You are on page 1of 15

BAB II

TUGAS POKOK DAN FUNGSI RUMAH SAKIT
A. Struktur Organisasi
Struktur Organisasi RS Hati Mulia sebagaimana Peraturan
Direktur PT. Hati Mulia Sejahtera Nomor 002 Tahun 2016 tanggal
2 September 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah
Sakit Hati Mulia, dengan bagan stuktur organisasi sebagai
berikut:

PT. HATI KADIS
MULIA KESEHATAN
SEJAHTERA
DIREKTUR KELOMPOK
JABATAN
FUNGSIONAL
BID. BID. MEDIS
BID. UMUM
PERAWATAN & PENUNJ.
MEDIS
Subbid Subbid. Subbid.
Laboratorium &
Rawat Inap Keuangan &
Radiologi
Perlengkapan
Subbid. Subbid. Subbid.
Kebidanan/KB/ Instalasi Adm & SDM
KIA
Subbid. Farmasi
Subbid. Subbid.
Operasi Instalasi Keamanan &
Gizi Parkir
Subbid. Subbid. Subbid.
IGD Linen Kebersihan &
Kes.
Subbid Subbid. Subbid.
Garis Struktural
Rawat Rekam Humas dan
Jalan/Poli
Garis Koordinasi Medik Promosi
Berdasarkan gambar bagan struktur organisasi di atas, maka
susunan organisasi RS Hati Mulia terdiri dari:
1. Direktur;
2. Kelompok Jabatan Fungsional terdiri dari:
a. Komite Medis;
b. Komite Keperawatan;
c. Satuan Pengawas Internal;
d. Komite Etik dan Hukum; dan
e. Staf Medis.
3. Bidang Perawatan, membawahi;
Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021

6

Sub Bidang IGD. Keteagakerjaan Manajemen pengelolaan ketenagakerjaan RS Hati Mulia diatur melalui Peraturan Direktur PT. Bidang Umum. terdiri dari: 1) Tenaga medis. dokter spesialis. terdiri dari: 1) Tenaga kerja tetap dengan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT). Status tenaga kerja di Rumah Sakit. 2) Tenaga kerja tidak tetap dengan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT). 2016 tentang Ketenagakerjaan Rumah Sakit Hati Mulia. Sub Bidang Rawat Jalan/Poli. membawahi. b. Bidang Medis dan Penunjang Medis. 2) Tenaga keperawatan. Hati Mulia Sejahtera Nomor 001 Tahun 2016 tanggal ……. d. Sub Bidang Instalasi Farmasi. c. Sub Bidang Linen. Sub Bidang Operasi. b. yaitu perawat dan bidan. Susunan Ketenagakerjaan dan Kelengkapan 1. Sub Bidang Keamanan dan Parkir. Sub Bidang Kebidanan/KB/KIA. Sub Bidang Rekam Medik. maka komposisi tenaga kerja di Rumah Sakit Hati Mulia adalah sebagai berikut: a. dokter gigi. 5. Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 7 . dan e. dan dokter gigi spesialis. B. 3) Tenaga kerja pada masa percobaan. Sub Bidang Rawat Inap. d. dan 4) Tenaga kerja harian lepas. Sesuai amanat pasal 4 Peraturan Direktur PT. Sub Bidang Humas dan Promosi. dan e. Sub Bidang Instalasi Gizi. Hati Mulia Sejahtera Nomor 001 Tahun 2016. Sub Bidang Administrasi dan SDM. c. yaitu dokter. Tenaga kerja di Rumah Sakit berdasarkan fungsinya. a. d. a. membawahi. b. Sub Bidang Kebeihan dan Kesehatan Lingkungan: dan e. b. c. 4. Sub Bidang Keuangan dan Perlengkapan. a. Sub Bidang Laboratorium dan Radiologi.

Hati Mulia Sejahtera Nomor … Tahun 2016 Tanggal … 2016. c. dan tenaga penunjang non medis. radioterapis. e) Tenaga keteknisian medis. yaitu radiografer. analis farmasi. Pengangkatan 1 orang Direktur RS Hati Mulia melalui Keputusan Direktur PT. setelah sebelumnya diangkat menjadi Tenaga Medis dengan PKWTT berdasarkan Keputusan Direktur PT. administrator kesehatan dan sanitarian. terdiri dari: a) Tenaga kefarmasian. dan asisten farmasi. yaitu fisioterapis. entomolog kesehatan. kebeihan (claning service). yaitu apoteker. b) Tenaga kesehatan masyarakat. teknisi gigi. d) Tenaga keterapian fisik. teknisi transfuse. yaitu epidemiolog kesehatan. Hati Mulia Sejahtera Nomor 001 Tahun 2016. Dengan berpedoman pada Peraturan Direktur PT. perlengkapan. maka selanjutnya dilakukan pengangkatan tenaga kerja RS Hati Mulia sebagai berikut: a. analis kesehatan. melalui Keputusan Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 8 . yaitu nutrisionis dan dietisien. refraksionis optisien. 2016 tentang Pengangkatann Direktur Rumah Sakit Hati Mulia. b. akuntansi. teknisi elektro medis.. umum. penyuluh kesehatan. okupasiterapis dan terapis wicara. dan perekam medis. otorik prostetik. dan petugas parkir. mikrobiolog kesehatan. yaitu tenaga kerja administrasi. keamanan (security). Pengangkatan 16 orang Pekerja Tetap dengan PKWTT yang terdiri dari tenaga keperawatan. Hati Mulia Sejahtera Nomor … Tahun 2016 Tanggal …. Tenaga penunjang non medis. c) Tenaga gizi. tenaga penunjang medis. 3) Tenaga penunjang medis.

maka tugas pokok dan fungsi di Rumah Sakit Hati Mulia adalah sebagai berikut: 1. yang diangkat dengan perjanjian kerja. Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna sesuai kebutuhan medis. b. Adapun sesuai dengan organisasi sebagaimana telah diuraikan di atas. orang. Selanjutnya untuk menjalankan tugas sebagaimana dimaksud di atas maka Rumah Sakit mempunyai fungsi sebagi berikut: a. Adapun tenaga kerja dengan PKWT. masa percobaan. c. dan harian lepas. Tugas Pokok dan Fungsi Sesuai dengan Pertauran Internal RS Hati Mulia. Direktur RRS Hati Mulia Nomor … 2016 tanggal 1 September 2016 tentang Pengangkatan Pekerja Tetap pada Rumah Sakit Hati Mulia. C. Penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit. masa percobaan. Dengan demikian maka jumlah tenaga kerja di RS Hati Mulia adalah sebanyak …. Penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatan. orang yang terdiri dari 17 orang tenga tetap dengan PKWTT dan … orang tenaga tidak tetap dengan PKWT. dan d. Direktur Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 9 . harian lepas adalah sebanyak …. c. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan. maka Rumah Sakit mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna. dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan etika ilmu pengetahuan bidang kesehatan.

Direktur memiliki tugas utama memimpin pengelolaan Rumah Sakit sesuai dengan katentuan dan peraturan perundang-undangan. Komite Keperawatan a. Dalam penyelenggaraan tugas Komite Medis mempunyai fungsi: 1) Melakukan kredensial bagi seluruh Staf Medis Rumah Sakit yang melakukan pelayanan medis di Rumah Sakit. a. pengawasan program dan kegiatan Rumah Sakit. Komite Medis a. 1) Penyelenggaraan pelayanan dibidang kesehatan. 2) Memelihara mutu profesi Staf Medis Rumah Sakit. Komite Keperawatan bertugas meningkatkan profesionalisme tenaga keperawatan: b. 5) Kelompok Jabatan Fungsional 2. b. dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. dan 3) Manjaga Disiplin. Dalam menyelenggarakan tugas. dan prilaku profesi Staf Medis Rumah Sakit. sepanjang sesuai dengan peraturan perundang- undangan. 2) Menetapkan kebijakan teknis. 3) Menyusun rencana dan program kerja Rumah Sakit. administrasi. dan operasional Rumah Sakit. b. pengkoordinasian. 5) Malaksanakan tugas-tugas lainnya yang diperintahkan oleh Pemilik. Direktur Rumah Sakit mempunyai fungsi sebagai berikut . Komite Medis bertugas meningkatkan profesionalisme Staf Medis Rumah Sakit. 4) Pembinaan. etika. Dalam penyelenggaraan tugas Komite Keperawatan mempunyai fungsi: Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 10 . 3. pengendalian..

agar dapat berjalan sesuai dengan rencana dan peraturan perundangan yang berlaku. 2) Memberi nasehat. serta pertimbangan etik dan hukum kepada pihak-pihak yang membutuhkan. 5) Memberi nasehat. Dalam penyelenggaraan tugas Komite Etik dan Hukum mempunyai fungsi: 1) Melakukan pembinaan insan perumahsakitan secara komprehensif dan berkesinambungan. 1) Melakukan kredensial bagi seluruh tenaga keperawatan yang akan melakukan pelayanan keperawatan dan kebidanan di Rumah Sakit. pengujian. SPI bertugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas semua satuan kerja struktural dan fungsional maupun ternmasuk panitia. 4) Menangani masalah-masalah etik dan hukum yang muncul di rumah sakit. Dalam penyelenggaraan tugas SPI mempunyai fungsi pemeriksaan. pemantauan. baik diminta maupun tidak diminta. b. Komite Etik dan Hukum a. Komite Etik dan Hukum bertugas membantu Direktur dalam menerapkan Kode Etik dan Hukum di rumah sakit. Satuan Pengawas Internal (SPI) a. 3) Membuat pedoman pelaksanaan pelayanan kesehatan di rumah sakit yang terkait dengan etika rumah sakit. dan 3) Menjaga disiplin. penilaian. Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 11 . b. 4. saran. 2) Memelihara mutu profesi tenaga keperawatan. etika. saran. 5. tim dan sebagainya. dan pengusutan. dan pertimbangan terhadap setiap kebijakan atau keputusan yang dibuat oleh Direktur. dan perilaku profesi perawat dan bidan.

operasi. Staf Medis memiliki fungsi sebagai berikut: 1) Penyususnan Standar Prosedur Operasional pelayanan medis. serta poli umum dan poli spesialis. 3) Melaksanakan kegiatan profesi yang meliputi prosedur diagnosis. 6) Membantu menyelesaikan perselisihan/sengketa medik yang terjadi di lingkungan rumah sakit. menyelia. b. Staf Medis a. Dalam melaksanakan tugas. Bidang Perawatan: a. memberi tugas. kegawat daruratan. b. 2) Penyususnan indikator mutu klinis. standar pelayanan medis dan etika kedokteran yang sudah ditetapkan. kegiatan. 6) Menyusun. 6. mengkoordinasikan. mengatur. mengumpulkan. mengevaluasi dan melaporkan penyelenggaraan program. Dalam menyelenggarakan tugas. 7) Menyelenggarakan berbeagai kegiatan lain yang dipandang dapat membantu terwujudnya kode etik dan hukum rumah sakit. dan pelayanan rawat inap. operasionalisasi. 7. Bidang Perawatan mempunyai tugas pokok merencanakan. memberi petunjuk. pencegahan akibat penyakit peningkatan dan pemulihan. Bidang Perawatan mempunyai fungsi: Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 12 . 5) Menjaga agar kualitas pelayanan sesuai dengan standar profesi. Staf Medis bertugas sebagai pelaksana pelayanan medis. 4) Meningkatkan kemampuan profesinya. pengobatan. pendidikan dan pelatihan serta penelitian dan pengembangan di bidang Medis. menganalisa dan membuat laporan pemantauan indikator mutu klinik. kebidanan/KB/KIA. pencegahan. melalui program pendidikan/pelatihan berkelanjutan.

. Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 13 . 2) Melaksanakan program. mengevaluasi. kegiatan. operasionalisasi. mengevaluasi. Bidang Perwatan dalam menjalankan tugas dan fungsinyanya dibantu oleh: 1) Sub Bidang Rawat Inap. kegiatan. dan pelayanan rawat inap. dan pelayanan kebidanan/KB/KIA. 3) Pengadaan dan penyediaan peralatan keperawatan. . Penyiapan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. kegiatan. b) Fungsi: . Melaksanakan program. . 1) Membantu Direktur dalam menyelenggarkan kebijakan keperawatan. c. mengkoordinasikan. b) Fungsi: . a) Tugas utama merencanakan. dan melaporkan pelaksanaan program. dan pelayanan kebidanan/KB/KIA. . dan pelayanan rawat inap. Membantu Bidang Perawatan dalam menyelenggarakan kebijakan rawat inap. 2) Sub Bidang Kebidanan/KB/KIA. kegiatan. operasionalisasi. dan pelayanan keperawatan. Melaksanakan program. dan pelayanan kebidanan/KB/KIA. Membantu Bidang Perawatan dalam menyelenggarakan kebijakan kebidanan/KB/KIA. kegiatan. kegiatan. dan melaporkan program. mengkoordinasikan. a) Tugas utama merencanakan. kegiatan. Penyiapan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. dan pelayanan bagi pasien rawat inap.

kegiatan. kegiatan. . kegiatan. Membantu Bidang Perawatan dalam menyelenggarakan kebijakan IGD. . a) Tugas utama merencanakan. Penyiapan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. b) Fungsi: . mengkoordinasikan. Membantu Bidang Perawatan dalam menyelenggarakan kebijakan operasi. dan melaporkan peyelenggaraan program. Melaksanakan program. dan pelayanan operasi. Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. kegiatan. Melaksanakan program. dan pelayanan IGD. dan pelayanan IGD. . . mengkoordinasikan. 4) Sub Bidang Instalasi Gawat Darurat (IGD): a) Tugas utama merencanakan. 3) Sub Bidang Operasi. mengevaluasi. kegiatan. dan pelayanan Rawat Jalan/Poli. . dan melaporkan peyelenggaraan program. kegiatan. Membantu Bidang Perawatan dalam menyelenggarakan kebijakan Rawat Jalan/Poli. dan pelayanan IGD. operasionalisasi. b) Fungsi: . operasionalisasi. Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 14 . b) Fungsi: . operasionalisasi. mengevaluasi. mengkoordinasikan. kegiatan. dan pelayanan Rawat Jalan/Poli. dan pelayanan operasi. mengevaluasi. 5) Sub Bidang Rawat Jalan/Poli: a) Tugas utama merencanakan. dan melaporkan pelaksanaan program. Melaksanakan program. kegiatan. dan pelayanan operasi.

3) Pengadaan dan penyediaan peralatan medis dan pnunjang medis. dan pelayanan laboratoruim dan radiologi. operasionalisasi. kegiatan. mengkoordinasikan. menyelia. instalasi gizi. 8. dan pelayanan laboratorium dan radiologi. rekam medic. memberi tugas. Dalam menyelenggarakan tugas. instalasi farmasi. b. memberi petunjuk. Bidang Medis dan Penunjang Medis mempunyai fungsi: 1) Membantu Direktur dalam menyelenggarkan kebijakan medis dan penunjang medis. . Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. Bidang Medis dan Penunjang Medis dibantu oleh. Bidang Medis dan Penunjang Medis mempunyai tugas utama untuk merencanakan. Bidang Medis dan Penunjang Medis: a. kegiatan. 2) Melaksanakan program. mengevaluasi. . Melaksanakan program. kegiatan. Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 15 . dan pelaporan program. dan pelayanan laboratorium dan radiologi. dan pelayanan Rawat Jalan/Poli. dan laundry. mengkoordinasikan. mengatur. c. kegiatan. b) Fungsi: . Dalam menjalankan kewajibannya. operasionalisasi. 1) Sub Bidang Laboratorium dan Radiologi: a) Tugas utama merencanakan. kegiatan. Membantu Bidang Medis dan Penunjang Medis dalam menyelenggarakan kebijakan laboratorium dan radiologi. mengevaluasi dan melaporkan penyelenggaraan program. dan pelayanan medis dan penunjang medis.

b) Fungsi: . . kegiatan. dan pelayanan laboratorium dan radiologi. kegiatan. operasionalisasi. kegiatan. 4) Sub Bidang Linen: a) Tugas utama merencanakan. dan pelayanan laboratoruim dan radiologi. mengevaluasi. mengkoordinasikan. Membantu Bidang Medis dan Penunjang Medis dalam menyelenggarakan kebijakan instalasi gizi. dan pelayanan instalasi gizi. dan pelayanan laboratorium dan radiologi. mengevaluasi. kegiatan. mengkoordinasikan. . kegiatan. . Melaksanakan program. dan pelaporan program. Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. kegiatan. kegiatan. dan pelayanan instalasi gizi. operasionalisasi. Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. 2) Sub Bidang Instalasi Farmasi: a) Tugas utama merencanakan. Melaksanakan program. dan pelayanan instalasi gizi. b) Fungsi: Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 16 . 3) Sub Bidang Instalasi Gizi: a) Tugas utama merencanakan. dan pelaporan program. . mengevaluasi. b) Fungsi: . . mengkoordinasikan. dan pelayanan linen. dan pelayanan laboratorium dan radiologi. dan pelaporan program. operasionalisasi. Membantu Bidang Medis dan Penunjang Medis dalam menyelenggarakan kebijakan laboratorium dan radiologi. kegiatan.

menyelia. mengevaluasi dan melaporkan penyelenggaraan program. . serta keamanan dan perkir. dan pelayanan rekam medik. kegiatan. humas dan promosi. b) Fungsi: . operasionalisasi. Bidang Umum mempunyai fungsi sebagai berikut: 1) Membantu Direktur dalam menyelenggarkan kebijakan umum. mengkoordinasikan. . kebersihan dan kesehatan lingkungan. Bidang Umum: a. Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. dan pelayanan umum. dan pelayanan keuangan dan perlengkapan. dan pelayanan rekam medik. Bidang Umum memiliki tugas utama untuk merencanakan. Melaksanakan program. kegiatan. . mengkoordinasikan. Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 17 . Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. 3) Pengadaan dan penyediaan peralatan umum. dan pelayanan rekam medik. kegiatan. administrasi dan sumber daya manusia. b. kegiatan. mengatur. 2) Melaksanakan program. dan pelayanan linen. dan pelaporan program. kegiatan. . 9. . 5) Sub Bidang Rekam Medik: a) Tugas utama merencanakan. memberi petunjuk. dan pelayanan linen. Membantu Bidang Medis dan Penunjang Medis dalam menyelenggarakan kebijakan linen. Membantu Bidang Medis dan Penunjang Medis dalam menyelenggarakan kebijakan rekam medik. memberi tugas. kegiatan. Melaksanakan program. mengevaluasi. kegiatan. Dalam menyelenggarakan tugas. operasionalisasi.

b) Fungsi: . dan pelaporan program. mengevaluasi. Membantu Bidang Umum dalam menyelenggarakan kebijakan keuangan dan perlengkapan. mengevaluasi. operasionalisasi. mengkoordinasikan. kegiatan. kegiatan. mengevaluasi. dan pelayanan keamanan dan parkir. Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. kegiatan. b) Fungsi: . Melaksanakan program. a) Tugas utama merencanakan. . mengkoordinasikan. mengkoordinasikan. b) Fungsi: Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 18 . dan pelaporan program. kegiatan. kegiatan. dan pelayanan keuangan dan perlengkapan. operasionalisasi. dan pelayanan keuangan dan perlengkapan. kegiatan. c. dan pelaporan program. 2) Sub Bidang Administrasi dan SDM: a) Tugas utama merencanakan. Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. dan pelayanan administrasi dan SDM. 3) Sub Bidang Keamanan dan Parkir: a) Tugas utama merencanakan. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Bidang Umum dibantu oleh: 1) Sub Bidang Keuangan dan Perlengkapan. . kegiatan. dan pelayanan administrasi dan SDM. Melaksanakan program. operasionalisasi. . dan pelayanan administrasi dan SDM. Membantu Bidang Umum dalam menyelenggarakan kebijakan administrasi dan SDM. . dan pelayanan rekaam medik.

mengkoordinasikan. kegiatan. kegiatan. . Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 19 . dan pelayanan kebersihan dan kesling. Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. 5) Sub Bidang Humas dan Promosi: a) Tugas utama merencanakan. . mengevaluasi. dan pelayanan keamanan dan parkir. kegiatan. 4) Sub Bidang Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan (Kesling): a) Tugas utama merencanakan. dan pelayanan humas dan promosi. dan pelaporan program. Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program. mengevaluasi. . mengkoordinasikan. dan pelayanan kebersihan dan kesling. Membantu Bidang Umum dalam menyelenggarakan kebijakan kebersihan dan kesling. kegiatan. dan pelayanan keamanan dan parkir. Melaksanakan program. dan pelayanan kebersihan dan kesling. dan pelayanan humas dan promosi. Membantu Bidang Umum dalam menyelenggarakan kebijakan keamanan dan parkir. operasionalisasi. . Melaksanakan program. . Melaksanakan program. b) Fungsi: . b) Fungsi: . dan pelaporan program. kegiatan. operasionalisasi. kegiatan. . Membantu Bidang Umum dalam menyelenggarakan kebijakan humas dan promosi. dan pelayanan humas dan promosi. . kegiatan. kegiatan. Menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan untuk pelaksanaan program.

Renstra Bisnis RSU Hati Mulia Tahun 2017-2021 20 .