You are on page 1of 9

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Semenjak tahun 1973, James Lind seorang dokter angkatan laut berkebangsaan
Skotlandia membuktikan bahwa makanan yang kurang bervariasi dan kurangnya
sayur mayur serta buah-buahan segar dapat menyebabkan penyakit sariawan perut,
maka diketahui betapa pentingnya suatu zat selain karbohidrat, protein, lemak dan
mineral bagi kehidupan dan kesehatan tubuh. Zat tersebut kita sebut sebagai vitamin.
Vitamin merupakan senyawa organik, secara alamiah terdapat dalam bahan pangan.
Vita berarti hidup, vitamin berupa penghidupan. Dengan demikian vitamin
merupakan zat organik yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan menjaga
fungsi normal tubuh dan tidak dapat dibentuk di dalam tubuh. Dengan demikian
vitamin merupakan zat gizi esensial. Vitamin berfungsi untuk mengatur proses
metabolisme, dan apabila kekurangan vitamin akan menimbulkan penyakit
defensiensi atau hipovitaminosis.
Vitamin diformulasikan sebagai bahan organik kompleks yang umumnya
dibutuhkan dalam jumlah sedikit dan tidak bisa dibentuk di dalam tubuh, sehingga
harus dipenuhi dari makanan (Sulistyoningsih, 2011). Secara garis besar vitamin
terbagi menjadi dua kelompok, yaitu vitamin larut lemak dan vitamin larut air.
Vitamin larut lemak terdiri dari vitamin A, D, E, dan K, sedangkan vitamin larut air
terdiri dari vitamin B dan C. Masing-masing vitamin memiliki fungsi yang berbeda
namun dalam melaksanakan fungsinya tidak dapat berdiri sendiri namun akan salin
membutihkan.Dalam pembahsan ini akan dibahas lebih rinci tentang vitamin K.
Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, merupakan suatu naftokuinon
yang berperan dalam modifikasi dan aktivasi beberapa protein yang berperan dalam
pembekuan darah, seperti faktor II,VII,IX,X dan antikoagulan protein C dan S, serta
beberapa protein lain seperti protein Z dan M yang belum banyak diketahui
peranannya dalam pembekuan darah. Ada tiga bentuk vitamin K yang diketahui yaitu:
Vitamin K1 (phytomenadione) terdapat pada sayuran hijau, sediaan yang ada saat ini
adalah cremophor dan vitamin Vitamin K mixed micelles (KKM). Vitamin K2
(menaquinone) disintesis oleh flora usus normal seperti Bacteriodes fragilis dan
beberapa strain E. coli. Vitamin K3 (menadione) yang sering dipakai sekarang
merupakan vitamin K sintetik tetapi jarang diberikan lagi pada nenonatus karena
dilaporkan dapat menyebabkan anemia hemolitik (Kemenkes RI, 2009).
Sejak lama fungsi vitamin K yang diketahui adalah dalam pembekuan darah,
walaupun mekanismenya belum diketahui dengan pasti. Baru sejak tahun 1970-an
para ahli mengetahui secara lebih jelas peranan vitamin K didalam tubuh, yang
ternyata tidak hanya dalam pembekuan darah saja. (Almatsier, 2009). Pada

1

Untuk mengetahui peran vitamin K untuk Wanita Usia Subur (WUS). Untuk mengetahui fungsi vitamin K. g. Bagaimana ciri kimiawi vitamin K ? f. Untuk mengetahui akibat jika kelebihan dan kekurangan vitamin K. Apa itu vitamin larut lemak dan vitamin larut air ? e. Apasaja klasifikasi vitamin K? c. d.3 Tujuan a. Untuk mengetahui ciri kimiawi vitamin K. h. Apa Fungsi vitamin K? d. 2 . c. b. 1. Apa pengertian vitamin K ? b. Untuk mengetahui vitamin larut lemak dan vitamin larut air. Apa saja peran vitamin K untuk Wanita Usia Subur (WUS) ? 1.2 Rumusan Masalah a. Untuk mengetahui proses Adsorbsi dan Transportasi vitamin K. 2000). f. pembentukan protombin tubuh memerlukan vitamin . Apa akibatnya jika kelebihan dan kekurangan vitamin K ? h. hingga vitamin tersebut besar artinya pada proses pembekuan darah (Pudjiadi. Bagaimana proses Adsorbpsi dan Transportasi vitamin K ? g. Untuk mengetahuiklsifikasi vitamin K. Untuk mengetahui pengertian vitamin K. e.

tidak rusak oleh cara memasak biasa. sayuran daun warna hijau. 2. Tedapat dalam sumber makanan kuning telur. keju. 28) Menurut Sulistyoningsih (2010). kacang buncis. Kekurangan vitamin K dapat memperpanjang proses pembekuan darah pada kulit. Gambar 1. Karena itu. vitamin K mempunyai beberapa sifat kimiawi yaitu Cukup tahan terhadap panas. 11). hlm. bayam. Vitamin K merupakan bahan pembentuk faktor pembekuan darah. kubis. vitamin K diserap oleh usus bersama-sama dengan lemak (Pudjianti. vitamin K juga dapat disintis dalam usus manusia dalam berbagai kuman yang terdapat dalam usus besar seperti eschericha collidan sebagainya.1 Definisi Vitamin K Vitamin K adalah vitamin yang dapat di larutkan di dalam lemak dan terdapat pada tumbuh-tumbuhan seperti wortel. kol dan brokoli.2 Klasifikasi Vitamin K a. Vitamin K1 (phyloquninone) merupakan vitamin K yang terdapat pada sayuran hijau. 2006. 2005. seperti bacteroodes fragilis. Vitamin K mempunyai rantai samping fitil seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini. vitamin K sangat berperan penting dalam proses pembekuanan darah. sekumpulan ikatan yang rantai sampingnya terdiri atas beberapa satuan isoprenil (berjumlah 1-14 unit). Struktur kimia Vitamin K2 3 . tidak tahan terhadap alakali dan cahaya. hlm. Vitamin K2 (menaquinenones) merupakan vitamin K yang disintesis oleh flora usus normal. Hati dan ikan juga mengandung vitamin tersebut. Gambar 2. Struktur kimia Vitamin K1 b. selaput lendir dan organ lain dalam tubuh (Utami. kacng polong. BAB II PEMBAHASAN 2.

Gambar 3. sebanyak 50-80 % vitamin K dalam usus halus diabsorbsi dengan bantuan empedu dan cairan pankreas. As a m g l u t a m a t s e n d i r i a d a l a h s u a t u a s a m α . 2. Sebagai kofaktor enzim karboksilase yang mengubah residu protein berupa asam glutamat (glu) menjadi gama-karboksiglutamat (gla). Struktur kimia Vitamin K3 2. dan asam karboksilat.3 Fungsi Vitamin K a. c. yang mengklasifikasikannya menjadi asam amino alifatik polar bermuatan negatif. selaput lendir. faktor VII (faktor stabil). dan organ lain dalam tubuh bayi (Utami. Mencegah terjadinya perdarahan pada otak bayi baru lahir Vitamin K dibutuhkan untuk dekarboksilasi dari asam glutamat menjadi asamg a m m a k a r b o k s i g l u t a m a t .3 epoksida dari reaksi karboksilase diubah oleh enzim 2. dan faktor X (faktor Stuart- Prower) menuju tempat dimana fibrin clot dibentuk. asam amino ini mengandung gugus α-amino. 2. Reduksi selanjutnya bentuk kuinon menjadi hidrokuinon oleh NADH melengkapi siklus vitamin K untuk menghasilkan kembali bentuk aktif vitmin tersebut. b. Setelah diabsorbsi di dalam 4 . Vitamin K terdiri atas cincin naftakinon tanpa rantai panjang. Membentuk faktor pembekuan darah pada kulit. sebuah gugus asam α- karboksilat. Fungsi dari asam gammakarboksi glutamata d a l a h u n t u k p e n g i k a t a n c a 2 + d a n p e n a r i k a n d a r i f a k t o r - f a k t o r k o a g u l a s i g o l o n g a n protrombin. 2008) c. faktor IX (faktor Crismast). Vitamin K3 (menodione) merupakan vitamin sintetik (tiruan yang terdapat di alam) (Safitri. 2006) . Banyak jaringan yang memerlukan oksigen molekuler. karbondioksida serta hidrokuinon (tereduksi) vitamin K dan di dalam siklus ini.a m i n o ya n g digunakan dalam biosintesis protein.3 epoksida reduktase menjadi bentuk kuinon vitamin menggunakan zat pereduksi ditiol yang masih belum teridentifikasi. yaitu faktor II (protrombin). Reaksi karboksilase yang tergantung vitamin K terjadi di dalam retikulum endoplasma.4 Adsorpsi dan Transportasi Vitamin K Menurut Almatsier (2010).

2010) Pada bayi baru lahir terjadi penurunan fakto-faktor pembekuan darah yang tergantung pada vitamin K. akan tetapi sebagian perlu didatangkan dari makanan. Gejala kelebihan vitamin K yaitu : 1. terutama pada trigliseridemia. Simpanan vitamin K di dalam tubuh tidak banyak dan penggantiannya sangat cepat. Hati merupakan tempat simpanan vitamin K utama di dalam tubuh. sebanyak 30-40 %vitamin K yang diabsorsi dikeluarkan melalui empedu. vitamin K dikaitkan dengan kilomikron untuk diangkut melalui sistem limfe ke hati. Hal-hal yang menghambat absorbsi lemak akan menurunkan absorbsi vitamin K. 2. Simpanan di dalam hati sebanyak 10% berupa filokinon dan 90% berupa menakinon yang kemungkinan disentesis oleh bakteri saluran cerna. Dari hati vitamin K diangkut terutama oleh lipoprotein VLDL di dalam plasma ke sel- sel tubuh. dimana protombin adalah salah satu diantaranya. Sakit kuning (jaundice) 3. Kerusakan pada otak 2. misalnya dari tali pusar atau ke dalam saluran pencernaan. Pemberian vitamin K sangat efektif pada kasus pendarahan neonates karena dianggap bahwa faktor-faktor yang menyebabkan pendarahan tersebut adalah masukan vitamin K yang rendah pada bayi baru dilahirkan sementara bakteri yang mengsintesis vitamin ini belum lagi terdapat pada usus. Vitamin K diberikan secara rutin pada bayi yang persalinannya ditolong dengan alat. yaitu dengan retikulum endoplasma dan mitokondrian. Kelebihan Bisa terjadi bila vitamin K diberikan dalam bentuk berlebihan berupa vitamin K sintetik menadion. ketika bayi ini baru berumur beberapa hari. Vitamin K terutama dihubungkan dengan membran sel. dan 15% melalui urin sebagai metabolit larut air. Namun. kebutuhan akan vitamin K tampaknya tidak dapat hanya dipenuhi dari sintesis menakinon. Taraf vitamin K dalam serum meningkat pada hiperlipidemia. Hemolisis sel darah merah 2. (Almatsier.6 Peran Vitamin K untuk Wanita Usia Subur 5 . Dalam keadaan normal. Kekurangan Darah tidak dapat menggumpal sehingga bila ada luka atau pada operasi terjadi pendarahan. 2011). Kekurangan vitamin K terjadi bila ada gangguan absorpsi lemak bila produksi empedu kurang atau pada diare. usus halus. misalnya dengan bantuan forceps (cunam) atau pada bayi yang memperlihatkan tanda-tanda pendarahan (Beck. Keadaaan ini kadang disertai pendarahan. b.5 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Vitamin K a.

Vitamin K juga membantu membentuk tulang serta bermanfaat mencegah penyakit jantung pada wanita. Membantu dalam produksi sel darah merah. 6 .

kacang buncis. vitamin K diserap oleh usus bersama-sama dengan lemak (Pudjianti. 2010. dan organ lain dalam tubuh bayi (Utami. sekumpulan ikatan yang rantai sampingnya terdiri atas beberapa satuan isoprenil (berjumlah 1-14 unit). DAFTAR PUSTAKA Almatsier. Klasifikasi vitamin K terdiri dari a. 2008). kacng polong. kol dan brokoli. Tedapat dalam sumber makanan kuning telur. dan sebagai kofaktor enzim karboksilase yang mengubah residu protein berupa asam glutamat (glu) menjadi gama-karboksiglutamat (gla). 2005. membentuk faktor pembekuan darah padakulit. Fungsi Vitamin K adalah sebagai berikut : mencegah terjadinya perdarahan pada otak bayi baru lahir. keju. selaput lendir. bayam. S. Untuk ciri Kimiawi Vitamin K menurut Sulistyoningsih (2010) adalah. sayuran daun warna hijau. tidak rusak oleh cara memasak biasa. 2006) . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama 7 . 11). vitamin K juga dapat disintis dalam usus manusia dalam berbagai kuman yang terdpat dalam usus besar seperti eschericha collidan sebagainya. Vitamin K1 (phyloquninone) merupakan vitamin K yang terdapat pada sayuran hijau. c. seperti bacteroodes fragilis. Vitamin K2 (menaquinenones) merupakan vitamin K yang disintesis oleh flora usus normal. b. Vitamin K3 (menodione) merupakan vitamin sintetik (tiruan yang terdapat di alam) (Safitri. Vitamin K terdiri atas cincin naftakinon tanpa rantai panjang. Vitamin K mempunyai rantai samping fitil. kubis. BAB III KESIMPULAN Vitamin K adalah vitamin yang dapat di larutkan di dalam lemak dan terdapat pada tumbuh-tumbuhan seperti wortel. Hati dan ikan juga mengandung vitamin tersebut. tidak tahan terhadap alakali dan cahaya. hlm. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. cukup tahan terhadap panas.

(online).lecture.riyanti/material/s2vitamink.ac. diakses pada tanggal 29 Maret 2017. M. diakses pada tanggal 28 Maret 2017.pdf. Sulistyoningsih. http://tetiestiasih. Ilmu Gizi dan Diet Hubungannya dengan Penyakit-penyakit untuk Perawat dan Dokter. (online). (online).id/bitstream/123456789/3543/1/biokimia-rusdiana2. Yogyakarta: Yayasan Essentia Medica (YEM) http://repository.tk/images/pdf/Modul_PatKlin/edit/bab_vii_DEFISIENSI_ VITAMIN_K.pdf .ub. diakses pada tanggal 29 Maret 2017.pdf. H. diakses pada tanggal 29 Maret 2017.usu. http://staff.ac. 2012.usu. 2011.ac. (online). Yogyakarta: Graha Ilmu 8 .-Vitamin. Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak.pdf.id/files/2014/09/1.pdf.id/bitstream/123456789/19361/4/Chapter%20II.Beck. diakses pada tanggal 29 Maret 2017. http://repository.ac.id/system/files/users/agnes.ui. http://edutenagakesehatan. (online).

Sintesis bakteri dalam usus menyediakan vitamin K bagi manusia selain yang telah didapatkan dari bahan makanan. dan meskipun tidak ada nilai panduan asupan khusus. tanpa vitamin K. Senyawa ini penting untuk pembekuan darah normal. Vitamin Kterdiri dari beberapa senyawa larut lemak yang sangat berkaitan yang diturunkan dari menadion (2-metil. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar 9 . asupan harian sebesar 1μg/kg dari bobot tubuh dianggap aman dan mencukupi bagi orang dewasa. 2013. 4-naftokuinon). Pada sebagian besar kasus. (Lean. hati tidak mampu mensintesis protrombin yang merupakan pelopor enzim thrombin dala proses pembekuan darah. Ilmu Pangan Gizi dan Kesehatan. (Lean. Terdapat sedikit bahaya jika kekurangan vitamin K pada seseorang dengan diet normal. jumlah yang tersedia dengan cara ini sudah mencukupi untuk persediaan kebutuhan tubuh. 2013) Lean. Bayi baru lahir tidak memiliki bakteri yang menghasilkan vitamin K dalam lambung dan biasanya diberikan suntikan yang diberikan langsung setelah lahir untuk mencegah defisiensi dan kemungkinan pendarahan intraserebrum (intracerebral haemorrhage) yang mematikan pada tahap awal pasca persalinan. Michael. yang semuanya merupakan vitamin K. 2013) Vitamin K terkandung dalam sebuah makanan tetapi sayuran yang berdaun hijau merupakan sumber terkaya.