You are on page 1of 18

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VIII / 1I
Materi Pokok/Topik : Sistem Tata Surya dan Kehidupan di Bumi
Sub Topik : Struktur Bumi dan Bencana
Sistem Tata Surya
Alokasi Waktu : 5 Tatap Muka /12 Jam Pelajaran @ 40 Menit

A. Kompetensi Inti
1.1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
1.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
1.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar/Indikator Pencapaian Kompetensi

No Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1. Mengagumi keteraturan dan 1.1.1. Dapat mengucap syukur atas ciptaan
kompleksitas ciptaan Tuhan Tuhan Yang Maha Esa yang beraneka
tentang aspek fisik dan ragam
kimiawi, kehidupan dalam 1.1.2. Menyebutkan beberapa macam
1 ekosistem, dan peranan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
manusia dalam lingkungan
serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama
yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan
2
peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap
dalam melakukan
pengamatan, percobaan, dan
berdiskusi.
3 3.13 Mendeskripsikan 3.11.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
karakteristik matahari, 3.11.2 Mengidentifikasi proses pembentukan
bumi, bulan, planet, benda bayangan pada cermin datar dan lengkung
angkasa lainnya dalam 3.11.3 Mengidentifikasi proses pembentukan
ukuran, struktur, gaya bayangan pada lensa cembung dan cekung.
gravitasi, orbit, dan 3.11.4 Menjelaskan pentingnya cahaya pada
RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA1

dan fragmen batuan. Erupsi adalah letusan yang mengakibatkan keluarya material gunung api yang berupa gas. Saturnus.5 Mengidentifikasi proses pembentukan kehidupan di bumi. komet. LCD 2.11.10 Mendeskripsikan prinsip kerja alat optik. serta 4) selalu menyimpan nomor-nomor telepon lembaga tanggap darurat. Yupiter.14 Mendeskripsikan gerakan 3. radiasi matahari terhadap 3. Alat. Pertemuan Keempat Kemiringan sudut bumi saat berotasi dan paparan radiasi matahari mengakibatkan terjadinya variasi musim di berbagai belahan bumi. bayangan pada mata manusia. bumi.6 Mengidentifikasi bagian-bagian mata. dan gerhana bulan. bumi dan bulan terhadap 3. D.11. Terjadinya perubahan energi panas yang menyebabkan pergolakan inti bumi menjadi energi kinetik yang mampu menekan dan menggerakkan lempeng-lempeng bumi.11. Model : Discovery Learning E. dan planet-planet kerdil. 3.11. 2) mewaspadai bahaya yang menyertai letusan gunung berapi.12 Menyajikan laporan hasil 4. No Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi gerakannya. Venus. 3.11.7 Menjelaskan macam-macam gangguan matahari serta menjelaskan yang terjadi pada indera penglihatan. serta pengaruh proses penglihatan manusia. Materi 1. Pertemuan Kedua Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi dari dalam bumi. Neptunus.11. Merkurius. satelit. Media Papan tulis. debu. 10 RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA2 . asteoroid. 3. perubahan siang dan malam. Pertemuan Pertama Lapisan bumi terdiri dari inti. di bumi. 4. komputer. 2. 3) melakukan perencanaan evakuasi. selimut. 3. Metode : Diskusi dan Eksperimen 3. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari terjadinya letusan gunung berapi dan gempa Bumi adalah dengan 1) mencari tahu sistem pengamanan yang berlaku. Jenis Jumlah 1. dan Sumber Pembelajaran 1.9 Mendata berbagai macam alat optik yang perubahan musim serta dapat ditemui siswa dalam kehidupan dampaknya bagi kehidupan sehari-hari. Mars. Pertemuan Ketiga Komponen tata surya terdiri dari matahari. tentang karakteristik komponen tata surya C. 4. Media. Alat dan Bahan No.1 Menyusun laporan hasil penyelidikan pengamatan atau proses pembentukan bayangan pada 4 penelusuran informasi cermin.11. Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran 1. dan alat optik. lensa. aliran lava. Uranus.8 Mendeskripsikan pembentukan bayangan peristiwa gerhana matahari pada mata serangga. dan kerak. 3. Pendekatan : Scientific 2.

LKS F. “pernahkah kalian berpikir tentang. 2.  Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran  Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan hari ini adalah mendiskusikan tentang struktur penyusun lapisan bumi pergerakan lempeng bumi. menit rian rangsangan) Problem Dari kegiatan mengamati. Cermin 10 3. Inti Stimulation Guru meminta peserta didik untuk : 60 (simullasi/pembe  Melihat globe bumi. diharapkan statemen peserta didik dapat bertanya tentang : (pertanyaan/iden  Mengapa bumi bulat? tifikasi masalah)  Apa saja yang ada didalam bumi? Data collection Guru memfasilitasi peserta didik untuk (pengumpulan menemukan jawaban dengan : data) menayangkan Gambar 11. bagaimanakah bentuk bagian dalam bumi?. Buku IPA SMP kelas VIII Puskurbuk 2013 b. RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA3 . Data processing Setelah mengumpulkan informasi yang (pengolahan didapat dari diskusi: data) Guru mengajak siswa mendiskusikan sturktur bumi dengan melakukan tanya jawab cahaya.2 dan Gambar 11. Penggaris 10 3.3 yang ada pada Buku Siswa. apakah di bagian dalam bumi juga tersusun atas tanah seperti di permukaan bumi?”. “saat ini di planet apakah kita hidup?”. Lampu 10 4. guru: 10  Menyiapkan peserta didik secara menit psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. Buku IPA SMP Kelas VIII yang relevan c.  Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan memberikan pertanyaan kepada peserta didik. Sumber Belajar a. Kemudian guru mengajukan pertanyaan kembali. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama ( 2 JP ) Model Alokasi Kegiatan Deskripsi Pembelajaran Waktu Pendahuluan Dalam kegiatan pendahuluan.

Penutup Pada tahap penutup.  Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan berikutnya untuk membuat gunung berapi tiruan dan mempelajari materi berikutnya pada Buku Siswa. RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA4 .  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. Inti Stimulation Guru meminta peserta didik untuk : 90 (simullasi/pem  Melihat video gunung berapi.  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.  Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan: Apa yang terjadi jika gunung meletus? Apa dampak gunung meletus pada lingkungan? Bagaimana peristiwa terjadinya gunung meletus?  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan praktek membuat tiruan gunung berapi. menit berian rangsangan) Problem Dari kegiatan mengamati. Generalization Peserta didik mempresentasikan hasil (menarik diskusi secara bergantian dan guru kesimpulan/gene memberikan penguatan terhadap materi ralisasi) yang dibahas. diharapkan peserta statemen didik dapat bertanya tentang : (pertanyaan/id  Apa nama cairan yang keluar dari gunung entifikasi berapi yang meletus? masalah) Data  Guru membimbing peserta didik untuk collection membuat miniatur gunung berapi. Pertemuan Kedua (3 JP) Model Alokasi Kegiatan Deskripsi Pembelajaran Waktu Pendahulu Dalam kegiatan pendahuluan. Verification Peserta didik membandingkan hasil (pembuktian) diskusi dengan data pada penjelasan materi tentang gambar tersebut ada pada buku siswa. guru : 10  Bersama-sama dengan peserta didik menit dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran. Model Alokasi Kegiatan Deskripsi Pembelajaran Waktu Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan proses terjadinya gempa bumi. guru: 10 an  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan menit fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.

 Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. Generalization  Peserta didik menunjukan hasil karyanya (menarik di depan kelas sambil menjelaskan proses kesimpulan/ge terjadinya gunung meletus dan dampaknya neralisasi) bagi Lingkungan. 3) melakukan perencanaan evakuasi. Model Alokasi Kegiatan Deskripsi Pembelajaran Waktu (pengumpulan  Peserta didik melakukan percobaan data) membuat miniatur gunung berapi dan melakukan simulai proses terjadinya gunung meletus. guru : 20  Guru membimbing peserta didik untuk menit membuat kesimpulan tentang pengaruh struktur Bumi terhadap gunung api. debu.Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari terjadinya letusan gunung berapi dan gempa Bumi adalah dengan 1) mencari tahu sistem pengamanan yang berlaku. .  Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya. dan fragmen batuan. aliran lava. dalam kelompok peserta didik: (pengolahan  Mencatat proses terjadinya gunung data) meletus dan membuat deskripsi proses terjadinya gunung meletus dan dampaknya bagi lingkungan. .Erupsi adalah letusan yang mengakibatkan keluarya material gunung api yang berupa gas. Verification Peserta didik diminta mempelajari buku sampai (pembuktian) mampu melukiskan pembentukan bayangan pada berbagai bagian cermin lengkung. Penutup Pada tahap penutup. serta 4) selalu menyimpan nomor-nomor telepon lembaga tanggap darurat. serta tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi bencana.  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. Pertemuan Ketiga (2 JP) RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA5 . 2) mewaspadai bahaya yang menyertai letusan gunung berapi.  Guru memberikan penguatan materi dan memberikan penghargaan bagi kelompok peserta didik yang menunjukkan karya terbaik. Data Setelah mengumpulkan informasi yang processing didapat.

. . 2. Membuat tabel data hasil pengamatan. diharapkan peserta statemen didik dapat bertanya tentang : (pertanyaan/ide  Bagaimana bentuk orbit planet-planet? ntifikasi  Tersusun planet apa saja pada sistem tata masalah) surya? Data collection Guru memfasilitasi peserta didik untuk (pengumpulan menemukan jawaban dengan : data) Secara berkelompok membuat membuat model orbit satelit. dan 3 hingga 3 kali dengan variasi dimeter tali. . menit erian rangsangan) Problem Dari kegiatan mengamati.  Memberi apersepsi dengan mengajukan pertanyaan “Pernahkah kalian memandang langit malam yang dipenuhi bintang- bintang? Jika matahari adalah bintang terdekat dari Bumi.  Menyampaikan tujuan pembelajaran  Guru menyampaikan kepada siswa.Menghitung dan merekam data eksentrisity elips yang kalian buat. bandingkan dengan eksentrisitas elips yang kalian buat! Data processing Setelah mengumpulkan informasi yang RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA6 . Model Alokasi Kegiatan Deskripsi Pembelajaran Waktu Pendahul Dalam kegiatan pendahuluan.Mengulangi langkah 1. dimanakah letak bintang-bintang yang kalian lihat itu? Seberapa jauh jaraknya dari bumi? Berapa banyak bintang dan planet yang ada di jagad raya ini? Seberapa luas jagad raya ini?”.Menggerakkan pensil melingkari kertas hingga tampak sketsa elips. Pasangkan tali tersebut pada kedua push pin .Mencari tahu eksentrisitas orbit palanet yang sebenarnya. .tali tetap dalam kondisi teregang. guru: 10 uan  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan menit fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. mendiskusikan pertanyaan dan mencari informasi tentang planet-planet penyusun tata surya.Meletakkan kertas diatas alas kertas tebal dan tancapkan kedua push pin dengan jarak 3 cm . Inti Stimulation Guru meminta peserta didik untuk : 90 (simullasi/pemb Mengamati gambar satelit. Masukkan pensil kedalam rangkaian alat tersebut seperti pada gambar! .Membentuk tali menjadi lingkaran dengan berdiameter 15 – 20 cm. bahwa kegiatan pembelajaran pada pertemuan hari ini antara lain. membuat model orbit satelit. usahakan .

 Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. yaitu mendiskusikan gerak RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA7 .  Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi tentang planet-planet penyusun tata surya Verification Guru menyarankan pada peserta didik untuk (pembuktian) mempelajari buku siswa bagian Karakteristik Tata Surya. Neptunus. guru : 20  Bersama-sama dengan peserta didik menit dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran. Yupiter.  Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan “Pernahkah kalian mengamati pergerakan bulan di malam hari? Mengapa wajah bulan selalu berubah dari hari ke hari? Apakah gerak bulan sama seperti gerak matahari? Bagaimana pengaruh gerak bulan dan matahari terhadap bumi?”. Saturnus. Mars. asteoroid. Kesimpulan eralisasi) diantaranya sebagai berikut: Komponen tata surya terdiri dari matahari. guru: 10 menit uan  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.  Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran  Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan ini ada tiga.  Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi yang berikutnya Pertemuan Keempat (3 JP) Model Alokasi Kegiatan Deskripsi Pembelajaran Waktu Pendahul Dalam kegiatan pendahuluan. satelit. komet. dan planet-planet kerdil Penutup Pada tahap penutup. Model Alokasi Kegiatan Deskripsi Pembelajaran Waktu (pengolahan didapat. dalam kelompok peserta didik : data)  Peserta didik berdiskusi secara berkelompok menjawab pertanyaan.  Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan materi yang belum dipahaminya. peserta didik (menarik mempresentasikan hasil diskusi sampai kesimpulan/gen menemukan kesimpulan. Uranus.  didik untuk menuliskan di buku IPA tentang apa yang dirasakan oleh peserta didik pada saat memejamkan mata. bumi. Merkurius. Generalization Setelah menemukan kesimpulan. Venus.

.Menuliskan sebuah deskripsi cara pembuatan model perbandingan jarak komponen tata surya. Data processing Setelah mengumpulkan informasi yang didapat (pengolahan dalam kelompok. Verification Peserta didik membandingkan hasil diskusi (pembuktian) dengan data dari buku sumber. peserta didik : data)  Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan materi gerak planet pada orbit tata surya.  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan fase Bulan sesuai langkah- langkah yang ada di buku siswa. Penutup Pada tahap penutup. Kesimpulan yang diperoleh kesimpulan/gen peserta didik diantaranya : eralisasi)  Gerak bulan terhadap bumi mengakibatkan perubahan fase bulan setiap hari.Membuat tabel skala perbandingan model perbandingan jarak komponen tata surya . Inti Stimulation Guru meminta peserta didik untuk : 90 menit (simullasi/pemb  Menjelaskan perbedaan bulan hijriah dan erian komariyah.Menuliskan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melengkapi model perbandingan jarak komponen tata surya . guru : 20 menit  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran. hal ini yang menjadi dasar penanggalan komariyah atau kalender orang muslim (tahun hijriyah). rangsangan) Problem Dari kegiatan mengamati. Model Alokasi Kegiatan Deskripsi Pembelajaran Waktu planet pada orbit tata surya. mengamati berbagai fase bulan. Generalization Guru membimbing peserta didik untuk menarik (menarik kesimpulan.Menuliskan langkah kerja untuk membuat model perbandingan jarak komponen tata surya .Menjelaskan cara kerja model perbandingan jarak komponen tata surya. .Mendeskripsikan perhitungan jarak yang akan digunakan sebagai skala perbandingan model perbandingan jarak komponen tata surya . RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA8 . membuat model perbandingan jarak komponen tata surya. diharapkan peserta statemen didik dapat bertanya tentang : (pertanyaan/ide  Bagaimana sistem peredaran bulan? ntifikasi masalah) Data collection Guru membimbing peserta didik untuk (pengumpulan membuat model perbandingan jarak komponen data) tata surya.

Verification Guru menyarankan kepada peserta didik untuk RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA9 . peserta didik : data)  mendiskusikan rotasi. Pertemuan Kelima ( 2 JP ) Model Alokasi Kegiatan Deskripsi Pembelajaran Waktu Pendahul Dalam kegiatan pendahuluan. darapkan peserta didik statemen dapat bertanya tentang : (pertanyaan/ide  Mengapa di Indonesia hanya ada 2 musim? ntifikasi masalah) Data collection Guru membimbing peserta didik untuk mencari (pengumpulan informasi tentang perubahan musim yang terjadi data) di bumi bagian utara (BBU) dan bumi bagian selatan (BBS). Data processing Setelah mengumpulkan informasi yang didapat (pengolahan dalam kelompok. “Mengapa musim panas di belahan bumi utara tidak bersamaan dengan musim panas di belahan bumi selatan? Apa yang dimasud dengan musim? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perbedaan musim di berbagi belaham bumi? Bagaimana dampak perubahan musim bagi kehidupan yang ada di bumi?”  Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini ada dua.  Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi yang berikutnya. Inti Stimulation Guru memberikan stimulasi pada peserta didik: 60 (simullasi/pemb  Mengamati berbagai musim di negara lain. revolusi bumi serta peristiwa yang diakibatkannya dan mencari informasi tentang perubahan musim yang terjadi di bumi bagian utara (BBU) dan bumi bagian selatan (BBS). Model Alokasi Kegiatan Deskripsi Pembelajaran Waktu  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. revolusi bumi serta peristiwa yang diakibatkannya.  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.  Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yang relevan dengan materi yang akan dibahas. menit erian rangsangan) Problem Dari kegiatan mengamati. yaitu mendiskusikan rotasi. guru: 10 uan  Menyiapkan peserta didik secara psikis menit dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.

Instrumen : terlampir Yogyakarta. Instrumen : terlampir 4.Pd. Penilaian Pengetahuan a. S. Penilaian Keterampilan a. G. Penutup Pada tahap penutup. 1141238 RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA10 . e) fotoperiode. Teknik penilaian : penilaian diri b. 19640702 198703 2 013 NBM. Kepala Sekolah GuruMapel IPA Purwantini. Teknik penilaian : observasi b. Kesimpulan yang diperoleh peserta kesimpulan/gen didik diantaranya : eralisasi) Ada beberapa peristiwa yang diakibatkan rotasi dan revolusi bumi diantaranya yaitu: a) gerak semu harian matahari. Revolusi Bumi dan Peristiwanya. Teknik penilaian : tes terlulis b. guru : 10  Bersama-sama dengan peserta didik menit dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran. Generalization Guru membimbing peserta didik untuk menarik (menarik kesimpulan. Model Alokasi Kegiatan Deskripsi Pembelajaran Waktu (pembuktian) mempelajari buku siswa pada bagian Rotasi. Instrumen : terlampir 2. S. Bentuk instrumen : soal pilihan ganda c. NIP. Instrumen : terlampir 3. Penilaian Sikap sosial a. 5 Januari 2015 Mengetahui. Penilaian 1. Teknik penilaian : observasi b.  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. c) perbedaan waktu berbagai tempat dimuka bumi.  Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi untuk persiapan tes evaluasi. Bentuk instrumen : lembar observasi c. Bentuk instrumen : lembar penilaian diri c. d) perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi. Irnin Agustina Dwi Astuti. Bentuk instrumen : lembar observasi c. b) pergantian siang dan malam.Pd. Penilaian Sikap a.

........... apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 = tidak pernah... Berilah tanda cek () pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik.. dengan kriteria sebagai berikut : 4 = selalu.............. Jumlah Skor Petunjuk Penskoran : Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA11 ....... 4 Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa 5 Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu....................... Petunjuk : Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik........Lampiran 1 : Penilaian Sikap Spiritual Indikator pencapaian kompetensi Menunjukkan rasa syukur atas keanekaragaman sifat mahluk hidup sebagai ciptaan Tuhan yang merupakan wujud pengamalan agama yang dianutnya................ Skor No Aspek Pengamatan 1 2 3 4 1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu 2 Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi 3 Mengungkapakan kekaguman terhadap Tuhan saat melihat berbagai sifat keanekaragaman mahluk hidup yang menunjukkan kebesaran Tuhan.. : …………………....... Tanggal Pengamatan : …………………..... apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan 2 = kadang-kadang....... apabila tidak pernah melakukan Nama Peserta Didik : ………………….... Materi Pokok : ……………………………………….... Kelas/No.... apabila selalu melakukan sesuai pernyataan 3 = sering.............

... 4. 6.......... Hari. Kelas : ………………………....... 9...... 7..... 3.. dan mampu bekerjasama dengan teman di kelas.. tanggal : ……………………….... 10....... 8......... Kriteria penskoran : 4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap 3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap 2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap 1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap Petunjuk penskoran : Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA12 .. 5.. 2............Lampiran 2 : Penilaian Sikap Sosial Indikator pencapaian kompetensi Menunjukkan sikap jujur. Materi Pokok/Tema : Sistem Tata Surya dan Kehidupan di Bumi Sikap Kerjasama Jujur Teliti Nama Peserta Didik Keterangan No 1.. teliti....

.. lensa ganda b.... iris c..2 Mengidentifikasi proses pembentukan bayangan pada cermin datar dan lengkung 3..... syaraf mata 4. Berikut ini proses perjalanan cahaya pada mata hingga terbentuk bayangan benda adalah . mata dapat melihat benda karena syaraf-syaraf mata memiliki kemampuan untuk melihat benda.... Kelas : ……………………….... mata dapat melihat benda karena benda memantulkan cahaya yang diterimanya.... c. Hari. cahaya dibiaskan RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA13 . lensa tipis 5. a..5 Mengidentifikasi proses pembentukan bayangan pada mata manusia. mata dapat melihat benda karena cahaya yang mengenai benda dibiaskan..... 3. kornea – pupil – iris – lensa mata (cahaya membentuk bayangan) – bayangan ditangkap retina...11.....8 Mendeskripsikan pembentukan bayangan pada mata serangga.. a....... Edo menderita miopi sehingga dia tidak dapat melihat benda yang berada pada jarak jauh dengan jelas. 3.9 Mendata berbagai macam alat optik yang dapat ditemui siswa dalam kehidupan sehari- hari..... cahaya tampak c. a..1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. 3......... pupil – iris –kornea – lensa mata (cahaya membentuk bayangan) – bayangan ditangkap retina.....3 Mengidentifikasi proses pembentukan bayangan pada lensa cembung dan cekung....... sehingga kemampuan mata untuk melihat tidak ada hubungannya dengan cahaya..11... kornea b.. Materi Pokok/Tema : Sistem Tata Surya dan Kehidupan di Bumi Instrumen Soal Pengetahuan Soal Pilihan Ganda 1.. pupil d. Pelangi merupakan salah satu peristiwa yang menunjukkan bahwa cahaya memiliki sifat ...... sehingga cahaya masuk ke mata. 3.... cahaya merambat lurus d...4 Menjelaskan pentingnya cahaya pada proses penglihatan manusia. c..11. d......... 2. tanggal : ………………………. lensa cekung d..11. 3..Lampiran 3 : Penilaian Pengetahuan Indikator pencapaian kompetensi 3....6 Mengidentifikasi bagian-bagian mata... 3....11...11... a... a.. kornea – pupil – lensa mata (cahaya membentuk bayangan) – bayangan ditangkap retina...11. cahaya dipantulkan b... pupil – kornea – iris – lensa mata (cahaya membentuk bayangan) – bayangan ditangkap retina........11.........7 Menjelaskan macam-macam gangguan yang terjadi pada indera penglihatan. mata dapat melihat benda karena benda memiliki kemampuan menyerap cahaya yang diterima. d....... b...11.. 3.... Nama : ... lensa cembung c. Fakta yang benar tentang hubungan antara cahaya dan kemampuan mata untuk melihat benda adalah ..... 3....10 Mendeskripsikan prinsip kerja alat optik...11.... Bagian mata yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata adalah ... b. Jenis lensa untuk membantu penglihatan Edo adalah .. 3..

Berikut ini merupakan lensa yang terdapat pada mikroskop dan bayangan yang dibentuk oleh lensa tersebut. Lensa objektif = bayangan maya dan diperbesar. diperbesar.5 cm b. a.. terbalik. maya. sama besar dan terletak di titik M. 7. 2. b.. Lensa objektif = bayangan nyata dan diperbesar.. lup b. nyata. d. penglihatan Beni menjadi kabur. teleskop d.. diperkecil..24 cm d. 8. lensa okuler = bayangan nyata dan diperbesar. nyata. Mengapa hal ini terjadi? 3.54 cm Soal Uraian 1. teropong 9. terbalik. dan terletak antara M dan F. c. dan diperkecil d. dan terletak di belakang cermin d. a.5 cm.26 cm c. b. Mengapa mata kita memiliki kemampuan tersebut? 2. 3.. a. c. Ternyata. tegak.6. Lensa cembung sering disebut dengan lensa pengumpul (konvergen). gunakan gambar hasil pembiasan cahaya pada lensa tersebut! 5. Seseorang yang memiliki tinggi dari ujung kaki sampai ke matanya 150 cm berdiri di depan cermin datar yang tingginya 30 cm. sedangkan lensa cekung sering disebut lensa penyebar (divergen). Lensa objektif = bayangan nyata dan diperkecil. lensa okuler = bayangan maya dan diperbesar. tegak. diperbesar. maka panjang fokus sistem lensa-kornea agar benda terlihat paling jelas oleh mata orang tersebut adalah . dan diperkecil... dan diperbesar 10. nyata. Jika jarak kornea mata ke retina adalah 2. Sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin tersebut adalah . maya. Seseorang ingin melihat suatu benda yang berada di depan mata pada jarak 25 cm. nyata. nyata. lensa okuler = bayangan maya dan diperbesar. maya. Lukislah bayangan yang dibentuk oleh cermin datar untuk benda-benda di bawah ini! 4. dan diperbesar. Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung apabila benda terletak pada jarak kurang dari titik fokus cermin adalah . 2. a. kemudian dia mencoba kacamata Udin yang berlensa negatif. terbalik. Alat optik yang memiliki lensa cembung sehingga dapat membantu mendekatkan objek ke mata serta membantu untuk melihat benda yang kecil adalah . c. Mata yang normal memiliki kemampuan untuk melihat benda dengan jelas pada jarak yang dekat dan jauh. mikroskop c. mengapa demikian? Agar mudah menjelaskan. Lensa objektif = bayangan nyata dan diperbesar. terbalik. tegak.. a. Cermin itu ditegakkan vertikal di atas meja yang tingginya 80 cm dari lantai. tegak. b. Berapakah tinggi bayangan bagian badan orang itu yang dapat dilihat di cermin? Kunci Jawaban RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA14 .. dan terletak di depan M. lensa okuler = bayangan maya dan diperbesar. 3. Sebuah benda yang tingginya 12 cm diletakkan 10 cm di depan cermin cembung yang jari-jari kelengkungannya 30 cm. Beni memiliki penglihatan normal...

Oleh karena itu. D 1 Jawaban benar 0 Jawaban salah 8. Lensa mata Badu yang berpenglihatan 3 Jawaban benar normal dapat membentuk bayangan tepat 2 Jawaban kurang tepat pada retina. B 1 Jawaban benar 0 Jawaban salah 2. Hal ini akan menyebabkan lensa mata menjadi lebih cembung. Pada saat mata melihat benda yang berada pada jarak jauh. Dengan kondisi yang demikian Roni membutuhkan lensa mata negatif (cekung) agar bayangan yang dihasilkan dapat jatuh tepat pada retina sehingga dia dapat melihat benda dengan jelas. Nomor Jawaban Skor Keterangan Soal 1. Hal ini akan menyebabkan lensa mata menjadi lebih datar atau mata melihat tanpa berakomodasi. Ketika kalian melihat benda yang berada pada jarak dekat. bayangan yang dibentuk oleh lensa mata Roni jatuh di depan retina karena dia menderita rabun dekat (hipermetropi). Penglihatan Badu menjadi kabur ketika memakai kacamata Roni karena dengan adanya lensa tambahan (kacamata) akan menyebabkan Bayangan benda tidak dapat jatuh tepat pada retina. RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA15 . otot siliar akan berkontraksi. C 1 Jawaban benar 0 Jawaban salah 9. C 1 Jawaban benar 0 Jawaban salah 3. otot siliar akan relaksasi. A 1 Jawaban benar 0 Jawaban salah 10. B 1 Jawaban benar 0 Jawaban salah Uraian 1. Pada kondisi ini mata dikatakan berakomodasi maksimum. A 1 Jawaban benar 0 Jawaban salah 4. Berbeda dengan Roni. C 1 Jawaban benar 0 Jawaban salah 7. B 1 Jawaban benar 0 Jawaban salah 5. D 1 Jawaban benar 0 Jawaban salah 6. dia tidak 1 Jawaban salah membutuhkan kacamata agar dapat melihat benda dengan jelas. Mata dapat melihat benda dengan jelas 3 Jawaban benar pada jarak dekat ataupun jauh karena 2 Jawaban kurang tepat lensa mata memiliki kemampuan untuk 1 Jawaban salah mengubah bentuknya. 2.

1 Jawaban salah Di ukur dari ujung kaki. tinggi ujung 5. Akhirnya tinggi CF pun dapat kita tentukan. 3 Jawaban benar 2 Jawaban kurang tepat 1 Jawaban salah Hal ini dikarenakan cahaya yang 4. Nomor Jawaban Skor Keterangan Soal 3. Tinggi BC = BA – CA =10 cm. yakni Tinggi CF = BD – BC – FD = 80 cm – 10 cm – 10 cm = 60 cm Jadi bagian badan yang terlihat bayangannya hanya 60 cm (pada gambar di atas. sedangkan tinggi ujung atasnya 2 Jawaban kurang tepat adalah BE = 110 cm. Selanjutnya kita dapatkan tinggi BF = BD – BC = 70 cm sehingga kita dapat tentukan tinggi FD. dibiaskan oleh lensa cembung adalah 3 Jawaban benar mengumpul. sedangkan cahaya yang 2 Jawaban kurang tepat dibiaskan oleh lensa cekung menyebar. yakni: Tinggi FD = BD – BF = 80 cm – 70 cm = 10 cm. 1 Jawaban salah Tinggi DA = BA – BD = 150 cm – 80 cm = 70 cm Jadi DA = CD = 70 cm. Jumlah 25 RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA16 . orang tersebut hanya dapat melihat bayangan badannya kira-kira dari perut sampai lutut). bawah cermin datar adalah BD = 80 3 Jawaban benar cm.

...... 2) Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. 2) Menyiapakan beberapa alat dan bahan yang diperlukan.... dan alat optik.. 2) Mampu memberikan penafsiran sebagian besar sudah benar secara substantif.. Deskripsi pengamatan 1) Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.........1 Menyusun laporan hasil penyelidikan proses pembentukan bayangan pada cermin.......... Melakukan praktik 1) Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada........ Nama peserta didik : ........ 3) Memperoleh deskripsi hasil pengamatan cukup lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan 4) Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan...........11.....Lampiran 4 : Penilaian Keterampilan Indikator pencapaian kompetensi : 4................ 4) Mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.............. RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA17 ........... Indikator (amat (baik) (cukup) (kurang) baik) 1 Menyiapkan alat dan bahan 2 Deskripsi hasil pengamatan 3 Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi 4 Melakukan praktik 5 Mempresentasikan hasil praktik Jumlah Skor yang Diperoleh Rubrik Penilaian No Indikator Rubrik 1 Menyiapkan alat dan 1) Tidak menyiapakan seluruh alat dan bahan yang bahan diperlukan.... 2.............. Hari... Kelas / No......... : ..... tanggal : ………………………............ lensa. 4............. 3... 4) Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan..... Materi Pokok/Tema : Indera Penglihatan dan Alat Optik Hasil Penilaian 4 3 2 1 No....... 3) Mampu memberikan penafsiran kurang benar secara substantif... 3) Menyiapakan sebagian besar alat dan bahan yang diperlukan. Menafsirkan peristiwa 1) Tidak mampu memberikan penafsiran benar yang akan terjadi secara substantif..

Kriteria penilaian RPP IPA SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA18 . bahasa mudah dimengerti. bahasa sulit dimengerti. dan disampaikan kurang percaya diri. dan disampaikan tidak percaya diri. 3) Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian besar prosedur yang ada. 3) Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif. 4) Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif. bahasa mudah dimengerti. dan disampaikan dengan percaya diri. 4) Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada. dan disampaikan secara percaya diri. bahasa mudah dimengerti. No Indikator Rubrik 2) Mampu melakukan praktik dengan menggunakan beberapa prosedur yang ada. 5. 2) Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif. Mempresentasikan hasil 1) Tidak mampu mempresentasikan hasil praktik praktik dengan benar secara substantif.