You are on page 1of 18

OLEH KELOMPOK 3 ROTASI II DI RUANG F KEDONDONG 1. NI GUSTI AYU SANTIKA DEWI 4. I PUTU BAYU SUADNYANA 6. I DEWA GEDE WISNU BUDI SURYAWAN 3. NIPUTU TAMARA SUCI ARTINI 5. NI MADE APRILAYONI ASTUTI 2. PUTU DIAH PEBRISUNDARI 7. NI KOMANG AYU WIDYARI PUTRI .

.

PENDAHULUAN 1. termasuk banyak dan persentase hampir 90% responden tidak mengetahui ISK di RSUD Klungkung . Dan 65 tahun dengan angka prevalensi ISK sebesar 20%.7%. Proporsi Infeksi Saluran Kemih di bali sebesar 11. Kecendrungan wanita lebih sering terkena ISK lebih kurang 35% kaum wanita selama hidupnya pernah menderita infeksi saluran kemih 3.2 %. 2. Prevalensi ISK di masyarakat makin meningkat seiring dengan meningkatnya usia dimana usia 40 – 60 dengan angka prevalensi ISK 3.

.

PENGERTIAN ISK Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah suatu kondisi dimana sistem kemih meradang akibat infeksi kuman atau suatu keadaan adanya infasi mikroorganisme pada saluran kemih. (Agus Tessy. . 2001).

.

Enterobacter. dan-lain-lain. Kuman penyebab ISK: Escherichia Coli. Pseudomonas. enterococci. Mobilitas menurun 3. Adanya hambatan pada aliran urin . Proteus. PENYEBAB 1. 2. Nutrisi yang sering kurang baik 4. Sistem pertahanan tubuh menurun 5. staphylococcus epidemidis. Klebsiella.

.

Nyeri yang sering dan rasa panas ketika berkemih 2. Demam 4. Nyeri panggul dan pinggang 5. TANDA GEJALA ISK 1. Nyeri punggung dapat terjadi 3. Nyeri ketika berkemih .

.

. 8. 4. 7. Kenakan celana dalam dari bahan yang nyaman dan tidak terlalu ketat. 3. Hindari kebiasaan menahan kencing. Biasakan diri minum air putih yang cukup setiap hari 2. Jagalah kebersihan daerah kelamin. 5. sebaiknya kaum wanita membiasakan diri buang air kecil setelah berhubungan seksual. 6. Biasakan berhubungan seksual dengan cara yang sehat.Gantilah pembalut secara rutin saat sedang menstruasi. PENCEGAHAN 1. Biasakan cebok dengan arah dari depan (kemaluan) ke belakang (bokong).

CEBOK PADA WANITA 1. Bersihkan area genital dari depan ke belakang untuk menghindari perpindahan bakteri dari dubur ke vagina. dan bukan sebaliknya.Untuk yang perempuan rajinlah mengganti pembalut saat haid/menstruasi/datang bulan serta membiasakan cebok dengan arah depan ke belakang agar kotoran pup tidak pindah ke vagina . maupun mengeringkan. 3. 2.Sebisa mungkin juga bersihkan dari arah dalam ke luar. membersihkan. baik saat menyiram. untuk menghindari perpindahan bakteri dari bagian luar organ genetalia ke dalam.

.

Selanjutnya bersihkan area disekitar gland penis (kepala penis) terutama bagian leher penis (batas gland penis) . Pegang penis secara tegas. kemudian buka preputium atau kulup penis 3. PADA PRIA 1. 2. Siram dan bilas dengan air bersih hingga bersih setelah buang air kecil dan air besar agar tidak ada sisa air seni / air kencing yang menempel pada kulit kelamin.

Setelah itu. Kemudian bilas hingga bersih secara keseluruhan . Kemudian area disekitar atau bagian bawah testis dan lipatannya 8. LANJUTAN 5. Kemudian bersihkan area luar penis atau disekitar penis 7. tutup kembali kulup atau preputium 6.

.

TERIMAKASIH .