ANALISIS CG PRINSIP 2 OECD PT ANTAM TBK

TAHUN 2015

OLEH :
PUTU RANY WEDASUARI (1607611014)

PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI AKUNTAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS UDAYANA
2016

.HAK-HAK DASAR PEMEGANG SAHAM Menurut OECD (2004) beberapa hak dasar pemegang saham termasuk hak untuk 1 Metode yang aman untuk registrasi kepemilikan 2 Transfer saham 3 Mendpatkan informasi yang relevan dan material mengenai perusahaan tepat waktu dan secara regular 4 Berpartisipasi dan memberikan suara di RUPS 5 Memilih dan mengganti anggota dewan 6 Memperoleh bagian atas laba perusahaan Berikut penilaian praktek CG Prinsip 2 OECD PT Antam TBK Tahun 2015 atas dasar hak pemegang saham : 1 Metode yang aman untuk registrasi kepemilikan Dalam UU Perseroan Terbatas No.H.2 mengatur kewajiban Biro Adiminstrasi Efek dan emiten untuk mengadministrasikan. pembukuan. X. Peraturan Bapepam-LK No. menyimpan dan memelihara catatan. data dan keterangan tertulis yang berhubungan dengan pemegang saham. 40 Tahun 2007 (UU PT) disebutkan bahwa direksi perusahaan wajib mengadakan dan menyimpan daftar pemegang saham.

2 Transfer saham .

Adapun kebijakan yang mendukung ketersediaan informasi kepada pemegang saham adalah Surat Keputusan Direksi Perusahaan No. 8 Tahun 1995. b.K/02/DAT/2013 yang ditandatangani oleh Direktur Utama tanggal 27 September 2013 yang bertujuan agar perusahaan dapat secara kredibel melaksanakan pengungkapan yang lengkap. Keempat kebijakan tersebut dipublikasikan dalam portal internal dan website ANTAM.Pada tahun 2015. Kepala Kejaksaan Tinggi. 081.192. benar dan teratur. komunitas investasi serta publik pada umumnya. atau Ketua Pengadilan Tinggi untuk kepentingan peradilan dalam perkara perdata dan pidana.K/0502/DAT/2011 yang ditandatangani oleh Direktur Utama tanggal 2 Mei 2011. Kebijakan lainnya yang mendukung dapat dilihat dalam KebijakanHubungan dan Komunikasi dengan Pihak Eksternal dan Internal Perusahaan. 3 Mendapatkan informasi yang relevan dan material mengenai perusahaan tepat waktu dan secara regular ANTAM telah menyediakan informasi yang sama kepada Pemegang Saham secara tepat waktu. Dalam UU Pasar Modal No. dan tepat waktu atas semua informasi atau fakta material kepadapemegang saham. Kebijakan Hubungan & Komunikasi dengan Pihak Eksternal & Internal Perusahaan Berdasarkan SK Direksi No. Kebijakan Perdagangan Efek Berbentuk Saham dan Kebijakan Pengungkapan Informasi. Kebijakan Proses hubungan dengan Investor dan Pemegang Saham Berdasarkan SK Direksi No. akurat. Tujuan darikebijakan adalah untuk mengatur proses hubungan dengan investor dan pemegang saham agar dapat berjalan secara efektif dan proaktif. a.K/0732/DAT/2009 yang ditandatangani oleh Direktur Utama tanggal 3 Agustus 2009 tentang Proses Hubungan dengan Investor dan Pemegang Saham. c. 192. Hal ini terlampir dalam Annual Report Tahun 2015 pada Analisis & Pembahasan Manajemen halaman 191. Tidak terdapat aturan yang melarang pemegang saham untuk mentransfer sahamnya ke pihak lain. Tujuan dari kebijakan adalah untuk mengatur pembagian . ANTAM tidak memiliki program Kepemilikan Saham oleh Karyawan dan/atau manajemen yang dilaksanakan Perusahaan (Employee Stock Ownership Program/Management Stock Ownership Program).K/0732/DAT/2009 yang ditandatangani oleh Direktur Utama tanggal 3 Agustus 2009. disebutkan pemblokiran rekening Efek hanya dapat dilakukan oleh Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian atas perintah tertulis dari Bapepam atau berdasarkan permintaan tertulis dari Kepala Kepolisian Daerah. Kebijakan Pengungkapan Informasi diterbitkan melalui SK 241.

Menyetujui penggabungan. Dapat meminta diselenggarakan RUPS Luar Biasa (RUPSLB). menyetujui pengangkatan dan pemberhentian Dewan Komisaris dan Direksi yang dipilih dalam RUPS/RUPS-LB. peleburan. Menerima tanggapan Dewan Komisaris atas laporan Direksi (triwulan dan tahunan) serta pada setiap waktu yang diperlukan mengenai perkembangan Perseroan dari hasil pelaksanaan tugasnya tepat pada waktunya. 242. peran dan tanggung jawab di antara pihak-pihak di internal Perusahaan dalam menjalankan proses hubungan dan komunikasi dengan pihak eksternal. e. sepanjang tidak ditentukan lain oleh Anggaran Dasar Perseroan. d. Meminta laporan dan penjelasan mengenai hal tertentu kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan serta peraturan yang berlaku di bidang pasar modal di Indonesia. Menyetujui keputusan untuk menerbitkan saham baru. Menyetujui perubahan Anggaran Dasar Perseroan termasuk perubahan modal. c. Mengusulkan. dimana jenis saham ANTAMdiklasifikasikan dalam 2 (dua) jenis yaitu Saham Seri A Dwiwarna dan Saham Seri B. pengajuan permohonan agar Perseroan dinyatakan pailit dan pembubaran g. d. menyampaikan pendapat. h. f. maka Pemegang Saham Seri A Dwiwarna dan Pemegang Saham Seri B memiliki hak yang sama. Pemegang Saham Seri A Dwiwarna yang juga merupakan Pemegang Saham Pengendali memiliki keistimewaan hak sebagai berikut: a.. dengan nilai nominal Rp100. Hanya dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia.(seratus Rupiah) setiap saham. Kebijakan ini bertujuan untuk mengatur perdagangan efek berbentuk saham Perseroan untuk mencegah terjadinya perdagangan yang tidak semestinya 4 Berpartisipasi dan memberikan suara di RUPS Antam telah menyediakan kerangka mengenai hak-hak pemengang saham. . dan memberikan suara dalam RUPS berdasarkan satu saham.K/02/ DAT/2013 yang ditandatangani oleh Direktur Utama tanggal 27 September 2013. b. Hak untuk menghadiri. Kebijakan Perdagangan Efek Berbentuk Saham diterbitkan melalui Kebijakan Perdagangan Efek Berbentuk Saham Perseroan PT ANTAM (Persero) Tbk No. Internal Perusahaan dan pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders). Di luar Hak Istimewa Saham Seri A Dwiwarna di atas. pengambilalihan dan pemisahan Perseroan. yaitu: a. memberi hak kepada pemegangnya untuk mengeluarkan satu suara.

termasuk pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan audit . yang mengatur penyelenggaraan RUPS. Hak untuk mengalihkan. melepaskan hak atau menjadikan jaminan utang seluruh atau sebagian besar harta kekayaan Perseroan lebih dari 50% (lima puluh persen) dari jumlah nilai kekayaan bersih Perseroan baik dalam satu transaksi atau beberapa transaksi yang berdiri sendiri ataupun yang berkaitan satu sama lain Direksi harus mendapat persetujuan RUPS Pemegang saham harus memiliki kesempatan untuk berpartisipasi secara efektif dan memberikan hak suara dalam RUPS dan harus diberikan informasi tentang aturan-aturannya. sehingga memungkinkan pemegang saham membuat keputusan mengenai investasinya dalam Perusahaan berdasarkan informasi yang akurat. Hak untuk memperoleh informasi mengenai perusahaan secara tepat waktu. kecuali halhal yang bersifat rahasia. sebanding dengan jumlah saham yang dimiliki. klasifikasi dan jumlah saham yang dimiliki. c. Hak untuk memperoleh penjelasan lengkap dan informasi yang akurat mengenai prosedur yang harus dipenuhi berkenaan dengan penyelenggaraan RUPS agar pemegang saham dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. b. termasuk tata carapemungutan suara.b. maka setiap pemegang saham berhak mengeluarkan suara sesuai dengan jenis. tempat dan agenda RUPS. Pemegang saham harus memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada pengurus. d. Hak untuk menerima bagian dari keuntungan Perusahaan yang diperuntukan bagi Pemegang Saham dalam bentuk dividen dan pembagian keuntungan lainnya. dan teratur. e. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah : a. Pemegang saham harus disediakan informasi yang memadai dan akurat tentang tanggal. benar. termasuk keputusan mengenai hal-hal yang mempengaruhi eksistensi Perusahaan dan hak pemegang saham. dan setiap pemegang saham berhak untuk diperlakukan setara berdasarkan jenis dan klasifikasi saham yang dimilikinya. termasuk informasi lengkap dan akurat tentang masalah-masalah yang kandiputuskan dalam rapat. Dalam hal terdapat lebih dari satu jenis dan klasifikasi saham dalam Perusahaan. f.

Pemegang saham juga mengangkat Bapak Fachrul Razi sebagai Komisaris Utama Perseroan dan Bapak Bambang Gatot Ariyono sebagai Komisaris Perseroan. eksternal tahunan. dan harus dianggap memiliki kekuatan yang sama. Pemegang saham harus dapat membuat pandangan-pandangan mereka berkaitan dengan kebijakan penggajian anggota pengurus dan pejabatpejabat kunci diketahui. Pemegang saham juga mengangkat Bapak Dimas Wikan Pramudhito sebagai Direktur. pemegang saham menyetujui perubahan susunan pengurus Perseroan. Sukhyar sebagai Komisaris Utama Perseroan dan Bapak Velix Vernando Wanggai sebagai Komisaris Perseroan. 5 Memilih dan mengganti anggota dewan Dalam RUPSLB 2015. Kewajaran atas komponen skema penggajian/kompensasi bagi anggota pengurus dan karyawan harus didasarkan pada persetujuan pemegang saham. 6 Memperoleh bagian atas laba perusahaan Antam memiliki kebijakan untuk membayarkan dividen dalam bentuk uang tunai kepada seluruh pemegang saham sekurang-kurangnya sekali dalam setahun. dan untuk mengusulkan pemecahannya. c. Standard Chartered Bank Indonesia dan Bank of Tokyo –Mitsubishi UFJ. dalam batas-batas yang wajar. Dengan tetap memperhatikan posisi keuangan atau tingkat kesehatan Perseroan dan tanpa mengurangi hak dari RUPS Perseroan. Partisipasi efektif pemegang saham dalam keputusan-keputusan penting pengelolaan perusahaan. untuk memasukkan butir-butir dalam agenda RUPS. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tanggal 31 . seperti pencalonan dan pemilihan anggota pengurus harus difasilitasi. Pemegang saham harus dapat memberikan hak suara secara langsung atau secara in absentia. Bapak Fachrul Razi sebelumnya menjabat berbagai posisi penting di Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan jabatan terakhir sebagai Wakil Panglima TNI pada tahun 1999- 2000. Pemegang saham memberhentikan dengan hormat Bapak R. Bapak Bambang Gatot Ariyono saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM). baik dilakukan dengan kehadiran atau tanpa kehadiran pemegang saham yang bersangkutan. Bapak Dimas Wikan Pramudhito sebelumnya menempati posisi di berbagai lembaga keuangan internasional diantaranya di Rabobank International Indonesia.

. para Pemegang Saham menyetujui untuk tidak melakukan pembagian dividen untuk Tahun Buku 2014. karena kondisi Perseroan yang mengalami kerugian.Maret 2015. Pada tahun buku 2014. ANTAM juga tidak melakukan pembayaran dividen interim.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.