You are on page 1of 7

Validitas logis

Validitas
No
Soal Materi Tujuan Konst
. Isi
ruk
4 Sebutkan bagian trakea, bronkus dan  Percabangan saluran yang masuk paru-paru ini 1. Menemukan
braonkeolus dari organ paru-paru berikut disebut bronkus. struktur
ini :  Masing-masing bronkus bercabang-cabang lagi jaringan
menjadi bronkiolus penyusun
 Struktur paru-paru seperti busa yang banyak paru-paru
terdapat rongga-rongga atau kantung kecil, yang pada sistem
disebut alveolus. ekskresi
 Alveolus ini dihubungkan dengan udara luar oleh manusia
bronkus, sehingga bronkus bercabang dua, yaitu dengan
menghubungkan paru-paru kiri dan kanan.
metode
Masing-masing percabangan bronkus akan
diskusi
membentuk bronkiolus. Pada
 A,B,C Ujung bronkiolus inilah terletak alveolus yang dengan
 A,G,B tersusun seperti buah anggur. metode
 B,C,D diskusi
 C,D,E dengan benar
 A,G,E

mal. Di sini. Filtrasi di glomerulus . asam amino. asam urat. urin primer ini mengalami penyerapan kembali zat-zat yang rearbsorbsi di glomerulus - masih digunakan oleh tubuh. 2) Reabsorbsi rearbsorbsi di tubulus distal . Urin primer dari glomerulus selanjutnya dialirkan augmentasi di glomerulus menuju tubulus proksi- b. juga terjadi penyerapan d. Darah itu masih banyak metode mengandung air. Filtrasi di glomerulus . Di sini ditemukan kadar . a. kapsul Bowman manusia menyaring zat-zat dari dengan darah yang ada di glomerulus. dan lain-lain. c. benar Di dalam urin primer ini masih terkandung banyak zat yang diperlukan oleh tubuh. antara lain glukosa. Filtrasi di glomerulus . kecuali protein tidak ditemukan di sini. dan air. sisanya akan membentuk urin sekunder. terjadi penyaringan zat beracun yang bioproses terjadi di badan pada ginjal malpighi. Setelah mengalami diskusi dan penyaringan.tubulus proksimal augmentasi di Henle.5 1) Filtrasi 2. Filtrasi di tubulus proksimal .rearbsorbsi natrium di lengkung di . Pada badan malpighi ini. garam. Menganalisis Pada tahap ini.rearbsorbsi Zat-zat yang diserap kembali akan dikembalikan ke di tubulus distal . gula.rearbsorbsi tidak terdapat zat yang berguna. Dari gambar di atas urut-urutan proses Sebanyak 99% filtrat pembentukan urin yang benar adalah … glomerulus ini nantinya masih akan diserap kembali.augmentasi di dalam darah melewati tubulus proksimal kapiler darah di sekitar tubulus. Zat-zat ini antara lain glukosa. garam-garam urea. urea. Filtrat ini disebut urin primer. asam augmentasi di tubulus proksimal amino. Di dalam tubulus distal urin sekunder e. terbentuklah video dengan filtrat glomerulus. Filtrasi di tubulus distal .

di tubulus distal . + Di dalam kandung kencing. paru-paru dalam urin sehingga urin hanya berisi zat-zat yang benar- b. reabsorbsi kemudian dialirkan ke kandung kencing atau vesika dan augmentasi. kulit lagi. .. . Setelah itu. . yaitu penyerapan air dan urine adalah . Melalui proses augmentasi inilah akan terbentuk d. Di sini terjadi proses augmentasi. Hati adalah kelenjar tubuh yang juga berfungsi sebagai bioproses a. kreatinin dan urea a. Jelaskan masing-masing urinaria. urin mengalami penampungan sementara di sana. K .augmentasi di urea yang tinggi. hati urin yang sesungguhnya. pada hati b. Menganalisis adalah . jantung Urin ini akan dikumpulkan melalui pembuluh pengumpul ke uraian rongga Ginjal mempunyai fungsi melaksanakan ginjal proses filtrasi.. ureter 3) Augmentasi Urin sekunder yang telah terbentuk kemudian dialirkan Organ ekskresi yang berfungsi ke dalam tubu- mengeluarkan sisa metabolisme berupa lus distal. ginjal benar sudah tidak berguna c. merombak sel darah merah yaitu untuk mengubah zat buangan dan bahan racun manusia untuk dikeluarkan c. mengubah gula menjadi glikogen dengan . urin akan dikeluarkan melewati saluran uretra menuju lubang seni. 6 Fungsi hati sebagai alat ekskresi Fungsi Hati 3. e. penambahan zat-zat seperti ion H+. melalui fungsi tersebut! saluran ureter.. mengeluarkan empedu alat ekskresi.

. . Pada saat darah melewati hati tersebut maka akan mengalami “pencucian”. manusia akan mati terbunuh oleh racun yang benar masuk ke Yang menyebabkan urine berwarna dalam tubuh. histamin dapat merugikan e. Pada proses metabolisme protein akan dihasilkan produk sampingan berupa zat amonia. Hati akan mengubah asam laktat ini menjadi glikogen yaitu sejenis karbohidrat yang dapat digunakan sebagai sumber energi yang disimpan di dalam otot. . obat-obatan. Racun-racun tersebut dapat berasal dari kekuningan adalah zat . alkohol. diskusi dan A 1) Menawarkan Racun video dengan Tanpa hati. 2) Tempat Pembentukan dan Pembongkaran Sel Darah Merah Hati akan dilewati darah kurang lebih 1. sekitar 3 juta sel darah merah mati setiap detik dan ini akan . Penumpukan asam laktat ditandai dengan rasa pegal pada otot. mengubah glikogen menjadi gula ke dalam empedu dan urin. Zat ini bersifat racun dan membahayakan tubuh. biliverdin asam laktat. dan zat amonia. mengubah provitamin A menjadi vitamin sebagai berikut. Salah satu proses b. hemoglobin tubuh.4 liter setiap menit.d. Selain itu. urobilin akan memberikan hasil samping berupa asam laktat yang d. a. Tetapi kemudian hati mengubahnya menjadi urea dan dikeluarkannya bersama dengan air kencing. hati juga berfungsi metode e. bilirubin metabolisme di dalam tubuh c.

dan sebaliknya pada saat gula darah turun.dilebur dan hasil peleburannya akan disimpan untuk didaur ulang sebagai bahan baku dalam membuat sel darah merah baru serta sebagai bahan baku zat empedu. 5) Menghasilkan Zat yang Melarutkan Lemak Hati menghasilkan sekitar 0. glikogen diubah menjadi glukosa. 4) Mengubah Glukosa Menjadi Glikogen atau Sebaliknya Dengan adanya fungsi hati ini maka kadar gula dalam darah dapat diatur karena kadar gula darah yang tidak tepat akan berakibat fatal bagi tubuh . 3) Tempat Pembentukan dan Pembongkaran Protein Protein larut dalam plasma darah. sekitar 50 gram protein per hari dihasilkan oleh hati. Zat inilah yang dapat melarutkan lemak. Pada saat gula darah dalam tubuh naik maka hati mengubahnya ke bentuk glikogen. Zat empedu ini memiliki pigmen warna merah yang disebut dengan .5 – 1 liter zat empedu setiap hari. Telah dijelaskan di depan bahwa sel darah yang mati akan didaur ulang sebagai bahan baku untuk membuat sel darah merah dan zat empedu.

6) Untuk Menyimpan Vitamin Hati menyimpan beberapa vitamin yang masuk ke dalam tubuh apabila jumlahnya berlebihan. Dapat juga disebabkan karena mengkonsumsi alkohol dan kurangnya gizi makanan. kadang- kadang akan menampakkan kulit dan mata yang berwarna kuning. E. Penyakit hati yang paling membahayakan adalah kanker hati atau dikenal dengan sirosis. D. Ini disebabkan karena pigmen warna empedu keluar berlebihan dan membanjiri peredaran darah.bilirubin dan hijau yang disebut dengan biliverdin. B12. yang disebut dengan penyakit kuning (jaundice). . Begitu besar peranan hati dalam kehidupan kita bukan? Untuk itu kita harus menjaganya dan sedini mungkin mengetahui apabila hati mengalami gangguan. Sirosis ini dapat disebabkan oleh penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus. Jenis-jenis vitamin tersebut antara lain vitamin A. dan jauhi alkohol untuk menjaga hati kita. makanan bergizi. Pada saat tertentu ketika tubuh memerlukan maka akan mengeluarkannya. Dengan demikian usahakanlah pola hidup sehat. Orang yang mengalami kelainan pada hati.

KD INDIKATOR TUJUAN KELAS .