You are on page 1of 13

Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907

1. Sistem kerja serta komponen – komponen yang terdapat pada Air Conditioner :

A. Komponen Indoor terdiri dari :

a. Evaporator

Gambar 1.1 Evaporator

Adalah perangkat air Conditioner yang terbuat dari lingkaran tembaga yang
dililit dengan serpihan aluminium yang berbentuk kisi kisi tipis dan rapat yang
berfungsi debagai sarana merubah udara ruangan menjadi dingin karena sirkulasi
yang dibantu oleh blower indoor.

b. Motor Fan Indoor

Gambar 1.2 Motor Fan Indoor

Adalah sebuah Motor AC/DC yang berfungsi menggerakkan blower indoor
untuk mendapatkan kecepatan tertentu agar supaya udara diruangan dapat bersirkulasi
melalui evaporator.

Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014

PCB / Modul Gambar 1. Blower Indoor Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 . karena grille adalah sebuag Body dari inddor. d. yang berfungsi sebagai alat kedudukan dari serangkaian komponen yang ada pada indoor. Grille Gambar 1.3 Grille Grille adalah bagian yang terpenting pada sebuah indoor.Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 c.4 Modul Adalah alat mikro komputer yang berfungsi untuk memberikan perintah seluruh rangkaian air conditioner e.

f.Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 Gambar 1.6 Thermistor Adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai sensor udara untuk menganalisa kedinginan ruangan dan menganalisa kedinginan supply outdoor. Thermistor Gambar 1.5 Blower Indoor Adalah perangkat yang berbentuk bulat sehingga disebut blower yang berfungsi sebagai alat untuk menghempaskan udara ruangan yang dibantu oleh motor fan indoor. g. Remote Controller Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 .

7 Remote Controller Adalah alat untuk mangaplikasikan keinginan kita terhadap ac. yang bersingkronisasi dengan Module AC f. sehinggan sangat menbantu kebersihan ruangan. Filter Udara Gambar 1.9 Capasitor Fan Adalah sebuah alat untuk membantu start motor fan indoor .8 Filter Udara Adalah alat yang berfungsi sebagai penyaring kotoran yang yang berada diruangan sebab sirkulasi dari indoor. Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 . Capasitor fan Gambar 1. untuk ac model baru biasanya sudah dirangkai pada Modul/PCB. h.Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 Gambar 1.

Kompressor Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 .10 Body Adalah seng atau plastik yang berfungsi sebagai alat untuk tempat tersusunnya dari seluruh rangkaian outdoor. c. Kondensor Gambar 1.11 Kondensor adalah alat yang mempunyai struktur yang sangat mirip dengan Evaporator namun berfungsi untuk memanaskan gas refrigerant dengan suhu tertentu sebagai sarana proses pendinginan dibantu dengan kecepatan tertentu sebuah motor fan outdoor dan daun fan outdoor. Pada Air Conditioner terdapat bagian yang diletakan pada lokasi outdoor. b. Body Gambar 1. adapun untuk komponen-komponennya : a.Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 B.

d.12 Kompressor Merupakan alat yang paling Vital dalam sebuah rangkaian Air Conditioner dimana kompressor merupakan alat yang berfungsi sebagai sarana untuk mensirkulasi Gas freon dari indoor ke outdoor dan sebaliknya dimana sirkulasi tersebut terdapat proses gas freon dari Liquid mendadi Gas dan sebaliknya sehingga mendapatkan pengembunan yang cukup dan itulah disebut proses pendinginan. Capasitor fan outdoor Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 .Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 Gambar 1.13 Capasitor Kompressor Berfungsi sama dengan capasitor pada indoor. e. tetapi mempunyai toleransi lebih tinggi dibanding dengan capasitor fan indoor maupun fan outdoor disesuakian dengan berapa besar kapasitas kompressornya dan berlaku untuk kompressor yang menggunakan arus 1 phase/single phase. Capasitor Kompressor Gambar 1.

Motor Fan Outdoor Gabar 1.15 Motor Fan Outdoor Adalah sebuah motor listrik AC/DC yang berfungsi sebagai alat untuk mensirkulasi udara disekitar outdoor yang berfungsi mempertahankan suhu tertentu sehingga kinerja kompressor stabil.16 Kapiler alat yang berfungsi untuk memproses Gas menjadi Liquid sehingga terjadi pengembunan. Kapiler Gambar 1.14 Capasitor Fan Outdoor Berfungsi sebagai alat starting Motor Fan Outdoor f. h. g. Kran valp Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 .Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 Gambar1.

Overload Gambar 1.19 Overload Adalah alat otomatis kompressor yang bekerja sebagai kontrol bilamana kompressor terlampau panas dan bilamana konsumsi listrik sudah naik dan tidak sesuai dengan kapasitas compressor. Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 . i. Filter Dryer Gambar 1. j.18 Filter Dryer Sesuai namanya dia berfungsi sebagai fiterr/penyaring kotoran yang mungkin ada dalam system.17 Kran Valp Sebagai alat untuk menahan Gas Refrigerant di dalam kompressor sebelum ac terpasang dan berfungsi juga sebagai sarana untuk vacoomdown.Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 Gambar 1.

Di bagian kondenser ini refrigent yang dimampatkan akan berubah fase dari refrigent fase uap menjadi refrigent fase cair. Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 .1 Alur sistim kerja Air Conditioner Kompresor yang ada pada sistem pendingin dipergunakan sebagai alat untuk memampatkan fluida kerja (refrigent). Pada kondensor tekanan refrigent yang berada dalam pipa-pipa kondenser relatif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan refrigent yang berada pada pipi-pipa evaporator. adapun sistem kerjanya yaitu : Gambar 2. maka refrigent mengeluarkan kalor yaitu kalor penguapan yang terkandung di dalam refrigent. Air Conditioner sebagai alat elektronik memiliki sistem kerja yang digunakan untuk menghasilkan performa sesuai dengan yang diinginkan.Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 2. jadi refrigent yang masuk ke dalam kompresor dialirkan ke condenser yang kemudian dimampatkan di kondenser. Adapun besarnya kalor yang dilepaskan oleh kondenser adalah jumlahan dari energi kompresor yang diperlukan dan energi kalor yang diambil evaparator dari substansi yang akan didinginkan.

dengan turunnya enthalpi maka temperatur dari substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun. Dengan diambilnya energi yang diambil dalam substansi yang akan didinginkan maka enthalpi substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun. Alat ukur yang digunakan dalam pengecekan system pendingin : a) Gauge Manifold Gambar 2. Proses ini akan berubah terus-menerus sampai terjadi pendinginan yang sesuai dengan keinginan. pada katup ekspansi ini refrigent tekanannya diturunkan sehingga refrigent berubah kondisi dari fase cair ke fase uap yang kemudian dialirkan ke evaporator. Hal ini secara praktis dapat dilakukan dengan jalan diameter pipa yang ada dievaporator relatif lebih besar jika dibandingkan dengan diameter pipa yang ada pada kondenser.Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 Setelah refrigent lewat kondenser dan melepaskan kalor penguapan dari fase uap ke fase cair maka refrigent dilewatkan melalui katup ekspansi. dalam hal ini energi yang dipergunakan adalah energi yang berada di dalam substansi yang akan didinginkan. frezer) baik pada saat pengisisan maupun pada Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 . di dalam evaporator ini refrigent akan berubah keadaannya dari fase cair ke fase uap. perubahan fase ini disebabkan karena tekanan refrigent dibuat sedemikian rupa sehingga refrigent setelah melewati katup ekspansi dan melalui evaporator tekanannya menjadi sangat turun. Dengan adanya perubahan kondisi refrigent dari fase cair ke fase uap maka untuk merubahnya dari fase cair ke refrigent fase uap maka proses ini membutuhkan energi yaitu energi penguapan. Dengan adanya mesin pendingin listrik ini maka untuk mendinginkan atau menurunkan temperatur suatu substansi dapat dengan mudah dilakukan.2 Gauge Manifold Gauge manifold digunakan untuk mengukur tekanan refrigeran (freon) dalam sistem pendingin AC dan Refrigerator (kulkas.

dipakai thermometer yang mempunyai bulb dengan pipa kapiler yang panjang (thermometer manual). Untuk mengukur suhu di dalam refrigerator (lemari es dan freezer). Pada pemegangnya ada juga yang diberi lampu baterai sehingga kita dapat memriksa tempat- tempat yang gelap.Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 saat beroperasi. Refrigerator untuk memeriksa hasil pengelasan pipa atau mencari kebocoran pada tempat yang sukar dilihat. b) Cermin (Dental Mirror) dan Magnet set Gambar 2. c) Thermometer Gambar 2. Yang dapat dilihat pada Gauge Manifold adalah tekanan evaporator atau tekanan isap (suction) kompresor.3 Cermin dan Magnet set Fungsi cermin pada service mesin pendingin AC.5 Tang Ampere Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 . dan tekanan kondensor atau tekanan keluaran (discharge) kompresor.4 Thermometer Ada 2 macam skala pembacaan thermometer yang sering digunakan dalam mesin pendingin AC dan Refrigerator yaitu Celcius dan Fahrenheit . d) Tang Ampere Gambar 2.

g) Mesin Recovery. Frezer. Kulkas.7 Pompa Vakum Pompa vakum diperlukan untuk mengosongkan refrigeran dari sistem pendingin sehingga dapat menghilangkan gas-gas yang tidak terkondensasi seperti udara dan uap air. e) Alat Pendeteksi Kebocoran Gambar 2. Recycle dan Recharging (mesin 3R) Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 .6 Alat pendeteksi kebocoran Deteksi kebocoran dapat dilakuan dengan menggunakan pendeteksi refrigeran elektronik (leak detektor) atau bila tidak mempunyai alat pendeteksi kebocoran freon (leak detektor) bisa dilakukan dengan cara konvensional yaitu dengan media gas nitrogen dan air sabun. f) Pompa vakum Gambar 2.Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 Fungsinya untuk mengukur besarnya arus (A)dan tegangan (V) pada kompresor AC.

Mazal Wimaladyatmika 14/368468/SV/6907 Gambar 2.8 Mesin Recovery Mesin Recovery. Recycle. mendaur ulang refrigeran yang ditangkap (recycle) dengan cara memisahkannya dari pelumas dan menyaring kotoran padat.dan Recharging biasa juga disebut sebagai mesin 3R . dan mengisikan kembali refrigeran yang ditampung dalam satu mesin adalah agar tidak ada refrigeran yang terlepas ke atmosfer ke atmosfer sebagai akibat adanya pergantian selang pada setiap proses. mempunyai tiga fungsi yaitu mengeluarakn dan menangkap refrigeran (recovery). Teknik Pemeliharaan Utilitas Gedung DIV TPPIS 2014 .