You are on page 1of 34

Lembar Observasi

Keterampilan Generik Kimia

Lembar Observasi Keterampilan Generik Kimia

Nama Asesi :

Kemampuan Setara : SMK Tekstil

Panduan Penggunaan Lembar Observasi

1. Lakukan pengamatan dari tempat yang memudahkan semua bagian kegiatan tes
keterampilan generik kimia dapat teramati.
2. Buat keadaan tenang, semua alat telah tersedia sesuai dengan spesifikasi dalam panduan.
3. Dalam melakukan pengamatan/observasi lakukan sealami mungkin, sehingga asesi dapat
menampilkan bagian keterampilan generik kimia yang dimiliki dengan baik, tanpa
adanya tekanan.
4. Prasyarat keamanan dan keselamatan yang harus dipenuhi;
a. Prasyarat observer minimal pendidikan D3 yang berlatar belakang kimia atau
pendidikan kimia.
b. Sebelum observasi berlangsung asesi dilarang melakukan eksperimen/percobaan.
c. Asesi dipersilahkan masuk jika semua alat dan bahan tertata di meja praktikum secara
urut berdasarkan urutan lembar observasi.
d. Mengenakan Jas Praktikum/Lab berwarna putih.
e. Sarung tangan yang mudah dikenakan dan dilepas, bisa terbuat karet atau latex.
f. Kaca mata praktikum harus dikenakan sebelum asesi diobservasi.
g. Setiap observer harus mengetahui lokasi dan perlengkapan darurat seperti kotak P3K,
pemadam kebakaran, botol cuci mata.
h. Setiap observer harus mengenali kemungkinan bahaya yang akan terjadi dan segera
mengambil tindakan jika akan mencelakai asesi.
5. Beri tanda cek (v) pada skor 0 (nol) dan 1 (satu), dengan ketentuan
a. Skor nol (0) bila dalam dua menit asesi tidak dapat mengerjakan tugas yang diberikan
b. Skor satu (1) bila dalam dua menit asesi dapat mengerjakan tugas yang diberikan
c. Masukan semua dalam lembar akumulasi observasi setelah selesai.
6. Semua Alat yang disediakan selama observasi berdasarkan tabel 1.

Tabel. 1 Spesifikasi Alat dan bahan yang akan digunakan

Nama Alat &
No Spesifikasi Alat & Bahan Gambar
Bahan
a. Diameter 6-7 mm, dengan
panjang 305 mm.
b. Terdapat gelembung
besar/tabung (bulb) pada
ujung bawah tempat
menampung cairan, dan
tabung sempit (pipa kapiler)
untuk menekankan
perubahan volume atau
1. Thermometer tempat pemuaian cairan.
c. Cairan yang diisikan alkohol
yang berwarna merah atau
cairan metalik yang berisi
merkuri.
d. Ada nomor disepanjang tuba
gelas yang menjadi tanda
besaran temperatur dengan
ukuran dari -10o C sampai
dengan 110o C.
2. Timbangan a. Kapasitas / Capacity: 2610
Triple Beam g
b. Keterbacaan / Readability:
Balance. 0,1 g
c. Balok kalibrasi baris
depan/ Front beam
calibration: 10 x 0,1 g
d. Balok kalibrasi kedua/
Second beam calibration:
500 x 100 g
e. Balok kalibrasi Belakang/ Sumber
Rear beam calibration: www.scientificsonline.com
100 x 10 g
konstruksi/Platform
Construkcion: pelat baja
stainless
f. Ukuran Platform/platform:
6/15.2 Dia
g. Dimensi/ dimensions: 20 x
10 x 8 in / 50,8 x 25,4 x
20,4 cm
h. Berat kotor/ Gross Weight:
7 lb/3.2 Kg
i. Berfungsi untuk
menimbang zat padat, atau
zat cair dengan perlakuan

c. Dipergunakan sebagai Kaki Tiga tungku. b. Ukuran alat ini ada yang 50 mL. untuk meletakan 3. (Ring Tripods) wadah dari bahan-bahan Sumber www.com yang akan dipanaskan dan diantara ketiga kakinyasebagai tempat api untuk sumber pemanasan. Ukurannya mulai dari 10 mL sampai 2 L. 1000 ml Gelas Kimia hingga 4000 ml 4. Memiliki kaki tiga dengan lingkaran pada bagian. Terbuat dari kaca borosilikat yang tahan terhadap panas hingga suhu 200oC.sks-science. labu gelas atau tempat menampung larutan. Erlenmeyer a. Erlenmeyer merupakan (Erlenmeyer alat berupa gelas yang Flask) diameternya semakin ke atas semakin kecil dengan skala sepanjang dindingnya. ada yang bertutup dan juga tidak bertutup. b. (Glass Beakers) c. Terbuat dari baja tahan panas b. Nama Alat & No Spesifikasi Alat & Bahan Gambar Bahan tertentu a. Dalam volumetri labu . c.xump.com tidak berskala. d. Fungsi gelas kimia digunakan untuk penampung 5. Gelas beaker atau gelas piala adalah suatu alat Sumber Dokumentasi pribadi yang berbentuk silinder dengan alas yang datar. a. 100 mL. Erlenmeyer ada yang berskala ada juga yang Sumber www.

24 x 150) mm b. (Test Tube nikel dengan diameter: 10 Holder -25 mm. Nama Alat & No Spesifikasi Alat & Bahan Gambar Bahan Erlenmeyer digunakan untuk mentitrasi larutan yang akan ditetapkan normalitasnya. Plated Iron) b. Terbuat dari material porselen pada tidak Cawan meleleh suhu tinggi. Berfungsi untuk landasan Sumber Dokumentasi Pribadi pemanasan alat-alat gelas atau porselin. 12 x 100. Tabung Reaksi ada Pegas. a.net untuk percobaan kualitatif dan tes. berfungsi menahan. 16 x 150. menguraikan Dish) endapan dalam Sumber Dokumentasi Pribadi gravimetric sehingga menjadi bentuk stabil. a. kecil panas bahan kimia (Test Tube) padat atau cair. Berfungsi untuk menjepit wooden) tabung reaksi . terbuat dari kaca bening. dipasang kawat 9. dengan bulatan (Gauze Zinc putih ditengah terbuat dari 7. Sumber Dokumentasi Pribadi b. terutama Sumber www. Terbuat dari kayu Penjepit berbentuk rahang. asbes. Sebagai tempat penyimpanan sementara sampel. atau jumlah Tabung Reaksi 8. Mengabukan kertas 6. (Evaporating saring. a. a. Terbuat dari kawat baja atau seng berbentuk Kasa Asbes persegi. seperti pipa dengan ukuran 10 x 75. c.chemicalsources. persegi. campuran. Porselen b.

Spritus tutup terbuat dari plastik. (Celluose b. 10. Tiang batang a. dengan ukuran diameter Corong Kaca 12. Burner) b. Berfungsi untuk membakar zat atau Sumber Dokumentasi Pribadi memanasi larutan a. atau Soda lime dri Schoot Duran. 150 mm. 210 x 145 x 19 mm. terbuat dari kaca borosilikat dari Pyrex. Berfungsi untuk menyaring secara grafitasi 13. Nama Alat & No Spesifikasi Alat & Bahan Gambar Bahan a. (Bunsen dan memiliki sumbu. Sumber Dokumentasi Pribadi b. sampai (Funnel Flask) dengan tangkai ukuran mulai dari 50 mm. Ketiga lubang kompatibel dengan batang statif dan khusus pada lubang Sumber Dokumentasi Pribadi untuk posisi batang vertikal terdapat 3 titik .atau Membran utk memisahkan antara zat Filters) terlarut dengan zat padat. Statif ukuran lubang poros 10 (Ring Stand mm Dengan 3 buah mur kuningan yang ditanam Base with Rod) dan 3 buah baut pengencang dari stainless steel yang tidak dapat dilepas dengan bagian ujungnya halus rata. Nitrates memisahkan partikel suspensi dgn cairan . berfungsi untuk 11. Tersusun atas wadah yang terbuat dari dari kaca Pembakar Volume sekitar 150 ml. b. herma-RRT. Kertas yang terbuat dari Kertas Saring selulosa murni. Sumber Dokumentasi Pribadi a. atas. Bagian bawah dilengkapi karet penahan kestabilan.

Tangan-tangan penjepit berlapis karet memastikan buret terjepit Sumber Dokumentasi Pribadi dengan baik. Klem buret. terbuat dari aluminium die cast. c. diameter ukuran 80 mm (Ring Clamp) sampai 120 mm. Sistem kait . Terdapat 3 lubang sistem 4 mm pada permukaan dasar statif. Klam penjepit/ bosshead ini mempunyai celah yang berbentuk v untuk 3 kontak titik pada batang Klem penjepit dengan diameter sampai 14. c. b. b. Didesain untuk dapat Clamp) memegang berbagai ukuran buret dengan mekanisme sistem penjepit berpegas sehingga buret dapat dilepas-pasang dengan mudah. Posisi lubang horizontal harus sama tinggi dengan lubang kaki statif. d. c. Nama Alat & No Spesifikasi Alat & Bahan Gambar Bahan kontak. (Boss Head) 13mm. Ujung lurus bagian ujung berupa ring lingkaran Klem Bulat 15. e. a. lengkap dengan 2 baut pengencang dari Sumber Dokumentasi Pribadi baja divernikel/ steinless steel baut tidak dapat dilepas a. Klem ring. Berfungsi untuk tempat pemasangan boss head atau klem ganda. Berfungsi untuk tempat Sumber Dokumentasi Pribadi corong baik corong pisah ataupun corong kaca 16 Klem Buret a. terbuat dari (Burette aluminium die cast.

b. Nama Alat & No Spesifikasi Alat & Bahan Gambar Bahan berpengunci ulir untuk pemasangan pada batang statif a. 20. larutan dengan konsentrasi (Volumetric tertentu. berbentuk seperti tabung kecil yang ujung terbuat dari karet. 250 mL. a.gpescientific. c. Spatula a. Terbuat dari gelas polietilen atau logam yang dibungkus dengan Batang polietilen.uk Rods) antara 6-30 cm. Spatula. c. b. Spatula yang terbuat dari logam (stainlessteel) digunakan untuk mengambil obyek yang telah diiris untuk . a. Menggunakan glass tubing dengan ketebalan 1 mm. Memiliki volume mulai Sumber Dokumentasi Pribadi Dari 50 mL. diameter pipet 7 mm.co. Memiliki diameter 2-4 Pengaduk 18. 100 mL. (Rubber yang biasanya digunakan Pipettes) di laboratorium. Flask) b. Labu ukur merupakan alat yang terbuat dari gelas Labu yang sering digunakan untuk membuat suatu Volumetrik 19. terbuat dari stainless steel atau alumunium. berupa sendok panjang dengan ujung atasnya datar. 500 mL dan 1000 mL. mm dan mempunyai (Glass Stirring panjang yang bervariasi Sumber www. Berfungsi untuk Sumber Dokumentasi Pribadi memindahkan larutan. Pipet tetes merupakan alat Pipet Tetes yang cukup sederhana 17. Berfungsi untuk mengaduk larutan atau suspensi.

Spatula politena atau tanduk. Kapasitas 100 ml.2 ml. class B) Kalibrasi dilakukan saat suhu 20o C (Calibration is baed on the poured out volume ( ex) at a + 20oC reference temperature).1 ml.technosklo. Volume 100 ml.com 21.sciencelabsupplies. digunakan sebagai sendok kecil untuk mengambil bahan kimia alat untuk mengambil obyek. Buret Sumber www.0. Spatula digunakan bermacam bentuk sendok kecil. Untuk Buret Pyrex. Nama Alat & No Spesifikasi Alat & Bahan Gambar Bahan sediaan mikroskop. b.2 ml. Panjang (height) 750 mm. jenis kelas A (Buret with Glass Stopcock Class A). Buret a. Untuk Buret Duran Buret (Burette) standar lurus dengan stopcock dasar. divisi graduasi (Graduation divisions) 0. b. Spatula nekel adalah spatula yang disepuh dengan nekel. batas akurasi (Accuracy limit) +/.com standar lurus dengan stopcock dasar. Toleransi +/. panjang (height size) 865 . a.0. pipih dan bertangkai Sumber www. digunakan sebagai sendok untuk mengambil bahan kimia padat. c.15 ml. graduasi (Graduation) 0. jenis kelas B (Burette with straight standard ground stopcock. kaca jenis amber (Clear).

b. Pipet volumetric terbuat dari gelas dengan bagian tengahnya membesar dan ujungnya meruncing. Sumber Globesscientific. c. Gelas ukur memiliki standar deviasi pengukuran 1% a. Pipet Filler / Rubber Bulb (Rubber Bulb Filler adalah alat untuk Filler) menyedot larutan yang dapat dipasang pada pangkal pipet ukur. Dipakai untuk mengambil Pipet larutan dengan volume tertentu dengan tepat Gondok/pipet Mempunyai kapasiatas 0. Gelas ukur pada umumnya terbuat dari bahan gelas (polipropilen) ataupun plastik.ie sejumlah volume cairan dengan teliti atau seksama. Nama Alat & No Spesifikasi Alat & Bahan Gambar Bahan mm.memindahkan Sumber oconchemicals. a.com b.01% 24. Pipet volume digunakan Pipette) untuk mengambil. c. Karet sebagai bahan filler merupakan karet yang resisten bahan kimia. (Volumetric c.com d. Gelas Ukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur volume larutan dari 10 hingga 2000 mL. b. volumetrik hingga 100 ml. Pipet Filler a. Filler memiliki 3 saluran . Alat ini memiliki bentuk seperti pipa dengan bagian bawah agak sedikit lebar Gelas Ukur yang berguna sebagai kaki 22. (Graduated untuk menyangga alat ini Cylinder) agar dapat tetap berdiri.sciencecompany. Standar deviasinya sekitar 0.5 23. Sumber www.

co. d. 26.org Glasses) gelas kimia saat memanaskan sampel.wikimedia. c. 25. Katup yang bersimbol A (aspirate) berguna untuk mengeluarkan udara dari gelembung. Tanduk b. terdiri dari berbagai ukuran diameter. berbuat dari kaca bening. b. f. e. berbentuk seperti piring namun mempunyai Gelas Arloji permukaan cekung (Watch kedalam. Sendok tanduk merupakan terbuat dari Sendok tanduk kerbau atau sapi. Berfungsi untuk www. Ukuran panjang sekitar 4 Sumber (Horn Spatula) hingga 5 cm. Nama Alat & No Spesifikasi Alat & Bahan Gambar Bahan yang masing-masing saluran memiliki katup. tempat saat menimbang bahan kimia. berfungsi sebagai penutup Sumber commons.brunelmicroscopessecure.uk mengambil sampel padat . S (suction) merupakan katup yang jika ditekan Keterangan posisi maka cairan dari ujung pipet akan tersedot ke atas. E (Empty) untuk mengeluarkan cairan dan mengosongkan cairan a. tempat untuk mengeringkan padatan dalam desikator a.

Sebagai temapat menyimpan dan Sumber indonetwork. plastik atau stainless steel.co. Rak ini biasanya terbuat dari kayu.id meletakkan tabung reaksi . Memiliki lubang tabung 28. (Aquadest Botl) untuk membilas peralatan kimia lain atau proses pengenceran dalam suatu wadah misal pengenceran Sumber indonetwork. Reaksi reaksi 12 buah. erlenmeyer a.id di labu ukur. 1000ml Botol Semprot b. 500ml. c. dengan volume volume 250ml.co. Botol semprot digunakan 27. Terbuat dari botol plastik HDPE. Nama Alat & No Spesifikasi Alat & Bahan Gambar Bahan a. Rak Tabung b.

Gelas beaker berisi malam/wax yang telah mencair Tabel 2. Keterampilan Generik Kimia Yang diobservasi Keterampilan Generik Kimia yang Diobservasi 0 1 Keterangan Meletakan thermometer pada obyek yang diukur. tegak lurus tanpa menyetuh dasar pada gelas beaker yang berisi air panas membaca angka yang tertera pada skala menuliskan hasil pengukuran secara benar . LEMBAR OBSERVASI 01 KG Pengamatan Tidak Langsung 1. Thermometer Batang b. Observasi Keterampilan Generik Kimia : Mengukur Suhu Dengan Thermometer Alat dan bahan yang digunakan a.

Observasi Keterampilan Generik Kimia : Menimbang Menggunakan Timbangan Triple Beam Balance. Sampel berupa garam diazonium atau naptol padat c. Gelas Arloji d. LEMBAR KG Pengamatan Tidak Langsung OBSERVASI 02 2. Timbangan Triple Beam b. dengan cara mengenolkan semua baris (sliding) Menimbang Gelas Arloji Meletakkan gelas arloji Pada posisi yang sesuai mengatur letak anak timbangan pada posisi setimbang membaca angka yang tertera pada skala (atau anak timbangan) Menuliskan hasil pengukuran secara benar Menimbang Gelas arloji dan sampel Mengambil sampel dengan spatula dan meletakan sampel pada gelas arloji yang telahditimbang meletakkan sampel pada gelas arloji secara benar (berada pada dipusat pan) menentukan posisi setimbang . Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang Diobservasi 0 1 Keterangan Mengenolkan alat timbangan Mengawali pengukuran dengan memeriksa posisi nol alat ukur. Alat dan bahan yang digunakan a. Spatula/ sendok sungu Tabel 3.

dengan mantap tidak goyah Meletakan tabung reaksi yang telah dijepit tepat diatas larutan serta mengoyangkan agar pemanasan merata Mengarahakan mulut tabung reaksi ke tempat aman. menarik dan mematikan pembakar spiritus dengan jalan menutup menggunakan penutup pembakar spiritus Memanaskan dengan Tabung reaksi Menyalakan api pembakar spiritus Menjepit tabung reaksi dengan penjepit kayu tepat ditengah bagian penjepit. f. Observasi Keterampilan Generik Kimia : Memanaskan Larutan Alat dan bahan yang digunakan a. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang Diobservasi 0 1 Keterangan Memanaskan dengan Cawan porselin Mengambil kaki tiga dan meletakan kasa asbes diatasnya meletakkan gelas kimia. agar saat . Batu didih b. erlenmeyer atau cawan porselin tepat ditengah kasa asbes Menghidupkan pembakar spiritus dengan benar Mengoyang perlahan agar pemanasan merata Setelah mendidih. Cawan porselen. e. Gelas Kimia. Erlenmeyer. Keterampilan Generik yang Diobservasi 0 1 Keterangan membaca angka yang tertera pada skala (atau anak timbangan) Menuliskan hasil pengukuran secara benar LEMBAR KGK Pengamatan Tidak Langsung OBSERVASI 03 3. Kaki Tiga. g. Pembakar spiritus Tabel 4. Rasa Asbes i. Padatan napthol c. Penjepit Tabung Reaksi d. h. Tabung Reaksi j.

Keterampilan Generik yang Diobservasi 0 1 Keterangan terjadi percikan. tidak melukai diri sendiri atau orang lain Mematikan pembakar spiritus dengan jalan menutup dengan tutup pembakar spiritus .

Kertas Saring. b. maksimal banyaknya larutan dalam corong adalah sepertiga tinggi kertas . e. Observasi Keterampilan Generik Kimia : Menyaring Endapan Alat dan bahan yang digunakan a. Klem Ring. LEMBAR KG Pengamatan Tidak Langsung OBSERVASI 04 4. d. c. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang Diobservasi 0 1 Keterangan Melipat kertas Saring dan menempatkan pada corong Melipat kertas saring menjadi ¼ lingkaran Membuka kertas saring sedikit menyobek pada bagian ujung menempatkan pada corong serta sedikit membasahi dengan aquades agar kertas saring menyatu dengan corong Menyaring endapan Menempatkan kertas saring dan corong pada statif dengan ring clamp Membilas terlebih dahulu dengan cara melewatkan pelarut air aquades mulai dari pinggir atas kertas saring bergerak memutar hingga ke tengah dan cairan bilasan dibuang Menyaring sedikit demi sedikit. Statif. Larutan pewarna alami belum tersaring Tabel 5. Corong Kaca.

Observasi Keterampilan Generik Kimia : Membuka. Gelas arloji. Mengambil Zat Padat dari Wadah dan Membuka Botol Larutan. Bila diperlukan hancurkan zat padat yang masih bongkahan atau granula Tidak mengembalikan sisa zat padat yang telah diambil ke dalam wadahnya Membuka botol larutan Membaca secara teliti label yang terdapat pada botol reagen untuk meyakinkan bahwa bahan kimia yang akan diambil benar. Memegang spatula dengan benar Mengambil zat padat secukupnya yang diletakan dalam gelas arloji. Jika ujung tutup terdapat mahkota kaca. Botol larutan NaOH. Membuka tutup botol reagen secara hati-hati. Spatula. Menepuk-nepuk terlebih dahulu tutup wadah zat padat untuk memastikan tidak adanya zat padat yang melekat di pinggiran tutup. Alat dan bahan yang digunakan a. Menyimpan tutup wadah dengan posisi bagian dalam tutup menghadap ke atas. LEMBAR KGK Pengamatan Tidak Langsung OBSERVASI 05 5. jepit ujung tutup dengan tangan terbuka keatas. Menutup kembali botol reagen dan memastikan kedua tutup terpasang dengan baik . Memutar penutup zat padat dalam keadaan tegak lurus. d. b. Botol NaOH. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang 0 1 Keterangan Diobservasi Membuka dan Mengambil Zat Padat Membaca secara teliti label. Tabel 13. c.

label ada pada bawah telapak tangan. Batang Pengaduk d. Mengaduk larutan dalam Tabung Reaksi . Gelas Kimia e. Menggunakan bantuan batang pengaduk Cairan dialirkan lewat batang pengaduk untuk mencegah terjadinya percikan. dengan kontrol tangan yang cukup stabil. Mengaduk larutan Dalam Gelas Kimia (Gelas Beaker) melakukan pengadukan di gelas kimia. Botol Reagen berisi larutan asam asetat (CH3COOH) Tabel 7. Erlenmeyer c. LEMBAR OBSERVASI 06 KGK Pengamatan Tidak Langsung 6. Alat dan bahan yang digunakan a. Batang pengaduk tidak sampai berbenturan dengan dinding atau dasar dari gelas kimia. Observasi Keterampilan Generik Kimia: Menuang dan Mengaduk Larutan dalam Gelas Kimia. Tabung Reaksi b. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang 0 1 Keterangan Diobservasi Menuang larutan dari botol reagen memiringkan gelas kimia dan mulai mengalirkan cairan dari dalam wadah secara perlahan. Menutup kembali botol reagen dan memastikan kedua tutup terpasang dengan baik Menuang larutan dari Gelas Kimia Memegang gelas kimia dengan benar.

LEMBAR OBSERVASI 07 KGK Pengamatan Tidak Langsung . Batang pengaduk tidak sampai berbenturan dengan dinding atau dasar dari erlenmeyer. dan memiringkan erlenmeyer. tangan yang lain memegang erlenmeyer diatas larutan. Keterampilan Generik yang Diobservasi 0 1 Keterangan melakukan pengadukan stabil dan teratur di tabung reaksi. Mengaduk larutan dalam Gelas Erlenmeyer melakukan pengadukan di satbil dan teratur di gelas erlenmeyer. tangan yang satu memegang diatas larutan tabung reaksi dan sedikit memiringkan. Batang pengaduk tidak sampai berbenturan dengan dinding atau dasar dari tabung reaksi.

Observasi Keterampilan Generik Kimia : Meneteskan Larutan dalam Tabung Reaksi Alat dan bahan yang digunakan a. Pipet tetes. Meneteskan larutan tidak reaktif Meneteskan larutan tegak lurus pada tabung reaksi Meneteskan larutan reaktif Meneteskan larutan dengan menempelkan pada dinding. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang 0 1 Keterangan Diobservasi Mengambil larutan dengan pipet tetes Menggengam dengan benar dan menekan ujung karet untuk mengeluarkan udara diluar (tidak dalam cairan yang akan diambil).7. LEMBAR OBSERVASI 08 KGK Pengamatan 8. b. Observasi Keterampilan Langsung Generik Kimia :Mengocok atau Mencampur Larutan dalam Tabung Reaksi. Tabung reaksi. Spesifikasi alat yang digunakan . Tabel 8. Erlenmeyer dan Labu Volumetrik.

a. Pastikan goyangan yang Anda lakukan tidak membuat cairan dalam labu erlenmeyer meluap ke luar Mengocok dalam labu volumetrik Mengocok dengan cara ujung labu ukur ditutup terlebih dahulu dengan penutup botol kemudian leher labu ukur dipegang sampil ibu jari memegang tutup labu ukur. lalu putar perlahan searah jarum jam. Observasi Keterampilan Generik Kimia : Mencium Bau Hasil Reaksi. kemudian botol dibalik posisinya kira-kira 150O. diulang lagi sampai larutan menjadi homogen LEMBAR OBSERVASI 09 KGK Pengamatan Langsung 9. Alat dan Bahan yang digunakan a. b. kemudian dikembalikan lagi ke posisi semula. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang 0 1 Keterangan . Tabung reaksi. Erlenmeyer c. Larutan yang berbau Tabel 9. Gelas kimia c. Labu volumetrik Tabel 9. Keterampilan Generik Kimia yang Diobservasi Keterampilan Generik yang 0 1 Keterangan Diobservasi Mengocok larutan dalam tabung reaksi memegang leher tabung reaksi dengan cukup kokoh lalu menepuk- nepukan tabung reaksi tersebut pada telapak tangan yang lain secara perlahan Mencampur larutan dalam labu erlenmeyer Pegang leher erlenmeyer dengan cukup kuat. kemudian dibalik kembali. Tabung reaksi b.

Tangan mengibas-ngibaskan udara di sekitar tempat gas dihasilkan agar konsentrasi gas yang terhirup oleh hidung menjadi lebih sedikit atau dengan bantuan statif dan klem penjepit serta sedikit mengibaskan tangan agar bau tercium. Diobservasi Menghirup zat dari kejauhan. tetapi masih memungkinkan untuk hidung kita dapat mencium bau gas yang dihasilkan. .

Alat yang digunakan a. LEMBAR OBSERVASI 10 KG Pengamatan Langsung 10. . Observasi Keterampilan Generik Kimia : Mengamati Warna Hasil Reaksi. Tabung Reaksi Tabel 10. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang 0 1 Keterangan Diobservasi Mengambil larutan dari rak tabung reaksi dengan memegang secara erat pada bagian yang tidak terdapat larutannya Mengamati perubahan warna yang terjadi dengan cara menempelkan tabung reaksi yang berisi cairan warna bias dengan menempelkan pada jas laboratorium yang berwarna putih.

Larutan yang memiliki endapan. mengamati dan mencatat warna endapan . Menaruh kertas gelap sebagai alas. Tabel 11. Observasi Keterampilan Generik Kimia :Mengamati Endapan Hasil Reaksi. LEMBAR KG Pengamatan Langsung OBSERVASI 11 11. Alat dan bahan yang digunakan a. mengamati dan mencatat warna endapan Mengamati endapan berwarna gelap Menaruh kertas terang sebagai alas. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang 0 1 Keterangan Diobservasi Mengamati endapan berwarna putih. Gelas Kimia b.

LEMBAR OBSERVASI 12 KG Pengamatan 12. . Tabung Reaksi b. Observasi KeterampilanLangsung generik merasakan perubahan suhu. Air hangat beraneka warna Tabel 12. Alat dan bahan yang digunakan a. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang 0 1 Keterangan Diobservasi Mengambil larutan dari rak tabung reaksi dengan memegang secara erat pada bagian yang tidak terdapat larutannya mendekatkan jari kita ke sampel dan tak perlu menyentuhnya.

Menjepit buret pada bagian tengah buret atau maksimal 3/4 dari panjang buret Mengatur tinggi buret sehingga berada 1-2cm dari mulut erlenmeyer Menempatkan kertas putih pada bagian dudukan statif atau dibawah erlenmeyer Memastikan buret tidak bocor dan kran dapat berfungsi dengan baik Penggunaan Buret Menutup kran dan menempatkan corong saring di mulut buret Mengisi buret dengan jalan mengangkat corong saat memasukan cairan . Kertas Saring c. Buret e. Corong h. Observasi Tidak Keterampilan Langsung Generik Kimia : Penggunaan Buret Alat dan bahan yang digunakan a. Statif f. pastikan klem penjepit berada diposisi yang benar Memasang penjepit buret dengan kuat. searah dengan dudukan statip. LEMBAR OBSERVASI 13 KGK Pengamatan 13. Kertas dan klip pembatas Tabel 14. Erlenmeyer b. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang Diobservasi 0 1 Keterangan Persiapan Penggunaan Buret Memasang statif dalam keadaan baik. lurus dengan tempat duduk. Double klem g. tidak bergoyang-goyang atau longgar.

Keterampilan Generik yang Diobservasi 0 1 Keterangan Memperhatikan bagian bawah memastikan tidak ada gelembung gas Meletakan skala buret berhadapan dengan mata atau kran dapat dipegang dengan tangan kiri secara mantap Menghentikan titrasi saat perubahan warna karena adanya indikator perubahan Membaca hasil akhir titrasi dengan benar. dengan cara membaca tegak lurus memberikan kertas batas miniskus untuk kepastian letak Sebelum dipakai untuk kedua kali bilas ujung buret dengan bantuan botol semprot aquades .

stabil. Menuangkan larutan ke dalam silinder ukur Memposisikan mata sejajar dengan letak meniskus cembung/cekung dari zat cair saat membaca skala gelas ukur. Aquadest dalam botol semprot c. LEMBAR KG Pengamatan Tidak Langsung OBSERVASI 14 14. memiliki permukaan yang rata. . b. . Gelas Ukur. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang Diobservasi 0 1 Keterangan Meletakkan gelas ukur di meja yang kokoh. Observasi Keterampilan Generik Kimia : Mengukur Secara Kualitatif Alat dan bahan yang digunakan a. Aquadest Tabel 16.

b. Pipet filer e. Memposisikan mata sejajar dengan letak meniskus cembung/cekung dari zat cair saat membaca skala gelas ukur. Observasi Keterampilan Generik Kimia : Mengukur Secara Kuantitatif Alat dan bahan yang digunakan a. Aquadest dalam botol semprot f. mengeluarkan udara pada filler sampai kempes dengan menekan katup piller bagian atas (tombol A) Memasukkan pipet volume ke dalam wadah berisi cairan sampai ujung pipet tercelup (perhatian : ujung pipet . LEMBAR OBSERVASI 15 KG Pengamatan Tidak Langsung 15. Mengeringkan bagian atas labu ukur menggunakan kertas hisap dan batang pengaduk sampai benar-benar kering pada tanda batas 100 mL (kertas hisap tidak tercelup pada aquadest) Menepatkan hingga volume sampai tanda batas 100 ml menggunakan pipet tites. Pipet gondok/pipet seukuran 100 ml. Pipet Ukur. c. Aquadest Tabel 17. Mengunakan Bola Karet Filler dan mengukur kuantitatif dengan pipet gondok Memasangkan bola karet filler pada ujung pipet volume/pipet gondok. d. Labu Ukur 100ml. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang 0 1 Keterangan Diobservasi Mengukur kuantitatif dengan labu ukur Meletakan sedikit lipatan kertas saring pada mulut labu ukur. dan melancarkan larutan masuk Menuangkan aquades kedalam labu ukur sampai dibawah tanda batas 100 mL (sedikit dibawah dari batas ukuran 100 mL). untuk memberi rongga udara.

Memindahkan cairan pada wadah lain dengan menekan katup samping piller (tombol E) dan atur posisi pipet volume tegak lurus (jangan menyamping) dan ujung pipet ditempelkan pada wadah. dengan menekan katup piller bagian samping (tombol E) Mengeringkan bagian ujung bawah pipet gondok menggunakan kertas hisap. . . jika cairan pekat tidak perlu dibersihkan. proses ini untuk mencegah cairan keluar terlalu cepat. Keterampilan Generik yang 0 1 Keterangan Diobservasi harus masuk jauh ke dalam cairan jangan sekedar tercelup atau berada dekat permukaan cairan) Mengeringkan bagian ujung bawah pipet gondok menggunakan kertas hisap tanda batas 100 mL Menyedot cairan sampai melebihi batas ukur dengan menekan katup piller bagian tengah (tombol S) Menurunkan cairan sampai miniskus tepat pada batas ukur.

dengan jalan memiringkan gelas kimia dengan bantuan batang pengaduk. Mengocok labu volumetri sesuai dengan ketentuan yang berlaku. d. f. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang Diobservasi 0 1 Keterangan Memasukan zat padat yang telah ditentukan massanya terlebih dahulu ke dalam gelas kimia Menambahkan sedikit akuades untuk melarutkan zat padat Mengaduk larutan sampai zat padat terlarut semuanya. Gelas Beaker 100ml. Zat Padat Tabel 18. Labu ukur. e. Kertas saring. b. Aquadest dalam botol semprot g. sesuai ketentuan keterampilan mengaduk Memasukan larutan ke dalam labu volumetrik. LEMBAR OBSERVASI 17 KG Pengamatan Tidak Langsung . serta menempatkan sedikit kertas saring diantara mulut labu dan corong Menambahkan akuades sampai batas skala labu volumetrik. c. LEMBAR OBSERVASI 16 KG Pengamatan Tidak Langsung 16. Batang Pengaduk. Observasi Keterampilan Generik Kimia : Membuat Larutan Dari Zat Padat Alat dan bahan yang digunakan a. Corong.

Corong.25 mL V1M1 = V2M2 V1 = 10 mL Mengambil sebanyak 10 ml Larutan K2CrO4 0.25 M = 250 mL x 0. d.25 M kelarutan K2CrO4 0.01M K2CrO4 0. Alat dan bahan yang digunakan a. Kertas saring. Labu ukur b. Aquadest Tabel 19.25 M c.25 M dan mengukurnya dalam gelas ukur sebanyak 10 ml Memasukan larutan yang diambil kedalam labu volumetri Menambahkan akuades sampai batas tera skala labu volumetrik. 0. Gelas ukur 10 ml. LEMBAR KG Pengamatan Tidak Langsung OBSERVASI 18 .25 M yang akan diambil dengan rumus V1 = 2. Larutan K2CrO4 0. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik yang 0 1 Keterangan Diobservasi Mengencerkan larutan dari K2CrO4 0. Mengocok labu volumetri sampai homogen sesuai dengan ketentuan yang berlaku. e.17.01 M Menghitung kebutuhan larutan V1 .5/0. Observasi Keterampilan Generik Kimia : Mengencerkan Larutan Secara Kualitatif. f.

175M 10  10 Mc = Mengambil sebanyak 10 ml Larutan K2CrO4 0.01 M 10 ml Tabel 20.25 M kelarutan K2CrO4 0. e. Keterampilan Generik Yang Diobservasi Keterampilan Generik 0 1 Keterangan yang Diobservasi Mencampurkan larutan dari K2CrO4 0.18.25 M dan 10 ml Larutan K2CrO4 0. Labu ukur. Gelas ukur 10 ml.25 M yang akan diambil dengan rumus V1 M 1  V2 M 2 V1  V2 (10 x 0. Alat dan bahan yang digunakan a.01 M Menghitung kebutuhan larutan K2CrO4 0.1 M Memasukan larutan yang diambil kedalam labu volumetri Mengocok labu volumetri sampai homogen sesuai dengan ketentuan yang berlaku. .25)  0. Kertas saring. Larutan K2CrO4 0. Larutan K2CrO4 0. d. c. b. Observasi Keterampilan Generik Kimia :Mencampurkan Larutan Secara Kualitatif.25 M 10 ml f.1 )  (10 x 0. Corong.