeksi: Septicemia." . Acute Respiratory Distress Syndrome ARDS  Metabolic: Uremia  Kardial: lung edema disebabkan gagal jantung . KOMBINASI HIPOKSEMIA & HIPERKAPNEA "Formula for success: under promise and over deliver.Penyebab gagal nafas akut pada dewasa  multifaktor. obat.Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS). Metastatic . .aspirasi. Acute Lung Injury (ALI). neuromuskuler Berdasarkan onset: 1.kelelahan.Patofisiologi: a. neuromuskular (miastenia gravis. Acute Respiratory Distress Syndrome ARDS  Pulmonary embolism. • Disebabkan oleh faktor pulmoner maupun non pulmoner • Bila terjadi pada orang tua pikirkan untuk pertama kali penyebannya adalah cardial • Orang tua dengan kronik dyspnea bisa COPD/CHF • Sesak nafas pada orang muda bisa pneumonia/asma • Biasanya orang tua yang memiliki faktor komorbid kondisinya akan memburuk 2. edema paru • HIPERKAPNEA : kandungan CO2 >50 torr  obstruksi sal. Acute Lung Injury (ALI). Gagal Nafas Gagal nafas terjadi bila kebutuhan proses metabolik tubuh tidak dapat dicukupi oleh sistem pernafasan. Kegawatan Respirasi Ringkasan Dispnea: • Dyspnea adalah sensasi sulit untuk bernafas. HIPERKAPNEA: sering terjadi karena volume tidal menurun  COPD. lung edema. Asma. malnutrisi. AKUT Gagal nafas akut timbul dari bermacam kondisi klinis . Status Asmatikus  Cancer: Primary Lung Cancer. c. distrofi otot.dll). • HYPOKSEMIA : kandungan O2 arteri <50 torr  inflamasi parenkhim.Mixed .Primer paru:  Infeksi: pneumonia berat. Acute Lung )njury AL) .Tom Peters Varo 23 I Varo 28 . HIPOKSEMIA: gangguan ventilasi alveolar dan perfusi pulmoner  16 pneumonia. Aspiration.

sistemik sepsis 7. Gangguan kesadaran: gelisah. aminofilin. non-invasif. campuran 3. hipertensi . fibrosis interstitial b. atau hiperkapnea. Stimulasi kemotaktik dilekuarkan ke dalam paru dan mengaktifkan neutrofil melalui mediator seperti TNF-a. kortikosteroid. IL_1. Alveolar hypoventilation c. antikolinergik. invasif. * masker venturi. High Flow Nasal Canule 4. inflamasi. lidah.Multi Organ Dysfunction Syndrome MODS 5. Bukti terjadi peningkatan usaha dalam bernafas: "Formula for success: under promise and over deliver. ARDS (Acute Respiratory Distress Syndrome)  ARDS adalah tpe akut lainnya dari gagal nafas (non-cardial lung edema)  Meningkatkan permeabilitas kapiler-alveolar  Pda ARDS kita berusat pada:  Neutrofil  Makrofag  Kebocoran endotelium dari vaskular paru  Ketidak seimbangan sitokin . ANTIBIOTIK : pada infeksi paru. Takhikardi. nafas paradoksal c. Terapi: 1. FARMAKOLOGIK: beta-agonis. Sianosis: bibir. Penyebab hipoksemia lain yang jarang ditemukan: a. mulut. Meningkatnya penggunaan otot pernafasan: retraksi interkostal. MUKOLITIK . Patofisiologi: a. Kegawatan Respirasi . Manifestasi klinis: a. VENT)LAS) TEKANAN POS)T)P NON)NVAS)F N)PPV 3. farmakologik 3.SOMNOLEN b.epinefrin 6. Manajemen: oksigenasi. Status mental : GELISAH ---. Manifestasi klinis: a. Kesimpulan: 1. INTUBASI TRAKHEA 5. volume tidal 4." . * masker dng aerosol * masker reservoir 2. somnolen. koma b. Oksigenasi: * nasal canule. dan IL-8 . jari tabuh d. Sebab pulmoner atau non-pulmoner sistemik 2.Tom Peters Varo 23 I Varo 28 . (igh altitude outside negative pressure . Penurunan diffusi oksigen melalui alveolocapillary membrane complex akibat dari edema interstitial. Klinis: gagal perfusi pada organ. Neutrofil melakukan sequestrasi dan migrasi kedalam histoligic parusebagai tanda dari ARDS 17 b. Patofisiologi: gagal ventilasi/perfusi atau defek alveolar.

Noninvasive Positive-Pressure Ventilation a. c. Theophylline preparations  KRONIK  ACUTE on CHRONIc 4. Suplemen oksigen o Nasal Cannula o Air-Entrainment Face Masks ("Venturi Masks") o Aerosol Face Mask o Reservoir Face Masks 2." . Emboli Paru Gejala berupa sesak nafas akut Sebelumnya tidak ada gejala apapun yang berasal dari paru Faktor risiko emboli paru berupa: Trauma Non Trauma (medical) Faktor Risiko: a. Status hypercoagulable mempengaruhi terjadinya komplikasi tromboembolik b.Anticholinergic Agents c. Sianosis pada membran mukosa (tongue. Pertimbangkan NPPV dulu pada kondisi darurat. mouth) or kuku . and cooperative patients. Sepsis c. Corticosteroids d. Deep Vein Thrombosis 18 f. oriented. High Flow Nasal Canule 4. Beta2-Agonists b. Jangan gunakan NPPV kecuali oleh dokter/tenaga medis yag paham dengan cara menggunakan NPPV. 3. Kegawatan Respirasi o nasal pharing o gunakan otot-otot respirasi aksesoris o retraksi pada intercostal/suprasternal/supraclavicular o Tachypnea o Hyperpnea o Pola pernafasan paradoxical atau dysynchronous c. Penyakit Autoimmune e. . Cancer & Radio-Chemotherapy d. Cardiac Arrythmia g. Kelemahan karena penuaan i. Jangan gunakan NPPV pada paseien yang memiliki perburukan situasi dengan cepat yang memiliki risiko gagal nafas tiba-tiba. Lama tidak beraktivitas /bedrest "Formula for success: under promise and over deliver.Tom Peters Varo 23 I Varo 28 . hemodynamically stable. b.Terapi 1. Congestive Heart Failure h. Farmakologi: a.

" . c. Sesak nafas baik dengan atau tanpa nyeri dada pleuritic dan hemoptosis.Tom Peters Varo 23 I Varo 28 . High D-dimer >1500 b. Onset sesak nafas yang mendadak b. b. Hipertensi pulmoner ECG Right Axis Deviation RAD e. Kegawatan Respirasi Tiga penampakan utama ABRUPT ONSET: a. Lower PO2 in BGA d. Pneumothorax  RONGGA PLEURA TERISI UDARA "Formula for success: under promise and over deliver. Menyerupai pneumonia lambat atau gagal jantung. Thorax CT Scan: lung consolidated unilateral f. khususnya pada usia lanjut Manifestasi klinis: a. Scintigraphy: segmental lung necrosis 5. Deep infiltrate unilateral in CXR (Pneumonia like appearance) 19 e. Nyeri dada non cardial c. Ketidakstabilan hemodinamik dan pingsan (biasanya berhubungan dengan emboli pulmoner masiv). (ypercoagulable state: haematocrite . Peningkatan tekanan vena jugularis Gejala: • PIOPED study found – Sesak nafas – Nyeri dada pleuritic – Tachypnea (resp rate > 20 / min) • Pada 97% pasiesn dengan angiographic terbukti PE Tidak adanya triad mengurangi kemungkinan klinis PE Perkiraan Probabilitas klinis Pulmonary Embolism Tes laboratorium dan radiologi a. fibrin c. sianosis d.

NONTRAUMA (MEDICAL): i. Kegawatan Respirasi . Chest X-Ray: Rhight Lung Pneumothorax with Left shift mediastinum and Right Pleural Effusion without left shift of Heart. BATUK b. PPOK 2." . TUSUKAN JARUM SUNTIK PADA DADA di area auskultasi negatip 20 b.Tom Peters Varo 23 I Varo 28 . POSISI FAWLER (½ DUDUK) e. RONTGEN: UDARA DALAM PLEURA MEDIASTINUM TERDESAK KEARAH PARU SEHAT  Terapi: a. PASANG MINI WSD DI SIC 1 ATAU 2 di Linea Medioclavilaris d. BISA FATAL PADA PNEUMOTORAK VENTIL e. ASMA . EVALUASI RONTGEN SETELAH KLINIS MEMBAIK "Formula for success: under promise and over deliver. PENYEBAB: a.  Memerlukan aspirasi jarum secara cepat  Masukkan/tusukan pada bagiandepan melalui SIC 2 linea midclaviula  Chest drain dapat dimasukkan  Manifestasi klinis: a. SEKUNDER : 1. MENDADAK SESAK NAFAS c. Tension Pneumothorx:  Prophylactic chest drains harus dimasukkan pada pasien dengan fraktur kosta untuk utamakan ventilasi. OKSIGEN 3-4 L/MENIT f. . PRIMER : KONGENITAL ii. PASANG DRAIN TORAK c. ADA PENYAKIT PARU YG MENDASARI d. BEKAS TBC 3. TRAUMA b. AUSKULTASI DADA: VESIKULER NEGATIP f.

Sp.An(K). procrasti atio is the thief of ti e . untuk materi intinya insyaAllah akan dibahas dibawah ini. terapi nyeri atau perawatan nyeri dan terapi inhalasi. H. akan merubah fisiologi tubuh ke bentuk yang tidak normal contohnya ketika dianesthesi pasien yang sadar dibuat menjadi tidak sadar. jadi modalitas yang lain masih tetap ada atau masih tetap terasa. ANESTHESIA dan ANALGESIA ANESTHESIA dan ANALGESIA dr. nah kalau dokter bedah pasti akan menyerankan untuk dibuatkan anus buatan supaya bisa buang air besar dan kentut itu artinya ilmu bedah membuat pasien supaya fisiologi tubuhnya kembali seperti semula. Dalam anestesi ada yang disebut dengan TRIAS/TRIAD ANESTHESIA yaitu hipnotik (tidak sadar). Contohnya misalnya ada bayi lahir tidak memiliki anus. semoga tetap semangat ya teman – taman. Alhamdulillah telah dipenghujung blok. terutama pada nyeri akut. 1979) adalah pengalaman sensori dan emosi yang tidak menyenangkan 21 dimana berhubungan dengan kerusakan jaringan atau potensial terjadi kerusakan jaringan. Assalamulaykum W. perawatan atau terapi intensif. W. Dimulai dengan gambar disamping : Aku tidak takut mati! Tetapi aku setengah mati takut akan menderita nyeri sebelum dan menjelang kematianku  disinilah peran ilmu anesthesia. Definisi nyeri berdasarkan International Association for the Study of Pain (IASP. suhu dan posisi atau proprioseptif. analgetik (tidak nyeri) dan relaksasi (supresi refleks). Sedangkan analgesia adalah hilangnya sensasi sakit atau nyeri saja. Pain is unpleasant sensory and emotional experience associated with actual or potensial tissue damaged or described terms of such damage. sedangkan kalau dokter anesthesi malah sebaliknya. Pandit Sarosa H. bismillah mari kita mulai ya materi dari dr. rabaan. Oke teman – teman tadi sudah dipaparkan tentang pengerian nyeri dan anesthesi. Sedangkan anesthesiology adalah cabang ilmu kedokteran atau ilmu pengetahuan yang meliputi pemberian anestesia. Pandit ini. Kemarin dokternya juga menjelaskan bahwa ilmu anesthesi itu berbeda dengan ilmu – ilmu yang lain. Anesthesia adalah hilangnya seluruh modalitas dari sensasi yang meliputi sensasi sakit atau nyeri. Varo 08|30 never do tommorow what you can do today. Sekarang mari kita kenali dulu bagaimana sih mekanisme terjadinya nyeri. dan resiko dalam pembiusan ini lebih besar. Sebenarnya kuliah kemarin lebih banyak cerita – cerita tentang pengalaman beliau selama menjadi dokter. General anesthesia adalah hilangnya semua bentuk sensasi diseluruh tubuh dan disertai hilangnya kesadaran dalam periode tertentu dan mampu pulih atau sadar kembali. untuk memperingan agar seseorang tidak merasakan sakit. dalam anesthesi kita akan merubah fisiologi tubuh pasien.

22 ke dorsal root ganglion masuk ke dorsal horn lalu melaluo spinothalamic tract kemudian sampai ke SSP  nah kemudian si sinyal – sinyal nyeri ini akan dimodulasi atau diolah. Keadaan ini dikenal sebagai sensitisasi perifer. Transduksi Proses dimana stimulus noksius diubah ke impuls elektrikal pada ujung saraf. dari peripheral nerve. ANESTHESIA dan ANALGESIA A. jadi nanti mekanisme anesthesi juga akan berhubungan dengan mekanisme nyeri tersebut. 2. Selanjutnya impuls disalurkan ke thalamus dan somatosensoris di cortex cerebri dan dirasakan sebagai persepsi nyeri. Modulasi Proses perubahan transmisi nyeri yang terjadi disusunan saraf pusat (medulla spinalis dan otak). noradrenalin) dapat menekan impuls nyeri pada kornu posterior medulla spinalis. Kerusakan jaringan karena trauma baik trauma pembedahan atau trauma lainnya menyebabkan sintesa prostaglandin. Selain itu juga serabut- serabut saraf disini mempunyai sinaps interneuron dengan saraf-saraf berdiameter besar dan bermielin. MEKANISME NYERI AKUT Jadi. bisa dulihat di gambar. corpusculum paccini. contohnya penjalaran nyeri karena trauma. yaitu dijadikan sinyal – sinyal listrik  lalu sinyal – sinyal listrik hasil transduksi tadi akan dijalarkan melalui saraf sensori. procrasti atio is the thief of ti e . dimana prostaglandin inilah yang akan menyebabkan sensitisasi dari reseptor-reseptor nosiseptif dan dikeluarkannya zat-zat mediator nyeri seperti histamin. 4. suhu dirubah menjadi suatu aktifitas listrik yang akan diterima ujung-ujung saraf perifer (nerve ending) atau organ- organ tubuh (reseptor meisneri. Suatu stimuli kuat (noxion stimuli) seperti tekanan fisik kimia. Proses terjadinya interaksi antara sistem analgesik endogen yang dihasilkan oleh tubuh kita dengan input nyeri yang masuk ke kornu posterior medulla spinalis merupakan proses ascenden yang dikontrol oleh otak. transmisi dan modulasi yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu proses subjektif yang dikenal sebagai persepsi nyeri. Inilah yang menyebabkan persepsi nyeri sangat subjektif pada setiap orang. Transmisi Proses penyaluran impuls melalui saraf sensori sebagai lanjutan proses transduksi melalui serabut A-delta dan serabut C dari perifer ke medulla spinalis. serotonin. Dimana kornu posterior sebagai pintu dapat terbuka dan tertutup untuk menyalurkan impuls nyeri untuk analgesik endogen tersebut. dimana impuls tersebut mengalami modulasi sebelum diteruskan ke thalamus oleh tractus spinothalamicus dan sebagian ke traktus spinoretikularis. Pertama ada trauma  kemudian rangsangan trauma tersebut mengalami transduksi. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini. tadi sudah jelas ya tahapan mekanisme terjadinya nyeri. golgi mazoni). serotonin yang akan menimbulkan sensasi nyeri. dibagian mana dibloknya dan daerah manasaja yang tidak merasakan nyeri. bertemu dengan analgetik endogen (analgetik alami dalam tubuh). Persepsi Hasil akhir dari proses interaksi yang kompleks dari proses tranduksi. endorphin. Nah. nah si analgetik endogen ini berbeda – beda Varo 08|30 never do tommorow what you can do today. Traktus spinoretikularis terutama membawa rangsangan dari organ-organ yang lebih dalam dan viseral serta berhubungan dengan nyeri yang lebih difus dan melibatkan emosi. yaitu : 1. Analgesik endogen (enkefalin. 3. yang diperkirakan terjadi pada thalamus dengan korteks sebagai diskriminasi dari sensorik. merkel. terdapat 4 mekanisme atau 4 tahapan pada nyeri akut.

Morton.G. BIGELOW : ( AHLI BEDAH ) MENULIS PADA BATU NISAN T. Selain penjelasan tentang mekanisme nyari. Bedanya kalau dikulit nanti yang mengalami efek anesthesi hanya di area sekilat anesthesi disuntikan contohnya kaya waktu bedah minor blok neoplasma kemarin. BY WHOM . Mudah – mudahan jelas ya teman – teman aku tidak pandai merangkai kata. Caranya Varo 08|30 never do tommorow what you can do today.. kalau di medulla spinalis nanti efek anesthesinya sesuai dermatom. Konon dahulu kala ada seseorang yang kakinya harus dipotong. Bisa dilihat juga digambar kalau untuk anesthesi lokal di kulit obatnya bisa menggunakan anti-inflamasi. IN ALL TIME . Untuk anesthesi general efeknya jadi tidak sadar.. PAIN IN SURGERY WAS AVERTED AND ANNULED ..G. singkat cerita ini ada seorang ahli bedah bernama Bigelow yang menulis kata – kata itu di nisan nya bapak T. obatnya juga bisa memakai opioids atau alpha-2 agonis. BEFORE WHOM . SURGERY WAS AGONY. kalau untuk anesthesi lokal di medulla spinalis bisa menggunakan opioids atau alpha-2 agonis. Morton mengenalkan anesthesi inhalasi orang – orang tidak takut lagi terhadap bedah.. MORTON # INVENTOR AND REVEALER OF : ANESTHETIC INHALATION . ANESTHESIA dan ANALGESIA setiap orangnya makanya persepsi nyeri tiap orang beda – beda. gambar dibawah ini juga menjelaskan mengenai anesthesi lokasi dan anesthesi general. procrasti atio is the thief of ti e . Kalau gambar disamping ini menceritakan tentang awal mula anesthesi juga. namun karena takut kesakitan orang yang lainnya berusaha bagaimana supaya 23 bapak yang akan dipotong kakinya tidak kesakitan selama dipotong. yang intinya semenjak T. SINCE WHOM .G. SCIENCE HAS CONTROL OF PAIN ! # Jadi. Untuk anesthesi lokal bisa dikulit atau di medula spinalis. kalau misalnya analgerik endogen nya ini tidak kuat mungkin saja bisa terasa sangat nyeri.

bagaimana cara mereka melakukannya?? Jadi bapak yang akan memotong kaki berdiri didepan pasien itu sambil memainkan boneka supaya pasien relaks dan perhatiannya teralihkan. Lalu yang berjajar dengan ukuran yang berbeda itu dimaksudkan sebagai dosis anesthesi. tapi dia sudah siap – siap dengan pisau ditangan kirinya. procrasti atio is the thief of ti e . yaitu : a. Jadi gambar diatas ini adalah anesthesi regional yang dibagi menjadi 2. Nah konsepnya gena banget sama konsep anesthesi sekarang kan. contohnya blok pleksus brachialis. Blok Sentral (blok neuroaksial) yaitu meliputi blok spinal. ANESTHESIA dan ANALGESIA dengan membuat bapaknya tidak sadar. epidural dan caudal. aksiler. akhirnya pasien tidak sadar dan bisa dipotong kakinya tanpa rasa sakit. ya kalau pasiennya gemuk dosisnya berbeda dengan pasien kurus atau anak – anak. analgesia regional intravena 24 Varo 08|30 never do tommorow what you can do today. b. Lalu bapak yang lain siap untuk membuat pasien tidak sadar dengan memukulkan kapak dileher pasien. Blok Perifer (blok saraf).

Bisanya spesialis anesthesi menggunakan jarum spuit yang berukuran sangat kecil untuk mengatasi kebocoran LCS saat menyuntikan obat anesthesia. Gambar diatas ini adalah contoh pemberian anesthesia opioid pada medulla spinalis. Gambar disamping ini hanya untuk menunjukan alat – alat yang digunakan dalam 25 anesthesi. procrasti atio is the thief of ti e . Bagian yang hitam itu menunjukan area yang teranesthesi. Gambar diatas ini menunjukan cara kerja obat dan tempat obat bereaksi. Varo 08|30 never do tommorow what you can do today. ANESTHESIA dan ANALGESIA Kalau gambar diatas ini menunjukan jenis anesthesi regional dan daerah yang teranesthesi.

Banyak teori yang menggambarkan cara kerja dari anestesi lokal. Bahan anestetikum lokal melekat pada reseptor yang ada di dekat gerbang sodium pada membran sel. ANESTHESIA dan ANALGESIA B. Anestesi umum biasanya dimanfaatkan untuk Varo 08|30 never do tommorow what you can do today. MACAM TEKNIK ANESTHESIA 1. Perubahan yang terjadi dapat diakibatkan oleh salah satu atau lebih dari satu cara tersebut. terutama rasa sakit yang bersifat sementara di sebagian tubuh. Anestesi umum adalah meniadakan nyeri secara sentral disertai hilangnya kesadaran yang bersifat reversibe. Keadaan ini mengakibatkan terhambatnya pengiriman impuls sehingga sensasi seperti rasa sakit dapat dihilangkan atau terjadi pati rasa. Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan konduksi sodium dan rasio depolarisasi sehingga terjadi kegagalan dalam mencapai potensial ambang batas (threshold) dan mengakibatkan kegagalan dalam potensial aksi. maka akan diikuti dengan pulihnya konduksi spontan dan lengkap tanpa diikuti kerusakan struktur saraf. mengubah potensial ambang batas (threshold). Bahan anestetikum lokal bekerja dengan menghambat pengiriman impuls ke ujung syaraf bebas dengan menghasilkan blokade gerbang sodium sehingga terjadi penurunan sensasi. Bahan anestetikum lokal mengubah proses pembentukan dan pengiriman impuls dengan beberapa cara. yaitu dengan mengubah potensial istirahat dasar dari membran sel syaraf. Setelah efek anesthesi lokal selesai. Ion sodium yang seharusnya berikatan dengan reseptor pada membran sel untuk meningkatkan permeabilitas dan membuka gerbang sodium akan berkompetisi dengan bahan anestetikum lokal untuk berikatan dengan reseptor pada membrane sel. terjadi penurunan permeabilitas membran sel sehingga menghasilkan blokade gerbang sodium. General Anesthesia Anestesi umum (general anestesi) atau bius total disebut juga dengan nama narkose umum (NU). Setelah bahan anestetikum lokal berikatan dengan reseptor. 26 2. lalu mengurangi permeabilitas ion sodium sehingga dapat menghambat konduksi impuls. mengurangi rasio depolarisasi. procrasti atio is the thief of ti e . atau dengan menambah rasio repolarisasi. salah satunya yang sering digunakan adalah teori spesifik reseptor. Lokal Anesthesia Anestesi lokal merupakan suatu kondisi hilangnya berbagai sensasi seperti rasa sakit yang terjadi di sebagian tubuh.

Stadium anestesi dibagi dalam 4 yaitu .Stadium III (pembedahan/operasi). dimulai dari hilangnya kesadaran sampai permulaan stadium pembedahan. . dimulai dari pemberian agen anestesi sampai menimbulkan hilangnya kesadaran. atau pasien apendisitis akut dengan lekositosis dan febris. abdominal. ditandai dengan paralisis otot dada. dan membuat amnesia.Spinal (sub arachnoif block) Anestesi spinal merupakan tindakan pemberian anestesi regional ke dalam ruang subaraknoid. Contohnya pasien apendisitis perforasi dengan septi semia. .Stadium IV (paralisis medulla oblongata atau overdosis). .ASA 4.ASA 3. yaitu pasien tidak diharapkan hidup setelah 24 jam walaupun dioperasi atau tidak. bola mata kembali ke tengah dan otot perut relaksasi. juga merelaksasi seluruh otot. dan takikardia.Stadium I (stadium induksi atau eksitasi volunter). yaitu pasien dengan gangguan atau penyakit sistemik berat yang diaktibatkan karena berbagai penyebab. yaitu pasien dalam keadaan sehat yang memerlukan operasi. Maka.ASA 2. palpebra. Contohnya pasien batu ureter dengan hipertensi sedang terkontrol. 27 3. atau pasien ileus obstruksi dengan iskemia miokardium. menghilangkan kesadaran. Plane III. . selain deteksi jantung untuk meminimalisasi kegagalan organ vital melakukan fungsinya selama operasi dilakukan. Bola mata menunjukkan gambaran seperti mata ikan karena terhentinya sekresi lakrimal. selama penggunaan anestesi juga diperlukan alat bantu nafas. midriasis. muntah. . yaitu pasien dengan kelainan sistemik berat yang secara langsung mengancam kehiduannya. Cara kerja anestesi umum selain menghilangkan rasa nyeri. pernafasan tidak teratur. dilatasi pupil.Stadium II (stadium eksitasi involunter). terbagi dalam 3 bagian yaitu. Klasifikasi ASA juga dipakai pada pembedahan darurat dengan mencantumkan tanda darurat (E = emergency). refleks pedal masih ada. Regional Anesthesia (Neural block) . Plane II. bedah rekonstruksi tulang. Untuk menentukan prognosis ASA (American Society of Anesthesiologists) membuat klasifikasi berdasarkan status fisik pasien pra anestesi yang membagi pasien kedalam 5 kelompok atau kategori sebagai berikut: . yaitu pasien dengan kelainan sistemik ringan sampai sedang baik karena penyakit bedah maupun penyakit lainnya. . pengangkatan batu empedu. bola mata bergerak-gerak. misalnya pada kasus bedah jantung. Plane I yang ditandai dengan pernafasan yang teratur dan terhentinya anggota gerak. Varo 08|30 never do tommorow what you can do today. ditandai dengan respirasi regular. dapat terjadi urinasi dan defekasi. Tipe pernafasan thoraco-abdominal. Contohnya pasien tua dengan perdarahan basis krani dan syok hemoragik karena ruptura hepatik. inkontinensia urin. pulsus cepat dan pupil dilatasi. hipertensi. Pada stadium II terjadi eksitasi dan gerakan yang tidak menurut kehendak. procrasti atio is the thief of ti e . ditandai dengan respirasi thoraco-abdominal dan bola mata ventro medial semua otot mengalami relaksasi kecuali otot perut. .ASA 5. misalnya ASA 1 E atau III E. dan lain-lain. ANESTHESIA dan ANALGESIA tindakan operasi besar yang memerlukan ketenangan pasien dan waktu pengerjaan lebih panjang.ASA 1. konjuctiva dan kornea terdepresi. Hal-hal yang mempengaruhi anestesi spinal antara lain jenis obat. Rasa takut dapat meningkatkan frekuensi nafas dan pulsus.

ANESTHESIA dan ANALGESIA dosis obat yang digunakan. Balanced anesthesia biasanya menggunakan agen berikut ini: . felum terminale dan kantong dura. Varo 08|30 never do tommorow what you can do today.analgesia – pain control . Bagian atas berbatasan dengan foramen magnum dan dibawah dengan selaput sakrogliseal. Epidural Anestesi epidural ialah blokade saraf dengan menempatkan obat pada ruang epidural (peridural. ekstradural) di dalam kanalis vertebralis pada ketinggian tertentu. berat jenis obat. posisi tubuh.autonomic arefleksia. Ruang epidural berada di antara durameter dan ligamentun flavum. Anestesi epidural sering dikerjakan untuk pembedahan dan penanggulangan nyeri pasca bedah. 1992). obesitas. pleksus venosus. sehingga daerah setinggi pernapasan yang bersangkutan dan di bawahnya teranestesi sesuai dengan teori dermatom kulit (Bachsinar.anesthesia-hypnosis. memakai anticholinergik yang menurunkan sekresi untuk mempermudah intubasi dan mencegah bradikardi karena depresi neural. dan beberapa 28 obat diberikan selama pembedahan untuk efek terapi dengan doses lebih rendah. penurunan tekanan darah saat pembedahan supaya tidak banyak perdarahan. Caudal Anestesi kaudal sebenarnya sama dengan anestesi epidural. kehamilan. tatalaksana nyeri saat persalinan. efek vasokonstriksi.dengan menurunkan fungsi system saraf simpatik . tekanan intra abdomen.areflexia – muscle relaxasi . karena ruang kaudal adalah kepanjangan dari ruang epidural dan obat ditempatkan di ruang kaudal melalui hiatus sakralis. procrasti atio is the thief of ti e . memfasilitasi amnesia. dan penyebaran obat.Preoperative medication. pasien bisa diberi pelumpuh otot dan anestesi intravena kerja cepat untuk menginduksi anestesia dan diberikan gas anestesi untuk membalance selama prosedur pembedahan dan untuk menghasilkan recovery yang cepat. .Antihistamine untuk mengurangi reaksi alergi dan sekresi . usia pasien. lengkung tulang belakang. dan tambahan pada anestesia umum ringan karena penyakit tertentu pasien .anxiolisis. Ruang kaudal berisi saraf sacral.Sedative-hypnotics untuk merelaksikan pasien. . Misalnya. dan mengurangi stimulasi simpatis . Balanced Anesthesia Balance anesthesia adalah proses dinamis yang mengabungkan berbagai agen anesthesia dalam proporsi yang optimal untuk menghasilkan 6 tujuan anesthesia yaitu . 4. Hiatus sakralis ditutupi oleh ligamentum sakrogsigeal tanpa tulang yang analog dengan ligamentum supraspinosum dan ligamentum interspinosum. loss of consciousness\ .Narkotik untuk menghasilkan analgesia dan sedasi .amnesia – loss of recall .pre op dan intraoperatif Pada saat ini belum ada satupun agen anesthesia yang secara tunggal mampu menghasilkan ke 6 tujuan tersebut. .Antiemetik untuk mengurangi nausea dan vomiting karena depresi GI Obat tersebut diberikan sebelum anestesi untuk memfasilitasi proses.

yaitu PONV alias Post Operative Nausea and Vomiting. penekanan refleks otonom. pemeliharaan stabilitas kardiovaskular. tidak terganggu dengan lingkungan dan sekitarnya. Neurolepanalgesia ditandai dengan analgesia. 6. Anestesi Neurolep bersifat : .Amnesia . Neurolept Anesthesia Anestesi neurolep adalah anestesi yang dihasilkan dari administrasi obat neuroleptic. orang menjadi tenang. aktifitas motoric dan kepekaan terhadap rangsang sakit menurun. PONV adalah perasaan mual muntah yang dirasakan dalam 24 jam setelah prosedur anestesi dan pembedahan. dan amnesia pada sebagian besar. tetapi juga sampai ke beberapa seluler.Gerakan (-) Contoh obat-obatan neuroleptic termasuk fenotiazin (misalnya. Neurolepanalgesia bisa dikonversi menjadi neurolepanestesi dengan pemberian gas N2O +O2. Konsep dari neurolepanalgesia yaitu memblok bukan hanya respon dari cerebrocortical. Intinya dalam balanced anestesia ini tujuannya adalah anestesia itu harus seimbang bisa dilakukan dengan memberikan lebih dari satu obat anestesia atau lebih dari satu teknik anestesia demi terciptanya kondisi pasien yang optimal. haloperidol dan droperidol). melibatkan obat penenang utama (droperidol. Tapi balance anestesia ini ada efek sampingnya. tapi tidak semua. procrasti atio is the thief of ti e . nitrous oxide ( N2O) dengan oksigen (O2). Lundy memperkenalkan terminologi balanced anestesia yang merupakan kombinasi regional analgesia dan anestesi general dengan beberapa agent anestesi sehingga nyeri bisa dihilangkan dengan seimbang (balance) beberapa agent atau teknik. bersama- sama dengan inhalasi nitrous oxide (N2O) dan Oksigen ( O2).Terjadi analgesia . dan mekanisme otonom yang biasanya diaktifkan melalui stimulasi bedah. C. tetapi kembalinya kesadaran cepat setelah inhalasi N2O nya dihentikan. Induksi anestesinya lambat. Sehingga dengan demikian setiap rangsangan yang diterima dapat dinterpretasikan lain. secara tadi kan dikasih banyak obat anestesi makanya bisa PONV. Sebelumnya konsep balanced anestesi telah diperkenalkan oleh George Washington Crile yang menyatakan bahwa stimulasi fisik dapat dihilangkan dengan light general anaesthesia. endokrin. dimana kecemasan. 5. Atau bisa juga diartikan bahwa anestesi neuroleptik adalah keadaan neurolepanalgesia dan ketidaksadaran yang dihasilkan oleh pemberian kombinasi analgesik narkotik dan (agen antipsikotik) neuroleptik. PENATALAKSANAAN ANESTHESIA Varo 08|30 never do tommorow what you can do today. butyrophenone) dan analgesik opioid yg potent/ kuat (fentanyl). Neurolepanalgesia yaitu suatu bentuk analgesia yang dihasilkan dari penggunaan neuroleptik dan analgesia secara bersamaan. dengan atau tanpa relaksan neuromuskular.Somnolen tanpa hilang kesadaran . Dissociative Anesthesia Anestesi disosiasi (Dissociative Anaesthetic) dapat mengakibatkan gangguan fungsi 29 dan elektrofisiologi antara Thalamo-neorocortical dan Limbic Sistim. ANESTHESIA dan ANALGESIA Pada tahun 1926 John S. pasien. tidak adanya aktivitas motorik klinis jelas. analgetik narkotik. Tahap ini disebut ganglioplegia atau neuroplegia (hibernasi buatan). klorpromazin) danbutyrophenones (misalnya.

Keep secker instanly – Section dalam keadaan siap sedia 6. ANESTHESIA dan ANALGESIA 1.Facemask . Always have some one who can apply cricoid pressure – Selalu menyiapkan seseorang yang selalu siap memonitor tekanan cricoid 30 Varo 08|30 never do tommorow what you can do today. General GENERAL : Induksi – Inhalasi – Intravena/intramuscular – Rectal INTUBASI : – Awake – Inhalasi – Relaksasi : dengan penggunaan obat pelumpuh otot TEKNIK : . procrasti atio is the thief of ti e . Put him/her on tipping table – posisikan pasien pada meja operasi 4. Do an adequate preoperative assesment – Melakukan penilaian pre-operatif yang adekuat 2.Intubasi endo/nasotracheal D. Have a vein open – infus atau intravena line harus sudah siap 9. Lokal Anesthesia (Bagi yang koorperatif) 2. Be Ready to control his/her ventilation – Selalu siap untuk mengontrol ventilasi/pernefasan pasien 8. THE “ TEN “ RULES OF ANESTHESIA 1. Starve him/her – Puasakan pasien 3. Keep His/her airway clear – Menjaga jalan nafas 7. Check his pulse and blood pressure – Periksa denyut nadi dan tekanan darah 10. Check your machine and cylinder before you start – Cek mesin anesthesi dan silinder sebelum mulai 5.

Coma 9. Eksanguinasi 6. Cardiovascular depresion G. Muscle twitching 7. F. Asysrole Primer 0 Menit 3. Light headedness 4. Syok Varo 08|30 never do tommorow what you can do today. ventilasi yang adequat o k/p ventilasi buatan 3. Anoksia 2 – 3 Menit 31 4. Pernafasan o Oksigenasi lewat masker. Obat – obatan yang lain (Anti kejang) o Diazepam o Penthotal o Obat kardiotonika H. procrasti atio is the thief of ti e . Circumforal numbness 2. # VIGILANCE # @ THE EUROPEAN ACADEMY OF ANESTHESIOLOGY . GEJALA TOKSISITAS OBAT LOKAL ANESTESI 1. Anxiety 6. Gagal fungsi paru 7. Fibrilasi Ventrikel Primer 0 Menit 2. HENTI SIRKULASI (CARDIAC ARREST) DAPAT DISEBABKAN 1. Respiratory Arrest 10. Grand mal convulsion 8. @ THE AMERICAN SOCIETY OF ANESTHESIOLOGIST . Sirkulasi o Naikan kedua kaki o Pasang infus o k/p pemberian obat – ibat kardiotonika 4. Tinnitus 3.( IDSAI ) # WASPADA DASA NETRA #  ini artinya : dasa artinya sepuluh sedangkan netra artinya penglihatan jadi waspada dasa netra itu artinya dokter anesthesi harus punya mata yang banyak karena banyak yang harus dikontrol dan diperhatikan. Jalan Nafas o Pastikan bersih o k/p suction 2. CREDO PERHIMPUNAN ANESTHESIOLOGIST @ THE ASSOCIATION OF ANESTHETIST OF BRITAIN AND IRELAND # IN SOMNO SECURITAS # ( SAFETY IN SLEEP ). # DORMITAS PROTEGO # @ THE NEW COLLEGE OF ANAESTHETISTS ( THE FACULTY OF ANAESTHETISTS OF THE ROYAL COLLEGE OF SURGEON OFENGLAND ) # DEVINUM SEDARE DOLOREM # ( PRAISWORTHY TO RELIEVE PAIN ) @ IKATAN DOKTER SPESIALIS ANESTESI INDONESIA . Asfiksia / Obstruksi jalan nafas/ Apneu 5 – 12 Menit 5. ANESTHESIA dan ANALGESIA E. TERAPI 1. Visual disturbances 5.

Gagal fungsi otak Pada pasien henti sirkulasi akan terjadi : . EEG normal.Sampai 5 menit akan terjadi mati suri dan bila teratasi pasien masih bisa sadar. tidak sadar. procrasti atio is the thief of ti e . ANESTHESIA dan ANALGESIA 8. nafas spontan. mati otak. . . nafas spontan dan neurologi normal.Sampai 10 menit pasien sadar atau stupor. .Sampai 20 menit pasien apneu. nafas spontan namum dapat terjadi defisit neurologis.Sampai 15 menit pasien kesadaran menurun. status vegetatif. EEG isoelektrik. 32 Varo 08|30 never do tommorow what you can do today.

otak berhenti berfungsi menjadi mati biologis otak dan organ vital rusak irreversible. procrasti atio is the thief of ti e . ahli kebidanan Scotlandia. Kemudian popular digunakan oleh Queen Victoria saat melahirkan Prince Leopord (1847) 33 Varo 08|30 never do tommorow what you can do today. Resusitasi Jantung Paru dilakukan jika terjadi 1. RESUSITASI Resusitasi adalah pengembalian reversing proses akut yang menuju kematian Dalam Pelaksanaannya resusitasi dilakukan untuk mencegah mati klinis mati suri. Cardiac arrest / henti jantung KEMATIAN KARENA ANESTESI ( PERTAMA YG DILAPORKAN ) Nama : Hannah Greener Jenis : Wanita Umur : 15 Tahun Operasi : Ekstraksi kuku ibu jari kaki Anestesi : Chloroform Tempat : Country Durham (United Kingdom) Waktu : Januari 1848 NB : Chloroform digunakan pertama kali tahun 1846 oleh James Simsons. ANESTHESIA dan ANALGESIA I. Respiratory arrest / apneu / henti nafas 2.

Tanpa kerusakan jaringan yang nyata tetapi penderita menggambarkannya (described in terms of such damaged) Alhamdulillah selesai juga. KESIMPULAN : 1. 34 Varo 08|30 never do tommorow what you can do today. Pengalaman emosional yang melibatkan afektif 3. Kerusakan jaringan yang nyata (nyeri akut) 4. Nyeri merupakan sensorial yang tidak menyenangkan 2. semoga bermanfaat Wassalamualaykum W. W. procrasti atio is the thief of ti e . ANESTHESIA dan ANALGESIA J.

Kalau di Indonesia bagaimana? Bisa saja lebih tinggi dari USA. nah. baik karena kecelakaan lalu-lintas.B. apa sih abdomen itu? Abdomen itu adalah rongga terbesar dalam tubuh. kurang khas. Kalau organ abdomen berarti rongga yang ada di antara diafragma dan pelvis. Gini deh tak kasih info batas-batas rongga abdomen biar lebih sedikit jelas : Di atas : diafragma Di bawah : pintu masuk panggul dari panggul besar Di depan dan dikedua sisi : otot-otot abdominal. Inget kah kalau mau mengetahui adanya jejas di punggung pasien dengan cara apa? Yup! Log roll. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Trauma Tumpul Abdomen Dr. semisal ditanya apakah hepar itu organ abdomen? Yes. – penurunan kesadaran. dalam artian tiap ada kejadian apapun itu dicatat oleh petugasnya. yang selanjutnya akan disingkat menjadi TTA. Permasalahan yang dijumpai dalam TTA – pemeriksaan fisik sering kabur. Jadi. trauma Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . tidak jelas.000 orang di Amerika meninggal akibat trauma. Kalau dilihat secara angka memang nilainya cukup tinggi kan? Hal itu karena system medis di sana sudah baik kawan. berbeda dengan cursh injury atau tersengat listrik. Bentuknya lonjong dan meluas dari diafragma sampai ke pelvis. Sagiran. 15-05-1 tanggal cantik Pendahuluan Kali ini kita akan belajar soal Trauma Tumpul Abdomen. di belakang abdomen itu ada vertebra). terbakar.. dan overdosis alcohol dan narkoba Frekuensi Taukah kamu jika tiap tahun terdapat 150. loh kenapa? Karena sebenernya TTA ini itu masih dapat diupayakan penanganannya. keracunan dan lain-lain. dr.Kes Editor : ranum anggun Jumat. jatuh. M. it is. tulang-tulang iliaka dan iga-iga sebelah bawah Di belakang : tulang punggung (nah perlu diinget ini ya. cuma orang-orang Indonesia itu lebih seneng 35 mendem. dan otot psoas dan quadrates lumborum Berikut adalah hal-hal mengenai perawatan pasien trauma tumpul abdomen (TTA) – kecepatan sekaligus ketepatan – Missed intra-abdominal injuries – Preventable deaths Maksudnya di sini adalah si pasien gak boleh sampai mati. (jejas = injuri). Maka dari itu diperlukan pengalaman yang cukup. – banyak jejas yang mengacaukan gejala. Menurut National Center for Injury Prevention and Control (2000).Sp. jadi gak dilaporin tuh kejadian-kejadian TTA nya sehingga mungkin terlihat sedikit dibandingkan USA.

jadi entar pohonnya bakal jatuh ke arah Bapaknya.15. sekitar 5 juta orang meninggal karena jejas/injury. Nih kelihatan kan. NT (nyeri tekan) seluruh lapangan perut.00 Tn. dan lebih dari 72. Kenapa bisa gak ada ? karena ada function lesa (kerusakan) dari sesuatu hal…. 73% -nya akibat kendaraan bermotor. makin sakit. mual mau muntah Berikut foto-nya : Tak tampak Bekas jeratan tambang Klinis • Abdomen: TIDAK ADA JEJAS. Nadi itu memberi respon tercepat terhadap perubahan hemodinamik. Secara internasional. 14. Harum Mewangi. ia terseret tambang yang melilit di lengan kanannya. perut mules • TIDAK ADA JEJAS APAPUN DI PERUT • Pasien makin mules. KASUS 20 Nop 2007 jam 11. lagi-lagi harus ingat. Namun pada hari itu pohon tumbang berlawanan arah. missal ada perdarahan si usus bakal tenggelam toh. dia akan menarik tambang saat akan merobohkan pohon. peristaltik (-)/silent abdomen. mereka jatuh pingsan. Nyeri perut. Mual. Pucat. jadi pertama dilakukan adalah pengecekkan nadi baru tensi gitu. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN menjadi penyebab kematian pertama pada kelompok umur 1-44 tahun. Data lebih lanjut menguraikan kematian umur 15-25 tahun itu. Defans muskuler. membentur apa? Kedua orang jatuh. dan penyebab lain-lainnya. Tensi= 110/70 N=100. Apa itu halnya…? Bisa dari si usus itu sendiri. Jadi ingat. • 2 hari dirawat di RS terdekat. 3 juta orang datang ke UGD RS untuk pertolongan trauma ringan. tensi masih normal tapi nadi udah mau naik aja tuh. Apa itu silent abdomen ? keadaan dimana si perut ngga terdengar ada suara peristaltic sama sekali. Bapak harum tidak ingat bagian tubuh yang mana. 23 th (nama disamarkan) adalah seorang pekerja penebang pohon.113 -nya mati karena kecelakaan.000 mengalami kecacatan. karena makin sakit akhirnya si Bapak dirujuk ke RS PKUM Jogja saat tiba di UGD: 23 Nop 2007 jam 18. nyeri. • Vital Sign ? INGAT!! INGAT! INGAT! Ingat kalimat ini baik-baik ya. tali dilepas. dengan keadaan 36 Pasien sadar. pada tahun 1990. Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . NADI. Kemudian di tahun 2001. kemudian ia bertabrakan dengan pekerja lain di depan. pusing. missal ada ileus paralitik. flat. Pada pemeriksaan ditemukan : • Luka lecet bekas lilitan tali.

laserasi kapsular < 1 cm dalamnya  Grade II : hematom subkapsular 10-50% permukaan. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Pertanyaan dulu! Bisa dilihat di gambar kronologis Kapan bapak tersebut masuk ke rumah sakit? tgl 21 Mbak. belum ada adaptasi tubuh. Jadi perdarahan itu udah ter-pending gak tertangani 4 hari (sejak kejadian awal). bapak harum ternyata mengalami rupture lien stadium V (lima). Inilah yang disebut hemodilusi. lihat Hb nya! 5. laserasi kapsular > 3 cm dalamnya atau mengenai pembuluh darah trabekula  Grade IV : laserasi mengenai pembuluh darah segmental atau hilar yang menyebabkan devaskularisasi > 25%  Grade V : remuk. AL. Iya betul Mas. Grade lima itu yang seperti apa sih? Menurut AAST (1994). Operasi Laparotomi. walaupun Hb hanya berkurang dikit. ada ruptur subkapsular atau parenkim. Apakah sisa Pop ice nya itu jadi berkurang manisnya? Engga kan? Hal ini itu sama dengan apa yang terjadi pada tgl 22. tidak termasuk pembuluh darah trabekular  Grade III : hematom subkapsular >50% permukaan. terus kita tambahin air putih sampai penuh . engga berkurang tuh kelarutan Hb nya dalam darah. nah kita minum tuh setengah gelas. begitu. yang terjadi pada tanggal 23 (si Hb turun drastic. Setelah di USG dan Laparotomi. hematom intraparenkim diameter < 5 cm. Kemudian tgl 22 dicek juga. Hmt. laserasi kapsular 1-3 cm dalamnya. maka rasa manis Pop )c e nya akan berkurang. cedera vaskular daerah hilar dengan devaskularisasi limpa 37 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . tapi Cuma Hb aja (10.5 Mas ! sangat gawat kan? Disaat itu barulah mereka ngambil intervensi setelah lihat Hb yang kecil itu. Tapi lain lagi ceritanya kalau itu Pop Ic*e karena tinggal setengah gelas. (just info)  Grade I : hematom subkapsular < 10% permukaan. manis kan tu Pop )c e –nya. kerusakan intraparenkim diameter > 5 cm. Tapi di tgl 23 itu. Nah tanggal 21 baru masuk dan hanya diperiksa Hb aja. dilakukan USG. masih merelakan darah pergi.4) . Kasian kan? Kenapa sih kok tgl 22 Hb –nya turunnya dikit engga kaya di tgl 23? Jadi kita umpamakan kalau kita beli Pop )c*e 1 gelas. atau si manisnya Pop )c e udah berkurang gitu Mas. Kita kembali lagi ke kasus.

TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Temuan hasil operasi 23-11-07 jam 20. Darahnya itu dari arah lien. Eh mbak. Kemudian dilakukan splenektomi dan Adhesiolisis (pembebasan perlekatannya). penyesalan suka diakhir ya? T__T Patofisiologi • Deselerasi • Himpitan • Kompresi luar 38 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Yang disayangkan adalah. Ditemukan seluruh sistema usus adhesi (berlekatan) grade IV. tapi saya nge-net dapet kaya gini. keluar darah lama tak henti-henti. atau ketika bertemu dengan resistensi tiba-tiba/mendadak ketika melakukan kontraksi kuat. Dilihat liennya. CMIIW. lien ruptur dan avulsi total.. apa itu avulsi? Saya juga gak tau Mas.00 Setelah Peritoneum dibuka. disebutkan ada 3 Liter. kenapa engga dicari Klinis dan Vital sign pasien saat dari dia masuk? Kan kalau dicari dulu engga bakal gini jadinya. harusnya pada pembukaan normal itu gak keluar darah loh. Avulsi adalah kondisi ketika otot terentang kuat melampaui kebebasan kemampuan jangkauan gerak.

hepar dan ginjal. masih pula di alasin pake vertebra. tengah2nya ada sayuran kan? Sama kaya organ abdomen. rasanya tuh seperti ayam digeprek sama mutu. Kok kaya pantun ya. 2nd si Hepar. di depan ada gaya benturannya. • Jadi ketika ada benturan dari depan. eh di belakang ada tulang vertebra. Periiiih… Mekanisme ini sering mengakibatkan pecahnya organ-organ padat yang rentan seperti lien. 1st Lien (yang sering rupture dan berdarah) . Nah ini tadi yang dibilang. di depan ada roti. udah di uleg masih aja di alasin pake cobek. Jadi si hati itu lebih strong kok sebenarnya dibandingkan Limpa : 39 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . • Penggantung ren yang robeknya juga lebih dekat ke arah vertebra dari pada hilusnya. dialasin sama cobek. di belakang ada roti. • Aorta akan lebih mudah robek di bagian distal tempat fiksasi dengan vertebra dibanding bagian arcus arota yang lebih mobil. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Deselerasi • Menyebabkan gerakan berlawanan diantara struktur yang berdekatan. 3rd si Ginjal (untuk organ padat aja). • Terjadi gaya memotong pada penggantung alat-alat dalam terutama di dekat titik fiksasinya.Mbak? Himpitan • Terjadi himpitan antara dinding depan abdomen dengan collumna vertebralis mengenai organ dalam. Udah di kasih gaya. organ-organ abdomen itu bakalan seperti terhimpit. terhimpit gitu. Kayak sandwich aja. seakan-akan organ ini itu di bikin ayam geprek aja.

inget yak. Trauma tumpul abdomen. (tanda stop). lama-lama ditup terus. yang kanan Inaho*pasien kita Mana yang mau kita tangani dulu? Slaine –kah karena dia tampan? Tidak. Kita tolong Inaho (yang 1 jam itu). Merah : sama kaya lampu bangjo. akan pecah. kuning. tandanya pasien udah kritis. Missal. Kalau bangjo kuniing dilama-lamain kan bakal jadi warna merah kan? Sama kaya pasien juga kalau engga ditangani nanti bisa jadi triase merah. jika kita ngasih tekanan terus menerus hingga batasnya. Gimana num maksudnya? Jadi gini Mbak. Udah inget kan? Nah kalau kita tiup terus menerus jel merahnya. berarti mungkin luka nya serius dibandingkan Slaine (3jam baru muncul syok). lupa? Nih lihat dulu biar inget. Klinis • Lakukan initial assessment of a trauma patient. • Saat tekanan memuncak tinggi terjadilah ruptur pada organ-organ berrongga (Hukum Boyle). sedangkan Inaho dapet TTA 1 jam yang lalu. maksudnya itu mentriase pasiennya. Ada TTA. Merah. kita tiup pakai sedotan kecil warna kuning. begitu. maka akan terbentuk balon kan. mau maju bablas apa diem aja ya? Jadi pasien ini itu masih ragu. Hayo apa TTA? Masa lupa. TRIASE Triase sendiri itu memiliki 4 warna. Kuning : ragu-ragu . num. Nah missal nih ada 2 orang pasien datang ke puskesmas. ijo (kayak lampu bangjo) sama hitam. Yoroshiku Onegaishimasu ! yang kiri Slaine. Mbak. Itulah hukum Boyle. keduanya datang dalam keadaan syok. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Kompresi luar • Gaya kompresi luar yang mengakibatkan kenaikan tekanan intra-abdomen yang mendadak dan dramatis. maksudnya STOP kita harus lihat nih keadaan pasien sesegera mungkin. Triase itu apa sih? Yah intinya buat nentuin pasien mana yang mau ditangani dulu. Kita sebagai dokter seorang diri nih. 40 ragu status kritisnya. Slaine dapet TTA sekitar 3 jam yang lalu. Jadi hukum Boyle itu kayak missal kita niup Balon AA jaman SD dulu. Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . bukan. Jadi maksudnya. Masih inget hokum Boyle Mbak? (gentian mbak-mbaknya yang ta panggil). Slaine dan Inaho. Jadi apa itu hukum Boyle Mbak? Balon AA. organ rongga tersebut akan pecah. kenapa? Karena dalam waktu 1 jam aja udah bikin syok.

Bayangkan kalau masuk ke hitam. ntar malem- malem malah ada suara minta tolong dari kamar mayat  terus pas jaga malem kita malah lari karena ketakutan. hepar (30%). alias dimasukkin ke kamar mayat. – Gambar di atas ini merupakan contoh dari trauma tumpul ya. luka tusuk : hepar (40%). yaudah deh tuh Inaho jadi hitam beneran. – posisi penderita dalam kendaraan. pukulan samping. organ yang paling sering terkena : 1. Sedikit bahas aja ya. diafragma (20%) dan colon (15%) 2. Maksudnya pasien baik-baik aja kok kondisinya. (sebenernya ya jangan sampai salah triase juga sih). dan luka senapan. Jadi jika kita bingung nih si Slaine masuk hijau apa kuning ya? Ya gak apa-apa kalau kita salah men-triase hijau ke kuning karena nanti dia bakal tetap bakal ditanganin. trubuk belakang atau berguling). maju terus. lancer jaya. dan PD abdominal (25%) 41 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Trauma tajam itu seperti luka tusuk. – jenis seat belt (sabuk pengaman). – masuk ke bawah mesin. Tapi jangan sampai si Inaho yang triase merah itu malah salah triase masuk ke kuning. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Hijau : itu baik-baik aja . usus halus (30%). Cuma ada luka-luka ringan. luka tembak : usus halus (50%). luka tembak. • Riwayat trauma meliputi – kecepatan kendaraan. colon (40%). Oh ya pengen tau kebalikan trauma tumpul Mbak-Mas? Yaitu trauma tajam. – jenis tabrakan (dari depan. atau bahkan malah masuk ke triase hitam. Hitam : sudah meninggal. dari pinggir.

cervical itu kan lanjutan dari foramen Magnum yang sebagai tempat keluarnya batang otak (medulla oblongata). Nah bahas dikit nih. karena biasanya (biasanya loh ya) . kenapa cervical itu begitu penting ya? Karena eh karena. sedangkan Medulla oblongata itu sendiri kan pusat respirasi. bisa lihat itu gambar ke dua dari kiri? Itu mungkin bukan TTA yang dominan. Kenapa? Kan seat belt itu mencegah dari bahu sampai pinggang aja biar ga maju ke depan. tapi ga mencegah leher dan kepala maju. bapak baju biru tua dibelakang itu sedang mengfiksasi leher korban. Seperti gambar di atas. nah kalau tiba-tiba dalam kecepatan tinggi banget bawa mobil terus terjadi kecelakaan. trauma akibat tabrakan itu menyebabkan cedera spinal. bisa-bisa medulla oblongata-nya terkompresi sehingga membuat apneu. Begitu shob. Jadi ketika ada cedera cervical. kita malah gak hati-hati. maka akan terjadi hentakan kuat bagi si leher dan kepala. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN astagfirulloh. So hati-hati dalam mengemudi gaes! Sekarang tebak-tebakan ! 42 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . tapi cervical damage teman.

DIbawa ke UGD Mbak. Nah jika pasien adalah anggota BPJS kelas III. Sehingga kita perlu membawanya ke kamar operasi. dengan estimasi kita memberikan infus RL. aku akan menganalisis dulu. Pinter… Kalau dari gambar ini. 1 dokter anastesi. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Dari gambar di atas. 1 dokter bedah. soalnya dia luka-luka. dari gambar tersebut terjadi fraktur di bagian anterior mobil derajat III. num. saya angguk-angguk saja. alat bedah steril. 43 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . pasiennya mau dibawa kemana Mbak? Sebentar num. bla bla bla… biar saya hitung dulu keuntungan dalam sekali operasi ya num . sepertinya pasien akan mengalami yang namanya trauma abdomen. mau dibawa kemanakah pasien ini ? Mau dibawa kemana~ hubungan kita~~ Hush jangan nyanyi Iya maaf Mbak maaf. Jadi bla bla bla… Ya deh Mbak.

sebenernya saya heran Mas. Saya mah bawa ke ICU aja deh karena sepertinya dia kena cedera kepala berat. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Nah kalau gambar yang di atas ini mau di bawa kemana Yang? Duh jadi malu dipanggil gitu. doakan khusnul khotimah saja ukhti. Bagus !!! Eyang pinter deh! Nah Mas. ukhti…. di dunia ini ada ya ban Truk segede gitu? Ada yaaa? Ada?? Di Dunia ini tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT. jleb jleb 44 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Subhanallah: . yang ini mau dibawa lari kemana ? wassalam.

GCS(E=4. Control bleeding bisa dengan tekan langsung. Unsur-unsur penting yang berkaitan dengan riwayat penyakit : • Social history. jaw trust. reflek cahaya. jangan lupa tuh buntutnya ikut dibaca. • Disability Apakah ada pasien itu gak bisa gerakin kaki. CT skan abdomen. including history of substance abuse • Events leading to the incident • Time of last meal Kalau disingkat jadi ”SETIMPA + i” . cegah pasien hipotermi. ambu bag. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Beberapa informasi lain yang berguna • apakah ada yang meninggal. tapi Circulation and control bleeding yak • Airway. Semisal TBC. sandal jepit dilingkerin ke leher juga bisa • Breathing and ventilation Breathing: diberikan 2x nafas tiap habis 30 kompressi (saat intubasi tidak terpasang). atau tiap 5-6 detik (saat intubasi terpasang) terus menerus walaupun masih dilakukan kompresi. • apakah korban sedang mabuk. atau 100x dalam 1 menit. dan tornikuet (sekali-kali tornikuet dibuka agar tidak terjadi nekrosis jaringan yang masih sehat) Gengs. Protokol ATLS : • Circulation and control bleeding Circulation itu yang kompresi dada 30x. V=5. • Immunization status • Medications ini maksa banget • Past medical and surgical history • Allergies • Information from family and friends 45 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . reaksi pupil. Ventilation : yah pemberian Oksigen. Lavase Peritoneal Diagnostik (LPD). tekan tidak langung. lihat ada tidaknya jejas. jangan cuma tau C itu Circulation. with C spine precautions Airway : head tilt. • apakah ada riwayat penyakit lain. M=6 ). chin lift. • Exposure Sensasi nyeri. C spine dijaga : collar neck . epilepsy. tangan? Kesulitan gerak? Ketidakmampuan.

Organ padat Organ beronggaa Kalau menurut aku sih itu bagan udah jelas banget ya. penanganannya? Tetep laparotomy dong. kalau organ berongga kita harus curiga kalau ini peritonitis engga? Makanya jika pasien STABIL dengan TANDA PERITONITIS (+) itu biasanya dari organ BERONGGA. 46 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Num ga kelihatan eh terlalu kecil. kita focus pada sisi kanan ya sekarang (trauma tumpul). makanya akan langsung di laparotomy. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN ini adalah algoritme penatalaksanaan trauma abdomen. kita curiga ada trauma di organ berongga. Tapi kalau pasien ternyata STABIL aja. Biasanya kalau rupturnya ORGAN PADAT itu akan menimbulkan ketidakstabilan hemodinamik. kecuali jika pasien stabil dan GAK ada tanda peritonitis (cukup rawat+observasi). Oke oke. saya perbesar nih. apapun jenis trauma-nya lakukan LAPAROTOMI.

. Perlu dilakukan: . Jadi kalau ada darah di Morrison Pouch (antara hepar dengan ginjal) langsung operasi aja. lien. Mas. hepar. Biasanya Nadi-nya normal nih mas.DPL . Kalau di pria itu : antara vesica dengan rectum. Frekuensi Penyebab Perdarahan • Lien 40-55% (padat) • Hepar 35-45% (padat) • Usus 5-10% (rongga) • Kidney <5% (padat) • Retroperitoneal hematoma Klinis – Hemodinamik • Hipotensi dan takikardi (perdarahan menyebabkan hipovulemi) • Lokasi nyeri – Lien  kuadran kiri atas – Hepar  kuadran kanan atas – Kidney  region flank (daerah boyok) – Bowel  epigastric – Pancreas  mid abdomen Gejala penyerta • Hematuria tjd pd trauma ginjal • Darah di GI tract – trauma bowel Jika terdapat kesulitan penegakan diagnosis. dan ginjal pasien.FAST . NADI. cavum douglas. ginjal. 47 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Kalau di wanita itu : antara uterus dengan rectum-nya. Mbak. ginjal) Perdarahan RUPTUR ORGAN BERONGGA (lambung. Lihat nadi-nya Mas. Kalau yang rupture organ padat biasanya terjadi perdarahan. Nah kalau gak ada? Kita lihat Douglas cavum. Mas. Mas-mas tak kasih info dari kuliah kemarin nih ya. hepar. kalau di Cavum Doglas gak ada apa-apa maka kita cek lien. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN VISCERA ABDOMEN RUPTUR ORGAN PADAT (lien.CT Scanning FAST • Focused abdominal sonogram for trauma • Morrison pouch (hepatorenal space). ada cairan engga? Kalau ada langsung operasi aja. Kalau yang rupture organ berongga kita curigai peritonitis. Nah lanjut lagi ya. Mas. hepar. inget kan kalau perdarahan kita CEK apa dulu? Di awal aku sampai 3x bilang Ingat-ingat-ingat loh. usus-usus) Peritonitis Mbak maksudnya apa 2 garis di atas itu? Maksudnya gini. cavum Douglas itu yang mana yaa? Cavum douglas itu beda-beda antara laki-laki dan wanita. yap betul. Mas.

drain alirkan sesuai gravitasi • Indikasi: pasien tidak stabil. masukkan catheter+cairan RL 1 lt. Ki-kita. jadi harus kita operasi Mas. dek? DPL • Diagnostic peritoneal lavage • Apa sih Lavage? Lavase itu? Lavase adalah Cara: Membuka kecil peritoneum untuk melihat apakah ada darah atau fecal (feses) material. head injury. klinis tanpa jejas/tanda Px • Lab cairan lavage. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Tuh Mas. di Morrison pouch ada blood. dikatakan positif bila : – Eritrosit 100 ribu/mmk – Lekosit > 500 /mmk 48 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . lihat kan gambar USG pertama itu. alkohol.

Ini gambar foto polos (bener gak ya) ruang abdomen dan pelvis ya. nanti insisi tadi tinggal diperlebar ke atas aja. begitu Mbak. yah dilihat aja Frekuensi Penyebab Peritonitis • Ruptur ileum  > 10 jam (angka kuman <<). jadi kita bakal bikin sayatan di bawah umbilicus pasien.karena ada HCl yang sangat asam CT Scanning Hepar Usus Gaster Lien 49 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . karena Angka kuman banyak kejadian peritonitisnya lebih cepet dari ileum • Ruptur gaster  < 4 jam (peritonitis khemis). karena Angka kuman dikit jadi kejadian peritonitisnya lama • Ruptur colon  < 8 jam (angka kuman >>). Kenapa? karena kalau ternyata keluarnya darah/feses nanti kan bakal di bedah. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Nah Mbak.

akral dingin) Hemodinamik stabil dilihat dari Output Urine –nya ya Mbak. nyeri tekan (defans muskuler). amati (hematuri?) – kosongkan (monitoring kecukupan cairan) – Puasakan. Begitu… – Peritonismus: perut flat. tegang. Stabil jika minimal udah 0. tanda shock hipovolumik (pucat. Yang ada tanda panah hitam itu maksudnya free air/ udara bebas.OT (kuliahnya JOS banget) Summary and practical guide • Trauma abdomen menyebabkan 2 kondisi bahaya: – Ruptur organ padat  perdarahan – Ruptur organ berrongga  peritonitis • Tanda klinis: – Hemodinamik (bila perdarahan): NADI.5mL/ Kg BB/ jam. pasang NGT (dekompresi) • Tindakan monitoring: – Balans cairan – Monitor VS – Awasi tanda peritonitis – Persiapan laparotomy • Tindakan khusus: – Siapkan rujukan – Siapkan darah transfusi – Siapkan cairan koloid (bila cairan kristaloid tidak memadahi. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Masih inget shifting dullness? Acites! Bingo! Jadi tidak perlu CT Scan juga gak apa kalau mau cari udara bebas. • Tindakan umum: – Infus RL  guyur (resusitasi cairan) – Pasang DC (dower cateter) . tensi. sementara proses rujukan memakan waktu) • Luka dan bleeding point harus dirawat • Manage multitrauma 50 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Pakai-lah keahlian kita dalam melakukan shifting dullness. harus diinget kapan infus itu terpasang. Jadi. Kan udara itu memberikan gambaran hitam  inget kan kenapa udara memberi warna hitam? *baca kuliah tentang dr. Kuncahyo Sp. pas infus RL dipasang ke pasien. peristaltik (-)/ silent abdomen • Kondisi bahaya akibat Trauma abdomen memerlukan laparotomi eksplorasi: – Internal bleeding  segera! (surgical rescucitation) – Peritonitis  bisa late (> 12 jam) bisa ditunda dulu gitu. supaya bisa memprediksi nanti 4 jam lagi minimal urin-nya harus berapa yang keluar.

Haa? A- adek…. DC. Mbak? Ki-kita? Jadi Mas. darah mengucur. DM tak bisa dinilai. Tn. Mas. RL). ditabrak motor. DC. DM (+) peristaltik (-) Internal Bleeding Resusitasi Surgical RL. jatuh. ia pingsan. Harum terkena benturan keras pas mau narik pohon tumbang itu. 3. Nyeri perut. pengendara sepeda. NGT ? mereka adalah singkatan dari Ringer Laktat (ngasih infus maksudnya. Dower cateter (DC). Kalau organ BERONGGA itu larinya ke Peritonitis. DM/ defans muskular (+). peristaltik (-) 51 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . dan Naso Gastric tube (NGT) 2. kan tadi udah aku ingetin beberapa kali di awal. Disebut Internal Bleeding karena Nadi-nya dan Tensi-nya gak Normal indikasi hemodinamik gak stabil ‘kan Mbak? Betuul Dek. Terus apa itu RL. Nadi= 120 Tensi= 50/0 Perut tegang. (masih inget kan) Nadi= 115 Tensi= 80/50 Pucat. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN KASUS UJI DIRI 1. Setelah 1 jam sampai di UGD RS. lihat dulu tuh si NADI. NGT Rujukan  kok bisa kita Dx sebagai peritonitis. 35 th. pinggang kiri terbentur pembatas jalan. Nadi= 96 Tensi= 130/80 Sadar penuh. NGT  Nah kalau yang ini saya paham Mbak. Pria. dia tutup dengan tangan. Seorang Satpam ditusuk belati oleh perampok. DC. kalau hemodinamik stabil kan kebanyakan itu karena ORGAN berongga. peristaltik ( menurun ) PERITONITIS RL. luka (-) Perut nyeri.

jadi kita bisa tahu bahwa pak satpam mengalami internal bleeding. Seorang laki-laki 47 th menjadi korban penusukan pisau dapur karena terlibat perebutan tanah warisan. DM (-). Rujukan  Repair 52 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Darah yang keluar tidak begitu banyak. terlindas sepeda motor tepat di selangkangan dan melintasi panggul kirinya. Luka menganga lebar. peristaltik (-) PERITONITIS RL. DC. luka (-) Perut nyeri. luka (+++) Perut nyeri. Nadi= 90 Tensi= 120/80 Sadar penuh. DC. 5. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN Internal Resusitasi Surgical RL. DC. luka tusuk itu masuk ke dalam Trauma Tajam Abdomen. Mau Peritonitis ataupun Internal Bleeding. peristaltik (+N) Pelvis fraktur. Coba buka algoritme di atas itu. laserasi vulva Laserasi berat. NGT. Seorang gadis 20 th. NGT  Ini juga karena hemodinamik gak stabil ya gengs. pentalaksanaannya itu tetep RL. Setelah aku amati sekilas. Defans Muskuler (+). Nadi= 96 Tensi= 130/80 Sadar penuh. 4. Iya ternyata beliau peritonitis. Dc. dan Laparotomi ya. waktu kencing keluar darah. open fracture RL. NGT Rujukan  Laparotomi Ini adalah luka tusuk. Di sana ada tulisan jika luka pisau lihat tanda-tanda peritonitis.

mengalami patah tulang paha kiri terbuka. dr sagiran explorasi lagi ke femur. Dan pas dilakukan… Loh kok. Perutnya ditebas celurit. Hemodinamik Unstable. KITA akan CURIGA )NTERNAL BLEED)NG. hemodinamik stabil EVISERASI RL. Korban mengalami perdarahan. Pasien sadar penuh. sabar dulu…. ternyata ada perdarahan femur. 7. dan retroperitoneal (gambar kiri). 19 tahun. Laki-laki. DC. Jangan menghujani editor dengan pertanyaan yang sulit seperti ini. gak akan sampai hemodinamik unstable. korban perkelahian. engga ada darah ya? Ternyata Cuma ditemukan rupture ileum. diserempet truk. NGT Rujukan  Repair lapatotmi Apa itu Evirasi? Gak nemu nih Mas. lambung terbentur bemper. kan kalau rupture ileum perdarahannya gak massif. Tapi kok bis a? Kenapa? Aduuh duh Mbak-Mas sabar. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN 6. Kulit mengelupas. jadi pas dikuliahin kemarin itu.. usus terburai keluar. kalau ada perdarahan ya otomatis bisa nyebabin hemodinamik gak stabil. tetapi sudah berhenti. piye? Evirasi itu sepertinya organ dalam yang terburai keluar. Seorang laki-laki. pelvis. Begitu ya. udah tenang ya? Udah kan? 53 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . kan arteri femoralis itu gede tuh. maka kita lakukan LAPAROTOM).

Metalic sound (+)  tanda khas ileus obstruktif post trauma. Diketahui dari anamnesis. Dirawat 1 minggu. tanda peritonitis tidak jelas. dan beberapa ppt dari lainnya. usia hampir 22 tahun sebentar lagi. QS Al-)sra 1 :3 . penglihatan dan hati. ia habis saja duduk tegak berjam-jam karena harus menyelesaikan editan-nya. teman sebelah bangku yang bantu nge-rekamin kuliah (makasih yaaa). siapakah wanita itu? Kamu mbak. TRAUMA TUMPUL ABDOMEN 8. semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. Seorang wanita. NGT Rujukan  Laparotomi repair 9. Terimakasih udah mantengin sampai akhir.. ILEUS OBSTUKTIF POST TRAUMA RL. Hemodinamik stabil. beberapa sumber internet dari scribd. open it! If there is Nothing. catatan pribadi. Kembali dirawat di RS. 47 th. maaf banyak salah! Semoga ujian-ujian kita sukses dapet A semua ! Jaa mata ne~ (sampai ketemu lagi) Referensi : kuliah Dr. sagiran. Hari ke-10 tidak bisa BAB/flatus. Safe surgery: If there is a doubt. tidak menjalar. Peritaltik meningkat. Duhh. mengeluhkan nyeri pinggang bawah. KLL 12 hr yll. Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Pertanyaannya. Setelah di rumah BAB hitam perut sering kembung. DC. then just close it!* *sengaja ditulis dalam font yang kecil 54 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Abdomen distended. Laki-laki. Sesungguhnya pendengaran. pulang. iya kamu.

anoxia." . Sp. aneurysma aortae  Kehilangan cairan hebat serta cepat : muntaber berat (kolera). Kardiogenik : terjadi kegagalan fungsi jantung tetapi volume darah tetap  Ventrikel gagal memompa darah yang diperlukan  Gangguan ritme jantung : fibrilasi (denyut jantung terlalu cepat sehingga darah tidak sampai ke perifer)  Ketidakmampuan kontraksi otot ventrikel : infark miokard paling sering. gastrointestinal. hipersensitivitas akut. MPH. hipoksemia sekunder karena gangguan 2.AK Editor : chelseavs (varo15) SYOK DEFINISI  Menurut Tobin JR dan Wetzel RC Sindrom klinik terjadi karena : 1. oleh karena itu cadangan jantung anak masih tinggi sehingga mampu dalam batas tertentu tetap mempertahankan "You can not live your life just based on what everyone else thinks. kardiomiopati. DHF  Volume intravaskuler tidak adekuat (absolut & relatif)  pengisian ventrikel menurun  cardiac output menurun  Perdarahan akut sehingga hemodilusi hemo-statik tak sempat berlangsung : trauma perdarahan. kombusio luas. Produksi energi sel yang menyebabkan gangguan mekanisme homeostatik dan kerusakan sel ireversibel  Menurut Bell EM Suatu sindrom akut yang timbul kerena disfungsi kardiovaskular dan ketidakmampuan sistem sirkulasi memberikan oksigen dan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan metabolisme organ-organ vital (definisi menurut Bell EM inilah yang sering dipakai) MACAM SYOK MENURUT ETIOLOGI 1. PEDIATRIC EMERGENCY PEDIATRIC EMERGENCY Prof. Pemakaian oksigen 3. tekanan darah & besarnya nadi turun lebih lambat. Gangg fungsi mikrosirkulasi dan mikrosirkulasi sehingga terjadi insufisiensi menyeluruh dari perfusi jaringan 2. Distributif : volume darah intravaskuler normal tapi sirkulasi/distribusinya kurang  Volume darah intravaskular normal tetapi kekurangan relatif sirkulasi karena dilatasi hebat dari vena dan atau arteri  Trauma atau perdarahan syok neurogenik  Sepsis  endotoksin/lain mediator kimiawi  vasodilatasi dan penurunan tahanan vaskular  Anafilaksi 55  Bisa terjadi karena berita yang mengejutkan DIAGNOSIS  Manifestasi syok awal pada anak itu TIDAK SAMA dengan pada yang dewasa  Pada anak.D. jangan berlebihan diuretiknya karena malah bisa timbul syok) 3.Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 . konsumsi diuretik (jadi hati-hati saat memberikan terapi diuretik pada pasien yang edema. ileus  Cairan keluar dari ruang ekstravaskular ke jaringan interstisil/ruang serosa : DHF. Ph. Djauhar Ismail. peritonitis general akibat perforasi usus (komplikasi pada tifoid)  Cairan banyak keluar dari ginjal : DM. Hipovolemik : terjadi kekurangan volume cairan  sering terjadi pada anak-anak yang mengalami diare.

Pada syok sekresi kortisol 5-10 kali lipat. syok septik . tetapi pada gejala klinis keseluruhan. Pendarahan b. Kemampuan jantung memompa RENJATAN (SHOCK)  Keadaan terganggunya perfusi jaringan yang disebabkan : a.  Lalu apa saja gejala klinis keseluruhan tersebut? . PEDIATRIC EMERGENCY sirkulasi. tekanan darah turun. gangguan sirkulasi. Karena cairan interstisial menurun penambahan cairan sangat mutlak diperlukan memperbaiki gangguan metabolik dan hemodinamik 56 8. DHF  ada pendarahan di kulit  Lalu apa gejala yang terlihat pada pemeriksaan laboratoriumnya? . Tekanan darah vena dan arium kanan menurun OK volume darah menurun 2.Gangguan kesadaran (somnolen apatis) . K+. pCO2.Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 . bisa saja dia sudah syo k namun gak keliatan. Kehilangan air dan elektrolit pada diare yang disertai dehidrasi atau akibat ekstravasi karena inflamasi d." .Hb / Hmt menurun pada pendarahan masif dan terjadi hemodelusi .Glukosa darah : menurun pada syok hipoglikemik.Lain-lain : tanda penyakit primer/etiologi. Peninggian sekresi hormon antidiuretik (ADH) resorpsi air di tubulus distal naik. Menurunnya isi sekuncup  takikardi 3. Anafilaksis PATOFISIOLOGI Bila mana volume intravaskular menurun dengan cepat (10-20%) akan terjadi kompensasi : 1. "You can not live your life just based on what everyone else thinks. base exess. Meningginya sekresi norepinefri vasokonstriksi. jangan dikira itu belum syok. Kortisol intropik positid pada jantung dan memperbaiki metabolisme karbohidrat. Aliran darah ke organ-organ menurun  iskemia 5. Ca++ . DIC. bila pada anak-anak waktu diukur nadi dan tekanan darahnya masih normal. gejala syok pada anak jangan semata-mata didasarkan atas perubahan nadi dan tensi.Gangg. reaksi pupil kurang . Tekanan nadi dan tekanan dosrah sistolik menurun 4. Sekresi renin naik pelepasan angiotensin I dan II naik 10. lemak dan protein 9. nadi cepat dan kecil/lemah respirasi cepat & dalam. Trauma e. Tahanan pembuluh darah c. Mg++. pO2 sat . elektrolit : Na +. kehilangan cairan/plasma atau trauma.Tanda-tanda vital : suhu turun. Jumlah darah beredar b.Hb / Hmt naik pada syok hipovolemik akibat kebocoran plasma .Gangg. Oleh karena itu. Aliran darah menurun  iskema jaringan asidosis metabolis 6.Gas darah : pO2. Kadar hematokrit normal berkisar antara 3 kali nilai Hb . Cairan interstisial akan masuk ke dalam pembuluh darah  hematokrit turun 7. pH. Kehilangan plasma pada luka bakar c. keseimbangan elektrolit bisa muncul : napas Kusmaul (cepat dan dalam) .Pucat . dan distribusi  Peredarah darah  3 hal : a. Jadi maksudnya. efek intropik positif pada miokardium 11.CRP positif pada syok septik RENJATAN HIPOVOLEMIK  Sering dijumpai  pendarahan.

Tekanan darah dan tekanan nadi menurun 4. serta takikardi 3. Riw. Kapiler dan vena kolaps 5. perfusi jaringan 1. kesadaran menurun oleh karena iskemia otak. mis. Pernafasan cepat (manifestasi dari asidosis). rasa haus 2. Penderita gelisah. ekstermitas kulit dingin serta berkeringat 6. faktor -faktor pembekuan "You can not live your life just based on what everyone else thinks. kuncinya adalah : .Anamnesa yang baik . pemeriksaan turgor di perut kurang tepat karena akan cepat kembali turgornya." .Pemeriksaan fisik . kejang. bakteri/kelainan endoktoksin  Sulit Oleh karena itu.: Dengue Shock Syndrome Pemeriksaan : Hb. Hmt. aliran ke ginjal turun dan filtrasi glomerulus turun 7.Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 . Hipovolemik  vasokontriksi di ginjal. jadi pada anak yang gemuk periksanya di tempat lain yaitu di paha sebelah dalam)  Pernafasan  Frekuansi dan tipe pernafasan (kusmaul)  Suhu tubuh & kulit  Keadaan jantung  Gejala neurologik TINDAKAN SEGERA 57  Infus  Analisis gas darah (astrup)  Kateterisasi vena sntralis dan pengukuran tekanan vena sentralis (cup-central venous pressure)  Kasusu pendarahan. Pucat. trauma kepala PEMERIKSAAN FISIK Keadaan Umum :  Kesadaran  Tekanan darah  Pemeriksaan nadi (frekuensi. amplitudo)  Keadaan dehidrasi  dinilai dengan pemeriksaan turgor di perut pada anak-anak (bila anak gemuk. AT. nadi teraba kecil dan cepat. PEDIATRIC EMERGENCY MANIFESTASI KLINIS  Tergantung dari banyaknya kehilangan cairan dan beratnya gangg. Oligouria produksi urin  parameter perfusi jaringan  Tidak selalu mudah menentukan sebab atau patogenesis Syok 1. Riwayat diare  Jelas 2.Laboratorium ANAMNESA  Diare  Muntah  Perdarahan  Tidak mau makan dan minum  Luka bakar  Ada gejala infeksi  Kelainan jantung  Menderita Diabetes  Rentang reaksi alergi/anafilaktik  Kelainan neurologik berupa : kesadaran turun. Riwayat pendarahan  Jelas 3. Riwayat luka bakar  Jelas 4.

Haemaccel 3. Mencegah terjadinya pulmonary leak 4. Sutosan.Menaikkan volume darah . BD. 3.Merangsang diuresis .Isoproterenol .Lebih fisiologik dan mengandung buffer (Na laktat)  Kadang diperlukan obat-obatan simptomimetik . Perison. Kostokosteroid mempunyai efek inotropik positif 2. osmolalitas. Bila cairan telah cukup diberikan." .Dopamin (inotropin)  jarang diberikan. PEDIATRIC EMERGENCY  Elektrolit dan kimia darah  Urine tampung. Menstabilkan membran lisosom.Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 .Albumin . NaCl fisiologik) 10-20 cc/kgBB dalam 1 jam 2. tensi masih rendah  vasopressor SYOK SEPTIK  Kegawatdaruratan ini sering terjadi dan mortalitas tinggi (sampai 45%) 58  Patofisiologis banyak yang belum jelas.Plasma darah . kemungkinan : endotoxin bakteri gram +/ - jamur/mikroorganisme lain  Diagnosis . Mempunyai efek vasodilator  Dosis tinggi  menolong hipoksia/edema otak  Obat : Deksamentason 1 mg/kgBB – Antibiotik profilaksis – Shock  iskemia menyeluruh – Suplementasi suspensi trombosit 1 unit/6-8 kgBB – Fresh frozen plasma  10 cc/kgBB – Heparinisasi dosis anak 50 unit/kgBB  10-20 unit /kgBB TATALAKSANA SYOK HIPOVOLEMIK 1.Mengurangi kebutuhan tansfusi darah . dll  Monitoring irama jantung PENGOBATAN  Terpenting  penggantian cairan yang hilang  Cairan – ringer laktat (RL). koloid (albumin 5%) 10 cc/kgBB – Dekstran-40 plasma darah 10- 20 cc/kgBB  Keuntungan RL : .Memperbaiki kekurangan cairan dan Na interstitial . Bila dalam 1-2 jam belum ada perubahan. Cairan elektrolit (Ringer laktat. beri bila ada indikasi saja  Menaikkan curah jantung  Vasodilatasi pembuluh darah ginjal  Mengurangi tahan pembuluh darah perifer  Dosis 5-10 mg/kgBB/menit  larutan garam fisiologik atau glukosa 5 % PEMAKAIAN KORTIKOSTEROID  Kortikosteroid: 1.Plasma expander : Dextran. berikan : .Mengurangi viskositas darah .Fase awal (Fase Hiperdinamik)  Cardiac out tinggi dan tahanan  Takidnea dan kadang hiperventilasi (Kuszmaul) "You can not live your life just based on what everyone else thinks.

Bila etiologi belum tahu dikerjakan lihat handout 23 (?)  Pemantauan : . Pemberian cairan (seperti pada syok hipovolemik) 2. bahkan kadang belum sempat jarum ditarik udah syok pasiennya. Nafsilin/sefalosporin&aminoglikosid s. 1-15 menit setelah kontak dengan antigen timbul perasaan tidak enak.Pemantauan infeksi intensif Keadaan klinik Organisme Terapi Penyebab tak jelas Kokus/basil gram . klorampenikol aminodlikosid. rasa tercekik. angioederma 3. Nafsilin & Tobramisin/ Gentamisin rematik bawaan alfahemolitik. Pengelolaan keseimbangan elektrolit dan pengendalian asidodis 3. wheezing.Berdasarkan biakan dan sensitivitas bila telah ada hasil . berair mata 5. Timbul manisfestasi syok. Reaksinya cepat. Pneumoniae Ampisilin dengan/tanpa splenektomi H. pasien dapat inkontinensia kejang dan meninggal  Tatalaksana Tahap I :  Inj. Salurang nafas berupa bersin-bersin. enter kokus (jamu) Radang usus/pelvis Campur bakteri Penisislin akueus klindamisin & amino gram + dan i glikolisin. Tanda-tanda alergi berupa gatal.Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 . susah bernafas. Influenza Aminoglikosid sefuroxim Suspek N. bakteri gram -. Mata gatal. 2. telinga mendengung. iritatif muka kemerahan. urticaria. bila syok timbul 59 6. Meningitis Penisilin akueus meningokoksemi Kloramfenikol Infeksi nosokomial S.Pemantauan syok pada umumnya . PEDIATRIC EMERGENCY  Kulit hangat  Kemungkinan terdapat alkolosis respiratoir . Adrenalin merupakan keharusan tindakan pertama  syok ringan : 0.3 cc larutan 1 : 1000 SC "You can not live your life just based on what everyone else thinks. parestesi. hidung tersumbat.1-0. Vasopressor bila perlu 4. Berantas etiologi : . batuk-batuk. stidor 4. amat cepat. enterokokus Pasien telah S. palpitasi. mungkin dianotik  Oliguria dengan asidodis metabolik  Tatalaksana syok septik 1." . sefoxitin & aminoglikosid SYOK ANAFILAKTIK  Diagnosis : 1. aureus. Sefalosporin 7 aminoglikosid Leukopeni Basil usus gram – Carbenisilin/Tikarsilin&aminoglikosid Pseudomonas spp Penyakit jantung S.Fase lanjutan (sulit bedakan dengan syok Hipervolemik)  Hipotensi & hipovolemik : kenaikan permeabilitas kapiler  Kulit dingin. aureus.epidermis.

deviasi septum nasi.Tampon hidung .kgBB IV. iroid. pelan-pelan  Pemberian cairan : elektrolit dengan tetswan cepat  bila perlu expander/plasma  10-20 cc/kgBB Tahap III Tindakan :  Terhadap komplikasi  Koreksi keseimbangan asam basa  Pengelolaan aritmia jantung terhadap kejang bila ada. dll)  Diagnosis : .Dapat terjadi penderitaan rawat inap . hipertrofi.5 mg/kgBB  Bila ada onstruksi laringae pertimbangkan instubasi OBSTRUKSI JALAN NAPAS  Adalah sumbatan jalan nafas sebagian atau total dengan akibat kesulitan bernafas atau sama sekali tidak mampu bernafas  Penyebab A.Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 . tumor. dll) .Bekuan darah .Anak sehat  obstruksi jalan nafas  tampak gelisah/iritabel disertai gejala-gejala klinsi sebagai berikut : 60  Pernafasan cuping hidung  Pada inspirasi trachea turun ke arah cekungan suprastenal.Harus dirawat inap . tumor mediastium. pembesaran adneoid.Kelain.Sedasi . tambahkan :  Kortikosteroid dosis tinggi  Aminofilin 3-4 mg. dll) . tumor.2 cclarutan adrenalin. 1:1000 di sekitar tempat masuk  Dilepas bila gejala telah hilang  Difenhidramin 10-20 mg Tahap II : Pada syok lebih berat dgn angioederma masif tanpa kelainan jantung. suntikan 0. edem. biji-bijian. edema subglotis.Obstruksi laring (epiglotitism. PEDIATRIC EMERGENCY  Pasang tourniquet di proximal tempat masuknya antigen. jaringan para trakeal tertarik ke arah mediastinum  Sela iga retraksi berlebih waktu ispirasi  Pada inspirasi srenum nampak cekung "You can not live your life just based on what everyone else thinks. lidah. bronkomalasia) B.1-0. kista. Kelainan Anatomis . diazepam 0. rintis alergi.Obstruksi bronkus (asma.Penderita disedasi atau sakit berat gejala obstruksi tidak jelas meninggal . bronkitis. polips hidung.Keracunan .Obstruksi orofarinx (makroglosia. dll) .Muntahan .Sengatan listrik C.Obstruksi trakea (masa ekstrinsik. spasmebronkus. Benda Asing .Makanan . Neuromuskuler . abses peritonsiler) .Benda asing (kacang. mediaastium.Sakit berat ." .Obstruksi hidung (atresia choanae.Edema Cerebri . Keadaan khusus : .

Tidak disengaja (keteledoran) ii.Gejala susunan syaraf : tegang otot. sakit perut.Timbul tidak lama setelah makan ( < 24 jam) . sangat lemah atau sangat kuat kalau obstruksinya tidak lengkap atau intermiten  Tatalaksana A. insektisida. Racun alamiah sudah ada di dalam bahan makanan 2.Ekstensi/fleksi kepala pada anak < 2 thn dapat menmpersulit pembebasan jalan nafas .Kesadaran Somnolens (ngantuk) sampai pingsan (koma)  Food born infection ." . dll)  Bersihkan jalan nafas dari benda asing : .Penyakit infeksi yang ditularkan melalui makanan food born infection 1.Cegah lidah tidak jatuhek belakang menutup jalan nafas kepala tarik ke depan dan pasang pipa oral B. Disengaja (kriminal)  Gejala Umum  Food intoxication . gejala klinik Topik Kuliah  Keracunan pada : singkong. Bebaskan Jalan nafas  Simpulkan segera keadaan fisik penderita untuk keadaan yang akan emmpengaruhi resusitasi (pnemutorax tekanan.Umur > 2 thn : posisi kepala lurus ke atas (tidak dleksi & juga tidak ekstensi) kepala dapat diberi alas denga kain (sniffing position)  Catatan : . dll) TOKSIKOLOGI TIU : Memahami cara mendiagnosa dan menanggulangi keracunan-keracunan TIK : Menjelaskan penyebab. bend asing.Putar kepala ke arah kiri atau kanan . Mikroba mencemari makanan dan membuat racun b. jengkol. kejang-kejang atau otot lemas (parese). lumpuh 61 (paralysis) .Tergantung masa inkubasi penyakit "You can not live your life just based on what everyone else thinks.Gejala saluran pencernaan : mual.Gejala timbul lebih lambat (umum > 24 jam) .Ubah posisi ke telungkup untuk mengalirkan cairan dari jalan nafas (pada bayi/anak) angkat kaki/tungkai ke atas  Ubah posisi menjadi telentang (suspine) untuk : .Bahan racun terbawa di dalam makanan dan ikut dikonsumsi keracunan makan (food intoxication) .Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 . Racun dari luar mencemari makanan : a. minyak tanah KERACUNAN MELALUI MAKANAN  Dibedakan : . Bahan beracun dari luar mencemari makanan : i. PEDIATRIC EMERGENCY  Pada inspirasi srenum tertarik ke belakang dinding perut mengembang ke anterior  Suara nafas hilang. patofisiologi. pencegahan. muntah. Bila ventilasi tidak menyakinkan kerjakan nafas buatan (dari mulut dengan ambu bag kepala dipasang endotrakea) Catatan : Jangan tergesa-gesa memasang pipa endotraela sebelum yakin memang diperlukantidak menjamin nafas selalu bebas (bila tersumbat.Umur < 2 thn : Ekstensikan kepala sedikit & ganjal bahu dengan handuk/kain tergulung .Ambil benda/cairan dalam mulut/kerongklongan dengan jari/alat hisap . diare. kolik . pengobatan. bongkrek.

Anamnesa makanan .Sodium Thiosufate I. Kacang koro. Jengkol. .Lavage disusul bilas lambung .Kadang-kadang hematuria 62 .Jamur .Laboratorium : Contoh muntahan dan sisa makanan ada HCN  Terapi : .Pemberian antidotum HCN .Insektisida : DDT.Rasa pegal di pinggang. alat-alat.Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 .Pemberian O2 Keracunan Jengkol (Pithecolobium Lobatum)  Terutama dikonsumsi di Jawa Barat.Anamnesa makanansetelah konsumsi jengkol . PEDIATRIC EMERGENCY . Baygon.Muntah . Tempe bongkrek  Racun mencemari makanan : . rasa nyeri  kolik traktus urinari .Makanan yang diawetkan Keracunan Singkong (Manihot Utilissima ) (Cassava)  Timbul di seluruh Indonesia  Makanan pokok dan panganan (snack)  Yang dimakan umbi akar dan daun  Mengandung suatu glikosida cyanogenik  Ikatan organik yang menghasilkan racun biru atau HCNsangat toksik  Gejala keracunan singkong . tangan .Sering dalam waktu kurang dari 1 atau 2 jam .Laboratorium : kristal asam jengkol di urine  Terapi "You can not live your life just based on what everyone else thinks.Penyebab : kristal-kristal asam jengkol  Diagnosa . dolor (rasa sakit) serta gangguan fungsi organ (fungsiolaesa) . Sumatera Barat & Selatan  Dalam biji jengkol ada ikatan organik Asam jengkol (Jengcolic acid)  Dikonsumsi secara mentah  keracunan  Gejala keracunan jenkol : .Kekuatan otot mengurang (paresis) .Bibir dan kulit muka biru (cyanostik) .Limbah dari udara.Sakit hebat  tidak tertahankan . Racun biru (HCN)." .Mengeluarkan urine lambat .Kematian oleh karena asphyxia  dalam 2 jam  Diagnosa keracunan singkong .Pusing. Pertanian .V.Oliguriaanuria .aflatoksin .Sesak nafas (dyspnoe) .Terutama mengenai saluran urogenital .Mulut dan urine bau jengkol .Gejala infeksi – kalor (suhu naik).Gejala saliran pencernaan dan di luar sistem pencernaan  Keracunan makanan karena racun ilmiah  Bahan makanan sudah mengandung racun : Singkong. sakit kepala disertai gangguan kesadaran .Gejala-gejala klinik .

sesak nafas. yang sekarang Pseudomonas Cocovenenaus  Metabolisme racun bongkrek .Infus glukosa. PEDIATRIC EMERGENCY -Ringan  tidak perlu perawatanbanyak minum -Berat (oliguria. gedages di kab. hematuria. Banyumas  Fermentasi dengan jamur Rhizopus oryzae dan Rhizopus oligosporus  Keracunan terjadi oleh karena kontaminasi Bacellus Cocovenaus. cyanolit  Kematian dapat terjadi 4 jam setelah mengkonsumsi  Terapi .Bilas lambung . jenis kacang lain  Bungkil kelapa : ampas kelapa sisa pembuatan minyak di pabrik  Nama Tempe lain-lain : dage. singkong.Mengeluarkan bahan makanan 63 .Sisa makanan dari lambung  laboratorium .Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 . infus ATP  Pencegahan . ampas tahu.Tidak mudah diekskresi . mulut keluar busa  Pingsan. anuria dan tidak dapat minum)  dirawat di RS -Infus natrium bikarbonat dalam larutan glukosa -Antibiotik bila ada infeksi sekunder KERACUNAN TEMPE BONGKREK  Tempe Bongkrek : hasil olah fermentasi dengan jamur dari campuran beberapa bahan dasar yang mengandung ampas kelapa dan kacang kedele.Tidak mudah didetoksikasi ." .Gejala-gejala :  Mual (nausea) dan muntah-muntah (vomitus)  Kepala pusing  Perut kembung terasa panas dan mules  Badan lemas  Bisa kejang-kejang.Tidak mudah "You can not live your life just based on what everyone else thinks.Efek kumulatif sedikit-sedikit timbun kadar tinggi keracunan .Belum banyak diketahui .

Berat ringanya tergantung setelah tertelan.Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 . Terapi suportif 2. lambung dan usus halus perasaan terbakar 2. Gejala depresi s s pberikan kafein KERACUNAN AFLATOKSIN  Sejenis racun jamur Aspergilus dan Penicillin  Makanan yang terkontaminasi jamur  Keracunan kronik  kelainan hati  Sifat khas  fluoresensi jika kena sinar ultra violet  Aflatoksin : jenis B1. tembakau.Terminum timbul kelainan parumelalui aliran darah . Pemberian O2 3.Aspirasi terjadi saat tertelan dan dimuntahkan . kacang tanah.Kematian akibat asfiksia  oleh karena edema dan konsolidasi paru . G2. Sindrom Reye . minyak kacang. bronchopneumonia  kematian .f.Adrenalin  dihindarkan . pendarahan.Obat menimbulkan muntah  kontra indikasibahaya inhalasi . Bronkopneumonia akibat aspirasi trakeobronkial : . teraspirasi ke paru atau tidak .Kelainan hati : Sirosis hepatis. penyimpanan." . distribusi dan konsumsi bongkrek .Dapat menyebabkan kelainan degeneratif. G1.Keracunan sistemik  depresi susunan saraf pusat . limpa dan susunan tulang  reversibel  Gejala keracunan minyak tanah Gejala inhalasi dan gejala akibat terminum 1.Keracunan berat  kelainan urine  berupa albuminuria .Diaspirasi ke paru keracunan akut. Peraturan Pemda : melarang produksi. pendarahan kecil-kecil di hati.d 4.Aflatoksin ditemukan : susu. G=Green. Daun cilicing (oxalis corniculata) dicampur menghambat pertumbuhan Pseudomonas Cocovenenaus Keracunan Minyak Tanah  Bahan bakar di rumah dan di pabrik  Hasil sampingan penyulingan minyak bumi  Timbul bila diminum  Toksikologi minyak tanah . B2. esofagus.v.Berlangsung beberapa menitbeberapa jam .Kematian akibat asfiksia  Pengobatan .Pencegahan : menghindari kontaminasi jamur. M1 dan M2 ( B=Blue. cara penyimpanan bahan makanan lebih sempurna "You can not live your life just based on what everyone else thinks. Antibiotika sebagai profilaksi 5. oncom. Gejala iritatif faring. koma segera setelah minum 4. PEDIATRIC EMERGENCY . M=Milk)  Jenis B2 paling toksik  Jenis M1 dan M2 banyak pada susu dan kacang berjamur  Toksikologi .Penyimpanan lama  kerusakan  makanan jamur Aflatoksin .Alkohol dan minyak mineral mempermudah absorsi 1. jamu -jamuan 64 .Inhalasi minyak tanah lebih kuat daripada diminumpenyerapan terlambat . Kalau perlu I. Fibrasi ventrikel  sensitisasi jantung  jarang 3. Karsinoma hepatis primer. Susunan saraf pusat  mengantuk. ginjal.

Tidak larut dalam air 2. minyak tumbuh-tumbuhan.Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 . lidah dan muka "You can not live your life just based on what everyone else thinks. asetat. fosfat. lizol)  Kematian akibat komplikasi : renjatan. kanji 4. darah 2. langsung atau beberapa saat 2. tenggorokan dan esofagus 3. Larut dalam kerosen. format. Edema glotis  asfiksi 5. trachicardia. nafas sesak. Kolaps vaskular. Mukosa. Endrin. Striktur dan stenosis esofagus. Nyeri hebat morfin 5.Efek farmakologis  Pada sususnan saraf pusat. [emakaian luas . PEDIATRIC EMERGENCY Keracunan Zat Korosif  Zat kimia menyebabkan kelainan kulit atau mukosa  Kerusakan ringan atau berat : – macam – jumlah . laktat. pilorus 7. Organoklorin dan Gol.Cara masuk ke tubuh  melalui mulut . klorida. Minum air sebanyak mungkin 3.Mengenai mata : cuci dengan air bersih  5 – 10 menit : bersifat asam 10 .Mengenai kulit : cuci dengan air dan sabun . putih telur.Umur : anak dan orangtua .DDT : daya toksisitas paling rendah. nitrat." . Bila renjatan  cairan infus RL. Mekanisme belum jelas 65 . alkohol. Disfagia.Alkohol  peminum alkohol .Musim  musim panas .Jenis kelamin  laki-laki lebih banyak  Keracunan insektisida golongan Organoklorin . Chlordane.Toksisitas  masing-masing bahan . Aldin. Tanda keracunan akut : 4. natrium hidroksida. Hindari bilas lambung atau tindakan dimuntahkan . Parestesin bibir. Aspirasi penumonia. trikoroasetat)  Bersifat basa (kalium. perfasi. amonia)  Bersifat bebas (klorisin. dll .Jenis DDT. hindrosida. lambung.Jumlah insektisida yang beredar . jodium. diare 5. Kalau perlu operasiobstruksi pernafasan. produksi urine menurun 4. albumin. nyeri perut.15 menit : bersifat basa Keracunan Insektisida  Bertambahnya penggunaan peptisida/insektisida di pertania dan rumah tangga  Di Indonesia : Gol.konsentrasi . mulut. Dieldrin. bromin)  Fenol (karbol. Alimentasi parenteral 7. Ulserasi jaringan membran jaringan yang terkena 6.lama kontak  Bersifat asam (asam sulfat. benzen 3. Organofosfat (Penyebab terpenting)  Akibat kesalahan dalam rumah tangga  Penyemprotan pertanian  Faktor risiko . striktur 6.Organoklorin 1. Diberikan demulsen : susu. asfiksia oleh karena edema glotis dan faring  Gejala keracunan zat korosif yang diminum 1.Toksikologi Keracunan insektisida gol.Kecerobohan . hemoptisis  Pengobatan 1. Mual. florida.

Sirkulasi. vitamin)  Keracunan insektisida golongan Organofosfat . Diazenon . Parathion. saluran pernafasan. kelemahan otot  Gejala sentral : ketakutan.Gejala : 1. dimuntahkan 2. diare.  Diagnosis  Dipastikan dengan pemeriksaan aktifitas kolinesterase di dalam darah . bradikardi & hipotensi 2. tindakan memuntahkan atau cuci lambung 66 dihindari  mencegah pneumonia aspirasi.  Gejala keracunan organofosfat timbul setelah 1-6 tergantung insektisida penyebab. bronkokontriksi. miosis. Gejala Muskarinik :  Hipersekresi kel. jalan nafas dibebaskan 3. kejang tonik dan klonik. Menghambat enzim kolinesterase in vitro TEPP 2. gelisah. kejang. mukus melalui nafas atau air ludah 3. gangg. Antropi "You can not live your life just based on what everyone else thinks.TEPP. ait mata. kejang  Gejala keracunan menahun : ringan atau tidak ada gejala sebab  kematian : gagal nafas dan atau gagal kardio vaskuler. Depresi pernafasanpernafasan buatan. gangg. Pasti : ditemukan 2. Keringat. EPN. DDT dalam darah . PEDIATRIC EMERGENCY 6. Paraoxon. Malaize. Asetilkolin : neurohormon yang berfungsi sebagai pengantar rangsang saraf .Pengobatan : 1. Carmult) . nyeri perut.tidak berpengaruh terhadap kolinesterase masuk ke dalam tubuh inhibitor terhadap senyawa kimia yang tidak jelas dalam tubuh (Parathion. Cuci lambung dengan NaCL fisiologis/membuat muntah bila peralut organoklorin bukan minyak tanah tapi air 2. sakit tenggorok 7. muntah. nyeri kepala. tumor.Toksikologi  Menyebabkan keracunan akut dan menahun  Keracunan akut : 1." . hiperaktivitas susunan saraf  Kolaps vaskuler tanpa sebab yang jelas  Ditemukan gejala Muskarinik dan nikotinik. fasikulasi otot buruk. muntah.Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 . Potosen. Schradon. inkontinensia alvi dan urin.Golongan III (serupa organofosfat). Yang berat : sensitisasi jantung fibralasi ventrikel mati . potosan dan Schradon) . Bila pelarut air  cuci lambung. Baygon.Efek Farmakologis : 2 golongan 1. koma. saluran pencernaan  Nause. Menyebabkan kelainan biokimiawi sebagai akibat intubisi kolinesterase yang di dalam susunan saraf berfungsi menghentikan aksi asetilkolin dengan jalan hindrolisis 2. Carboryl. henti jantung  Kemungkinan keracunan organofosfatpenyakit akut tanpa demam dengan gejala nyeri perut. Bebaskan jalan nafas dari sekret. Systox. Pernafasan. Mengatasi kejang diazepam 4. bila kurang dari 50 % keracunan  Pengobatan 1. Gejala Nikotinik :  Twitching . air liur. Simtomatik dan suportif (makanan kaya KH. Dimefox. sumithion. Bila peralut minyak tanah < 98%. Racun kena kulit/mukosa mata  bersihkan dengan air 4. Tremor ataksia. paresis 8.Diagnosis : Melalui anamnesis. Malathion.2 bis (parakloropenil) asam asetat di urine. Sedikit.

sangat diperlukan atau melalui ivfd 5.Joyce Meyer Varo 15 I Varo 28 .25 gram secara ).015 – 0. PEDIATRIC EMERGENCY  dosis 0. Selamat menempuh hidup baru di dunia perkoasan kawan-kawan.v.v. Pengobatan simtomatik dan suportif Sesuatu yang diawali oleh niat yang baik. Sukses dunia akhirat untuk kita semua  -Varo15 (chelseavs) 67 "You can not live your life just based on what everyone else thinks. kemudian dilakukan dengan cara yang baik.05 mgr/kgbb/I." ./  dapat diulangi setiap 5-10 menit –sampai timbul gejala antropinisasi  dosis rumatan – mempertahankan antropinisasi – 24 jam Protopan Dapat diberikan 0. insyaa Allah akan berakhir dengan hasil yang baik. Semoga jalan menjadi dokter selalu dimudahkan oleh Allah Swt.

Radiasi. seperti : a. listrik. air panas. Prinsip-prinsip pada luka bakar : • Kewaspadaan yang tinggi akan terjadinya gangguan jalan nafas pada trauma inhalasi • Mempertahankan hemodinamik dalam batas normal melalui resusitasi cairan • Dokter penjaga harus waspada terhadap melaksanakan tindakan untuk mencegah dan mengobati penyulit trauma termal.U. 25-05-2015 PENDAHULUAN Halloooo~ Mbak-Mas sekarang kita bakal ngebahas soal Luka Bakar nih. terdiri dari 4 huruf. Kok bisa num??? Jadi gangguan homeostasis ini dikarenakan hilangnya integritas kulit yang disebabkan rusaknya keseimbangan barrier antara lingkungan dalam tubuh dan lingkungan di luar tubuh. pasiennya jangan kelamaan didiemin aja. bahan kimia. Arus Listrik. Cairan c.B. Sp. kenapaaaaa Num?? Karena nanti pasien akan terjadi gangguan homeostasis tubuh. Sekarang akan timbul pertanyaan apakah Luka hanya dikarenakan fisik dan kimiawi saja??????? #SKIP Luka bakar (combustion) adalah trauma yang disebabkan oleh : BAhan Kimia. Mas. dan radiasi. Errr… no thanks… L. Begitu Mas.K. *maksa) yang mengenai kulit. yaa barang kali ada yang belum tahu apa itu luka : bagaimana rasanya terluka? Whaattt! Belum pernah? Sini ta’ lukain. Pada dasarnya luka bakar akan menyebabkan hilangnya komponen penting tubuh. mukosa. tapi sebelumnya aku bakal ngasih definisi singkat mengenai luka . Protein 68 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . dan jaringan yang lebih dalam. artinya sesuatu kerusakan pada struktur atau fungsi tubuh karena suatu paksaan atau tekanan fisik maupun kimiawi. Panas (disingkat = BAKAR + P. Adapun tambahan dari beberapa pakar menyebutkan bahwa : • Luka bakar adalah suatu bentuk kerusakan atau kehilangan jaringan yang disebabkan kontak dengan sumber panas seperti api. Suhu tubuh b.BP Editor : ranum anggun Senin. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) BURNS Thermal Injury / Combustion / Burn Wound Dr. dan terganggunya homeostasis ini tuh terjadi pada luka bakar yang luasnya >50% dari luas tubuh. • Luka bakar merupakan suatu jenis trauma dengan morbiditas dan mortalitas tinggi yang memerlukan penatalaksanaan khusus sejak awal (fase syok) sampai fase lanjut. seperti adanya rhabdomiolisis dan gangguan irama jantung yang sering terjadi pada trauma listrik • Control suhu tubuh • Menyingkirkan penderita dari lingkungan berbahaya Sedikit cerita nih kalau nanti pas koas ketemu luka bakar major.A . Ishandono Dahlan Sp.

S.25 juta/tahun mempertahankan luka bakar  51. antara lain:  1. Duh pusing num. dan protein. Yaudah nih. Nah ada lagi nih kalau terjadi luka bakar yang luas dan berat biasanya akan timbul SIRS. adalah sistemik inflammatory response syndrome. sehingga menyebabkan nadi semakin cepat dan melemah. kenapa kok bisa jadi SIRS? Jadi terjadinya SIRS ini karena keseimbangan tubuh udah ga optimal lagi yang disebabkan oleh hilangnya cairan pada jaringan yang terluka.A. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) d. Elektrolit. Pada tahap MODS ini tubuh akan kehilangan caiaran yang lebih banyak lagi. nulis 1 paragraf nya banyak gitu. Kalau mereka hilang dari intravascular maka akan terjadi gangguan sirkulasi di tubuh. sehingga fungsi kardiovascular akan terganggu yang akan menyebabkan paru menjadi udem. dan e. alias syok. ginjal menjadi disfungsi.000 yang membutuhkan rawat inap  Angka kematian tahunan = 5. elektrolit. apa itu SIRS??? SIRS itu ya Mbak. Ketika disfungsi ini terus berangsur-angsur. dan akhirnya akan mengarah ke kematian.500  Morbiditas jangka panjang yang timbul akibat dari:  disfungsi  psikologis  organ  cacat  disfungsi  kosmetik  mekanis 69 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . lama-lama bakal menjadi kegagalan multi-organ atau yang kita sebut MODS (multiple organ dysfunctional syndrome). sehingga mengakibatkan disfungsi jaringan dan organ dalam Mbak-Mas. Memungkinkan masuknya bahan asing dan invasi oleh mikroba Tuh bisa dilihat kan Mbak-Mas kalau luka bakar bisa menyebabkan hilangnya cairan. ada bagannya biar gap using : EPIDEMIOLOGI Angka kejadian di U.

Kimiawi 5. Num kalau kepala ku kira-kira dihargai berapa persen?? ……. Kontak 4. Penting kah? Jelas penting.. Listrik 70 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Contoh nih : kepala  bagi dewasa menyumbang 9% tapi bagi anak kecil bisa sampai 19% tergantung dari usianya. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) DIAGNOSIS Selain ketiga factor di atas. Karena untuk menilai persentase suatu bagian tubuh yang terbakar bagi anak-anak dengan dewasa itu berbeda. Melepuh/terkena air mendidih 2. dokter-nya juga bilang kalau kita menemukan pasien luka bakar jangan sampai lupa untuk menyebutkan Jenis Kelamin beserta Usianya. Terbakar 3. ETIOLOGI Beberapa penyebab luka bakar antara lain 1.

jumlah bahan kimia yang mengenai kulit. salah satu contoh yang kita ambil adalah luka bakar akibat bahan kimiawi dan sengatan listrik. maka bisa langsung kita bersihkan bahannya itu dari tubuh pasien kemudian baru diguyur dengan air selama 20-30 menit 71 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 .. serta konsentrasi-nya 2. Cari durasi. tapi alkaline itu adalah asa Hal-hal penting saat bertemu dengan luka bakar kimia adalah : 1. bukan batu baterai ya. LUKA BAKAR KIMIA Ini luka karena bahan alkaline. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) Dari kelima penyebab luka bakar di atas. Jika disebabkan karena bahan kimia yang kering.

Kemudian di kasus ini dilakukanlah fasciotomi. Mas fasciotomi itu tindakan bedah sayatan pada fasia yang terutama dilakukan untuk mengurangi tekanan dalam fasia. sindrom kompartemen. 72 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Biasanya dilakukan atas indikasi adanya gangguan neuromuscular. Ini tuh udah dilakuin tindakan berupa FASCIOTOMI. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) LUKA BAKAR ELEKTRIK Num ! ini karena luka elektrik itu? Sampai terbuka-buka gini?? Oh bukan kok. Apaan sih fasciotomy?? Jadi. Jadi fasia kulitnya dibuka sama dokternya Jadi luka bakar elektrik ini / karena sengatan listrik biasanya mengakibatkan kerusakan pada fascia dan otot hingga menghilangnya kulit di atasnya. KEDALAMAN LUKA BAKAR/ DERAJAT LUKA BAKAR DERAJAT 1 SUPERFICIAL SKIN BURN DERAJAT 2 PARTIAL-THICKNESS SKIN BURN DERAJAT 3 FULL-THICKNESS SKIN BURN Lihat di table di atas? Itu ada tulisan SKIN kan ya? Sebenernya lapisan KULIT itu seperti apa sih?oke kita flashback sejenak mengenai anatomi kulit.

dan stratum basale. Disitu ada tulisan epidermis. Tapi si hypodermis ini ditandai dengan adanya LEMAK. dermis. dermis.pusing banget itu pelajaran histologi kenapa dibawa-bawa?? Yah ini kan just INPO loh. Sebenernya gak ada batas tegas antara dermis dengan hypodermis. yaitu epidermis. Sedangkan dermis sendiri tersusun atas pars papilare dan pars retikulare. stratum lucidum. kalau kebanyakan. Nah lapisan epidermis sendiri secara berturut-turut dari luar ke dalam itu tersusun atas stratum korneum. Tolong dilihat baik-baik yaaa Kulit itu terdiri atas 3 lapisan ya gengs. dan sub kutan. lihatnya yang paling kiri aja deh. stratum spinosum. kalau agak bingung lihat lagi gambar di atas oke ?? LUKA BAKAR DERAJAT 1  Tidak ada kerusakan kulit 73  Hanya mengenai EPIDERMIS aja Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . dan hypodermis/sub kutan. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) KULIT Waduh banyak banget nih Num keterangannya Oh ya sudah. stratum granulosum. Num.

ini penting kan. (kalor. 0. atau uap panas  Sembuh sendiri 5-10 harian  Tidak usah dikasih obat tidak apa. Oh kayak Ad*em Sa*ri gitu ya Num? Yah boleh lah seperti itu maksudnya. kita harus hitung TBSA Sudah to sudah. harus dikasih resusitasi cairan lah. Jadi dokter kemarin bilang. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND)  Hanya ada tanda-tanda radang. tersentuh benda panas (ibu-ibu setrika). Karena kulit kita tuh bisa rege erasi perlukaa kulit.5 cm per hari nya dari ujung-ujung luka. Loh kenapa? Kan dia luka bakar Num. gak usah dihitung TBSA- nya karena bakal sembuh sendiri. karena akan sembuh sendiri  Beri aloe verra saja.  TIDAK usah dihitung TBSA-nya/luas luka bakarnya. yaitu memerah. rubor.Gak usah ari kese pata deh pake a ara eksplorasi segala  LUKA BAKAR DERAJAT 2 74  Meliputi kerusakan bagian epidermis dan sebagian dari dermis. terasa nyeri. edem. atau bioplacenton untuk memberikan sensasi nyesss di kulit. Kita harus explorasi dimana aja luka bakarnya itu Num. dolor.  Adanya Bula akibat terangkatnya lapisan epidermis dan berisi cairan bening Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . tumor)  Terjadi pada orang-orang yang suka berjemur di matahari.

kelenjar sebasea. masih utuh. 75 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Penyembuhan terjadi secara spontan dalam waktu 10-14 hari. Deep partial thickness Luka bakar mencapai bagian dermis yang lebih dalam. kulit berwarna merah. tidak perlu flapping. Penyembuhan terjadi lebih lama. Superficial partial thickness Dimana hanya bagian atas dermis yang terbakar. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) Ini bula  Jika bula pecah  lapisan dermis akan terlihat warna merah basah  Luka bakar mengenai sebagian folikel rambut. berisi cairan bening. dan disertai rasa nyeri. merah muda sampai putih. Organ – organ kulit seperti folikel rambut. kelenjar sebasea sebagian masih utuh. Organ-organ kulit seperti folikel rambut. tergantung biji epitel yang tersisa. serta ditandai dengan kulit yang melepuh. Kerusakan mengenai hampir seluruh bagian dermis. Biasanya penyembuhan terjadi lebih dari satu bulan. Apaan lagi nah itu Flapping num? flapping bird?? Game burung itu Num? Bukan bukaaaan…. Kerusakan mengenai bagian dari superficial dermis. PIN prick test (+)  Sembuh dalam 2-3 minggu. Flapping itu cangkok jaringan kulit beserta jaringan lunak dibawahnya. sehingga sebagian folikel rambut masih bisa mengalami pertumbuhan  Nyeri (+). disertai gelembung cairan yang bisa berisi darah. Derajat 2 ini dibagi lagi menjadi 2 : a.

Mekanisme simple nya gitu  Penyembuhan sulit. Saraf nyeri di kulitnya itu udah rusak terbakar. seperti dilapisi lilin. Sehingga jika ada eschar sudah sebaiknya kita lakukan Escharotomy (pe-MOTONG-an eschar/ insisi eschar). engga Kenyal lagi. maka kulit tersebut menjadi kaku Mbak. num? coba jelaskan padaku sejelas-jelasnya bagaimana mekanismenya. ga terasa sakit. alias enggak elastis lagi. Escharotomy ini dilakukan sedalam 1mm aja dan tidak memerlukan anastesi pada perlakuannya karena jaringan yang akan dibelah sudah 76 termasuk jaringan mati sehingga tidak akan sakit lagi (Gammanesis chap 5 hal 7) Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . PIN prick test (-) Kok bisa negative ya. kan gawat tuh ya… yang satu bisa ganggu airway-breathing di dinding dada. kadang terlihat pembuluh darah yang mati  Tidak nyeri bila ditusuk jarum. engga mulus lagi. jadi nanti kalau kita cek Capillary refill test nya itu bakal lebih dari 2 detik (indikasi gangguang sirkulasi). tidak ada epitel kulit yang sehat  Terjadi koagulasi protein yang kita kenal sebagai ESCHAR  Dermis : kering. lihat gak tuh di atas aku nulis ESCHAR. Jadi mas. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) LUKA BAKAR DERAJAT 3  Seluruh ketebalan kulit rusak. nanti pasiennya bakal kesulitan untuk bernafas. selain di dinding dada bisa juga terjadi eschar di extremitas bawah (kaki). Misalnya nih ya ada eschar di dinding dada. perlu cangkok kulit. (SKIN GRAFT) Eh mbak. karena eh karenaa…. kenapa itu derajat 3 udah ga terasa nyeri lagi. sehingga tidak lagi terasa sensasi nyeri. bisa sampai sub kutis. pucat. Lihat kan ya? Nah kalau nanti ada eschar di kulit. dan kalau di kaki bisa ganggu sirkulasi.

Yang udah dijelasin di atas itu adalah eschaROTOMY. betul sekali. lihat kadar Hb > 10 dan Albumin > 3. Tapi setelah ta googling ya… aku pun bingung bedain keduanya. adanya ESCHAR juga bisa menjadikannya sebagai tempat berkembangbiak kuman apabila eschar –nya gak dibuang. dan sekarang yang kita bicarain adalah eschaRECTOMY atau pembuangan eschar (Dr Ishandono. Hayo beda ngga dengan yang udah dijelasin di atas? Beda ya. Mas-nya ini ternyata penyimak kuliah banget (padahal kuliah kemarin putri semua). 2015). Nah bahaya kan mas? Iyaa dek. Pembuangan eschar ini dimulai dulu dengan anastesi umum. nah kalau itu gimana tuh Num? Yak Mas. aku ga mau galau lagi dek…ntar dikira SEPSIS gara-gara ESCHAR  Eh num. Nanti kuman-kumannya itu bakal ngeluarin endotoxin Mas.. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) Ini ESCHAR ya Mas. Pelaksanaannya dilakukan setelah pasien stabil. emang pembebasan eschar hanya escharotomy aja?? Kemarin aku denger tuh ada satu lagi namanya escharectomy Num. Karena gak ada info mengenai ESCHARECTOMY ini. Mbak Selain itu. Escharotomy = insisi eschar Echarectomy = pembuangan eschar 77 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . lihat tulisannya. bahaya ya dek. mau nanya dong. Kemarin dokter sempet membahas tentang Escharectomy. kalau udah keluar endotoxin akan terjadi SEPSIS toh mas? Pasien akan merasa gelisah dan tidak bisa tidur semalaman. Terus eschaRECTOMY ini tu sempet disinggung dokternya untuk mengatasi SEPSIS yang sebelumnya aku jelasin di atas. Mirip-mirip orang galau gitu Mas.

Mas dilihat ya baik-baik. maka obat wajib yang harus diberikan pada luka bakar derajat 3 adalah SSD (silver sulfadiazine). Untuk menghindari kejadian tsb. kalau bisa lakukan goyangan-goyangan sendiri untuk mudah menghafalkannya ya. a. perlu dicatat. Rule of NINE (kelipatan 9) 78 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Num! ayo !! Wuii. aku jelasin dulu salah satu komplikasinya adalah SEPSIS yang di halaman awal udah aku jelasin itu. semangat amat Mas. itu SSD bukan SNSD ya LUAS LUKA BAKAR Hal ini penting sekali ya teman-teman. diinget baik-baik dalam memori. Di derajat 3 luka bakar ini bisa nyebabin komplikasi. kuman tersebut dapat menembus ke dalam jaringan yang lebih dalam kemudian menginvasi ke pembuluh darah dan mengakibatkan infeksi sistemik (sepsis) yang dapat menyebabkan kematian. Pemberian secara topikal dapat dalam bentuk salep atau cairan untuk merendam. Contoh antibiotik yang sering dipakai selain SSD adalah Mafenide acetate dan Silver nitrate. Oke. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) Nah balik lagi ke DERAJAT 3 luka bakar.. Karena luas luka bakar ini bakal dipakai untuk penanganan pasiennya. jadi dengan adanya luka sendiri akan mengakibatkan hilangnya barier pertahanan kulit sehingga memudahkan timbulnya koloni bakteri atau jamur pada luka. SSD ini harus dioleskan (topikal) ke luka supaya kuman tidak bersarang di luka dan untuk mencegah sepsis.. Apaan komplikasinya??? Gawat kah? Duh harus cepet-cepet ini ditangani kalau gitu. Bila jumlah kuman sudah mencapai 105 organisme jaringan. serius deh… hafalin beneran ya.

Terus ada luka bakar di perut aja. Aku ambil gambar di tengah itu. ini kok ada lagi. usia 5 tahun. tenang. ckck kebangetan kamu Num. oke dah aku jawab dulu. Jadi rule of nine itu untuk memudahkan perhitungan aja bagi pasien anak-anak. sedangkan anak-anak lebih detil nya pake yang ini. kalau pakai belakang kaki/betis = 18%) Jadi totalnya 18 +9 = 27 % Waah seneng dah pada pinter gini  2. Didapatkan luka bakar di daerah perutnya. Jadi dia kan dewasa tuh. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) ini ta ambil contoh aja ya. sedang masak air. Nah coba sekali lagi. Tiba-tiba karena ia ceroboh. untuk memahami gambar di atas 1. 79 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Pake yang mana nih untuk anak-anak? Tenang. aku ambil gambar yang paling kiri. Berarti 18 % aja (lihat gambar perut si anak 5 tahun). Ditemukan luka bakar di seluruh kedua extremitas superiornya. Selain rule of nine ada juga : b. Kalau di punggungnya ada luka bakar juga maka jadi 36 %. Mas kan tadi minta yang ribet toh gak mau yang simple. Ampun mas. dan tungkai sinistra bagian anterior. Yuichiro. Michaela. jadi itu kan usia 5 tahun ya. Berapakah % TBSA-nya Mbak? Aku num! aku yang jawab. usia 22 tahun. Lund and Browder chart (anak-anak) Loh loh… bukannya gambar rule of nine juga ada gambar anak-anak. air panasnya tumpah ke tubuhnya. Seorang pria. Terus dia ada luka bakar di : Kedua sisi di kedua lengan : 9 + 9 = 18 % Tungkai kiri depan : 9% (hanya depan aja. Berapakah luas luka bakarnya Mas? Hmm anak kecil 5 tahun kok disuruh masak air.. itu kan Cuma contoh aja  Nah kira-kira begitu ya penentuan luas luka bakarnya. dan rule of nine itu lebih pas dipakai untuk dewasa. engga sama punggungnya. seorang laki-laki. ditemukan tergeletak tak berdaya karena luka bakar yang dialaminya.

Menghilangkan heat source dengan menyiramnya pake air (efektif jika < 2 menit Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Hal ini bertujuan untuk memadamkan api. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) Yang ini gausah pake ilustrasi contoh lagi ya. Jadi semakin berlari. barusan aku baca jurnal mengenai apakah si palmar itu bener-bener reliable 1% pada pasien OBES. api 80 semakin berkobar. Berlari terus menerus maka akan membuat api semakin berkobar. Semakin lari dari masalah. Jadi dalam jurnalnya itu bilang kalau terdapat hasil signifikan bahwa pada palmar orang obes itu engga 1% (entah lebih kecil atau lebih besar) TREATMENT Pre-hospital  Karena Listrik Matikan sumber listrik dengan isolator  Karena tumpahan bahan kimiawi serbuk Bisa dibersihkan dulu dengan kuas lalu guyur dengan air. Tapi kalau bahan kimiawi cair  langsung guyur dengan air  Karena api Instruksi pasien untuk STOP-DROP-ROLL. Sudah pada bisa menghitungnya kan? PALMAR AREA Diperkirakan setiap palmar orang (telapak tangan) itu bernilai 1 % untuk masing-masing luka bakarnya. Tetapi. maka masalah itu semakin berkobar….

BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND)

 Jangan memecahkan bula  biar ga infeksi
 Ga perlu dikasih garam, minyak, gula, tomat, seledri, dan wortel, karena kita engga lagi bikin
sayur sop ya Mas. Ki..kita dek…

Hospital
resusitasi
Airway : Bila curiga ada cedera inhalasi, seperti
- terjadi paparan asap di ruangan tertutup
- terdapat luka bakar wajah dan rambut hidung gosong
-tumpukan karbon di orofaring
- alis terbakar
ET lebih baik daripada Trakeostomi

Breathing : Luka bakar atau adanya eschar pada dinding dada,
Lakukan escharotomy agar korban dapat bernafas secara normal
ESCHAROTOMY untuk pembebasan breathing

Circulation : gunakan BAXTER FORMULA, rumus sbb :
Infus RL = 4 cc x BB (kg) x Luas Lukar (%)

Contoh Kasus
Seorang Pria, Levi, usia 27 tahun, wajah OKE abis, jabatan sebagai Kopral Muda di salah satu
akademi ketentaraan. BB = 50 Kg dan TBSA lukar-nya 20%. Nah berapa cairan yang dibutuhkan
Levi ?
Nih untuk memudahkan imajinasi editor kasih gambar pasien kita…

Ayo mbak cepet obati saya,
tangan saya terbakar tadi

Jumlah cairan yang dibutuhkan LEVI = 4cc x 50 kg x 20 (%)
81
= 4.000 cc infus RL

Bismillah sukses mcq blok 23 amin
Varo 29

BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND)

Pemberian dibagi rata ke dalam
8 jam pertama = 2.000 cc
16 jam selanjutnya = 2.000 cc

Pertanyaan selanjutnya, berapa tetes per menit (tpm) kita harus ngasih nya?
Untuk mengetahui tetes per menit. Kita butuh yang namanya rumus !

RUMUS
Tpm = cairan yang dibutuhkan dalam waktu tertentu x factor tetesan
Jumalh jam x 60 menit

Num factor tetesan itu apa?
Itu loh jaman blok 5 dulu kita pernah tahu kan factor tetesan. Ada banyak, beberapa diantaranya
 Makroset = 20 tpm (untuk dewasa)
 Mikroset = 60 tpm (untuk anak-anak)
 Blood set = 15 tpm
 Otsuka set = 15 tpm (nama merk untuk makroset)
 Terumo set = 20 tpm (nama merk untuk makroset)

Nah lanjut ya…
Untuk 8 jam pertama kan butuh 2.000cc
Berapa tpm?
Tpm = 2.000 x 15 (kita pakai Otsuka set) = 62 tetes per menit
8 jam x 60
Untuk yang 16 jam selanjutnya, butuh 2.000 cc juga
Berapa tpm?
Tpm = 2.000 x 15 = 31 tetes per menit
16 x 60

Nah faham kan?? Faham yaaaa. Paham kali num…gausah dibalik-balik gitu nulisnya, orang Sunda
gak bisa F, itu PITNAH!
Di kasus ini entah kenapa dokter memilih Otsuka set? Kenapa ga makroset? Untuk hal ini aku belum
tahu jawabannya… tapi biasanya di soal-soal itu pake makroset. FYI : Terumo dan Otsuka adalah
merk Makroset yang sering dipakai di Indonesia.

82

Bismillah sukses mcq blok 23 amin
Varo 29

BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND)

MONITORING

INDIKASI RAWAT INAP (RANAP)

PERAWATAN LUKA

Cerita punya cerita nih ya. Luka bakar derajar 2 itu baik dikasih Sofratul, kenapa? Karena sofratul
itu merangsang epitelisasi yang bagus untuk luka bakar derajar 2. Tadi kan udah disinggung bahwa
luka derajat 2 itu sebagian dermis masih baik kan? Jadi untuk mempercepat regenerasi kulitnya itu
pakai sofratul ini. Selain itu sofratul juga bagus untuk melawan kuman gram (+) yang seringnya
berkeliaran di epidermis.

82

Bismillah sukses mcq blok 23 amin
Varo 29

Jadi luka derajat 3 ga boleh dikasih SOFRATUL. Nah selain untuk hal tsb. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) Ada cerita ga num untuk yang derajat 3 nya?? Oh ada dong. SSD juga baik untuk derajat 3 karena SSD bagus untuk melawan kuman gram (+) maupun gram (-). *info tutorial* SELAYANG PANDANG INFO DI RSP SARDJITO  6 beds with 2 isolation rooms  2 blanket rolls  1 burn tank with a transporter  1 nebulizer  6 bedside monitors  getting dysinfectant  2 ventilators  1 microwave  1 mobile X-ray  1 computer 83 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Kenapa? Karena luka derajat 3 ini kan seluruh kulit udah rusak bahkan bisa sampai ke jaringan lemaknya (hypodermis) jadi tidak butuh sofratul untuk epitelisasi. Jadi kita butuhkan silver sulfadiazine sebagai pembantu pemulihan jaringan granulasi . karena perbaikan kulit untuk derajat 3 ini udah sulit susah sekali.

dan gangguan sirkulasi seperti keseimbangan cairan elektrolit. tangan. telinga. kaki. dan perineum Fase luka bakar • Fase awal. syok hipovolemia. fase akut. dan perineum • Luka bakar ringan – Luka bakar dengan luas < 15 % pada dewasa – Luka bakar dengan luas < 10 % pada anak dan usia lanjut – Luka bakar dengan luas < 2 % pada segala usia (tidak mengenai muka. • Fase setelah syok berakhir. kontraktur dan deformitas lain PROGNOSIS 84 Prognosis dan penanganan luka bakar tergantung: – Dalam dan luasnya permukaan luka bakar Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . dan perineum – Adanya cedera pada jalan nafas (cedera inhalasi) tanpa memperhitungkan luas luka bakar – Luka bakar listrik tegangan tinggi – Disertai trauma lainnya – Pasien-pasien dengan resiko tinggi • Luka bakar sedang (moderate burn) – Luka bakar dengan luas 15 – 25 % pada dewasa. dengan luka bakar derajat III kurang dari 10 % – Luka bakar dengan derajat III < 10 % pada anak maupun dewasa yang tidak mengenai muka. fase syok – Gangguan pada saluran nafas akibat eskar melingkar di dada atau trauma multipel di rongga toraks. tangan. tangan. Masalah yang dihadapi adalah penyulit dari luka bakar seperti parut hipertrofik. kaki. • Fase lanjut – Berlangsung setelah penutupan luka sampai terjadinya maturasi jaringan. diambil berdasarkan kebutuhan kasus scenario kemarin) Klasifikasi luka bakar • Luka bakar berat (major burn) – Derajat II-III > 20 % pada pasien berusia di bawah 10 tahun atau di atas usia 50 tahun – Derajat II-III > 25 % pada kelompok usia selain disebutkan pada butir pertama – Luka bakar pada muka. tidak ada di ppt hanya saja editor senang menambahkan informasi ke mas-mba disini. dengan luka bakar derajat III kurang dari 10 % – Luka bakar dengan luas 10 – 20 % pada anak usia < 10 tahun atau dewasa > 40 tahun. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) Lampiran (mulai dari halaman ini. kaki. fase sub akut – Systemic Inflammatory Response Syndrome (SIRS) dan Multi-system Organ Dysfunction Syndrome (MODS) dan sepsis.

edema paru. (normal saline) dextron 40 in NS at 2mL/Kg/h dititrasi pd urin for 8 hours. Penyulit yang timbul pada luka bakar: gagal ginjal akut. RL titrated to urin output output at 30 mL/h. SIRS. Catatan RUMUS Formula Fluid pada 24 jam pertama Kristaloid pada Koloid pada 24 24 jam kedua jam kedua Parkland RL 4 cc/ Kg / % TBSA 20-60% estimated Titrated to urine plasma volume output of 30 mL/h Evans NS = 1 cc/ Kg / % TBSA 50% at first24.5 cc/ Kg/ % TBSA 50% at first24. serta parut hipertrofik dan kontraktur. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) – Penanganan sejak awal hingga penyembuhan – Letak daerah yang terbakar – Usia dan keadaan kesehatan penderita – Penyulit juga mempengaruhi progonosis pasien.50% of first 24 Koloid = 0. 50% atfirst 24- 2000 cc D5W hour volume plus hour volume Koloid = 1 cc / Kg / % TBSA 2000mL D5W Slater RL = 2 L / 24 jam Fresh frozen plasma 75 mL/ Kg / 24 jam Brooke RL = 1. and fresh frozen plasma 0.5 cc/ Kg/ % TBSA hour volume plus hour volume 2000mL D5W 2000mL D5W Modified Brooke RL = 2 mL/ Kg/ % TBSA Metro Health RL dengan 50 mEq Natrium Setengah NS titrasi 1 U fresh frozen (Cieveland) Bikarbonat/ Liter pada 4 cc/ ke urin output plasma for each Kg/ % TBSA liter of half NS used plus D5W as needed for hipoglikemia Monafo hypertonic 250 mEq/ Liter Saline titrated to Sepertiga NS Demling urine output at 30 mL/ hour. infeksi dan sepsis.5 mL/h for 18 hours beginning 8 hours post burn 85 Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 .

Pasang pengukur tekanan darah b. leher. Pasang kateter urin c. Kulit mengelupas di dada thickness lebih dari 5% pada d. Luka bakar derajat 4 ABCD 4. Luka bakar derajat 3 e. Sulit menelan b. Pasien d. luka bakar 3 jam yll. Alis kulit yang menutup persendian tampak terkena luka bakar. Muka berkeringat pasien luka bakar ke pusat luka b. Luka bakar derajat 2 d. Luka bakar derajat berapa jika Pin luka bakar : prick test tidak dirasakan nyeri? a. api. Tanda klinis trauma inhalasi : 2. Luka bakar superficial b. Prinsip survey primer penangangan 3. mata. Partial thickness dan full c. Partial thickness yg mengenai 5. suara serak. Pasang EKG d. YUK UJI DIRI DENGAN MENJAWAB SOAL~~ YEEEEE~~~ 1. begitu utama juga sekitar mulut dan hiduung c. atau bakar di dada. dan wajah. Oksigen Nasal kanul 3 L/ menit 86 extremitas b. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) CATATAN RINGKESAN SUPERFICIAL BURN PARTIAL THICKNESS FULL THICKNESS Kedalaman Lapisan luar epidermis Menembus epidermis Merusak seluruh lapisan dan sebagian dermis epidermis dan dermis Penanganan Pengobatan untuk Krim antibiotic. ganti dan pengurang rasa sakit pakaian yang bersih kering Penyebab Sinar matahari Cairan panas. coreng translusen Permukaaan Kering dan lepuh Lepuh berair Kering dengan kulit pembuluh darah yang thrombosis Sensasi Nyeri Nyeri Anastetik Lama 3-6 hair 2-4 minggu. Penanganan? e. telinga. Om-om 35 tahun ke UGD karena wajah. tampak luka kaki. yaitu : orofaring a. logam panas Warna kulit Merah Merah bercoreng. listrik. Partial thickness pada keempat a. Perlu tandur kulit mempercepat penyembuhan dinginkan lukar. genital. Berikut adalah kriteria merujuk a. Full thickness lebih dr 3% terdapat jelaga. Luka bakar derajat 1 c. Alis mata menebal. perineum. tgt Skin graft / tandur kulit penyembuhan kedalaman SEBELUM DIAKHIRI. Luka bakar inhalasi CM. api Bahan kimia.Putih mengkilat. tapi sulit nafas. Penanganan sesuai prinsip e. Tampak timbunan karbon di bakar. kayak penderita dibawah usia 10 th shinchan -__- atau di atas 50 th e. hangus. Pasang mayo Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Pasang mayo a. Oksigen NRM 10 L/ menit c. tangan.

Beri antibiotic d. Biar terbuka kena angina b. beberapa situs-sitUS. tambah 2.000cc dextrose 10% 87 c.5cc/kg/%TBSA koloid. dan ada. Nebulizer e. itu semua tidak disengaja. beberapa slide pakar luka c. tambah 1. Luka bakar derajat 4 7. 2. tambah 1. 45% pada dewasa atau lebih dari 30% pd anak atau usia lanjut d. tampak a.5cckoloid/kg/TBSA. Tidak ada masalah medic yg lain 9. 1. Apa tindakan yg tepat untuk 6. Tidak ada trauma inhalasi. Luka bakar pd wajah.5 cc kristaloid/kg/%TBSA. Beri kompres air suhu biasa dermis basah warna kemerahan ? b.000 cc dextrose 5% d. Luaka bakar derajat 2 lebih dari editor. tangan. Luka bakar derajat 2 lebih dari bakar lainnya. kaki perineum e. Kriteria luka bakar derajat 1 : yak itu saja tambahan-tambahan dari a. Organ-organ kulit spt Polikel kejadian atau gambar-gambar anime yang rambut. Referensi : ppt slide dokter ishandono. kelenjar keringat. 3 cc kristaloid/kg/%TBSA. Bula dipecahkan c.5 cc koloid/kg/TBSA. Formula BROOKE : a. Luka bakar derajat 1 d. kelenjar sebasea mengalami kerusakan Jawaban SOAL : EDDBE CDDAA 8. listrik. Kompres dengan air es a. BURNS (THERMAL INJURY / COMBUSTION / BURN WOUND) d. berupa reaksi inflamasi disertai proses Percakapan antara editor dengan yang eksudasi dicetak miring adalah pure percakapan diri d. dan berhubung ini editan terakhir. b. tambah 2.000 cc Dextrose 5% b. Dasar luka berwarna pucat editor mohon maaf karena banyak c. 3 cc RL / kg/ TBSA e. stovamesis pribadi. Intubasi 10. Dijumpai bula editor. 4 cc RL/ kg/ TBSA Bismillah sukses mcq blok 23 amin Varo 29 . Luka bakar derajat 2 e. tambah 0..5 cc kristaoloid/ kg/ TBSA. Luka bakar superficial c. Yang termasuk luka bakar mayor : a. Penyembuhan terjadi secara sendiri bersama teman khayalan… mohon spontan 5-10 hari maaf atas nama-nama atau kejadian- e. Kerusakan meliputi epidermis kesalahan  semoga dimaafkan… dan sebagian dermis. Luka bakar derajat berapakah jika mengurangi nyeri pd luka bakar? inspeksi BULA tidak ada. tambah 0. kimiawi catatan kuliah pribadi. Luka bakar derajat 3 e. catatan kuliah temen b. gamanesis 10% TBSA pinjem temen.

POTENSIAL MENGANCAM JIWA Hal-hal yang berpotensial mengancam jiwa di bidang THT sebenarnya banyak. SpTHT.facial akut 3. KASUS 1 88 Kasus 1  Seorang bayi perempuan berusia 18 bulan mengalami bunyi napas abnormal selama 2 hari dan gagal untuk berkembang. Septal hematoma Nah kuliah ini lebih banyak tentang diskusi kasus. Di THT. Adnan.Kes Editor : chelseavs (varo15) PENDAHULUAN Pentalaksanaan kegawatdaruratan itu berpacu dengan waktu. Epistaksis Berat Adapun yang mengancam jiwa lainnya adalah: 1. mari kita baca kasusnyaa. Kehilangan pendengaran sensori-neural secara tiba-tiba 2.Tom Peters Varo 15 I Varo 28 . "Formula for success: under promise and over deliver. Infeksi Kepala Leher yang Berat 3. Hematoma auricular 4. Ototic barotrauma 7. ada beberapa hal yang khas dan berbeda dengan bidang yang lain. medan yang ditangani itu sempit-sempit (hidung. M. Kekhasan yang kedua adalah. sehingga menyulitkan untuk dilakukan pertolongan. namun yang penting ada 3 yaitu: 1. sehingga bila tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan kematian. telinga. Perinchondritis akut 5. tenggorokan). Paralisis n. Blast injury 6. pasti akan memberikan dampak atau komplikasi serius terutama pada saluran napas (karena organ THT itu berdekatan dengan saluran napas). Apalagi di bidang THT." . setiap hal yang berhubungan dengan THT. Stridor 2. Kegawatdaruratan di Bidang THT KEGAWATDARURATAN DI BIDANG THT dr.

Penjelasan dibawah ini: PENYEBAB KONGENITAL 1. penyebab dapatan. Dibawah ini contoh gambar dari Carsinoma Laryngeal 89 "Formula for success: under promise and over deliver. maksudnya : C = Congenital I = Infection atau Inflammation N = Neoplasma T = Trauma A = Aku tidak tahu (maksudnya ini nih Idiopathic. Web  Web itu maksudnya selaput. Kegawatdaruratan di Bidang THT Setelah membaca kasus tersebut. Adnan menerapkan pola pikir yang mudah. tapi biar gampang ngapalin jadi singkatan C)NTA makanya dibuat aku tidak tahu Nah dari C-I-N-T-A tadi." . proses keganasan. Bisa karena trauma (misalnya pas proses persalinan ada trauma. Subglottic Stenosis  Pada daerah sublotis 2-3 cm dari pita suara sering terjadi stenosis (penyempitan). untuk memudahkan kita berpikir tentang kemungkinan penyebab yang terjadi pada bayi tersebut. Untuk penanggulangannya ialah dengan mengangkat kista itu dengan bedah mikro laring. pas suction terlalu keras juga bisa) . Selaput ini paling banyak ada di glotis. Kalo penyebab kongenitalnya maupun penyebab dapatan. dr. infeksi. contohnya ada dibawah ini : Yang lebih dibahas dalam adalah mengenai penyebab kongenital. 2.Tom Peters Varo 15 I Varo 28 . semuanya bisa jadi kemungkinan penyebab. Gambar disamping ini disebut dengan kista sub glotis. Cyst Kista sering tumbuh di pangkal lidah atau di plika vestibularis. dan ada juga obstruksi airway. Yaitu pikirkan tentang C-I-N-T-A. dan kongenital. 3.

terlihat bercak putih tebal dan mudah berdarah bila tonsil/rongga mulut dikerok. Haemangioma  Biasanya timbul di daerah subglotis. PENYEBAB DAPATAN 1. jadi bisa juga orang 90 TB paru itu suaranya gak normal  Vibrator (pita suara)  Resonator (rongga mulut atau rongga hidung) "Formula for success: under promise and over deliver. Difteri ini bisa menjalar.Tom Peters Varo 15 I Varo 28 . Anomali vaskular 7. Cleft laring 9. Nah ini juga bisa sekaligus sebagai terapi. Lymphangioma 10. diatas pita suara terdapat epiglotis yang disokong oleh tulang rawan. Gejala yang sering muncul adalah stridor 6." . Laringoskopi : ini gambarannya kalo epiglotis tidak bisa menutup sempurna. Kegawatdaruratan di Bidang THT 4. Gejala yang timbul adalah terdapat hemoptisis. Dimana epiglotis akan menutup atau membuka saat bernapas. Pyrexial (demam)  Akut Epiglottis  Akut Laryngitis  Akut Laryngotracheobronchitis  Difteri stadium lanjut. namun bila bayi ditelungkupkan sesak napas membaik. dan sembari menunggu kuat. sehingga epiglotisnya lemah. gak cuma terbatas di tonsil OBSTRUKSI AIRWAY Bagaimana suara bisa muncul? Jadi syarat agar dapat bersuara itu ada 3:  Generator (paru-paru)  misal kalo TB paru kan paru nya bermasalah. Vocal Cord Paralysis  Kelumpuhan pita suara adalah terganggunya pergerakan pita suara karena disfungsi saraf ke otot-otot laring. Apyrexial (tidak ada demam)  Foreign body  Injury  Scald : luka bakar  Papilloma 2. Adnan si kartilago ini seiring waktu bisa menguat. si bayi bisa ditelungkupkan biar gak sesak napas. Khasnya adalah epiglotis seperti bentuk omega  Ω 5.  Cara sederhana untuk mengetahui bayi mengalami ini : saat bayi terlentang merasa sesak napas (karena aditus laringusnya tertutupi).  Jadi normalnya. Micrognathia (lidah kecil) 8. gejala sumbatan laring. Laryngomalacia  Paling sering ditemukan. karena kata dr. Tapi pada lariongamalasia ini si tulang rawan tadi belum terbentuk sempurna.

orofaring. leher kanan membengkak selama 3 hari. Mengapa kasus ini digolongkan menjadi kasus kegawatdaruratan? Karena di daerah septum itu tidak ada sekat. demam dan menggigil. borderline nya antara saluran pernapasan atas dan bawah adalah di bifurcatio atau carina. faring (nasofaring. namun diatasnya di palatum mole ada proses inflamasi. Kegawatdaruratan di Bidang THT Lalu. trakea. kalo ada sesuatu masalah pada ke3 syarat suara tadi atau di saluran napas yang udah dijelaskan diatas. bahkan saat pasien baru "Formula for success: under promise and over deliver. Apa yang terjadi pada laki-laki tsb? Yang paling memungkinkan adalah terjadi proses inflamasi. Adnan. Aphonia – obstruksinya terjadi secara komplit pada bagian saluran pernapasan atas (complete upper airway) 2. Stridor – obstruksinya terjadi secara tidak komplit pada saluran pernapasan atas (incomplete upper airway) Karakteristik stidor (semakin ke distal semakin parah):  Inspiratori  obstruksi pada atau diatas vocal cords  Eskpiratori  saluran pernapasan bawah  Bifasik  obstruksi berat. Quinsy (Peritonsilar Abses)  Abses di regio peritonsilar 91  Penyebab : streptokokus  Kasus yang sering ditemui.Tom Peters Varo 15 I Varo 28 ." . rincianny:  Saluran pernapasan atas  nasus. sistem respirasi itu dibagi apa aja? Ada saluran pernapasan atas dan saluran pernapasan bawah. pulmo Kata dr. Ini dibahas dibawah kemungkinan-kemungkinan penyebabnya. sinus paranasalis. Loss of breath sounds (kehilangan suara napas) – obstruksi terjadi secara komplit pada saluran pernapasan bawah (complete lower airway) KASUS 2 Kasus 2  seorang lelaki usia 35 tahun mengeluhkan sakit tenggorokan selama 1 minggu. sehingga bila ada proses inflamasi dan terbentuk abses akan masuk ke sinus cavernosus dan bisa jadi trombus  kematian. obstruksi di trakea atau di bronkus utama 3. Biasanya tonsilnya tidak bermasalah. Nah. laringofaring)  Saluran pernapasan bawah  laring. akan menyebabkan beberapa gangguan suara: 1.  Sangat mudah untuk didiagnosis. bronkus. Wheezing – obstruksi terjadi secara tidak komplit pada saluran pernapasan bawah (incomplete lower airway) 4. INFEKSI KEPALA DAN LEHER YANG BERAT 1.

Ruptur dapat menyebabkan aspirasi dan meninggal. langsung ditonsilektomi. Tapi bila diinsisi. Nah terus juga digambar itu pasien juga harus ditrakeostomi pada cincin 3. . Bahkan air liurnya keluar-keluar.Tatalaksana  antibiotik intravena. 2. Kedua cara tsb sama-sama efektif. dan salivasi . baru beberapa hari kedepannya bisa diambil tonsilnya. Harus siap siaga. tapi cuma lebih mahal kalo tonsilektominya dilakukan di lain hari.Distensi pada bawah mandibula .  Tonsilektomi interval  efektif untuk mencegah rekurensi.Infeksi tonsil (60%) . trismus.Marked trismus . Cara ngetesnya biar bisa tau ini trismusnya bukan karena tetanus  pake spatula test  bila dibuka secara pasif bisa membuka berarti itu Abses  tapi kalo pas dibuka malah mulutnya makin ngunci berarti itu tetanus.  Nyeri hebat dengan trismus. Bagaimana caranya? Quinsy ini cirinya kan ada nyeri telan dan sulit bicara. Neck Space Infection  Ludwig’s Angina . infeksi tonsil. Cara mengambilnya bisa dengan needle spuit 5 cc di mid uvula  molar III  sepertiga lateral  tusuk kapsulnya pada daerah yang fluktuatif. insisi dan drainase  Parapharyngeal Infection 92 .Saat meinsisi abses.Sumbatan jalan napas .  Soft palate yang asimetris  Uvula bergeser  terdorong kontralateral  Mengeluarkan abses bisa dilakukan dengan insisi dan drainase. .Pembengkakan leher atas dibelakang dan dibawah sudut mandibula "Formula for success: under promise and over deliver. nyeri. Kegawatdaruratan di Bidang THT masuk ruang periksa sudah bisa didiagnosis. tepi luka nya akan rapi.4 untuk memudahkan jalan napas. Jadi waktu mau ngomong itu mulutnya monyong- monyong kayak nguyah kentang yang puanas.  Bisa diberikan antibiotik spektrum luas secara intravena dosis tinggi. Bila abses tidak dikeluarkan akan berisiko untuk ruptur. infeksi soft tissue .Elevasi dari dasar mulut  lidah elevasi posterosuperior (lihat gambar dibawah ini si lidahnya elevasi).Sembuhkan dulu absesnya. disebabkan ada abses.Tom Peters Varo 15 I Varo 28 .Infeksi gigi pada rahang bawah (40%) .Disfagia . soalnya akan ada banyak perdarahan hebat dikarenanan jaringannya kan tadi masih meradang jadi rapuh. nah tapi ada kekhasnya yaitu orangnya seperti mengunyah kentang panas (hot potatoes voices).Demam. Jadi tonsilektomi ada 2 cara yang bisa dipilih salah satu: .Demam ." . tidak membentuk abses sehingga keras pada perabaan submandibula  Infeksi dental (80%).Infeksi anaerob pada dasar mulut dan tiangle submandibula berupa selulitis dengan tanda khas berupa pembengkakan seluruh ruang submandibula.

menderita hipertensi.Tom Peters Varo 15 I Varo 28 .  Berat  trakeostomi. 93 Kalo yang anterior itu perdarahan hidungnya gak berat. NaCl. Arteri ethmoidalis anterior et posterior . Sebelum masuk ke pembahasan tentang epistaksis. . barrium swallow. Bila kehilangan >40% harus dilakukan resusitasi agresif. kunang-kunang. Ini dia vaskularisasinya: 1. misalnya mulai pusing.Pergeseran tonsil ke arah medial ." . hidung kiri mengalami perdarahan berat selama 2 minggu. Kegawatdaruratan di Bidang THT . darah pada tubuh itu ada 6L. Ini perlu tindakan cepat karena tubuh hanya bisa menoleransi kehilangan darah 40% saja (sekitar 2L). antibiotik intravena  Retropharyngeal Infection . dr.Dewasa  jarang. eksplorasi terbuka. Pemeriksannya bisa dengan X-ray. Bilang darah hilang <15% itu masih tidak apa-apa.Tatalaksana  insisi dan drainase. nadi lemah.Tatalaksana  drainase TRAUMA LARING  Tanda : bruise di leher  Pembedahan emfisema di leher  Krepitus abnormal dari laring  Suara abnormal  Laringoskopi fleksibel  CT Scan  Sedang  observasi saja. TB cervical spine . perdarahannya habat. fiksasi dari fraktur BENDA ASING Benda asing ini bisa terjadi di semua usia. Mengapa ini bisa menjadi kasus kegawatdaruratan? Jadi. Tapi bila udah hilang 15-20% makan hemostasis mulai terganggu. repair. Datang ke klinik dengan perdarahan masif dari hidung kiri. reduksi. Arteri nasalis posterior septi akan berjalan menuju canalis incisivus dan nantinya akan beranastomosis dengan "Formula for success: under promise and over deliver. soalnya beda manifestasi perdarahannya. benda asing. Arteri sphenopalatina – arteri nasalis posterior lateral et septi. CT. saat itu harus dilakukan transfusi darah + kristaloid. Bila kehilangan 25-30% maka kesadaran akan menurun. maksudnya semua pembuluh darah yang ada dipasangi infus dan kantung darah sampai harus diperas untuk dipaksa masuk. gejalanya berupa nyeri. HR meningkat dan diharuskan resusitasi dengan kristaloid. Tapi kalo posterior. Adnan menjelaskan dulu mengenai vaskularisasi dari nasal yang anterior sama posterior. removal. disfagia. drooling of saliva  ngiler. rigid endoscopy KASUS 3 Kasus 3  seorang lelaki usia 73 tahun.Pada anak-anak  infeksi pernapasan atas.Arteri nasalis anterior lateral et septi 2. RL.Tidak umum .

epistaksis digitorum . a nasalis posterior septi dan nervus nasopalatinus EPISTAKSIS ANTERIOR  90% terjadi di (Little’s Area Kisselbach’s plexus (merupakan anyaman pembuluh darah di bagian anterior septum nasi). ditampon pake adrenalin atau daun sirih bisa berhenti.Kehamilan  Tidak terlalu bermasalah karena hanya mengenai pembuluh darah kecil. Abses otak 5. Komplikasi yang bisa terjadi adalah: 1. Periorbital abses 4. EPISTAKSIS POSTERIOR  10% dari semua epistaksis  Biasanya pada orang tua  Penyebab: koagulopati. Nah terjadinya kan ditempat yang disebut little yang artinya kecil. alergi . neoplasma. kaku pada leher.  Biasanya pada anak dan dewasa muda. Adapun komplikasi yang bisa terjadi: 1." . perubahan derajat kesadaran.Tom Peters Varo 15 I Varo 28 . Kadang hanya dengan penekanan cuping hidung. Orbital abses 5. Orbital selulitis 3. kelopak mata bengkak. dan terjadi sakit kepala berat.Iritan  kokain. dan bisa kehilangan penglihatan. memiliki riwayat CSOM (Chronic Supurative Otitis Media) kanan. Komplikasi berat dari infeksi hidung itu bisa terjadi pada mata dan intrakranial KOMPLIKASI PADA MATA Komplikasi mata lebih sering ditemukan pada anak-anak. Kegawatdaruratan di Bidang THT arteri palatina mayor. spray . Periorbital selulitis 2. mata terasa nyeri. letaknya juga lebih permukaan sehingga mudah dijangkau. Meningitis 2. hipertensi (masih diperdebatkan). mengeluh adanya discharge hidung berwarna kuning selama 10 hari. Abses ekstradural 3. Trombosis sinus cavernosus KOMPLIKASI INTRAKRANIAL Keluhan yang ditemukan pada komplikasi intrakranial adalah nyeri kepala berat. proptosis. Telinga kanan mengeluarkan discharge setelah infeksi saluran "Formula for success: under promise and over deliver. tanda-tanda terlokalisasi. mata kiri bengkak selama 2 hari.  Penyebab : . diplopia.Winter Syndrome. Abses subdural 4. Trombophlebitis kortikal 94 KASUS 5 Kasus 5  Seorang pelajar usia 18 tahun. KASUS 4 Kasus 4  Seorang anak laki-laki usia 5 tahun.Trauma. aterosklerosis. Isi canalis incisivus: a palatina mayor. makanya kalo ruptur disini ya perdarahannya gak hebat dan tidak terlalu bermasalah.

bilateral atau unilateral. Kegawatdaruratan di Bidang THT pernapasan atas selama 5 hari. Kalo mendadak tuli itu misalnya ada serumen menutupi telinga waktu bangun tidur soalnya kegencet waktu tidur (sifatnya konduksi).  Pentalaksanaan  jadi karena penyebab yang paling banyak adalah idiopatik. tinitus. Labirintitis  Vertigo  Sensori neural hearing loss. Dr.Steroid .Obat antivirus . obat kolesterol "Formula for success: under promise and over deliver. Bedakan antara tuli mendadak dengan mendadak tuli. 4. Komplikasi intrakranial 1. harus dibuktikan dengan audiometri (skor 3 berturut-turut menunjukkan itu berat atau sangat berat) SUDDEN SENSORI-NEURAL HEARING LOSS  Ciri  kehilangan pendengaran.Tom Peters Varo 15 I Varo 28 . Trombophlebitis kortikal KASUS 6 Kasus 6  Seorang guru berusia 45 tahun tiba-tiba kehilangan pendengaran mendadak setelah bangun tidur.Istirahat total 95 . Kalo tuli mendadak itu syaratnya : bersifat sensori-neural. Meningitis 2.Obat DM. Penurunan pendengaran 3 frekuensi berturut-turut. Adnan terapinya disebut cocktail therapy (terapi campur). pada tes audiometri didapatkan tuli sedang hingga berat. Abses subdural 6. virus. harus diliat telinganya juga. Trombosis sinus lateral 3. jadi pas ketemu kasus parase fasialis. Otitis hidrosephalus 4. dan pusing ringan. harus mendadak minimal 2 minggu. Mastoiditis  Nyeri dibelakang telinga  Nyeri tekan pada mastoid dan bengkak 2. Komplikasi berat dari infeksi telinga biasanya terjadi di daerah ektrakranial dan intrakranial. Nyeri dibelakang telinga kanan dan nyeri kepala berat unilateral. atau bisa juga karena hiperkolesterol. . Oleh karena itu. KOMPLIKASI EKSTRAKRANIAL 1. barotrauma.Neurotropik . Adnan juga berpesan. tinitus. Petrositis  Nyeri kepala berat unilateral  Paralisis nervus abdusen Gradening o’s syndrome 3. kata dr. Soalnya ternyata infeksi telinga juga bisa menyebabkan parase. Abses ekstradural 5. karena daerah yang terinfeksi adalah tempat keluarnya n. Paralisis nervus fasialis." . pengobatannya pun jadi serba tak jelas. trauma : trauma kepala. Abses otak 7.fascialis. serebrovaskuler.Vasodilator perifer. yang terdiri dari: . vertigo  Penyebab  idiopatik (paling banyak). DM. jangan sampai pada semua kasus parase fasialis kita diagnosis sebagai Bells Palsy semua dan dikasih steroid semua.

pressure splint. Post operasi 6. Fraktur 5. obat antiviral. Konginetal kolesteatoma 3. Herpes zoster Herpes zoster aoticus (Ramsay hunt syndrome)  Infeksi virus dari ganglion vestibular di telinga dalam atau ganglion dan n." .fasialis  Nyeri hebat di telinga  Erupsi vestibular pada pinna dan eksternal telingan beberapa hari selanjutnya  Tiba-tiba kehilangan pendengaran sensori-neural 4. Pengobatan : perawatan mata. Bell’s palsy Diagnosis dengan ekslusi. Tumor tulang temporal 7. tidak dapat menutup mata kirinya hari ini. Kegawatdaruratan di Bidang THT Nah kalo yang editor baca. Penjelasan ada dibawah. Tumor glomus 3. Parotid malignancy 2. KASUS 7 Kasus 7  Seorang ibu rumah tangga berusia 53 tahun. insisi dan drainase. Kemungkinan  paralisis nervus fasialis akut. Akoustik neuroma INTRATEMPORAL 1. Dapat terjadi secara intrakranial. Meningioma 2. atau ekstratemporal. steroid. antibiotik "Formula for success: under promise and over deliver. terapi campur ini disebut dengan shotgun therapy. INTRAKRANIAL 1. AURICULAR HETAMOMA (OTHEMATOMA)  Disebabkan oleh trauma tumpul sehingga terjadi perdarahan dalam pada perikondrium dan kartilago.Tom Peters Varo 15 I Varo 28 . pinna kanan membengkak setelah bermain sepak bola kemarin. intratemporal. vasodilator EKSTRATEMPORAL 1.  Nekrosis dan sekar 96  Telinga seperti kembang kol (cauli ear flower)  Tatalaksana : aspirasi. Infeksi telinga akut dan kronik 2. Facial laceration KASUS 8 Kasus 8  Seorang juru tulis usia 22 tahun.

sekunder. Jadi tubuh itu banyak rongganya. Ketidakseimbangan 7.Efek primer  terkena langsung pada tubuh. Kadang-kadang terjadi kerusakan telinga dalam 4. << Gamabaran perforasi membran tempani TRAUMA LEDAKAN 1. yang ringan itu bisa kena membran timpani sehingga perforasi.Tom Peters Varo 15 I Varo 28 . Kegawatdaruratan di Bidang THT PERIKONDRITIS AKUT  Nyeri dan bengkak pada pinna  Destruksi kartilago  Diberikan antibiotik sistemik awal KASUS 9 Kasus 9  Seorang ibu rumah tangga usia 51 tahun mengalami perdarahan pada telinga kirinya dan kehilangan pendengaran sesudah ditampar oleh suaminya. Kalo beratnya. Mungkin permanen 8." . KASUS 10 97 "Formula for success: under promise and over deliver. . misal kena jantung hingga bisa terjadi tamponade jantung . Saat terkena bom.Efek sekunder  benda-benda disekitar dapat terlempat dan mengenai manusia . dan tersier pada manusia. Adanya letusan atau tamparan pada telinga 2. Rupturnya gendang telinga 3. Kehilangan pendengaran sensori-neural 5. eh malah juga tubuh manusia terlempar ke dinding.Efek tersier  misal udah kena kursi terbang. Tinitus 6. terjadi efek primer.

Tata laksana  insisi dan drainage. Bersyukur ya  ” 98 "Formula for success: under promise and over deliver. Nyeri tekan 7. Obstruksi nasal yang berat 5.Tom Peters Varo 15 I Varo 28 . Nekrosis kartilago 8. antibiotik "Semua ga cuma indah pada waktunya. Hidung kolaps 9." . Perdarahan ke dalam subperichondrial space 4. Abses septal 6. Kegawatdaruratan di Bidang THT Kasus 10  Seorang pengacara usia 47 tahun. SEPTAL HEMATOMA 1. Tapi semua waktu. mengalami obstruksi nasal dengan nyeri ringan. Trauma nasal 2. ditemukan pembengkakan yang cukup besar di septum nasi. Diketahui pasien mabuk sesudah pesta tadi malam. nasal packing. Lebih umum pada anak-anak 3. punya keindahannya.

I can do small things in a great way" Varo 15 I Varo 28 . Ada juga soal yang dibuat dr. Kekerasan langsung b. e. c. Trombosis d. TOKSIKOLOGI. Contoh kekerasan benda tumpul lokal yang benar adalah? a. b. meminta kita untuk buat soal sendiri. Kecelakaan di jalan raya d. Dapat terjadi jika kekerasan terlokalisir dan obyek yang mengenai kulit kecil dan kuat. Kekerasan lokal 2. Jatuh dari ketinggian e. Perdarahan b. Contoh kekerasan benda tumpul general yang benar adalah? a. Petinju terkena tinju lawan dibagian muka b. Suatu komplikasi umum dari jejas yang berat pada ekstremitas bawah. Hal berikut ini yang benar berkaitan dengan bentuk kekerasan tumpul laserasi? a. Kerusakan epidermis berupa robekan dan sobekan yang menembus kedalam dermis dan jaringan subkutan d. Seorang pendaki gunung jatuh terpeleset saat mendaki gunung. Syok "If I cannot do great things. Efek jejas pada penyakit alamiah sebelumya e. Terkena tendangan kaki c. Kekerasan khusus e. Kecelakaan di jalan raya 5. 6. Kekerasan umum d. Kekerasan tidak langsung c. Jejas dari lapisan superfisial epidermis yang ditimbulkan oleh kontak kekerasan dengan sebuah objek yang mempunyai permukaan kasar. Kekerasan langsung b. Kekerasan lokal 3. Gempa bumi d. Traumatologi 1. SpF Editor : varo15 (chelseavs) dr. Teriris paku 4. Khususnya saat terjadi destruksi jaringan yang luas disebut? 99 a. Dibawah ini soal yang udah dibuat yaa. OTOPSI dr. Dapat menghancurkan pembuluh darah subkutan dan ekstravasasi darah terjadi dari pembuluh darah ke jaringan sekitar. Termasuk dalam bentuk trauma apakah kejadian tersebut? a. Termasuk dalam bentuk trauma apakah kejadian tersebut? a. R. Soegandi sendiri. Infeksi c. Seorang tukang bangunan kejatuhan batu bata sehingga kepalanya hancur. Kekerasan umum d. Soegandhi. terlampir dengan materi nya juga. Petinju terkena tinju lawan dibagian muka b. Jatuh dari jembatan c. Pendaki tersebut jatuh dengan landasan kepala dan bahunya serta terjadi distorsi tilang belakang sehingga menimbulkan fraktur dari satu segmen tulang belakang vertebra. Kekerasan tidak langsung c. SOAL LATIHAN MATERI Prof. Kekerasan khusus e. Soegandhi TRAUMATOLOGI. Soegandhi seperti biasa. Dipukul senapan e. Dapat terjadi antemortem dan postmortem.

Jejas sobekan d. Merk d. Asam sianida e. Tipe jejas yang diakibatkan tubuh ditekan oleh elebvator. Diinfektan b. Asam karbol b. Susunan kimia 3. Diantara pernyataan dibawah ini yang BUKAN masalah yang harus diselesaikan tersebut adalah? a. Serangan binatang d. HgCl2 4. Dengan impak langsung benda keras seperti tongkat atau pentungan b. Tumbukan yang melengkung adri objek yang kasar c. kehancuran pada tabrakan mobil. Kekerasan benda tumpul lokal e. Sebab kematian b. Tranquilizer e. Trauma akibat serangan cakaran. Sianida 2. Apakah akibat perbuatan manusia atau oleh aksi benda lain d. Melalui kekuatan robekan kasar yang dihasilkan roda mobil d. Otopsi pada tubuh individu yang menderita jejas akibat kekerasan benda tumpul yang serius menghadirkan sejumlah masalah yang perlu penyelesaian. Cara bagaimana jejas ditimbulkan c. Melalui tulang yang hancur yang merobek kulit diatasnya e. Yang tergolong dalam racun yang banyak diapakai dalam dunia kedokteran maupun pengobatan adalah? a. Jatuh atau tubrukan e. atau tertimbun gedung yang runtuh disebut? a. Kekerasan benda tumpul lokal b. Crushing force 9. Berikut yang TIDAK mempengaruhi kerja racun adalah? a. Keterangan saksi mata e. Asam-asam dan basa-basa d. Karbon monoksida 100 c. Serangan manusia 8. tusukan tanduk. Arsen d. atau lemparan peluru. Dosis e. Optium c. Cara pemberian b. Toksikologi 1. Pada racun yang bersifat lokal misalnya zat korosif. Lama lesi traumatik 10. Crushing force c. SOAL LATIHAN MATERI Prof. tendangan. I can do small things in a great way" Varo 15 I Varo 28 . disebut? a. Eskstravasasi darah yang terjadi dari pembuluh darah ke jaringan sekitar. Serangan manusia b. Laserasi dapat terjadi dalam berbagai cara. Soegandhi 7. Racun apa yang dapat menimbulkan rasa nyeri (efek lokal) sekaligus juga menyebabkan depresi pada susuan saraf pusat (efek sistemik)? a. Jatuh atau tubrukan c. manakah dari jawaban berikut yang paling mempengaruhi kerja racun tersebut? "If I cannot do great things. KECUALI: a. Umur c.

pada umumnya racun akan paling cepat berkeja pada tubuh jika masuk secara? a. Pada racun yang bersifat sistemik. tahun 19 dari Majelis Pertimbangan Kesehatan dan Syara’ Kementerian Kesehatan RI mengatakan bahwa bedah jenazah hukumnya? "If I cannot do great things. Ingesti b. Langsung ditelan e. Inhalasi c. Injeksi d. Soegandhi a. manakah hal berikut yang lebih cepat menimbulkan efek pada tubuh? a. Pemeriksaan mikroskopis e. tetapi pada beberapa jenis racun justru anak-anak lebih tahan. SOAL LATIHAN MATERI Prof. Berdasarkan cara pemberiannya. Asam oksalat dan asam karbol 10. Bentuk dan kombinasi fisik e. Konsentrasi c. Menelan racun dalam keadaan lambung berisi makanan c. Addisi dan sinergisme d. Dihisap d. Dosis b. Pemeriksaan toksikologis b. pada umumnya racun akan paling lambat berkeja pada tubuh jika masuk secara? a. Konsentrasi c. Pemeriksaan fisik 101 d. Berbentuk padat b. Belladona dan karbon monoksida c. Pada umunya anak-anak dan orang tua lebih sensitif terhadap racun bila dibandingkan dengan orang dewasa. Belladona dan barbiturat e. Berdasarkan cara pemberiannya. Susunan kimia 6. Semua benar OTOPSI 1. Barbiturat dan asam karbol b. manakah dari jawaban berikut yang paling berperan dalam menentukan berat ringannya akibat yang dtimbulkan oleh racun tersebut? a. Ingesti c. Menurut fatwa no. Addisi dan sinergisme d. Berbentuk cair 7. Pada kriteria diagnosis kasus akibat racun. Dosis b. Inhalasi d. Bentuk dan kombinasi fisik e. manakah pemeriksaan yang mutlak harus dilakukan? a. Rektal 8. Melalui kulit yang sehat 9. Susunan kimia 5. Dilihat dari bentuk dan kombinasi fisik racun. apakah jenis racun tersebut? a. Oral e. Asam karbol dan karbon monoksida d. Oral e. Injeksi b. I can do small things in a great way" Varo 15 I Varo 28 . Anamnesis c.

Otopsi kehamikan d. Mubah. Soegandhi a. 3x34 jam d. Otopsi kehamikan d. I can do small things in a great way" Varo 15 I Varo 28 . untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Otopsi yang pelaksanaanya sebagai praktikum anatomi manusia dengan tujuan mengetahui susunan normal anatomi manusia disebut? a. Otoposi patologis terdiri dari? a. 2x24 jam c. Otopsi kehamikan dan otopsi fisiologis c. Bukan salah satu diatas 3. Otopsi klinis "If I cannot do great things. Otopsi patologis c. Otopsi fisiologis dan otopsi klinis b. Dapat dilakukan tanpa persetujuan penderita atau keluarga dekat apabila dalam waktu 2x24 jam tidak ada keluarga yang datang ke rumah sakit. Otopsi kehakiman dan otopsi medicolegal d. Hanya dilakukan di ruangan dalam rumah sakit yang disediakan untuk keperluan itu d. SOAL LATIHAN MATERI Prof. Bedah mayat forensik c. dan penegak keadilan umat manusia 2. Otopsi klinis e. Sunah. pendidikan dokter. 5x24 jam 5. Berikut ini yang benar mengenai bedah mayat klinis. Bedah mayat klinis d. b. dan penegak keadilan umat manusia c. Batas waktu maksimal untuk bisa dilakukan otopsi tanpa harus ada Informed Consent adalah? a. Otopsi klinis dan otopsi kehakiman e. apabila sebab kematiannya belum dapat ditentukan dengan pasti e. dan penegak keadilan umat manusia d. Otopsi patologis c. dan penegak keadilan umat manusia e. Otopsi fisiologis b. KECUALI: a. Otopsi atas permintaan tertulis penegak hukum untuk mencari dan menentukan laporan tertulisnya dalam bentuk Visum et Repertum disebut dengan? a. 4x24 jam e. Dilakukan oleh mahasiswa FK dan sarjana kedokteran 4. Otopsi kehamikan 6. untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Bedah mayat anatomis b. Otopsi forensik 102 7. pendidikan dokter. Otopsi patologis e. Haram untuk kepentingan ilmu pengetahuan. pendidikan dokter. Dengan persetujuan tertulis penderita atau keluarganya yang terdekat setelah penderita meninggal dunia. Tidak boleh untuk kepentingan ilmu pengetahuan. dan penegak keadilan umat manusia b. pendidikan dokter. untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Apakah istilah yang tepat pada kasus tersebut? a. Sekolompok mahasiswa FK melakukan pemeriksaan yang dilakukan dengan cara pembedahan pada mayat untuk keperluan pendidikan. Wajib. Pemeriksaan yang dilakukan dengan cara pembedahan terhadap mayat untuk mengetahui dengan pasti penyakit atau kelainan yang menjadi sebab kematian c. Otopsi fisiologis b. pendidikan dokter. 1x24 jam b.

Ditentukan oleh 1 dokter yang tidak ada sangkut paut medik dengan dokter yang melakukan transplantasi 103 "If I cannot do great things.. Setiap bagian tubuh mayat diberi label identitas e. UU Praktik Kedokteran dan Kedokteran Gigi No. SOAL LATIHAN MATERI Prof. Ditentukan oleh dokter yang melakukan transplantasi d. Otopsi forensik 8. Apakah syarat untuk transplantasi untuk penentuaan saat mati? a.. Ditentukan oleh 1 dokter spesialis forensik b. a. UU Praktik Kedokteran Gigi No. Ditentukan oleh 1 dokter dan 1 perawat c. Berdasarkan pasal 133 KHUAP ayat 3. Pelayanan kedokteran forensik secara medikolegal tertuang dalam? a. UU Praktik Kedokteran dan Kedokteran Gigi No. 29 Tahun 2004 d. UU Praktik Kedokteran Tahun 2003 e. mayat yang dikirim kepada ahli kedokteran kehakiman atau dokter rumah sakit harus. Label tidak perlu memuat indentitas mayat d. Tidak diberi label b. UU Praktik Kedokteran dan Kedokteran Gigi No. Dilak dengan tanpa diberi cap jabatan pada jari kelingking c. Soegandhi e. Ditentukan oleh 2 dokter yang tidak ada sangkut paut medik dengan dokter yang melakukan transplantasi e. 29 Tahun 2009 b. Diperlakukan secara baik dengan penuh penghormatan pada mayat tersebut 10. I can do small things in a great way" Varo 15 I Varo 28 . 29 Tahun 2004 c. 29 Tahun 2003 9.