You are on page 1of 5

LAMPIRAN

1. Menentukan besar tegangan baterai

A. Baterai baru menurut asumsimu berapa, dan setelah
pengukuran dengan volt meter berapa ?

B. Baterai bekas, apa yang menyebabkan pada tegangan
baterai bekas tegangannya drop ?

2. Menentukan tegangan dirumah masing-masing, catat kemudian
di analisa dari hasil pencatatan, kenapa ada yang berbeda ?

Jawab:

1. Menentukan besar tegangan baterai

A. Tegangan pada baterai berbeda-beda tergantung jenis
baterai Secara garis besar baterai itu dikategorikan
berdasarkan dua parameter :
- Ukuran fisik baterai
- Chemistry yang ada didalamnya.

 Ukuran fisik baterai

 AAA : Baterai "AAA" merupakan baterai berbentuk tabung
paling kecil yang biasanya digunakan untuk remote TV.
 AA : Baterai AA lebih besar dari AAA baterai ini biasanya
digunakan dalam jam weker.
 C : Baterai C biasanya digunakan dalam lampu center berukuran
sedang.
 D : Baterai D biasanya digunakan dalam lampu center
berukuran besar atau pada radio tape.

Dari produksi sampai dipakai itu maksimum 3 tahun dan kapasitas mungkin sudah drop pada waktu akhir periode. .sering bocor sehingga membahayakan barang yang menggunakan batere tersebut.relatif lebih tahan dingin sehingga kapasitas tetap tinggi meskipun dipakai dikondisi dingin .mengalami memory effect dimana jikalau batere itu dicharge . Alkaline : Bentuk secara umum : AAA.5 volt Batere jenis ini muncul untuk menjawab kekurangan . Kelemahan batere ini adalah : .kekurangan batere alkaline sehingga mempunyai karakteristik : .  9V : Baterai 9V biasa juga disebut baterai kotak. biasanya digunakan dalam gitar elektrik atau efek gitar.short shelf life : sekitar 3 tahun. D Voltase : 1.sanggup memberikan arus lebih dari 1000 . 2. C.2 volt Batere jenis ini muncul sebelum NiMH (Nickel Metal Hybride).  Chemistry yang ada didalamnya. C. . dengan beberapa karakteristik : .long shelf life : rata-rata berumur 10 tahun . Nickel Cadmium (NiCd) Bentuk : AA. 1. AA. Lithium Bentuk secara umum : AA Voltase : 1.5 volt Batere jenis ini muncul karena ada kebutuhan alat-alat tertentu yang membutuhkan arus cukup besar (lebih dari 250mA). D.2000 mA tanpa penurunan kapasitas (karena voltage sag). 3. dll Voltase : 1.relatif lebih tidak mudah bocor sehingga lebih aman.

Nickel Metal Hydbride (NiMH) Bentuk : AAA. tegangannya 1. Batere jenis ini juga muncul untuk menjawab kekurangan pada batere NiCd seperti : . 4.sebelum batere itu benar-benar dihabiskan. jika yang di pakai jenis baterai alkaline. B. catat kemudian di analisa dari hasil pencatatan. Namun. kenapa ada yang berbeda ? . dapat di simpulkan menurut kelompok kami tegangan pada baterai sudah tertera di baterai tergantung jenis baterai.lebih rentan terhadap udara dingin . Yang menyebabkan tegangan baterai bekas drop adalah ? 2. setelah kami ukur baterai yang baru.densitas batere lebih tinggi (kapasitas batere dg ukuran sama lebih tinggi) Jadi. D Voltase : 1. C.7 volt.5 volt. Menentukan tegangan dirumah masing-masing. teganganya menjadi 1.2 volt Batere ini yang paling umum saat ini sebagai rechargeable yang termasuk murah dan cukup tersebar dimana . maka kapasitas batere itu akan lebih menurun secara drastis. AA.mana.hilangnya memory effect .

dari penglaman. makanya biasa di kamera digital disarankan pakai baterai yang memiliki Ampere yang besar.yaitu.5 volt. dan kalau dipakai ke kamera digital. kalau diukur msh baru sekitar 1.5 volt. yang saya tahu. yang membedakan baterai jenis ini adalah Amperenya. ampere baterai ini sekitar 800 sampai 1000 mA. nah. Baterai rechargable (yang bisa di isi ulang). untuk jenis Ni Cd biasa paling gede amperenya sekitar 1000mA. bisa cepet soak. . Baterai AA biasa (ABC putih biru?) maksudnya baterai karbon yah? kalau ini voltase standart nya 1. karena memiliki voltase yang gede. Nah baterai ini juga memiliki tegangan yang sama dengan baterai carbon di patok pada tegangan 1. bahan kimia yang dipakai adalah Alkali (merk yang lain misalnya energizer. baterai jenis ini lebih cepat habis dan tidak lama bertahan karena memiliki ampere yang kecil (kalau ndak salah amper nya sekitar 200-300mA.2 volt. Nickel Magnesium (Ni Mh) 3. dgn catatan memiliki beban yang kecil. dari segi tegangan (voltase) baterai Charge (AA) memiliki patokan 1.1. Baterai Alkalin (ABC) . kalau misalnya dipakai buat mobil Tamiya yang full tune up itu ngak bakal bsia jalan mobilnya. ada 3 jenis bahan yang dipakai baterai jenis ini. Lithium(?) (Li-ion) Nah. Nickel Cadmium (Ni Cd) 2. dan itu udah dipraktekkan. ini juga bahan alkali). jelas baterai kelas ini paling murah dari jenis baterai (AA) yang lain. kalau ditanya yang paling kuat dari sisi lebih lama penggunaan sekali sesi adalah baterai alkali. 1. tergantung beban yang diberikan). oleh karena bahan dan tentu juga harganya.7-1. 3.8 volt.7 volt. bahasnya yang jenis Ni Cd dan Ni Mh aja. yang bsia mencapai 2700mA (utk jenis Ni Mh). karena bahas baterai AA yang (kayaknya) nggak ada pakai bahan Li-Ion. 2. tapi kalau di ukur waktu msh br bisa di 1.

com/amp/s/amp. kira-kira kemampuannya no 1 dan 3 berapa prosen dari nomor 2?” bisa dilihat dari perbandingan voltase dan ampere yang telah saya uraikan diatas. “dibandingin.kaskus.kalau beban nya gede.id/thread/000000000000000009554453/bingu ng-soal-batere--tanya-aja-disini .google.co . � Daftar pustaka https://www. Ni CD dan Ni Mh yang ngangkat. trus menjawab pertanyaan yang terakhir. bisa nggak ngangkat itu alkali atau carbon.com/amp/s/fhernawan. dari segi uang yang dikeluarkan dan hasiul yang didapatkan. lebih baik beli baterai charge aja.com/2007/02/21/baterai-aa/amp/ https://www.wor dpress.google.